Dilema Busway

Sejak dibangun rute busway di slipi, jalanan pulang gua macet banget. Untung tebengan gua selalu masuk tol. Walaupun pas mau masuk tol di pintu tol semangginya desek2an, tapi setelah di dalem, jalanan jauh lebih lega daripada jalan arteri di mpr/dpr situ.

Rute pulang kantor gua adalah dari sudirman ke arah semanggi trus naek ke gatsu..masuk tol semanggi..terus masuk tol kebun jeruk. Keluar dari tol kebun jeruk ke arah jalan panjang berhenti di depan apartment kedoya. Gua turun disitu trus sambung angkot B03 ke arah duri kepa.

Nah, dari dalam tol kita ngeliat mobil2 sepanjang mpr/dpr sampe slipi tuh macet..gak bergerak. Kasian bener deh, segitu banyak orang terjebak kemacetan tiap hari. Berapa banyak tuh waktu yang kebuang..bensin apalagi..dihabiskan percuma di jalanan ibukota tiap hari.

Gua juga gak nyalahin sutiyoso sih..dengan proyek buswaynya itu. Walaupun gua bukan pengguna busway, tapi gua tahu banyak orang yang dengan setia menanti busway tiap hari. Liat aja halte busway di depan kantor gua..selalu penuh..selalu desek2an.

Gua cuma bilang pembangunan angkutan massal di jakarta ini sangat amat terlambat. Ibukota negara dimana2 tuh pasti ada yang namanya mrt..lrt..thailand bahkan ada angkutan sungai. Tapi kita cuma mengandalkan bus kota yang sudah amat gak nyaman ini selama bertahun2. Kita udah ketinggalan sangaaat jauh dibandingkan negara2 tetangga kita.

Sampe kapan sih kita mau begini..pergi pulang kantor aja udah penuh perjuangan. Gak bisa ujan dikit langsung deh jalanan gak bergerak. Kepingin gak sih kita punya mrt yang bagus kaya singapur? Mauuu banget! Kemana2 gampang..janjian ama orang bisa tepat waktu..dalam hitungan menit sampe. Paling2 nunggu mrt cuma 5 menit..hoki2an sih..kadang bisa cepet kadang lambat. Tapi dibanding disini? Nunggu bis kadang ampe 20 menit baru dateng. Gimana orang gak rame2 bawa mobil coba. Kalau angkutan umumnya bersih..teratur..cepat..semua orang juga pasti gak mau capek2 bawa mobil.

Ini nih peta busway yang terbaru sampe koridor 10.
Kalo ada yang punya yang sampe koridor 15 mau donk hehe.. :) Gua sih rada sebel ama busway koridor 8 ini.
Itu kan lewat jalan panjang tuh, deket ama rumah gue, jadi gua pikir bisa nih gua ke kantor naek busway..naek koridor 8 yang ke arah lebak bulus..trus nyambung koridor 1 yang ke sudirman.
Tapiii, kenapa koridor 8 ini gak nyambung ama koridor 1 sih? Kalo putus begitu, berarti gua harus naek yang ke arah taman kota donk..interchange di harmoni..baru ke sudirman..wahh..jadi jauh gue muter2.

Apalagi busway yang ke arah harmoni dari kali deres itu kan terkenal penuh banget ** sigh **. Ya sutralah..biarin aja gua naek motor. Kalo banyak orang yang pake busway kan jalanan bisa gak macet2 amat. Sampe sekarang sih gua ngerasa yang beralih pake busway itu orang2 yang biasanya naek bis, bukan yang biasanya bawa mobil..jadi gak gitu efek hehe.. :P

Semoga deh, apapun rencana pemerintah..bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di jakarta ini. Gua sih berharap banget, suatu hari nanti kita bisa bepergian ke seluruh pelosok jakarta dengan mudah, aman, dan nyaman.. :)

6 comments:

Arman said...

iya emang belakangan ini tambah parah aja macetnya jakarta.

tapi kalo gua sih kalo pulang kantor gak pernah kena macet. abis deket sih ama rumah. paling 15 menit juga nyampe. hehehe.. jangan sirik ya... :P

berasa macetnya kalo pas weekend, mau kemana2 jadi ampun deh..

Pucca said...

wuaaa..sirik banget.. :(
pulang kantor cuma 15 menit..kok bisa?? hiks..gua sejam baru sampe rumah. emang lu tinggal di apartment ya man? :P

Pitshu said...

Tau tuh proyek busway nya maksa banget! huhuhuhu... dulu dari kuningan ke CL itu 30 menit sekarang 1jam 30 menit DAMN

anungnymous said...

Sabar sabarrr... ntar klo uda jadi semua.. pasti.. err.. semoga OK :))

.:acen147:. said...

seandainya busway sampe depok :(

saat ini cuma sampe mampang. jadi dari depok harus ke mampang dulu, baru nyambung. at least searah sih, gak muter2. tapi tetep aja... klo desek2an malay juga ya :D

Limmy HL said...

gue salah satu korban kemacetan busway yg jalur slipi (koridor berapa atuh?).
tp sebagai alternatif jalan pulang,gue salah satu yg memanfaatkan busway koridor 1.