Kisah Seorang Commuter

47

Kali ini gua akan menceritakan suka duka sebagai seorang commuter serpong - jakarta pengguna krl (kereta listrik) atau yang lebih populer dengan commuter line. Kali2 ada yang berencana hijrah ke serpong dan pengen jadiin krl sebagai tumpuan hidup masa depan, silakan boleh dibaca trus ngukur2 kekuatan kaki dan mental sebelum mutusin.

Tulisan ini murni atas pengalaman pribadi penulis tanpa maksud jelek ke pihak manapun karna sampai skarang pun gua masih seorang roker (rombongan kereta).
Sebagai informasi, penulis adalah wanita berumur 30 something, selalu ngaku sebagai wanita yang lembut dan manis, badan cenderung kurus dan sering sakit2an pulak, tapi di masa mudanya sempat menjadi anggota pecinta alam, hmmm.. mungkin inilah penyebab gedenya betis gua tidak proporsional dengan badan gua.

Rute perjalanan krl serpong - jakarta:
Serpong - Rawa Buntu - Sudimara - Jurangmangu - Pondok Ranji - Kebayoran - Palmerah - Tanah Abang.


Ini gambar resmi dari PT KAI, serpong yang jalur ijo, tapi ada beberapa stasiun yang kereta tidak berhenti. Rute yang gua tulis di atas itu yang benernya. Lama perjalanan dari serpong sampai tanah abang kira2 40 menit.

Stasiun terdekat dari rumah gua adalah stasiun rawa buntu (RU). Gua dan roker bsd sebagian naik dari stasiun ini, sebagian lagi dari stasiun serpong. Ada juga kereta dari parung panjang, ini serpong sonoan lagi, jadi dari serpong ada mungkin 3 stasiun lagi ke parung panjang, kalo dari serpong tidak masalah naik kereta yang mana, karna rutenya sama aja.


Di stasiun ada fasilitas parkir, tapi di rawa buntu parkirnya mengenaskan.. cuma sedikit kapasitasnya dan jalannya penuh lubang2. Kemaren ini ada perbaikan, gua udah seneng aja, kirain semua pavingnya mau diganti jadi kan kita jalannya gak jedag jedug lagi, eh ternyata yang diganti cuma jalanan depan dan parkiran deket pintu keluar, yang di dalem mah manyun aja, stay the same.. lobang segede semangka.. gak tau knapa gak sekalian diganti, apa karna gak kliatan dari depan?
Makanya bapak/ibu pejabat, kalo lagi survey lapangan, tolong jangan cuma lewat dari depan yah, masuk ke dalam, supaya tau ternyata di dalam gak diganti loh pavingnya, cuma tampak depan doank yang bagus.

Parkir motor tarifnya 3 ribu sampe malem. Kalo nginep laen lagi, mungkin 10 ribu. Parkir mobil 5 ribu, tapi kayanya cuma sampe jam 6 sore, lewat dari itu lebih mahal. Parkirnya aman kok.
Gua selalu naek motor dari rumah ke stasiun, karna kalo naek mobil bisa capek cari parkir, mesti datang lebih pagi. Mana jalanan depan stasiun itu kecil, jadi pergi macet, pulangpun macet, enakan naek motor.
Tapi kalo ujan sih dilema yah.. mo bawa motor males pake jas hujan, mo naek mobil pasti macet huhu....

Sehari2 gua brangkat ke kantor cuma ngandelin 2 jadwal krl ini aja, jam 6.19 dan 6.44. Jadwal maju mundur 5 menit adalah biasa bagi kereta, jadi untuk amannya 5 menit sebelum jadwal sudah tunggu di peron. Peron adalah tempat kita menunggu kereta. Di rawa buntu ada 2 peron, peron 1 untuk tujuan dari tanah abang ke serpong, peron 2 dari serpong ke tanah abang.

Kalo gua sampe pagian dan krl 6.19 blom jalan, gua tunggu di peron 2, begitu krl dateng gua langsung naek deh. Biasanya gak dapet duduk, karna dari serpong aja udah penuh. Tapi kalo beruntung, definisi beruntung: pintu kretanya terbuka pas di depan kita haha.. dan pas naek ada terlihat bangku kosong langsung gerak cepat pasang pa*tat duduk dalam hitungan detik. Kalo ragu2 habislah sudah, pasti secuil tempat duduk itu udah terisi pa*tat orang hahaha...
Satu bangku panjang biasanya diisi 7-8 orang.

Prinsip yang dipegang teguh oleh roker: selama bangku masih kliatan warnanya brarti duduknya blom sesek, masih bisa dipepet, bisa geser gak pak/bu/mbak? Trus langsung taro pa*tat deh, tinggal orang sebelah misuh2 pahanya mesti nyerong duduknya dan resiko kram selama perjalanan. Tapi bagi orang yang memepet tidak masalah.. yang penting gak usah berdiri gelantungan, asik bisa maenan bb selama perjalanan.

Kalo gua datengnya setelah krl jam 6.19 jalan, gua biasanya nyebrang ke peron 1. Di peron 1 gua naek krl jurusan serpong jam 6.27. Nanti krl ini bakal ngetem bentar di serpong trus balik ke lagi rawa buntu jam 6.44 dan lanjut ke tanah abang. Enaknya ngikut krl ke serpong, kita pasti dapet tempat duduk. Catet, pasti!
Gua akhir2 ini dateng jam2 segini soalnya males berdiri, enakan yang pasti dapet tempat duduk aja deh. Biarin aja ngikut dulu ke serpong, gak lama kok, baca koran pagi aja blom kelar keretanya udah jalan lagi.

Tapi kalo lagi sue telat, krl ke serpong udah lewat, yah terpaksa tunggu di peron 2 untuk yang jam 6.44, dan sudah pasti gak dapet tempat duduk, kecuali kalo lagi extremely lucky atau ada cowo kebangetan baeknya (biasanya tidak ganteng) ngasih tempat duduk, gua ada 2 or 3 kali ngalamin, biasanya gua tolak dengan senyum manis, karna gua kan mengusung kesetaraan gender yah, gua kuat kok berdiri setengah jam, tapi kalo si cowo maksa dan langsung berdiri yah tidak gua sia2kan gua langsung duduk, daripada ada orang out of nowhere tiba2 nerobos langsung duduk hehehe...

Di sudimara nanti siap2 aja bakal banyaaaak orang naek, yang dari bintaro mayoritas naek dari sini.. saking banyaknya, krl langsung penuh kalo abis dari sudimara. Sehingga di jurangmangu dan pondok ranji cuma kebagian space tersisa, kadang kalo krl ada yang gak jalan, jadi dari 2 jadwal itu cuma dijalanin 1, habislah mereka, bisa dipastikan bakal merenungi nasib di peron gak bisa naek saking penuhnya.

Buat yang tipe maksa, bakal maksain terus untuk masuk dengan cara mendorong2 orang yang di depan pintu, padahal diiringi tatapan penuh kebencian dari orang2 yang didorong loh, tapi namanya juga tipe maksa, mereka akan terus maksa sampe masuk.

Bahkan gua pernah liat ada yang ambil ancang2 lari dulu trus loncat sambil melempar badannya ke kereta kuat2, mungkin pikirnya ada gaya dorong sehingga bisa masuk, tapi yang ada malah dia mental keluar, membal kaya bola, lucu deh.. apalagi sambil divideoin temennya yang ketawa2 n bilang mo uplod ke utube.

Waktu itu gua dapet tempat duduk jadi bisa ketawa2in dia coba kalo lagi berdiri gua sukurin pasti tuh orang.. abis kalo berdiri dan krlnya rame itu yah.. aduh sampe nempel ama orang depan belakang gak bisa gerak. Mending krl pagi, orangnya baru mandi, acnya masih dingin (kecuali sue deket orang bau ketek), coba bayangin kalo krl sore, orang udah keringetan, acnya ntah knapa kalo krl sore ini suka gak berasa, trus ada yang angkat tangan sebelah kita dan bau ketek, bisa mabok bau, makanya masker itu perlu kalo jadi roker. Ada bau2 aneh dikit langsung keluarin masker, beres hehe..

Kalo ada yang gak bisa bayangin penuhnya krl itu seperti apa, silakan liat gambar di bawah ini, dan ini bukanlah ketika penuh mampus loh, karna buktinya gua masih bisa poto hehe.. kalo penuh mampus, tampang orang2nya udah gak cool lagi, semuanya mengernyit dan posisi badan, tangan, dan kaki biasanya udah gak lurus, udah mencong kemana2 kaya bangau.

Perbandingan krl penuh dan kosong:





Tapi walaupun begitu, semua penumpang krl gadgetnya mumpuni. Biar kata gelantungan nih, tetep aja satu tangan pegang smartphone. Sibuk aja deh pokoknya. Pernah orang sebelah gua malah nonton my sassy girl di tab dia selama perjalanan, alhasil gua ikutan nonton, kan layarnya gede, gua ngelirik dikit aja udah menikmati, jadilah gua cekikik2 juga sepanjang perjalanan kikikik :P

Oh ya, gerbong 1 dan terakhir krl itu khusus wanita, biasanya 1 rangkaian kereta ada 6 atau 8 gerbong. Tapi gua jarang kesana, karna gua kan bareng david, jadi supaya gak mencar gua di gerbong biasa aja. Di gerbong wanita juga bukannya kalem2 kok orangnya, malah gahar, dan gua gak suka karna mereka suka tek2an tempat duduk buat temennya.


Yah mau di gerbong wanita atau bukan, pokoknya begitu pintu krl kebuka, wussss... langsung orang berhamburan masuk sikut kanan kiri berebutan ke tempat duduk kosong.
Gua pertama2 masih cengo jadi korban orang disikut sana sini, skarang donk.. gua juga wusss melesat ke bangku kosong begitu pintu dibuka.
Tapi kalo sue kita berdirinya gak persis depan pintu yah udalah.. kalem aja mendingan, pasti gak dapet tempat duduk punya :P

Di tiap gerbong juga ada tempat duduk pendek, yang cuma muat 3-4 orang, letaknya di ujung gerbong, ini namanya bangku prioritas. Diutamakan untuk ibu hamil, manula, anak kecil, tapi banyakan sih kita maen duduk aja, nanti kalo ternyata beneran ada yang berhak minta duduk, baru berdiri.. kalo gak ada yah hoki deh hehe..

Sampai di tanah abang, biasanya kereta dari serpong masuknya di peron 6 atau kadang 5. Peron 5 dan 6 itu sebelahan letaknya.
Karena gua tujuannya ke stasiun sudirman, jadi nanti dari tanah abang gua harus melanjutkan perjalanan, pindah ikut krl jurusan bogor di peron 3, karna kereta bogor ini satu2nya kereta yang melewati stasiun sudirman. Jadi dari seantero wilayah suburban termasuk bekasi dan tangerang, kalo mau ke sudirman harus ikut kereta bogor ini.

Menurut gua ini sangat merepotkan, karena dari tanah abang ke sudirman hanya 2 stasiun lagi cuman 5 menit, kenapa tidak dilanjutkan, berbondong2 ribuan orang turun dari kereta, naik tangga penyebrangan atau nyebrang peron dengan loncat rel (gua n david salah duanya), trus nanti saling dorong2an masuk kereta lagi, ini sangat tidak efektif dan melelahkan buat kita.

Mending ganti kereta cuma naik turun kereta aja, ini mesti naik turun tangga penyebrangan karna peron 3 dan peron 6 dipisahkan tangga penyebrangan, yang naiknya juga penuh drama dorong2an dan sikut2an, karna semua orang mo buru2 pindah, telat sedikit nanti ketinggalan kereta ke sudirman.
Karna cape disikut2 orang akhirnya gua n david memilih untuk meloncati rel saja, jadi kita dari peron 6 loncat ke bawah hop.. trus nyebrang sampe ke peron 3, abis itu naek lagi ke atas.


Dulu kalo ikut krl yang 6.19, kadang bisa ke sudirman lewat peron 5, naek krl jurusan manggarai, enak tuh gak usah loncat2 peron, tapi belakangan ini tetep aja disuruh pindah ke peron 3. Gak tau kereta manggarainya kemana. Paling males gua pindah peron ini. Kalo bisa kereta dari serpong itu langsung ke sudirman, gua akan sangaaaat happy.

Nanti sampai di sudirman, orang seabrek2 bakal keluar kereta dan berebutan lagi naek eskalator. Judulnya pokoknya menjadi yang tercepat deh kalo naek krl ini. Aroma persaingan sangat kental disini. Abis itu gua akan jalan kaki sekitar 7 menit dan sampe deh di kantor. Kalo gua ikut krl yang jam 6.44 aja gua bisa absen jam 7.45 kok, jadi gak telat apalagi kalo naek yang lebih pagi.


Pulangnya juga gitu, gua akan tergesa2 setengah lari ke stasiun sudirman, naek krl jurusan tanah abang, trus pindah ke peron 6 atau 5 (iya pindahnya pake jembatan penyebrangan maksiat itu lagiii) dengerin aja toa di stasiun krlnya bakal dimana, mostly sih peron 6 yah.. trus tunggu krl ke serpong datang.

Kalo gua beruntung, krl dari sudirman ke tanah abangnya gak telat, gua bisa naek krl jam 17.19 dari tanah abang. Nanti gua bisa sampe rawa buntu jam 6 kurang dikit.
Enak kan :D
Tapi pasti selalu berdiri, karna biasanya keretanya udah mau jalan, kita masih lari ngos2 di jembatan dari peron 3 ke peron 6. Kalo keburu masuk sebelum pintu ditutup berarti beruntung! Horeee :D

Tapi kalo krl dari sudirmannya aja udah telat, kita pasti gak keburu naek krl jam 17.19 itu. Kita bakal naek krl jam 17:45, nah ini kemungkinan duduknya fifty2. Karna krlnya masih banyak bangku kosong tapi persaingan juga ketat karna banyak yang antri jadi cepet2an lagi deh. Kalo naek krl ini, sampe rawa buntu jam set. 7 kurang 10.
Not bad kan? :D

Untuk yang tinggal sejauh 30 km dari kantor, bisa sampe rumah sebelum jam set. 7 itu termasuk cepet loh..
Gak usah pegel nyetir kena macet, cuma modal lari2 aja kaya orang dikejer2 setan hahaha...
Kalo gua ikut temen naik mobil lewat 3 in 1, dari kantor jam 5, sampe rumah sekitar jam 7 kurang dikit. Jadi yah terbukti krl emang lebih cepet.

Tapi ada kalanya juga krl mengalami masalah, yang relnya ambleslah, kebanjiranlah kaya kemaren ini, atau gangguan sinyal, atau yang lebih sering kereta ekonomi mogok. Ini yang paling nyebelin.
Sebelum krl jalan, kan jadwalnya ekonomi, kereta odong2 ini sering masalah, jadinya kita juga kadang jalannya gak lancar, mesti tungguin dia dulu karna kita dibelakangnya haeshh...

Gua pernah naek ekonomi, karna waktu itu pulangnya kemalaman gara2 lembur dan jadwal krl masih setengah jam lagi, males nunggu gua hajar aja naek ekonomi. Tapi tentunya waktu itu gak terlalu penuh sampe naek ke atap kaya gambar disamping ini yah. Biasanya kalo sore gak sampe gitu, kalo pagi baru tuh pada sunbathing di atap gerbong.

Tiketnya cuma 1500 ajah hihi.. gerbongnya gelap dan banyak orang jual makanan lalu lalang. Yang pasti kalo kereta mogok gak bakal kelaperan deh disini, dan tentu saja tidak ada ac. Tapi orang banyak ngerokok disini :(
Kalo krl kan bebas rokok, gak ada yang jualan dan ngamen juga.

Yah begitulah sekelumit cerita krl yang dibenci sekaligus dicinta para commuter. Banyak yang menghujat tapi banyak pula yang merindukannya. Kalo kereta ontime dan gak sesek, alangkah enaknya naek krl. Di dalam krl jauuuh lebih nyaman daripada busway. Dan walaupun kadang ada kejadian copet, tapi tetep lebih aman daripada bus.
Waktu tempuh lebih bisa diprediksi, jadwal lebih teratur, sekali kereta datang ribuan orang bisa terangkut. Bandingin busway yang baru masuk 5 orang aja, petugasnya udah stop2in, kalo krl kan masuk terus hahaha...

Harapan gua sebagai pengguna krl, semoga nantinya semua krl dari pinggiran jakarta bisa langsung ke sudirman tanpa harus pindah kereta. Karena mayoritas yang naek krl itu adalah pekerja kantoran di kawasan sudirman dan sekitarnya. Kenapa harus turun di tanah abang atau stasiun lainnya lalu berbondong2 ribuan orang pindah naek jembatan untuk ngejer kereta ke sudirman.
Tidak efektif sama sekali loh ini. Cape loh. Kasian betis gua nti tambah keker aja loncat2in peron.

Selain itu semoga krl diperbanyak jadi kita gak desek2an lagi, paling enak sih tiap 15 menit sekali ada di jam2 sibuk orang pergi dan pulang kantor. Soalnya naek krl selalu desek2an berarti kapasitasnya kurang kan, tambah donk krlnya.. kita commuter kan juga manusia..
Kita juga berharap gak mesti tunggu lama di stasiun, kereta lebih sering lewat jadi gak ditumpuk orangnya sampe banyak baru diangkut kaya ikan sarden.

Parkirnya ditambah, tiket elektroniknya cepet terlaksana, walaupun gua agak pesimis wkwkwk.. abis males beli tiket saban ari, kan enak kalo ada tiket elektronik tinggal tap tap doank macam mrt gitu. Tapi yah ngeliat situasi stasiun di rawa buntu gua tambah pesimis, kalo di sudirman sih kerenan.

Oiyah, harga tiket tujuan serpong 8 ribu saja. Kayanya dalam waktu dekat gak bakalan naek sih, karna baru taon kemaren naek dari 6 ribu.
Sejak gua pindah ke bsd, gua selalu ngandelin krl ini untuk pp ke kantor. Gua ngerasa krl masih jadi pilihan yang paling oke untuk situasi kita dibanding bawa mobil sendiri atau naek shuttle.

Masih kebayang hari pertama gua naek krl, gua ama david cengo tanya orang sana sini karna emang info di stasiun kurang yah, kita takut salah naek kereta. Mana di dalam gerbong gak ada pengumuman udah sampe mana, kita bener2 bingung dibuatnya.

Demikianlah tulisan ini dibuat. Semoga berguna for 1st time serpong commuter :)

PS: Gambar bukan semuanya gua yang foto, ada beberapa yang gua comot dari internet, semoga yang gambarnya keambil gak merasa dirugikan ya. Terima kasih :)

Renov Nyebelin dan Jual Paula's Choice

23

Awal tahun baru yang banjir....

Jakarta 2 hari ini beraer banget deh, selain jalanannya yang penuh aer dimana2, status juga isinya aer semua, dengan embel2 sematakaki, sebetis, sepaha, bahkan sedada.

Ditambah ujan yang terus terusan turun, aduh sungguh daku sudah eneg dengan hujan. Basah, dingin, lembab, bahkan dinding wallpaper gua ikutan jamuran.
Kalo ujan lagi gua juga bisa ikutan jamuran haiyah...
Gua rindu matahari, hidung gua yang meler terus ini tandanya, baju2 gua yang lembab di jemuran juga desperately need the sun.

Hari pertama banjir gua terjebak di krl yang ngetem ama jalan banyakan ngetemnya, dan perjalanan gua ke kantor berakhir dengan krl yang balik lagi ke serpong karna stasiun tanah abang kelelep.
3 jam gua menahan dingin dan pipis di krl sampe akhirnya pulang ke rumah lagi.

Di rumah gua habisin waktu ama beberes. Sebagai solidaritas ama temen2 yang sibuk bersih2 rumah, gua juga kok. Gua nyuci baju, seterika, sapu pel rumah.
Sebenernya masih banyak baju yang pengen gua cuci, sprei juga, tapi mau jemur dimana? Jemuran yang udah seminggu aja masih lembab2 gitu.. jadi pengen beli mesin cuci 100% kering deh...

Mesin cuci gua skarang kan top loading, gua pakenya kalo terpaksa doank gak ada mbak. Soalnya bajunya suka rusak menurut gua. Suka jadi berbulu2 gitu trus warnanya pudar, kalo kaos jadi menceng2.

Apakah teman2 yang pake mesin cuci front loading puas dengan mesin cuci kalian? Lebih bagus gak sih hasil cucinya front loading dibanding top loading?
Kalo hasilnya bagus gak merusak baju gua pengen beli, tapi nanti kalo yang ini rusak hihi.. soale udah 7 taon, jadi boleh donk gua jaga2 mungkin aja udah mo rusak *ini kok malah ngarep rusak haha*

Abis mbak cuci mingguan gua udah sebulan madol. Dan yang bikin keki itu dia madol abis pinjem duit cepekceng. Sebenernya malah pinjemnya 250 rebu. Gila yah.. baru masuk beberapa kali, udah brani pinjem duit segitu.
Tadinya gua gak mau ngasih, tapi dia kekeh minta pinjem sambil bawa2 tagihan dari sekolah anaknya karna nunggak bayar spp, akhirnya gua kasih juga cepek.

Dasar tak tau balas budi, abis dipinjemin duit malah lenyap ditelan bumi. Ampe capek gua sms dia dikasih janji surga mulu tapi gak pernah nongol.
Huh.. yah terpaksalah sebulan ini gua beberes rumah sendiri.
Mau cari orang lagi tapi males banget ama kelakuan pembantu2 itu, udah berapa kali gua ganti sejak pindah ke sini. Masih enakan di rumah dulu, masih tanggung jawab orangnya. Apa karna rumahnya deket jadi mereka gak enak ati.
Yah apapun alesannya gua lebih suka mbak di rumah lama, disini kelakuannya pada gak bener, ga ada tanggungjawabnya.

Hari kedua banjir, gua mendarat dengan kuyup di kantor. Walaupun telat sejam tapi yah yang penting usahanya donk yah. Krl masih brenti di palmerah trus gua jalan kaki ke slipi, naek bis ke sudirman, trus di tengah ujan lebat naek jembatan penyebrangan ke kantor.
Sampelah gua ke kantor kuyup dan kedinginan.

Tapi bunderan hi udah kering loh siang menjelang sore jumat itu, jalanan sudirman juga lengang.
Di saat2 begini nih baru keliatan bedanya kantor manusiawi yang meliburkan karyawannya ama kantor kejem hahaha...

Walaupun skarang dikasih dispensasi buat yang gak bisa masuk, tapi alangkah baeknya kalo diumumin kamis jadi jumatnya bisa tidur nyenyak tau besoknya diliburkan.
Ini mah jumat subuh udah bangun sibuk bbm tanya temen2 masuk gak, dan akhirnya kita tetep masuk kantor walaupun ada yg sampe ngerobok banjir.
Betapa berdedikasinya kita yah.

Tapi tentu saja banyak juga yang gak masuk karna rumahnya banjir. Paling kasian temen gua yang di pluit. Padahal rumahnya itu udah tinggi banget dari jalan 2 meteran, makanya dia tetep bertahan di rumah.
Tapi hari sabtu, dia menyerah juga terpaksa sewa perahu untuk dievakuasi karna jalanan depan rumah udah 2 meter. Dua jengkal lagi udah masuk rumah aernya. Aer di carport udah sekap mobil.
Dan dia punya baby, pasti repot yah.. akhirnya ngungsi juga dengan bayar tukang perahu 500 ribu saja. Rumah selantai mah udah pasti abis tinggal atep.

Semoga yang kena banjir diberikan kekuatan, extra power untuk bekerja bersih2in rumah, extra sabar untuk menjalani semua musibah ini, extra positive supaya apapun yang terjadi selalu bisa menemukan hal2 kecil untuk bersukur, extra friend untuk saling menguatkan :)

Gua sendiri kena insiden juga kemaren ini, sebelah rumah gua kan lagi renov tuh.. katanya mau dihuni sekitar april.
Gua punya tetangga deh nanti sebelah kiri. Yang kanan sih aman, blom terjual *lega*, gua sih pengennya gak terjual terus, abis gak enak punya tetangga haha..
Rumah yang direnov itu mayan gede rombaknya. Bagian belakang ditambah, atap dibongkar, lantai 2 juga tambah kamar lagi, berisik banget deh bobok2an mereka tuh.

Gara2 dia ngecor atas trus bagian atap yang nempel ama rumah gua udah dibongkar, dan ada bagian lantai yang nempel ama rumah gua yang blum disemen, jadinya waktu ujan lebat ada cekungan di lantai itu yang jadi kolam dan aernya rembes semua ke rumah gua.
Dinding ruang tv gua jadi kaya tirai aer sampe ngerembes ke dinding lainnya.

Karna kejadiannya malam, gua baru tau besok paginya waktu brangkat ke kantor, knapa rak gua basah, gua liat ke bawah astaga... lantai di bawah meja tv udah genang, panikkkk... pegang wallpaper... kuyuupp... huaaaa......
Langsung geser2 meja tv, rak buku, ngepel, ngelap2 wallpaper, sambil panik nyari darimana bocornya. Selama ini ditinggalin gak pernah bocor disitu walopun ujan segede apapun.

Akhirnya gua liat ke sebelah dari kamar atas. Keliatanlah ada cekungan kolam yang nempel ke dinding gua. Pasti itulah biang keroknya. David langsung ke sebelah bilangin tukangnya.
Si tukang sampe ke rumah gua ngeliat kerusakan yang dia timbulkan. Trus janji mo dibuang aernya.

Gua kesel banget loh, dia kan tukang yah, masa gitu aja gak tau sih, kerja setengah2 bukannya dikelarin, kalo bobok2 dinding yang nempel ama tetangga mestinya dibenerin langsung donk.
Abis itu gua ama david gak tau mo ngapain lagi. Aer terus2an ngalir dari lis plafon, wallpaper gua udah gembung2 gak karuan, kita udah pasrah liatnya, skirting mah udah melar rusak. Rak buku ethnicraft gua udah basah kuyup kena tetesan aer dari malem.

Semua kaen lap udah ditatakin di bawah sepanjang lantai tapi gimana caranya nyetop aer yang dari atas. Walaupun dia buang aernya sekarang juga butuh beberapa jam lagi aer itu brenti netes.
Gua ampe kepikiran mo minta ganti rugi ama yang punya. Skarang kan gak ada, cuma ada tukang, nanti kalo dia datang gua mo suruh david minta ganti rugi. Sakit ati gua liat wallpaper gua rusak.

Akhirnya daripada kesel2 di rumah tapi gak bisa ngapa2in kita ngantor aja. Sambil berdoa semoga nanti pulang aernya udah gak netes lagi.
Abis mo ngapain lagi, gak ada pun yang bisa kita perbuat. Malah tambah kesel liatnya.

Malemnya gua pulang aernya bener udah gak netes. Gua intip ke sebelah sih cekungan itu udah dicor trus udah ditembel bata juga dinding dia yang nempel ama gua. Mestinya sih udah gak masalah lagi.
Jadi abis makan malam gua ama david jadi tukang wallpaper deh. Yang gelembung2 diseset, keluarin aernya, trus dilem lagi. Haeshh.. padahal mah baru jadi gua sayang2, ini terpaksa diseset2 kesel banget hati ini.
Ada beberapa yang tak tertolong udah diperbaiki tetep jelek ya udahlah. Capek banget malam2 benerin gituan sampe jam 10.

Yah begitulah.. walaupun kita udah renov rumah kita sendiri dengan baik, udah pasang semuanya dengan ati2, tapi karna kesalahan tukang tetangga bisa berakibat juga ke rumah kita.
Besoknya gua panggil tukang wallpaper untuk inspeksi, beberapa tempat udah tumbuh jamur dengan suburnya, item2 trus ada bulet2 pink warna jamurnya, trus kisut2 gak jelas si wallpaper, pusing kepala gua liatnya.

Kata si tukang mesti dikupas wallpaper yang kena jamur, trus dicat minyak, trus nanti panggil lagi tukangnya untuk reparasi. Padahal ada wallpaper yang cuman sisa sedikit, gak tau juga coraknya pas gak buat tambelan yang rusak...
Mana plafon dan lisnya kuning2 semua bekas bocoran, panjang banget jelek deh bekas aer, kontras ama yang gak kena bocoran warnanya putih. Skirting kayu gua juga lepas2 berjamur ngembang.

Kita sih udah kasih tau kerusakannya ke mandor sebelah, mestinya dia tanggung jawab yah, catin lagi plafon gua, sama nanti biaya reparasi wallpaper gua pengen claim ke dia.
Semoga dia kooperatif deh.. skarang blom bisa diperbaiki soalnya, dindingnya masih basah, walaupun sebelah udah dicor yah namanya dinding kalo udah basah masa secepet itu ilangnya, apalagi basahnya semaleman. Udah berapa banyak aer yang keserep disitu.
Blom ditinggal aja rumah itu udah bikin gua senep. Apa nanti tiap liat dia gua gak inget wallpaper dan plafon gua yang jadi korban dia. Ah sebel kali.

Kata david akhir taon ini kurang bagus nih buat kita. Kena kibas ekor naga mungkin wkwkwkwk :P

Trus sekalian gua mau jualan disini, kali2 ada yang berminat ama krem muka.
Gua kan udah beberapa taon ini pake Paula's Choice. Gua pakenya sepaket gitu, dari cleanser, exfoliant, antioxidant, pelembab, sunscreen, nah semuanya udah mo abis, kecuali ada 2 tube masih baru.

Rencana abis ini gua mo stop, udah bosen gua hahaha.. pengen ganti yang laen, gua kan bosenan.
Waktu itu gua emang beli sekaligus banyak, agak kilaf maklum wanita. Diiming2i free pressed powder gua langsung dengan suka hati beli lagi supaya dapet gratisan.
Kalo gua ganti yang laen kan kasian 2 itu gak kepake, kalo mau abisin gua mesti beli lagi cleanser dan temen2nya, males gua karna sekali pake abisnya lama deh.
Jadi gua berharap semoga jualan gua ada yang beli hihihi..

Yang mau gua jual adalah 2 item ini. Gua copy dari websitenya yah.

8% Alpha Hydroxy Gel
Menjadikan kulit anda sangat halus dan sehat, karena lapisan sel-sel kulit mati yang kusam, kasar, dan rusak akibat sengatan sinar matahari disingkirkan.
8% AHA solution ini membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga mempercepat pembaharuan sel-sel kulit. Tekstur dan penampilan kulit anda akan terlihat jauh lebih sehat.
Bekerja dengan sangat baik pada kulit normal hingga kering serta kulit yang mengalami kerusakan akibat sinar matahari, namun dapat digunakan pada semua jenis kulit.
Isi: 118 ml
Harga: Rp 340.000,-

Skin Recovery Super Antioxidant Concentrate Serum with Retinol
Menyehatkan kulit anda dan terasa halus setelah pemakaian lotion yang lembut, campuran berbagai antioksidan, minyak tumbuhan dan zat pencegah iritasi.
Formula yang luar biasa untuk melindungi, memberikan nutrisi untuk menghilangkan pengaruh sinar matahari, polusi dan pengaruh buruk lingkungan.
Membantu mengembalikan kesehatan kulit dan fungsi sel kulit mati. Dapat digunakan untuk daerah di sekitar mata.
Isi: 30 ml
Harga: Rp 425.000,-


AHA itu gua pake setelah cuci muka sebelum pelembab. Kalo antioxidant gua pakenya untuk krem malam, kalo pake pelembab lebih berminyak, kalo ini gak gitu. Kadang gua pake juga untuk siang sebelum sunscreen.
Tubenya masih baru dan segel. Expirednya setelah kemasan dibuka. Ada petunjuknya 12 mos or 18 mos.
Gua jual dengan harga diskon donk tentunya. Gua diskon 100 ribu dari harga di website.
Kalo mo beli, silakan email kesini yah. Kalo yang kenal lewat apapun boleh kontak gua hehe.

Jangan lupa, kalo ada pengalaman dengan mesin cuci front loading kasih tau donk, gua ciyus nih mo consider beli kalo iya hasil cucinya bagus daripada cape ngarepin prt mulu.

Gendhis, Skechers, Berlian di Langit

26

Selamat tahun baru semuanyaaaaa *mata ngantuk abis begadang* :D

Pagi hari ini gua udah duduk manis di kantor memulai tahun 2013. Masa2 masuk kantor - libur - masuk lagi sehari 2 hari - libur lagi 2 hari berakhir sudah.. harus biasain diri masuk terus 5 hari berturut2.
Untung skarang udah rabu, nanti senen depan baru deh ya...

Gua mo cerita hari2 menjelang penutupan akhir taon 2012. Dimulai dari ultah gua dulu.
Gua mo yakinkan kalian semua para istri haus romantisme di luar sana, bahwa keajaiban itu ada. Jangan berhenti berharap, teruslah posting betapa kalian mendambakan sedikit kejutan dari suami, sering2lah cerita kalo suami si a si b begini begono ama istrinya *disarankan ceritanya dilebay2in dikit* dan jika anda sekalian punya iman, maka suatu saat hari itu akan datang. Halleluya.

Gua adalah contoh nyata. Pada hari ultah gua, tanggal 26 desember 2012 jam subuh kira2, si david mendaratkan kecup happy besdey istriku, gua pun mereply separoh ngingo dengan mata tetep terpejam.. yah trima kasih suamiku.. *bobok lagi*

Gua emang bukan penganut tungguin ultah sampe jam 12 malam.. karna gua percaya akan beauty sleep min 8 jam wkwkwk..
Abis gua gak tahan tidur malem, jika gua melakukan itu, nanti besokannya gua pasti ngantuk, trus pilek, trus loyo seharian :P

Keajaibannya bukan itu yah, masa dapet ucapan happy besdey aja keajaiban, malang banget gua hahaha..
Eh tapi ya, taon sebelumnya, si david lupa loh ultah gua, masa dia baru inget udah jam 10an gitu, muka gua udah serem kaya psikopat dia baru inget buru2 ngucapin, lewat tengah hari mah gua udah ngasah golok di dapur kali...
Trus gua bales pas dia ultah gua juga lupa wakakakak.. tapi gua mending gua ingetnya jam 9an gitu deh waktu anak2 kantor pada salamin dia. Semua pada ngakak liat gua yang istrinya ini barengan kasih selamat ama anak2 laen :P

Tapi ultah kemaren ini, pagi2 pas bangun gua dikasih surprise loh.. errr sebenernya diitung surprise bukan yah, kalo udah dari kapan2 gua minta kado mulu ahaha..
Yah namanya juga usaha ya, tapi biasanya dia mah cengar cengir kuda doank, eh taon ini donk dia melesat ke bawah ngambilin kado gua katanya.

Dan.. beberapa detik kemudian dia beneran datang membawa kado, gua sampe tak percaya, dari baring sampe duduk langsung *tampar pipi sendiri*



Kado gua adalah tas, merk gendhis. Katanya dia liat di fb temen2 cewenya lagi ngomongin tas ini. Trus mungkin alam bawah sadarnya udah gua hipnotis ada suara gua kado.. kado.. kado, akhirnya dia beli deh satu wkwkwk..

Tasnya sih bagus, rapih bikinannya, dan sepertinya sih kuat ya.. buatan jogja. Harganya 375 ribu yang gua punya itu.
Gua interview deh kok bisa beli, temen cewe mana yang bilang, gua kenal gak, belinya gimana, simpen dimana, knapa gua sampe gak tau haha.. tobat deh dia ngasih kado gua ujung2nya tetep cerewet.
Abis kita kan pergi pulang kantor bareng, di kantor bareng, di rumah cuman berdua, ya gimana gua gak penasaran dia umpetin dimana itu tas.

Untung gua seneng ama tas itu, dia udah ketakutan aja gua gak suka. Soalnya pernah beberapa kali dia beliin gua hadiah pulang tugas ln, yang ada gua malah marah2 karna dia beli barang yang gua gak suka atau barang tak berguna, dan dia kapok beliin lagi.

Gua inget2 pernah gua sampe marah beneran lo dia beliin gua dompet, abis dompetnya modelnya gak bagus, udah tau gua seneng dompet yang gede yang duitnya gak usah dilipet, knapa kasih gua dompet lipet 3? Alhasil gua ngomel2 terus sampe dia kesel trus bilang gak akan pernah beliin gua oleh2 lagi selamanya.
Abisan selain dompet dia juga beli pajang2an aneh modelnya gua gak demen kan bikin susah aja simpennya. Lah abis mo gimana lagi, orang dia balik dari ind*ia bukan uk, apa yang diarepin coba, bagusan pajangan dari jogja.

Tapi gua pikir2 skarang kejem banget ya gua waktu itu hahaha.. gak heran dia kapok beliin gua macem2, abis gua kalo gak suka ya gak dipake. Tapi itu dulu kok, skarang gua udah lebih waras, gak suka marah2, gua istri yang didambakan deh skarang hihihi..

Trus selain tas itu, yah udah gak ada apa2 lagi haha.. Itu aja udah gua sebut keajaiban kok. Kesian ya? Beliin gua kado lagi donk kalo gitu hahaha...
Abis track record kita kan minim kado, dari 7 taon gua ultah ama dia, yang dikasih kado cuman 2 doank keknya. Dia juga gitu, kayanya yang gua kasih kado cuma berapa ya.. hmm hmm.. cuma 1 keknya hakhakhak :D
Siangnya makan bebek kaleyo pedes, malemnya makan seafood ujung pandang pedes. Yang berakibat diare singkat keesokan harinya.

Selain itu, kita menghadiahkan diri kita sendiri sepatu untuk lari sebagai kado akhir tahun. Kita beli kembaran merk skechers go run. Yang gua punya gampang carinya, yang david punya mesti ke 4 mall baru dapet. Mesti ke konter baru banyak pilihan dan size.



Sepatunya ringaaan banget. Pakenya juga enak nyaman banget. Kita punya tipe go run m, solnya gak gitu tebel, kalo go run r lebih tebel. Tadinya david mo beli yang bionic, lebih tipis lagi kaya barefoot, tapi setelah dipake lebih enak ini katanya. Jadinya kita kembaran hehe. Diskonnya 20 + 10%, mayaaaan...

Heelsnya lebih rendah, jadi kalo kita lari tuh yang ketekan di mid foot bukan tumit atau ujung kaki. Agak aneh sih pertama, rasanya tumit bolong, karna gua seringnya beban di tumit, yang kata david salah.

Udah diuji coba di hari terakhir 2012. Sore2 ajojing keliling komplek pake sepatu baru. Pulang2 kaki kiri gua senut2, padahal mah banyakan jalannya juga daripada lari :D

Semoga si skechers membuat kita semua lebih rajin berolahraga, abis pemalas tingkat dewa, kalo gak ada penyemangat gak turun dari sofa. Jadi dengan adanya sepatu baru yang otomatis bikin gua teringat harganya, semoga gua jadi rajin lari karna gak mau rugi kekekek..

Akhir taon gua juga kedatangan tamu yaitu feli dan keluarga. Katanya lagi di mas jadi sekalian mampir. Si feli girang bener mo nata rumah gua haha.. kalo yang pertama liat sih masih excited ya, gua sih udah cape urusin rumah itu dari taon lalu.
Sukurlah skarang tinggal beli pernak pernik, yang ribet2 udah selesai, tinggal hal2 yang menyenangkan donk, pajangan2, sofa, cushion cantik2, keset *tungguin keset bekas bebek apa ya haha*

Si feli pake bawa sushi, bikin gua gak enak ati, karna gua gak ada apa2 buat kasih balesnya, tapi david senang karna dia udah dari kemaren bilang pengen makan sushi, eh dapet rejeki nomplok sushi gratis dianter ke rumah hehe. Sekali lagi thanks ya fel :)

Clarissa dan conrad juga anteng2 aja *asal gak digendong david* haha.. gak cengeng kok clarissa mah, mau gua dititipin, nanti kalo dateng lagi gua ingetin deh foto di depan ya :D

Malam taon baru gua ama david leyeh2 aja di sofa nonton dvd marathon, temanya vampir. Underworld 4 lanjut abraham lincoln vampire hunter. Trus di komplek banyak banget kedengeran jedar jeder kembang api, gua pengen liat dari rumah aja tadinya, tapi gak keliatan ketutupan poon. Tersadar ada gak enaknya juga rumah kebanyakan poon.

Dari dulu gua kan suka nonton kembang api, kalo kata david dasar cewe sukanya semua yang bersinar2, berlian, emas, kembang api haha.. salah ya dia, gua kan juga suka properti, rumah, tanah padahal gak bersinar :P

Jadilah di malam yang dingin kita naek mobil cari spot yang enak buat nonton kembang api. Setelah keliling satu puteran, kita akhirnya berhenti di dataran tinggi persis di seberang cluster terelit di the green. Kita mojok disana sedari jam 10 malam nontonin kembang api yang tak henti2nya dibakar di rumah2 elit sono.

Dari semua rumah di seantero cluster, ada 2 rumah yang paling jor2an kembang apinya. Dan spot gua pas di depan salah satunya, sedangkan yang satunya lagi agak ketutupan poon.
Gile ya itu 2 rumah, entah brapa duit yang dibakar malam itu, heboh bener deh kembang apinya, ada yang bulet gede warna warni, bentuk bintang, kembang api cepet kaya pistol, sampe yang kaya sperm *maap haha abis gak nemuin metafor yang laen* semuanya non stop. Mereka bales2an.

Tapi yang di depan gua itu gua nobatkan sebagai the winner taon ini, karna sampe bikin gua lupa napas saking bagus dan banyaknya kembang apinya bersahut2an, dan karna deket banget di atas gua, semuanya jadi berasa lebih bagus. Laen rasanya kalo liat kembang api dari kejauhan sama dari deket di atas kita. Si fifi aja sampe goyang2 untung dia gak sensitif alarmnya hihi.

Dari kita mobil pertama yang parkir sampe belakangan jam set. 12 gitu ada berderet2 mobil parkir di belakang kita, abis disitu jalanan paling tinggi, jadi keliatan bagus banget kembang apinya dari situ. Rumah juara kembang api itu kita kan gak kliatan yang mana tapi di sekeliling rumahnya semuanya asep ngebul, saking banyaknya yang dia bakar haha pasti orangnya rame deh itu.

Trima kasih ya, kamu telah berbuat amal, memberikan kita tontonan kembang api paling indah yang pernah gua liat dengan mata telanjang seumur hidup. Maklum gua blom pernah nonton kembang api di luar negeri.
Taon depan gua mau ke jalan itu lagi, tapi kali ini pake bekel ah bawa minuman dan cemilan pasti lebih yahud, kaya bapak2 kemaren gua liat nenteng2 rambutan.

2012.. membawa perubahan besar buat kita berdua, tinggal di rumah baru, lingkungan baru..
Harapan gua semoga kita masih diberi kesempatan, semoga kita termasuk di antara yang terpilih dari milyaran manusia yang masih bisa menyaksikan kembang api 2014 :)

Welcome 2013, embrace everything it brings :D