Alergi Please Go Away

Beberapa bulan terakhir adalah bulan yang kurang baik buat gua nih. Lagi alergi parah huks..
Gua kan emang alergian orangnya, kena debu meler, kena serbuk kayu meler, buka barang lama yang bau2 oldies gitu juga langsung bersin meler, kena debu renov apalagi, wasalam deh.
Kalo pagi juga suka bersin meler gitu barang sejem 2 jam, abis itu baek sendiri. Suspect gua sih alergi dingin, karna gua kalo di tempat dingin kadang suka bentol macam biduran gitu, tapi kalo gua bangunnya siang kok kadang meler juga hahaha.. entahlah jadi bingung :P

Tapi pokoke alergi gua ini dari kecil, karena gua inget waktu kecil gua ingusan parah deh, sampe2 gua waktu sd gitu pernah operasi idung, gak tau dokter tht di padang bilang apa ama nyokap trus gua dioperasi deh, yang gua inget cuma abis operasi itu gua sering keluar darah dari idung, trus gak berapa lama rasanya sih pilek gua gak muncul ya, tapi cuma beberapa saat doank, abis itu gua meler lagi.

Trus nyokap gua entah dibilang dokter mana lagi akhirnya berkesimpulan gua sinusitis, tapi skarang2 ini baru gua confirm kalo gua ternyata tuh alergi. Bukan sinusitis atau pilek.

Bulan april kemaren gua alergi parah2nya, gua merasa terpukul banget deh. Muka gua sampe ancur dan gua sangat stress dibuatnya. Kata dokter namanya dermatitis perioral. Munculnya di sekitar hidung dan mulut. Penyebabnya entah apalah, tapi jadi parah karena tubuh gua bereaksi terhadap steroid yang berlebihan jadinya tiba2 break out semuanya di muka.

Semuanya berawal dari ada spot merah di muka, cuma kecil sih deket sudut bibir merah gitu. Gua oles obat gatel dan makan obat alergi (anti histamin) on off gitu kadang makan kadang kagak. Obatnya juga kadang dipake kadang nggak, abis kadang baikan kadang muncul lagi, berulang2 begini ada kali sebulan.
Tapi karena gua sebel kagak sembuh2 akhirnya gua ke dokter kulit dan minum obat alergi + steroid diminum seminggu tiap hari, dulu gua dapet resep ini juga buat gatel2 parah di perut bekas hansaplast dan sembuh. Pake obat salep yang ada steroidnya, minum obat anti histamin dan steroid.

Eh ternyata gak sembuh juga, jadi gua ke dokter kantor dan dicoba obat dosis tinggi. Si anti histamin dan steroidnya dosis tinggi gitu, sehari ada kali total 6 butir gua makan, selama 3 hari abis itu dikurangi dikit2 selama 10 hari, tapi tetap tidak sembuh. Akhirnya gua takut sendiri gua udah makan berapa kaplet kan obat anti histaminnya ditambah obat steroid.. mungkin udah 6 kaplet total2. Jadi gua putusin stop makan obat.

Gak pake lama 2 hari kemudian muka gua langsung break out. Parah. Banget. Gua ampir pingsan liatnya. Break out itu kaya jerawat kecil2 di muka, trus bengkak merah. Gatel. Sakit. Kering. Pedihlah pokoknya.

Ini gua comot gambarnya dari inet. Kira2 beginilah muka gua tapi lebih parah sampe ke cuping idung dan bintil2nya lebih gede dan lebih serem, setidaknya menurut gua karna itu kan muka anak kecil masih cute kalo muka gua mah disaster dah.

Ke dokter kulit lagi dan dikasih antibiotik for 10 days dan disuruh stop apapun. Gak boleh pake salep oles, gak boleh minum obat apapun, terutama steroid. Gua rasa gua steroid overdose. Jadi gua menunggu muka gua menyembuhkan diri sendiri.

Untuk meringankan gejala gatal dan perihnya gua pake larutan kompres namanya nacl atau sodium chloride, gua kompres sehari beberapa kali. Tiap ngaca gua merutuki diri sendiri, knapa gua sampe sebego ini bikin tubuh gua menderita, muka gak knapa2 malah sekarang ancur begini. Tiap bangun pagi ngaca apakah hari ini ada perubahan sehingga muka gua mendingan. Maunya sih cepet sembuh, tapi ternyata gua harus belajar sabar. Tubuh kita memang bisa menyembuhkan dirinya sendiri, tapi lama bok. Parahnya cepet tapi sembuhnya selow.

Pada titik paling dalem dari kesedihan gua, gua sengaja buka file foto2 lama trus gua liat muka gua dulu, berasa mulus yah.. gak ada jerawat, gak ada bekas2 apapun, trus gua liat muka gua sekarang, aahhh langsung stress.. padahal hanya berawal dari titik merah sekarang jadi begini sesal kemudian tiada berguna....

Sekitar sebulanlah baru muka gua mendingan, udah gak pake masker lagi di kantor, sebelumnya gua maskeran. Selain takut muka gua kotor dan tambah parah, gua juga takut ketularan virus. Hidung lagi meradang begitu kalo ditambah flu sepertinya kombinasi yang mematikan.

Sampai skarang, sudah 2 bulan muka gua masih blom kembali normal, di sekitar hidung dan mulut masih merah tapi udah gak meradang. Gatel dan perihnya juga udah ilang. Tapi gak tau deh kapan muka gua kembali normal seperti dulu hiks...

Setelah muka gua mendingan itu, giliran mata gua yang gak enak, kaya ada sesuatu rasanya, gatel. Jadi gua tetesin kadang gua salepin. Biasa kan gak enak begitu paling2 3 hari sembuh ya. Ini gak sembuh2 udah semingguan tetep aja masih gatel gak enak, kadang bahkan merah. Dan tambah lama tambah merah.

Akhirnya gua ke jec deh. Daaan.. kata dokternya mata gua alergi. Amsyong deh.
Dikasih obat tetes steroid dan eyefresh untuk pelembab mata. Gua udah parno kan ama steroid tapi kata dokternya ini cuma di mata aja gak pa2 dan karna mata gua emang udah merah banget dan sakit juga rasanya, gua tetesin juga obat itu.

Selang seminggu pake, mata gua bener baekan. Tapi besokannya, jumat tengah malam gua inget gua bangun mata gua gak enak rasanya. Gatel dan ganjel. Jadi sambil ngantuk2 gua tetesin lagi obat tetes steroid itu. Trus gua lanjut bobo.
Eh paginya mata gua rasanya aneh, bengkak dan gak bisa dibuka. Gua langsung cuci muka di westafel dan gua liat mata gua bengkak segede bola. Mata gua nyaris gak kliatan, kelopak dan kantung matanya udah bengkak jelek. Mata gua juga merah. Stress.

Mo ke dokter mata, telp rs katanya hari ini dokter matanya cuti, minggu juga gak ada. Mo pakein obat tetes steroid itu gak brani. Akhirnya gua pakein eyefresh sering2 dan gua kompres es batu sesering mungkin.
Oh dan gua *terpaksa* makan obat anti histamin lagi, karena gua n david menyimpulkan itu alergi dan kondisinya mayan parah jadi gua tenggak deh obat anti histamin tapi steroidnya mah tentu tidak.
Sabtu minggu gua di rumah, kompres es batu teratur dan makan anti histamin, mata gua mendingan.

Per hari ini sih udah normal sepertinya. Dan gua mengamati kalau malam gua makan obat anti histamin itu, besok pagi pasti gua gak meler di kreta. Hidung gua kering.
Kalo gua gak makan, besok pagi biasa gua besin2 meler tergantung tingkat keparahan alergi gua. Kadang begitu keluar dari kereta langsung sembuh melernya stop secara magic. Kadang kalo agak parah berlanjut sampe agak siangan.

Bener2 ya alergi gua lagi menjadi2, jadinya kena dikit aja langsung efeknya gak kira2. Seumur2 gua gak pernah alergi sampe mata, paling2 cuma gatel2, bentol, pilek. Baru sekali ini muka gua meledak dan mata gua sampe bengkak dibuatnya.
Gua juga gak mau tergantung obat alergi, tapi gua tak punya pilihan lain saat ini dikala tubuh gua lagi rapuh sama alergen, tiap hari gua minum vit C supaya gak drop, semoga seiring waktu berjalan, tubuh gua normal lagi.

Bayangkan bulan april-mei, apalagi mei yang liburnya buannnyak banget itu, gua tidak menikmatinya karena bolak balik dokter dan sedih liat muka huhuhu T_T
Semoga habis ini gak ada yang aneh2 lagi deh, gua kangen wajah gua yang dulu, sekarang baru terbayang muka gua dulu walaupun bukan yang putih porselen tapi setidaknya gak ada merah2, gak ada bekas jerawat, gak kaya sekarang hiks *mewek lagi*

26 comments:

Mamana Clo said...

ya ampun vi... semoga cepet sembuh yaaaa

obat steroid setau gw ada jenis2nya juga.. mungkin lo alergi ama jenis satu itu tapi belom tentu ama jenis yang lain. Cuma kita ga bakal tau kalo ga coba.. yang mana efeknya kan mengerikan kalo ternyata alergi huhuuuu...

kalo cici gw justru alergi sama antihistamin jadi kalo alerginya kumat ya di-diemin juga soalnya takut makin parah...

clo1 dulu pake salep non steroid merek protopic

Vina Effendi said...

Hi.. Sy silent reader hehe.. Alerginya serem bgt.. Dulu cici saya budukan koreng basah waktu hamil anak pertama. Waktu hamil anak kedua uda ada gejala yg sama, trus ama sodara mama dikenalin makan pine pollen dan akhirnya tu budukan ngga nongol sama sekali. Gw rekomen bgt utk coba makan pine pollen karena bagus bgt utk meperbaiki sel darah jd tidak alergian. Kalo mau browse produknya bs liat ke http://www.chiindo.com/index.php?option=com_content&task=view&id=57&Itemid=25#1

Arman said...

ya ampun vi....
si esther waktu itu juga pernah parah bruntusan di muka dan tangan gara2 abis pake masker korea. akhirnya sembuhnya karena ama dokter dikasih hidrokortison which is steroid. tapi lu malah gak bisa pake steroid ya.

mesti diinget2 tuh lain kali jangan pernah mau dikasih steroid sama sekali ya...

moga2 cepet sembuh ya vi!

Leony said...

Viii... elu udah test alergi yang di test ke berbagai medium itu belum? Daripada gak jelas dikasih obat macem-macem, mendingan dicari alerginya sama apaan. Pasti elu menderita banget-banget.

Semoga cepet sembuh ya Vi.

Windy said...

halo. kebetulan dapet link blog mu dari blog lain. mau comment aja kl aku mengerti rasanya huhuhu... aku juga ada alergi. taonan ni, tiap bulan2 tertentu bisa kumat. sebadan semuka lagi gatelnya, ampun dah. jadi tiap taon, selama 1-2 bulan aku gatelen terus, merah2 biduren. pertamanya dikasih antihistamin yang dosis biasa itu, gak efek. akhirnya jadi dosis tinggi yang pil nya gede itu, mendingan tapi gak ilang jg. akhirnya ya udah, bertahan dah, terima nasib garuk2 tiap hari selama 2 bln tiap taon. aish. oh ya, si antihistamin itu aku minum tiap hari loh selama 1-2 bln itu, dokter yang kasih. cepet sembuh ya.

limmyhl said...

ya ampun. dari pertama kenal lu kan gw ga pernah liat setitik jerawatpun di muka lu.
kok malah skrg jadi break out gitu?
cep cep...bener tu kata leony.
periksa smp tuntas alergi apa biar bisa dicegah dan diobati.

Dessy said...

semoga cepat sembuh vi...

kalo dulu si david alergi makanan dan berhubungan sama lever (hepatitis A), setelah hepatitis-nya sembuh, alerginya hilang total.

tapi kalo alergi kulit ga tau berhubungan sama apa...

katanya bawang putih bagus buat terapi alergi vi... dimakan mentah2 gitu...

K. said...

Haduh Vi, semoga cpt sembuh ya...

natali said...

aduh vii..maap ya gua gak tau lu lagi sakit ya ternyata, bulan2 kmaren malah gua gangguin lu terus di WA, nanya2 masalah renov ini itu, pasti lu pusing uda lagi sakit digangguin gua terus :(( maap ya vi, gua gak tau huhu..
smoga cepet sembuh ya vi.

i feel you, soalnya gua dulu juga sma-kuliah alergian banget, tiap kepanasan/kedinginan/stress pasti muncul alergi sebadan2 merah bentol sampe sesek napas dan didalam dada berat banget, tus muka idung mata bengep2 jadinya..
tapi gua lupa obatnya apa, cukup lama bertahun2 gua punya alergi itu, tapi seiring waktu ilang sendiri sih...

smoga gak terulang, cepet sembuh ya vi

nilola24 said...

ya ampun viii...

apa mungkin dari makanan yang menyebabkan elu alergi kayak gitu?

Semoga cepet sembuh ya vii..

Pitshu said...

cepet sembuh yah....
ini klo musim panas, g kadang bangun udah ada bercak merah gede kek digigit serangga, tapi agak perih gatel dan panas gitu bengkak merahnya, tapi 2-3 hari ilang, si ZIo kecil juga kemarin di kaki na ada, trus pindah ketangan wakakaka :D biasanya tiap musim panas itu sih penyakit na

Once in a Lifetime said...

Gua rasa elo kena corticosteroid withdrawal syndrome deh. Coba google, mirip gak imagenya dengan yang elo alami. Kalau alergi dengan zat A biasa malah keluar reaksinya saat masih pakai tapi kalau withdrawal biasa pada saat stop, apalagi kalau stop mendadak.
Kortikosteroid gak boleh pakai jangka lama emang, karena meskipun dia cepat sekali memuluskan, dia hanya menekan segala reaksi so begitu di stop, seperti per reaksi2 yang tersembunyi kalau masih ada bakalan lebih parah dari sebelomnya.

Yang paling penting dari alergi adalah mencari sumber alergi (alergen). Bisa dengan skin prick test atau pemeriksaan darah tapi mahal kalau itu. Paling gampang sih dianalis sendiri misalnya kalau pemakaian produk kulit baru, makanan baru dsb. Kalau sekitar bibir, bisa dari pasta gigi, obat kumur, atau lipstick, lipbalm dsb yang kena ke area tersebut.

Next time ke spesialis kulit aja Viol, biar di analisa dulu dan ditreat sesuai diagnosa yang pas. Cheer up!

mamipapa.me said...

astaha Viollll lama gak update nggak taunya lagi alergi, mudah2an cepet sembuh yah dan nggak nongol2 lagi....gw aja kl gatel2 sebadan bentol rasanya udah nggak enak, gimana loe ngalamin di muka sama mata beneran nggak kebayang deh... kl gw udah jadi monyet kali garuk2 mulu makin di garuk makin maknyus hahaha

Ratu SYA said...

cepet sembuh ya Viol. Gua tungguin kok gag posting2 ternyata, lagi sakit toh.

Heni said...

Viol... sama kayak abak gw yg kecil... abis ke dokter gigi 2 hari sesudahnya muncul bintik2 merah di sekitar mulutnya... ada isi aernya gitu... gw sampe panik... tapi seminggu berangsung menghilang... cuma bekasnya aja rada lama ilangnya...

GWS ya Viol...

Pucca said...

@xiao: iya bisa jadi xiao tapi siapa yang mau terjadi lagi, nightmare itu..
wah ada ya alergi ama obat antihistamin, bener2 mesti healing sendiri. gua sih gak ada alergi obat sebelumnya, ini juga mungkin karna special aja efek steroid yang terus menerus padahal gua gugel emang gak boleh pemakaian lebih dari 2 minggu kalo yang kuat steroidnya.


@vina: makasih vina. nanti diliat deh.

@arman: bisa man, tapi gak boleh lama2, pertama pake sbenernya sih sembuh, tapi muncul lagi muncul lagi dan gua apply terus jadinya yah gitu deh..
skarang udah sembuh kok, cuma ngilangin bekas merahnya aja :)

@leony: blom le, david yang pernah. males gua sakit kan ditusuk2. nanti kalo udah ada teknik cek alergi yang canggih gak ditusuk2 boleh deh wkwkwk

@windy: gak enak ya kalo alergi, tapi sekarang2 ini spertinya mendingan loh, udah gak gitu gatal lagi kalo malem, dan pagi gak parah banget flunya. 
iya waktu alergi kemaren juga tiap ari minum antihistamin, semoga gak ada efek samping ya.

@limmy: yah gitulah ne, nasiblah..
lu apa kabarnya, kita udah lama gak kontakan yah..

@dessy: oya? bawang putih mentah ya.. nanti coba deh bawang putih yang kecil2 itu kan ya yang buat obat.

@k: thanks :)

@nat: haha.. gak keganggu kok nat, kan gua alerginya gak tiap hari 24 jam, gua masih ngantor juga, aktifitas biasa aja, cuma stress aja saban liat muka. untung skarang udah mendingan.

@tia: alergi makanan sih gak mungkin separah itu tia, paling bentol biduran gitu kalo alergi makanan.

@pitshu: iya itu alergi tuh, gua juga suka ada, musim pancaroba kali ya pit, peralihan cuaca.

@elisa: iya el, spertinya itu. gua nyesel pake steroidnya lama, tapi dokternya gak bilang juga sih, kalo salepnya gak boleh dipake lama, padahal gua udah bawa salepnya bilang mau pake ini boleh gak, katanya boleh mestinya kan dibilang ya gak boleh pake kalo lebih dari 2 minggu.

nah gua curiga merah2 awal deket bibir itu dari pasta gigi, emang gua suka gak cocok pake peps*dent, tapi waktu itu keluar kota males bawa odol jadi pake apa yang ada disana aja, mungkin itu pemicunya.


@feli: iyah fel, lagi lemah kali badan gua jadi alerginya parah kali ini. yang mata udah sembuh lo hehe..

@ratu: haha iya rat, jadi gak mood posting.

@heni: wah alergi ama apa ya, mungkin obat kumur di dokter gigi itu hen, kalo gua spertinya sih odol.
bekasnya lamaaaa... kalo anak kecil aja lama apalagi gua huhuhu..

Angel said...

violll gua juga alergi kaya gitu! ampir setengah tahun gua alergi di sekitar mulut, pas merit pula kejadiannya.

Kalau g alergi nya gara2 pemakaian obat muka, alergi sama salah satu kandungannya, udah gitu gatel banget, kalo gua bentuknya kaya jerawat kecil2, kadang kaya biang keringet juga.

untung setelah ke dokter aawal tahun ini, alerginya ga parah kay dulu. skrg nongol tp ga banyak, paling cuma 1 atau 2 klo lgi kambuh.
dokter g nyuruh pakai sabun mandi baby batangan & odol nya diganti jadi senso merah. ya udah gua ikutin deh.

get well soon ya viol! harus bersabar memang ngurusin alergi ini :(

debby tondo said...

alergi itu yg gak tahan kalo gatel ya, kalo pas lagi melek sih bisa nahan2 untuk garuk cuma kalo lagi tidur kan udah gak sadar tuh

semoga cepet sembuh yaa :)

Pucca said...

@angel: samaan kita ya. gua juga pake sabun baby batangan, tapi di muka emang juga? di muka gua tetep pake sabun muka biasa sih.. gua pernah pake sabun baby batangan di muka malah kering banget rasanya.

@debby: alergi bukan cuma gatelnya deb, semuanya gak enak haha..

Angels said...

dokter gw nyaranin gitu. di gua ga terlalu kering (cuma kering di bagian yg alergi), daerah lain tetep berminyak (muka gw tangki minyak hahahaha).

Gua dikasih moisturizer dari dokternya supaya ga terlalu kering (bisa dibeli di watson/century).

zarena cantik said...

Selaput Dara Buatan
Obat Perangsang
Viagra USA Obat Kuat Pria
Bio Slim Herbal
Obat Mata Herbal
Perangsang Wanita
Obat Perangsang Cair
Perangsang Sex Drops
Semenax Penyubur Sperma
Vagina Tabung
Vagina Center
Boneka Seks Full Body Cantik
Vagina Pinggul
Alat Bantu Sex Pria
Vagina Elektrik
Penis Elektrik
Penis Tempel
Penis Manual
Penggeli Vagina
Penggemuk Badan
Cialis Obat Perkasa
Meizitang Obat Diet Alami
Quick Slim Penurun Berat Badan
Obat Peninggi Grow Up USA
Celana Hernia
Vigrxplus Pembesar Vital
Herbal Slim Peluntur Lemak
Pelangsing Lida
Vakum Penis
Alat Pembesar Penis
Pembesar Payudara
vimax canada Pembesar Penis Alami

Obat Kuat Pria Alami said...

tetap semangat dan terus berusaha

Obat Tradisional Kanker Darah paling Ampuh said...

nice gan

Viagra said...

terima kasih gan semoga bermanfaat...
obat vimax
viagra
klg
vimax

PAk JUSTAN DI BATANG said...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Pasang Iklan Gratis said...

Terima kasih sudah berbagi cerita dengan kami