Kakaban, Where You Can Touch A Jellyfish

Or kiss...
In kakaban you can do both ;)

Pulau ini adalah pulau yang sangat kita tunggu2 karna disini ada stingless jellyfish yang konon hanya ada beberapa di dunia, yang gua tau ada di palau philippines, satu lagi di sini, satu lagi di raja ampat, yah mungkin yang laen ada juga tapi belum dipublikasi, atau udah tapi gua gak tau :P

Dari dermaga kakaban kita jalan kaki dulu barang 5 menit untuk sampe ke danau di tengahnya. Danau atol ini cukup gede dan aernya payau, temen gua buka mata gak pake mask gak perih, tapi gua buka perih2 aja jadi gua tetep pake mask hehe.. sayang siy karna kalo gak pake mask + snorkel fotonya bisa lebih bagus.
Di sini fin tidak diperbolehkan, karena bisa melukai ubur2, mask + snorkel aja yang boleh. Bahkan kita renang pake gaya super selow motion supaya gak banyak menyibak air, kecian si jellyfish kepelanting sana sini, mereka super duper cute, jadi harus diperlakukan dengan gentle.

Kita cuma berenang di deket2 dermaga aja udah ketemu ubur2nya, gak usah dicari2, mereka memenuhi danau!
Gua sempet agak menjauh ke tengah dan ubur2nya lebih besar2 dan lebih banyak hehe.. tapi kekurangannya jauh dari teman2 dan pak doni terutama, jadi gak banyak poto2, tapi gpplah the best memories kan yang kita lihat dan rasakan saat itu bukan pictures :)

Super cute jellyfish are everywhere! And they are stingless! What more can you expect? :D


Handle with care, i love you jellyfish :)


Jellyfish ini adalah makhluk hidup tanpa tujuan hidup. Abisan renangnya asal ke sana sini trus kalo kena kita mereka terombang ambing bentar, trus renang lagi walaupun arahnya beda dari yang pertama, they don't care!



Disini ada beberapa jenis ubur2 tapi yang gua liat cuman 2, yang orens kecoklatan ini ama satu lagi putih bening doank kaya piring terbang. Senggol2an ama jellyfish enak loh.. lembut2 licin kaya ager, harus nahan keinginan kuat untuk gak mencet2 dia hihihi..
Selain jellyfish disini juga ada ikan2 kecil transparan, mereka spertinya berteman, tapi tidak ada ikan besar, kan danaunya terisolasi makanya gak ada predator dan jellyfishnya kehilangan sengatnya.

Super happy in kakaban lake, we are jellyfish lovers


Setelah beberapa jam kita dipanggil untuk udahan, kalo gak dipanggil bisa ampe sore keknya gua mah haha.. kita lanjut snorkeling di luar pulau kakaban, namanya kakaban wall. Disini paling bagus dan ikannya paling banyak dari antara spot2 snorkeling sebelumnya. Karangnya sih ada sebagian yang memutih gitu entah kenapa.. tapi ikannya juara disini banyak bener dah sepanjang wallnya. Jangan lewatkan kakaban wall kalo ke sini, kudu snorkeling, pasti gak nyesel. Dan disini gua ketemu penyu lagi, dan lagi2 gua kejar dan lagi2 gua kalah :P






Last snorkeling at kakaban wall


Tadinya kata si pak ryan kita snorkel dari dermaga sampai ke ujung situ ngikutin arus aja, nanti speedboatnya jemput di sono jadi gak usah balik lagi, wokehlah gua pikir, orang lagi reapply sunblock gua udah nyebur.

Asik2 snorkeling arus makin lama makin kenceng, ya gua makin cepet sampe ujung, eh dipanggil2 ama si pak ryan, katanya disuruh balik ke boat, lah piye gua udah jauh begini mau ngelawan arus buat balik boat keknya tak mungkin.
Gua berusaha berenang, tapi sekuat tenaga tetep aja majunya seiprit, udah pake gaya campur aduk itu mah, kaki bebas dan tangan kupu2 asal secara cuma modal liat di youtube doank...
David lebih panik lagi, dia gaya werewolf tangannya katanya lebih cepet maju, tapi tetep aja kebawa arus lagi jadi dia pasrah ngambang2...
Akhirnya si pak ryan jemput kita dan kita diderek balik ke boat asiik gak keluar tenaga hehe.. emang keren guide kita bisa renang melawan arus sambil gerek 2 orang.. susah loo..

Pak ryan dan pak doni itu emang jago renangnya, dan mereka pake fin panjang, jadi powerful banget di dalem aer. Tapi terlepas dari fin mereka emang jago deh, bisa ngendon diem gitu di dasar karang sambil poto2in kita.

Pulau terakhir yang kita kunjungi adalah pulau nabucco. Letaknya sangat dekat di belakang maratua paradise. Perginya gak naek speedboat tapi naek perahu kletek, itu loh perahu yang bunyinya kletekletekletek.
Perahunya lebih gede tapi jauh lebih lambat. Orapopo, disini kagak ada ombak jadi tenang banget perjalanannya, opkors aku tak mabuk hehe.. pulau nabucco yang mestinya deket jadi setengah jam juga pake perahu kletek ini. Tapi kita enjoy every minute di atas perahu ini secara aernya itu loh kaya ager2 ijonya, gak abis2 rasanya demen bener liat aernya.

Enjoying every moment on perahu kletek


Welcome to Nabucco Island


Tongsis moment, cheeersss :D


What are you waiting for? Just go!


Di nabucco, kita disuguhi teh, kopi, dan snack. Duduk2 santai sebentar lalu diajak mengelilingi pulau. Di sini banyak tanaman, heran gimana bisa dia tanam pepaya dan jeruk nipis di pulau?
Ketemu bule disini, mereka abis diving, memang di semua pulau2 yang kita singgahi banyak spot diving, tapi karna kita pasukan snorkeling doank jadi yah cuma maen2 di atas permukaan aje kita mah kagak dalem2 :P
Itu aja udah bagus apalagi di dalem ya banyak banget kali penyu yah..

Besoknya kita pulang membawa semua kenangan manis disana, tak rela rasanya pas liat bintang di malam terakhir, sayonara bintang, entah kapan lagi baru bisa ketemu.
Hari sebelumnya kita ada bangun subuh buat lihat sunrise tapi berawan, sunrise gak dapet malahan ujan balik ke resort naek pick up. Tapi sampe resort langsung dikasih gantinya, kita dapet double rainbow :)

Pelangi di ujung merah putih


Di tarakan kita mampir ke tempat oleh2, tapi gak ada oleh2 khas sini cuman beli snack2 dari malay ama kerupuk ikan, lanjut makan siang di ikan goreng cianjur. Kita dilepas disini suruh pesen sesukanya last treat dari kakabantrip hehe..
Abistu kita diajak ke hutan mangrove buat liat bekantan, cuman ketemu 2 ekor, palingan juga 15 menit keliling mangrove itu.

Sebelum ke airport kita minta dianterin ke rm kepiting saos kenari. Katanya terkenal kan jadi cobain lah itung2 early dinner. Seporsi 210 ribu, katanya sih isinya 4, tapi capitnya kurang, karna kita pesen 2 porsi ada yang gak dapet, mungkin tergantung berat juga kali ya.
Kita pesen kepiting lada hitam dan kepiting asam manis. Verdict dari gua sih dagingnya tebel mantep, tapi saosnya gak terlalu special. Lada hitamnya agak asin dan asam manisnya lucu rasanya, tapi temen gua ada yang demen tuh saos asam manisnya, gua lebih prefer lada hitamnya walau asin hehe.. yah tetep enaklah kepiting gendut murah lagi :D



Flashback bentar, sebelum ke nabucco ada kecelakaan yang terjadi pada diriku. Kan cowo yang laen pada renang2 di sekitar cottage, david rehat di kamar, gua iseng jalan2 di pinggir pantai. Aernya sedang pasang berombak jadi pasirnya naek2 gitu gak gitu jernih di pinggiran pantai. Temen2 gua pada ke tengah, gua males renang pengen jalan2 aja, jadilah gua jalan menyusuri bibir pantai.

Eh tiba2 gua kesandung kayu, gak kliatan emang banyak kayu2 gitu keknya item2, sakit dengkul gua, dasar auban bukannya udahan malah terus jalan, akhirnya beneran kejadian dah, gua nginjek bulu babi.
Begitu ujung jempol kaki gua menyentuh itu bulu langsung sontak gua teriak, sakitnya sampe ke otak rasanya mak.
Gua langsung pucet wah apa ni yang gua injek kayanya parah ni, gua blom tau itu bulu babi. Gua langsung menepi dan liat jempol kiri gua udah berdarah2.

Sampai pantai gua cuci lukanya gua liat banyak hitam bintik2 gitu di kaki gua huhuhu.. sakitnya lebih daripada sakit kena kayu, gua balik ke restoran cari si pak ryan tapi dia gak ada. Jadi dibantu ama bapak2 disana yang nuangin alkohol ke kaki gua. Pedih.
Pengennya pinjem pinset dan gunting kuku tapi mbak disana cuma ada jarum pentul, jadilah gua ngorek2 itu bulu babi pake jarum pentul. Sakit mak, sampe hitungan bulu babi keempat yang berhasil gua keluarkan, gua tak kuat terpaksa balik ke cottage mo minta bantuan david.

Ada bapak2 disana yang bilangin kalo kena bulu babi kencingin aja, nanti bulu babinya keluar sendiri. Trus katanya kalo saya sih gakpa2 kena itu, disini gak beracun kok, tapi kalo kamu gak tau ya....

Lah kan gua jadi takut sendiri ya, entah beracun atau gak, yah gua maen safe ajalah. Jadinya gua kencingin juga, gua keluarin juga itu bulu babi.
Di cottage alat bantu gua bertambah satu, dapet pinjeman gunting kuku. Sambil dirasuki penyesalan yang dalam gua korek2 itu bulu babi, masuknya mana dalem2 lagi sampe nusuk daging banget bukan cuma di kulit2 jadi sakiiit banget waktu koreknya huhuhu T_T

Padahal cuma kecil loh yang nusuk ke daging, cuman ujungnya tok, tapi dalem jadi susah keluarinnya, dagingnya mesti dicoel2 sampe berdarah2 baru bisa keluarin. Tragis.
Di tengah2 perjuangan gua, pak ryan datang ke cottage tanya keadaan gua dan dia bilang kencingin aja trus mo anter gua ke puskesmas, tapi gua males gua bilang mo keluarin sendiri aja.

Setelah setengah jam gua ngedeprok di toilet, akhirnya berhasil mengeluarkan sekitar 9 bulu babi dari kaki dan ada 1 yang paling dalam paling sakit gua kutak katik tetep gak bisa, sampe akhirnya nyerah kasih jarumnya ke david.
Dia korek dalem2 beberapa kali gua hanya bisa teriak dalam ati aduuh benciiii knapaaaa harusss terjadiiiii.... akhirnya keluar juga 1 bulu terakhir. Lega. Banget!
Lukanya dibersihin, dikasih betadine, dan ditutup tensoplast 2 biji.

Tapi biarpun kaki bengkak dan sakit, gua tetep ikut ke nabucco walopun dengan tertatih2 dan pincang. Emang sekali auban tetap auban. Malemnya gua gak demam jadi gua agak tenang walo kaki tambah bengkak merah. Mana besoknya masih jalan lagi di tarakan keliling hutan mangrove.
Sampe jakarta udah malam, lusanya baru ke dokter kantor, barulah itu si luka bengkak ditreat properly, dikasih salep antibiotik dan ditutup kasa. Tiap pagi setor kaki ke dokter kantor, buat ganti perban dan salep.
5 hari minum antibiotik dan obat anti bengkak, barulah berangsur2 kempes dan kaki gua gak sakit lagi kalo jalan horee...

Notes:
1. Bagi gua KakabanTrip very recommended, mereka cukup pro, guidenya oke2 dan tau banget medan disana, ini berguna supaya perjalanan kita lebih memorable, sebelum naek boat dibagiin tolak angin, ada guide utk poto underwater, kita bisa minta poto2nya di hari terakhir pake flashdisk.
2. Duduk di speedboat paling belakang lebih gak mabok, tapi siap2 basah
3. Jika hanya berdua dan gak keberatan jalan jauh ke dermaga, cottage no. 9 & 10 viewnya lebih lepas, kalau bertiga bisa minta kamar yang triple beds.
4. Bawa obat2an pribadi seperti obat flu, alergi, masuk angin, anti mabuk, hansaplast, gunting kuku, pinset, waterproof sunblock dan inget reapply
5. Bagi yang tidak punya mask + snorkel tidak usah kuatir, disini ada rental yang cukup lengkap, disarankan untuk sewa fin sekalian jika laut berombak
6. Bawa casing or kamera underwater atau jika ingin fotonya banyak berenang dekat2 guide yang bawa kamera
7. Di danau kakaban bisa latihan lepas mask dan buka mata dalam air supaya wajah terlihat semua dan fotonya lebih bagus
8. Yang tidak bisa menyelam kaya gua boleh belajar dulu di kolam jadi disana udah jago

Expenses:
1. Jakarta to Tarakan via Lion Air: IDR 1.273.000,- pp
2. Paket 4D3N Maratua Paradise water villa by KakabanTrip: Rp. 4.150.000,-
3. Juwata Airport to Tengkayu: included in package price (15 minutes)
4. Tengkayu to Maratua: included in package price (4 hours)

Previous:
Derawan, Swimming With Sea Turtles
Maratua, Fall In Love With Turquoise Blue Sea

19 comments:

Mamana Clo said...

fotonya bagusssssss bangettttttt

gw serem baca cerita lo nginjek bulu babi.. horrorrr

Cepet sembuh ya..

natali said...

selesai sudah baca cerita lu 3 epi. Apa masi ada sambungannya lagi???

speechless liat foto2nya viol...gile ya ciptaan Tuhan buset indah banget...

tus kok gak ada foto bulu babi di kaki lu? gw sampe buru2 scrol kebawah pengen liat 10 biji bulu babi hasil cabutan lu...kok gak ada?? penasaran kaya apa sih bulu babi? skrg uda oke kaki lu vi ?

btw itu foto kepiting gendut bikin gua cess cesss...

Felicia said...

Jadi keinget dulu di serial Friends ada yang nginjek bulu babi juga, kalo ga salah si Joey ama Monica yah...disuruh kencingin juga :p

Tapi baca cerita lu serem banget sampe dikorek2 dagingnya :(

Arman said...

itu yang foto jelly fish dari bawah trus sampe keliatan awan itu bagus banget!! air nya jernih banget ya vi sampe jelly fish nya kayak lagi terbang. hehehe.

Vicky Laurentina said...

Ebuset, ternyata kayak gitu ya rasanya nginjek bulu babi. Moga-moga bengkaknya nggak gede-gede amat sekarang.

Gw seneng deh lu ceritain Kakaban trip ini, Vi, jadinya gw bisa bayangin persiapannya. Eh ya, Kakaban trip ini bisa dipesen pake internet kan? Harganya ternyata sama kayak pergi ke Beijing 5 hari ya..

Fun said...

aihhh kereeen yak...
moga2 bisa jalan2 juga kayak gini nih, sambil bawa anak? hehehe :)

Pitshu said...

ih.. senang na jalan2, sekarang yang namanya bisa ngelayap itu "sesuatu" banget dah :D.

debby tondo said...

ya ampun Vi, elo preman juga ya berani cabutin sendiri bulu babinya, gue ngebayanginnya aja udah stress duluan...semoga gak kapok ke pantai ya

thesalem said...

Semua fotonya bagus banget Vi, pelangi, jellyfish, dan kalian juga look so happy!
Sampe andy gw paksa liat padahal lagi sarapan kita haha sampe terkagum kagum dia walaupun dia bukan pencinta pantai tapi dia bilang bagus banget, kok dapet aja momentnya. Yaeyalah dikira dia semua cewek macem istrinya kale,
Kalau jalan jalan banyakan foto diri haha.
Serem
Baca bulu babi, kalau gw jadi elu udah sukarela ke puskesmas. Ya sambil nangis nangis juga kesananya biar dramatis hahaha.

Dessy said...

fotonya cakep2 vi... dari dulu gua dibilang kalo kena ubur2, gatel.
ternyata ga gatel ya?

setujuuuuuuuu gua juga sebel kalo ada orang mau lihat penyu tapi ga mau nyebur... penyunya yang kudu ditarik. itu mah ke pulau penyu aja di bali :-D

Pucca said...

@xiao: iya horor yah.. jangan lagi2 deh, cukup sekali.
udah sembuh xiao, cuman bekasnya masih ada.

@nat: udah the end nat gak ada sambungannya lagi hehe.
itu membuktikan gua kurang narsis, lagi jerit2 mana kepikiran mo poto si bulu babi haha

@felicia: iyah gua pan emang lebay fel, jangan dipercaya 100% ya wkwkwk

@arman: iya bagus yah, kaya terbang si jellies :D

@vicky: bisalah. tapi gua dulu komunikasi by email.
masa iya harganya sama kaya ke beijing haha..

@fun: bisa loh, tunggu gedean dulu selena n joanna :)

@pitshu: skarang kan gak perlu ngelayap, cukup ngeliatin zio aja udah hepi pit ;)

@debby: gak kapok kok, gua kan auban hihi.. tapi lain kali gua akan lebih ati2 jalan di tepi pantai..

@maryna: kalo elu kesana nanti fotonya gua yakin bakal dramatis kaya iklan wonderful indonesia di tv, lu pasti pake baju yang melambai2 gitu ryn, bagus pasti hehe trus sampe rumah dea n cyan dibikin bento gambar jellyfish dan penyu haha..

@dessy: khusus disini gak gatel des, bisa sepuasnya hehe.. kalo di tempat lain yah jangan dipegang

Once in a Lifetime said...

Duh bagus banget ya.. kayak di film2. Dulu di Ancol Denzel pernah ditangkepin ubur2 tapi warnanya abu2 doang. Btw danau ini ngingetin danau yang ada di film Life of Pi gak sih?

Duh kalau bulu babi itu, kan pernah ada di serial Friends, si Monica juga minta dikencingin kakinya yang kena bulu babi.(kok referensi gua film semua ya wkwkw, soalnya gak belajar soal bulu babi gua mah)

Pucca said...

@elisa: ubur2 warna abu2? gua biasanya liat ubur2 bening el.. itupun udah mati terdampar di pantai gak pernah pegang2 yang masih berenang2 gitu hehe.

mamie_funky said...

asliii keren bangetttt viol.....jadi kepengennn kesono

Pucca said...

@yance: gih pergi ke sono, berempat ama anak2 pasti seru :)

Rawins said...

waah keren
itu di negaranya spongbob kah..?

cumilebay mztoro said...

Mantap banget, karang2 nya cakep ... aku blm kesampean ke derawan, mesti segera brkt nich "-(

zarena cantik said...

Selaput Dara Buatan
Obat Perangsang
Viagra USA Obat Kuat Pria
Bio Slim Herbal
Obat Mata Herbal
Perangsang Wanita
Obat Perangsang Cair
Perangsang Sex Drops
Semenax Penyubur Sperma
Vagina Tabung
Vagina Center
Boneka Seks Full Body Cantik
Vagina Pinggul
Alat Bantu Sex Pria
Vagina Elektrik
Penis Elektrik
Penis Tempel
Penis Manual
Penggeli Vagina
Penggemuk Badan
Cialis Obat Perkasa
Meizitang Obat Diet Alami
Quick Slim Penurun Berat Badan
Obat Peninggi Grow Up USA
Celana Hernia
Vigrxplus Pembesar Vital
Herbal Slim Peluntur Lemak
Pelangsing Lida
Vakum Penis
Alat Pembesar Penis
Pembesar Payudara
vimax canada Pembesar Penis Alami

PAk JUSTAN DI BATANG said...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL