FAQs About IVF

Seyogyanya postingan ini udah harus gua bikin sesaat setelah gua IVF atau bayi tabung di surabaya taon lalu *janjinya sih begitu*. Tapi karena gua langsung sibuk bak bik buk abis cuti sebulan lalu dilanjutkan dengan sibuk2 yang laen, trus dicombine dengan kepikunan gua hihi.. jadi gua totally lupa akan niat gua untuk memblogkan pengalaman gua ituh. Niatnya sih baik, sharing dari blogger untuk blogger, siapa tau bisa membantu teman2 yang sedang cari2 info.

Gua teringat lagi karna belakangan ini ada beberapa teman yang nanyain gua soal IVF itu dan gua langsung inget.. oh ya, mestinya kan gua posting ya. Tapi sejujurnya mau posting lagi gua rada males, karna gua udah rada lupa detilnya. Padahal niatnya mau bikin sedetil dan sejelas mungkin, tapi apa daya, ingatan gua yang kurang kuat ini tidak mengijinkan.

Untungnya kekurangan gua itu diimbangi dengan kerajinan gua membuat catetan. Jadilah FAQ ini bisa terlaksana, walaupun untuk menulis ini aja gua musti didampingi 1 map berkas2 gua dulu hehe..

Gua persembahkan tulisan ini untuk semua wanita di luar sana yang sedang berjuang sekuat tenaga, sepenuh hati dan jiwa demi sebuah harapan.. menjadi seorang Ibu...

Hope these help ya :)

Gua ikut program IVF di rs siloam surabaya pertengahan juni 2011. Semua yang gua tulis di bawah ini berdasarkan pengalaman gua menjalani proses di rs tersebut. Tentu ada perbedaan prosedur, biaya, dan kebijakan bila dibandingkan dengan rs lain.

Jika ada perselisihan dan perbedaan pendapat, maka gua dibebaskan dari segala tuntutan hukum (boleh nyontek dari perjanjian kredit wkwkwk). Walaupun program gua kemaren itu tidak berhasil, tapi gua berharap pengalaman gua ini ada gunanya buat orang lain.

1. Bagaimana proses IVF / Bayi Tabung?
Secara garis besar, IVF adalah proses untuk menstimulasi ovarium supaya menghasilkan sebanyak mungkin telur, mengambil telur2 tersebut untuk dapat dibuahi oleh sperma di cawan patri, dan mengembalikan hasil pembuahan tersebut ke dalam rahim dengan harapan dapat menempel sehingga terjadilah kehamilan.

Kalo proses detilnya seperti ini:
1. Screening check untuk suami dan istri
Untuk pemeriksaan awal buat suami ada 2, blood and sperm check. Untuk istri, blood check and USG. Biasanya dilakukan hari kedua / ketiga mens pada pagi hari. Malamnya setelah hasil test keluar, ketemu dokter untuk konsultasi. Berdasarkan kondisi pasien, dokter kadang memberikan obat dulu untuk diminum sebulan dan mulai program bulan depan, atau bisa saja langsung mulai saat itu juga.

Ada istilah long protocol, short protocol, kalo gua sih gak pusingin gini2an. Nanti kan dokter yang memutuskan gimana prosesnya, kita mah manut aja. Gua dulu karna fsh gua tinggi diputuskan pake combination.

2. Injection process
Pada bayi tabung diharapkan untuk bisa memanen ovum sebanyak2nya untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Secara IVF tuh mahal jadi cadangan embrio beku berguna banget, seandainya proses pertama gagal, bisa diulang lagi dengan biaya lebih murah dengan menggunakan embrio beku hasil proses pertama.
Proses ini bisa diulang terus2an sampe cadangan embrio beku habis. Jadi lebih banyak embrio yang disimpan, lebih banyak proses IVF yang bisa diulang, lebih besar kesempatan.

Obat dan dosis suntikan tergantung dokter, kondisi tubuh kita, dan respons tubuh kita terhadap obat tersebut. Proses suntikan ini melelahkan karna harus ke rs tiap hari, karena yang suntik susternya bukan suntik sendiri. Suntiknya di perut deket puser. 3 suntikan pertama masih satu ampul, cuma satu kali suntik, mulai suntikan keempat ada obat lain jadi 2 kali suntik, kiri dan kanan. Kalo gak salah obat lain itu untuk mencegah telur2 pecah sebelum waktunya, kan maunya dipanen bersamaan.

Di siloam ambil darah dan USG dilakukan pagi hari, suntik menyuntik malam. Tiap 3 kali suntik, ada cek hormon dan USG untuk memantau sudah berapa folikel yang matang, berapa ukurannya, ini untuk adjust dosis obat.

Gua sampai 7 kali suntikan sudah besar ukurannya tapi sayang cuma 2 telor yang berkembang. Ada yang sampe 10 kali suntik baru dokter bilang cukup tapi telornya banyak, bisa sampe 8. Macem2 deh, pada masa2 ini di ruang antrian biasanya jadi saling kenal karena tiap hari ketemu, trus pada ngebahas udah suntikan ke berapa? Ada berapa telornya? Berapa ukurannya? :)

Setelah telor2 mateng, ukurannya minimal 18 mm, disuntik pecah telur supaya telor2 pecah dari cangkangnya dan ready for pick up.

3. Ovum Pick Up (OPU)
Selang 36 jam setelah suntik pecah telor, lusa paginya proses ambil telor atau OPU. Disuruh puasa dari malemnya sekitar 8 jam, trus pagi2 udah lapor ke rs. Sebelum OPU kita diinfus, gua kirain ini cairan bius, ternyata antibiotik. Dan prosesnya gak pake bius sama sekali, alamakjang sakitnyaa...
Masuk ruangan operasi gagah perkasa, keluarnya lemah lunglai, serasa dikerok2 perut gua.

Pertama dokternya masukin alat untuk bersihin mulut rahim, perut gua rasanya kaya disikat pake sikat wc. Abis itu dokternya masukin jarum dan menusuk pinggir rahim tembus sampe ke ovarium untuk menyedot ovum. Sakitnyaaaaa... gak kira2.. kaki gua sampe kejengkang sangking tertohoknya.
Bersamaan dengan itu, alat pendeteksi detak jantung gua melemah, tangan gua yang udah dingin makin membeku, sampe diremas2 ama susternya supaya gua rilex.
Padahal sebelum proses ini gua udah berusaha rilex loh, tapi karna waktu pemasangan infus juga bermasalah, udah ditusuk tangan kiri utak atik ampe sakit banget gak bisa2, akhirnya ganti tangan utak atik lagi ada kali 15 menit jarumnya digoyang2in di tangan gua baru terpasang infusnya, katanya urat gua lari2 astaga..

Waktu dokternya sedot telor, telor itu langsung masuk ke ruangan sebelah dan keliatan di monitor, kalo beneran ada isinya, dokter sebelah akan tereak oocyte, trus dokter yang sedot telor itu dan para suster akan menyemangati gua yang ngos2 kaya orang beranak, berhasil satu bu. Rasanya senang bukan kepalang. Lalu dokter itu akan melanjutkan mengorek2 ovarium mencari telor yang laen untuk disedot.

Kadang ada telor yang di USG keliatan seperti telor trus disedot tapi setelah sampe ke ruangan sebelah gak ada isinya, maka dokter sebelah bakal tereak kosong.

Anehnya, walaupun bagi gua OPU ini kadar sakitnya sakit mampus, tapi ada orang yang bilang sakitnya biasa2 aja tuh.. kok bisa?? Aku juga tak tahu.. tapi di rs bunda, katanya sih proses ini dibius loh.

4. Pembuahan sel telur oleh sperma
Selagi gua dikorek2 di dalem, suami dipanggil untuk menyerahkan spermanya. Penting bagi suami untuk tidak panik dan cemas supaya hasilnya memuaskan. Karena jika spermanya tidak keluar, cilakatigabelas, oocyte yang baru dipanen mau dibuahi sperm siapa?

Maka selain istri, suami juga berperan penting dalam menyediakan bahan material yang berkualitas supaya adonannya mantep. Selain itu kuantitasnya juga harus cukup.
Jika nanti dokter merasa perlu, in case telurnya cuma dikit, atau spermnya cuma dikit, maka dilakukan proses ICSI, yaitu sperm langsung disuntikkan ke dalam ovum untuk memperbesar kemungkinan.

Setelah para telur dan para sperm diambil, maka kita boleh pulang dan istirahat. Tugas para dokterlah untuk menyatukan mereka. Progresnya selalu dikontrol karena tidak semua telur yang dipanen terbuahi dan menghasilkan embrio bagus.

5. ET (Embryo Transfer)
Setelah embrio2 jadi, sekitar 2-3 hari kemudian kita telpon lagi untuk dijadwalkan penanaman embrio ke rahim. Biasanya maximal ditransfer 3 embrio untuk memperbesar kemungkinan. Jika embrio yang jadi banyak, sisanya akan dibekukan, jadi bila ingin mengulang IVF, tidak usah ulang dari awal karna embrionya sudah ada, save money and time.

ET ini tidak terasa sakit sama sekali, embrio dimasukkan lewat pipet jadi kita bisa melihat embrio berenang2 waktu dimasukkan ke rahim, seperti kecebong glow in the dark, karna rahim warnanya hitam di monitor, sedangkan embrionya berpendar2, it was a very breathtaking moment for me :)
Sayang david gak bisa liat karna dia tidak boleh ikut masuk.

Masalahnya cuma sebelum ET kita harus banyak minum dan tidak boleh kencing. Setelah ET kita tidur dengan kaki ditinggikan sedikit dan dipakein pampers. Dengan santainya susternya bilang, kalau mau pipis silakan aja bu udah pake pampers kan..
Astaga sus, setengah mati gua konsentrasi supaya bisa pipis, tapi pegimana caranya??

Setelah ET, kita check in di kamar rs selama 6 jam. Selama itu pula gua berusaha pipis, dan hanya berhasil sekali, waktu berhasil itu gua leganya setengah mati, padahal blom keluar semua isinya. Tetangga sebelah gua malah kacau, pipis aja disuruh di pampers, dia malah mules katanya karna kemaren makan rujak kebanyakan, jadilah dia terpaksa jalan ke kamar mandi buat nyetor wkwkwk..

Gua akhirnya juga gak tahan gak bisa pipis, perut sakit banget, jadi minta suster pasang kateter, tapi susternya gak mau, gua disuruh tetep usaha kencing di pampers. Akhirnya gua ngesot ke kamar mandi, tapi karna udah saking kencengnya perut gua, dipegang udah kaya batu, gua gak berhasil kencing, gua stress trus gua paksa suster untuk pasang kateter.
Kencing gua 600 ml bo.. gua denger si suster ngomong ke temennya pantesan perutnya sakit, banyak begini.. makanya gua suruh pasang kateter dari tadi mau aja napa sus..

6. 2WW (2 Weeks Wait)
Ini masa2 yang menegangkan. Gak capek bolak balik, gak sakit disuntik, tapi kita gak sabaran melewatinya. Tiap 3 hari pergi ke rs lagi untuk disuntik obat penguat. Sisanya kita gak ngapa2in. Katanya sih gak boleh capek2, gak boleh turun naek tangga, padahal kata dokter sih aktivitas biasa, tapi sebisa mungkin kita play safe aja. Siapa coba yang mau resiko loncat2 abis ET iya kan.

7. Cek bHCG
Ini masa penentuan semua perjuangan sebulan. Pagi2 ke rs trus diambil darah. Nanti siang2 disuruh telpon ke rs untuk tau berapa nilainya. Lebih tinggi lebih bagus, kalo kembar lebih gede lagi angkanya, gak tau deh berapa batas minimalnya. Kalo di bawah 10 sih sepertinya negatif ya.

Abis nulis ini gua ragu apakah ini masih bisa disebut FAQ hahaha.. abis panjang begini, mungkin gua emang gak bakat kali ya nulis singkat, tapi ya udahlah lanjut aja yah :P

2. Apa langkah pertama jika ingin melakukan IVF?
Pilih dokter dan rs yang kita percaya. Biaya untuk IVF cukup besar dan tidak ada garansi uang kembali jika tidak berhasil. Jadi pertimbangkan masak2 di mana kita ingin melakukannya. Pertimbangan orang tentu berbeda2, kredibilitas dokter, success rate, biaya, lokasi, waktu dan sebagainya.

Di siloam, prosedurnya telpon untuk bikin janji dengan suster pas hari pertama mens. Lalu besok paginya datang untuk pemeriksaan awal. Malamnya balik lagi untuk konsultasi dengan dokter berdasarkan hasil test kita. Jika dari luar kota, gak bisa cari tiket murah karna kita kan gak tau pasti kapan mensnya. Paling lambat cek darah hari ketiga karna lewat dari itu hormon fsh, fh, dll tidak valid lagi.

3. Berapa lama proses IVF?
Prosesnya sekitar sebulanan, kalo tempat IVF di luar kota, kita bisa mempertimbangkan untuk stay di kota tersebut sebulanan. Karena kalo bolak balik selain capek juga ada biaya transportasi. Sedangkan suami tidak dibutuhkan setiap waktu, hanya pada proses awal untuk sperm analysis dan waktu OPU.

4. Berapa tinggi tingkat keberhasilan IVF?
Success rate bervariasi tergantung rs dan umur pasien. Makin muda success ratenya makin besar. Kalau bisa sih di bawah 35 tahun karna kalau sudah lewat dari itu ratenya turun. Tapi rata2 untuk bayi tabung success ratenya sekitar 30-50%.

5. Apakah setelah ET harus bed rest?
Dokter sih tidak mengharuskan, karena kalo tanya dokter pasti jawabnya aktivitas biasa. Tapi ini terserah masing2 orang. Kalau lebih prefer bed rest ya silakan, bahkan ada yang bed rest di rs supaya gak turun2 ranjang, yah boleh2 saja. Atau mau istirahat saja di kamar sendiri juga boleh.

6. Makanan apa yang bagus untuk meningkatkan keberhasilan program bayi tabung?
Ini asli gua juga bingung. Banyak banget isu2 berseliweran tapi kita kan gak tau gimana buktiinnya yah. Ada yang bilang makan putih telor yang banyak, alpukat, ikan, susu, kacang2an.
Ada yang bilang jangan pake minyak angin karna ada efeknya, gua juga gak tau bener apa nggaknya. Yah terserah masing2 ajalah hehe.. yang penting makan makanan yang sehat karena kita jangan sampe sakit selama program.

7. Berapa biaya yang harus dipersiapkan untuk program ini?
Biaya IVF tergantung dengan rs dan dosis suntikan kita. Di siloam, biaya termasuk rendah bila dicompare dengan beberapa rs di jakarta. Sebagai gambaran, gua kasih biaya yang gua keluarkan kemaren yah. Tapi sekali lagi sangat tergantung dengan ampul suntikannya, gua kemaren cuma 2 ampul kok, ada yang 4 ampul, yah berarti biaya suntikannya kali 2.

Di siloam bayarnya per kedatangan, disana gak terima kartu kredit dan debit, untungnya ada atm. Jadi kita ke atm ambil duit trus bayar langsung ke susternya. Untungnya lagi dia ada mesin hitung uang, kalo gak berapa lama susternya ngitung tiap bayar kan jutaan hehehe..

1. Pemeriksaan awal kondisi suami dan istri .......... Rp.  2.700.000,-
2. Injection process ................................. Rp. 12.370.000,-
   USG and hormone check (4 kali)     Rp. 1.850.000,-
   Egg Stimulating Injection (7 kali) Rp. 9.600.000,-
   Suntik Pecah telur                 Rp.   920.000,-
3. Ovum Pick Up (OPU) + ET ........................... Rp. 16.210.000,-
   OPU + ET cost Rp. 13.000.000,-
   ICSI          Rp.  3.000.000,-
   Room charge   Rp.    210.000,-
4. Pregnyl Injection untuk penguat (3 kali) .......... Rp.    540.000,-
5. Test kehamilan bHCG ............................... Rp.    180.000,-

Total 1 - 5 .......................................... Rp. 32.000.000,-

6. Transportasi (tiket pesawat, taxi)................. Rp.  6.000.000,-
7. Akomodasi ......................................... Rp.  4.000.000,-
8. Living cost ....................................... Rp.  2.000.000,-

Grand Total .......................................... Rp. 44.000.000,-


Setelah melihat angka2 di atas, susu formula, uang pangkal, uang sekolah, jadi tidak terlihat begitu mahal lagi kan? ;)

8. Kenapa IVF membutuhkan banyak telur?
Begini ceritanya. Anggaplah kita berhasil menghasilkan 10 telur setelah disuntik sana sini. Dari 10 telur itu mungkin hanya 8 yang berhasil diambil waktu OPU. Sisanya mungkin kosong, jadi hanya cangkang saja tidak ada inti telurnya (oocyte), atau bisa saja tidak bisa diambil. Dari 8 telur itu, setelah dipersatukan dengan sperma, mungkin hanya 5 yang berkembang menjadi embrio, sisanya gagal.

IVF kan proses pematangan telur menggunakan injeksi hormon, jadi sangat mungkin kualitas telur yang dihasilkan tidak semuanya bagus. Proses pembelahan selnya diamati hari per hari, dari 2 sel, 4 sel, 8 sel dan seterusnya. Nanti embrio yang terbentuk (sebenernya namanya blom embrio kali ya, tapi zygote atau morula, cuman supaya gampang kita sebut aja embrio) akan dibedakan berdasarkan jumlah sel dan bentuknya. Ada yang kualitas excellent, good, fair, poor.
Nanti dokter akan menentukan yang mana yang mau ditransfer, yang mana yang dibekukan. Tapi biasanya yang dibekukan minimal kualitas good.

Jadi dari 5 embrio itu anggaplah 3 yang ditransfer, 2 yang dibekukan. Jadi gak terlalu banyak kan, cukup untuk 2 kali program. Kalo telornya banyak sampe belasan yah bisa aja sampe 3-4 kali program pake frozen embrio. Namanya thaw cycle, kalo ET dari embrio yang baru jadi namanya fresh cycle.

Tapi terlalu banyak telur juga gak bagus, karena nanti bisa kena yang namanya OHSS (Ovarian Hyperstimulation Syndrome), gua sih gak gitu tau, tapi sepertinya sih perutnya jadi besar karna tubuhnya sangat responsif terhadap obat dan telornya jadi banyak banget. Kalo yang parah bisa sampe sesak napas dan rawat inep di rs loh. Tapi katanya lagi, biasanya yang kena OHSS ini kemungkinan hamil lebih besar.

9. Bagaimana pelayanan rs dan staffnya?
RS Siloam surabaya itu gak gitu gede, gak segede rs siloam sini yang megah menjulang. Tempatnya sih biasa aja, yang paling rame yah tentunya bagian IVF hehe..
Bagian IVF itu dari pintu masuk belok kanan, nanti ada ruang tunggu yang rame banget banyak orang nah itulah ruang tunggunya. Di sebelah kanan ruang tunggu, ruangan paling depan itu ruang untuk admin, konsultasi, dan suntik menyuntik. Ruang di sebelahnya untuk USG. Di depan ruang tunggu ada pintu, nanti kalo sudah lulus suntikan baru boleh masuk pintu itu waktu OPU dan ET.
Kalo ada orang keluar dari pintu itu didorong di tempat tidur berarti dia abis ET. Kalo jalan biasa dan ada bekas plester di punggung telapak tangan berarti abis OPU, karena bekas infusnya di situ.
Buat yang baru dateng langsung aja masuk ke ruang admin untuk ketemu susternya.

Susternya banyak dan ramah, walau ada satu dua orang yang kurang ramah. Kalo pengalaman gua imel2an ama suster di rs luar mereka sangat informative dan helpful sekali. Kalo suster disini yah seperti suster2 pada umumnya lah, knowledge kurang jadi kalo ada apa2 mesti tanya dokter. Susternya lebih ke mengurus admin ama hal2 rutin aja, seperti suntik dan ngatur jadwal kita, gak bisalah buat konsultasi.
Sedangkan dokternya kan sibuk ya, pagi2 ada tindakan OPU dan ET, malamnya konsultasi pasien baru, mana pasiennya sejembreng gitu, jadi kita kadang mau ketemu dokter untuk tanya hal2 kecil susah, tanya suster gak yakin hehe..

Kalo dateng pagi buat USG harus siap2 antri, karena dokternya nanganin OPU dan ET dulu, abis itu baru USG. Jadi antrinya tergantung dari banyaknya orang yang tindakan hari itu. Kalo banyak yah otomatis tunggunya lebih lama.
Rekor terlama gua adalah dateng jam 9 pagi ambil nomer dapetnya udah nomor buntut 40-an. Abis itu tunggu ambil darah mah cepet, abis ambil darah kan antri USG. Nah karna hari itu banyak banget yang panen telor dan mungkin telornya juga banyak2 (kan telor itu ambilnya satu2 jadi kalo lebih banyak lebih lama) jadilah gua masuk USG jam 3 sore.

Di rs ada kantin yang jual makanan, roti, jajanan pasar, gak usah takut kelaperan, di ruang tunggu juga ada tv, tapi banyakan orang mah ngobrol2 tentang telor wuehehehe..

Jadi berikut ini adalah penilaian subyektif gua terhadap rs ini:
+ Success rate cukup tinggi
+ Dokter sudah berpengalaman, jam terbang tinggi dan kompeten di bidangnya
+ Biaya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan jakarta
- Susah ketemu dokter untuk konsultasi, karena pasien teramat sangat banyak dari seluruh penjuru indonesia
- Antrinya lama
- Pelayanan kurang personal/private

10. Apakah ada pengalaman kurang menyenangkan?
Ada sih waktu diambil darah. Jadi nanti kita bakal berhadapan sama jarum sering banget deh. Bentar2 ambil darah dan suntik, saking seringnya tangan bakal biru2, dan perut juga. Waktu itu ambil darah kesekian, susternya bukan favorit gua, ada suster yang gua suka karna dia gak gitu sakit ambilnya, tapi itu bukan hari keberuntungan gua sepertinya...

Setelah suster itu melakukan ritual sebelum ambil darah, dia tusuklah tangan gua yang kiri, sakit banget anjrot ternyata salah gak dapet darahnya. FYI, seumur2 gua gak pernah gagal diambil darah, gua itu tipe yang gampang diambil darahnya. Lalu dia ganti tangan, tapi gua udah deg2an, setelah pencet2 nadi dia nyerah dan panggil temennya. Gua bersukur dalam ati, kalo ragu2 mending ganti orang daripada gagal lagi kan..

Suster yang datang selanjutnya sepertinya lebih pro, setelah pencet2 dan pasang tali pengikat di lengan, tak lupa gua komat kamit berdoa, dia tusuk tangan gua yang kanan, cess darah gua ngalir, puji Tuhan justru kalo bener tusuknya gak sakit2 banget loh.. abis itu setelah selesai dia lepasin pengikat tangan itu.. ctek.. aarrgghhh!! Pengikatnya nyangkut di lengan gua!! Dan secuil daging lengan gua nyangkut di jepretannya. Meledaklah teriakan gua sehingga seantero ruangan nengok. Jadi hari itu lengkaplah penderitaan gua, luka ditusuk 2 kali, dan satu luka di lengan karena kejepit. Yang paling sakit yah luka kejepit ituuuuu.... hiks......

Trus yang gua kurang sreg kan waktu proses OPU katanya sekalian hidrosalphinx gua disedot, jadi waktu USG katanya gua ada cairan hidrosalphinx di tuba falopii, rencananya mau disedot saja sekalian waktu OPU. Setelah itu kan gak ada USG lagi tuh, gua jadi gak bisa liat kondisi setelah penyedotan itu.
Lalu beberapa hari kemudian pas gua tanya susternya, dia juga gak inget, dan gak ada foto atau dokumentasinya. Sayang sekali padahal gua mau liat cairan itu seperti apa warnanya.

Trus gua juga pernah dikasih jadwal salah, setelah ET mestinya gua datang untuk suntik penguat 3 hari kemudian, ini gua disuruh datang besokannya. Gua udah confirm ulang karna orang sebelah gua 3 hari lagi, knapa gua besok, tapi susternya bilang besok. Ya udah tertatih2 deh gua dateng, eh sampe rs katanya jadwal gua lusa, mo marah gak tuh... gua cari2 suster yang suruh gua dateng itu gak ketemu katanya lagi off. Bete aja gua waktu itu, orang mestinya istirahat disuruh bolak balik.

Selain itu gua ada cerita lucu, jadi setelah OPU kita kan pulang naek taxi ke apartemen. Sesampainya kita, tiba2 hape gua bunyi, ternyata dari suster rs. Mereka lagi kelimpungan nyari kunci ruangan pengambilan sperma, tanya apakah kuncinya ada di kita. Dan ternyata ada. David saking paniknya ngantongin itu kunci dan gak dipulangin ke suster. Terbirit2lah david nyari taxi lagi balik ke rs dan disana udah bederet bapak2 megangin botol antri mau masuk ruangan yang terkunci itu hehe. Pasti david tersipu2 malu waktu kasih kunci wakakak :D

11. Tinggal dimana selama program IVF?
Banyak alternatif penginapan selama kita di sana. Yang paling umum adalah kos2an di sekitar rs. Harganya juga beragam, tapi gak murah, sekitar 2-3 jutaan. Selain itu ada hotel di dekat rs yang namanya jawa hotel (031-5044570). Jawa hotel ini bisa sewa per bulan untuk tarif lebih ekonomis. Untuk biaya persisnya gua gak tahu, sekitar 3 jutaan imbang2 dengan kos2an yang bagus. Tapi walaupun disebut hotel, gua bilang sih lebih mirip kos2an hehe.
Kos yang lebih murah juga ada, nanti kalo ngobrol2 dengan sesama pasien di ruang tunggu pasti dapet info banyak. Kalo kita tinggal deket2 bisa jalan kaki ke rs atau naek becak. Katanya sekitar 5 ribu sekali jalan.

Ada hotel yang bagus namanya twin tower hotel, tarifnya sekitar 6-7 juta sebulan. Gua begitu denger langsung coret ini dari daftar tempat tinggal hehe.. padahal tempatnya lumayan bagus walaupun jalan masuknya kecil tapi cukup dekat dengan rs. Naik taxi mungkin sekitar 10 ribu.

Gua kemaren ini tinggal di cosmopolis resort apartment. Dari rs gak gitu dekat, gak gitu jauh juga, argo taxi sekitar 20an ribu sekali jalan. Tempatnya lumayan bagus dan tenang. Di sebelahnya ada rm kecil dan giant. Tapi gak ada katering disini. Kalo di kos2an gitu ada katering.
Gua karna ada nyokap yang nemenin, jadi gua milih disini karna bisa masak dan lebih bagus tempatnya. Kalo sendiri mungkin mendingan kos aja kali ya, karna bisa mati bosen kalo sendirian bengong2 di kamar mulu. Kalo kos kan banyak temen enak bisa ngobrol walaupun bisa bikin stress juga kalo ngomongin telor mulu, apalagi kalo telornya dikit sedangkan telor orang laen banyak2 huuhuuu.. bisa stress sendiri. Kalo mau baca lebih lanjut tentang cosmopolis gua pernah tulis disini.

Waktu gua disana sih banyak apartemen yang lagi dibangun yah, jadi siapa tau sekarang ada alternatif tempat tinggal yang lain.

12. Apa ada efek samping yang dirasakan selama program?
Ada. Efek positifnya kulit jadi lebih alus dan kinclong. Bener loh. Waktu gua lagi suntik2 itu, biar kata perut penuh bekas suntikan dan tangan blentang blentong biru lebam tapi muka lebih berkilau, glowing aja gitu kliatannya. Tapi perut di sekitar bekas suntikan sih jadi bintik2 kaya biang keringet gitu.

Selain itu gua pernah berasa badan pegelll banget seluruh badan lebih2 pinggang ke bawah kaya abis jalan kaki jakarta bandung trus disuruh balik lagi ke jakarta. Itu terjadi sekitar beberapa hari sebelum cek bhcg, gua juga gak inget persis, tapi cuma sehari itu aja besokannya langsung pulih seperti sedia kala.
Waktu gua tanyain dokter, katanya itu mungkin karna hormonnya drop drastis.

13. Bagaimana pergi ke RS Siloam dari bandara juanda?
Untuk yang dari luar kota, karena screening check itu pagi, gua kemaren ambil pesawat paling pagi. Jadi dari bandara juanda langsung ke rs siloam. Di pintu keluar bandara, belok kiri dikit ada counter2 taxi. Kita kasih tau tujuan kita, nanti bayar langsung disana, taxi bandara gak pake argo, tarifnya Rp. 84.000,- dan perjalanan sekitar 40 menit. Tapi jadinya kita gerek2 koper di ruang tunggu rs hehe. Oiya, kalo abang taxinya gak tau rs siloam bilang aja rs budi mulia, karena dulu namanya itu, kadang nama lama lebih familiar.

14. Adakah pusat perbelanjaan di sekitar rs?
Mall yang dekat ama rs itu tunjungan plaza, padahal gua mau ke pasar atom, katanya kan blom ke surabaya kalo blom ke pasar atom, tapi kenalan gua di ruang tunggu bilang jauh lebih deket ke tunjungan, jadinya gua ke tunjungan deh, naek taxi belasan ribu ajah. Taxi yang mangkal di rs siloam itu orenz taxi, kalo di cosmopolis blue bird. Kedua taxi itu oke kok.

15. Apa yang paling sulit dari proses IVF?
Menurut gua pribadi yang paling sulit dari ikut program ini adalah harus selalu berpikir positif tapi di lain pihak juga harus selalu siap untuk kemungkinan terburuk. Sometimes kita harus membayangkan kalo kita sudah hamil, melakukan segalanya supaya embrio yang ditanam di perut kita berkembang dengan baik, karna pikiran negative katanya bisa memicu stress yang mana tidak baik untuk keberhasilan program, tapi kita juga tidak boleh terlalu terbawa perasaan dan membiarkan angan2 kita melayang terlalu jauh sehingga kita tidak siap untuk menerima kenyataan jika usaha kita belum berhasil.

Bagi gua, ikut program IVF ini ibaratnya membeli kesempatan. Kesempatan yang buat kebanyakan orang sebenernya biasa banget. Tapi kesempatan yang sama bisa menjadi sangat berharga buat beberapa orang. Mungkin karna kedua tuba falopiinya buntu, atau karena defect or low sperm count, atau sebab2 lain yang menyebabkan kesempatan untuk terjadinya pembuahan normal di dalam rahim tidak ada.
Kesempatan itulah yang kita kejar. Setidaknya dengan IVF kita sudah by pass beberapa proses, embrio sudah terbentuk, hanya tinggal 1 step lagi, penempelan embrio ke dinding rahim.
Demi mendapat kesempatan itulah semua perjuangan ini rela kita tempuh.

But in the end, seberapa canggihnya teknologi manusia, seberapa pintar dokter yang menangani kita, tetap kehendak Tuhan lah yang terjadi. Kita harus tabah dan bisa merelakan. Life must go on.

Ada cerita, waktu gua sedang disuntik2 itu, ada satu cewe yang keliatan bingung dan galau. Setelah dikorek2 nyokap, ternyata ceritanya program IVF dia berhasil, bahkan kelewat berhasil, bayinya kembar 3!
Dia dari jayapura, dan semua uangnya sudah habis untuk program IVF ini. Dia hanya siap untuk 1 baby, keuangannya tidak cukup untuk menghidupi 3 baby sekaligus.
Dan karna kembar 3 itu, dokter tidak mengijinkan dia langsung pulang, karena dikawatirkan tidak ada dokter disana yang bisa menangani dengan baik. Jadi dia sudah hampir 2 bulan di surabaya dan kantornya sudah menelepon terus. Jika dia tidak segera pulang, dia bisa dipecat, makin suntuklah dia takut kehilangan pekerjaan.

Hidup itu aneh ya. Padahal banyak gua liat disana orang kaya dan sudah mengulang 7 IVF cycle tapi tetap tidak berhasil. Gua juga pernah ngobrol dengan seorang ibu yang sudah berhasil hamil kembar dengan IVF tapi keguguran di bulan kelima. Dua2nya hilang. Dan dia datang untuk mencoba IVF lagi.

Jadi gua simpulkan IVF ini walaupun sudah berhasil sebaiknya tetap kontrol di dokter khusus IVF juga. Sebelum dilahirkan, segalanya bisa terjadi. Sekali lagi better play safe daripada menyesal di kemudian hari.

Kayanya cukup yah, cukup panjang maksudnya, jelas sih gak tau deh haha..
Kalo ada yang mau ditanyain silakan nanti gua apdet lagi FAQ ini biar makin panjang haha..
Semoga berguna dan selamat berjuang!

Siloam Hospitals (RS Budi Mulia)
Jl. Raya Gubeng No. 70, Surabaya
031-5031821, 031-5031333 ext. 214, 206
0815 155 44466
Konsultasi: dr. Aucky Hinting, Sp. And, Ph.D dan dr.Hamdani Lunardhi, Sp. And
USG: dr. Hendro Pramono, Sp. OG

44 comments:

Quinie said...

lengkap banget. btw, lu udah ga mau coba lagi? gua liat di deket2 rs bunda ada ivf morula ap aya namanya? gua langsung inget elu :)

nie said...

infonya lengkap n detail banget, Viol. Thanks udah sharing, aku bacanya jd tambah pengetahuan.
tetep aja aku doain kamu segera dapet momongan ya, Viol!

epi said...

pagi2 serasa baca pelajaran biologi vi :D

nilola24 said...

Thank you banget Vi buat infonya. Gue mau forward tulisan elu ini ke adik gue. Dia juga udah nunggu bertahun-tahun, tapi belom punya anak. Cuma sepertinya dia tidak seberani elu buat ngejalanin ini. Thanks ya vi. Gue tetap doain buat elu. Tidak ada yang mustahil kalo Tuhan berkenan kan :)

daadaachan said...

Wow Vi, panjang aje, hehehe. Tapi ngebantu banget, nti gua kasih tau temen gua yang lagi usaha juga nih.

Veny said...

lengkap banget n helpfull banget . ths uda berbagi untuk smua org, GBU Viol

Mamana Clo said...

salut dengan perjuangan yang lo tempuh.. gw yakin banyak yang mendapat manfaat dari postingan lo ini.. gw juga belajar banyak hal..
thanks for sharing vi..

Arman said...

komplit banget... pasti berguna banget nih info lu buat orang2 yang mau ivf...

ingrid said...

Nice :)lebih bagus lagi kalo ada ilustrasinya tuh *nawar* *minta ditabok*

Fun said...

gw baca sampe selesai viol hehehe :) lengkap banget yak? :)
terus gimana viol? ada kepikiran untuk coba lagi?
semoga cepet dapet momongan yak, soalnya gw juga begitu, belum dikaruniai momongan hehehe :)

Windy said...

Viol, temen g juga ada yang bayi tabung.. Percobaan pertama, gagal.. Melayang deh almost 60 juta..
Tapi pas kedua kali berhasil lho :) Sekarang udah hamil 6 bulan, anaknya laki2.. Dan temen g itu umurnya dah 37 thn lho (above 35)

Semoga elu cepet menyusul dapat momongan ya.. Jangan putus asa.. Dan tetap berdoa :)

amey said...

aduh Viol, ternyata bener2 perjalanan yang panjang dan sulit ya, gw doain berhasil ya kalo coba lagi, kalo di bekuin gitu boleh di bawa ke rs laen ga?

Pinkbuble said...

Wooo viol, lengkap sekali info mu..pasti berguna deh untuk yg mo cari tau soal ini. ^^

Felicia said...

Postingannya bagus, detil dan informatif.
Moga2 cepet bisa dapet momongan yah :)

Btw, emang lebih enak kan taxi di sby udah bayar dulu di poolnya, jadi tinggal kasih tips doank ke sopirnya... :D

Anonymous said...

Hi salam kenal yah. Saya dapet blog ini lagi pas cari2 info mengenai IVF. Boleh minta email address or sms agar bisa japri?
Thanks yah

Once in a Lifetime said...

Daya ingat elo hebat lha, Vi. Nyatanya masih nulis detail prosedurnya, biarpun dibantu ama semap berkas, tp banyakan dari pengalaman elo:) Lumayan ya, Vi pasti banyak yang terbantu dengan postingan ini.

Tikka said...

panjangnyaa, tapi tetep dibaca sampe abis ^0^. Ternyata semahal itu ya. Semoga aja cepet dapet momongan ^0^

nattever said...

membantu banget postingan lu viol, like this. Gua yang tidak sedang ingin IVF aja tertarik kok untuk baca2 ginian, apalagi yang lagi butuh info2 begini ya. Thx for sharing vi

MarvelLicia corner said...

hufff...
perjuanganmu bener2 berat yah vi...
gw turut mendoakan, semoga disaat yang paling tepat, Tuhan beri kejutan seorang baby buat kalian.. :)

semangat terus ya vi!!

thanks for sharing too.. :)

Goiq said...

tks infonya yaaah.. sangat berguna sekali

Rina Suryakusuma said...

Viollll makasih banget updatenya :)) efek banget buat naskah gue ibu :) hihiiii. gue jadi curiga, lo update segini panjang jangan-jangankarena wktu itu gw nanya ya hahahahaaa geer. anyway, gue kagum banget sama sikap optimis lo Vi. dan gue yakin, apapun yang Tuhan berikan, itu untuk kebaikan ya bu. tapikalau someday lo beneran pregnant, anak lo pasti happy banget punya mama yang post thinking and easy going kayak lo ini *hugs* keep praying for you, Vi

katrin said...

wow,thanks vi...banyak nambah pengetahuan. Smangatt ya, kita sama2 berdoa ya buat si junior...

Eniwei, sbenernya dari Tunjungan Plaza kalo mau ke pasar Atoom udah ga terlalu jauh sih, kalo naek taxi kira2 20rb-an, ga sampe sih. next time kalo ke surabaya ya...

Angels said...

lengkapp banget!! detail pula. Gua jadi tau soal proses IVF ini. Thanks for sharing viol! :D Moga2 lu cepet dapet momongan ya :) GBU

Ayk said...

Omaigod viol, aku merinding baca postingan ini, salut sama perjuangan nya, mudah2an segera dikasi rezeki baby AMIN AMIN AMIN...
*sending lots of baby dust to you, dear*

Pucca said...

@ratu: blom kepikiran sih rat, sekarang lagi fokus ke renov rumah dulu. iya di bunda namanya morula :D

nie: thank u sher :D

epi: haha.. di pelajaran biologi gak ada nih pi :P

@tia: boleh silakan.. memang butuh keberanian untuk mencoba dan tentu saja uang, kalo keberanian doank mah gua udah coba lagi kali hahaha...
thank u tia, bener banget kalo Tuhan menghendaki kemungkinan terkecil sekalipun pasti bisa :)

@linda: boleh boleh ^^

@veny: iya ini adalah postingan terpanjang gua tapi gua merasa masih kurang lengkap aja loh hahaha..

@xiao: gua juga seneng kalo bermanfaat buat orang lain :)

@ingrid: haha.. pengennya sih gitu, lebih keren ya, tapi nanti lebih lama kelarnya, nanti deh kalo gua rajin gua tambahin foto2nya :D

@fun: haha.. pasti jarang yang baca sampe selesai, kecuali yang emang mau tau, coba lagi blom kepikiran fun karna duitnya abis untuk rumah nih skarang :P
semoga lu cepet ya, sabarlah kalo gak ada masalah nanti juga dikasih fun :)

@windy: wah pasti happy banget ya temen lu itu, emang banyak yang coba berkali2 sih, gua yakin pasti anaknya jadi anak emas deh hehehe..

@amey: sepertinya sih gak bisa ya mey, mesti di tempat itu juga, kan bekuinnya pake nitrogen cair, kalo dibawa2 gitu takutnya rusak gua rasa..

@elrica: semoga ^^

@felicia: thank u fel :)
iya untuk turis sih enak karna jadi gak takut dibawa muter2.

@anonym: hi juga.. kalau mau email bisa liat di About Me - view my complete profile, ada kok disana, silakan..

@elisa: haha.. lu kan blom kenal gua lama el, kalo sehari2 ama gua pasti lu nyesel udah pernah bilang daya ingat gua hebat hahaha..

@tikka: hehe.. makasih ya..

@nat: lu baca juga nat? padahal kan kalo gak mau ivf mah boring baca2 ginian :D

@ariany: thanks ya ri :)

@rina: thank u juga rin, lu bikin idung gua kembang gak bisa kempis lagi nih hihihi..
iya salah satunya buat lu lohhh :D

@katrin: iya next time ya, padahal di apt itu kan a:da majalah ya, isinya pasar atom semua, gua sampe ngiler2 liat makanannya hahaha..

@angel: thank u angel :D

@ayk: thanks for the baby dust ^^

Ariyanti said...

Salut sama perjuanganmu sista :) Yuk mari kita sama2 berusaha dan saling mendoakan, supaya sama2 cepat dpt momongan yg sehat lahir dan batinnya yaa :) amiiinnn

olla said...

gleg ... terus terang gue baru tau bagaimana proses bayi tabung setelah baca postingan ini ... thanks banget for share yaaa Vi!!

Dulu pernah denger cerita Vera- Wilbert, yang adiknya sukses program di Penang, kali2 aja elu mau tau lagi, ntar bisa tanya2 dia Vi :)

Eniwei, postingan ini pastinya berguna banget, boleh gue share ke temen2 yang butuh ya Vi??

Oya, satu lagi, kalau Tuhan mengijinkan, elu bisa koq, tiba2 hamil tanpa proses ini itu ... just keep pray, and let His miracle happened to you, dear!! God bless!!

Leslie Johnson said...

Daya ingat elo hebat lha, Vi. Nyatanya masih nulis detail prosedurnya, biarpun dibantu ama semap berkas, tp banyakan dari pengalaman elo:) Lumayan ya, Vi pasti banyak yang terbantu dengan postingan ini.

Anonymous said...

Aduh lucu amat seh cara penyampaiannya apalg yg soal kunci itu wkwkwkwk

bruziati said...

Thanks banget buat ceritanya. Lengkap dan informatif. Lucu pula :D Saya selalu salut sama orang-orang yang tetap bisa enjoy walaupun istilahnya sedang 'susah'. Semoga perjuangan dapat momongannya segera berhasil yaa...

Lovy Evelyn said...

lengkap banget penjelasannya, thanks ya mba infonya... semoga bisa berhasil tahun ini ;) oiya di bunda program IVF nya lg promo tuh mba 40jtan liat diposternya *bukan marketing bunda* hhehehe

Kana said...

Salut deh Vi, Ovum Pick Up ga pake bius, ck ck ck :p habisnya ajah berasa sakit gimana pas prosesnya bisa trauma gw. Btw salam kenal gw Kana dr Aussie. Gw dah beberapa kali IVF tp blm sukses,kasusnya agak ribet dan faktor umur juga sih waktu pertama start udah 36. Untung disini proses IVF nya agak beda, OP dibius, suntik obat2nya bisa kerjain sendiri dirumah jadi ga perlu tinggal deket rumah sakit dll. Anyway semoga elo bisa punya momongan baik lewat IVF maupun secara normal.GBU

Anonymous said...

wahh hebat ni yg menerangkan...ak ga bosen bacanya...malah ketawa terus lihat bahasa tulisannya.sukses ya...remember one thing...GOD more bigger then ur problem...xoxo god bles

octavia sari said...

Thanks to share
Wouw complit and detail infonya
Sebelumnya aku kepikiran untuk ivf tp abis ngebaca info detail jadi nyerah dech .... rumit banget, lol

http://www.kopi-cordova.com/ said...

asli fun banget baca FAQ ini, meski pertama agak aneh baca judul sama tulisan di dalamnya, tapi gak nyesel baca ampe selese. Tq ye udah sharing, semoga Tuhan memberkahi loe anak yg loe idam2kan.

Anonymous said...

duhhh..bener bener tulisan yang bagussss saya ketawa2 sendiri bacanya. fyi saya sedang program dan sdg menunggu hasil positif/ negatif. membaca tulisan yg sangat kocak ini cara penyampaiannya membuat sy berpikir kenapa ga jd penulis aja mba? baguss lohhh tulisannya :) salam kenal yaaaaaa

Meilyana Siegar said...

kisahnya detail banget ya..saya buka blog ini pas sudah embryo transfer...lagi dibaringkan kaki lebih tinggi...pas abis et langsung pipis di ranjang..udah dipakekan pampers...eeeh pas uda dibaring kaki lebih tinggi gak bisa pipis...gue sampe kesakitan mau nangis...perutku sampe kembungkeras..aku tanya mbah Google "pipis setelah et"...ketemula blog ini...abis itu gue tanya suster...sama suster di kompres es di perut...gak bisa...sakitnya tambah parah keringat dingin rasanya mau pingsan.teman sesama et disamping semua bisa pipis kecuali gue ...
Gue tanya susyer lagi akhirnya opsi terakhir jalan ke wc..ya udah gue turun kekamar mandi pipis setengah mati hanya sedikit aja
Masih kembung banget tapi udah 20 menitan di wc.
Akhirnya gue naik lagi di ranjang didongkrak lagi..tapi syukur abis itu bisa pipis diranjang...agak lega...baring lagi 2 jama a7dah gitu balik ke kos ..untung ada teman sesama kos juga et suaminya bwa mobil kijang bisa balik bareng...kalo taxi gue mikir juga sedan soalnya rendah seat nya kalo mau keluar mobil mesti tarik bodyweight..mending jalan kaki kekos dekat tapi Tuhan baik ada teman baik yg ngajak ikut dimobil kijang nya yg tinggi.

agnes-sidoarjo said...

Wow....dgn baca ini aq bisa membayangkan alur2nya setelah ini apa, fyi aq skrg msh suntik di hari kedua. Thx infonya sangat2 berguna sekali.
Salam kenal yaaaaa.......

Fathul Jannah said...

Hai....sy rnie....pas sebulan lalu meninggalkan sby dg kehamilan 11w hbs program ivf.
Bener banget yg kamu blg..Tuhan Maha Kuasa,manusia hanya bisa berusaha.
Skr sy sdh tdk hml lg krn janin tdk berkembang pd kehamilan 13w.ada bbrp yg 'sedikit' menyalahkan knp sy hrs plg pd saat 12w seharusnya tgu lbh lama lg...tapi sy merasa bukan kepulangan sy yg menjadi penyebabnya
Skr msh srg nangis sndiri krn merasa trl kehilangan
Pas baca tulisan kamu asik banget.. Jadi ketawa sndri krn pengalaman yg hampir sama,sekaligus sedih n pengen nangis mengingat semua yg prnh dijalani disana...
Salam kenal...Tetap semangat !!!

Istri Shalihah said...

info yg bermanfaat banget..prosesnya seremny jadi kliatan fun,hehe

Smuda_samarinda.tk said...

Tulisannya bagus bget mudah di cerna dan menyenangkan

Live a life said...
This comment has been removed by the author.
Live a life said...

Hai semuanya :)

Untuk penginapan yang nyaman, bersih dan murah di depan RS Lam Wah Ee (apartemen Mewah Court), bisa hubungi kami aja. Facilitas yang lengkap untuk yang program bayi tabung. Kalau butuh informasi apa-apa, bisa hubungi juga.

Adrian Chong +6012-903 6135 (pin bbm 58BCC900) [suami orang Penang]
Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin bbm 58AB3D42) [isteri orang Indonesia]


https://www.facebook.com/Pengobatan-Ke-Penang-1564391323815790/

Cinta said...

Berhasil!

Saya mau ungkapkan terima kasih kepada ko adrian dan isterinya meliana panjaitan. Penginapan mereka nyaman, lengkap dan bersih. Pelayanannya juga baik.
Penginapan mereka jalan kaki 150 meter ke lam wah ee.

Mula-mulanya saya nginap di penginapan orang lain di apartemen yang sama. Ga nyaman. Bersyukur saya sempat ketemu teman BT yang nginap di tempat mereka. Saya pindah.

Saya terdorong untuk share informasi kontak mereka.

Meliana panjaitan +6016-4590494 (pin bb 58AB3D42)
Ko adrian +6012-9036135 (pin bb 58BCC900)

Saya juga nampak komen dari tamu mereka yang lain di laman di bawah

http://www.novry.com/2015/11/catatan-berobat-ke-penang.html
http://www.novry.com/2015/11/catatan-berobat-ke-penang-2.html