Jamur Nakal

Masalah wallpaper gua blom kelar2 juga loh sampe skarang hahaha.. *bangga*

Selain jamuran karna tetangga yang bikin dinding gua bocor (sukurlah dia menepati janji mengganti wallpaper gua 2 roll), ternyata di tempat lain juga muncul jamur2, mostly sih dari dinding bagian bawah brarti ada aer yang ngerembes dari dalam tanah. Dan tempatnya suka2 dia nemplok dimana aja.

Waktu pertama2 notice kalo ada jamur di sana sini kita berdua sih sedih dan kepikiran terus. Maklum, waktu baru ditempelin wallpaper kita kirain selesai deh urusan dinding, rumah udah cantik.. ternyata tak bertahan lama, sekitar sebulan 2 bulan kemudian kali ya.. muncul deh bercak2 jamur.
Kita yah sutrislah.. selain sedih wallpaper cakep2 jadi bernoda, juga sebel karna urusan rasanya gak kelar2.

Karna gak tau mau diapain kita biarin aja, lama2 jamurnya ternyata makin melebar loh.. ada yang warna hitam, merah, dan ungu. Lama2 eneg juga liatnya, akhirnya kemaren seharian kita bebongkar wallpaper. Hasil gugel dan tanya orang yang jual wallpaper, itu karna dinding kita lembab, mestinya sebelum dicat, dikasih cat dasar dulu atau alkali resisting primer baru dicat. Yah namanya kita beli rumah jadi bukan bangun rumah sendiri meneketehe..

Lagian selama gua disitu gua gak pernah liat dinding gua jamuran, catnya juga gak keliatan blentang blentong, mulus2 aja. Ada tu rumah temen gua yang catnya keliatan jelek karna ada aer ngerembes dari dalam tanah jadi catnya gak rata. Nah kalo gitu udah pasti gak bisa dipasang wallpaper.

Sedangkan rumah gua catnya bagus2 aja warnanya jadi gua gak tau bisa masalah kalo dikasih wallpaper. Kita juga liat dulu keadaan dinding kita lagi gak maen pasang aja, ada kali setengah taon kita tinggal disitu kita liatin ada yang bocor gak dindingnya, ada yang basah gak.. kalo ada yang rembes aer sih kita juga gak berani pasang wallpaper.

Etapi ternyata bermasalah juga *tepok jidat* jadi menurut kita sih.. kalo lembab, uap aernya bisa keluar lewat dinding, jadi gak sampe jamuran (kecuali kalo dindingnya basah parah ya, langsung jamuran itu mah) kalo ditutupi wallpaper aernya terperangkap di dalam wallpaper jadi keluar deh jamur2 nakal.

Kalo masalah rumah lembab sih gua ngaku aja rumah gua emang lembab banget. Ini pengalaman pertama kita ama rumah lembab. Kirain rumah teduh banyak poon curah hujan tinggi asik2 aja rumah jadi adem, ternyata ada masalah yang muncul yaitu lembab.

Furniture yang gua bawa dari rumah lama aja bisa jamuran loh di rumah gua ini. Muncul bintik2 putih gitu, gua lap sih ilang jamurnya, tapi abis itu muncul lagi.
Gua skarang beli bagus serap air banyak deh, gua beli 6, gua taro di semua ruangan. Aernya cepet deh penuh, waktu musim ujan kemaren ini.. kayanya 3 bulan deh aernya udah banyak. Gak tau deh itu butir2an putihnya yang mencair atau emang beneran dia menangkap uap aer di udara ya.
Karena gua gak ada cara laen jadi gua percaya aja deh, semoga bener dia membantu mengurangi kelembaban rumah gua.

Kalo rumah lama dulu jendela gak pernah gua buka oke2 aja, gak pernah bau lembab, gak pernah berjamur, yang ada malah hawa panas. Kalo sekarang begitu wiken semua jendela gua buka gede2 supaya hawa lembabnya berkurang. Microwave gua aja berjamur loh wkwkwk.. tapi semua yang berjamur itu gampanglah bisa dilap, yang paling sulit yah wallpaper mau gak mau mesti dikorbankan.

Jadi kita silet dinding yang berjamur seukuran jamur yang keliatan lebihin dikit, trus kita kopek wallpapernya, kalo yang berjamur pasti lembab jadi gampang kopeknya. Supaya lebih gampang sedia aja kape buat nyodok2 kertas wallpaper dan jamur yang membandel. Setelah bersih kita lap pake pemutih yang diencerin dengan aer. Tunggu ampe kering, kalo kita sih seminggu kemudian karna kerjainnya cuma wiken hahaha.. amplas dinding dan lapisi dengan alkali resisting primer. Setelah itu cat lagi menggunakan cat interior biasa. Nah dinding ready untuk dipasangi wallpaper lagi. Baru deh panggil tukang wallpaper untuk tambel2 dinding yang lobang2 sambil doa supaya gak jamuran lagi. Bisa aja sih tambal sendiri kalo pede hehe..

Kalo kita rencananya setelah kita lapisi alkali kita tunggu lamaan untuk liat apakah jamurnya masih bisa tumbuh, kalo bisa muncul setitik gitu kita mau lapisin lagi ama alkali. Pokoknya mau aman dulu baru panggil tukang wallpapernya, soalnya wallpaper sisa juga tinggal dikit kalo kudu dikupas lagi kedua kali sih gege deh.. bisa2 dinding gua bolong gak ada penutupnya soalnya gua ogah beli 1 roll lagi untuk nambal2 doank mah.. mending buat beli krem muka, biar dinding bolong yang penting muka kinclong hihi...

Jadi untuk teman2 yang mau pasang wallpaper juga, saran kita adalah make sure rumah anda tidak lembab. Rumah lembab lebih beresiko, gua kira rumah2 di jakbar gak lembab deh, kalo di bsd sih mencurigakan haha.. karna gua pengalaman gali lobang di taman baru 50 cm udah keluar aer loh. Berarti aer tanahnya deket amat kan ama permukaan makanya gampang nyerep ke dinding.

Kalo apartemen lebih aman gua kira karna gak mungkin ada aer yang bisa kapiler naek sampe ke atas, yang perlu dijaga cuma aer dari bocoran dinding aja. Kalo ragu2 mending coba dulu 1 ruangan, jangan sekaligus satu rumah kaya gua abis itu puyeng ngopek2 wkwkwk..

Atau menurut gua cara yang lebih oke adalah pasang wallpaper jangan sampe bawah, jadi kira2 2/3 dinding dari atas dipasang wallpaper, abis itu pasang border, terus bawahnya dicat aja. Gua pernah liat begitu di majalah bagus juga. Setelah gua mengalami rembes aer ini gua langsung teringat gambar di majalah itu, dan gua langsung merasa ternyata itu toh maksudnya di wallpaperin gak sampe bawah hehe..

Ini dia penampakan wallpaper yang berjamur. Wiken kemaren kita telah mengopek semua wallpaper yang jamuran horee... kecuali jamur kecil2 kita biarin aja, sayang abisnya kopek wallpapernya.. semoga aja dia jamur tidak berkembang.
Yang atas wallpaper sebelum dikopek, keliatan jamurnya bintik2 merah hitam, yang bawah setelah dikupas keliatanlah aslinya..

23 comments:

Mamana Clo said...

di tempat gw kamar anak juga ngeletek terus cat-nya karena lembab. Ini udah cat kedua kali dan masih ngeletek akhirnya gw biarinin sambil berharap tu dinding rapi sendiri.. ngarepin jin, hahhaaa...

Apartemen dindingnya bisa lembab kalo dapet bocoran dari unit diatasnya, kaya yang gw tempatin nihh.. Kalo bocornya gede bisa komplen ke pengelola tapi kalo bocornya alus susah...
Bocoran dari unit atas bisa karena pipa air rusak, saluran pembuangan jebol, bisa juga dari dinding gedung yang retak, dll.

Duhh.. sayang ya vi wallpapernya.. gw mau ngecat ulang ajah sebel, hahaa..

Once in a Lifetime said...

Duh, sayang ya udah pasang wallpaper bagus-bagus. Rumah gua juga ada satu ruangan yang lembab yaitu kamar tidur tamu. Pasalnya kamar itu biarpun berjendela tp gak pernah kena cahaya matahari langsung. Eh, pas ortu gua datang dan nyalain AC mlulu, ternyata ckp "mengeringkan" lho. Yang tadinya harus sering- sering lap lemari karena ada titik2 putih jamur jd gak usah.

Elo di ruang apa vi? Kl ada AC coba dinyalain berkala, tp ya itu tagihan listrik naik hehe...

mamipapa said...

vi penampakan dinding elo kaya dinding di gudang gw hahahaha...tapi gudang gw kan bangunan th 70an yah ...disitu juga furniture pada jamuran muncul bintik2 putih...gw beli bagus erap air itu sampe 4 biji masuk situ semua tiap sudut hahaha...

nanti di tempel batu aja yg jamur daerah ruang tv sama dapur bagus tuh...tapi duit lg hehehe...kl daerah kamar pake batu kesannya berat

Leony said...

Haha, lu kira di apartment dindingnya ga ngopek? Wallpaper juga pada ngopek loh! Apalagi kalo instalasi air dia gak bagus, kena deh tetangga2 juga. Air itu emang gile deh, dibutuhin banget buat hidup, tapi sering bikin disaster!

Arman said...

ya ampun sayang banget ya wallpapernya vi...

ribet emang kalo rumah lembab gitu ya... mesti sering dibuka2in berarti jendelanya. soalnya kalo lembab kan gak bagus juga kan buat kitanya. buat paru2 gak bagus, trus bisa bikin alergi juga kan...

alat monitor suhu said...

hmmm baru tahu loh ternyata wallpaper bisa ngoprek juga yaa

timbangan murah said...

baru diganti apau mau diganti mbak wallpapernya heheheh :D

gear khk said...

mantap mbak artikelnya saya suka banget deh bacanyaa . . .

nilola24 said...

Yaa..sayang banget ya. Ternyata daerah adem bawa masalah juga ya. pdahal gue lg sebel sama daerah rmh gue. panas kering. emang rumput tetangga selalu lebih ijo ya. wkwkwkw...

bener juga kata elisa. AC kan bikin udara kering. siapa tau bisa membantu.

Anonymous said...

hadeeeehhh.... sakit hati ya liat itu wallpaper jadi begitu. kmrn gw pergih ke showroomnya roman, sekarang ada keramik buat tembok rumah. bagus2 deh, motif uda kaya wallpaper. Jadi terpikir kalo mau reno rumah mau pasangin keramik aja, lebih awet ya. tapi rumah jadi dingiiin pisan kali ya pasang keramik. apalgi ac-an. pas nyender tembok, brrrr.....

Anonymous said...

lho koq jadi anonymous.
Eny

Anonymous said...

hadeeeehhh.... sakit hati ya liat itu wallpaper jadi begitu. kmrn gw pergih ke showroomnya roman, sekarang ada keramik buat tembok rumah. bagus2 deh, motif uda kaya wallpaper. Jadi terpikir kalo mau reno rumah mau pasangin keramik aja, lebih awet ya. tapi rumah jadi dingiiin pisan kali ya pasang keramik. apalgi ac-an. pas nyender tembok, brrrr.....

Eny

Ratu SYA said...

oww gitu yak? tapi kadang susah juga sih viol, kadang cuaca kita kalo lagi kering, kerrrriiiiing banget.
tapi kalo lagi ujan, terus2an sepanjang hari.
kalo saran gua sih berarti rumah lu coba ditambahin skylight atau pake solatube itu loh supaya cahaya matahari masuk ke ruangan.

BabyBeluga said...

Wah repot banget jadinya ya. Dulu tetangga sebelah bonyok seenaknya buat wall tambahan walhasil dinding rumah bonyok gua jadi lembab. Cat dinding pada ngelupas dan bergelombang2 gitu.

Pucca said...

@xiao: haha kalo jinnya udah berhasil suruh mampir ke rumah gua ya xiao.
iya apartemen bocornya dari dinding dan plafon unit atas ya, emang agak susah sih karna bukan kita punya, kalo rumah mau diubek2 kan suka2 kita.

lu mendingan pake alkali dulu xiao baru dicat ulang, jangan langsung dicat lagi pasti ngeletek lagi karna lembab.

@elisa: iya bener kalo ac dinyalain jadi berkurang lembabnya, kamar gua kan rutin ac nyala jadi gak gitu lembab, tapi masa semua kamar kudu gua nyalain acnya, boros listrik donk gak go green hihihi..

gua di semua ruangan berjamur el even ruang keluarga haha.. walaupun semua ruangannya kena sinar matahari tapi tetep lembabnya komplek gua tuh jempol hihi..

@leony: iya bener kalo apato dari unti sebelah dan atas ya hihi.. tapi kan senggak2nya gak usah pusingin dari bawah, kalo rumah kan dari atas bawah kiri kanan semua bisa bocor haha..

@arman: iya tapi mau gimana lagi man, sehari2 di rumah kagak ada orang, kalo tiap hari dibukain jendelanya sih mending.

@ams: bisa loh.

@tm: baru mau diganti nih. ladi mau dikasih alkali dulu.

@gear: thanks.

@tia: betul tia, ini salah satu bukti bahwa dimanapun ada plus minusnya, dulu waktu di rumah panas suka ngomel2 skarang adem ternyata lembab haha..

@ratu: rat, rumah gua udah kena sinar matahari semua tempat kecuali gudang hehe.. karna emang jendelanya banyak banget, tapi tetep lembab :P

@sylvia: itu karna kena aer, mesti dilapisin dulu tuh baru dicat lagi kalo gak percuma.

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

sayang ya Vi, pasang wallpaper jadi cantik, tapi lebih repot perawatannya. jadinya habis ini lu bakal pasang wallpaper yg ga sampe bawah dong ya Vi.

Pinkbuble said...

coba beli dehumidifier bisa ga? mesin yang buat nyedot kelembaban di ruangan rumah.

daadaachan said...

Sayang banget yah Vi. Lu kan baru pindah, jadi blang blentong temboknya.

Tapi sekarang lu jadi ahli soal ginian, nti bisalah jadi konsultan wallpaper, hehehe.

Pucca said...

@lena: sebenernya sih kalo gak jamuran gak repot hehe.. nantilah kalo udah pada rusak parah hehe.. skarang masih bia diperbaiki, yah perbaiki dulu :)

@elrica: gua udah liat2 tuh el, tapi butuh listrik ya kaya ac, masa gua colokin terus di rumah mana banyak ruangan lagi di rumah gua yang kudu dipasang, nti boros listrik jadinya..

@linda: haha blom kok.. semoga gak banyak masalah lagi biarin deh gak ahli :P

Obat Herbal Darah Manis Pada Anak said...

Sayang banget ya padahal udah pasang walpaper bagus bagus malah berjamur .

Tia said...

Thanks untuk infonya

Arif Gunawan said...

Thx atas share pengalamanny, semoga cepet selesai ya urusan wallpaper berjamurny

Wallpaper Dinding Ruang Tamu & Kamar said...

Wah lumayan seru juga diskusinya... Buat temen2 yg ingin baca2 kebetulan saya juga habis nulis tentang cara memasang wallpaper dindinh ruang tamu dan wallpaper dinding kamar tidur yg mungkin bisa ngebantu temen2 :) ditunggu ya kunjungannya...