Derawan, Swimming With Sea Turtles

Di pulau sangalaki ada penangkaran penyu. Waktu pagi kita ke sana, guide kita menunjukkan ada jejak penyu di pasir yang baru bertelur malam sebelumnya, tapi kita tidak boleh menggali dan merusak telur2 tersebut.
Sebagai gantinya, kita boleh pegang2 tukik yang ditangkar disana, beberapa hari lagi akan dilepas katanya. Tapi tukiknya gak banyak, dan dari tukik itu yang bisa selamat sampai besar mungkin hanya satu atau 2 tukik saja bahkan mungkin tidak ada! Poor tukik.
Pemangsa tukik sangat banyak, mulai dari burung, kepiting, ikan2 besar, dan tentu saja musuh utamanya adalah manusia yang menjarah telur2 penyu dan menjualnya. Kasihan yah tukik.

Ngomongin telur penyu, di pantai padang banyak banget yang jualan telur penyu, dari gua kecil sampe sekarang masih banyak aja loh. Kenapa penyu di padang gak dilindungi ya?
Waktu kecil sih gua suka makan, tapi skarang sih gak, kan sudah dilarang konsumsi telur penyu, tapi knapa di padang masih dijual di sepanjang pantai...

Kemaren ama pak ryan - guide kita, si tukik dikeluarin seekor trus ditaro di pasir, dia akan diem beberapa detik lalu akan muter menghadap laut dan mulai jalan. Trus diangkat dan diputer lagi, tapi si tukik bisa muter lagi dan jalan ke arah laut, hebat yah hihihi.. begitulah semua tukik akan selalu tau di mana arah lautan dan dia gak akan salah jalan nyasar ke rumah orang walopun gak pake gugelmaps, all tukiks belong to the sea! :D

I kissed one of the tukik to wish her goodluck! :D



Dari sangalaki kita lanjut ke derawan, kalo udah keliling2 di sini gak gitu jauh jalannya paling lama juga derawan - maratua sejam, lainnya gak sampe. Buat orang2 sih cepet, tapi buat gua sih mayan mak.. oles2 minyak angin di jidat. Sejak pengalaman pertama, gua selalu duduk di paling belakang boat, basah hayoklah toh mau nyebur ini, malah enak banyak angin niyprat2 aer asin dikit seger wkwkk..

Kalau sudah liat cottage warna warni ini berarti sudah sampai ke pulau derawan. Disini paling ramai dibanding pulau2 lainnya, tapi yah tetep aja sepi ya jangan bandingin ama jakarta ya buibuk.
Kita mampir ke sini untuk makan siang dan snorkeling. Di pinggir jalannya banyak yang jual ikan asin tapi gua gak berani beli hehe..



Makan siangnya lumayan juga, seorang dapet seekor ikan bakar dan menu prasmanan, lebih sederhanalah daripada di resort, tapi semua lahap kok abis laper.
Disini kita ketemu beberapa orang yang mau diving, wuiii keren ya pake bajunya khusus lengan panjang, trus di pinggang pake weigh belts, ada tabung2nya juga, kayanya ribet yaaa.. lah gua yang cuma pake mask n snorkel aja kadang keribetan sendiri geser2 snorkel, nti rambut kejepit2 masklah, pake acara kusut nyangkut di karet rambutlah, ngurusin rambut aja udah senio, gua langsung merasa gak mampu diving haha.. emang gak dikasih ijin ama david juga sih, tapi setelah melihat pengalaman gua di boat gua sadar diri kok, keknya gua emang tak mampu, mana ada divers mabok laut iya kan? huhuhu T_T

Yowislah snorkeling aja gua udah puas kok. Di dekat dermaga derawan kita melihat penyu segede ini. Di foto kliatannya kok gak gitu gede ya, padahal aslinya gede loh. Tempurungnya aja udah bulet bukan gepeng lagi. Dia cuek aja ngendon di dasar laut sambil kedip2 mata sementara kita di atas kecipak2 mengitari dia dengan noraknya hehe..

Disini juga arusnya lumayan, jadi kalo kita lagi ngobrol bentar trus liat ke bawah lagi eh loh penyunya mana ya, apa si penyu pergi? Ternyata penyunya mah tetep aja pewe disana, kita yang kebawa arus jadi menjauh haha..



Semua orang pada pose dengan si turtle, tapi dasar gua cupu, gua mau nyelam gak bisa arrhh.. sampe stress berusaha nyelam ke dasar tapi selalu mumbul lagi mumbul lagi, aer menolak akuuhh...
Padahal udah lepas pelampung tapi gua tu kaya bebek karet di kamar mandi walopun ditekan muncul lagiii.. akhirnya pasrahlah, gua liat aja dah dari atas, yang ada foto gua burem2 karna keep trying nyelam jadi aernya berbubble2 wkwkwk... yah harus puas dengan foto ini aja :P



Oya, dari kakabantrip selain ada pak ryan, guide yang jemput kita dari tarakan, juga ada pak doni, guide khusus poto2, jadi dia bawa kamera dslr pake casing underwater buat poto2in kita :D
Grup kita juga bawa kamera underwater sih, boleh minjem punya temen, mayan banget jadi gua bisa pejeng foto underwater disini. Waktu di ora kan gak ada tuh jadi gak ada foto underwaternya.
Ternyata kalo pergi ke pulau begini kamera underwater perlu juga, harganya gak terlalu mahal sih sekitar 3 jutaan tapi malesnya itu kamera cuman bagus underwater aja haha.. buat poto diluar biasa aja hasilnya, masa kudu bawa 2 kamera kekekek #malesrepottapipengennarsis

Selain penyu besar tadi, selama snorkeling di sini gua juga ketemu penyu lain yang sedang berenang, kalo di ora gua histeris liat penyu, disini banyak hahaha.. jadi udah biasa aja rasanya wkwkwk boong ding tiap pas2an ama penyu gua selalu gelagapan pengen ngejer tapi selalu kalah :P
Jadi walaupun beberapa kali bersua penyu, tapi belum sekalipun gua memegang penyu itu, kecuali tukiknya hehe.. biarinlah walaupun gak bisa pegang emaknya anaknya pun jadilah ;)

You can swim with turtles :D


Di dekat derawan ada pulau kecil yang isinya pasir putih semua. Sejauh mata memandang yang ada cuman pasir putih aja, namanya pulau gusung. Cakep yah.



You jump, I jump



Entah berapa kali kita loncat2an disini, dari pasirnya mulus sampe bopeng2 kena injekan kaki kita, susah juga abisan bikin foto loncat yang pas haha.. ada aja yang telat loncat, tapi setelah beberapa kali kita udah expert. Yah pulau kosong begini kita bebas mau ngapain aja, yang narsis yang narsis :D

Baru2 ini gua denger ada rombongan gede ke derawan yang pengen liat penyu tapi gak mau renang dan suruh orang2 disana tarik si penyu keluar. Dan begonya beneran loh ditarik.
Jadi diseret itu penyu gede ke darat buat segelintir orang yang mau poto2 dengan penyu tanpa mau repot basah2an.
It breaks my heart to hear this.

Kita ke sana rela jauh2 dan susah di kapal berjam2 untuk apa, untuk menunjukkan kekuasaan kita sebagai manusia yang punya uang yang bisa melakukan apa aja gitu...
Gak kan.. kita ke sana mau liat mereka hidup di habitat aslinya, karna mereka makhluk air ya kalo mau lihat ya lu kudu masuk ke aer, kita bisa lihat mereka berenang bebas, gak dalam keadaan tertekan digotong dan diseret keluar dari tempatnya, lalu kita foto2 dengan seribu gaya di sampingnya.. apa gak kebayang perasaan si penyu, pasti dia stress...
Tambah banyak orang yang melakukan hal ini, jangan heran besok2 teman kita ke derawan bilang, gua baca katanya di sana banyak penyu, mana gua gak ketemu satupun....

Laut itu luas, kalo para penyu udah merasa gak nyaman di tempatnya sekarang, dia akan pindah, dan kita yang mau lihat penyu secara alami di habitatnya harus pergi lebih jauh lagi ke tempat yang lebih remote lagi gara2 segelintir orang yang berlaku seperti itu.
Mungkin mereka gak kepikiran ya kalo tingkah lakunya bisa berefek begitu, karna mereka cerita dengan bangganya, gua gak bilang mereka kejem atau apa, toh penyunya cuma diseret kakinya kan gak dirajam, tapi gua tulis disini untuk semua yang baca please stop doing that.
Ayo kita sama2 sayangi dan hormati mereka. Itu tempat mereka bukan tempat kita, kita yang tamu loh, just enjoy the stunning view of blue sky green sea, the clear air, the beauty of all the creatures and go home happily. Dan mari kita sama2 berharap penyu2 itu akan ada disana dalam jangka waktu yang lama.

Next: Kakaban, Where You Can Touch A Jellyfish
Previous: Maratua, Fall In Love With Turquoise Blue Sea

3 comments:

Anonymous said...

kasihan ya penyunya kalo sampe digeret2 gitu...kalo gak mau basah2an suruh liat penyu di seaworld aja deh *esmosi neh* haha

Pucca said...

@debby: iya kasian bayanginnya, terlalu kalo kata bang haji.

lunasweet said...

ini sangat bagus
situs bandarq