To Gading With Busway

Gua minggu lalu baru naek busway untuk yang kedua kalinya. Dulu pernah nyobain waktu baru2 launch. Ke glodok bareng temen2 kantor. Udah lama kan ya, udah berapa tahun yang lalu tuh. Padahal kantor gua itu diapit oleh 2 koridor lo. Koridor 1 (Blok M - Kota) dan koridor 4 (Dukuh Atas - Pulo Gadung), tapi tetep aja gua gak ngeh ama rute2 busway ini.

Nah, kemaren ini gua disela2 jam kerja ijin ama kantor. Gua ama yennie kabur ke kelapa gading, ada urusan gading nias. Disuruh dateng buat ttd PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli). Saking sok taunya, kita langsung nganggap enteng. Ke gading? Naek busway ajah. Paling 2 atau 3 jam udah sampe kantor lagi.

Liat2 denahnya, akhirnya kita memutuskan naek busway koridor 1, turun di harmoni. Trus sambung koridor 2, turun di Pulo Mas. Langsung sampe deh di depan pintu masuk kelapa gading. Dari sana gampanglah, kita bisa naek mikrolet ke dalam atau naek taxi.

Sebenarnya dari kantor bisa langsung naek koridor 4 turun di Pulo Gadung, tapi kita gak tahu dari Pulo Gadung naek angkot apa ke gading. Daripada daripada..mendingan mendingan. Akhirnya tetaplah diputuskan sesuai rencana semula. Rencana ini sudah gua konfirmasikan dengan seorang informan gua yang meyakinkan kita, "Busway ke gading di atas jam 10 mah sepi banget. Enak kok."

Makin mantaplah kita dan kita juga gak mau tanya2 anak kantor, soalnya nanti ditanya2 lagi mau apa ke gading. Padahal kita kan menyembunyikan kepada khalayak umum kalo kita beli apartment ini hehe. Tapi posting di blog ye..gimana coba :P

Maka, pada jam yang telah disepakati, gua ama yennie turun dari kantor dan naek ke jembatan penyebrangan busway di depan kantor. Waktu menunjukkan kira2 pukul 12.30 siang. Baru sampe halte, gua telah melakukan kesalahan bodoh.

Kesalahan bodoh pertama. Abis beli tiket seharga 3500, kita kan dikasih kartu tuh. Nah, trus kita kan harus melewati pintu puter yang kaya di dufan itu, disampingnya ada kotak. Di atas kotak itu, ada kacanya. Gua reflek dorong pintu puter itu sambil nempelin kartu gua ke kaca itu. Tek..tek..tek..ada kali 3 kali gua tempel2in kartu gua ke kaca kok gak ada bunyi bip ya.

Petugasnya yang sedari tadi terpesona melihat kelakuan gua akhirnya ngomong, "Dimasukkin ke sini Bu kartunya."
Ternyata ada lubang di deket kaca itu, dan kartunya bukan ditempelin tapi dijeblosin aja ke lubang itu hihi..dudulnya gua :D
Si yennie langsung ngekek2 sambil bilang, "Emang lu kira di singapur vio?"

Hahaha..kita langsung ngakak. Aduh, gua oon ya. Abis kalo kartunya cuma dimasukin doank ke lubang itu, ngapain ada kacanya coba. Gua kira kan itu sensor. Plis deh :P

Selesai kebodohan pertama, ada busway dateng ke arah kota. Mestinya kita naek itu, tapi kata yennie, "Bukan vio. Kita naeknya yang ke arah sini."
"Hah, itu kan ke arah Blok M yen. Yakin lu?"
"Yakin. Eh..yakin gak ya? Gua bingung nih."

Kita mikir berdua2 sambil mengerut2kan kening, kepala menghadap ke atas dan membayangkan peta busway di situ, sampe akhirnya gua nyahut, "Ngaco lu yen. Kita ke arah kota lagi, bukan Blok M. Kita naek yang ini."
"Hehehe..tapi buswaynya udah jalan vio."
"Ya udah, kita tunggu lagi busway berikutnya. Hampir aja kita kesasar."

Itulah kebodohan kedua...

Busway berikutnya dateng gak lama kemudian, kita naek trus gelantungan deh di pintu masuk. Hmm..gak sepi2 amat ah pikir gua dalam hati. Setelah 6 pemberhentian, sampailah kita, dua cewe manis ke harmoni, tempat dimana kebodohan berubah menjadi kesialan.

Inilah tempat kesialan ketiga. Kita dengan santainya turun dari busway..jeng..jeng..jeng...

Langsung shock, mulut menganga dan mata melotot! Di harmoni rame banget orang antri mo naek busway ke Pulo Gadung. Rame disini maksud gua bener2 rame! Bejibun..tumplek blek!!

Ya Tuhan..gua disesatkan! Informan gua bener2 gak bisa dipercaya. Pingin banget gua jitak2in kepalanya saat itu juga. Akhirnya dengan letoy, gua ama yennie bergabung di barisan belakang pengantri itu.

Kalo cuma antri doank sih gua gak keberatan ya. Tapi, di harmoni itu antrinya pake desek2an, dorong2an, dempet2an. Heran deh, kenapa juga orang2 mesti nempel2 kaya sarden. Kalo antrinya teratur kan gak pengap. Masih ada angin sepoi2 berhembus dari lubang2 udara. Tapi kalo dempet2an gitu kan jadinya pengap ya, mana baunya ngujubile lagi.

Saking takjubnya gua, gua langsung telpon limmy mengabarkan berita buruk yang menimpa gua. Tapi anak itu cuma ketawa2 aja, sambil ngomong, "Mana ada busway sepi sekarang? Bus2 pada naek, cuma busway yang blom naek, makanya rame terus."
Hmm..bener juga ya..informan gua itu emang sesat.

Trus kalo ada busway yang dateng ni, langsung bergejolak deh orang2nya. Dorong sana..dorong sini, sikut sana..sikut sini. Ya Tuhan, pingin gua gampar2in semua orang2 yang nyodok2 gue. Sabar napa sih, gua kan bisa jalan sendiri. Tanpa didorong juga gua maju kok.

Ada satu bapak2 yang nyikut2 gua mulu. Bapak2 jelek berbaju merah. Benci banget gua ama dia. Gua pelototin dia malah ketawa mesem. Sampe di depan gua, gua tendang2 aja celananya. Tapi dia gak berasa tuh, ya iyalah udah didorong2 gitu mana berasa ya.

Pas gua cerita ama david, "Vid..tadi gua di busway didorong orang. Ada satu bapak2 yang nyikut2 gua mulu. Sebel gua ama bapak2 itu."
"Hah? Lu dilecehkan vi?? Laen kali gak boleh naek busway lagi ya!"
"Heh? Kok jadi gua gak boleh naek busway sih? Gua bukan dilecehkan tapi disikut."
"Ya udah, pokoknya laen kali gak usah naek busway lagi aja."

Haha..gua langsung ketawa, apaan sih ini si david. Cuek ajalah, besok2 juga dia lupa hihi.

Back to harmoni, setelah gelantungan beberapa pemberhentian, akhirnya kita sudah mendekati kelapa gading. Gua udah seneng aja, ntar lagi sampe. Udah pegel ketek gua hihihi. Udah ganti2 posisi pulak. Pegel ketek kanan, ganti kiri. Begitu seterusnya :P

Eh tanpa diduga, datanglah kesialan keempat. Satu koridor sebelum Pulo Mas, halte dimana gua akan turun, buswaynya berhenti. Katanya mo muter buat isi BBG. Jadi semua penumpang diturunin di halte ASMII. Ya ampun Pak, tinggal 1 koridor doank gitu loh..plis deh ah. Dengan manyun turunlah gua. Antri lagi deh.

Tapi orangnya gak banyak, haltenya juga kecil sih. Datang busway pertama, gak penuh tapi baru masuk beberapa orang, udah distop. Trus dia jalan. Gak sopan kan ya, gua ditolak dan disuruh naek busway berikutnya..ckckck. Ini kesialan kelima.

Akhirnya nunggu lagi deh gua busway berikutnya. Cuma naek bentar udah turun lagi. Huuh..repot gara2 busway mo isi BBG. Bukannya isi dulu baru narik Pak. Sampe situ kita naek taxi ke kantor pemasarannya. Udah panas, capek, haus, dan mulai mengerti kejamnya ibukota. Huh..jakarta memang kejam.

Sampe sana, ngurus2 ini itu, lama juga. Gak secepat yang kita kira. Ada masalah yang rada bertele2, menguji kesabaran gua yang semakin menipis. Masa gua yang udah bayar PPJB duluan malah dipersulit sih. Dulu bilangnya suruh bayar di DP-3. Udah gua bayar di DP-3 dia malah bingung. Ternyata orang2 baru bayar hari itu juga. Gak ada yang mengikuti peraturan dengan patuh seperti kita. Halah..capeee deh. Jadi pembeli yang baik malah dipersulit. Kesialan keenam ni.

Mana haus banget lagi. Si yennie nyelutuk, "Kok kita gak dikasih minum ya vio? Dulu waktu kita beli aja dikasih minum."
"Yaa..gitu deh, tahan2in deh yen. Abis urusan ini kelar, kita baru cari minum yang dingin2."

Akhirnya setelah bebas dari urusan legal, kita berjalan kaki kebingungan. Pinginnya sih duduk2 di restoran yang dingin sambil makan cemilan dan minum es. Tapi sejauh mata memandang, di luar panas banget. Males jalan jauh2. Akhirnya nemplok ajalah di kompleks resto terdekat.

Masuk ke red tomato, diusir. "Maaf Mbak, ini kantornya bukan restoran."
Masuk ke cafe yang namanya gua lupa, ditolak. "Maaf Mbak, kita blom buka."
Padahal sudah terbayang makan french fries dan ice lemon tea hiks. Kesialan ketujuh. Diusir oleh 2 restoran yang kita masuki. Harga diri kita tertusuk2.

Akhirnya kita asal masuk aja ke rm yang gak ada pintunya, jadi gak bakal diusir hehe. Yennie pesen jus strawberry, gua pesen es rujak. Gua kira es rujak ini rujak serut dingin2 gitu. Mantep kan, panas2 haus2..makan rujak yang asem2 seger. Eh ternyata kaya asinan bogor yang dibungkus kecil2 di plastik trus dibekuin. Begitu gua makan, enak juga nih. Asem2 seger. Jadi pingin lagi gua.

Setelah kekuatan kita berdua pulih, kita kembali mengarungi kejamnya jalanan ibukota. Ada angkot biru lewat gua stop, "Pak, ini ke halte busway Pulo Mas bukan?"
"Bukan Neng. Ke Pulo Gadung."
"Pulo Gadung? Boleh deh."

Gua langsung inget, di Pulo Gadung kan ada halte busway juga. Nanti dari sana baru naek busway. Tapi gua masih gak tahu apakah halte busway dan mikrolet itu sama? Mudah2an sama deh. Sampe sini gua ditelpon limmy, tanya gua udah sampe mana. Gua jelaskanlah kondisi gua. Trus gua diketawain lagi, katanya, "Udah gua bilang mana mungkin sebentar. Kira2 jam 5 lah lu sampe kantor lagi hihi."

Yennie udah lemas dan memutuskan langsung pulang ke rumah. Memang dia udah bilang mo langsung pulang sih, tapi setelah perjalanan kita, gua kira keputusannya lebih bulat hehe. Sedangkan gua memutuskan untuk tetap naek busway ke kantor. Tapi gua gak mau naek yang ke harmoni lagi. Gua naek yang koridor 4 aja, langsung sampe ke depan kantor.

Untungnya, halte pulo gadung itu sama antar mikrolet dan buswaynya. Lega deh hehe. Mana sepi lagi haltenya gak ada yang antri. Gua berpisah dengan yennie. Dia naek koridor 2 ke harmoni, trus sambung busway koridor 3, turun di cl. Dari situ naek mikrolet lagi ke rumahnya. Bener2 perjuangan dia hehe. Katanya sampe rumah jam 6 sore.

Gua naek busway koridor 4, langsung ke kantor. Sampe kantor jam set. 5, ngaso dan ngadem bentar, langsung pulang ke rumah bareng david. Ternyata naek busway itu adalah pengalaman yang melelahkan fisik dan jiwa hehe. Bayangkan, gua tertimpa tujuh kesialan :P

Kayanya harapan masyarakat jakarta akan transportasi yang aman, nyaman, dan cepat masih jauh dari genggaman :)
Sekian laporan perjalanan gua dari busway ke busway hehe.

21 comments:

yhalim said...

cape bener ya perjalanan nya.. coba kalo ada mrt ya.. wush wush wush sampe dah... :)

Pucca said...

@yulia: hehe..kapan ya jakarta punya mrt? *ngelamun*

Arman said...

wahahaha.
gua ama esther pernah nyobain naik busway, pas dulu belum married. pas lagi liburan lebaran. emang sih gak penuh buswaynya, tapi baunyaaaaaaaa...... ampun dah. :P

kayaknya pas itu banyak orang kampung lagi ke jakarta, jadi yang naik pada BB semua... hihihihihi.

wah lu jadi beli apt gading nias ya... trus bakal pindah atau disewain?
congrats ya...

Pucca said...

@arman: haha..kalo penuh baunya lebih semerbak lagi man :D
iya gua jadi ambil, thanks u :)
blom tau nih masih lama jadinya, tahun 2010 :)

Limmy HL said...

hahaha *gue ngetawain lagi di blog.*

ternyata yang lu ceritain ke gue blm selengkap ini viol.

derita lu cm sehari viol.
derita gue naik busway tiap hari.
mana perut udah ndut gini masih tetep didorong2. :(

l3l1 said...

huahahah gue jadi ngakak2 sendiri abis baca postingan lu.. asli lucu bener

gue jadi inget pengalaman memalukan juga waktu naek busway. ceritanya waktu itu gue ikutan training pru buat ikut ujian aaji, karena hari biasa.. si jeff ngak bisa nganterin. So, waktu itu karena mau irit gue bareng anak2 training laen naek busway. Nah... pas masuknya gue kae lu.. orang oon yg gosok2 itu kartu di tempelan kacanya .. abisnya gue liat ada gambar tangan di situ, trus berasanya lagi naek mrt hahaha... gue diketawain ... kemana aje lu kagak pernah naek busway ?? mana diliatin orang2 lagi... aduhh muka gue dah tau mau dikemanain hihihihi

naki said...

sama .. pertama kali beli tiket gw juga uda mau langsung tempel aja tuh kartu , tapi untungnya ada orang yang di depan gw yang masukin kartunya ^0^

hoo viol .. di harmoni sana emang rajanya dahh , kalO ga cepet yaa ga kebagian busway ^0^

- manda ayah buat toriq - said...

itulah sebabnya gue mengutuk keras KEBELAGUAN gubernur dulu dan penerusnya.....ga ada manpaatnya bangettt.....cuma bikin macet ajeee....

jadi, kapok ni Vi?
kek gue dulu
dari Blok M ke Tanah abang.....ahhh.....amit2....

busway, slamet ya dah jadi beli apato, biarpun baru tahun 2010 kan tinggal 2 tahun lagi tuh Vi...sippp deh, kalo ada apato warming, diundang2 ya....hahhaha

Pitshu said...

lagian disini naik busway tempat nunggu na, kek kales sarden. Trus udah masuk dalam bus juag di suruh empet2an kek ikan sarden juga! wakakakakak....

Pucca said...

@limmy: hihi..iya waktu telpon kan gua banyak ngeluh2nya. lu pasang stiker aja lim di perut lu "lagi hamil, jangan didorong2" hehehe :P

@leli: haha..tuh kan lu sama kaya gua. emang itu kacanya yang salah ya lel, minta ditempel hehe :P

@naki: emang tuh harmoni, aje gile ramenya.

@sofie: kapok sih gaklah. kapan2 boleh naek busway lagi, asal jangan ke harmoni hehe :P
thank u sof :)

@pitshu: ikan sarden aja masih ada kuahnya ya, gak gitu2 rapet kaya kita hihi.

Yulian said...

perjuangan bener ya, viol.
lucu tapinya :D jd inget dulu perjuangan naik bis tanpa AC, desek2an, ujan bechek ga ada ojek haha

gw blm pernah naik busway, lagi kapan ke tanah abang pgn tuh nyobain. berhubung belanjaan berplastik2, kaga jadi deh :P

Pucca said...

@yulian: iya nih, emang dulu kita lebih tahan banting kali ya. sekarang panas dikit, capek dikit rasanya gak tahan, udah tua kali ya haha :D

bebek said...

wiy, untung bebek baca blog ini,....nti nyubain ah naik baswey *cempungin kartu ke kaca, gag kampung keik viol*

Marlina said...

hihihi..senyum2 terus nih bacanya..sori ya Viol, gw tertawa diatas penderitaan lu ;)

Pucca said...

@bebek: waaaa..gua dibilang kampung ama bebek..huuu.. :(

@marlina: yah gpplah mar..emang gua merana hehe :P

Anung said...

bacanya aja sampe pegel nih tante.. =))..

teteup kan ya enakan naik taxi.. wkwkwkw.. :p..

Pucca said...

@anung: eh, mestinya kemaren nebeng anung aja ya hehe :P

andreyoniar said...

eehh..klo dr pulomass ke kelapa gading..daik mikrolet..brp lama kira2?

Pucca said...

@andre: waktu itu gua kira2 15 menit lah :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
Keyword Kenali Pandeglang
Mohon dukungannya yach....?!
Semangat..semangat..!!

Pandeglang telah hilang Kenali Si Dunia Aneh

Anonymous said...

Genial dispatch and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Say thank you you seeking your information.