We Left Our Heart in Misool, Raja Ampat

Post perdana di tahun 2015! :D
Kasian sekali si prettypucca, tahun 2014 cuma diisi 8 post wakakak *pukpuk blog*
Jangan sampe blog ini didelete ama gugel karna dormant, mungkin gak ya? Dalam berapa bulan sekali sih kudu aktifnya? *mulai cemas*
Yah semoga gugel gak kejem.. namanya juga penulis, mungkin aja lagi break sebentar nti balik lagi, kaya gua nih lagi numpulin semangat buat nulis lagi :P

Akhir 2014 adalah akhir taun yang spesial buat gua. Karena keinginan terpendam untuk ke raja ampat akirnya terealisasi. Kita kemaren ke misool, raja ampat bagian selatan, pas old n new :D

Tadinya gak yakin ide ini bisa jalan, secara taon baru masing2 biasa punya acara kan, kecuali gua krikrikkrik.... secara gua taon baru biasa ngeliat kembang api the green doank di rumah berdua david. Itu aja gua udah seneng :P

Eh tak dinyana beberapa orang merespon positif, trus layaknya bola salju yang menggelinding, yang ikut makin lama makin banyak sampe2 kita ber18 :D
Emang biasa gitu yah, kalo yang gak direncanakan jauh2 hari biasa lebih cepet jadi.
Dari kantor ada 13 orang, plus temen di luar kantor 5 jadi total 18 orang kita capcus to misool, raja ampat, leaving jakarta 27 desember balik lagi 2 januari. Babai kembang api the green, taon ini gak liat deh...

Kehebohan sebelum berangkat adalah pada beli mask & snorkel. Gua juga ikut2an beli lagi, snorkel lama gua jual, beli yang kerenan hakhakhak :D
Yang rajin ngegym pada sibuk dengan sixpacknya buat pamer2 nanti di sono, trus hunting sunblock, bahkan ada yang beli kamera gopro juga, wuih heboh deh kita hihohiho..

Untuk raja ampat ini, biasa ada 2 destinasi. Satu raja ampat utara yang ada wayag, icon raja ampat yang terkenal ituh. Satunya lagi raja ampat selatan atau misool.
Kita pergi yang ke misool soale lebih lama 6d5n, kalo ke wayag lebih sebentar cuma 4d3n, jadi ya ke misool aja yang lamaan. Di misool katanya lebih sepi dari wayag jadi kita serasa pantai pribadi dan lagi, di misool ada stingless jellyfish kesayangan gua hihi..

Kali ini kita ikut tour dari wisata raja ampat. Harganya gak semahal yang lain tapi kualitasnya okeh. Very recommended. Dia ada ke wayag juga dan tentu lebih murah secara lebih singkat. Katanya sih di wayag lebih bagus underwater, kalo misool lebih bagus scenerynya. Pilih aja yang sesuai waktu dan budget. Dari jakarta untuk kedua destinasi tersebut sama2 flight ke sorong. Dari sorong baru naek speedboat.

Keberangkatan
Kisah kita dimulai pada tanggal 27 desember 2014 di airport. Pesawat jam 7 malam, tapi jam 5 udah pada nongkrong nyetarbak di soeta.
Terlalu semangat? Bisa jadi hihi....

Pergi dan pulang kita naik garuda transit di makasar. Perginya sih yang repot jamnya, karena jadi gak bisa tidur (cuma buat gua dan orang2 susah tidur lainnya).
Penerbangan jakarta - makasar sekitar 2.5 jam, ditambah perbedaan waktu 1 jam. Makasar - sorong sekitar 2 jam, ditambah perbedaan waktu lagi 1 jam. Jadi total penerbangan sekitar 4.5 jam plus 2 jam perbedaan waktu.

Tapi pesawatnya delay jadi sekitar jam 8an deh baru kita terbang. Sampe makasar jam 12 malam, trus tidur2 ayam deh di bandara. Kalo transit di bandara dihitung, rasanya ini kali pertama gua menginjakkan kaki di tanah sulawesi :)

Setelah bobo2 ayam yang gagal buat gua, paling cuma merem setengah jam, jam 3an kita digiring lagi ke pesawat untuk melanjutkan penerbangan ke sorong. Pesawatnya lebih kecil, kurus runcing gitu, temen gua yang tinggi aja hampir mentok ke atapnya. Perjalanan yang kurang menyenangkan, karna walaupun udah tenggak antimo, gua gak berhasil bobok selama perjalanan, sangat disayangkan.. keluar pesawat gua udah jadi separo zombie.

Sorong
Jam 7 pagi kita semua menginjakkan kaki di tanah papua. Huhuy.. that makes all 5 largest islands di negara kita ini sudah gua injek *proud*
Di bandara dijemput ama moory, tour leader kita selama di sini. Dari bandara naik mobil ke pelabuhan yang jaraknya deket banget. Disarankan kencing di pesawat atau bandara, karena di pelabuhan susah wc. Pelabuhannya gak ada bangunan cuma tempat mangkal speedboat doank.

Naek speedboat dari sorong ke misool sekitar 3.5 jam an. Speedboatnya lebih bagus dari yang ke derawan, lebih besar dan gak ada acara mandi aer laut cipratan kapal. Kita ber18 sih udah paslah gua bilang, kalo lebih banyak lagi kurang enak juga ya agak sesek. Nama private speedboat kita saraung 2.

Kalo mau sunbathing,bisa naek ke atas saraung, tapi gua sih ogah wkwkwk... pas terik sih panas banget loh bisa jadi orang panggang regardless how high your spf number is haha.. kalo mendung boleh deh, tapi karna kita selalu basah abis nyemplung takut masuk angin jadi gua seringnya setia ama spot duduk gua di belakang saraung yang terbuka, liat pemandangan dari belakang juga udah breathtaking kok di misool, seperti kata moory.. everything is surreal in misool...

Karena kita pergi di bulan yang tidak berombak, selama perjalanan di misool lautnya relatif tenang sehingga gua sangat girang. Gak mabuk sama sekali. Katanya ombak yang gede itu sekitar pertengahan tahun.

Dalam perjalanan, kita singgah dulu di beberapa pantai dan makan siang di salah satu pantai, nongkrong aja gitu di pinggir pantai megangin nampan.
Lalu kita menjelajahi goa putri termenung yang banyak sarang waletnya, baru pertama kali gua liat sarang walet yang ada telur dan anak burung walet yang masih merah.
Jelajah goa ini cukup melelahkan, kita kan masih lemes kurang tidur, blom taro koper langsung masuk goa. Setelah itu baru kita menuju kampung untuk istirahat, persiapan untuk acara besok yang lebih menguras tenaga.

Kampung Harapan Jaya
Markas kita di misool adalah kampung harapan jaya. Kampungnya kecil aja, jalanan yang sudah teraspal kalo kita jalan lurus dari ujung ke ujung paling 15 menit. Dan kalo gak salah baru diaspal tahun 2013. Ada sekolah tapi cuma sd, smp gak ada harus ke kampung seberang. Kampung kecil yang taman bermain anak2nya laut lepas nan indah. Gua kira semua anak disini begitu bisa jalan udah bisa renang.

Anak2 sini renangnya pada jago2, gak pake pelampung gak pake mask, berenangan gitu aja di laut loncat dari dermaga, padahal kita snorkeling di dermaga sini dengan alat perang lengkap eh mereka renang di samping kita gak pake apa2, mana masih cilik2 lagi hehehe..
Lautnya dalam pula, mereka bisa nyelam dan buka mata di air laut yang asin dengan mudahnya, trus kalo mau ngaso mereka dengan santainya ngapung sambil nginjek karang, bisa gitu yah padahal kita ati2 gak mau kena karang, karang itu tajam jendral, kaki dah berdarah2 :D
Waktu snorkel di deket dermaga ini kita ada kesengat entah ubur2 kecil atau serangga laut, jadi rada perih2 gitu kulitnya. Moory aja alergi, jadi obat alergi penting dibawa.

Di misool, anak umur 6-7 taon gitu udah maen kano2an sampe ke pulau seberang, cuma berduaan loh di kano batang kayu itu. Without adult supervision. Edan.
Kanonya sempet dipinjem (baca: dipalak) kita yang pada mau cobain naek kano, ternyata kata mereka yang nyobain susah lo gak seimbang, yang ada kebalik wkwkwk...

Di sini seharusnya kita stay 2 malam di rumah penduduk (rumah sewa), 2 malam di homestay. Tapi karena homestay penuh, waktu itu ada beberapa grup lain juga di kampung, kita 4 malam di rumah penduduk. Ya gak masalah sih, walaupun tinggal di rumah penduduk lumayan challenging juga buat kita.

Rumahnya 2 lantai, kita semua menempati lantai atas. Lantainya dari kayu, terdiri dari 2 kamar kecil dan ruang terbuka, bener2 terbuka since pintu aja gak ada, lubang yang harusnya ada pintu ditutup pake kain gorden warna warni. Yah dindingnya juga kayu2 gitu jadi gak rapet2 amat. Begitu juga atapnya, tanpa plafon, jadi rangka atap ditutup seng, kisi2nya gak ada tutupan, jadi yah banyak lubangnya deh haha.. beda banget ama rumah di kota yang tertutup rapat.
Jadinya nyamuk easy come never go :P

Di lantai digelar kasur busa yang cukup untuk kita semua. Kamarnya cuma dipakai satu, secara di kamar panas yah, enakan di luar ada 2 kipas angin, walao tetep aja hari pertama tuh berasa panas banget, hari2 selanjutnya mungkin karna udara lagi gak gitu panas atau karna kita udah adaptasi, lebih gak panas sih berasanya, udah asik aja kita. Mungkin hari pertama emang lagi panas banget dan atapnya seng ya tau sendiri. Kalo udah tengah malam sih emang udah gak gitu gerah.

Mandi adalah challenge berikutnya. Kamar mandi di rumah cuman ada 2 (dua2nya di lantai bawah) dan bayangin harus dipake kita ber18 secara serentak. Secara schedule mandinya sama, pagi2 harus siap jalan jam 8, makan pagi jam 7.
Untungnya selalu ada orang baik yang mau bangun paling pagi dan sebagian lagi mepet2 jadi kita bisa dibilang selalu tepat waktu.
Sorenya juga gitu, kita pulang dengan badan basah air laut dari rambut sampe kaki gak karu2an, pasti yang paling diinginkan pertama kali turun dari saraung adalah mandi supaya bersih. Tapi untungnya juga aja ada orang2 baik yang rela mandi paling terakhir dan yang lain rela tertib antri kamar mandi. Kalau attitudenya gak oke, yah bisa kacau deh urusan mandi doank kan.

Kalo gua sih paling gak betah antri *upss* untung yang begini cuman gua doank wkwkwk... jadi gua jarang antri mandi, seringnya gua ngungsi mandi di deket mushola. Musholanya sih di sebelah rumah, tapi yah harus keluar rumah dulu. Biar deh repot dikit yang penting gak nunggu lama.
Belakangan mushola juga banyak peminatnya kalo kamar mandi udah antri panjang, jadi ngantri juga di mushola hihi... kebayang betapa nyamannya di rumah yang kamar mandi berkelimpahan.

Kamar mandi disini juga pertama liat kita shock terapi dulu, smuanya semen abu2, lampunya remang2, di kusen kayu ada kucing gendut ngintipin, gantungan baju gak ada, cuma paku yang dipaku asal jadi mesti pinter2 gantungnya, daaannn.... di baknya ada ikan bwuahahahaha :D

Tapi walaupun serba darurat, disini semuanya termasuk bersih, cuma ya gak adalah mandi lama2, yang ada jebar jebur selesai urusan cepet keluar, next pasien selanjutnya sudah menunggu hihihi....

Hari pertama abis mandi sore gua termenung2 di atas, gak bisa bobok karna panas dan banyak nyamuk. Padahal udah sepet sesepet2nya mata ini, tapi nyamuknya gila. Gua udah pake minyak sereh gak mempan, akhirnya gua nyerah oles autan juga. Abis itu gua rebah di deket pintu yang ada angin sepoi2 dikit, gak sadar gua ketiduran loh. Berkah banget, karena abis itu gua segeran walaupun cuma pules sejem. Biar berisik banget suara orang lalu lalang, langit masih terang, rambut basah abis keramas, badan lengket bau autan, keringet ngucur, tapi saking lelahnya bisa tidur juga di deket pintu hihihi..
Bangun2 langsung ke bawah makan malam.

Sukurlah selama disini gua bisa dibilang bisa tidur, walaupun selalu tekor tiap malam, tapi minimal bisa pules 4 jam, kadang bisa 6 jam. Ini udah berkah buat gua karena gua tuh suka susah tidur, inget dulu waktu gua ke china 3 malam full gak tidur sama sekali... nightmare itu...

Gua ceritain pengalaman tinggal di rumah sewa ya, pagi2 kita bangun gantian langsung antri kamar mandi. Lalu makan pagi, disedian ama pemilik rumah. Menunya hampir selalu sama, nasi, ikan/telur cabe, mie goreng. Teh dan kopi juga ada. Jam 8 kita biasanya udah jalan ke saraung membawa perlengkapan snorkel, sunblock, air, baju, handuk (yang jarang dipake orang basah melulu). Baju renang sih gua udah langsung pake walaupun basah2 sisa jemur kemaren gak kering.

Makan siang kita dibekelin di nampan plastik, jadi kita gak pulang lagi. Biasa menunya hampir sama dengan makan pagi ditambah sayur. Sayur hijau kita gak pernah makan disini, sayurnya itu wortel parut, campur kentang pake saos kuning kaya acar gitu.
Lauk yang paling sering yah ikan. Dimasak berbagai macam, ada goreng, kuah pedes, bakar, gua sih doyan smua karena ikannya segar2 baru tangkap langsung masak.

Setelah seharian naek turun speedboat ke spot2 indah untuk snorkeling dan trekking sampe berdarah2 hahaha... beneran ini kita berdarah2 entah kena karang waktu renang atau kena karang waktu trekking, sekitar jam 5 atau jam 6 sore kita pulang ke kampung trus antri mandi lagi.

Abis mandi oles2 autan hihihi... sehari minimal 5 kali oles2, pagi oles sunblock, siang sunblock, sore sunblock, abis mandi autan, sebelum tidur autan lagi, badan lengket terusss hahaha :D
Babai lotion tbs, disini gua sih bau, entah bau sunblock entah autan, dua2nya bau gak enak wkwkwk...

Oh iya, pas kita pulang itu biasanya telah terhidang snack dan teh sebagai pengganjal perut kita yang laper abis jalan seharian. Di hari pertama snacknya bolu dan sukun goreng. Tapi karna bolunya kurang laku, hari kedua bolunya hilang jadi sukun goreng smua yang berapapun banyaknya langsung ludes ama kita hehe..

Sukun goreng ini adalah makan yang kita tunggu2 sepulang snorkeling. Gua sih emang doyan sukun. Bahkan kadang sampe dilema, pengen mandi dulu atau nyukun dulu. Kalo mandi dulu takut sukun abis, kalo nyukun dulu antrinya dah panjang wakwakwak....

Lalu sekitar jam set.7 kita makan malam, lauknya ikan biasa ada 2 macam goreng dan bakar, telur cabe atau dadar, sayur acar wortel kentang atau sop kentang kol. Pas si ibu masak sayur sop itu di hari keberapa ya, langsung ludes sopnya secara kita kangen kuah2an hahaha.
Makanannya gak ada masalah, semuanya bisa kita makan. Yah ikannya seger, sambelnya enak, i have no complain lah :D

Ada di hari keberapa itu kita dapet menu lobster. Kita yang norak liat lobster langsung antri pegang piring di sebelah ibunya yang lagi kupasin lobster haha...
Setelah itu kita dikasih menu lobster lagi waktu malam taon baru. Lobsternya banyak banget malam itu, ada 9 ekor gede2 gendut, puas deh kita :)

Ternyata pemilik rumah sewa ini (sodaraan ama pemilik homestay) punya tambak lobster di deket dermaga. Di sebelah saraung tuh ada jaring jala2 isinya lobster. Waktu kita pulang ke sorong, di kapal kita dititipin 5 kardus isi lobster semua mau dikirim ke jakarta katanya.

Walaupun kita gak pernah merasakan tinggal di homestay, ada beberapa hal yang kita yakin gak bisa kita dapatkan di homestay. Homestaynya gak gitu jauh dari rumah sewa kita, kita ada jalan2 ke sana tapi gak masuk ke dalam. Homestay itu kaya penginapan biasa, tapi letaknya di pinggir kampung jadi dari dermaga langsung ke homestay, gak nyampur dengan penduduk lokal.

Di rumah sewa, sembari menunggu antrian mandi, atau menunggu makan malam, kita biasa maen2 dengan anak2 yang emang banyak ngumpul di rumah sewa ini. Secara rumah sewa ini termasuk rumah yang besar dan bagus di kampung, jadi banyak anak2 ngumpul di lantai bawah untuk maen sama cucu2 dari pemilik rumah. Ada satu temen gua yang suka maen bola ama anak2 itu, jadi kita agak hapal nama beberapa anak, bahkan mereka juga senang ama kita, karena tiap kita pulang selalu mereka nungguin di dermaga.

Kita jadi tau gimana kehidupan mereka sehari2. Gimana mereka ngatur anak kecil yang sekian banyak tapi gak terlihat repot. Drastis bener dengan kehidupan kita di kota besar yang suka kerepotan dengan 1 anak haha..
Kita liat sendiri begitu orang tuanya kasih perintah bereskan ruangan, mereka langsung brenti maen dan ambil tugas masing2. Waktu itu mereka sedang maen salto2an jadi lari dari ujung ke ujung trus salto di kasur. Heboh banget mereka salto sambil kita sorakin.

Lagi seru2nya maen tetiba disuruh beberes, mereka langsung patuh gak pake banyak cingcong, yang anak cewe berempat langsung rapikan sprei, bener2 rapih sampe ke samping2nya, yang cowo ambil sapu dan mulai nyapu ruangan, dan bersih lo bukan yang asal sapu, sapunya diulang sampe 2 kali, anak kecil2 lainnya ke teras rumah nyusun keset dan sandal kita yang berantakan.
Bener2 kerja team yang hebat. Dari umur 3 tahun sampai 7 tahun semua saling membantu. Gak pake lama ruangan bersih untuk kita makan malam. Mereka semua anak kecil yang ceria.

Jellyfish Lake
Danau yang penuh berisi ubur2 yang tidak menyengat bukan hanya dipunyai derawan, misool juga punya. Tapi tidak seperti danau kakaban di derawan yang perjalanannya tergolong mudah, untuk mencapai danau jellyfish di misool cukup sulit.
Jalannya terjal, kalo manjat2 itu dibilang jalan yah, lebih tepatnya trekking sih. Yang bikin susah itu banyak batu karang runcing, jadi kita harus hati2. Jadi walaupun trekkingnya gak sampe 30 menit tapi cukup bikin ngos2an, apalagi kita trekking sambil pake pelampung dan ngalungin mask & snorkel. Jadi mayan rempong.

Tapi emang danau disini lebih perawan dari danau kakaban. Jelliesnya lebih buanyakkk.. puas deh maen ama jellies disini. Tapi yang menyedihkan sepertinya ada yang mati karna kita hiks.. mungkin kena tendang kali ya kita kelewat semangat. Maap jellyfish T_T

Goa Keramat
For some people in our group, including myself, menyusuri goa keramat ini adalah hal yang paling berkesan selama di misool. Di itinnya dibilang kita akan body rafting menyusuri goa, yang terbayang goanya dangkal.

Taunya goanya besar dan airnya dalam. Di dalam goa cukup gelap dan dasarnya juga gak ada apa2, jadi mestinya gak bawa snorkel juga gpp sih disini. Cukup pelampung aja buat kita renang2 sampe ke ujung goa. Yang paling afdol tentu saja gaya punggung supaya bisa melihat kontur langit2 goa yang menakjubkan.
Truly pengalaman yang baru dan seru buat kita.

Di dalem goa, kru wisata raja ampat menunjukkan kebolehan mereka lompat dari batu yang cukup tinggi sambil salto2.. wuih kita liatnya sambil tepok2 tangan kaya liat atlet loncat indah di olimpiade. Bergantian mereka loncat diliatin doank ama kita, yah ama ditepokin sih... siapa coba yang berani uji nyali ikutan hahaha...

Setelah selesai menyusuri gua, sekitar 30 menit mestinya sih kurang lebih, di ujung gua ada danau kecil yang indah dikelilingi tebing karst.
We have so much fun renang disini padahal gak ada apa2 di bawah untuk dilihat, tapi entah knapa rasanya hepi aja gitu.

Kita cukup lama renang disini nyobain berbagai macam gaya dengan pelampung kita, dipindahink e depan, dijadiin tempat duduk, dijadiin kasur, ini favorit gua sih, pelampungnya direbahin di atas air, kita tiduran telentang di atasnya sambil enjoy the beautiful hidden lake and the clear blue sky, life feels very good :)

Seperti semua hal lain yang nikmat, tentu saja renang telentang itu ada karmanya sendiri, muka gua gosong segosong2nya, gak pernah segeseng ini seumur idup prasaan wkwkwk....
Tapi yah untuk apa kulit putih tapi gak kemana2, yang penting hepi bro.. dalam ati nanti pulang harus langsung oles2 nih, kalo sebulan gak mempan kudu ke dokter wkwkwk :P

Saking lamanya renang2 pulangnya kita lemes, padahal harus menempuh rute yang sama kaya waktu datang tadi. Tapi sekali lagi kru wisata raja ampat yang baik hati ojekin kita huehehehe...
Mereka kan pada pake fin jadi kita ditarik dari depan, jadi kita kaya berenang gaya punggung tapi pake mesin jadi gak usah ngengkol, gak cape :P
Sebagian dari kita yang bawa fin juga ngojekin yang kecapekan hihi.. ada temen yang renangnya kenceng bener soale dia kuat udah gitu pake fin lagi, gua pernah pas snorkeling rada berarus gitu kan cape trus diojekin dia buseeet rasanya kaya terbang.

Yapap
Salah satu spot yang bagus dari antara yang bagus2 di misool adalah yapap ini.

Aernya cetek gak dalem enak buat berenang2, tapi harus hati2 karna aernya cetek gampang kena karang, apalagi waktu itu hujan, tapi kita tetep have so much fun disini, renang sambil poto2 pake gopro. Moory juga bawa gopro, jadi kita ada 2 gopro and 1 underwater camera, well there's never too much camera :P
Bahkan kita foto loncat2 segala yang ternyata jadinya jelek karna banyak titik air wakwakwak maklum blom pro :D

With all your crazy friends laughing with you somewhere in secluded private clear blue lagoon, you can never have too much fun! :D

Puncak Harfat Jaya
Jika di raja ampat utara ada foto wayag yang terkenal, di misool juga ada karst harfat jaya yang gak kalah bagusnya. Puncak ini ditemukan oleh pak harun, yang juga adalah pemilik homestay di kampung harapan jaya. Dia menamai puncak ini dengan singkatan namanya sendiri dan istrinya, fatima. Untuk memudahkan pelancong seperti kita, dia membuat tangga dan pegangan kayu, yang sangat membantu trekking kita, dibanding trekking di danau jellies disini perjalanannya sedikit lebih lama tapi lebih mudah. Yah sekitar 30 menitan kali ya.

Ada 3 titik di atas puncak untuk kita duduk2 dan foto2. Sekali lagi, di misool kita ga pernah berpapasan dengan grup lain jadi we have the whole view for ourself. I think we did hundreds of photo on top of the harfat jaya peak :D
My sixpack friends bahkan photo topless loh wakakak, ngingetnya lagi aja bikin gua nyegir2 geli :D

Sayang disayangkan kita gak bisa mampir ke misool eco resort (mer) untuk sekedar sightseeing dikarenakan resortnya full untuk pergantian tahun. Padahal kita udah penasaran pengen menginjakkan kaki di mer yang konon per malamnya tembus 5 juta rupiah per kepala.

Last Night in 2014
Malam terakhir kita di misool bertepatan dengan tanggal 31 desember 2014. Dinner terakhir kita adalah lobster gendut 9 ekor dan ikan dan ayam. Mereka jarang menghidangkan ayam, karena lebih mahal dari ikan, tapi gua gak makan juga sih. Enakan lobster dan ikan buat gua mah.
Lalu untuk acara taon baruan, kita gelar tikar di dermaga, idupin speaker, beberapa orang goyang2in senter jadi kaya lampu disko, ajib2 dah sambil makan sukun.
Pas tengah malam beberapa penduduk datang gabung joget2 ama kita, gua sih gak bisa joget nyumbang tepok2 doank, dari goyang dumang sampe gangnam style ikut memeriahkan diskotek dermaga harapan jaya malam itu.

Moory nyumbang kembang api. Ada yang ditembak dari tangan, ada yang gede kudu diiket di kayu dermaga. Kalo liat dari the green udah berasa kembang apinya deket, yang ini lebih deket lagi, sampe berasa kecipratan bunga api pas meledaknya. Pertama kali liat kembang api sedekat ini *_*
Dari grup lain yang nginep di homestay juga maen kembang api, jadi walau gak semeriah di kota2 besar tapi ternyata sampe di misool pun gua bisa liat kembang api tahun 2015 :D

Besok paginya seperti biasa kita dibangunkan ayam yang walaupun taon baru tetep aja pagi2 udah berkukuruyuk. Si ayam gak ikut begadang rupanya. Kita beberes seperti biasa, karna jam 9 pagi kita sudah harus berangkat meninggalkan misool menuju sorong.

Kepulangan
Di hari kepulangan kita, rasanya satu kampung nganterin kita ke dermaga. Bahkan, si kasih, cucu pemilik rumah yang pemalu tapi senyumnya manis kaya gula jawa, sampe menitikkan air mata melepas kita pergi. Hal inilah yang gua kira gak ada kalo kita nginep di homestay. Gak ada anak yang dengan tulus sedih kalo kita pergi.

Di sorong kita nginap di hotel satu malam, namanya hotel mariat. Hotel mariat ini hotel lama dan cukup besar. Walaupun lobinya kurang, tapi ternyata kamarnya cukup oke. Cukup bersih dan baru direnov. Gua tidur nyenyak disini. Bahkan bisa tidur siang. Ha!

Pulang ke jakarta kita transit lagi di makasar. Bandara makasar bagus deh. Kali ini timingnya pas jadi kita cuma transit 1.5 jam aja lalu lanjut penerbangan ke jakarta. Begitu sampai jakarta yang pertama gua rasakan adalah betapa semua orang terlihat putih hahaha....

Cape banget rasanya pergi seminggu, apalagi aktifitasnya mayan berat. Dan sekalinya ngaca, btw disana gak ada kaca, di kamar mandi doank tapi itupun kecil dan remang2, gua terpana liat gesengnya gua, udah kaya penduduk lokal bwuahahaha.....

But looking back at our adventure, i feel so happy and content that we all can make it. I feel so fortunate to be able to travel this wonderful journey with you guys :)
People come, people go, but memories stay forever.

Notes:
1. Wisata Raja Ampat very recommended, mereka cukup pro, dengan biaya ekonomis, tapi service memuaskan, speedboat cukup nyaman, dan ada gopro hehehe..
WA: 085296043961 (Lambertus Moory)
PIN BB: 2A495979
Email: paketwisatarajaampat@gmail.com
Twitter: @WisataRajaAmpat
2. Bawa obat2an pribadi seperti obat flu, alergi, masuk angin, anti mabuk, hansaplast, betadine, autan, waterproof sunblock dan inget reapply tiap selesai snorkeling di 1 tempat
3. Disarankan minum obat anti malaria, waktu itu kita beli resochin, harganya murah 2 ribu perak dapet 4 tablet. Dosis sekali makan 2 tablet, dimakan beberapa hari sebelum keberangkatan dan dilanjutkan setiap seminggu sampai 4 minggu setelah meninggalkan lokasi. Tapi karena efek sampingnya mual banget di gua, gua cuma makan 2 kali itu obat.
4. Dari wisata raja ampat disediakan mask+snorkel 5 set, disarankan beli karna pake punya sendiri lebih apdol, sewa disana mahal
5. Bawa casing or kamera underwater atau gopro
6. Di danau jellies bisa buka mask dan buka mata supaya wajah terlihat semua dan fotonya lebih bagus
7. Gunakan sandal trekking karna medan lumayan sulit dan batunya runcing2, kalo ada gloves boleh dibawa
8. Di goa yang gelap ada baiknya bawa senter kecil, david kemaren beli senter yang bisa ditaro di kepala mayan jadi gak usah dipegang2
9. Bawa external hard disk untuk copy foto, maklum dengan go pro yang bisa foto tiap 2 detik fotonya ampun banyaknya.
10. Waktu kita datang gak terpikir untuk bawa buku, jika ada yang kesana boleh bawa buku untuk anak2 lumayan buat mereka baca2 :)

Expenses:
1. Jakarta to Sorong with Garuda Indonesia: IDR 5.085.000,- pp
2. Paket 6D5N Misool by Wisata Raja Ampat: Rp. 5.650.000,-

PS: I've tried to make this post as short as possible, but then i gave up. Writing a short story is just not my thing i guess :)

veny said...

pertamax ga nih ???
hebat !!! tapi g mikir klo mo kesana Vi , g ga bs berenang , trus kae nya ga bisa tinggal n mandi di tmp itu ha222
g emang rada rese sih , tp demen ya liat scenery yg cakep bgt , mau g linked ke temen g ah spy dia taun dpn kesini ajah , thanks for sharing Viol

veny said...

tp biayanya emang affordable ya , sepupu g kemaren 2x lipet .

Epi said...

Viollll, envyyyyyy..... Aku juga mawu kesana huhuhuhu. Bagus bsnget ya pemandangan nya. Tapi untung lu tetep nulis panjang lebar karena gua suka baca nya, lengkap serasa ikutan jalan2 ke misool (tapi diatas ranjang wakakaka). Abis ini jalan2 kmn lg vi? Ayoo rajin nulis lg ya, gue kangen berat nih ama cerita2 lu :)

Arman said...

Seruuu... Malah fotonya kurang banyak nih vi. Hahaha. Aduh sedih ya pasti pisah ama anak anak penduduk secara sering main main bareng... :)

Gw suka baca ceritanya vi. Kayaknya seru bgt... Tp ilfil ama nyamuk nya hahahaha

Anonymous said...

mantep vi...
tapi gua kayaknya kurang tahan iman dan tahan banting sih buat wisata alam & bahari begitu :-D
apalagi bagian mandi dan nyamuk :-D

ayooo rajinin update2 blog vi...

Mamana Clo said...

hahhaa.. gw dah lupa kapan ya terakhir kali ke kamar mandi yang ada ikan di bak-nya. Dulu sih gw cuek2 aja tapi sekarang kayanya geli deh..

gw juga mikir ni viol gosong gak pulang dari sana, eh ternyata dibahas di bawah hahaaa... ga pa-pa lah vi.. biarpun gosong tapi puas :)

amey said...

Seru banget viol, baca ini gw bisa ngebayangin betapa asiknya kalian di sana, iri akuhhhh kapan baru bisa begini huhuhu kayaknya lu bisa deh bikin buku travelling nyaingin si naked traveller haha

Ratusya said...

Loh loh, gaya kungfu pandanya manaaa?
BTW, setau gua kalo di Papua itu, emang rawan malaria, kalo kesana disaranin minum kina dulu.
Akhirnya blog ini di apdet juga. Hohoho

Lina said...

Seru banget ya jalan2nya apalagi rame2 gitu,pemandangannya juga superb banget ya. Yang goa kayanya teduh banget ya, tapi gw suka serem hahahhaa kebanyakan nonton pelem..

Ayo tahun 2015 rajin2 updet blog ya Vi..

Angel said...

wowww seru bangetttt!!! mupeng banget deh ke raja ampat ini :D foto2nya lagi dongg hahahah bagus2 banget!! :D Seru bgt ber-18 rame2 gitu :D

Once in a Lifetime said...

Mauuuu banget! Entah kapan ya gua bisa ke sana. Lu pas pulang masih kebayang-bayang terus gak? Gua seminggu pulang travelling sering masih mimpi di tempat itu lho.

mamipapa said...

Viiiiii kemana aja ngilang gitu hihihih pdhl gw selalu kangen dengan tulisan lu karena mengalir, makin panjang makin bagus hahahha, gw inget waktu di penang selalu buka blog lu buat baca2

kalian hobi bgt yah jalan2 wisata laut gitu, lama2 jadi spesialis deh semua lautan Indonesia yang indah2 udah pergi kl gw takut sama laut entah kenapa hahaha makanya lebih suka daerah pegunungan walau diajak kelaut sih oke aja tapi nggak mungkin sampe nyelem2 kaya lu gitu liat2 pemandangan bawah laut, gw liat dari foto lu aja deh *cemen* hihihi

Adi P blog said...

Viol, seneng sekali tulisanmu muncul lagi setelah ber-bulan2 kutunggu. Gaya bahasamu sangat bagus, isinya jauh dari membosankan, ada seksi2nya sedikit, hi hi hi. Cerita apa saja deh gua suka. Wisata laut ? Oke lah, walaupun ku ga biasa dengan lautan.

Pucca said...

@veny: iya wisata gini gak cocok utk smua orang haha.. Makanya gua tulis kondisi di rumah sewa spy ada bayangan :D

@epi: wakakak enak jg serasa pergi tapi dari ranjang doank.. Susah skrg pi, diblok huhu kudu dari rumah gua ngetiknya, mana udah gak ada laptop suseeeh :p

@arman: fotonya buanyak man, gua ampe pusing liatnya jadi males cari2 lagi huahaha.. Emang gua jg plg sebel ama nyamuknya. Gua ada minum 2 kali obat alergi karna tangan gua bengkak gede digigit nyamuk. Giling emang nyamuknya.

@dessy: pake iman segala lu haha..gua demen ke te,pat kaya gini walaupun berasa disiksa, heran ya disiksa aja demen :p

@xiao: pulangnya si gua gosong banget xiao, tapi selang 2 minggu udah mendingan, gak terlalu plek item lagi :D

@amey: gua masih jauhlah dari dia, tapi gua demen baca tulisan2 dia kayanya hidupnya seru banget

@ratu: wakakak kungfu panda kan udah di fb, masa disini lagi nti lu bosen

@lina: yang goa ga serem kok, kalo sendirian ya serem tapi ini kan rame2 jadi seru banget lin!

@angel: iya angel pergi rame2 ama temen emang paling seru ga ada tandingannya :D

@elisa: gua juga loh el! Sampe masih berasa goyang2 kaya di kapal trus masih mimpi2 lagi di rumah sewa itu hahaha... Semingguan itu masih sering mimpi :D

@felicia: iya feli skarang ga bisa blogging dari kantor, repot huhuhu... Gua sih demen kemana aja tapi akhir2 ini emang lagi in to beaches hihohi..
Resikonya kulit gosong dan kurang nyaman sunblokan sepanjang waktu tapi karna seru banget jadi tetep kangen untuk ke laut ;)

@adi: hai, tengs komplimennya:)

Leony said...

Gila ini orang udah gak pernah keliatan, tau2 balik-balik dari Raja Ampat, postnya panjang dan keren banget. Asli, karena gue gak demen lautan, ngeliat post ini bawannya gremet-gremet ngeri hahahah. Ngeri kelelep maksudnya.

Gue gak bakalan deh bisa nginep di rumah penduduk berpanas-panasan dan nyamuk2an. Mungkin pas gue masih single dan bertualang sama temen-temen masih bisa. Tapi badan emak-emak ini emang ga bisa diboongin. Cepet cape cuy! Hebat deh elu dan kawan-kawan lu.

Jadi sekarang, udah brapa galon Citra beauty lotion yang lu pake biar putih kembali? Hahahaha.

Brillie said...

Pucca apa kabar?

The sims forum indonesia sudah tamat dari kapan tahun ya?

kereeen... emang kalau ke sana seruanya kalo rame-rame. bener2 terasa vacationnya.

fotonya kurang banyak... ada lagi ga? hehe

Pinkbuble said...

OMG!!! Raja Ampat! gw bookmark ni blogpost..ini dream destinationa gw banget Viol..^^

Bagus banget ya?

Halo Admin / Blogger :)

Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Anda bisa dengan bebas mengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Terima kasih.

Salam.

Pucca said...

@leony: gua jg sbenernya ga gitu demen laut loh krn panas n lengket, weird yah..secara akhir2 ini gua nyemplung laut mulu wkwk.. tapi gua suka deburan ombak dan sunset.
Wuahahaha..gua biarkan kulit gua reinkarnasi sendiri tanpa lotion2 pemutih, toh ntar lg kalo gua pergi bakal gosong lg dia wakwakwak

@brillie: haii.. Fotonya kurang ya haha abis males pilihin foto, banyak banget asli dah.. Jadi buru2 aja seadanya yg penting di tiap cerita ada foto perwakilannya haha

@elrica: bagus el, tapi harus agak menderita loh ke sini :p

@dewi: thanks infonya

Campaign.com said...

Hai ! :) ,,, ini pertama kunjungan saya ke blog Anda, artikel ini yang sudah saya baca dan cukup memberi inspirasi dan wawasan, terimakasih atas postingannya dan ditunggu update-an berikutnya :)

Oiya saya dari www.campaign.com sebuah platform kompetisi dimana banyak sekali hadiahnya kalo kamu mau mampir dan mencoba peruntungan untuk hadiahnya silahkan aja, buruan yaa soalnya banyak hadiahnyaaa :D

www.campaign.com

Unknown said...

Hai ci... aku belom pernah komen.. salam kenal..^^

Misool keren banget ya.. pengen ke daerah timur2 gitu tapi ga bisa berenang.. hahaha..

Oiya, kayanya dulu aku pernah ketemu cici di depan Binus Syahdan.. pernah kenalan kayanya hehehe..di warung makan nasi bakar ko Agus sama ci Vony..
Ci Ivony adeknya cici kan? hihihi..

winny said...

bikin mupeng kak

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Unknown said...

Finally, selesai baca petualangan dan kisah hidupmu ce. Two thumb up. Salut dengan berbagai macam cerita yg asyik. Sayang akhir2 ini da jarang bgt update ya. Hope therebis another update soon

Obat Herbal Penyakit Radang Pankreas said...

sangat menarik, terimakasih banyak...

Unknown said...

Iri banget ya bacanya haha menyenangkan banget tuh pasti bisa menghabisi sisa tahun 2014 dengan travel ke Raja Ampat. Pasti seru banget ya..
'Semoga 2015 ini bisa kesana deh setelah ke Jogja XD

Semoga tempat wisata indonesia makin maju
Jadi pengen ke Raja Ampat

yulia said...

halo ci vio.. boleh minta nama instagram cici? beberapa minggu terakhir, w baca blog cici dari awal sampe akhir.. update blog lagi donk hehe

Obat Kuat Pria Alami said...

tetap semangat dan terus berusaha

Obat Tradisional Kanker Darah paling Ampuh said...

nice gan

steward said...

Raja ampat is just lovely place
i really like it,
Raja Ampat guide

Unknown said...

Photo Prewedding sambil berlibur ke Bali??
Hanya Rp. 5.000.000
Sudah termasuk :
• Penjemputan dari bandara ngurah rai ke hotel tempat menginap
• Menginap 2 malam 3 hari di hotel / bungalow (Kuta /Ubud/Sanur)
• Photo prewedding (Art Centre Denpasar, Makan siang di restaurant kintamani, Toya bungkah dan Ubud)
• Gratis 1 x tour mengunjungi objek wisata di Bali dan drop ke bandara ngurah rai (durasi 10 H)
Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
Mobile : 081238128654
Pin : 524E0631

jamkho obat kolesterol said...

raja ampat syurganya traveling

Unknown said...

Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Paket Wisata Dieng said...

belum kesampaian ke raja empat .. mahall :(

Unknown said...

www.Cumapoker com menghadirkan minimal deposit dan withdraw yang sangat rendah loh :
minimal deposit Rp15.000
Minimal Withdraw Rp15.000

Kami juga Menyediakan Promo Menarik
-BONUS REFERRAL 20% (SEUMUR HIDUP )
-BONUS TUROVER 0.5 % ( SETIAP HARI )
-Custemer Service Dijamin 100% Memuaskan
-NO ROBOT,NO ADMIT
-DiLayanin Dengan 5 banks :BCA,BNI,BRI,DANAMON,MANDIRI

Untuk Info Contact Dan Customer Service Kami, Anda Bisa Menghubungi Kami Di :
WEBSITE : www.cumapoker.com
PIN BBM : KEZIA - (2BE3DCA9)

Dora said...

Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan hubungi
Ki Witjaksono di:O852-2223-1459
supaya lebih jelas Kunjungi blog
klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

Syafitri said...

Anda punya masalah yg tdk bisa terselesaikan silakan kunjungi Situs terpercaya ini,>>>KLIK DI SINI<<< Atau tlpn Ki Barong di nomor 0852-8895-8775
Sebab kemarin Saya Mendapat Bantuan dari beliau yaitu Bantuan PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL dan Alhamdulillah segalah sesuatunya berjalan lancar dan kami berhaail dapatkan Uang sebesar Rp.475juta,
Jadi lewat tempat ini saya ingin berbagi buat yg lagi kesulitan tentang masalah:
#Ekonomi
#Terlilit Hutang
#masalah pekerjaan Dan lain sebagainya
Jadi sekali lagi Bagi yg punya masalah Silahkan Tlpn/kunjungi Situs/web Ki Barong dgn cara Klik Link >>>KLIK DI SINI<<< Untuk Info Pesugihan Putih Tampa Tumbal Milik Ki Barong
Atau Chat di WhatsApp di nomor +6285288958775
Buat teman tolong Bantu share supaya saudara2 kita yg punya masalah bisa terbantu juga Masalah yg mereka hadapi sekian terimahkasi Sudah di ijinkan Numpang Post.

pomade said...

TTak hanya itu, pantainya pun punya keunikan tersendiri. Yang pasti, pantainya bersih, air lautnya jernih, dan pemandangannya sungguh luar biasa good jobbbb

Unknown said...

is very fond of this article because it gives a lot of inspiration thanks agen judi poker online terpercaya di indonesia

I need to to thank you for this wonderful read!!

5 hotel di bali
Ghost Hotels

angela said...

haii numpang promo yahhh
KENARI POKER,com lagi bagi-bagi bonus newmember
20.000 dengan deposit minimal 15.000
yukk buruan jangan sampai ketinggalan !! ^_^V

DAN DI KENARI POKER JUGA ADA BONUS NEXT DEPOSIT LOH !!untuk member lama
dengan minimal deposit hanya 100.000 untuk mendapatkan bonus 20%nya Nihh yukk buruaan jangan sampaii
ketinggalannn !!

Anonymous said...

Informasi yang menarik dan sedikit lucu
Terimakasih.

Bokep SMP

Complete

Join now!!! said...

Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )