Si Nepi


Ada yang tahu gak itu gambar apa? Itu adalah tanaman gua yang baru. Resmi jadi penghuni kebon sejak hari jumat lalu. Namanya nepenthes ventricosa, alias kantong semar :)

Nepenthes itu kantong semar, kalo ventricosa itu jenisnya. Dan nepenthes ini jenisnya banyaaak banget. Paling banyak ada di kalimantan dan sumatra.

Tapi anehnya, jenis yang gua punya ini dari philippine hehe. Karna gua nitip ya gua pasrah ajalah dibeliin jenis apaan ama temen gua.

Belinya nitip temen di bogor. Soalnya gua gak pernah liat di tukang taneman deket rumah ada yang jual beginian. Yang masih kecil begini harganya 25 rb.

Tapi, tadi gua browsing2 ternyata bagus juga nih jenis ini kalo udah gede. Kantongnya bisa berwarna hijau, merah, atau ungu tua kalo udah gede nanti. Trus jenis ini termasuk yang gampang dipelihara kalo buat pemula. Sukurlah :)

Kantong semar itu termasuk tanaman dilindungi lo. Jadi yang boleh diperjualbelikan hanya yang hasil penangkaran, bukan yang asli dari alam.

Katanya tanaman ini susah hidup di luar habitat aslinya, jadi harus dirawat baek2 nih. Mudahan si nepi idup ya, pasti seru kalo dia udah gede. Gua pingin liat dia makan lalat hehe..atau bisa gak ya dia makanin kecoa haha :D

Nanti kalo dia udah gede, udah siap memangsa serangga, tutup di atas kantongnya itu akan kebuka. Dan dia akan memancing serangga lewat bau dan rasa manis yang ada di ujung kantong.

Ujung kantongnya itu licin, jadi serangga yang datang dan tergelincir masuk ke kantong akan nyemplung di aer yang ada di dasar kantong. Nah, begitu serangga masuk, si nepi akan mengeluarkan enzim protease untuk menguraikan serangga tadi. Hebat kan hohoho.

Ayo kita sama2 berdoa semoga si nepi idup dan tumbuh besar, mudah2an nyamuk di rumah gua berkurang dimakanin si nepi hehe :)

24 comments:

Pitshu said...

knp yah g lebih suka, poon yg ada buahnya wakakakak...

Pucca said...

@pitshu: haha..biar bisa dimakan ya :)

Arman said...

wah bagus lah kalo bisa ngusir nyamuk ya... :) palings ebel gua ama nyamuk soalnya entah kenapa nyamuk tuh demen banget ngegigitin gua.. :(

Pythia said...

Haha, smoga nepi nya sehat selalu ya!! *n berhasil menangkap kecoa* ^^

Pythia said...

Oya, lupa, kalo berhasil nangkep kecoa jg, bilang2 ya, gue pengen pasang jg di rumah, wkewkwkwk..

angel said...

ada juga yah tanaman yg bisa nangkep2 binatang.yg kmrn itu elo critain si kutu putih jg kan. ada taneman yg bs nangkep maling ga viol? hahaa..lumayan kan sbg security alarm di rmh :p

Annie said...

hehehe,,,, bagus and imut... pohonya kecil...

BTw namanya juga bagus...

Mga bisa berbungan seperti bunga bank...

And bisa bebuah intan permata...

walah Annie juga mau klo bisa bgtu...wkekeke:P

Pucca said...

@arman: gua jgua sering digigit nyamuk. gimana kalo kita tanding, kalo kita duduk deketan siapa yang lebih banyak digigitin nyamuk haha :D

@pythia: thank u -> dari nepi hehe.. wah, kalo dia bisa nangkep kecoa pasti langsung gua puji2 di blog deh :D

@angel: nangkep maling? satpam kaleee :P

@annie: waduh, kalo bener bisa berbuah intan permata, gua traktir deh haha :D

Mei Mei said...

kalo masi kecil lom isa nangkep yah? keren jg isa nangkep serangga. jd pengen :p secara gue toh pendonor gratis buad nyamuk :( selaloe aja tuh nyamuk nemplok ke gue..-_-

- manda ayah buat toriq - said...

wahhhh, keknya elu ngobrol sama bokap gue nyambung banget ni Viol, lu pemerhati dan pencinta taneman bangettt....

tapi kalo ada taneman buat nangkep nyamuk, gue mau tuh, hahahahha

Pucca said...

@mei: mestinya sih blom bisa, kan masih bayi ceritanya :)
mau gabung ama gua n arman? liat siapa yang paling byk digigitin.. :P

@sofie: jadi kapan ni gua dikenalin ama bokap lu sof? :P

elmo said...

waaaa seru banget tanaman yang bisa makan-makan gitu.. :D moga-moga sehat selalu dee..jadi tambah gemuk :D

yuliahalim said...

tuh tanaman bisa makan serangga ya.. boleh juga tuh ditanam, abis disini byk nyamuk banget... mesti beli di bogor ya ?

Pucca said...

@elmo: iya, semoga sehat selalu ya si nepi :)

@yulia: gua sih nitip di bogor yul. di jakarta gak tau deh ada dimana.

bebek said...

bauna itu bikin tutup idung gag?

Pucca said...

@bebek: si nepi gak bau kok, bener :)

Fun said...

hehehehe gw paling ga suka loh bercocok tanam begini.. pasti mati deh riwayatnya kalo ditangan gw hahaha :)

Pucca said...

@fun: waduh..jangan deket2 nepi ya *cepet2 bawa nepi kabur* hihihi :P

Anung said...

buahnya bisa dimakan ga? =P

Pucca said...

@anung: si nepi bukan pohon buah om anung :)

apple said...

tar kl uda bisa makan nyamuk kasi buat gua aja ya...biar nyamuk ga pada ngegigit baby gua hihi

Pucca said...

@apple: baby-nya tidurin di kelambu donk supaya gak digigit nyamuk :)

Apple said...

kl bobo di kelambu musti bli yg 200*180 karna lasak bgt..ga rela ngasi nepi yak??hihihi...

Pucca said...

@apple: yaaa..gitu deh hihihi :P
lasak ya..sama donk dengan gua :)