Almost There

Finally... december comes :D

Gua berasa november ini lamaaa bener deh, kaya ngesot aja jalannya.. bulan tersibuk sepanjang taon. Capek ati jiwa dan raga. Ugh.
Sukurlah sekarang desember, semoga di bulan yang paling menyenangkan ini hari2 gua juga makin ceria :)

Getring kantor sudah berakhir. Akhirnya. Berkurang satu masalah. Tapiii dari semua door prize itu masa gua gak kebagian satupun. Damn.
Padahal gua gak ngarep henpon atopun mesin cuci, cuma ngincer termos aja. Itupun luput dari genggaman jiaahh...

Kita ada acara tukar kado juga. Seru juga ternyata, biasanya kan kita tuker kado konvensional, kadonya dinomerin, kita cabut nomer trus ambil kado sesuai nomer kita.
Nah kemaren kita maen yankee swap game.

Rulesnya begini...
Pertama kita ambil nomer urut. Trus berdasarkan nomer urut itu kita satu2 maju ke depan pilih kado yang kita inginkan. Kado yang diambil langsung dibuka supaya semua orang tau isinya.
Abis itu orang kedua yang ambil boleh milih mau rebut kado dari si no. 1 atau pilih kado baru dari depan. Begitu seterusnya, orang ketiga boleh pilih mau rebut kado si no. 1 atau si no. 2 atau pilih kado baru.
Orang yang kadonya direbut kan jadi gak punya kado tuh, nah dia juga boleh milih mo merebut kado orang lain asal bukan kado yang sudah pernah direbut dari dia atau buka kado baru.
Kado yang udah berpindah tangan 3 kali gak boleh diperebutkan lagi, alias udah freeze.
Nanti setelah semua dapet giliran, si no. 1 tadi dapet privilege untuk melakukan force swap, dia boleh maksa tukeran kado dengan siapapun kecuali kado yang udah freeze dan kado yang udah pernah diambil dari dia.

Karna kita tau siapa ngincer kado apa jadi pada sengaja rebut2an lucu banget deh, gua ketawa ampe mata gua berkaca2. In the end si no. 1 menukar kadonya yaitu sarung dengan kursi lipet. Apes amat orang yang dapet kursi lipet itu hahaha... musti menukar kursi lipetnya dengan sarung, tampangnya gak rela banget. Apalagi waktu kursinya direbut dia lagi bersih2in tuh kursi dari sisa2 kertas kado dan selotip yang nempel, eh setelah bersih direbut wakakak :D

Walaupun badan remuk redam ngurusin getring itu, sukurlah acara sukses. Minusnya adalah tempatnya kurang oke banyak yang komplen, tapi abis mo gimana lagi dapet tempat juga udah sukur karna dadakan.

Masalah getring udah selese, tapi rumah blom, tapi sukurlah udah ada jalan terang. SPK baru udah keluar. Amin. Jadinya gua pake bank permata. Abis dia yang paling ngebut prosesnya, 5 hari kerja spk turun. Mantap.

Setelah nego yang panas dengan orang bank (kuping gua yang panas sangking lamanya) akhirnya gua dapet rate 8.28% dan tenor 5 taon. Memang bunganya lebih gede, tapi tenornya bisa dapet 5 taon, bandingkan dengan bca yang 10 taon, karena bca kasih cicilan sekitar 45% dari gaji, sedangkan si permata bisa sampe 65%. Mantap kali.

Jadi dengan biaya2 ini itu, semacam provisi, administrasi, asuransi, overall betilah (beda2 tipis) gua kenanya. Ketolong banget ama jangka waktu cicilan yang cuma 5 taon. Jadi buat yang mau kpr tapi gak dapet bunga rendah, negolah tenornya. Semakin cepet semakin baik. Karena cicilan bulanan kita akan lebih besar sehingga motong pokok utang lebih banyak, jadi kalo ditotal kita kena bunganya gak gede2 amat.

Bisa dibilang gua cukup puaslah ama pelayanan bank ini, orangnya gesit, bisa ditelpon kapan aja, jadi gua akan dengan senang hati rekomen dia bagi yang mau kpr dengan bank permata. Nanti pm gua aja kalo ada yang butuh.

Tapi tetep aja ada minusnya. Di bank ini gak bebas penalty. Ketentuannya begini..
- Selama 2 taon pertama berlaku fixed rate 8.28%. Kalo kita mau pelunasan sebagian atau seluruhnya dalam masa ini dikenakan penalty 2% dari jumlah pelunasan. Ini gak jadi masalah buat kita, karena dalam 2 taon sepertinya kita gak berencana mo lunasin dulu. Kita lebih milih untuk nabung duitnya untuk dipake pelunasan nanti. Lagian kan bunganya fixed, bayar ajalah.

- Setelah 2 taon ada yang namanya holding period selama setaon. Dalam masa ini jika kita melakukan pelunasan sebagian dikenakan biaya administrasi 250K. Pelunasan sebagian ini maximal sebesar 50% dari outstanding. Tapi jika kita melakukan pelunasan seluruhnya dikenakan penalty 2% dari outstanding. Jadi selama setaon holding period itu, bunga sudah floating dan kalo kita mau tutup musti bayar penalty.
Ini yang memberatkan kita. Karena kita gak tau floating itu bisa sampe berapa tinggi, pengalaman dulu dengan mandiri gua pernah kena bunga sampe 16.75% dan gua megap2 bayarnya.
Inget dulu gua dengan temen sebelah cubicle gua, kita sama2 ambil kpr mandiri dan kita sama2 megap2 tiap bunga naek.
Jadi gua pengennya 2 taon pertama nabung yang banyak dan langsung tutup kredit setelah masa fixed rate supaya gak kena floating. Tapi konsekuensinya gua musti bayar penalty. 2% itu cukup berat loh, semoga bener bisa dinego, let's see deh nanti.

- Setelah masa holding period, yaitu setelah 3 taon, barulah bebas penalty. Jika kita mau lunasin sebagian atau seluruhnya saat ini kena biaya admin saja 250K atau 500K.

Trus yang aneh lagi, kita kan diwajibkan buka rekening, nanti cicilannya autodebet dari situ. Nah masa tiap pendebetan yang berarti tiap bulan kena biaya 20K, aneh ye..
Padahal di 3 bank lain yang gua pernah kredit, gak ada biaya pendebetan rekening sendiri, aya2 wae lah...

Tetep kalo bisa milih sih gua tetep prefer pake bca, bagaimanapun tetep lebih ringan di kantong karna gak ada penalty2an, apalagi gajian gua juga lewat situ jadi gampang autodebetnya, gak repot..
Kalo skarang kan gua mesti mikir pindahin duit ke rekening laen tiap tanggal jatuh tempo.
Tapi whateverlah.. bank ini pun oke, yang penting semua cepet selese.

Gua bersukur banget ama Tuhan, ternyata ada blessing juga.. sudah terlihat jalan keluarnya sedikit2, setelah pada awalnya it seems like nothing is going right. Gua yang tadinya freak out sekarang udah bisa warasan dikit, karena pada umumnya semuanya udah kelar tinggal tunggu finishingnya aja.

Yang masih mengganjal sampe skarang adalah gua masih blom bisa hubungin notarisnya buat tanya ini itu, abis tiap telpon sibuk mulu. Susaaah deh nyari notaris ini. Kalo pagi2 jam 9 blom dateng, siangan dikit ada akad, tengah ari keluar makan, sorean ada akad lagi. Kapan gua ketemunya?

Padahal kan gua mau tanya2 yang jelas gimana prosedurnya, apa aja nanti yang musti gua siapin, yang mana aja yang tanggung jawab gua, apa yang penting yang harus gua inget, berhubung hubungan dengan broker memanas gua kira lebih baik gua tanya notaris aja.
Bagaimanapun notaris mestinya tidak memihak kan.

Sekarang lagi menunggu proses alih hak dan akad. Rencananya mau digabrukin di 1 hari. Katanya special request dari si pak rempong, supaya dia percaya melihat dengan mata kepala botaknya sendiri kalo gua udah sign itu surat akad. Bayangkan. Dimana lagi coba gua bisa ketemu orang kek dia. Katanya hidup itu singkat, tapi kenapa di hidup yang singkat ini gua bisa ketemu orang macam diaaaa.....

Apa dia sudah sering tertipu ya selama hidupnya sehingga dia menjadi begini. Tapi satu hal, dia pasti tidak bahagia, karena kan "Berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya.."
See? See?? Pak rempong sangat disayangkan tidak masuk kriteria ini. Karena dia adalah makhluk Tuhan paling rempong.

Mohon doanya ya supaya setelah gonjang ganjing ini, gua tidak tertimpa masalah lagi sampai pada hari akad itu tiba. Gua sudah tidak sabar untuk segera mengikatkan diri pada another kredit dan sudah tidak tahan untuk segera menyingkirkan pak rempong dan semua cincongeknya dari hidup gua dan dari blog gua.

22 comments:

mamipapa said...

btw vi, emg pak rempong botak yah? jadi penasaran dia direktur rs mana hahaha ..

dl ferry bl rmh disini kaga ada sertifikat, trus baru buat kaya 2 th lalu tanya2 notaris berapa org biaya cepe tiau lebih semua, kirain ngibul kaga taunya beneran, akhirnya pake notaris kenalan org ancol ada org dalem di bagian urus2 surat gituan deh..dan emg bayarnya cepe tiau lebih..hampir 115..alasannya daerah sini pusat dan kota praja makanya harga sertifkatnya mahal, itu juga pertama HGB trus baru jadi SHM tentu aja ada biaya lagi hehe dan proses buat sertifikat itu hampir setahun hahaha...

gw ngoceh2 ke dia jgn beli rmh kalo gak ada sertifikat, alasan dia disini semua rmhnya gak ada sertifikat toh gak di klaim sm org, sueknya abis buat sertifikat gak lama daerah sini ada pemutihan (jd dari pemerintahnya nawarin pd mau buat sertifikat gak) gak tau jg lebih murah apa gak..

untung urusan loe udah kelar yah, mudah2an di bulan desember bulan yg penuh cinta...semuanya lancar yah vi :)

ferry kmrn juga rekreasi karyawan, gak jauh2 di ancol jg hahaha...kasian dia dpt door prize paling murah..pdhl yah gw blg kalo dapet setrika atau rice cooker lebih oke, ini dpt emergency lamp..yah tuhan adil kali yah, staf2 biasa malah pada dpt kado yg oke2..(gw bayangin dia pulang malem gotong2 LED, ternyata buyan harapan gw)

Pitshu said...

gathering na seru, tapi kok enggak ada photo na, ga ada photo = hoax wakakaka. *mintak di bacok*
lancar yah Pucca buat semuanya :) hwaitinG~

Arman said...

gua sejak disini, tiap taun pas holiday party kantor selalu tukeran kadonya pake cara curi2an gitu vi. emang seru ya. hehehe.

mungkin si pak rempong emang pernah tertipu makanya dia jadi gak percayaan ama orang sekarang.

moga2 segera beres ya vi!

Fun said...

acara tukar kadonya kayaknya seru tuh hhehe :) ga ada foto2nya nih viol?

cepet amat KPR nya 5 taon? kirain bisa 10 taon hehehe :) tapi gpp la, yang penting cepet lunas yak...

sherly said...

wah bagi elu November lama, bagi aku cepet banget hahahaha....
semoga urusan akad itu beres tuntas tanpa halangan ya, Vi. Si rempong itu kedengeran nyebelin banget!

Dessy said...

nanti desember pasti rasanya cepet deh vi hehehehe...
semoga urusan rumah u cepet kelar ya ^^

Pucca said...

@felicia: iya dia botak hahaha..
masaoloh, biaya sertifikat lu mahal nian fel.. gila bener..
gua baru tau ada pemutihan, lebih murah gak ya, mendingan gak tau deh fel daripada keki hehehe..

getringnya di ancol asik donk gak usah sewa tempat hehe.. padahal taon kemaren gua ama david dapet loh, taon ini sue kita berdua cuma dapet jaket ama voucher carfur :P
rejeki gantian kali yaa hehe..

@pitshu: wakakak.. itu gak berlaku buat gua ya, gua kan emang males posting poto kekekek :P

@arman: iya emang seru, kita baru sekali ini begitu, pada bilang seru, toan depan begini lagi dah haha..

@fun: kan gua joint income jadi bisa dikasih 5 taon, lebih cepet lebih baik lah fun, jadi bisa kredit yang laen lagi *loh* hahaha..

@sherly: kebalikan ya kita, karna gua lagi mumet jadi berasa lamaaa..

@dessy: jangan donk, gua maunya desember lama :)

Lina said...

Pake notaris siapa vi? Kalau u/ akad n alih hak, bawa surat2 asli (ktp,kk,akte nikah, npwp, tanda terima dp, n minta di hari h nanti pas akad minta pak rempong buat kwitansi pelunasan)

Kalau rumah sudah serah terima dr developer, make sure tagihan ipl sd dibayarin smp serah terma ke elo sbg pembeli baru. Cek juga listrik nya ( tp kala rmah bar sih harusnya pake sistem pulsa, jd ga perlu cek meteran)

Bgt dpt surat persetujuan kredit, minta broker info ke legal developer, bank n notaris spy bs dibuatin jadwal u/ akad n pengalihan hak di developer.

Moga2 cepet beres, n rumah baru bs jadi berkat buat lo berdua ya..

Katrin said...

keknya rumah itu ga laku2 karna tingkah pak rempong sendiri deh vi, feeling gw sih....(pake feeling segala hahahaa). Tapi yg pasti skrg rumahnya udah di tangan yang tepat ya...gw doain lancarrr pas akadnya,viol n taon depan pas getring u dapet hadiah utamanya amiiinnn....

Leony said...

Notaris itu bukannya ditunjuk sama Bank ya ? Ya udah lah Vi, pasrah aja, bentar lagi beres deh surat2nya. Keep praying :).

Kemarin gue juga outing kantor. Gara2 gue ikutnya nyusul, gue gak berhak buat dapetin hadiah apapun. Malah sama bos gue disuruh jadi juri, buat nilai peserta yang ada di situ. Keren sih jadi juri, tapi jadi ga bisa dapet hadiah :(.

Once in a Lifetime said...

Gak papa gak dpt lucky draw sekarang, siapa tahu Natal ini dapat yang lebih ok dalam bentuk lain haha.. Gua inget elo bukan yang dpt ipod dulu? Mudah2an lancar terus ya..

Pucca said...

@lina: pake notaris bsd lin, iya gua barusan minta kuitansi pelunasan ipl.
gua beli rumah lama lin, masih pake meteran keknya ya, tapi gua juga gak pasti..
iya smeoga cepet beres ya, ngurusnya ribet banget gua jadi agak kapok beli rumah hahahaha..

@katrin: doa lu mantep banget kat, gua doain semoga terkabul hahaha..

@leony: pake notaris developer keknya..
wah le, lu sih telat, gak ada hadiah hiburan buat juri? heheh..

@elisa: yang dapet ipod david hehe.. lu masih inget aja el :P
semoga ya kalo rumah itu kelar urusannya udah jadi hadiah natal buat kita kok :)

thesalem said...

Vi, baru mampir nih.
Senangnya mendengar dapat rumah impian, apes aja ada pak Rempong. Tapi emang bener, rumah impian yang sreg susah dicari, kalau udah nemu yah selama masih bisa dimusyawarahken sebaiknya jangan dilepas. All the best ya!

Gw gak bisa ikutan acara curi2 kado, bisa dendam sama yang nyuri kado gw, yang ada gathering bukan mengakrabkan malah jadi musuhan gw hahaha..

Rina Suryakusuma said...

finally, masalah kpr lo beres juga Vi. hahaaa akhirnya ya. tobat deh kalau ingat perjuangannya. gimana bu? udah mulai googling dekor belum? :)
semoga ini jadi kado natal yang indah buat lo ya. dan kado new yearnya, dapat dedek, amin :)

Selvi said...

viol, kangen deh gua komen di postingan elo.

nanti ikutan tukaran kado di cp yah, model konvensional soalnya biar gampang. hahaha gua cari gampang dan simple termasuk di food court jadi bebas mau makan apa aja.

bentar lagi pasti beres, akan menjadi hadiah natal yang indah. Rencananya kapan pindah vi dibaca kapan house warming dan mengundang kita maksudnya?

Yulia said...

akhirnya bisa comment juga.. hihi.. pagi2 buta saat anak gw msh ngulet-ngulet soalnya sekali dia bangun selesai perkara. hihi
pasti bisa ya viol, siapa tau dgn beginian lu jd marketing rumah, denger2 komisinya gede lho. hihi..
selamat ya vi, pasti lu bisa.

Kevin said...

getring = gathering ya?
baru ngeh setelah baca komentar si pitshu.
wkakaak

Angels said...

Akhirnya beres juga urusan KPR :D Tapi tetep perjalanan masih panjang ya ternyata haha. Gud luck~~

Setelah baca proses kpr lu gw jadi ada bayangan buat nanti klo gw mo cicil2 rumah :"> Sepertinya repot :(

Eh jadinya gathering dimana nih?

Pinkbuble said...

Pucca semoga semua lancar yaaaaah!

Pucca said...

@maryna: karna itu juga makanya gua kuat2in nih..
haha.. masa segitunya sih, kalo lu dapet kadonya ipad boleh dendam tapi kan kalo kadonya cuma goban, gak mungkin sampe dendamlah :P

@rina: blom rin, gua serahkan ke david urusan renov tapi blom bergerak nih..

@selvi: nanti kalo gua bisa ikutan gua kabarin yah sel, thanks smsnya :)
masih lama ni keknya, renovnya aja masih bingung hihihi..

@yulia: iya, komisinya gede.. gua bisa gak ya? gak yakin juga :D

@kevin: haha.. iya :P

@angel: jangan keder dulu ya, ini gua repot kan karna banyak hal, jangan disamaratakan, kali2 lu gampang :)
akhirnya ke carita ngel, gak jadi outbound..

@elrica: thank u yah.. lu udah jago banget skarang riasnya :D

Aryo Seno said...

Tahun baru semangat baru hehehehe

Jonesikhsan said...

Halo semua, saya Mr.Jones Ikhsan, Saat ini tinggal di Indonesia, saya menikah dengan dua anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan sejak Agustus 2014 dan saya perlu bantuan untuk membayar tagihan saya untuk pengobatan anak saya. Saya mencoba untuk mencari pinjaman dari berbagai PERUSAHAAN pinjaman Kedua perusahaan swasta tetapi tidak pernah Dengan keberhasilan, dan saya kredit Ditolak Sebagian besar bank. Tapi seperti Allah akan Memiliki itu, saya Diperkenalkan dengan seorang wanita Allah pemberi pinjaman pinjaman pribadi oleh seorang teman bernama Mrs.chrisna dan saya mendapat jumlah pinjaman dari Rp550,000,000.Thank ALLAH untuk hidup saya saat ini, saya sekarang pemilik bisnis dan anak-anak saya lakukan baik saat ini. Jadi sayang, jika Anda harus menghubungi setiap perusahaan Dengan Referensi untuk mengamankan Kemitraan dengan tingkat kredit Alii bunga sebesar 2% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, Silahkan hubungi Ibu Anita.she menawarkan semua jenis pinjaman untuk Kedua Individu dan perusahaan dan Juga saya ingin Tuhan memberkati lagi. Anda dapat menghubunginya melalui email: Anitalasonloanltd@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui: Jonesikhsan@gmail.com tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda.
Tuhan memberkati bangsa kita.