Edisi Taman Minimalis Untuk Rumah Anda

Dear friends, inilah foto taman yang gua janjikan di posting kemaren. Tuh gua kan orangnya tepat janji, sabar aja pasti ada kok hihi..
Sebenernya sih udah ready to post dari kapan tauk, tapi karna di kantor gak bisa maning, jadi ngetem di draft lama hehehe..

Ini tampak depan taman.

Gua ambil fotonya seminggu setelah penanaman. Lihatlah betapa poon gua masih ketek2 (kecil dalam bahasa padang), tapi rumputnya mayan bagus tumbuhnya, baru seminggu udah ijo royo2, yang stress menguning cuma dikit, jadi no worry lah rumput depan ini tinggal tunggu mereka merapat ajah. Kata tukang tamannya juga rumputnya baru seminggu tapi tumbuhnya udah bagus banget.
Nanti tiang lampu taman mo gua cet ah, bikin jelek taman aja cetnya kropos2 gitu yah..


Gambar di atas adalah kamboja kuning. Gua gak pilih poonnya, dapetnya begini yah mayanlah, bunganya wangi. Si pak herman emang tanya mau yang bunganya gedean atau bunganya kecil tapi lebih wangi? Gua pilih yang wangi, karna pikir gua enak kali ya buka jendela kamar ada kecium wangi2 bunga. Tapi pohonnya ya botak gitu hahaha.. justru gua emang demen kamboja yang gak banyak daun, kalo perlu gak ada daun, bunga tok dimana2, kaya poon tabebuya yang banyak di komplek, pas kemarau daunnya rontok tapi bunganya banyak jadi 1 poon kuning semua cakep deh.

Yang di kiri bawah adalah sianto yang dibentuk2 jadi kaya cemara udang, ceritanya cemara udang kw1 hahaha :D
Tapi berhubung masih kecil daunnya blom ngumpul bulet2 jadi yah ceper2 begitu deh, semoga cempet mumbul ya kamu to..


Di samping adalah cemara lilin 3 biji. Ini lebih ketek dari bayangan gua, kapan gedenya ini poon *garuk2 pala*
Sebenernya waktu rumah ini jadi, udah dikasih sepaket ama tamannya loh dari bsd komplit. Ada cemara lilin juga 3 biji di situ, tapi mati karna gak dirawat, sayang yah kalo gak mati kan gua udah punya cemara lilin yang gede skarang.

Di kiri kanan bawah adalah taman under construction. Si pak taman temennya pak herman lagi nempel2in rumput. Gampang banget loh nempelin rumput ini, gua kirain dia bawa rumput sepetak2 gede gitu trus ditempel ke tanah, ternyata dia bawanya sepetak2 kecil paling 10 cm, trus disobek kecil2 kaya roti dicelup ke tanah, trus ditimpuk2 pake bata supaya masuk dan rata.
Keliatan kan beda rumputnya di foto bawah waktu baru ditanam ama di atas yang udah seminggu? Udah lebih tebel yah :D


Ini adalah perbandingan before and after taman diberesin.
Beda banget yaaa.. keliatan lebih lega dan cantik. Sebelumnya rumah gua kaya rumah hantu ih, poon gede di belakang udah gak jelas wujudnya kaya apa, awut2an tak bisa diselamatkan, jadi ditebang aja. Padahal sebenernya mah daunnya lucu juga loh bentuknya love dan bunganya merah, tapi auranya itu loh angker minta ampun. Tinggal dikasih labu halloween aja trus malem2 gua n david berdiri dibawahnya pake baju drakula dijamin satpam pas ronda kaget sampe nyungsep kikikik :P

Kalo pohon di depan, gua masih pertahankan, lumayan buat adem2in rumah batangnya lurus gak semrawut. Tapi si pak herman sih pengennya dicabut juga poon ini, katanya taman gua bakal lebih cakep kalo gak ada poon ini diganti ama pohon yang lebih bagus.

Bener juga sih coba kalo di depan itu cemara udang *teteuupp* pasti taman gua lebih romantis hihi tapi gua gak tega ah tebangnya, walaupun dia gak bermodel cuma lurus doank ke atas dan daunnya tiap ari gugur mulu bikin sampah aje, tapi dia kan gak menakutkan.. akhirnya gua keep aja poon itu, walaupun si pak herman tak setuju. Yang ada dia bawa tanaman satu untuk ditempel di poon itu biar manisan dikit wakakak…

Ini adalah taman belakang rumah.

Waktu gua foto umurnya baru sehari alias baru aja dipasang. Cakepan taman depan ya, lebih colorful dan lebih banyak macemnya. Gua sempet bilang tambahin atuh pak tanemannya minim amat warnanya ijo doank kurang menarik. Tapi kata si pak herman, taman belakang lebih susah karna pasti gak kena matahari sebanyak depan. Poon2 lebih banyak yang gak survive, mati sih kagak tapi idupnya bikin sakit mata, yang mestinya berbunga gak berbunga, warnanya bisa pudar, rumput jadi gondrong, gitu katanya...

Pas ngerjain taman belakang ini ujan turun deres banget. Terpaksa pengerjaan tertunda. Rumput yang udah ditempel sebagian jadi belenyek, trus tanahnya kan baru dicangkul, jadi ngembeng2 nyiprat kemana2 coklat kotor semua haeshhh...
Untung gua masih simpen kardus2 bekas keramik, gua taro di lantai, jadi buat alas, kalo gak bolak balik kaki yang udah belepotan tanah basah kan lengket banget, bisa nangis gua ngepel rumah abisannya.
Padahal tanah kalo kering gitu kan enak ya dipegang, berderai gak lengket, tapi begitu kena ujan, beuuhhh jadi lumpur semua, disaster dah...

Itu rumput di belakang juga nempelnya gak kaya di luar gitu bersih, di belakang mah benyek2 deh, karna keburu ujan sebelum jadi, tunggu keringnya lama karna di belakang emang gak sepanas di depan.

Sekarang udah lebih ijo dari ini, rumputnya walaupun tanahnya lembek gitu bisa idup juga kok, udah mendingan sih skarang, semoga aja nanti kalo tanahnya kering lebih bagusan lagi yah.
Pak herman sih garansi sebulan katanya. Tiap 2 minggu dia dateng buat ngecekin kalo ada poon yang mati digantiin, ama gebuk2in rumputnya lagi supaya rata. Katanya jangan kuatir Bu pasti cakep nanti jadinya. Tapi gua sih masih blom seneng liat taman belakang abisan jorok ah coklat2 gitu rumputnya dan minimalis banget yah kesannya hahaha...

Tapi menurut mereka untuk taman belakang enakan begini gak usah terlalu rame, supaya anak2 bisa maen lega, bisa taro tenda juga buat anak2 camping wkwkwk.. pikir2 lucu juga yah camping di halaman belakang rumah :D

Di sebelah kanan itu pohon jasmine. Cakep yah, gua demen liat bunganya banyak tiap ari muncul putih2. Tapi sayangnya gak wangi, gak kaya poon melati punya emak gua dulu. Ini gua pilih sendiri, boleh beli di kios taneman. Si pak herman tolong tanemin ajah.

Sebelahnya ada pohon jeruk kunci. Gua gak tau sih namanya apaan, tapi kalo di rm bangka pasti ada jeruk ini deh, bokap gua juga demen buat diminum atau buat nyambel. Pohon jeruk ini udah ikut gua 6 taon. Dari dia gua telah memetik banyaaaak sekali buah2 jeruk :)

Kalo lagi panas, tinggal diperes campur gula n aer dingin udah seger banget. Kalo lagi nyambel tinggal dicrot ke sambel langsung sedep. Kalo lagi giat dia bisa berbuah ratusan loh, gua ampe cape metikin jeruknya karna gak abis2.

Dulu di rumah lama, tetangga depan rumah kan orang bangka, dia demen banget liat poon jeruk gua trus dia belilah poon jeruk juga, eh gak berapa lama poon jeruknya mati loh. Kasian poon itu.. baru kecil sudah rip, sedangkan pohon gua dari kecil sampe gede skarang :)

Tips untuk teman2 yang mau bikin taman juga:
1. Pakelah jasa tukang taman yang udah biasa ngerjain taman.
Soalnya deal dengan tanaman kan bukan cuma tancep doank trus urusannya idup ato mati, tapi diliat juga unsur keindahannya, paduan warnanya, sifat tanamannya bisa tinggi ato tetep bantet, kadar panas yang dibutuhkan tiap2 taneman juga beda loh.. ada yang suka panas ada yang suka adem.

Hal2 begini kan tukang taman lebih tau, sekalian aja kita bawel nanya ke dia, jenis2 rumput, plus minusnya jadi kita lebih tau sebelum mutusin mau pake rumput apa. Taman kan mayan mahal juga, kalo asal pasang trus jelek kan nyesek juga liatnya tiap ari.

Kalo pake tukang pikulan yang kebetulan lewat, entah profesional entah kagak, besok entah lewat lagi entah kagak, mo komplen juga susah.

Enaknya sih pake tukang rekomendasi temen, jadi bisa sekalian liat hasil kerjanya oke gak atau tukang yang ada lapaknya, jadi kalo komplen2 kan gampang. Biasanya mereka garansi juga, kalo gua digaransi sebulan.

Selama sebulan dia akan datang 2 kali untuk ngecek, ngerawat, ama ganti poon yang mati. Ini aja ada 10 biji kali poon gua yang mati, poon kecil2 itu kan rentan, mungkin aja akarnya blom sempurna jadi pasti rentan mati.

Tapi hoki2an juga dapet tukang taman, ini pak herman janji janjiiii tinggal janji katanya mau dateng sabtu kemaren buat gantiin poon yang mati dan rumput boncel tapi gak nongol2, mana sampah berkarung2 blom dibuang, hashhh... *urut2 data* yang sabar yah...

2. Survey dulu ke lapak taman untuk cek jenis poon dan harganya.
Walaupun tukang taman lebih ahli, tapi kan kita yang bakal liat tu taman tiap ari, kalo kita gak suka poonnya gimana, nti jadi mangkel sendiri kan. Jadi enaknya sih kita udah survey ke beberapa lapak taman, kan banyak tu di pinggir jalan, atau ke rumah tetangga liat2 poon apa yang kita demen.

Untuk poon gede biasanya pilih cuma 2 atau 3, sisanya poon kecil2. Jadi nti waktu diskusi tukang tamannya kasih rekomendasi mau poon ini atau poon ono, kita ada gambaran poon apa yang dimaksud.
Kalo ada poon yang kita suka dan kita gak tau namanya, kita poto aja nti liatin ke tukang tamannya hehe..

Harga di lapak biasanya sama2 aja dengan harga yang tukang taman kasih, soalnya dia kan belinya ama langganan beratus2 polibag jadi pasti dapet harga murah, daripada kita beli ke lapak trus tanam sendiri enakan beli ama tukang taman sekalian ditanemin.
Nanem poon itu keliatannya gampang padahal cape loh.. gua pernah ama david tanem pohon ketek2 beberapa biji aja udah keringatan plus encok karna nunduk2 terus.

3. Minta gambar dan perkiraan harga waktu tukang taman survey ke rumah kita.
Gambarnya cukup coret2 di kertas aja, kira2 sketsanya gimana, poon utama di sebelah mana, gak usah detail ampe poon2 kecilnya bisa amsiong tukang tamannya, pan dia bukan arsitek landscape wakakak...
Perkiraan harga juga gak usah detail, bikin perkiraan kasar aja, dia kan udah pengalaman, jadi mestinya sih gak jauh2 meleset dari itu.

Harga biasanya tergantung banget ama pemilihan poon gedenya, karna itu yang paling mahal kan, sedangkan sisanya bisa dikira2. Jadi kita bisa siap2in duit juga, kalo kita rasa kemahalan, kita bisa pilih poon gede yang lebih murah atau kita kurangin aja jenis poon2nya, gak usah terlalu rame. Kalo kemurahan yah kita bilang ramean aja pak, biar lebih cakep hehehe..

Nanti aktualnya dia bakal itung lagi kok berapa poon yang kepake, rumput berapa meter, karna pelaksanaan di lapangan kadang beda ama sketsa awal, yah beda2 tipislah menyesuaikan kondisi lapangan.

4. Pembersihan lahan.
Biasa kan tanah nganggur suka jadi tempat tumbuh ilalang atau jadi tempat pembuangan batu2 hasil renov. Nah sebelum mulai pastikan tukang tamannya mau bersihin lahan dulu, jadi semua batu dibuangin, ilalang dicangkulin, dicangkul loh ya bukan dicabut karna ilalang itu akarnya panjanggg.. justru yang lama nyangkul2innya ini, butuh sehari sendiri untuk sepetak taman kalo ilalangnya banyak kaya gua mah.
Tiap nyangkul isinya akar ilalang mulu, udahannya jadi 3 karung akar ilalang yang dibuang, bisa buat liang teh mustinya tu wkwkwk :P

5. Disarankan beli tanah tambahan.
Walaupun tanah kita subur dan bagus tapi tukang taman biasanya butuh tanah untuk bikin kontur. Nah kalo pas2an susah malah nti jadinya jelek, lagian tanah baru kan gembur lebih enak dicocol rumputnya, lebih gak pitak2.

6. Perhatikan tempat jatuhnya air hujan dari atap dan lubang pembuangan air.
Coba dikusi dengan tukang taman air cucuran atap jatuh dimana, mau dikasih batu atau tetep rumput, kalo rumput biasanya nanti bolong2 karna kalo rumputnya masih lembek trus ujan gede rumputnya bisa copot, harus ditanam ulang trus tanahnya ditambal lagi supaya gak nekuk ke dalem.

Kemiringan tanah juga ngikutin ke lubang air, supaya aer hujan cepet turun gak ngembeng. Kemaren taman belakang gua ngembeng karna pas ngerjain taman depan tanah tambahannya 2 kijang difoya2 ama tukangnya, jadinya taman depan gua tinggi karna urukannya banyak, abis itu sisanya cuman 2 karung gak cukup buat taman belakang *tepok jidat*

Mau beli lagi, katanya tanggung, saya cukup2in aja, lagian pas idul adha gak ada yang nganter tanah katanya, jadinya taman belakang gua gak bagus miringnya ngembeng dah....
Kemaren pas lagi kerja kan ujan jadi ketauan ngembeng dimana udah langsung diperbaiki, ini gua mo liat pas ujan lagi masih ngembeng gak, kayanya sih ngembeng deh.. ugh..
Padahal taman depan itu rada lebay nguruknya, sayang sekali mestinya bisa cukup untuk belakang juga kalo gak boros di awal mah..

7. Rawatlah taman secara teratur
Taman yang udah cakep sekalipun bakal jadi jelek kalo ranting poonnya tumbuh liar tak terkendali. Kita pan mau bikin taman bukan hutan ya.
Maka diperlukan campur tangan kita untuk rajin menggunting ranting2 yang tak diinginkan, nyabutin rumput liar, gembur2in tanah, siram secara teratur, dan kasih pupuk.

Untuk kita2 yang sibuk ataupun gak hobi ngotor2in tangan tapi tetep pengen punya taman yang indah, tenang ajeeehh itulah gunanya ada tukang taman. Tinggal bayar nanti pak tukang taman akan datang, sehingga taman kita akan tetap indah senantiasa.

Kalo puas dengan tukang taman yang bikin di awal, langsung aja suruh mereka yang rawat, bisa dateng sebulan sekali or sebulan 2 kali, mereka akan urus semuanya sampe ke pupuk2nya, jadi tinggal terima cakep aja.

Sekian tips dari saya, semoga mendapat pencerahan untuk berkreasi membuat taman yang indah di rumah masing2 :D

Sekalian mo ucapin thank you dan salam cantik untuk fun, fen, dan bebek yang udah ngirimin gua oleh2 hasil menang kuis hohoho :D


Yang atas dari fun. Si fun bener2 kolosal kirim hadiahnya, gua ampe kaget waktu abang kurir dateng, kardusnya gede ajeh.. isinya kerupuk semua buset dah ada 7 bungkus kerupuk macem2, ada kerupuk ikan, cumi, udang, telor cumi, getes kedoyanan gua, pokoknya kalo diabisin sendiri dijamin suara bakalan serak2 parau terluka gituh...
Sangking senengnya, rejeki kali ini gua bagi2 ke nyokap dan mertua hihi.. mereka gua kirimin kerupuk sebagian supaya ikut mencicipi rejeki anaknya ini :P

Kalo yang bawah dari dari fen, oleh2 kuis bandung, bisa2nya gua jawab tomat cherry karna waktu ke bandung kemaren gua juga panen tomat cherry di jendela alam, seru yah.. tomat cherrynya juga enaaak, nyesel cuma beli sekilo.

Cistik mah kedoyanan gua, bisa abis dalam sekejap kerlingan mata kikikik.. eh tapi gua blom pernah nyobain cistik kacang sih. Bandrek pas banget di rumah lagi dingin2nya, ujan mulu di bsd, pasti asoy dingin2 nyeruput bandrek.

Dari bebek sih voucherrrrr.. mata gua langsung jadi ijo stabilo bayanginnya. Mau belanja apa aja yaaaa… aduduh maunya sih semuanya aja diborong, gua lagi nunggu2 ikea buka di alsut, eh kesempetan bisa belanja dulu di bebek hihihi.. semoga yayang makin ganteng pake kaca mata itemnya :P
Bek, satu kata... I heart youuuu...

Maacih yaaaa fun, fen, bebek... dan buat yang lain sesama pejuang kuis, "Cemungudh ceman ceman..."
Hayoo pada tau gak artinya apa? Gak tau?
Ciyus? Miapah? *ngakak guling2* :D

28 comments:

Isti said...

rumah dan tamannya cakep mba..

Fn said...

Cakepnya tamanmu viol... Gw sich ga ngerti dan ga gt suka soal taman hehehehe
Smoga suka yaaak... Dan jangan sampe skt tenggorokan yak hehehee

mama fang memei said...

tamannya bagus viol
hoki bener siy kamuuuuu, menang kuiz segambreng gitu....
ayo gantian lu yg bikin kuiz ya... kripik balado hadiahnya hehehehe

BabyBeluga said...

Wah cakep banget deh taman elo. gw jadi ngiri berat. Disini gga bisa deh nanam Kamboja kuning secantik gitu, pas Winter jamin mati.

Epi said...

sayang gue ga hobi sih sama taman2 dan bunga2 nya :)) kl punya taman pasti ga bakal keurus sama gua hahahaha. Btw, violll lu hoki amat sih menang kuis sampe 3 biji gitu. Aku kan jg mau vocerrr sola gracia n chistik nyaaaaa :))

Lina said...

Bagus Vi tamannya, jadi si pak Herman ini recommended ga ? kalau ya mau minta contact numbernya, hehehhee

gw setuju kalau taman belakang itu ga usah terlalu rame, rumah gw juga jadinya acak2an, huehehe

Jadi tambah betah di rumah dong ya menikmati indahnya taman n menanti spy jadi lbh gede pohonnnya :)

lovefaithhope2811 said...

Vi, kmrn gua comment gak masuk or masuk moderation ya?

Gua comment lagi ah :)
Ini elo seterusnya pake si Pak Herman gak utk maintain taman elo? Soalnya kalo gak di maintain, sayang, beberapa bln kemudian rumputnya bisa 'gondrong' or 'botak'.
Kecuali kalo elo hobby n telaten tuh, mupukin, cabutin....


Itu kamboja kuningnya cakeeep deh.

Dessy said...

bagus vi tamannya.
iya taman belakang ga usah rame2... siapa tau mau camping hehehe. atau kalo lu mau bikin pesta taman kecil2an hehehe...

Veny said...

gila luh uda jd konsultan rumah n kebon
sekalian konsultan kuis , ga usah kerja deh buka lapak aja biro konsultan hahaaa
bgs taman nya , duh g jd pgn nginep dirumah lu wahahaha
itu jeruk kunci g matee stlh bertahun2 , meski buah nya ga gede2 amat tp rutin berbuah sampe brp bln blk an dia mati tau napa .

iya kebon blk simpek aja , apa lu buat tanaman gantung pk pot nempel di dinding , tanem sirih gading biar menjuntai .

tuh hadiah bikin ngiler miapa ? ciyus ??? hahahaaa
awas luh kl menang lg di kuis terong pare atau kuis Helkit wahahaaaaa

Leony said...

Gue setuju banget tuh soal pake tukang taman dibandingin dengan abang-abang yang lewat depan rumah... Tapi in the end, tetep aja Vi, balik lagi ke kita juga ngerawatnya gimana. Gue tuh kemaren bikin taman mihil2, eh emak gue males gitu ngerawatnya... jadilah cakepnya pas baru jadi doang hahahah. Pokoknya maintenance is very2 important.

Oh iya, gue setuju juga soal taman blakang yang kalo mataharinya kurang, bakalan pada koit. Gue sih ngga koit, tapi kemboja gue dua pohon ga sebagus di depan tumbuhnya. Yang blakang tuh brasa kurang gizi :(....

Mamana Clo said...

ternyata gede juga ya taman rumahnya.. jadi kapan gw boleh bawa bocah2 buat berkemah di taman belakang rumah lo? hahaha...

ingat ya.. hadiah kuis berikutnya juga harus lo pake, poto dan pajang di blog.. itu lho, hadiah yg kuis yg akan datang yg bali.. gw yakin lo menang lagi hahahaa...

nilola24 said...

Bagus Vi tamannya. Gue demennnn... :-)

Kalo gue daripada tanem pohon hias, mending gue tanem pohon yang bisa berbuah. Hihihi..trus tinggal tiap 2 minggu sekali panggil tukang buat rapiin dan buat pohon buah gue berbuah lebat tapi pohonnya ga jadi gede. (Terinspirasi sama pohon jambu sodara gue, pohonnya pendek, tapi buahnya buanyak dan maniss...)

Wah..congrat buat menang kuisnya. Emang elu mah hoki bener kalo soal kuis. hihii...

mamipapa said...

duhhh gw sampe ngakak baca komen veny sama xiao...iyah elo dilarang menang kuis epi sama kuis madam. Kalau kuis balo semua setuju elo pemenangnya :)

taman elo cakep amat vi, duh gw udah tau model rumahnya seperti apa sama lingkungan sekitar jadi makin mupeng aja whahahah bagus...

btw kalau pohon kamboja itu sering di babat aja daunnya sama batang2 yg menjulur kalau udah ganggu, tebang pake golok juga bisa. trus siremnya pake air yg ada micin nya jadi subur (kaya di ancol kambojanya cakep2)

kebon belakang buat pesta BBQ blogger sekalian house warming hahah

Arman said...

wah taman lu bagus banget vi!!!
rasanya asri dan rapi.. :)

Bebek said...

Vi,.. mau dong kamboja kuning....berapaan ya? mau gw tanem di pot....

iya cakep taman lu......

Yulian said...

ngakaak baca komen Veny, konsultan kuis hahaha

Naksirr deh ama kamboja kuningnya...baru kali ini liat, ntar pgn nyari ahhh.

tamannya baguuussss, rumahnya juga bagus

gw uda 2x nanem jeruk, tapi slalu mati :( salah apa kah, Viol?

Mel said...

wah gw pengen banget tu nanti kalo punya rumah di tanemin pohon kamboja, biar serasa di Bali terus gitu hehee..

Pohon di dalem rumah dulu ada tapi sekarang di semen gara2 banyak nyamuk dan males ngurusnya =P

eno anwar said...

bagus

simple n rapi n manis, enak dilihat

maap tanya nya ga sopan

soalnya pgn rombak taman depan blakang juga,takut dikerjain ama tukang taman,,kalo ada ancer2 kan jadi pd nawarnya

semua2 nya diatas 5 apa dibawah 5 say sama rumputnya..

bisikin aja lewat email say..retnoanwar@gmail.com

makasi

Pucca said...

@isti: makasih mba isti.

@fun: tapi misua lu suka kan? hehe.. suka donk, nyokap gua bilang enaaaakk hihi.. gak sakit karna kan dibagi2, maacih ya fun :)

@yulia: iya gua sering disumpahin hoki belakangan ini, gua sih seneng2 aja haha..
iya gua emang mo bikin kuis, tapi lagi mikir pertanyaan dan hadiahnya :D

@sylvia: jsutru gua iri ama bunga2 di sana, bunganya bagus2 dan warna warni, disini gua mo tanam cari bibitnya aja susah, trus gak tau bisa tumbuh atau nggak..
bunga di negara 4 musim pasti lebih bagus warnanya syl.

@epi: brarti cocoklah lu tinggal di apt pi. gua justru ngungsi jauh2 dari jakarta karna pengen punya taman :D
amin amin doakan gua hoki terus ya haha..

@lina: recommended sih lin, tapi orangnya lagi most wanted nih, temen gua bilang dia udah absen 2 bulan ke tempat dia, ke tempet temennya juga gitu, weleh2 lagi sibuk kali dia banyak orderan..
iya sukurnya betah, apalagi skarang ujan mulu, jadi dingiiin, makin males bangun pagi hehehe..

@lili: gua gak pake moderation kok, apa masuk ke spam ya? coba nti gua cek..
iya gua mau pake jasa dia juga untuk datang sebulan sekali rapih2in, sebenernya sih gua hobby banget li, tapi gak ada waktu aja :P

@dessy: bikin bbq party ya haha.. kayanya enakan di depan deh kalo mo ngumpul2, kan rumah gua depannya gak ada rumah, jadi bebasss :D

@veny: haha.. boleh lu mau jadi pelanggan pertama gua? wakakak..
ayo ayo nginep, enaknya jumat or sabtu, supaya besoknya kita bisa lari pagi bareng. serius nih gua butuh temen buat lari pagi kalo gak gua ngendon aja di sofa gak gerak hakhakhak...

ih kesian amat mati udah bertahun2 ya, apa lu lupa sirem? kemaren ini kan musim panas, kekeringan kali dia..
iya gua mau beli taneman gantung, potnya udah beli, tinggal lagi cari bunganya, gua lagi cari bunga yang bagus hihihi..
jangan galak2 ven, nanti rejeki kabur kikikik..

@leony: iya makanya gua dah tambahin tuh di tips2, perawatan emang perlu, kalo gak jadi awut2an, gua betah sih sebenernya ngerawat taman tuh, tapi gak ada waktunya aja nih..
gaya mo ngerawat taman, kemaren mindah2in tanah 4 pot aja ampe keringetan segede2 jagung hahaha..

@xiao: buat clo1 & clo2 mah boleeeeh kapan aja, lelarian di komplek juga boleh :D
wakakak.. tolonggg aku dizolimi...

@tia: gua juga suka pohon buah, tadinya mo gitu tia, gua pengen tanem tabulampot aja rencananya, tapi akhirnya pake tukang taman juga.. sekarang taman gua udah penuh gitu, gua pengen beli poon jambu pdhl dah gak ada space haha..

@felicia: iya tega ih pada ckckck..
eh gua dulu juga suka nyirem pohon pake micin, atau gak pake aer beras, emang bener ya bikin subur? bahkan gua pernah tumbuk obat2 yang udah expired buat sirem taneman hehe..

iya rumah gua dingin nih butuh house warming ahaha.. udah mo akhir taon blom kelar aja bisa2 lanjut taon depan nih.. *manyun*

@arman: asri dan rapi karna baru jadi man haha..

@bebek: hah kamboja itu kan poon gede bek, kalo mo di pot yang kamboja jepang aja, yang kecil2, kalo yang ini sebenernya bisa aja sih di pot tapi potnya kudu gede loh.

@yulian: masa baru liat yul, sering loh di tukang jualan, ada warna merah, kuning, merah campur kuning, tapi jangan putih jelek deh..

salah apa ya? lu kurang sirem kali? tanahnya mesti diliat kering gak, kalo kering kudu disirem, kalo ujan yah gak usah, trus kasih pupuk, beli aja di toko pupuk butiran gampang tinggal tabur, kalo gak mau kotor2 beli pupuk kandang, abis itu mesti kena sinar matahari, gitu aja sih yul, simple.

@mel: iya bener banyak nyamuk kalo banyak taneman, gua kadang sengaja bawa raket ke taman trus berburu nyamuk deh haha..

@eno: di bawah 5 juta dikit kok, makanya surey2 dulu ke tukang taman pinggir jalan harganya, jangan mau kalo lebih mahal, mestinya lebih murah :)

mamie_funky said...

wahhh bagusss bener tamannya....cuman harus rajin yahh urusnya...kalo gak nanti kuning2 layu deh..

ashleyprincess said...

tamannya bagus viol, cantik:) kalo gw sih ga ada jiwa seni, demen liatnya tapi kalo gw disuru bikin taman kayanya gak deh, secara gw ga suka nyiram or rapiin rumput hehehe. Lagian jg minim ide , jd ga bakal pilih2 bunga or rumput ^^

btw gw juga ud males blogging nih viol, rasanya ga semangat en males nulis :) ini ud setaon cuman 2 postingan huhuhuhu

Angel said...

ya ampun baru tau disini ada fotonya :))) gw baca postingan lama =.=

cakep viol tamannya! :D kalo bangun pagi liat jendela liat taman dong skrg? :D

Pucca said...

@mamie: iya, ini aja udah banyak yang mati loh, tapi aneh matinya gak pake kuning2, langsung mati gitu..

@mei: haiii.. gimana bali? lu apdet donk, gua kangen ama eci, udah segede apa sekarang, saking enaknya di bali ke pantai mulu sampe males ngeblog ya hihihi..

@angel: kalo pagi bangun gak buka jendela ngel, langsung ngibrit ke kamar mandi ckakak :D

Bonnie said...

hwa! mba viol... penting banget nih post! sok gaya mikirin taman pdhl nti taman gw bakal cm sepetakan doang..haha, cantik mba viol tamannya!!!

katrin said...

wooww cakep viol, tamannya abis dibetulin. Gw ngakak pas bayangin pohon yang tingal dikasi labu2an trus elo ama david pake baju drakula dibawahnya hahahhaaa...

itu si tanduk rusa gw demen banget tanemannya, entah knapa...

Kapan ya gw maen ke rumah viol?hehehe..

Pucca said...

@bonnie: sepetakan gpp, yang penting kan ada ijo2 di rumah, enak aja gitu liatnya bon.

@katrin: gua pertama pasang gak demen, apaan ini menjuntai2 pikir gua, tapi abis diliat lama2 bagus juga hehe..
ayo maen kat, kalo lu ke jakarta maen ya :D

thesalem said...

Tamannya baguus Vi. Gw jadi sedih liatin taman gw :(
Gw suka kok taman belakangnya. Itulah pengertian minimalis yang sesungguhnya Vi, haha dikit2 aja biar rawatnya gak susah.

Anonymous said...

mbak, bisa minta cp nya pak herman? kebetulan lg cari tukang taman nih