Family Trip to GZ-SZ-HK-MO - Part 2

Shenzhen
Setelah perjalanan 35 menit yang terasa cukup singkat, macam dari serpong ke jakarta aja padahal jaraknya 102 km, kita menginjakkan kaki di shenzhen. Hotel yang kita pilih adalah sunon holiday villa di daerah laojie. Hotel ini sangat deket dengan metro dan dekat ke luohu daerah perbatasan hong kong, dari laojie ke luohu cuma 2 stasiun metro aja.
Yang cheng tong gak bisa dipake disini, cuma untuk guangzhou aja, jadi gua beli tiket single trip.

Dari exit metro cuma jalan dikiiit aja langsung sampe hotel. Kamarnya lebih kecil dari lido tapi lebih modern dan bersih. Ratenya sama2 aja sekitar 500an ribu. Tapi disini dapet breakfast hehe.. walau pilihannya gak banyak, tapi mayanlah buat ngumpulin semua keluarga gua bangun pagi, karna kan breakfast ada batesan jamnya, jadi jam 9 kita semua sudah duduk ngunyah2 di restoran :P

Waktu kita makan pagi, entah karna kita ngomongnya kekencengan atau kita terlihat seperti keluarga ramah *sepertinya sih yang pertama* ada bapak yang nyamperin kita loh dan langsung tembak dari indonesia ya?
Hidih.. bokap gua langsung sumringah, kita2 juga seneng dapet temen ngobrol barang 5-10 menit. Emang orang indo itu ramah ya, setelah babak belur dicuekin sana sini, kita terharu sangat disamperin sesama teman sebangsa.

Di daerah sini juga gak susah mencari tempat makan dan banyak juga tempat shopping. Bahkan ada sederet toko yang jualan baju emak2 haha.. nyokap gua yang napsu belanja beberapa potong baju disini. Karna udah malam, bokap, david, dan adek cewe gua pulang istirahat di hotel. Gua yang nemenin nyokap belanja sama adek cowo gua, ceritanya dia bodyguard gitu....
Dia sendiri yang bilang.. aku jadi bodyguard mam and cece yah, pap pulang aja ke hotel. Cieeeh gayanya...

Gak tau dia nyokap gua kalo belanja lamanya kaya apa. Kita ketemu 1 toko yang harganya gak mahal dan orangnya ramah nian melayani nyokap gua gonta ganti baju padahal toko laen udah pada tutup. Sebagai ganjarannya, si nyokap beli mayan banyak baju disini.
Adek cowo gua yang tadinya bilang mo tungguin kita belanja sampe bolak balik masuk toko tanya, ce udah berapa si mam beli? Baru satu? Oh.. trus 5 menit lagi masuk lagi dia.. udah berapa ce? Hah masih 1?? Toko laen udah tutup suruh beli2 ajalah supaya cepat pulang nih....

Hahaha.. anak cowo emang gak bisa diarepin nemenin shopping, bandingkan dengan gua yang telaten ikut milihin baju, suruh coba ini coba itu, sampe gua juga kena omel adek gua katanya jangan suruh2 coba lagi ce udah malam ni... bukannya nakut2in yang punya anak cowo ya, tapi emang berbahagialah ibu2 yang punya anak cewe :)
Setelah nyokap gua puas menenteng 5 atau 6 belanjaan, barulah kita pulang. Katanya besok pagi2 mo lanjut belanja lagi ama bokap.

Di shenzhen karna cuma 1 malam, kita cuma pergi ke 1 tempat wisata, splendid china. Window of the world terpaksa dicoret karna waktu tidak memungkinkan. Sebenernya 2 tempat ini letaknya berdekatan dan konsepnya sama yaitu membuat miniatur tempat2 wisata, bedanya yang splendid china khusus untuk tempat wisata di china, sedangkan wotw untuk seluruh dunia, jadi di wotw ada miniatur menara pisa, eiffel, pyramid, dan lain2nya, ugh jadi mupeng deh sayang gak sempet.

Di dalam splendid china ada china folk culture village, jadi isinya bermacam2 desa yang ada di china, trus ada pertunjukan khas masing2 desa juga. Mayan gede juga splendid ini, gua ama david keliling cape deh..
Karna kita sampe sini udah ampir jam 3 sore, jadi kita gak banyak explore, cuma jalan keliling aja sambil foto2. Malemnya ada pertunjukan gitu, mayanlah diliat udah include di tiketnya soale sayang gak ditonton hehe...

Yang bikin kagum itu dia bikin miniatur bagus deh.. mirip ama bangunan beneran, atapnya juga detail, trus pohon cemaranya juga dibikin kate2 setinggi rumahnya, cakep. Tapi karna gua gak pernah ke china ya, jadi gua banyakan gak taunya itu tempat apaan haha...




Selama gua berjalan2 di china, gua gak pernah masuk toilet umum. Pernah hampir masuk, terus liat jorok ada coklat2 gua langsung balik badan grak. Biasanya gua tahan2 aja sampe ke hotel, atau gua wc di restoran macam kfc, toiletnya bersih. Tapi kalo di tempat wisata sih gua males, mending gua tahan. Adek gua tuh berani katanya wcnya gak jorok2 amat kok *tapi gua gak percaya dia, kan dia pernah setaon di guangzhou*

Kalo david bahkan pernah numpang wc di toko orang haha.. ceritanya lagi di mobil dia kebelet banget trus numpang wc di toko orang dengan bayar beberapa yuan dimuka, untunglah bersih kata david.. cuma waktu keluar toilet dia diteriakin orangnya, dia asumsi suruh disiram hahaha.. ya iyalah udah disiram :P

Padahal kalo di kantor gua beser loh, sering bener bolak balik wc, knapa kalo jalan2 gua gak kebelet2 amat ya, padahal disitu dingin....
Apa mungkin kalo kita jalan terus menerus jadi gak pengen pipis? Ditambah gua minum aernya gak sebanyak biasa kali ya..

Esoknya kita meninggalkan china menuju hong kong. Dari hotel naek metro ke perbatasan lalu lanjut lagi naek mtr di hong kong. Di singapur namanya mrt (mass rapid transit), di hong kong mtr (mass transit railway).

Expenses:
1. Superior Room Sunon Holiday Villa Hotel: CNY 338
2. Splendid China: CNY 150

Hong kong
Perbatasan shenzhen – hong kong itu mayan gede gedungnya. Jalannya jauh deh, apalagi nyeret2 koper. Tapi gak ada turun sampe ke jalan gitu, semuanya di dalam gedung.
Kasian orang china, antrian imigrasinya ajubileh panjangnya. Imigrasinya dibagi 3, untuk yang wn hong kong langsung ke lewat gate khusus, trus wn asing selain china, dan wn china. Kita bersukur banget pegang paspor indo, tadinya kita ditutup juga jalannya, trus gua acung2in paspor ijo gua, langsung deh dibukain dan disuruh masuk ke antrian wn asing yang bisa langsung jalan. Gua ngeliat yang paspor china kasian banget, bener2 banyak loh orangnya berjubel gitu ngantri.

Mereka sebel banget diperlakukan begitu ama pemerintah hong kong. Kata adek gua ada yang marah teriak2 kan hong kong udah masuk china kenapa kami masih diperlakukan seperti ini??
Yah gua juga gak tau ye, emang keterlaluan sih hihihi... tapi adek gua cerita katanya orang hong kong emang membatasi orang china ke negaranya, karena waktu baru2 serah terima hong kong ke china, banyak banget orang china yang sengaja melahirkan di hong kong, akibatnya semua rs di hong kong penuh. Pernah juga waktu ada isu susu bayi di china beracun, orang china ngerush susu bayi di hong kong sehingga susu hong kong abis. Terpaksa keluar peraturan cuma boleh beli berapa kaleng aja.

Sesampainya kita di hong kong, gua n adek cowo gua tersenyum sumringah. Bahasa inggris dimana2, we’re so happy. Kata adek cowo gua dia bisa jalan2 sendiri sekarang, udah gak butuh bokap n adek cewe gua lagi hahaha...

Kesan pertama waktu masuk mtr hong kong adalah.. ternyata kalah keren ama metro china hehe. Hong kong punya lebih kuno dan lebih lambat. Orang2nya juga lebih cuek, walaupun orang di ghuangzhou banyak yang kasar, mereka selalu ngasih seat ke papa mama gua, sedangkan di hong kong mostly cuek ajah.


Dari perbatasan (di shenzhen namanya luohu, di hong kong namanya lowu) kita naek mtr ke langham place mall di mongkok. Nanti dari sono mo naek shuttle hotel. Kita nginap di cosmo mongkok hotel.
Jangan tertipu ama namanya ya, karena letaknya bukan di mongkok. Mongkok itu bisa dibilang daerah pusat keramaian di hong kong tempat ladies market, jade market, dan market2 yang lain yang gua tidak sempet pergi huaaaa....*mewek*

Apus air mata dulu.. jadi hong kong itu berpulau2, di atas ada kowloon, dibawah hong kong island, trus ada lantau island juga tempat big buddha, dan pulau2 kecil lainnya. Semoga gua gak salah jelasin ya, abis baru pertama pergi jadi kalo salah maklum ajah ;)
Gua baca2 sih enaknya tinggal di mongkok kalo di kowloon atau di central kalo di hong kong island. David yang rajin baca review putusin mo di mongkok ajah atau tsim tsa tsui.

Gua karna keribetan book hotel di china dan tiket pesawat menyerahkan tugas cari hotel di hong kong ke david. Karna sakit mata juga *sakit mata disalahin hihi* waktu david bilang kita nginep di cosmo mongkok aja, gua langsung setuju, gak pake liat2 dulu hotelnya. Biasa kan gua baca2 lagi reviewnya, tapi yah namanya lagi sakit mata, apalagi namanya ada mongkok2nya, gua langsung okehin. Trus langsung book lagi. Abisan takut harganya makin lama makin mahal, maklum harga hotel hong kong itu ma-hal ba-nget *hb gua langsung drop abis bayar hotelnya 3 kamar 4 malam*

Nah, abis mata gua mendingan gua baru deh survey2 tu hotel dan gua terkejut mendapati kalo mtr yang terdekat adalah olympic bukan mongkok. Gua langsung tereak2 panggil david dan bilang hotelnya ternyata bukan di mongkok, nama jalannya juga tai kok tsui bukan tsim tsa tsui.
David melongo tak percaya dia berulang2 bilang bukannya tsim tsa tsui yah.. bukaaaan kata gua jelas2 tertulis di webnya tai kok tsui road, haiyah ternyata dia salah.. dia baca sepintas tai kok tsui dikiranya tsim tsa tsui. Manyun deh kita berduaan abis itu.

Ya sudahlah, karna hotelnya ada shuttle kita pikir ya gpp nanti kita bisa naek shuttle kemana2. Shuttlenya ada berhenti di langham place mall mongkok, ada juga di feri terminal ke macau. Dan sebenernya kalo mau ke disneyland atau ke big buddha, dari olympic lebih deket dan gak usah ganti mtr.

It turns out kamar hotel kita mayan bagus walaupun kecil tapi bersih dan nyaman. Bantalnya juga empuk, dan hebatnya gua selama 4 malam bisa tidur nyenyak di sini, apakah gua sudah kelelahan jadi zombie atau gua sudah tenang dimana2 melihat huruf yang bisa gua baca atau gua gak mau rugi udah bayar mahal2 tapi tetep gak bisa tidur hakhakhak... entahlah yang penting di hong kong daku nyenyak :D

Waktu kita cuma 4 malam di sini, dan agenda gua adalah ke The Peak, Madame Tussauds, Avenue of Stars, Tian Tan Buddha, Disneyland, Macau. Karena ke macau seharian, jadi boleh dibilang cuma 3 hari kita di hong kong. Hari pertama dipotong pula ama perjalanan dari shenzhen yang ternyata jauh juga melewati perbatasannya. Ocean Park gak pergi karna gak sempet.

Tak membuang waktu, sesampainya di hong kong kita langsung mau ke the peak. Tentu saja setelah cari resto yang ada nasi dulu heheh. Untung di sekitaran hotel banyak juga rumah makan bernasi. Harga makanan di hong kong cukup mahal, tapi karna porsinya gede kita bisa sharing jadi gak mahal jatohnya.
Dari hotel jalan kaki ke olympic mtr station mayan juga sekitar 10 menitanlah.

Karna gua trauma ama yang cheng tong card, jadi di hong kong gua gak beli octopus card hahaha.. tiap pergi kita beli kartu yang single trip aja. Tapi jadinya malah makan waktu dan ribet nyari2 koin. Soale mesinnya gak terima pecahan uang gede dan uang kertas HKD 10 atau HKD 20 cuma boleh dimasukin sekali sisanya harus koin, semoga gua gak salah ya gua udah rada lupa maklum udah ampir 2 bulan haha..

Harga tiket mtr di sini mayan mahal compare to guangzhou, sekali beli belasan hkd untuk sekali perjalanan padahal gak jauh2 amat. Perasaan di guangzhou harga tiket cuma berkisar CNY 3-5 untuk jarak yang sama.
Dan gua harus beli 6 tiket, ah makan waktu pokoknya tiap beli tiket. Tapi enaknya di hong kong sangat menghormati orang tua, dimana2 ada concessionary fares untuk senior aged 65 or above. Bahkan ada beberapa tempat yang diatas 60 udah dapet. Untung bokap gua pas 65 taon ini kekekek... jadi gua beli tiket mtr dan tiket masuk lebih murah jadinya. Potongannya mayan loh.

Tadinya gua udah ancer2 mo ke the peak naek peak tram, tapi apa daya karna bokap gua udah capek jadi kita naek seketemunya ajalah. Pas keluar mtr, ada halte bus ya udah kita naek bus aja, gak jadi naek tram karna tram station kudu jalan lagi. Busnya bertingkat, kalo mo lebih seru sih duduk di tingkat atas, tapi gua agak pusing naek di atas entah knapa mungkin goncangannya lebih kuat yah.

Jalanan ke the peak menanjak terus. Dan makin ke atas makin dingin, perjalanan sekitar setengah jam. Kita sampe di puncak sekitar jam 5 sore, langsung masuk peak tower nyari madame tussauds wax museum.

Tiket masuknya HKD 190 untuk adult dan HKD 120 untuk senior. Tuh kan bedanya mayan ampir 90 ribu hehe. Gua beli untuk bokap yang senior, untuk kita semua yang adult. Sampe sini capek2 pada ilang, semuanya pada sibuk poto, nyengir, begaya macem2 dah.. padahal sebelumnya udah lemes kecapekan haha...

Ada patung yang bagus mirip aslinya tapi ada juga yang kurang mirip gua bilang. Mungkin yang kurang mirip dibikin oleh pemula hehe..
Museumnya ada 2 lantai dan patungnya mayan banyaklah cuman kudu antri aja kalo yang banyak peminat, macam keluarga kerjaan inggris, obama, robert pattinson.. sayang si robert patungnya kurang bagus. Mana tinggi amat lagi, gua mau kiss2 susah cuma sedada doank hahaha..

Kalo mau naek sampe puncak peak tower ada admission ticket lagi, dan ada restoran di atasnya. Tapi kita cukup naek sampe burger king doank dan udah puas kok hehe. Abis makan bk, boleh poto2 juga di luarnya tapi ya sekedarnya aja, hasil poto night scene pake kamera kita ternyata juga gak bagus haha untung gak naek ampe atas ya sayang2 :P

Adek gua iteman yah di foto, abis dia skarang kan tinggal di bali jadi fotografer, jadilah kulitnya tan begitu hihi.. padahal aslinya mah lebih putih dia daripada gua. Kalo ada yang mau prewed or wed di bali or mo foto keluarga boleh tuh kontak adek gua. Dia kerja sekaligus freelance. Gua liat hasil fotonya bagus2 loh *promosi*. Coba ceki2 di bali pixtura :D




Nanti ada 2 foto yang difotoin ama orang disana. Waktu itu kita difotoin sekeluarga ama jackie chan di pintu masuk, trus ama obama juga. Fotonya sih gratis, tapi kalo mo nebus kudu bayar hehe. Kita tebus 1 foto ukuran 6 x 9 kena HKD 100. Trus kalo mau filenya tambah lagi HKD 20. Kasih alamat email nanti fotonya dikirim, tapi filenya gak gede2 amat ternyata, foto kita 1 mega aja gak sampe. Yah buat kenang2anlah ya ada foto sekeluarga. Bokap gua dan david pilih yang obama. Gua sih ikut ajeh, di foto manapun gua merasa tetep cakep kok wuahahaha...

Pulangnya kita naek bis lagi, udah tepar males nyari2 dimana itu tram. Naek bis sampe stasiun mtr di central. Lalu naek mtr sampe ke olympic trus jalan kaki ke hotel, itu rute kita sama kaya tadi dateng. Tapi bokap gua udah letih sangat, jadi gua kasih bokap, nyokap, n adek cewe gua naek taxi, sedangkan gua, david, n adek cowo gua tetep naek mtr. Kita berpisah di central, mereka tunggu taxi, kita masuk ke stasiun.

Kirain waktu kita pulang mereka udah leyeh2 di kamar, tapi ternyata... mereka bahkan blom sampe. Nah loh.. kita langsung panik, gua suruh adek cowo gua tungguin di depan hotel, takutnya dibawa muter2 ama supir taxi trus duitnya kurang, padahal gua kasih HKD 200.. tapi yah namanya di negara orang kita gak tau kan.

Abis gua mandi gak berapa lama barulah mereka bertiga sampe. Bokap gua udah cape gak mau cerita langsung masuk kamar manyun mo bobo katanya. Gua ngelayap ke kamar nyokap n adek cewe gua pengen gosip knapa mereka sampenya lama.

Ternyata ya, kata adek gua taxi di central gak mau bawa mereka ke hotel. Karena central itu kan di hong kong island, dia cuma mau muter2 di hong kong island aja, gak mau ke kowloon. Padahal gak jauh lo, dari central ke olympic itu kita naek mtr cuma 2 stasiun, masa taxinya gak mau, aneh ya...

Trus akhirnya mereka naek mtr juga, tapi cilakanya salah naek, naek yang ke arah mongkok jadinya kan lebih jauh 5 stasiun, sampe sana turun abis itu naek taxi pulang. Untungnya supir taxinya baek gak diputer2, dari mongkok ke hotel cuma HKD 20 argonya bahkan blom gerak udah sampe.
Kata adek gua bokap gua sampe ketakutan karna seinget dia waktu pergi kan deket cuma 2 stasiun doank, knapa pulangnya gak sampe2, dia bilang ke adek gua dengan paniknya.. yakin nih ini jalannya.. jangan sampe salah, nanti bisa2 kita balik ke shenzhen ini...

Hihihi.. lucu ya gua dengernya aja sampe ngekek2.. kasian mereka, gua gak tau taxinya begitu.. kalo tau gak bakalan gua tinggalin mereka. Sebenernya naek taxi di hong kong asal gak diputer2 mah gak mahal dibanding naek mtr berempat. Tapi karna kita berenam kalo naek taxi mesti 2 dan gua takut diputer2, gua lebih milih naek mtr, biarinlah kudu jalan agak jauhan, yang penting gua pasti gak nyasar dan gak deg2an selama perjalanan.

Malemnya kita semua tidur dengan nyenyak, bersiap2 untuk besok mau ke tian tan buddha. Ini malam kelima kita jauh dari rumah. Gua sudah kangen ama kasur, kangen ama rumah, biarpun urusan rumah gak kelar2 tetep aja kangen.

To be continued...

Family Trip to GZ-SZ-HK-MO - Part 1                    Family Trip to GZ-SZ-HK-MO - Part 3

7 comments:

Mamana Clo said...

gw juga waktu bawa anak di HK lebih milih naik taksi.. tapi kalo ga ada anak sih enakan MTR, lebih cepet hehee..

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

naik tram ke the peak sereeem Vi, menanjak 45derajat, trus untung lu pulangnya ga naik tram, karena jalannya mundur. bayangkan udah curam gitu mundur pulak. gw sampe berdoa mulu sepanjang jalan. hahahhaa....

Epi said...

gua wkt di hkg malah anti naek taksi, abis males kalo kena macet :D banyakan naik mtr trs tinggal nya di causewaybay. Iya ya vi itu si rob pattinson nya kok kagak mirip ya, kliatan lebih muda :))

veny said...

g ga mau taxi kecuali ke bandara kl ga naek shuttle bus or city flyer .
g pny octopus card udh lama umurnya , ga prnh ganti n top up terus kalau kesana .
poto lu di madame tussaud sama Mahatma Gandhi g juga punya ahahaaaa
ntar g pajang . ama engkong Gnadhi ya Vi . tp g di Madame Tussaud BKK kemaren .
HK bagi g kae rumah kedua , jadi udah familliar .
kl ga ada duit kertas kecil mending lu tuker dulu di Ticket office .
jadi lu ga muter2 ke Mongkok ? kesian amat , kl g sih itu maenan tiap ari , mundar mandir disana . tp g kagak demen Ladies market . ga ada yg menarik , mending pasar dkt Hotel RP deh .

Poto lu yg sama topeng di Splendid China bgs Vi , shzn emang ga ada apa2nya , makanya g males kesono lg .

Ratu SYA said...

buseettt panjang amat dan masih bersambung :D
btw, gua baru ngeh miniatur2 itu pas elu poto di depannya.
trus poto keluarganya manah?

Arman said...

lucu foto2 nya yang di miniatur desa itu vi... yang lu injek itu bagus berasa raksasa. hahaa. boleh ya diinjek2 gitu ya?
yang foto ciuman itu juga lucu sama kayak patungnya.


iya yang di madame tussaud gak semua mirip ya. itu ama robert pattinson bukan sih ceritanya? gak mirip asli ya...

Yulian said...

Viiii....koq bs samaan yaa, gw uda beli pocer di agoda sunon village ini hihi

lanjut baca ahh, baca paragraf pertama sunon holiday lgs surprise gw haha