Family Trip to GZ-SZ-HK-MO - Part 3

Lucunya selama jalan2 ni ya.. gua tidur tentu saja kurang jauh dari tidur biasa, gua capeknya juga luar biasa deh kaki serasa udah ga ada tulang, kalo bisa merangkak.. merangkak deh rasanya tiap malam pulang ke hotel, tapi herannya besok paginya selalu bangun dengan perkasa, semangat menyala2, dan muka berseri2 haha :D

Emang tiap pergi2 gini yang penting kuat jalan, apalagi kalo naek mrt yang artinya siap2 jalan jauh dari stasiun ke stasiun, walaupun perjalanannya dibikin senyaman mungkin untuk pejalan kaki, tapi tetep aja letoy kalo gak biasa. Untung juga disini gua udah biasa naek turun krl haha setidaknya udah biasa berdiri dan jalan ke stasiun, coba kalo gua biasa naek mobil.. pasti lebih cenut deh rasanya, ini aja urat kaki udah mo putus mak wkwkwk...

Ari ini rencananya mo ke tian tan buddha or big buddha. Letaknya di ngong ping, lantau island. Caranya naek mtr sampe tung chung station (kalo dari olympic 5 stasiun gak usah ganti), trus sambung naek cable car ke ngong ping. Bisa juga naek bus bahkan katanya ada yang jalan kaki, gua gak tau lewat mana, tapi dari cable car sih kadang kliatan ada jalan setapak di bawah dan kalo bener lewat sana menurut gua jalannya sangat ekstrim yah, sangat curam dan jauh, naek cable car aja ampir setengah jam.

Di tung chung ini ada mall namanya citygate outlets, katanya sih sering sale dan barang branded disini murah, kita cuma masuk bentar pas pulangnya, liat2 mallnya gak gede kok, emang banyak counter nike, adidas, reebok gitu.. tapi karna bokap gua nungguin di depan jadinya kita cuma muter doank trus keluar lagi gak sempet liat barangnya, tapi sepertinya gak ada yang diskon 70% kok haha... kebiasaan liat sport station diskon up to 70% :D

Antrian mo naek cable carnya sangatlah panjaaaaang, ada kali ampir 2 jam kita ngantri. Mungkin karna kita datengnya siang, salahkan adek gua yang baru siap jam 11. Gua sih jam 9 udah rapih siap untuk breakfast, bokap gua lebih lagi, jam 7 udah ngider2 dia nyari sarapan.

Kita sarapan di rumah makan deket2 hotel. Dia sedia macam2 bubur dan cakwe, enak juga.. seperti biasa gak ada minuman, jadi minum beli di 7-eleven. Abis breakfast, ke hotel lagi jemput adek cewe gua, abis itu ke toko roti beli roti buat dia makan pagi. Halah jam 11 baru jalan.
Adek cowo gua gak ikut, dia gak interested in buddha statue or cable car, dia takut hahaha.. jadi dia seharian kelayapan sendiri katanya mau ke causeway bay liat pameran iron man.

Waktu ngantri ada jalur khusus untuk yang beli cable car paket eksklusif gitu, jadi mereka gak usah antri dan nanti di cable car mereka private gak digabung ama orang lain. Hanya bayar lebih mahal aja. Hong kong bener2 tau bagaimana mengeruk uang dari orang2 kaya :D

Yang gua gak tau apakah kalo kita beli tiketnya online bisa gak ngantri juga. Soalnya semua tiket macam disneyland, madame tussauds, ngong ping ini dijual online di websitenya, dengan harga sedikit lebih murah. Tapi gua gak brani beli, karna pergi rombongan kemungkinan jadwal berubah besar kan, nanti kalo gak jadi kan sayang tiketnya.

Setelah antri yang serasa forever, kita sampai juga di loket. Gua beli round trip 1 crystal cabin 1 standard cabin seharga HKD 190. Bokap gua gak dapet concessionary fares disini, gua lupa kenapa, entah emang gak ada atau cuma berlaku untuk citizen aja ya.. hmmm lupa hihihi.. yang pasti gua selalu minta, kalo katanya gak bisa yowis kalo bisa kan mayan :P

Kita bisa pilih mau berangkat yang naek crystal atau pulangnya. Gua pilih berangkat, kan masih excited tuh jadi bisa liat2 bawah karna crystal cabin lantainya dari kaca tembus pandang, kalo pulangnya udah loyo gak napsu lagi naek yang standard ajah hehe..
Ternyata banyak yang berpikir kaya gitu, jadi pas kita berangkat antrian crystal lebih panjang dan pulang antrian standard lebih panjang, mestinya kalo gua balik lebih cepet deh hahaha..

Naek cable car disini gua gak ngerasa gamang loh, kayanya lebih gamang yang di genting, disini biarpun bawahnya kaca rasanya biasa aja gak seserem yang gua bayangin, padahal dulu di genting gua agak serem hehehe..
Cabinnya mayan gede dan kliatannya mayan kokoh hihi.. diisi sekitar 8 orang.

Sesampainya di ngong ping, kita lapar dan nyari makanan adalah prioritas utama. Banyak resto disini yang menyambut kita begitu turun dari cable car. Disarankan sih makan dulu ya baru jalan terus ke tian tan buddha. Soalnya nanti ada 268 anak tangga yang harus kita daki untuk sampe puncaknya. Tidak disarankan untuk mendakinya di kala lapar hihihi.. bisa2 nti nyomot persembahan yang orang kasih haha.. waktu itu gua liat ada yang taro roti, strawberry, tapi diambil lagi ama dia deh waktu pulang, gak ditaro disana.

Di sini kita makan di resto india. Abis bokap gua ngiler ama nasi karinya, dia pesen chicken curry, taunya dapetnya gak ada chicken, hanya kentang, sue dah. Gua pesen pizza paroan ama david. Harga makanannya sekitaran HKD 70-90, kalo gak salah hehe.

Abis kenyang makan kita lanjut perjalanan lagih. Mereka ada jual paket juga loh disini. Ada paket cable car + monkey's tale theatre + walking with buddha, ada juga paket explore lantau island, kita kemaren gak ikut paket2an, jadi gak tau deh apa isinya tuh monkey's tale itu.

Bokap nyokap gua hepi disini, apalagi si nyokap dia tekun banget naek tangga satu demi satu. Tadinya bokap udah mo nyerah tunggu di bawah aja, tapi karna disemangatin nyokap kalo ada kemauan pasti bisa.. akhirnya dia naek juga. Katanya dia naek semampunya deh nanti kalo capek ya dia berhenti aja di tengah2.

Ternyata dia akhirnya berhasil naik sampai puncak loh. Horeeee bokap girang bener. Dia bangga sangat ama dirinya sendiri nyengir2 seharian hihihi..
Di dalam buddha ada ruangan tempat simpen foto2 gua liat, mungkin foto bikhu dan donatur kali ya.. kita gak boleh masuk, kalo mau masuk di bawah ada jual tiketnya. Tapi keknya gak ada apa2 sih, pemandangan di luar jauh lebih bagus.

Hong kong bener2 pinter ngejual pariwisatanya ya.. yang tadinya lantau island ini mungkin tempat terpencil sepi, disulap jadi objek wisata gampang aja.. bangun aja patung buddha gede, trus bikin cable car.. cring cring.. uang langsung ngalir tak brenti2, antri tiap hari mo kesini hehe.

Ada cerita lucu pas kita mau turun tangga. Bokap lagi sibuk berbangga diri kalo dia umur 65 berhasil naik ke big buddha 268 anak tangga, mungkin disini dia yang paling tua yang berhasil naek... e eh di depan kita langsung tiba2 muncul pho2 yang lebih tua dari bokap gua. Jalannya aja dipapah, rambutnya putih semua.
Kita semua bengong liat dia, trus pas si pho2 itu berhasil melangkah ke tangga terakhir, keluarganya pada tepok tangan sambil hore2 gitu.

Bokap gua langsung tanya keluarganya, si pho2 itu umur berapa, dijawab umur 90. Hahahaha.. bokap langsung nyengir, gak jadi deh dia orang tertua yang naek ke big buddha, dia kalah jauh ama si pho2 :D

Pulang dari ngong ping, kita lanjut ke avenue of stars. Tadinya bokap mau gua tinggalin di hotel, dia kan udah kecapekan, tapi dia mau ikut katanya. Ya udah deh kita berempat lanjut, adek cewe gua pulang hotel, dia gak enak badan katanya mo bobok aja.

Naek mtr lagi, turun di east tsim tsa tsui udah banyak petunjuk ke avenue of stars, letaknya persis di victoria harbor. Disini selain ada hand prints artis terkenal, gua juga mau liat the symphony of lights. Symphony of lights itu permainan lampu dan sorotan laser dari gedung2 yang berpartisipasi di dua sisi victoria harbor yang bersebrangan. Jadi bisa diliat dari sisi kowloon island dan hong kong island, dan tentu saja bisa kalo naek cruise dari victoria harbor ;)

Kalo di kowloon island liatnya dari avenue of stars, kalo di hong kong island liatnya dari golden bauhinia square di wan chai. Nah karna gua liatnya dari kowloon brarti gua nonton gedung2 yang di hong kong island, begitu juga sebaliknya :)
Nanti diputar lagu trus lampu dan laser gedung2 itu kerlap kerlip mengikuti irama musiknya. Pertunjukkan ini ada tiap jam 8 malam sekitar 15 menit.

Sebenernya sih mayan juga, tapi gua karna udah mengharap show spektakuler gimana gitu, jadinya agak kuciwa karna tak seheboh yang gua bayangkan haha..
Dipikir2 mana ada show spektakuler gratis ya wkwkwk.. tapi bagus juga kok worth to see lah, bayangin jalan2 di sepanjang victoria harbor liat hong kong skyline yang cantik berhiaskan lampu warna warni, sungguh romantis *insting drakor gua langsung memuncak hihi*

Disini anginnya kencang, gua gak bawa jaket karna siangnya tadi ke buddha kan panas, gak nyangka anginnya sekenceng ini disini, alhasil gua ama david gantian pake jaket david kekek..
Tapi herannya ada aja orang yang lari malam loh, gua cengok gitu liat satu cowo lari sepanjang jalan pake kaos kutung, orang kita udah berjaket2 ria masih menggeretek, dia malah kutungan, keringetan lagi dia.. apa gak masuk angin ya...

Pulangnya gua kepengen ke mongkok jalan2 ke night market, tapi apa daya betis dah mau lepas dari paha, kasian juga bokap udah cape. Akhirnya jalan2 aja disepanjang tsim tsa tsui kepengen cari makanan enak sebelum pulang hotel ceritanya.
Tapi yang ada kita malah ketemu 1 resto namanya indonesia restaurant. Tempatnya kecil gelap2 gitu dari luar. Di etalase ada bumbu instant indofood ama kerupuk udang. Restonya di lantai 2 , tapi gak ada orang di bawah yang nyambut tamu.

Bokap udah napsu mo makan disini.. tapi nyokap bilang kayanya gak enak deh, gelap2 begini, lagian masa di hong kong makan indonesian food emang enak.. gua setuju ama nyokap trus kita jalan lagi. Kita gak sadar si bokap ternyata napsunya udah di ubun2 ama indonesian food, jadilah dia sewot dan ngambek wkwkwk.. akhirnya kita pulang aja ke hotel makan di tempat biasa. Naik taxi dari sini ke hotel kayanya sih sekitar HKD 35 gak mahal kok.

Yang lucunya adalah malemnya david chat ama temennya yang tinggal di hong kong, david tanya makanan indo yang enak di mana, terus temennya bilang masakan indo yang paling enak di daerah tsim tsa tsui, di granville road, namanya indonesia restaurant.

Nah lo.. itu kan resto yang kita liat tadi wakakaka... :D
Gua langsung terkekek2 cerita ke nyokap, kita ngakak berdua dan gak brani bilang ke bokap, bisa ngamuk2 nanti dia haha..

Di avenue of stars kita gak banyak poto abis hasilnya gak memuaskan, yah emang kamera 3 juta jago siang doank haha.. begitu malam keok dia :P
Mestinya bawa kamera adek gua ni ya, pasti langsung mantap lampu2nya, sayang kamera dia berat banget.. dia sendiri males bawanya, cuma dipake di macau doank itu kamera jadinya.

Di hong kong, uang pecahan HKD 1000 biasa aja dipake sebagai alat pembayaran sehari2. Gua pake uang HKD 1000 untuk beli minum, beli manisan, biasa2 aja tuh orangnya ngembaliin duit gua, padahal kalo dikursin itu lebih dari 1,2 juta loh. Bayangin kita beli aqua pake uang sejuta disini, pake uang cepekceng aja kadang gak ada kembalian :D

Begitulah mungkin saking tingginya biaya hidup di hongkong, makanya uangnya besar2. Tapi gua beli roti disana gak mahal loh, sekitar 5 dollaran gitu harganya. Bukan di bakery terkenal sih gua beli, di toko roti pinggir jalan biasa, kalo di toko roti yang fancy2 mahal juga kali yah.

Esoknya kita ke disneyland, tadinya ampir mo ke macau dulu, tapi paspor bokap masih dipegang agent buat urus visa china, jadinya disneyland here we come :)
Dari olympic, naek mtr 4 stasiun aja tanpa pindah dan turun di sunny bay. Dari sunny bay, baru ganti mtr khusus disneyland resort. Mtr ini jendelanya bentuk kepala mickey, hand railnya juga, lucuk :D

Berhubung mo ke disneyland, adek2 gua tumben pagi2 dah siap, bahkan kita datang sebelum gerbangnya buka, jam 9 an kita udah sampe, gerbangnya buka jam 10. Jadi kita beli tiket dulu, poto2 dulu, ngeliat antrian udah panjang kita ikutan antri walau gerbangnya blom buka.

Harga tiketnya HKD 450 untuk adults *mahal deh* dan good newsnya concessionary fare untuk senior murah bener cuma HKD 100. Gua langsung tamak dan beli concessionary ticket 2 bijik. Agak gemeter sih pas belinya takut ketauan pas diperiksa, tapi karna bedanya mayan jadi gua dikuasai hawa napsu bilang ke penjual karcis 4 adults, 2 seniors.

Waktu gua beli pas lagi ada promo pake visa card diskon 11% jadi tiket adultsnya seharga HKD 400. Otak kecil gua langsung kalkulasi cepet.. ratenya pasti lebih tinggi tapi diskon 11% mestinya tetep lebih murah jatohnya, jadi gua gesek kartu gua disini. Sedangkan yang senior ticket harus bayar cash.

Abis gua kasih tiket ke nyokap, gua bilang nanti waktu diperiksa mama pura2 tua ya ma, jalannya agak bungkuk jangan ketawa2, batuk2 aja, trus nyokap gua langsung praktek batuk2 sambil bungkuk2 kekekek :P

Tapi ternyata pemeriksaannya ketat banget, apa karna kemarinnya ada bom di boston jadi diperketat atau emang begini biasanya gak tau deh. Gua liat semua orang di depan gua disuruh keluarin barangnya dari tas dan dicek satu2. Gua langsung deg2an.. tangan mendingin dan menyesal knapa gua beli senior bukan adult aja, nanti kalo ketahuan didenda berapa ini aduh maakkk...

Akhirnya sampailah giliran kita, semua tas digeletakin di depan petugasnya, semua isinya diperiksa, ternyata gak boleh bawa daging ke dalam disneyland. Padahal kita bawa bee cheng hiang mayan banyak dan teri kacang buat cemil2 di dalem.
Bee cheng hiang sih gak ada harepan langsung disita, dudutnya gua gak ngeh kalo gak boleh bawa daging karna dia gak bilang, gua kira gak boleh bawa makanan samsek. Pas dia tanya teri kacang, gua jawab peanut, fish trus langsung disita.

Kata adek gua mestinya bilang aja potato, kalo bukan daging boleh, terinya kan gak gitu keliatan. Yah.. gua gak tau gak boleh daging huks.. kasian bokap gak bisa makan teri kacang lagi.
Katanya kalo gak mau disita boleh masukin ke locker di luar, sewa lagi kalo gak salah HKD 60. Tapi maleslah ya, keluar antrian lagi untuk masukin ke locker, mana bayar lagi, jadi kita relakan saja makanan itu disita.
Bright sidenya, mungkin karna sibuk nyita makanan kita, jadinya tiket masuk nyokap gak gitu diperhatiin hehe.. lolos deh kita :)

Disneyland hongkong gak segede bayangan gua. Gua blom pernah ke disneyland manapun, ini yang pertama, tapi sepertinya gua sih gak bakal pergi lagi kesini deh hehe...
Anak2 sih pasti hepi disini, apalagi anak cewe, kesini udah pake baju princess loh.. buset dah jadi banyak ketemu anak cewe disini yang jalan2 pake baju princess lengkap dengan tiara dan tongkat ckckck :D

Yang bagus menurut gua cuman 3d show Mickey's PhilharMagic, tapi tokoh utamanya si donald. Ini lucu dan bagus, gua sukaaa.. ampir gua masuk 2 kali hihi...
Yang laennya biasa banget. Yah yang stitch encounter juga lucu sih, stitchnya ngobrol2 ama pengunjung, mayan menarik, gimana ya cara dia bikin reaksi stitch pas ama kata2 yang dia ucapin kan kata2nya beda2 tergantung kita bales dia apaan, gua jadi demen stitch abis nonton ini :P

Yang laennya gak gitu berkesan, cuma bagus buat poto2 ajah. Bahkan gua nyesel nonton lion king, aduh boring deh, orang nari2 gitu, bahkan anak kecil sebelah gua aja ketiduran, berarti beneran boring kan ya :P
Padahal gak jelek loh tariannya, bagus juga.. tapi rasanya gak menarik aja, lama lagi ampir setengah jam di dalem. Tau gitu gua nonton pawai aja di luar bareng adek cowo n bokap gua.
Eh iya, ada yang berkesan, gua menggumam2 lagu it's a small world terus sampe beberapa hari ke depan :D

Disini kita gampang cari makan siang. Bokap makan yangzhou fried rice, nyokap n adek cewe gua paroan braised mushroom rice, adek cowo gua bbq pork rice, david pork wonton noodle, gua makan sisa2 orang yang gak abis hahaha...
Harga makanan berkisar HKD 70 seporsi. Air putih di disneyland bisa refill di tempat2 yang disediakan.

Gua beli juhi disini, abis wangi kali kecium2 terus, dia masukin cumi mentah trus digrill keluarnya udah jadi lembaran juhi. Tapi rasanya agak amis ternyata, kalo disini juhinya kan lebih kering gitu, disitu agak basah, tapi tetep aja abis kok kita makan mah hihi.
Adek cewe gua beli popcorn, sayang cuma ada rasa caramel, gua kurang doyan, gua lebih suka yang salty, tapi yah makan juga :P
Adek cowo gua beli topi donald haha.. bagus sih topinya, tapi mahal kalo gak salah HKD 150 jadi gua walaupun pengen tetep gak beli pegang2 dia punya ajah :P

Rencana mo nonton fireworks jam 8 malam gak jadi, abis kelamaan nunggunya.. kita jam 6 sore gitu udahan, bokap bahkan udah duduk ngopi2 dari jam 3 siang gak mau jalan lagi. Jadinya kita pulang deh, sayang ya padahal gua paling demen nonton kembang api.

Disini gua beli coin gambar mickey di coin pressed machine. Machinenya banyak dimana2, kita masukin HKD 10, pilih gambar yang kita mau dicetak di koin, trus nanti dia cetak koinnya sesuai gambar yang kita pilih. Koinnya tapi bukan coin yang kita masukin yah hehe.. dia ada lempengan gitu warna tembaga.
Tapi jadinya gak gitu bagus ah, koin gua meleyot2 masa, ketipisan kali yah lempengannya... kurang okeh.

Babai disneyland, mestinya gua ke ocean park aja. Setidaknya bisa liat panda :P
Ke china dan hongkong tapi gua gak liat pandaaaaa huuuuuu....... *mewek lagi*
Nantilah kapan2 kalo gua maen ke sini lagi berdua david, kita ke ocean park liat panda, tunggu kita ya panda :)

Notes:
1. Kurs mata uang HKD 1 = IDR 1265
2. Harga hotel waktu weekdays lebih murah jauh daripada weekend, contohnya hari minggu gua kena HKD 1630, hari selasa HKD 858. Total yang gua bayar untuk 3 kamar 4 malam adalah HKD 12,870
3. Di hotel hong kong juga diharuskan membayar deposit di muka sebelum menginap. Pastikan membawa uang lebih untuk deposit
4. Disarankan membeli octopus card supaya tidak repot beli single trip setiap kali, octopus card juga bisa dipakai di banyak tempat seperti bus dan mini market
5. Tidak diperbolehkan membawa daging dan ikan ke dalam disneyland

Expenses:
1. Comfort Room Cosmo Mongkok Hotel: HKD 1,072.5 (average price)
2. Madame Tussauds Wax Museum: HKD 190
3. Ngong Ping cable car round trip crystal and standard: HKD 190
4. Disneyland Resort: HKD 450

To be continued...

Family Trip to GZ-SZ-HK-MO - Part 2                    Family Trip to GZ-SZ-HK-MO - Part 4 (End)

Mamana Clo said...

Udah nyobain cable cari di taman mini belom? lebuh seru lho.. seru seremnya hehehe...

hihi.. disneyland hk emang lebih untuk anak dibawah 10 tahun.. kalo dah gedean apalagi buat orang dewasa lebih seru ke oceanpark hk.

Melissa Octoviani said...

hi ci viol, aku suka bacain blog cc yg tentang rumah kemaren2 itu hehehehe...

aku waktu ke hongkong beli minum pake duit 500 sih, itu aja uda takut ga ada kembalian, ternyata ada hahahaha...

veny said...

kebalikan g yg demen liat Lion king show, mnrt g bgs banget .
g sampe 2x liat Lion King , pas balik lg ke Disney selang taun berikutnya .
bagi g udah lbh dr cukup ke disney sampe 2x gara2 , dipaksa ikut lagi temenin ponakan2 .
wkt g ke ngong ping naek bus krn cable car lg disuspended . ternyata sceneray di daratan juga bgs , keliatan erpot HK dr jauh , bukit2 ijo berpadu dgn laut biru .

mnrt g city gate mayan besar , g aja cape , ada supermarket gede bgt di basement nya . lu ga bs dapet 70% sale krn emang lom wkt nya , nih july dia akan sale up to 70% .
kemaren g ga maen lg ke city gate males jauh . ga ada sale pula ha22

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

ke spore aja liat pandanya Vi, lebih deket dari jakarta. :)

gw juga bikin coin press itu di disneyland, bikin sampe brp biji malah trus beli gantungannya juga di souvenir shop nya, jadi coin nya dimasukin ke dalam gantungannya, bisa buat gantungan kunci atau henpon.
tapi abisannya sampe sekarang itu coin cuman masuk lemari aja di simpen. ga pernah pake. rugiiii hahahhaa.

lha ini kenapa verifikasi wordnya suruh ketik "For Armarn" ya, kaget gw koq jadi kayak for Arman. hahahhaa. beken juga si arman di blogspot. :P

Arman said...

kemaren kita pas ke canada pas naik gondola (cable car) ke atas gunugn juga ada yang pake kaca lantainya. tadinya gua juga kirain bakal ngeri, ternyata gak juga. hahaha.

bokap lu hebat lah naik tangga segitu banyak. tapi si pho2 90 th itu hebat banget ya....

btw bokap lu kok lucu sih bisa ngambek gitu gara2 pada gak mau makan di resto indo... hehehe

Anonymous said...

VIollll, elu jangan mewek gak sempet kemana-mana lah gw bacain postingan elu udah merasa rugi kok, gak kemana-mana kemaren haha.

Papa elu hebat ya, semangat jalannya masih tinggi, walaupun ya tetep khas orang tua, nyasar bisa ngambek, gak makan di restonya ngambek haha.

Kalau pergi banyak org mesti toleransi ini itu emang jadinya bisa lebih lama. Gak usah ke LN, di mol jkta aja si andy paling males kl gw pergi ber4 sodara ce gw, kata dia sebentar jalan yang2 ke toilet, turun satu lantai, yang dua lagi gantian ke toilet hahaha..

Ratusya said...

cepet juga lu rilis part 3nya.
eh itu kereta gantung bawahnya kaca tempered gitu? hiiiiii syerem banget.

btw, napa ada poto lu yang tampak belakang? mau ngambil pemandangannya gitu ya? :p

lanjutiiinnn part 4 nyaa

Aina said...

Baca blog hr ini ngapa pada ada foto Disneyland semua yaakk.. pertanda kudu pergi juga nih.. *ngarep berat*

Pinkbuble said...

HK tuh selalu enak yah buat dikunjungin ^^

Btw, aku jd ingin ke disneyland nya..ga pernah euy ^^

HP Yitno said...

senangnya bisa jalan-jalan dan kuliner

Dessy said...

pengen ke HK juga nih :-)

gua juga ga beli tuh topi disney vi... cuma numpang foto doang wkwkwk...

tapi u hebat ya bisa tahan atur apa2 sendiri, gua baca itinerary u udah pusing. kalo sampe beberapa tempat begitu, gua mendingan ambil tour :-D

mamie_funky said...

Aahh...udah jilid 3 aja yah viol...jadi juga jalan2nya...seru, walopun rombongan ortu...heheehe

elanafacklam said...

Las Vegas Casino - Dr.CMD
This map titanium tube shows 포천 출장샵 casinos and other gambling facilities located in Las Vegas, Nevada. The 삼척 출장안마 map shows casinos and other gambling facilities 양주 출장샵 located in Address: 1 Fremont Street, Fremont Place, Suite 5025, Rating: 3.5 · ‎3,128 votes 진주 출장안마