8 Days Special Korea & Jeju Island

Judul di atas adalah tour kedua yang gua ambil ama david. Ini perginya setahun yang lalu tanggal 19-26 Agustus 2006, tapi kali ini kita gak cuma berdua tapi bareng temen2 kantor..semuanya berlima dan yang cowo cuma david sendiri hihihihi.. :p

Perjalanan ke Korea ini sebaliknya dengan honeymoon gue karna sudah terencana rapih..bahkan sudah kita omongin setahun sebelumnya, tapi karna harus nabung dulu dan ngepas2in ama tanggalan merah (supaya ambil cuti dari kantor bisa sesedikit mungkin) jadilah kita berangkat tanggal segitu. Ini juga bisa dibilang rada nekad loh..pokoknya yang berhubungan ama gua mesti rada nekad kali yaa..karna entah knapa gua bisa dibilang tipe orang yang suka tantangan semacam ini..kaya mengadu keberuntungan gitu.

Jadi ceritanya, udah survey2 lewat internet tour package ke korea, rencananya mo pake travel agent di KL yang dulu gua pake waktu tour ke thailand..kan udah gua bilang tuh lebih murah jatohnya..trus hotel2 yang dikasih juga bagus2 semua. Nah temen2 gua ini percaya ajalah ama gua..jadi gua kebagian tugas survey2. Udah pilih package dan tanggalnya ternyata bermasalah ama itu tour..katanya gak bisa booking kalo pake pasport indonesia..what??? errghhh..masalah apa lagi ini?? Apa salahnya kalo pake pasport Indonesia? Setelah gontok2an via imel akhirnya gua nyerah..daripada terkatung2 akhirnya gua memutuskan pake tour dari singapur aja..siapa tahu lebih okeh..singapur gitu lohh.

Setelah browsing2..gua imel2an ama beberapa agent..akhirnya didapatlah harga yang murah okeh dan pelayanan yang lumayan memuaskan..namanya SA Tours. Nah..setelah dapet tour kita kan mesti apply visa..tapi orang tournya insist kalo kita harus segera bayar DP. Gua jadi kaya mikir duluan telor atau ayam..kalo apply visa dulu baru booking belakangan ntar seatnya penuh trus visa gua gimane..kalo DP dulu baru apply visa..eh kalo pas sue visanya gak dapet gimane… DP gua angus donk..mana kita berlima, kalo ada satu orang yang gak dapet visa gimana..waduhh..asli deh saat2 itu saat2 yang menegangkan. Akhirnya..setelah menimbang..meningat..dan memutuskan..hihi..apaan seh..kita sepakat ngasih DP dulu secara orang tournya udah tereak2 suruh transfer..alhasil kita dengan keringet dingin transfer USD dengan nominal yang lumayan padahal visa blom di tangan. Abis itu langsung buru2 apply visa..pake Bayu Buana Travel dan disuruh nunggu seminggu kalo gak salah. Asli, seminggu itu merupakan penantian yang tak berujung..haelah..abisnya deg2an..secara waktu apply visanya itu susah juga..semua tabungan..semua harta mesti difotocopy dan dilampirkan..nah gue yang pas2an gimane..harta gua itu kan mau gua pake buat bayar tour ituuuh. Singkat cerita, akhirnya gua ditelpon orang tournya ngabarin kalo semua visa kita udah disetujui..besok dikirim ke kantor. Gua langsung tereak2 dan loncat2 di kantor saking senengnya, akhirnya beban yang membayangi selama sepekan terangkat sudah..baru deh kita bisa bicara tentang beli baju..duit yang harus dibawa bla bla bla.. :) ** terima kasih Tuhan **

Di korea, satu yang harus gua bilang itu negara mahal.. apa2 mahal..makanan mahal..baju mahal..bahkan es krem prefere yang asli dari korea (yang di ta samping hero) yang harganya 15 rebu..di koreanya sendiri 20 rebu loh. Oiya, juga tidak dianjurkan untuk traveling sendiri ke korea, karena seperti yang udah gua bilang makanan dan transportasi mahal..apalagi hotel..jadi lebih menguntungkan kalo ikut tour. Penyebab yang laen adalah negara yang katanya maju itu sebagian besar orang2nya kagak bisa bahasa inggris!!!

Sangat mengecewakan..bahkan tour leadernya aja hanya bisa bahasa mandarin..sebenarnya gua udah tahu sih itu tour leadernya bahasa mandarin..tapi kan didampingi ama tour leader dari singapur..jadi gua kira dia bahkan terjemahin buat gua. Ternyata oh ternyata..dia cuma terjemahin di hari pertama doank..itu pun cuma dikit2..hari2 selanjutnya berlalu dengan gue dan david memandang ke luar jendela bis dengan tatapan nanar dengan temen gua yang mengernyitkan dahi berusaha menangkap cerita si juli (nama tour leadernya) dan orang2 serombongan yang sekitar 50 orang mendengarkan dengan antusias dan sesekali tertawa2 dengan si tour leader..errrrggghhhh.. $!!@#$!?..kesel banget gak seeehhh..udah bayar mahal2 kok gak ngerti ceritanya..padahal kan dia cerita tentang sejarah korea dan mitos2 tentang objek wisata yang gua kunjungi.. gua kan juga pingin tauuuu sebel..ugh..hiks.. :'(

Tapi yasudlah, yang penting gua bisa ngeliat pemandangan, bisa makan2, bisa poto2..hihi.. menghibur diri sendiri. Trus ada satu tragedi..waktu kita diajak ke lotte world (lotte world ini tempat kek permainan gitu tapi ada indoor dan outdoor dan tiket masuknya mahalll bener..untungnya kita tinggal masuk doank). Sebelum turun si juli itu tereak2 kalo harus ngumpul jam set.9, nah gue yang udah sebel ama dia udah kagak perhatiin tuh dia ngomong apa..padahal mah kalo gua denger baek2 juga gua ngertilah set.9 maksudnya die..tapi karna gua sibuk poto2 di depan pintu masuk lotte world jadi nggak ngeh.

Trus gua tanya ke david, “Vid..jam berapa kita harus ngumpul?” Si david ternyata juga gak perhatiin karna sibuk moto2in gue. Dia jawab sekenanya aja jam set.10 kali.. ya udah donk gua percaya..gua gak cross check lagi ama temen2 gue. Abis nonton karnaval kita mencar..karna dapet 3 tiket permainan..sibuk mo maen yang mana. Akhirnya udah bisa ditebak donk..pas jam set.10 gua balik ke bis dengan hati senang karna 3 tiket gua udah abis gua maenin semua. Tapi ternyata..di pintu depan si edmund (tour leader dari singapur) udah menanti kita dengan panik.

"Where have you been? Everybody is wating for you for one hour!"
"What?? I thought it’s 9.30"
"No..it’s 8.30..not 9.30"
"Oh..I’m sorry..I’m so sorry"


Gue n david mengulang kata2 terakhir itu selama buru2 naek ke bis..di dalam bis asli tampang orang2 udah jutek semua ngeliatin kita berdua haha… abisss..situ sih gak ngasih tau kita sih yang jelas…hihihi…meneketehe.. :P

Trus ada cerita gak mengenakkan lagi seputar tour ke korea itu..dari agentnya gak kasih tahu kita kalo ada tips yang besarnya sudah ditentukan..dan cukup gede lo..selebaran itu baru kita dapet waktu kita mau brangkat ke korea dari singapur..gua sih terus terang rada kaget liat angkanya tapi gua kira tips itu kan kita yang ngasih suka rela..suka2 gua donk mau ngasih berapa nanti. Eh..ternyata ditagih di bis..kalo gak salah sekitar 500 rebu per orang deh..nah gua berdua david jadi sejuta boo..gak rela bener gue bayar sejuta buat orang yang cuap2 tapi gua kagak ngerti dia cuap2 apa..huh! Jadinya setelah bayar tips itu kita miskin lagi deh huuhuu.. T_T ..jatah gua buat belanja belanji jadi berkurang..kalo tahu ada tips sejuta kan gua bisa siap2in dari sini..kalo kek gini kan gua mesti ngerelain duit belanja gue..bahkan gua ampe ngutang ama temen gua buat bayar tips sialan itu..secara dia dititipin temennya buat beli ginseng..tapi ternyata harga ginsengnya mahal bener..gak jadi beli temennya itu..untung deh..jadi duitnya bisa gua pake dulu.

Kok gua ceritanya sebel melulu yah..hihihi..enggak koookkkk..di sana banyak yang bagus juga kok..emang sih gak sebagus bayangan gua..karna kita tuh perginya pas musim panas..jadinya di situ panasss banget..ngunjungin nami island yang katanya lokasi shooting winter sonata..tapi ternyata disitu lagi summer sonata jadi panas amat..gak ada salju2nya sedikitpun hihihi..

Trus ada satu yang lucu..waktu nginep di mana gitu gua lupa.. si juli bilang kalo ntar ada acara ke aqua world. Aqua world itu kaya tempat buat maen aer..sounds good to us..but..ada butnya nih..disitu gak ada ruang ganti dan kamar mandi tertutup..jadiii semua orang yang masuk mesti pake baju biasa trus copotin semua benang yang melekat di badan di lorong2 gitu..lalu dalam keadaan naked..yup..naked..jalan ke ruangan gede tanpa sekat buat mandi..dan pake baju renang..baru boleh masuk ke kolam renangnya.. wuaaa..kita semua melongo denger peraturannya..kok ada2 aja sih peraturannya..lalu temen2 pada kagak mau ikut. Ruangan cowo dan cewe dipisah sih..tapi kolam renangnya sama aja..ruang ganti dan mandinya aja yang beda. Kata si juli kita bole mikir2 dulu malam ini..acaranya sih besok dan diharapakan kita sema ikut. Kita tahu karna dikasih tahu ama si edmund nih..lagi baek dia terjemahin yang ini hehe..

Besoknya, kita semua masih ragu2..ikut gak ya..ikut gak ya..tapi si juli sibuk maksa2in kita buat ikut..dan begitu kita liat tiket masuknya sekitar 250 rebu kita langsung memutuskan ikut! hahaha..ga mau rugi banget kesannya.. :P
Abis kapan lagi bisa maen ke tempat mahal kek gini..kita juga kan pingin lihat apa sih isinya.

Ternyata gak seseram bayangan kita kok, setelah menanggalkan baju, kita langsung terbirit2 ke tempat mandi dan secepat mungkin make baju renang..lucu deh..cuma kita doank yang terbirit2 dan menghadap tembok mandinya, orang korea mah santai aja tuh..jalan sana jalan sini nimbang2 badan sambil naked gitu..emang bener kali ya..nimbang badan mesti pas naked supaya angkanya akurat hihihi.

Ternyataaa.. bener2 keputusan yang tepat..gak nyesel deh..tempatnya sih gak gede ya..ada ruangan indoor dan outdoor.. yang indoor isinya kolam renang kecil2 dengan aer yang beraneka rasa..beraneka rasa? bener..gua gak salah ketik kok..jadi kolamnya ada yang strawberry flavor..lemon tea..jasmine tea..dan macem2 lagi..trus ada kolam pijit..beberapa kolam pijit tepatnya..ada yang cetek buat pijit kaki doank..ada yang buat pijit seluruh badan sambil berdiri..ada yang bisa mijit sambil tiduran..jadi ada gelembung2 yang keluar dari lobang buat mijit2 badan kita..enaaaakkk banget deh..trus ada yang buat mijit leher..jadi kita berdiri trus ada air keluar dari pancuran gitu kenceng banget..muantep banget deh buat leher pegel2 (kolam ini yang paling sering gua rindukan)..trus ada sauna juga..gua ama temen2 udah pasti nyobain sauna dan semua kolam yang ada..mungkin orang2 liat kita kaya ulet kali ya..lari sana lari sini nyobain semuanya haha.

Di outdoornya ada kolam renang yang lebih besar trus ada papan seluncur berkelok2 kaya di ancol gitu..biasalah ya..tapi teteppp..kita kudu nyobain juga barang sekali mah hihihi..kalo gak inget ada jadwal pergi ke tempat laen kita bisa seharian kali maen aer disitu. Kelar renang2 kita ke tempat mandi lagi terus cepet2 lari sambil naked ke loker tempat nyimpen baju. Abis itu nyuci baju renang deh..disediain mesin cuci yang langsung kering..jadi tinggal masukin baju renang..masukin sabun cuci..trus tunggu bentar..sambil nunggu kita keringin rambut dan sisiran..rambut udah kering dan rapi..baju renang juga udah kering..hebat ya..jadi gak usah bawa2 baju renang basah.

Ketemu ama david di luar pintu masuk trus balik ke kamar hotel deh..siap2 buat acara selanjutnya dan ternyataaa cowo2 itu kagak ada yang ikutin peraturan! Mereka tetep pake underwear ke ruang mandi..huuu. Sebenarnya, gua ama temen2 udah bersumpah untuk tidak akan mengungkit2 hal memalukan ini lagi..dengan gua tulis disini gua melanggar sumpah gak ya? :P

Oya, dan setelah kita konfirmasi dengan orang yang udah ke korea juga tapi pake tour dari indo ternyata mereka gak dapet loh tiket masuk aqua world..jadi cuma dapet foto2 doank di pintu masuk..heran deh..udah bayar lebih mahal tapi gak dapet tiket masuk..kasiaaan dehhh..hohohoho…

Apalagi ya yang mau diceritain..palingan waktu kita dapet jatah ke everland. Everland itu kek dufannya kitalah..panasnya juga sama..tapi enaknya disitu kalo haus tinggal minum dari keran2 yang ada hehe..ga usah bawa2 botol karena mulut kita bisa langsung disodorin ke deket keran trus mangap deh..hihihi.

Trus sempet ricuh segala karena di itinerary disebutkan kita dapet tiket masuk + Big 5..tapiii ternyata kalo mau dapet tiket Big 5 mesti nambah duit..terang aja orang2 pada protes..akhirnya kita dipisahin 2 group..group pertama yang gak mau nambah jadi dapet tiket masuk aja tanpa tiket permainan..group kedua yang mau nambah tiket permainan..nah disini gua misah ama temen2 gua karna mereka mau maen sedangkan gua mau jalan2 ajah..boro2 gua mau maen.. orang gua ke dufan aja kagak naek apa2…gua gak berani naek gitu2an…takutttt…serasa copot jantung gue.hehe.. :P

Trus ada bapak2 yang songong hihihi.. dia kan juga gak mau nambah trus dia komen, “Apa sih hebatnya everland di korea ini, emang bisa lebih bagus dari disneyland amerika apa?” Wuihh..:D sombong benar yak..gua ama david sih cuma senyum2 doank sambil ngomong dalam ati, kapan yah vid kita bisa ngomong kek gitu hihihihi… :P

Jadilah gua ama david jalan2 ama poto2 doank di everland situ..tptnya gedeee bener. Jadi keliling2 aja udah cape banget..trus gua tergiur untuk beli es krem..namanya “White Rabbit” gua beli yang strawberry..david yang coklat..asli enak bangettt..harganya 20 rebu satu scoop + cone gitu..apa karna gua kepanasan jadinya enak banget ya..gak tau juga hehe.. Kelar poto2..jalan2 keliling ampe kaki kek mo patah trus muka gosong udah waktunya kumpul ke bis.

Oiya, kan gua bilang di korea itu apa2 mahal ya..ternyataaa ada 1 loh yang murah..apakah itu?? Kosmetik! Sebangsa ettude..the face shop..misha..disitu murah loh..facial foam yang disini bisa 80 rebu disana Cuma 20-30 rebu.. trus bedak disini seratusan kan..disitu cuma 60 rebu..pelembabnya juga lebih murah..jadilah gua n temen2 gua kalap…semua aja rasanya mo diborong hehe..akhirnya gua menghabiskan sisa2 uang gua 500 rebu buat beli2 gituan..500 rebu disana, disini bisa sejuta kali yaaa..ampe skarang stok masih ada tuh hihihi..blom abis2 juga..gua beli banyak seehh. Ayo..ayo..siapa yang mau ke korea..ntar gua nitip yak..hehe.. :P

Dipikir-pikir, sayang juga ya gua baru nulis blog sekarang, sebenarnya banyak banget yang bisa gua ceritain, emang ini kurang banyak apa hehe..tapi kalo gua nulisnya pas gua abis liburan pasti lebih detail dan lebih akurat angka2nya..jadi kalo ada yang mau pergi juga bisa terbantu dari blog gua ini..Kalo skarang kan gua singkat2 aja seingat gua waktu nulis ini, jadi banyak yang keskip, trip berikutnya deh gua akan tulis langsung begitu gua pulang, jadi gak basi yaa.

Total2 kali ini gua abis sekitar 21-22 jutalah berdua..persisnya gua udah gak inget lagi. Tapi itu udah termasuk nginep semalam dan jalan2 di singapur tuh sebelum brangkat ke korea. Ini liburan gua yang paling mahal nih..tau nggak sepulangnya dari korea..gua sampe ke singapur apa2 berasa murah..gila nggak tuh..trus abis itu sampe ke batam apalagi..murah benerrr rasanya..I love Indonesia deh pokoknya.. :D

pake baju korea 'Hanbok'

beautiful mermaid in everland :D

bagus banget ya bunga2nya

making kimchi, special food in korea

27 comments:

aurelyacinta said...

hehe lucu banget ceritanya :P btw..boleh nanya kan? biaya total ke korea berapa yach (termasuk ongkos visa) and buat visa, kira2 berapa yach minimum yang kudu ada di tabungan hehe pengen ke korea tapi kudu punya persiapan biar ga ditolak visanyah and kemaren syarat2 apa aja yang di kasihin ^^;;; please reply to aurelycinta@gmail.com yach! thanks before...

aurelyacinta said...

oops.. aurelyacinta@gmail.com ^^;;;

Cinnamon Lovers said...

hmm..
blh nnya gaaa ??
biaya ksana..
( tiket psawat, ongkos visa, dll )
kira" brapa yaa ??
reply please..
nh email nyaa..
natalia_vanessa@rocketmail.com
thanks bgt.
XP

Pucca said...

oke, nanti aku imel ya :)

Anonymous said...

Sist, aku liat ceritanya menarik banget. Kebetulan aku punya angan2 pengen ke korea sama temen. (kt pengen backpacker tp temenku itu udah pernah ke korea)

Kalau misalnya ikut tour-nya sist, berapa ya? Seluruh total biaya sist ke korea berapa?

Emang bener ke korea itu mendingan musim dingin?

Kalau sist punya waktu, tolong dijawab ya ke e-mail aku di tiny2ha_10@yahoo.com

Makasih banget loh, sist :)

Hartaty Budiman said...

wahhh..berguna bangetz review jeju nya, gw juga lagi planning mo ke sana euy... add FB gw dong neng : hartaty_budiman@yahoo.com
pengen banget ikutin jejak U hepi2 di jeju.

Pucca said...

@hartati: bagus deh kalo berguna, gua jarang buak facebook jeng, nanti kalo buka deh ya ^^

Dendy said...

suka bgt dengan ceritanya, menarik dan informatif, thanks berat buat info nya krn rencananya mau ke korea taun depan

Anonymous said...

Met kenal ya, rencana tahun dpn mo ke Korea, bikin visa korea tabungan harus berapa saldonya? Secara saya ga punya tabungan, ada yg bilang yg penting tabungannya aktif ada keluar masuknya.Saya hanya khawatir visa ga di approve. please reply to ceplok_imuth@yahoo.com. Thanks a lot ya

Pucca said...

@dendy: ur welcome, hace fun ya disana ^^

@ceplok: gak ada angka pastinya berapa minimal saldo, waktu itu saldoku juga cuma beberapa juta aja kok, tapi kalo ada surat rumah atas nama kamu lampirin aja, itu membantu katanya :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
Keyword Kenali Pandeglang
Mohon dukungannya yach....?!
Semangat..semangat..!!

Pandeglang telah hilang Kenali Si Dunia Aneh

Juliana said...

Cerita yang menarik...secara gw sendiri kalo mo tur biasanya cari yg supermurah.

Sekarang lagi ngetren tur supermurah ke China, bener2 murah abis...sangat terjangkau. Pernah denger?

Pergi pulang dari Bali....need info just email me: juliete_xie@yahoo.com

kalo udah tau diabaikan aja infonya hehehe ^_^

Anonymous said...

Mbak,aku mau pergikan orangtuaku re-honeymoon ke korea. Mohon info ancer2 pengeluaran semua (tmsk visa dll) ke emailku kl mb ga kbratan ya.. Trus pake jasa travel apa? ‎​‎​:*♈♓ãΩK ΨΘU(y);) a heap mbak..
Gita: gitagayatri@gmail.com

Anonymous said...

Yo aurel^^ enaknya...
mau nanya, ktnya 21-22 juta berdua?
klo sendiri sekitar 11juta? Klo segitu sih aku ada.
Tp udah ama visa blm?N itu berapa hari? Minta no telp tournya juga yah.
jawab disini aja, ato imel ke Cing2_smile@yahoo.com
Makasih sebelomnya, annyong.
^^

Fitageni pagarysanti said...

Duch asik bgt liburan nya...Kak,apa iya kLo ngurus visa korea mesti pnya sldo tbgn minimum 50 jt??Qu liat d google githu...Rncn aq mw k sn taon bsk...Tlg d blz y kak...Imel aj ke fita_virgo@yahoo.com makasih

Pucca said...

@fita: gak tau yah skarang, tapi dulu tabunganku gak sampe 50 juta kok, palingan separohnya, tapi diapprove, jadi coba aja ^^

pnkpiggy said...

hi, salam kenal yaa..critanya menarik bgt, ak jgn pgn bgt ke korea...jdnya lbh murah klo pake tour dr spore y drpd dr indo sini?blh minta contact travelnya ga? 21-22 jt berdua itu udah smuanya dgn visa n biaya ke sporenya plus tips yg bikin km ga rela itu y? hehehe.. Klo bs tlg reply ke rheenz@yahoo.com...Thx a lot! ^_^

nuy said...

hi salam kenal, seneng ih baca pengalaman di koreanya. Aku m temen rencananya mau kekorea tahun depan, minta infonya ya mbak ngurus visa dll, pengennya ikut tour yg murah2 gitu:P, klo dari Indo mahal toh. Reply ke emailku ya nurainimulyadi@yahoo.com, tenks bgt...

Fika said...

ceritanya bgs..seneng deh dgrnya...

boleh nnya ga???gw sbnrnya udah didaftarin tur korea di indo...org tur nya ud triak2 minta paspor..tp skrg gw lg di malay n bkl sempet pulang indo 2 hari sebelum berangkat tur n ga bkl sempet buat bikin visa...kira2 gw bisa bikin visa k korea dari malay ga ya???Tp pgi nya dari indo??

aimilar kyk sist yg bikin visa di indo, tp tur singapur....

please reply...fika.0407@gmail.com
tengkyu so muchhhh

Dilla said...

salam kenal kak.. kak boleh bagi infonya mengenai biaya kak.. kalo bisa rinciannya.. sama apa aaj yg dibutuhin kalo kesana kak.. atau mungkin ada rekomendasi2.. hehe..

bisa dikirim keemail aku preevolutionanywhere@gmail.com

thanks ya kak...

Anonymous said...

Wahhhhh, Enaknya tour ke korea.Saya juga pingin jalan-jalan kesana.
Boleh donk bagi-bagi informasinya.
Ini email saya : christina_angelia1984@yahoo.com

Saya pingin tau pakai tour apa di Singaporenya. Karena katanya kalau ikut tour dari sini mahal.

reply saya ya.
Thanks

Neng Lee Nda said...

Hwaaa... Jd makin pengen ke Korea seteLah baca ceritanya sist...
Musti kudu harus ngumpuLin duit banyak duLu nih...hehehe
Bagi2 informasinya dong ke imeL aQ
linda_hadi88@yahoo.com tengkiu... ^^d

Deee said...

wah..kayag seru yach bak jalan-jalan kekoreanya...boleh nanya biaya kesana gak mbak...mulai dari tiket pesawat...(semuanya) hehehe,,, trus nama travel yang mbak gunakan namanya apa??? makasih...
replay ke email aku yack mbak please..
deranah28@yahoo.com

Punya.Tia said...

saya jadi pengen ke Korea lagi deh..hehe...

eh iya, udah tau belum di fesbuk Korea Tourism Organization Indonesia ada lomba My Winter Story buat cerita pengalaman ke korea, coba aj deh dikirim.. siapa tau menang...hadiahnya free tiket ke Korea..
kan lumayan...

Anonymous said...

kalo lo suka sama wisata Korea and pengen tanya soal biaya ke Korea berapa-berapanya mending gabung aja di fanpage Korea Tourism Organization Indonesia ^^

PAK KARDI said...

Kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan KI ANGEN DARWO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi KI ANGEN DARWO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan KI ANGEN DARWO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan KI ANGEN DARWO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik KI ANGEN DARWO sekali lagi makasih yaa KI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja KI ANGEN DARWO DI 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.

Sheli Arizona said...

Ceritanya menarik, kak bisa nanya2 apa saja tentang pengalaman pembuatan visa di bayu buana gx ?
Terimakasih