Welcome to My Paradise

Ini kisah tentang jalan2-jalan lagi..kali ini cerita tentang Medan. Ini Medan Bung! Horas! :D
Ke Medan itu awalnya karna waktu kita tour ke korea, ada orang singapur yang bilang kalo danau toba itu bagus banget. Dan ternyata gak satupun dari kita yang pernah kesana, jadi kita cuma mesem2 aja denger orang singapur itu cerita..rada malu ati juga sihh..masa orang yang dari negara laen udah pergi..sedangkan kita sendiri blom pernah ke sana..ke tanah air kita sendiri! Sejak itu dalam ati gua ngomong..gua pasti pergi ke danau toba suatu hari nanti. Eh..gak nyangka bisa terlaksana secepat ini.

Gua ke medan itu bulan mei 2007, kalau gak salah tanggal 17-21 mei deh. Sebenarnya bukannya gua lebih suka traveling ke luar negeri lo, wisata dalam negeri kita aja tuh sebenernya bagussss banget..tapi sayang..bener2 sayang..gak didukung akomodasi dan transportasi yang memadai..coba kalo pemerintah lebih mendukung sektor pariwisata..gak ada yang bisa ngalahin pemandangan di negeri kita ini! Di singapur, pantai buatan di sentosa seiprit aja dipromosiin heboh banget, padahal di indonesia sendiri kita punya beratus pantai yang beratus kali lipat lebih indah. Tapi sekali lagi, gak ada promosi, gak ada keinginan dari orang2 dalam negeri sendiri untuk mendongkrak sektor pariwsata kita. Gua pengen ke tempat2 terpencil yang indah..tapi gimana caranya? Gak ada petunjuk gimana caranya kesana or ada paket2 tour yang disediakan oleh travel agent. Kalaupun ada harganya masih mahal, ini membuat orang jadi enggan berwisata di dalam negeri.

David pernah ketemu ama orang jerman waktu ke india kemaren, orang jerman itu hobinya traveling, katanya dia udah hampir keliling dunia..trus david tanya menurut kamu tempat mana yang paling bagus yang pernah kamu kunjungi..tau gak dia jawab apa..gua ampe terharu banget waktu denger cerita ini..dia bilang menurut saya tempat paling indah adalah di sumatera..SUMATERA!! tempat lahir gue..katanya adalah tempat paling indah yang pernah dia kunjungi di muka bumi..waktu nulis ini aja gua ampe menitikkan air mata..betapa kita sudah dikaruniai pemandangan ajaib yang tanpa kita sadari..terima kasih Tuhan..engkau telah memilih tempat yang terindah untuk melahirkan aku. Udah ah..stop cengengnya..now back to topik.

Bermula dari pengumuman ada tiket airasia murah.. sekali lagi gua n temen2 kantor pada coba liat2 tiket murah tersebut..ternyata bener2 murah, harga tiketnya Rp. 0..jadi cuma bayar pajak pp Rp.180 rebuan. Kita langsung berusaha booking tiket..rencana mau ke bali karna ada temen gua yang blom pernah kesana, gua sih udah dulu waktu kuliah ikut tour by bis ke bali..waktu millenium tuh..jadi gua merayakan millenium di kuta loh..hihihi..sok gaya… :P Berhubung kita pesennya ramean selalu gak dapet tiket, akhirnya ktia ganti destination ke medan. Setelah coba2 selama berjam2 akhirnya dapet juga tiket ke medan untuk 8 orang. Yippiie!! Danau toba..here I come.. :D

Tapi ternyata ada 2 orang yang batal trus ada 1 orang tambahan yang mau ikut, jadilah kita serombongan 7 orang. Lagi2, gua yang didaulat buat survey..heran gue..apa tampang gua ini tampang gak ada kerjaan jago surfing ya..makanya gua lagi..gua lagi yang disuruh.. yang laen sih ada survey mengenai tempat yang bagus yang dikunjungi..nomor2 telpon tour..tapi giliran nelponin satu2..tanya ini tanya itu selau gue deh yang kebagian..hu uh. Singkat cerita, gua memutuskan untuk nyarter mobil buat kita keliling2 disitu..dapetlah gua nama Pak Yakub. Pak Yakub ini punya mobil L300 sendiri, jadi lebih murah karna gak perlu nyetor ke agent tour..dia yang punya mobil..dia yang nyupir..dia juga kenal daerah sana karna dia juga jadi tour guide freelance..klop deh..gua juga cari yang murmer..harga disepakati Rp. 450 rebu per hari..dia juga kirimin intinerary menurut dia..karna menurut gua dia udah pengalaman jadi yah gua ikutin aja. Gua taro aja nomer telponnya disini kali yaa, siapa tahu nanti ada yang membutuhkan.

"Tour ke Medan dan Sumatera Barat - Radha Tour - Pak Yakub - 0813 6145 6306"

Tour ke sumut itu ada 2 bagian, mau ke danau toba dan sekitarnya atau ke bukit lawang ngeliatin orang utan, pilihan yang sulit sebenarnya..gua sangat ingin liat orang utan..tapi juga pingin liat danau toba..masa ke medan gak ke danau toba..sedangkan untuk mengunjungi dua2nya dibutuhkan waktu 10 hari, sedangkan kita cuma punya 5 hari 4 malam. Akhirnya diputuskan ke danau toba ajah..secara emang itu tujuan kita pertama kali kan. Overall, gua bisa bilang, danau toba itu emang bagus banget dan yang membut gua penasaran ampe skarang, kok bisa tempat sebagus itu sepi banget yah?? Knapa orang2 pada gak mau kesana? Pak Yakub bilang sebelum krismon danau toba itu lumayan rame dikunjungi..tapi skarang kaya inilah..sepi..kasihan juga para tour guide mereka jadi berkurang penghasilannya.

Sekilas tentang Pak Yakub, dia udah sangat berpengalaman membawa orang2 belanda tour kesana..bahkan dia bisa sedikit2 bahasa belanda..kita mendengar sendiri dia tiba2 ditelpon dan ngomong bahasa belanda lo. Di hotel kita di samosir juga ada 1 group orang belanda yang lagi reunian..kebanyakan udah pada berumur..bayangkan mau reunian kok di danau toba? Jauh benerrr…jangan2 mereka2 itu yang dulu menjajah kita ya hihihihi.. :P Trus ada gak enaknya juga sih si Pak Yakub ini, karena dia muslim jadilah kita makan di rumah makan islam murni terus..cuma di medan aja kita bisa makan nasi campur dan makanan non halal laennya. Tapi selain itu dia baek kok, di mobilnya ada cool box yang udah dipersiapkan buat kita..jadi sampai dia medan panas2 langsung minum coca cola..nikmattt. Dan ternyata mobilnya cuma muat 6 orang, karna kita bertujuh jadilah rada sempit2 dikit.

Lanjut cerita, dalam itinerary kita itu ada hiking ke gunung sibayak..pas gua tanya berapa lama perjalanannya..katanya 4 jamlah pp..gua mikir 4 jam pp mah kecil..secara gua dulu anggota pecinta alam waktu di sma..hiking? siapa takuttt.. :D Tapi kan gua mesti mikirin temen2 gua juga dan ternyata mereka gak masalah kalo cuma 4 jam pp..so jadilah kita hiking. Tapiiiii…ternyata kita menempuh rute yang konon bisa ditempuh group2 lain dalam 4 jam itu dalam waktu 8 jam sodara2…yup bener..8 jam!! sebenernya sih gua bisa lebih cepet tapi kan mesti nungguin temen yang laen omaigad..kaki serasa udah gak nginjek tanah..untungnya ujung perjalanan kita ke pemandian aer panas..langsung deh berendem disitu sambil pasang tampang awut2an..acak2an..sambil dalam ati nyumpah2in Pak Yakub..hihi..tapi gak denk..sekarang kita mengingat itu sebagai sebuah perjuangan..sebuah pengalaman hidup yang gak akan terulang 2 x..la iyalah.. siapa lagi yang mau mendaki gunung itu 2 x wuahahaha… :D

Kalo cerita di samosir laen lagi..disitu gak ada hiking2an..jalan2 naek mobilnya Pak Yakub..jadi gak capek..tapi kita trauma aja ama tangga sejak pulang dari sibayak itu..abis pegel banget gila..mana kaki kanan gua keseleo lagi..jadinya lebih sakit tiap kali nurunin anak tangga.. :( Trus anehnya kalo mau pesen ikan bakar mesti order sejam sebelumnya karna restoran disitu gak prepare, saking sepinya pengunjung kali ya..kasian banget deh.

Total2 yang abis dalam trip kali ini murah..cuma sekitar 2 juta per orang..udah termasuk semuanya tuh..termasuk oleh2 makanan yang seabrek2. Enaknya wisata dalam negeri tuh biaya murah..komunikasi lebih lancar..makanan lebih cocok di lidah dan belanja2 bisa lebih banyak karna harga yang gak gitu mahal. Gua pribadi sih gak terlalu suka belanja yaaa..traveling-nyalah yang gua nikmati bukan belanjanya..gua suka menikmati landscape dan melihat2 dunia luar selain dunia yang gua kenal sehari2..bahwa ternyata ada loh orang yang hidup seperti ini di belahan dunia yang laen..gua kira itu membuat kita makin dewasa juga..menyadari bahwa dunia tuh gak selebar daun kelor..seberat apa sih masalah lu..kalo dilihat dari atas sana mah kecilll banget..banyak orang di tempat laen menghadapi masalah yang jauh lebih berat..jadi..never give up..life is beautiful..but you’re need to fight for it..you need to climb so high to see it’s beauty..seperti gunung sibayak..hanya dengan perjuangan mendaki puncak yang beratlah kita bisa menikmati amazing view dari atas sana.

PS: judul di atas adalah ringtone-nya Pak Yakub..so tiap denger lagu ini gua selalu teringat akan trip gua yang satu ini..

"Welcome to my paradise
where the skies are blue
where the sunshine so bright
welcome to my paradise
where you can be free
where a parties never ending"

me and bruno in brastagi

at the top of the sibayak mountain

our group in front of toba lake, beautiful isn't it?

david and me at sipiso2 waterfall, so happy :)

sunset at toledo inn hotel - samosir, lake toba..we were here