Aku dan Tanaman

Sabtu pagi bangun..santai2 baca koran..masuk2in baju ke mesin cuci..liat2 taneman..sirem2..potong bagian yang kuning. Seneng ngeliat zodia gue seger..gak layu..karena zodia ini baru gua pindahin ke pot..trus gua takut dia susah beradaptasi karna dalam beberapa hari terakhir ¼ daunnya udah gua buang2in karena menguning..sayang banget sih..daunnya kan bagus tapi harus dibuang karna kuning. Zodia ini gua beli waktu masih kecil banget..waktu itu harganya 40 rebu..sekarang udah berkali2 lipat lebih gede..sempet hampir mati sih waktu gua tinggal tour ke korea..jadinya dia kagak kena aer 10 hari..tapi ternyata dia survive tuh..malah skarang lagi subur2nya..makanya gua perhatiin banget nih zodia.

Hampir semua tanaman2 gua udah gua pindahin ke pot..ada 1 zodia..3 mawar..lidah buaya yang banyak banget..sisanya yang gak muat di pot gua masukin kulkas..haha..sekantong gede tuh di kulkas..recananya mo bikin es lidah buaya..ntar deh gua potong2in dikit..sisanya gua gak tau lagi mo gua apain. Trus gua juga ada 1 pohon kastuba..tau gak kastuba..pohon yang banyak di mal2 kalo pas natal itu loh..yang warna daun di bagian atasnya merah jadi seperti bunga..cantik banget deh..tapi itu dulu waktu gua beli..setelah beberapa lama daunnya yang merah jadi ijo..gua langsung panik..trus browsing internet..telat nihh mestinya waktu beli langsung search..bukannya udah ada masalah baru search yaa. Akhirnyaaa..gua tahu..itu tanaman gak boleh ditanam di tanah..mesti di pot karna gak boleh terlalu sering kena sinar matahari..ya ampunn..ngomong kek.

Sekarang sih kastuba gua udah hidup segan mati tak mau..bukan gara2 gak gua potin..emang daunnya jadi ijo..tapi tetep subur..yang bikin kastuba gua koit itu adalah semut merah..gua benci semut merah..itu semut2 gak sopan ya..bikin sarang di tanah gua..trus gigit2in akar pohon gua..errrghh…udah pernah gua semprot2in pake baygon tetep aja ada. Sebenarnya gua sadar sih, dengan rumah mungil dan kegiatan gua yang kerja 8 to 5, gua pasti gak bisa ngurus mini garden gua..tapi dasar auwban..tetep aja mau hihi. Dulu gua beli tanah buat bikin mini garden aja sampe 300 rebu..entah berapa karung tanah tuh gua beli buat penuhin itu kebun..sebenarnya udah ada tanahnya..tapi ternyata waktu gua korek2 di dalamnya banyak puing..jadilah gua terpaksa bayar orang lagi buat buang2in itu puing..baru gua isi tanah baru..trus beli2 tanaman hias sekitar 200 rebu..abis 500 rebu ada kali. Nah skarang karna melihat kenyataan pahit itu taneman kagak keurus, apalagi punya tanah itu ternyata repot..gua akhirnya memutuskan untuk mindahin semua tanaman ke pot.

Nih masalah2 di tanah gua, masalah pertama adalah kucing..suka beol di tanah gue, alhasil rumah gua bauuu..benci kucing..bahkan dia pernah kencing di gorden karna gua lupa nutup pintu.. !@#??#@ ..trus gak tau gimana akhirnya tuh kucing udah gak sering2 ke rumah gua lagi..sampe skarang kadang2 masih ada sih..tapi udah gak ngacak2 tanah buat beol lagi. Abis era kucing muncul era tikus..ada tikus yang gali2 tanah gua dari rumah sebelah..errgghh..kebayang gak sih betenya..emang sih itu tikus gak masuk ke rumah..tapi tanahnya jadi berlubang2..trus kaki2nya yang kotor abis gali2 tanah seenak2nya nginjek teras rumah gue..blom lagi dia makanin tanaman2..dan gua dengan berat hati mengaku di blog ini kalo tikus itu gua racun hikshiks..maaf ya tikus..aku tidak ada jalan laen..karna susah banget ngusir itu tikus..dan dia bener2 bikin jorok teras dan halaman gua..dan gua juga takut kena toxo

Masalah tikus selesai..muncul semut merah..heran ini tanah gak ada abis2nya masalahnya. Sekarang ada sarang semut merah di tanah gua..yang bener2 gak bisa diusir..semprot baygon gak mempan..ngutak ngatik sarangnya..gua digigit..padahal kalo gua digigit binatang itu bisa bengkak..kata david sih gua alergi digigit binatang.

Akhirnya..dengan berat hati..gua terpaksa merelakan itu tanah dibongkar..tinggal 2 tanaman yang blom dipot..jeruk dan cemara..what?? cemara..lu gak salah tanem cemara di mini garden?? iya..iya..gua tau gua salah..abis waktu beli cemaranya masih imut sih..jadi lucu..hehe..cemara gua ini cemara susun..bagus deh..tapi skarang sih udah gak gitu bagus..abis udah gede dan kesannya kegedean buat halaman rumah gua yang kecil. Mereka berdua blom pindah karna gua blom nemu pot yang cukup gede. Kemaren liat2 di samping tol kebun jeruk katanya pot yang gede abis..kalo beli yang kecilan gua takut taneman gua mati. Kata temen gua di deket lampu merah rawa belong ada yang jual pot2 gitu..banyak katanya..pasti ada yang gede disana..nah gua sih pingin kesana..tapiii..siapa yang anterin..aduh..itu motor menggoda bener sih di garasi tapi gak boleh dipake.

Ngepot2 ini capek juga loh..nyekop2in tanah ke pot itu kayanya gampang..tapi ternyata cape juga..apalagi sekop gua itu sekop mini..perasaan gak penuh2 itu pot. Makanya lebih cepet gua beli pot gede itu lebih baek supaya gua bisa nyicil isi potnya ama tanah..kebayang kalo pot yang kecil aja capek apalagi pot guede..sehari 10 sendok lah..kira2 berapa lama tuh baru penuh pot gue hehe..

Rencananya setelah semua tanaman dipotin, tanahnya mau dibongkar, trus disemen biar lebih lapang. Teras juga mau dipotong 1 ubin, sekarang kan teras gua 3 ubin ukuran 40 cm..menurut gua kegedean..mo gua jadiin 2 ubin ajah..biar halamannya lebih lega..sekalian keramik carport mau gua ganti ama batu alam..karna keramik yang ini licin..mana rumah gua tinggi dari jalan..trus jalanan depan rumah cuma ukuran 1 mobil..eh ralat..1 mobil + 1 motor dink hihi.. nah susah si david mo masukin mobil ke rumah..apalagi ada motor..jadi tuh 2 barang sempit2an di carport..mo jalan aja susah..makanya mo gua renovasi tuh halaman. Trus sekalian mau ganti pager..pager yang skarang kan didorong..mo gua ganti pager lipat..supaya bener2 bisa dibuka lebar jadi mo ngeluarin mobil or motor gampang. Banyak juga yah yang mau gua renov..udah gua sediain budget 5 juta kira2 cukup gak ya..mudah2an cukup deh. Tapi tunggu si david pulang dari india dulu..biar dia yang nungguin tukang..secara cutinya masih banyak..sedangkan cuti gua tinggal 2 hari.

Kayanya gua ngerasa gua emang bertangan dingin kalo soal melihara binatang dan taneman. Dari kecil gua suka iseng tanemin biji cabe..tomat..bawang2an..trus binatang2 juga suka ama gue. Makanya sebenarnya gua pingin banget melihara anjing..tapi apa daya halaman sempit..di rumah gak ada orang..kasian ntar anjingnya kesepian. Ntar kapan2 kalo gua udah ada rejeki beli rumah yang halamannya gede..bisa deh gua wujudkan keinginan gua untuk piara anjing. My siberian husky..tunggu gua yaaaa.. :D

cantik ya mini garden gue pas pertama kali jadi, tapi sayang sekarang udah gak kek gini lagi, udah kek kebun gak terawat karna tanamannya udah gak mini2 lagi hehe.. :P

gua emang paling suka bunga mawar
tapi ngerawatnya susah, sekarang bunganya udah gak sebagus ini lagi

0 comments: