Me, DSOG, and Baby

Untuk yang belum tahu, dsog itu singkatan dari dokter spesialis obgyn alias dokter kandungan. Akhir2 ini gua jadi langganan dsog. Bermula dari sekitar bulan April 2007, gua mulai konsultasi ke dsog. Tau donk knapa..untuk melontarkan pertanyaan klasik..knapa saya blom hamil dok? hehe.. :P

Tanpa ditanyapun gua udah tahu kalo organ kandungan gua itu bermasalah. Tapi gua pikir kan anak urusan Tuhan, apa sih yang gak mungkin kalo Tuhan berkehendak..jadi gua cuekin ajah..siapa tahu Tuhan masih blom ngasih gue baby. Bulan demi bulan..tahun demi tahun berlalu..dan gua masih blom tekdung. Akhirnya gua gak kuat juga denger ocehan nyokap dan sodara2 laen yang ribut nyuruh2 gua ke dokter..so..ke dokterlah gue.

Dari baca2an di inet..gua memutuskan ke dr. tjien ronny di rs family. Katanya dokter ini ramah..gak pelit info..bisa ditelpon kapanpun bahkan kalo disms juga pasti dijawab. Sampe disana..ternyata sistemnya mesti naro buku dulu..sekalian liat kita dapet nomor berapa. Begitu liat gua dapet nomor berapa..astagaaa..gua mesti nunggu selama ini??? Pucet gue..tapi mo balik udah tanggung pulak..siapa tau banyak yang gak jadi..gue menghibur diri. Pantesan banyak yang dateng..naro buku..trus pulang lagi..ternyataaaa..

Menit2 demi menit..jam demi jam berlalu..setelah 4 jam kemudian baru gua dapet giliran..tidaaakk..pantat gua udah rata kek bangku di ruang tunggu..muka david udah ditekuk sejuta..hihi. Sampai ke ruang dokter, gua udah lupa apa2 aja yang mesti gua tanyain..saking lamanya gua nunggu..ugh. Akhirnya gua jelasin secara singkat ajah..kalo gua pernah kista ovarium kiri tahun 2001..udah dioperasi karna waktu itu gede 9 cm lebih..trus abis itu minum obat2an hormon selama 6 bulan supaya gak haid. Setelah itu setahun kemudian gua kontrol ke dr. nugroho di medistra..eh ternyata kistanya ada lagi..trus gua disuruh minum obat hormon lagi..6 bulan lagi gua gak haid. Lalu gua udah malas kontrol..sekali2 ada sih gua kontrol ternyata kistanya gak bertambah gede segitu2 ajah..sekitar 2-3 cm..jadi gua putusin biarin ajalah. Bahkan dalam beberapa kali gua kontrol..kadang kata dokter gua gak ada kista..tapi kadang ada kista..bingung kan.

Trus dokternya tanya..udah kawin berapa lama..2 tahun dok..hah?? 2 tahun dan kamu baru periksa sekarang? Hah..gua jadi kaget juga..jadi selama ini gua salah yak? hihihi.. :P Terus gua diusg..di ovarium kanan bagus..ovarium kiri bener ada kista..ama dokternya disuruh hsg buat mengetahui ada sumbatan gak di saluran tuba falopii gua. Oke dok..trus gua pulang..biaya konsultasi sekitar 120 rebu. Eh..seminggu kemudian perut gua sebelah kiri sakittt banget..jadinya walaupun blom hsg gua langsung konsultasi ke dokter lagi. Ama dokter gua dikasih obat penghilang rasa sakit..katanya gua mungkin ovulasi. Itu ajah..dan gua harus nunggu berjam2 juga kek kemaren.

Akhirnya gua males lagi ke dokter..capek antrinya boo..gak kuat gue. Sebenarnya gua bukannya gak berusaha selama 2 tahun itu..setahun pertama emang gua nunda dulu..gua emang rencananya akhir tahun kemaren baru mau program hamil. Sebelum ke dokter gua sempet minum obat2an cina tuh yang dikirim nyokap gue..ama minum pai feng wan..tapi gak berhasil juga. Emang gua gak rutin sih..karna pada dasarnya gua tuh males dan moody :P

Trus gua cari dokter laen..baca2 di inet lagi.. katanya dr. deny di jembatan 2 bagus..tapi siap2 aja obat2nya mahal. Meluncurlah gua n david ke jembatan 2..ternyata sama aja sistemnya..mesti naro buku dulu jam 5..ambil nomor..dokternya baru dateng jam 7..ugh. Yasud..pulang kantor mampir ke jembatan 2..naro buku..pulang ke rumah. Trus jam set. 9 baru jalan lagi dari rumah..emang sih antrinya gak separah dr. ronny..paling sejam gua udah masuk..tapi kan capek juga kalo harus bolak balik gitu. Tapi coba dululah..siapa tau okeh. Ternyata dokter ini lulusan jerman..trus bayarnya mahal..250 rebu sekali konsultasi. Ama dia gua disuruh hsg juga..abis itu baru balik konsultasi lagi. Trus gua dikasih obat..nah nunggu obatnya ini yang lama..sejam kaleee..trus pas bayar..alamakkk.. sejutaan..gampang bener ya ngeluarin duit kalo ke dokter..ckckck..untung gua bisa claim ke kantor..kalo nggak mah bisa pingsan gue hihi.. :P

Demi melaksanakan perintah dokter, pergilah gua ke rs pluit untuk hsg..dan seperti biasaaa…antri lageeee. Sebelum mulai hsg..gua dikasih obat penghilang rasa sakit dulu..baru mulai deh gua diutak atik. Gua disuruh baring..dimasukin selang..rasanya sakit sedikit..trus dialirin cairan..selama cairannya ngalir di rahim gua..gua bisa liat langsung dari monitornya..lucu juga. Udahannya gua dikasih pembalut..rasanya sih mules2..kram2 gitu..kaya lagi dapet deh rasanya. Ternyata emang kalo abis hsg itu keluar darah lagi..kalo gua keluarnya sekitar 3 hari. Hsg ini gua bayar 500 rebu. Nah mestinya gua tunggu hasil print out hsg itu..kaya hasil rontgen..trus kasih ke dr. deny..secara dia juga ada praktek di rs itu. Gua sih udah antriin buku gua dari sebelum gua hsg, tapi ternyata dokternya telat..gua tunggu2 gak dateng2..perut udah krucuk2..akhirnya gua ama david kabur ke mega mall..cari makan..eh trus nonton segala..haha. Gua pikir dokternya ampe siang aja blom dateng pasti ampe sore deh dia praktek disana..orang yang antri buku banyak begitu. Tapi ternyataaa..dasar sue..pas gua telpon kata susternya dokter udah pulang..udah kelar..haaaa?? jadi gimana donk? Yasud…gua balik ke rs pluit buat ambil buku trus pulang deh ke rumah. Besoknya baru antri lagi buat yang di jembatan 2..huuuhuu.. T_T

Setelah gua ketemu lagi ama dr. deni dan dia liat hasil hsg gua katanya sebelah kanan gak ada penyumbatan..sebelah kiri ada hidrosalping..kaya salurannya membesar gitu..trus gua bilang juga perut kiri gua sering sakit2..dia langsung nyuruh gua diathermi..perut kiri gua infeksi katanya. Gua akhirnya daftar buat diathermi 10 x di rs royal taruma grogol. Berhubung diathermi ini dilakukan tiap hari jadi gua pilih rs yang deket dari rumah. Walaupun pertama2 gua rada ragu karna ini rs baru, tapi gua setuju ama david..kalo pergi ke rs pluit kejauhan..pasti capek di jalan.

Ternyata di royal taruma ini assikk..karna rsnya baru jadi apa2 masih bersih..bagus..trusss..yang paling penting gak antri! hihihi..seneng deh gue..langsung datang langsung ditangani..gak pake lama. Ternyata diathermi ini gak menyakitkan..nyaman malah. Jadi gua disuruh baring..trus ada alat yang diarahkan ke perut gua..gantian perut kanan dan kiri masing2 15 menit. Rasanya anget2 gituh..jadi gua seneng2 ajah.. :)
Biaya diathermi sekitar 370 rebulah 10 x itu. Nah, gara2 diathermi di rs ini, akhirnya gua mikir mo pindah aja ke dokter yang praktek di rs ini. Enak kan..deket dari rumah..gak antri..masa sih gak ada dokter yang bagus disitu. Gua ambil daftar dokternya..mulai search2 internet..tapi emang gak ada yang terkenal dokternya hehe.. :P Akhirnya gua ambil satu dokter yang paling banyak prakteknya..kebetulan dia ada praktek yang mulai jam 6 sore..pas banget kan..pulang kerja mampir ke sini..trus langsung pulang ke rumah. Mulailah gua ditangani dr. budiman japar.

Ama dokter ini gua disuruh test hormon dan david disuruh analisa sperma. Tapi dasar gua bandel..gua gak langsung test hormon..karnaaa..gua malas ngebayangin mo diambil darah.. :(
Jadi gua nunda2 terus..dengan harapan siapa tahu bulan ini jadi..karna gua juga dikasih profertil..semacam obat penyubur..kalo jadi kan gak usah test hormon. Tapiii..gagal teruss..jadi tetep aja akhirnya gua harus test hormon. Test pertama ada 4..test LSH, FH, prolaktin, estradiol. Bayar 800 rebu ke biomedika..tiap hormon 200 rebu. Test berikut test progesteron..gak bisa dijadiin satu karna harinya beda. Yang test pertama harus hari ke-2 sampai ke-5..sedangkan test kedua hari ke-21 or 22. Jadinya gua 2 x diambil darah dehhh.

Abis itu david juga ikut2an test sperma..lebih murah sih 75 ribu..gak semahal test hormon. Tapi kasian david..pasti dia malu banget..dan gak nyaman kan..dipaksa ngeluarin di tempat asing. Tapi dia gak marah2..sukur deh..gua juga berusaha tenangin dan manis2 ama dia..hehe.. :P
Hasil test hormon yang pertama sempet gua kasih liat dokternya sih..dokternya blom mau ambil tindakan apa2..mau lihat hasil test yang laen. Nah, begitu gua mau kasih liat hasil seluruhnya, dokternya udah pindah jam tayang..gak praktek lagi jam 6..cuma sampe jam 4..yahh..gak bisa lagi gua mampir kesana sepulang kantor. Akhirnya gua pindah dokter lagi, kali ini gua ke dr. farid di medistra or mmc. Ini dokter yang disaranin nyokap..katanya anak temennya ke dokter ini 2 bulan langsung hamil.

Kunjungan pertama ke dr. farid baru jumat minggu lalu, capek juga gua ganti2 dokter mesti jelasin lagi semua dari awal. Semua hasil2 test gua..gua unjukkin sambil gua terangin..bla..bla..bla. Trus kata dokternya prolaktin gua terlalu tinggi..dikasih obat buat nurunin prolaktin itu..namanya parlodel..dikasih resep 30 butir..selain itu gak ada masalah..mestinya bisa hamil normal kok katanya. Trus david katanya gak ada masalah..bagus. Yang david mah gua udah tahu sih bagus..dari hasilnya kan gua udah bisa baca kalo ternyata sperma suamiku okeh :D
Trus gua diresepin profertil juga..kali ini dosisnya lebih tinggi.. 100 mg, dulu ama dr. budiman cuma dikasih 50 mg. Kelar konsultasi, giliran bayar..pergi ke kasir..395 ribu bu..hah?? kaget gue..berapa?? gua tanya sekali lagi..395 ribu kata mas2 kasir itu sekali lagi. Gilee..mahal bener ya..konsultasi doank 395 ribu, mentang2 dia gelarnya profesor dokter kali jadi mahal bener. Besoknya gua ke apotek deket rumah..nebus parlodel..ternyata gak ada..coba ke apotek laen..gak ada juga. Akhirnya terpaksa ke apotek gedean..apotek roxy di tanjung duren..kasih resep..tunggu2 bentar..trus gua dipanggil..obat gua udah kelar..giliran bayar..517.500 bu..hah??? gua kaget sekali lagi..ya ampun..mahal beneerrrr. Mestinya gua udah curiga obat ini mahal karena gua cari di apotek2 kecil gak ada. Karena jatah medical gue dan david udah abis..terpaksa tanggal kuitansinya gua suruh bikin bulan januari aja hihi.. :P
Oiya, dr. farid ini enaknya bisa booking lewat telpon lo..jadi gak usah dateng 2 x. Cukup telpon, dapet nomor..trus dateng deh sesuai nomor kita. Waktu gua kasih tau david..dia legaaa bener hehe..secara dia tuh orangnya gak sabaran..gua juga sih..tapi karna ini gara2 gue yah..gua harus lebih sabar donk daripada dia.. :)

Nah, sekarang gua lagi dalam proses minum parlodel nih..yang profertil blom gua minum. Gimana mo minum..orang pejantannya lagi gak ada hehe. Jadi gua minum parlodel aja dulu..dengan harapan bulan november nanti prolaktin gua udah normal..david udah pulang..baru deh gua minum profertil itu. Pertama kali gua minum parlodel, kepala gua pusing gak karuan.. seharian kerjanya males2an aja di kamar..kalo jalan keleyengan. Gua baca2 internet emang efek sampingnya itu..pusing..mual..lemes. Tapi sekarang, setelah minum beberapa kali, udah gak pusing lagi kok..efeknya udah hilang. Sebenarnya pengobatan gua ini jadi nggak intensif sih..karena udah ganti2 dokter..terus davidnya sering pergi2 lagi..jadinya sering ketunda2 jadwal ke dokter gua..tapi yah mau gimana lagi..emang keadaannya begini..gua jalanin aja sebaik2nya.

Kalo dipikir2 capek juga loh berobat ini..kadang kalo penyakit malas gua kumat..gua gak mau ke dokter. Kadang kalo penyakit malas david kumat..dia yang ogah2an. Ini juga bisa menjadi penyebab berantem. Kadang gua lagi semangat2 ke dokter..david lagi males..bisa ngambek gue. Kadang gua yang gak mau ke dokter lagi..karna merasa hopeless..eh david yang nyemangatin gue.

Sebenarnya gua gak yang bener2 pingin punya anak sampe stress gitu sih..gua biasa2 aja. Tapi kadang karna tekanan keluarga dan temen2 yang selalu melihat gua “kurang” kalo masih blom hamil..yah..terpiculah gua untuk hamil. Ngeliat temen2 gua udah gendong2 bayi..ada rasa pingin juga sih..tapi kadang keinginan itu hilang kalo inget tanggung jawab seumur hidup yang harus gua emban. Tapi gua tahu, keluarga yang normal adalah yang punya anak..mungkin gua gak terlalu pingin sekarang..tapi nanti?? 2 tahun lagi? 3 tahun lagi? Jangan sampe pas gua bener2 pingin udah terlambat.

Emang dari awal sebelum merit gua udah bilang ke david sih gua pernah operasi kista dan gua takut kalo kemungkinan terburuk gua gak bisa hamil. Tapi waktu itu david menyemangati gua, katanya banyak orang punya masalah lebih buruk tapi masih bisa hamil..lu gak boleh begitu. Lagian kalo bener kita gak punya anak pun gak pa2..gua mau menikah ama lu bukan karena mau punya anak kok..tapi karna gua mau bersama2 dengan lu seumur hidup gua. Punya anak itu bonus..bukan tujuan utama. Tujuan utamanya gua mau hidup bersama lu.. karna gua sayang ama lu. Gua terharu bener waktu itu..dan sampe skarang pun david sering bilang begitu kalo gua lagi down. Tapi jangan dikira, dia selalu sabar nemenin gua ke dokter hehe..kadang bete juga sih dia harus bolak balik ke dokter. Makanya kita harus saling mengalah..kalo moodnya dia lagi gak bagus..yah kita bersabar ajalah. Yang penting kita tahu kalo pada dasarnya dia tuh baek..tapi mungkin lagi capek or lagi bete ajah. Ngomong sih gampang, tapi kenyataannya pas gua lagi sebel juga..trus dia juga pasang tampang bete..gua meledak juga sih hehe :P

9 comments:

Limmy HL said...

yo oloh viol.lu bener2 rajin ketik posting ya sampe sepanjang cerpen femina.

hahaha gue baca blog lu selintas seperti isi email kita.

.:acen147:. said...

viol... gw uda tau sih seluruh cerita lu.

tapi tetep aja gw terharu pas baca bagian terakhir... yg david bilang tetep mo nikahin lu walaupun gak bisa kasih anak...

gw juga pernah tanya mas adi, klo gw gak bisa hamil gimana? dia juga bilang hal yg sama :)

saat ini kita cuma bisa berdoa ya, semoga suami kita baik bukan cuma sekarang aja... tapi selamanya... amin deh ;)

o iya.... kok nama gw n limmy gak disebut2 sih... sebagai salah satu yg selalu semangatin lu ke dokter kandungan? AYO DONK, sebuttt... *narcis mode on*... hehehe

renzia said...

hi viol... 'lam kenal... gue dateng dari blog susi neh...

haduhhh... baca postingan elu yang ini... mirip2 gue ya... alesan elu pengen hamil tu mirip banget sama gue... gara2 tekanan dari orang2 sekitar :)

good luck ya vi...

Pucca said...

hi juga renzia..iya nih..nasib jadi cewe hehe.. :P dan juga nasib hidup di sini..harus tahan banting denger ocehan kanan kiri..thanks ya..lu juga ya good luck.. :)

sakuralady said...

eh ternyata banyak yang sudah melontarkan pertanyaan ke calon suami utk soal kehamilan ya..
Hubbyku juga sama jawabnya ky gitu.
Met berjuang ya Viol, smoga 2008 jadi benih jr. ;)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
Keyword Kenali Pandeglang
Mohon dukungannya yach....?!
Semangat..semangat..!!

Pandeglang telah hilang Kenali Si Dunia Aneh

IndOnlineShop said...

mbak.. iparku jg ada kista.. berobat sini sana karena ga mau operasi.. dan berobat sini sana buat punya anak.. akhirnya dia ketemu shinsei akupunktur, kistanya hilang dan sekarang uda hamil 7 bulan.. kalo mau nanya2 dia.. aku tanyain ya boleh ga ditanya2..
email aku aja d

Mahkota Medical Centre Surabaya said...

Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
2. informasi fasilitas & kesehatan
3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
Regard
Danang Sefdyanto
Surabaya Representative Office
Mahkota Medical Centre
Jl. Barata Jaya XIX / 31C
Surabaya 60131 - Indonesia.
WA : +6281 331777697
Line: +6281 4026 2166
Mobile: +6283 8300 28050
Phone : +6231 5020588 / 5026505
Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

iyus tien said...

BUAT TEMAN DAN SAUDARA YANG LAGI BUKA BLOG DAN NET ??? DAN MASIH MENCARI SOLUSI YANG TEPAT DAN AMAN...LAGI MENCARI YANG COCOK, TEPAT DAN BERKWALITAS TINGGI???? YANG TIDAK DI RAGUKAN LAGI KWALITAS NYA????...SAYA REKOMENDASIKAN COBA PROUDUK KESEHATAN TIEN ( SEPERTI MUNCHORD dll...) YANG BRKWALITAS TINGGI DAN SUDAH MEMILIKI JUTA'AN PEMAKAI DAN TESTIMONI DARI MASYARAKAT DAN DOKTER SPESIALIS DI INDONESIA DAN DI LUAR NEGRI, TINGKAT KESEMBUHAN SUDAH TIDAK DI RAGUKAN LAGI...DAN AMAN TANPA EPEKSAMPING...SELAIN ITU KAMI JUGA MELAYANI PEMERIKSA'AN GENETIKA YANG SANGAT LUAR BISA DAN YANG SANGAT AKURAT 99% DAN MELAYANI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT INTERMASIONAL TAI JI SUN TIENS DAN RAWAT JALAN YANG DI MILIKI PRUSAHA'AN TIEN. ANDA MINAT SEHAT SECARA NYATA DAN MENJADI TESTIMONI SELANJUT NYA  HUB SAYA IYUS TIEN BBM D349C031 ATAU EMAIL TIENIYUS@GMAIL.COM
TINGKAT KESEMBUHAN INSYAH ALLAH 90% .
JIKA ALLAH MENGIJINKAN 100% PASTI SEMBUH.
YANG PENTING MAU MENCOBA NYA SPRTI KAMI.