Birthday Story

Gak berasa ya..sekarang udah november, bulan kesebelas dari 12 bulan dalam setahun. Kerja kantoran ini ya, hari demi hari lewat gak berasa loh. Sekarang senen, ntar tiba2 udah jumat, trus weekend, trus senen lagi. Bener2 tua di kantor deh hehe.. :P

Dulu waktu kecil perasaan setaon itu lama bener deh, kenapa sekarang jadi cepet yak? Apa karna dulu gua selalu nunggu2 hari ultah gua ya..jadinya berasa lama haha :D

Manusia itu aneh ya, waktu masih kecil gua selalu pingin cepet2 ultah..trus itung2 umur..kok perasaan gua gedenya lama bener ya..kok nambahnya satu2..dua2 kek gitu biar cepet hehe.. :P
Gua bagaikan anak kecil yang meledak2 ingin cepat dewasa. Penantian setahun rasanya lama bener. Waktu seakan merangkak perlahan.

Menginjak remaja, waktu sudah tidak lagi selambat dulu. Waktu sudah berjalan sekarang. Ulang tahun demi ulang tahun terlewati dengan senyum suka cita sumringah, menandakan masa2 remaja yang indah, yang kata orang gak bakal terulang kembali..masa2 bahagia gitu loo.. :D
Sebenarnya sih, semua masa emang gak bakal terulang 2 kali yaa.. :P

Beranjak dewasa, waktu sudah berlari kencang. Umur 20-an tak terasa sudah hampir gua lewati semua. Lilin2 berkepala 2, sudah gua hembuskan satu demi satu. Lilin terakhir akan gua tiup akhir tahun ini. Lilin berikutnya yang terhampar di atas kue gua nanti akan diawali dengan angka 3.. :)
Dan sekarang tentu saja gua sudah tidak sesemangat dulu menanti ulang tahun haha :D

Sekarang, ketika umur gua hampir menginjak 30, gua merasa waktu berlalu seakan terbang. Entah kemana penantian setahun yang panjang dikala anak2, wajah yang sumringah gembira menyambut ulang tahun ketika remaja. Sekarang, setiap ulang tahun biasanya diawali dengan pernyataan, "Wah, gak terasa ya sudah setahun..ckckck..makin tua aja niy." Kasian deh ulang tahun, udah gak diharapkan lagi skarang hihi.. :P

Sejak kecil, gua selalu dibiasakan merayakan ulang tahun. Foto2 ulang tahun gua ada tiap tahun. Adek2 gua sampe ngiri hehe..soalnya mereka gak ada fotonya tiap tahun. "Maklum, anak pertama", kata nyokap beralasan tiap kali diprotes adek2 gue hehe.. :P
Gua bertekad nanti anak gue akan selalu gua biasakan tiup lilin juga seperti gue. Gak usah dirayakan dengan mahal dan mewah, yang penting ada kue n tiup lilinnya.. :)

Gua inget nyokap gua dulu pernah bilang gini, "Dulu, ulang tahun yin selalu dirayakan. Walaupun waktu itu papa mama lagi susah, tapi selalu diusahakan tiap yin ulang tahun pasti dirayakan, ada kue, ada makan2."

Gua sangat..sangat..sangat terharu dengernya. Dengan melihat fotonya aja gua tahu, keadaan mereka waktu itu prihatin. Rumah kontrakan seadanya, perabotan jauh dari mewah. Tapi, di tengah meja yang sangat sederhana, dengan pakaian yang seadanya..ada gue kecil yang berdiri dengan senyum yang sangat lebar..sangat bahagia. Di depan kue tart yang sangat bagus, yang ada nama gua terukir di atasnya. Di dekat lilin yang masih 1 digit yang menunggu gua tiup. Di pelukan orang tua yang tersenyum bahagia karna bisa membuat perayaan sederhana buat ulang tahun putri kecilnya.

Undangan yang hadir juga anak2 sekitar, yang tentu saja jauh dari kesan anak orang kaya..bahkan mungkin gua gak mengenal semua anak2 itu. Tapi, dengan melihat foto itu juga, dengan seluruh aura kesederhanaan yang melingkupinya, gua tahu..gua sangat bahagia. Gua anak kecil yang sangat beruntung.. :)

Dulu sekali, gua pernah melontarkan pertanyaan, "Ma, bagaimana ya caranya menyenangkan papa dan mama?" Masih sangat jelas terekam dalam memori gua, waktu itu sambil tersenyum, mama menjawab, "Mama dan papa akan senang kalo anak2nya senang."

Terima kasih Pa, Ma. Yin gak akan pernah bisa membalas semua yang telah papa dan mama berikan. Semoga dengan menjadi orang yang selalu menjalani hari2 hidupnya dengan bahagia, bisa membuat kalian selalu tersenyum.

8 comments:

nat said...

wah mo ultah ya viol? Heheh...iya nih ultah di usia2 kita skrg jadi rada2 ga terlalu diarepin kayak dulu kita masi kecil, hahaha...
makin deket ultah, jdi makin disadarkan sama ketuaan...
dan manusia gak mau tua, apalagi cewe..:P

Eh sama, gue juga dari umur 1th selalu ultah dirayain...

Pucca said...

@nat: masih bulan depan nat ultahnya :)
udah masuk nat? kemaren sakit ya..welcome back.. :D

.:acen147:. said...

@nat: ultahnya viol itu sehari setelah natal *ups, sori jadi ngebocorin* hahahaha!

@viol: klo gw dulu gak selalu dirayain. terutama pas sekolah, jadinya malah ditodong temen2 plus dilemparin telor :(

renzia said...

sama neh vi. gue juga ngerasa kek elu tiap mo masup akhir taon soalnya gue ultah januari. n gue uda ngerasa uda tua... banget di umur gue yang ke 27 sebentar lagi ini...

dulu gue suka perhatiin tangan temen gue yang keriput gitu... waktu itu umur gue baru 22-an n dia uda 26. gue sampe berpikir, "busyet... napa ni orang ga jaga kulit tangannya seh... sampe keriputan gitu... padahal baru 26 lho..."

eh sekarang gue uda 26 n setelah gue perhatiin... ternyata sekarang tangan gue juga mulai keriput2 gini hiks... hiks...

belum lagi kosmetik gue yang dulu gue pake kosmetik abg, sekarang uda musti pake kosmetik kategori 25+. hadoohhh...

*kok jadi numpang posting ya hahaha*

xander said...

T_T

terharu...

huehueheuheuhe...
biarpun gw ga dirayain tiap ultah, tapi orang tua jg ngomong hal yang sama ke gw, kalo anak2nya senang maka mereka senang...

untung umur gw masih muda, masih semangat ama ultah... hahahahaha...
jangan ngiri ya... :P

Regards,
Xander

Pitshu said...

waktu kecil pengen cepet dewasa, pas umur SMP - SMA , pengen buru2 bisa make up, pakai tank top dan high heel giliran udah waktunya usia bertambah terus.

Maunya kek anak muda pakai sepatu kets kaos dan ga make up natural2 aja hahaha :)

Limmy HL said...

asyik, ultah viol kali ini gue bisa nodong. kan kantor kita udah deket viol. hihihi *tanduk lgs keluar*

Pucca said...

@acen: gua sih gak pernah dilemparin telor sus..liat orang dilempar telor sih pernah, keknya bau n lengket2 gitu kan..untung gua gak pernah hehe.. :P

@renzia: hah..masa sih kulit tangan kita udah keriput2..coba gua liat dulu.
yang gua perhatiin sih tangan gua udah keluar bintik2 coklat kaya sprutu itu loh..yang ada di tangan nenek2..hiiyyy.. :(

@xander: ih..dasar lu..lu gak baca tuh kata2 gue, waktu seakan terbang..berarti ntar lagi lu join the club hehe :P

@pitshu: haha..bener pit.. :D
waktu kecil gayanya sok dewasa..udah tua gayanya sok imut hihi.. :P

@limmy: wkwkwk..bole bole..paling gua traktir nasi padang noh di pojok hehe.. :P