Buah Berformalin

Gua nonton investigasi hari sabtu kemaren langsung merinding. Gimana nggak, itu buah2an yang notabene sengaja kita makan untuk kesehatan kok dikasih zat2 berbahaya sih..ya ampunnn.

Gua liat anggur dan apel dicelupin ke formalin. Mulut gua langsung melongo. Tanpa berdosa, itu orang nyelupin anggur dan apel yang baru diambil dari kotak ke ember yang penuh larutan formalin, trus dimasukin lagi ke kotaknya buat dijual. Katanya kalo udah dicelupin atau disemprot pake formalin bisa lebih tahan lama. Sebulan dipajang juga gak bakal busuk..jadi kita gak rugi. Ckckck..uang..lagi2 uang..orang akan melakukan apa saja demi lembaran rupiah. Bahkan hal2 yang dia tau pasti bakal mencelakakan orang laen.

Belum habis rasa terkejut gue, lalu gua melihat lagi pemandangan yang tak kalah mencengangkan. Kali ini semangka..iya..semangka yang hampir tiap hari gua makan di catering!

Semangka itu ditanam dengan menggunakan obat kimia yang jauh berlebih dari takaran seharusnya. Setelah dipanen, orang2 yang membeli semangka dengan truk itu, akan misahin semangka yang bagus dan yang kurang bagus. Yang kurang bagus, maksudnya yang kurang merah dan kurang manis, akan disuntik dengan larutan pewarna merah dan pemanis buatan. Bener2 gila, tidaaaaakk..gua kan suka semangka..hiks.. T_T

Gua gak mau lagi beli buah di toko2 pinggir jalan. Maaf ya pak tukang buah, mungkin gak semua toko buah pinggir jalan begitu, tapi gua kan gak mau ambil resiko. Mudah2an kalo gua beli di supermarket lebih aman, walaupun kemaren ada toko buah gede yang ternyata setelah ditest buahnya juga mengandung formalin.

Haduh..kenapa sih formalin itu diperdagangkan bebas dan murah. Naekin donk harga formalin jadi sejuta..huh..biar gak dipake semena2. Trus..tangkep donk itu orang2 yang membahayakan kesehatan..biar kapok..kesel gue.

Bayangkan, bayi dan anak2 kecil pasti tiap hari makan buah kan. Kita yang udah gede mungkin bisa kebal..gak langsung kelihatan efeknya. Tapi kalo anak2 kecil itu dari bayi udah dicekokin formalin, ntar gedenya mau jadi apa. Gak heran, penyakit gak mau jauh2 dari kita.

Kemaren ini ayam negri yang disamarin jadi ayam kampung, ayam tiren yang udah bau tapi tetep dijual, madu yang ternyata isinya aer gula, tahu formalin, ikan formalin, sekarang buah formalin. Gua benci penjual yang jahat, gak jujur, gak bermoral. Dasar monsterrr..

8 comments:

.:acen147:. said...

eh gw juga nonton tuh yg semangka disuntik pewarna n pemanis buatan.

gileee yeee... d masa yg akan datang semua orang kena penyakit kankeeeeerrrr!!!

Limmy HL said...

waduh dhika kan tiap hari gue kasih makan buah. belinya di pasar deket rumah pula. hiks :(

Pitshu said...

telor asin aja ada yang di bikin palsu, di suntik air garam. trus luarnya di kasih pewarna biar kek telor asin

ornag klo nyari duit parah banget yah! dah ga pake otakkk

anungnymous said...

hm..apapun makanannya minumnya tetep teh botol sosr*

Pucca said...

@acen: bener sus..bisa kanker semua kita makanin formalin melulu.

@limmy: mendingan lu beli di supermarket aja deh lim..ngeri.. :(

@pitshu: telor asin juga dipalsu?? buset dahh.

@anung: teh botol palsu? :P

LitZ said...

hah..

*melongo*

masa sih semangka pake pewarna, hiks, mana g hampir tiap siang langganan makan semangka lagi... duh jadi takut :(

yang teh botol, beneren ada yg palsu lho, dulu ada liputannya jg kok.. walaupun ga produksi besar2an.. dia kumpulin botol, trus cuci, trus isi pake ramuan teh bikinan sendiri, sambil kasi pewarna biar mirip... tapi klo jeli, katanya sih bisa bedain.. dr tutup botolnya (ada bekas buka) dan rasanya aga lain...

Pucca said...

@litz: kayanya gua pernah deh minum teh botol rasanya agak laen gitu..jangan2 itu teh palsu ya.. :(
untung gak gua abisin.

Anonymous said...

I didn't understand the concluding part of your article, could you please explain it more?