Habislah Gaji Sebulan

Tinggal 2 minggu lagi udah sin cia ya. Dari minggu lalu gua udah beli2 kertas angpau. Gua ada beli kertas angpau buat orang merit lucu banget deh. Mo gua pake buat kondangan sepupu gua ntar. Karena gua suka liat kertas angpaunya, duitnya udah gua isi dari kapan2 haha :P

Moment sin cia ini sebenarnya adalah satu2nya saat dimana gua sangat menyesal blom punya baby. Jadi gak ada pemasukan niy. Walaupun kalo udah punya 1 baby tetep aja nombok, tapi kan setidaknya ada uang masuk. Daripada sekarang kagak ada sama sekali.

Dulu waktu masih kecil, gua sangat menanti2kan sin cia. Yang terbayang adalah dapet angpau banyak, pake baju baru, makan sepuasnya, gak usah sekolah, jalan2 seharian. Asik banget deh pokoknya :D

Walaupun sekolah gua gak libur, tapi prinsip bokap gua adalah tiap sincia anak2nya gak boleh masuk sekolah. Asik kan hehe. Kalo gua bilang ama bokap, "Pa, besok sekolah gak libur lo." Bokap gua serta merta menjawab, "Sekolah apaan sih itu, mana ada tahun baru disuruh masuk sekolah. Gak usah masuklah, sekolah gila tu." Gimana gua gak seneng wehehe :P

Pagi2 abis mandi, gua bakal pake baju baru yang bagus, sandang tas kecil yang gunanya buat masukin angpau, trus ngucapin kiong hi ke papa mama..sun pipi kiri..sun pipi kanan. Abis itu mata gua bakal berbinar2 melihat nyokap ngeluarin angpau dari tasnya hihi..dapet deh angpau pertama. Abis itu kita sekeluarga bakal pergi ke kelenteng. Papa mama sembahyang dulu disana. Gua biasanya kalo gak tunggu di mobil, ikutan turun, tapi gak sembahyang, maen2 aja di halaman kelenteng. Gua jarang masuk2 ke dalam kelenteng itu, abis gua gak tahan asepnya, bikin perih mata.

Abis sembahyang, tujuan selanjutnya pasti ke rumah akong gua dari pihak mama. Karena keluarga papa semuanya di luar kota, di pekanbaru, jadi kita tidak tiap tahun kesana. Kalaupun pergi, biasanya hari kedua sincia baru jalan kesitu. Mayan juga, sekitar 7 jam perjalananlah naek mobil.

Semua keluarga gua dari pihak mama pasti bakal kumpul di rumah akong, jadi gak usah disamperin satu2 ke rumahnya. Begitu sampe, gua n adek2 gua yang udah kek manequin toko mas berjalan, pasti langsung sibuk kiong hi sana kiong hi sini, senyum sana senyum sini, trus dapet angpau, masukin deh ke tas. Kalo laper tinggal makan bistik..dendeng..kue2 kering..es cendol..soft drink..banyak deh makanannya. Gak bakal kekurangan.

Kue kering yang gua doyan tuh kue nastar dan kue bawang. Kacang tojin gua juga doyan. Kacang tojin itu adalah kacang yang digoreng pake bawang putih dan seledri. Di sini namanya apa ya? Di padang, biasanya pasti ada sajian itu di tiap rumah.

Kalo semua sodara nyokap udah komplit ditodong, kita (gua n sepupu2 gua) akan pergi menambang. Menambang itu istilah untuk keliling ke rumah sanak famili untuk mengucapkan selamat tahun baru minta angpau. Kita anak2 sih sebenarnya gak tahu itu siapa, apa hubungan keluarganya, yang penting disuruh panggil ini yah panggil aja abis itu pasti dapet angpau. Biasanya sih ampe bosen disuguhi soft drink n makan kue kering seharian hehe. Di rumah sanak famili ini, biasanya angpaunya sekedarnya aja, gak segede angau dari sodara2 deket.

Sore2nya, kita bakal pulang ke rumah akong gua lagi. Mandi2 yang bersih, trus pake baju sin cia kedua hehe. Nah, sekarang giliran orang2 yang datang ke rumah akong gua. Kita bakal ngetem disana ampe malam. Tiap ada orang baru datang, biasanya kita bakal dipanggil. Anak2, ada yang dateng tuh. Panggilnya ini ya. Oke, kiong hi lagi, angpau lagi hehe.

Trus kalo kira2 udah malem banget, kira2 udah gak ada yang datang bertamu lagi, kita anak2 bakal mengunci diri di kamar, dan mulai menghitung angpau masing2 :D
Masing2 pingin jadi yang dapet angpau terbanyak. Aaaahh..saat2 bahagia kikikik :P

Gua masih inget dapet angpau ceban dari tante gua. Angpaunya pecahan duit cecengan sepuluh lembar. Kertas angpaunya gede, jadi uangnya gak dilipet. Baru2 gitu, tebel pulak. Wah, senengnya minta ampun. Waktu gua SD itu, angpau ceban itu termasuk gede. Saking senengnya, sampe skarang gua masih inget hehe.

Besoknya, di sekolah, berapa jumlah angpau yang diperoleh pasti jadi topik yang seru. Dan, biasanya, gua dengan bangganya menyebutkan jumlah angpau gua. Temen2 gua pasti bilang, "Wah, angpau lu banyak sekali, kok bisa?" Dan gua bakal menjawab dengan pongahnya, "Iya, saudara mama gua kan 13 orang, jadi angpau gua banyak." Trus temen2 gua bakal memandang dengan takjub membayangkan banyaknya angpau yang gua terima dengan saudara sebanyak itu.

Tapi, seperti yang kita ketahui bersama, siapa yang menabur ia akan menuai. Dan untuk kasus gua, terbalik. Siapa yang menuai, ia akan menabur. Sekarang, tibalah giliran gua untuk membayar semua yang gua peroleh waktu kecil.

Tiap sincia, yang gua ingat sekarang cuma lembaran2 duit gua yang akan melayang terbang. Bisa dibayangkan, saudara nyokap gua yang 13 orang itu sekarang juga sudah mempunyai anak paling nggak 2 or 3 orang. Emang sih ada beberapa yang udah merit. Tapi yang udah merit itu udah punya anak juga. Masih sukur sekarang lokasinya terpisah 2, di jakarta dan padang. Jadi, kalo nyokap gua tanya gua mau sin cia dimana tahun ini, gua bakal jawab, "Di tempat yang gak banyak sodara kita berkumpul hahaha.. :D"

Tahun ini, kata nyokap mereka rencananya mo sin cia-an di jakarta. Gua udah siap2 aja ngitung2 berapa angpau yang harus gua sediain. Akong gua sekarang udah gak ada, jadi kalo kumpul2, pasti di tempat paman gua yang paling tua. Di jakarta, paman gua yang paling tua tinggal di kelapa gading. Jadi, kita biasanya kumpul disitu.

Pernah gua komplen ke temen gua, betapa sengsaranya gua tiap sin cia. Dia malah bilang, "Gapapa vio, namanya juga bagi2 rejeki. Harus begitu supaya lu dapet rejeki yang lebih banyak lagi." Gua bisanya cuma, "Ho oh, mudah2an deh." ** Lu ngomong sih gampang, sodara nyokap lu gak 13 orang kan **

Bukan brarti gua gak bersukur lo hihi. Gua cuma ngomel aja haha. Gak kok, gua rela dan ikhlas dan pasrah hehe. Gua merasa beruntung juga gua udah bisa ngasih sepupu2 gua dan keponakan2 gua angpau. Itu berarti Tuhan masih kasih rejeki buat gua dan david. Udah sepantasnyalah kita berbagi rejeki setahun sekali waktu tahun baru. Dulu kan gua udah merasakan senangnya dapet angpau, sekarang gua juga senang kok melihat ketawa lebar anak2 itu waktu gua kasih angpau.

Gua cuma merasa situasi gua saat ini pas banget deh ama lagu ari wibowo yang duluuu banget itu ... Habislah gaji sebulan ...

17 comments:

nat said...

hahahaah, gue jadi dejavu viol...

persis bgt crita masa kecil gue, kalo sincia gue suka bolos buat keliling2 ke rumah sodara2...

Tus malemnya dikamer itung angpao sambil adu banyak, dan besoknya disekolah pamer2 dah ke temen2 dapet berapa banyak...

kayanya semua anak2 kecil gitu deh rata2..;p

Skrg situasinya gw sama kayak lu, kalo menjelang sincia pusing mendadak krn mesti siapin bbrp angpao buat sana-sini..
tus krn anak gue masi dlm perut, ya blon ada pemasukan juga nih gue, hahaha...

kalo malem sincia gue suka suasana dirumah gue, soalnya ada kembang sedap malem yang dibeli nyokap gue, semerbak wanginya keseluruh rumah, tus ada banyak permen dan makanan2 tersedia, sama ada pohon apa sih tuh yg bunganya merah2 buat gantungin kertas angpao tuh...

tp gapapa viol, gue percaya kalo kita banyak memberi, akan banyak menerima juga...
*tp sodara nyokap gue gak 13 sih viol* kakakakaka....

- manda ayah buat toriq - said...

xin cia itu mirip kalo muslim lebaranan ya?
di rmh bersih2, ngecat pager,ngecat tembok, pasang bunga sedap malem, biar wangi, ga lupa kue2 kering juga disiapin di meja tamu

Viol, klo suami pulkam, ato mertua dateng kesini pasti ga lupa deh bawa kacang tojin, ehm...asin yeahhh rasanya.....hihihihi
tapi kalo kripik pedes mah, ga nolak deh..hehehhe

ok, nunggu xin cia juga niy
biasanya suka dapet kue2 kering dari counterpart......ikkikikiki

.:acen147:. said...

wah, sama kaya' Lebaran nih.

waktu gw kecil dulu, gw juga seneng, karena selalu dapet angpau tiap Lebaran. trus duit angpaunya gw setrikain, gw simpen dalam dompet baru. seneeeng deh.

eh giliran uda kerja (walopun blm merit), gantian deh gw yg kasih. ngasihnya ke sepupu2 gw dari nyak babe. mana nyak itu 8 bsodara, babe 8 bsodara. untung keluarga babe gak semua Lebaran, jadi gak banyak yg harus gw kasih. hihihi.

sekarang uda merit pun, ditambah lagi ponakan2 dari keluarga Mas Adi... yg campur2, ada yg Natalan, ada yg Lebaran... huaaaa bokeks.

nyak babe-mami papi juga kecipratan rejeki tiap Lebaran atau Natalan. dan bagian mereka tentu yg paling besar daripada yg lain.

gw juga pernah mengeluh sama nyak, duh tiap Lebaran/Natalan, bokeeeekkk... tapi trus nyak gw nasehatin (sama percis spt nasehat nyokap lu): sekali2 laaah, justru bersyukur kamu bisa kasih angpau, tandanya kamu masih dilimpahi rejeki.

amin daaah... :)

Pucca said...

@nat: ternyata sama ya nat, iya bener ada pohon sakura gitu kan yang digantung2in angpau..ada bunga sedap malam juga, ternyata dimana2 sama ya :D ** toss nat ** yang sama2 blom ada pemasukan :P

@manda: iya bener, kaya lebaran gitu, tahun cinanya kalender cina. doyan kripik pedas ya? nanti gua bagi deh kalo ada ya :)

@acen: disetrikain sus? haha..gak takut gosong kikik :P
iya, selain kasih anak2, kasih ke orang tua juga, isinya berkali2 lipat pasti hehe :P

Alvina said...

Viol... kisahnya sama niy kayak gw, masih kecil selalu menantikan datengnya sincia atau konyan.. dari malem udah pake pijama baru, besoknya pake baju baru serba merah, trus bertamu ke sodara2, trus xong xi fat cai, dapet angpau deh, sampe tebel tas gw, hehehe.. Dan... sekarang sama seperti lo, sodara bokap gw 10, nyokap 7, udah pada punya anak dan cucu pulaa, hehehe... sekarang tas gw juga tebel sama angpao, tp untuk dibagiin, hehehe... tp gpp deh setaon sekali membagi kesenangan, namanya juga tradisi...

sakuralady said...

wakakaka.. siapa menabur siapa menuai.. kabur aja pas sincia viol..
liburan kemana gitu.. wakakaka..
becanda dink, tapi kalo mo beneran, ya uwes..

LitZ said...

sincia... untung g masi dapet angpao =))
btw dari dulu klo sincia, sekolah g selalu aja ada alesan liburnya.. dibilangin ga ada libur sincia, tp entar tau2 ada rapat guru... or ada kegiatan apa...ujung2 libur juga =))

ngmg2 soal sodara bokap nyokap... papa g 10 bersodara..mama juga.. Huahahah total 20!!!

raddie said...

ahem, numpang liwat...:D:D

lha saya, tante2 om2 dari nyokap ada 9 orang, seorang punya anak 2, jadi sepupunya 18...tiap sepupu udah pada punya anak minimal 1 biji...auehuaheuaheuhae...

makanya jadi jarang pulang indo kalo pas sin cia...wakakkaa...

Arman said...

iya bener lho, sejak married jadi tekor angpao ya. untung sejak kita married, begitu sincia langsung udah ada andrew.

jadi kita tetep untung jadinya. soalnya angpaonya andrew total2nya lebih gede daripada yang kita keluarin. hihihihihi.

tapi payah deh sincia ntar gak dapet lagi ya... :P

btw sincia tgl berapa sih? februari pertengahan ya?

Pucca said...

@alvina: haha..bener vin..tas gua juga tebel sekarang disumpelin angpau. kalo dulu perginya kosong pulangnya tebel, kalo skarang perginya tebel pulangnya kosong haha :D

@sakuralady: kabur?? mau..hihi..tapi takut diomelin kikik :P

@litz: haha..selamat deh litz, siap2 aja deh kalo lu udah merit, eh si steph sodaranya brp tuh? :P

@raddie: nah ini dia yang gak mo bagi2 angpau ya hehe :P

@arman: untung man? asik banget sih lu, ga pernah merasakan kaya gue donk. bikin satu lagi gih man, supaya untungnya lebih gede huahaha :D sincia tanggal 7 feb man :) lu merayakan gak disana?

angel said...

sama ni viol bakalan bangkrut bln depan, tahun ini th pertama gue bagi2 angpau... Sodara mama gue 12, rata2 anaknya 4, udah gtu sodara papa 6.. more or less musti siapin kira2 50 angpau..huak huak...

suasana sincia emang rata2 begitu yah..hihihi..cant wait deh.. bukan utk bagi2 angpaunya tapi utk menyantap makan2 nya..hahaa

Pitshu said...

pitshu sepi juga nih, ga ada yang ngasih angpao, soalnya udah gawe hahaha ^^

cici - cici ada yang mau kasih pitshu angpao ^^

Fun said...

wuah enaknya yak dulu kecil punya sodara sebanyak itu...gw dari nyokap cuman 3 doank.. hikshiks jadi sepi angpau deh..hehe :)
gw blm merit aja skrg dah ditodong angpau karena katanya gw dah kerja..hehehe paraaaah.. :)

Pucca said...

@angel: satu lagi yang nasibnya ama gua hehe..saatnya menabur ngel :P

@pitshu: ckckck..ini anak udah tau orang susah malah minta angpau lagi.

@fun: ada enaknya ada nggaknya fun..percaya deh :P

Anung said...

adoh tante viol.. dikau merusak kebahagiaan ku.. baru anung senyam senyum membayangkan sin cia dpt angpao segambreng dr sodara mama n pap..

baca ne posting jd nyadar..

itu tuyul tuyul kecil pas anung uda merid bujug dah banyak bener wakakkakaka...

Pucca said...

wakaka nung, bagus donk lu udah tau nasib lu di masa depan hihi :P jadi nanti tiba saatnya lu gak kaget lagi haha :P

Arman said...

oh tgl 7 feb ya...
hmmm gak tau ya disini merayakannya gimana.. yang pasti sih kagak libur. hehe.

tapi keamren ini cousin nya esther sih ada bilang katanya bakal ada bazaar dalam rangka sincia. gua gak tau juga dah kapan persisnya.