Medical Chek-Up

Hari selasa besok kantor gua udah mo medical chek-up niy. Males deeeh..mo diambil darah lagi. Entah kenapa kantor gua ini getol amat tiap tahun chek-up karyawannya.

Banyak orang malah mau ya ada yearly check-up gini. Tapi kalo tiap tahun bosen juga tau. Tiap tahun diambil darah..uughh. Tapi yang dicek juga itu2 aja, yang standar2 aja. Kaya SGPT/SGOT, kolesterol, tensi, periksa mata, cek urine, EKG, rontgen, apa lagi ya..gak inget, pokoknya gitu2 deh.

Dan tiap tahun untungnya hasil gua oke2 aja tuh :) Yang deg2an palingan kolesterol doank. Karena biasanya suka nyerempet2 haha. Tahun lalu standarnya 200, kolesterol gua 199 :D Mayan..masih lolos hihi. Coba kalo yang dicek yang gak standard, pasti gua banyak deh sakitnya :P

Sebenarnya bisa sih kalo mo minta tambah pengecekan, nanti biaya tambahannya dipotong dari limit medical. Tapi tiap gua bilang ke dokter mo nambah, pasti hasilnya begini deh:

"Dok..saya mo tambah donk." *_*
"Hasil tahun lalu bagus gak?"
"Bagus dok."
"Ya udah, gak usah tambah kalo gitu."
"Huuuu... T_T"

Kemaren juga begitu kejadiaannya. Padahal temen2 gua ada yang tambah cek diabet, asam urat, tapi gua gak dapet..hiks :(

Trus herannya, tiap tahun masih aja dicek tinggi badan, emang kita masih bisa tambah tinggi ya? Udah tua dewasa gini gitu looo..mana mungkin sih masih bertumbuh ke atas? Kalo bertumbuh ke depan dan ke samping sih mungkin hehe.

Trus ada juga cek buta warna. Nah..ini juga mengherankan. Emang bisa ya..yang dulunya gak buta warna eh tiba2 jadi buta warna? Ugh..aneh! Apa mungkin udah paketnya begitu ya..jadi mau gak mau harus diambil.

Nah, mulai tahun lalu ada pengukuran lingkar perut juga. Sayangnya gua gak inget berapa ukuran gua tahun lalu. Boleh tuh dicatat, berapa cm penumpukan lemak gua di perut bertambah tiap tahunnya hehe. Seberapa aktif sih lemak2 di perut gua ini membelah diri hihi. Kalo kemaren, hasil ukur lingkar perut gua 70 cm. Gak tau tuh bagus atau gak, gak ada standarnya sih.

Trus mulai tahun ini ada jenis pengukuran baru, yaitu pengukuran body fat. Baruuu aja gua rasanya baca di blog susi soal pengukuran body fat ini, trus gua komen pingin tau berapa body fat gue. Eh..tau2 tahun ini ada pengukuran body fat di kantor gua hehe. Kebetulan banget kan ya? :D

Jadilah gua kemaren ama sesama cewe2 masuk ke ruangan dokter dengan semangat 45. Eh, taunya sampe sana cewe2 itu pada kagak mau diukur duluan. Ya elah..mo ukur body fat aja malu2..gimana sih. Yasud, gua yang maju duluan. Ngukur body fat? Siapa takuut... :P

Masukin tinggi dan berat badan, trus pegang alatnya dengan tangan diluruskan ke depan. Aneh lo alatnya ini, rada takjub gua liatnya..kaya remote xbox gitu..beneraaan..kikikik..tapi lebih gede dikit. Tunggu beberapa detik, disarankan sambil senyum2 liat monitornya.. ** beneran gua senyum2 supaya hasil gua bagus :P **

Abis itu..tuingg..keluar deh angka body fat gua. Tertera... 28.1%

Okelah kata dokternya, kalo buat cewe dibawah 30 masih bagus. Horeeee.. :D hasil gua bagus. Setelah semua selesai, ternyata gua mendapat juara 3! Juara 1 hasil ukurnya 25%..wuauw *_*..bagusss..emang cewe ini langsing lo :D

Tapi ternyata, orang yang kurus blom tentu body fat-nya rendah lo. Ada cewe yang lebih kurus dari gua, tapi ternyata body fat-nya 29,6%. Nah..bingung kan. Menurut dokter, body fat itu adalah lemak2 dalam tubuh yang tidak bergerak. Tapi kalo orangnya kurus bukannya lemak tidak bergeraknya juga lebih dikit ya? Binyun...

Abis cewe2, cowo2 deh disuruh ngukur. Katanya, kalo buat cowo2 bagusnya sekitar 20.
Trus cowo2 pada protes, "Huuu..kenapa kita harus 20 sih dok, cewe2 boleh 30?"
Gua jawab aja, "Karena di cewe tuh emang ada bagian2 tertentu yang boleh berlemak :D"
Cowo2: ** melongo :O ** kikik..beneran gak sih? hihi..gua asal jawab ajah wuahaha :D

Satu persatu cecowo itu diukur..ada yang kurus..ada yang gemuk. David hasilnya 21.2% lo. Lumayan bagus, perhitungan sementara dia mendapat juara 2, karena ada temen gua yang kurus banget n hasilnya cuma 18.5% hihi. Eh, abis pengukuran selesai..ternyata dia tergeser menjadi ranking 4. Udah gak dapet juara lagi. Juara 1-nya dapet nilai 15%! :D

Tapi, sebagian besar sih hampir 30 gitu..ada yang 26%, 28%, bahkan banyak juga yang lebih dari 30%. Konon, kata dokternya ni..si ade ray body fat-nya hanya berkisar 6% saja waktu diukur pake alat ini!

Trus kata temen gua yang body fat-nya 30%, "Ade Ray mah bina raga. Kalo lu bina rangka." Hahaha..lucu banget..gua ampe ketawa gak brenti2 :D

Yang gua gak abis pikir, kok bisa sih kita cuma pegang alatnya trus dia bisa ngukur body fat kita?? Logikanya gimana tuh? Kalau berdasarkan tinggi dan berat badan juga gak mungkin, karena ada temen gua yang kurus tapi body fat-nya tinggi.

Apa pegangannya itu menjalarkan gelombang elektromagnetik lewat jari2 kita dan masuk ke dalam pembuluh darah kita..mendeteksi semua lemak2 tak bergerak dalam tubuh kita?

Atau kalau kita kuat megangnya, berarti kita berotot dan lemak kita dikit. Sebaliknya kalo megangnya lemah berarti gak bertenaga, ototnya dikit dan lemaknya banyak?

Itu adalah teori2 gua yang begitu dikeluarkan langsung dibantah oleh anak2 di kantor hehe. Tapi, tetep aja mereka juga gak tahu bagaimana kerja alat itu. Ada yang tau gak alat itu gimana cara kerjanya? Gua penasaran nihhh... :P

15 comments:

Anonymous said...

*boiink :D
wahh..asik amat dapet tunjangan medical chek up.. emang perlu banget MCU ini, soalnya biar bisa ngontrol... q blon pernah.. tatutt.. ^^

Anonymous said...

wah bagus hasilnya. Berat juga normal ya? kiong hi ho.. :P
Di FF ada yg sejenis gitu juga, coba tanya susi sapa tau dikasi tau cara kerjanya ama PTnya.. huehue

Arman said...

wah bagus tuh company lu. ngasih cek up tiap taun. di tempat gua dulu boro2 dah. kita cek up ke rs juga kagak boleh reimburse. payah kan.

jadilah gua sampe sekarang gak pernah cek up. serem yaaa...

Pucca said...

@elmo: iya sih..dipikir2 bagus juga bisa ketauan hasil kita gimana..jadi kalo jelek bisa dijaga dari sakrang :)

@sakura: iya ni..normal2 aja untungnya. iya nti gua tanya susi deh, tapi dia lagi sibuk skarang.

@arman: cek up sendiri juga gak boleh claim ya..makanya males..skarang lu udah bisa cek up donk disana man.

Anonymous said...

haduh viol...membuat gue ngiri aja baca nih postingan, secara gw jg baru posting ttg medical allowance. Tapi klo MCU ini pernah jg ada yg free disini, tapi ya sama ky elo yg basic2 doank.tapi yg gw ga ngerti smp skrg wkt itu tapak kaki gue sampe di ambil loh cetakannya.. gak ngerti jg buat apaan..haha..

Anonymous said...

tanya dokternya donkkk.... kalo perlu lu kul kedokteran gih biar puas dapet jawabannya :)

Pucca said...

@angel: ambil cetakan kaki? untuk mengetahui pertumbuhan kaki kali ngel? siapa tau besok2 udah tambah panjang hehe :P

@fun: fun..saran lu susah amat sih..dokternya senyum2 aja waktu ditanya..dan gua gak mau kuliah kedokteran cuma buat tau jawabannya..plis deh :)

Anonymous said...

tapi bagusan perusahann gitu dong, check up klo bayar sendiri mayan juga kan.. at least klo check up rutin ada apa2 ktia tau secara dini...

Pitshu said...

g lom pernah yang namanya medical check up, apa lagi semenjak di jakarta g jarang penyakitan sih! hehehehe ^^. Amin.

keknya fat g gede dech! g kan makanya daging doank kekekekeke...

Pucca said...

@leli: iya sih ya..bisa deteksi dini gitu..gak yang tiba2 nti kaget tiba2
stroke atau lever.

@pitshu: sekali2 boleh di check pit, kalo ternyata bagus ya gak usah sering2 dikontrol hehe..
blom tentu kok fat lu gede, apalag lu kan kurus :)

~~ Mel T. ~~ said...

Mberrr...bener tuh kata si dokter.Dulu aku juga punya teman kurus tinggi tapi fatnya lebih banyak dia.Nah sekarang kayaknya gue yg kebanyakan fat lah...hoahaha...lah banyak fat kok bangga ya..ihikss

Anonymous said...

wahh bagus dong ada med-check dari kantor? kalo med-check sendiri kan mahal..
ngomong-ngomong lingkar pinggang buat cewe kalo nggak salah standar-nya 70cm dan cowo itu 80 dehh..
keep healthy living yaa..!!

Pucca said...

@mel: blom tentu kan mel..disana kalo musim dingin mungkin tubuh akan menimbun fat..tp kalo musim panas otomatis langsing lagi bukan? :)

@cinthya: sumpe lu cin? standarnya 70? huahaha **ketawa setan** jadi maksudnya perut gua gak ndut nih..ah masa sih ya..perasaan ndut deh :P kalo beyonce itu gua kira cuma 60 deh.. **buset dah..bandingin ama beyonce wakakaka :P**

Unknown said...

eh enak tu medical check up gratis tiap taon. gue jg pengen.

kl body fat gue 25.3.

Pucca said...

@limmy: lu kurus sih ya lim..tiap pagi sore jalan naek tangga penyebrangan..malem disedot dhika..gak heran lemak lu dikit hihihi :P