Komputer yang Melelahkan

Hari ini si david bete seharian. Haiyahh..ini gara2 tante gua ni. Katanya minggu lalu pas ada petir tiba2 internetnya mati, dan skarang modemnya gak nyala. Gua disuruh dateng liatin.

Haahh..males bener gua. Soalnya ini bukan yang pertama kalinya. Entah sudah berapa kali kita disuruh dateng kesana buat liatin komputernya yang beginilah..yang begitulah.

Petama2 sih masih okelah, dia kan gak ngerti komputer, maklumlah tante2. Tapi, lama2 capek juga gua. Gak tau knapa itu komputernya banyaaaak banget masalah yang aneh2.

Dulu waktu beli komputer itu aja, gua disuruh2 ikut ke mangdu. Padahal kan gua paling males ke mangdu. Ya udah, gua bela2in deh temenin. Padahal tadinya cuma minta spec aja. Udah dikasih spec malah minta ditemenin, takut diboongin katanya.

Walah..diboongin atau nggak kan gua juga gak tau ya. Kan kita gak tongkrongin dia ngerakit satu2. Tapi akhirnya skarang, itu komputer kalo hang dikit aja, gua dipanggil deh, haeshh..capek ati.

Nah, kemaren ni gua udah capek2 pulang kantor, gua sempet2in ke rumahnya ngecekin modemnya. Kayanya emang rusak tu modem. Ya udah, gua suruh dia beli baru aja, ama panggil orang fast*netnya.

Eeh..pagi2 ini dia telpon lagi, katanya sekarang komputernya juga gak mau nyala. O.mai.god! Ada apa lagi ini? Gua sampe males angket telpon jadinya kalo gini. Gua juga gak enak kan nyuruh2 si david terus.

Ya udah, gua suruhlah dia bawa komputernya ke rumah gua. Dibongkar2lah ama david sambil terus ngoceh2 kalo waktu liburannya yang mestinya buat istirahat juga mesti ngecekin komputer orang.

Baru dicek bentar, udah ketemu penyebabnya, yaitu cpu fan-nya rusak. Kata tante gua dia mo beli di binus. Ya udah, kita kasih contoh fan-nya buat dibawa jadi gak salah beli. Tapi ternyata masih salah beli juga. Trus katanya di binus banyak yang tutup, si david tolong beli di mangdu aja.

What..?!?! Ke mangdu siang2 panas begini, si david aja ampe bengong gak bisa berkata apa2. Nasib..nasib.. :( Trus gua suruh si david ke binus aja, siapa tau ada, tante gua kan gak ngerti. Mungkin aja ada toko yang kelewat.

Ya udah, si david ke binus, untung ketemu fan yang cocok. Ternyata ini orang mangdu jahat juga ya. Fan asli processor-nya dituker ama dia. Malah yang si david beli di binus baru sama ama gambar di mother board-nya. Dan ada tulisan intel-nya. Yang sebelumnya gak sama.

Trus dicoba2 pasang gak bisa pulak. Heran..kok fan yang lama ada ulirnya, sedangkan fan baru gak ada ulir, jadinya gak bisa dipasang. Ternyata, itu di lobang mother board sengaja dipasangan ulir ama dia buat taro fan palsu. Jadi supaya fan baru bisa dipasang, ulir di mother board mesti dibuka dulu. Dan untuk buka ulir di mother board, mother board-nya harus dicopot dulu dari casing.

Haaahh..capeknya. Bener2 niat ya orang mangdu itu..dasarrr!!

Udah gitu, itu komputer jorok bener. Banyak spy ware, banyak virus, ugh..bener2 gak terawat deh. Dibersih2in dulu ama si david. Trus dicoba colok ke modem gua, ternyata jalan internetnya. Berarti bener, modem tante gua itu yang bermasalah.

Trus lagi, tante gua pernah komplen katanya lampu merah ama ijonya kebalik. Ya udah, si david benerin sekalian lampunya, tanggung udah dibongkar.

Eh abis itu, komputernya blue screen. Gua bilang coba lampunya dibalikin lagi. Tapi david gak percaya, mana ada hubungannya blue screen ama lampu. Tapi, karena udah dicoba2 ama dia gak bisa, dibalikin juga lampunya.

Dan..sejak itu gak blue screen lagi!! Bener2 komputer yang aneh.

Ampe sore tuh, si david bener2in komputer itu. Begitu selesai, dia langsung happy. Tapi ternyata, kesenangan dia gak bertahan lama. Masalah emang selalu datang beruntun :(

Abis komputer itu kelar, giliran komputer gue yang gak bisa internet. Dugaan pertama, mesti telpon ke fast*net minta reset. Soalnya tadi sempet dicolok ke CPU laen kan, siapa tau mesti di-reset dulu. Udah nelpon lama ama orangnya, dan setelah restart komputer berkali2, ternyata masih gak bisa.

Network cable unplugged melulu. Sampai saat ini, si david udah bete tingkat tinggi. Kalo diliat pake mikroskop mungkin ada asap2 keluar dari kepala dan idungnya.

Setelah dikutak katik sana sini, skarang sih akhirnya bisa internetan. Tapi gak pake LAN yang seharusnya. Kalo pake yang ini, kata david cuma 100 Mbps doank. Mestinya pake yang satu lagi. Tapi, yang itu network cable unplugged trus.

Tadinya sih dikira kabel networknya. Tapi, buktinya bisa ni skarang, brarti bukan kabelnya donk ya. Trus kenapa tu gak bisa pake yang biasa?

Ahh..entahlah..yang penting si david udah stress dan dia lagi tidur skarang. Menurut gua sih yang ini juga cepet kok, gua gak berasa lambat. Tapi, ya ada icon silang merah aja di taskbar yang menggangu pemandangan.

Hah..sampe kapan ni penderitaan gua berakhir. Awal long weekend yang melelahkan ni. Mudah2an besok modem tante gua sukses deh dipasang ama teknisinya. Kalo nggak, bisa ngengek2 lagi ke gua.

CPU tante gua masih di tempat gua ni. Tadi gua mo anter, dianya lagi pergi. Emang susah ya, punya komputer tapi gak ngerti komputer. Apalagi dia ada koneksi internet, makin gampanglah terinfeksi virus mematikan.

Tante gua itu gak punya anak cowo sih. Jadinya gak ada yang ngurusin komputernya. Cepetan deh anaknya yang cewe itu punya pacar, jadi bisa dimintain tolong kalo komputernya masalah lagi hehe :P

Tau gak ya pas gua ketik2 ini, eh..listrik rumah gua mati. Gua udah takut aja ilang. Untung sekarang draft-nya kesimpan otomatis hehe, jadi masih ada ni postingan gua. Kalo beneran ilang, mungkin gua gak jadi posting deh ah, cape ngetikinnya lagi. Lagian mood-nya juga udah ilang hehe :P

Semoga tante gua ini gak pernah masuk ke blog ini ya hehe. Kalo dia tau gua ngomel2 disini bisa dipecat jadi keponakan gua :P

19 comments:

Arman said...

huahahaha kasian si david.
lagian vi, kalo si tante punya anak cowok juga belum tentu anaknya ngarti komputer toh.. :P

contohnya gua nih... gaptek juga. apalagi kalo sampe urusan hardware,ya jelas gak ngerti dah.. :P

Pucca said...

@arman: tp kan setidaknya lu ngerti bhs inggris man. jadi kalo ada pop up aneh2 gitu, lu pasti klik 'no' kan.
nah kalo dia..bisa aja kalo ada pop up virus di 'yes' semua haha :D

Anonymous said...

Hahahaha, wah repot juga yah, vi, kalo tiap ada masalah dikit2 dipanggil mulu. Bisa2 anti si David ama tante lu.

Anonymous said...

heheehehhe kalo tante loe baca postingan loe ini, bisa aja nanti dia ga suruh2 loe lage... :)
bisa aja kan??? sapa yang taaauuu?? :)

Pitshu said...

hahaha... kadang sodara juga suka begitu, di kira kita teknisi apa yah! untungnya sodara, tante, sepupu dll pada tau sifatnya g, jadi jarang ada yang nyuruh g wakakakak :D

Pucca said...

@esther: iya..tadi pagi dia udah dipanggil lagi tuh..kasian ya dia hihi :)

@fun: hmmm..iya juga sih fun, jadi enaknya gimana ya haha :P

@pitshu: ajarin donk pit..gimana caranya tuh supaya gua gak disuruh2 lagi :)

Anonymous said...

pasang muka jutek jeng ahahahahahh..

gw jg gak ngerti compu, Maik juga sama kek bininya tp mending dia dah masih ngerti dikiiiittt wekekekekekekkk..

kl ada masalah sm compu gw pasti manggilin adek gw dan dia pasti dateng dgn catetan gw sediain lemper, bakpao atau snack2 indo yg laen dan segelas teh, nyogoknya gampang kan? huehehehehehhhhh..

Nn said...

waduhhh, si David itu termasuk sabar dan baik loh, Vi, meski kesel masih mau ngebenerin... kalo Rudi mah bisa2 dilempar kali tuh PC, abis nyusahin gituu...

Tips niy supaya tante lo agak sengen minta tolong lo lagi, lama-lama-in aja benerinnya... atau pura2 sibuk ajah... hihihi...
Trus lo kasih tau donk, kalo ada pop up jangan main 'yes' ajah... hihihi...

Anonymous said...

kaya tante gbanget viol..ha ha..dah tinggalnya jauh coba:citra garden, daku di sunter. abis dey, ha ha.. ga enaknya, ketergantungan, mungkin beliau berpikiran kul komputer,semua yg berhub komputer pasti tahu. sampe pesen tiket airasia juga minta dipesenin beberapa kali+ punya temen2nya.. mabok sayah..
Diajarin ke anaknya, malah anaknya ga mau bantuin mamanya, so tetep deh langganan ke diriku..
isi airasia khan banyak, udah gitu khan kalo mo yg murah terus dah ke take, ga dapet lg, ga dimaklumi.. huahua..
Ya mendingan dibilangin agak tegas aja kali ya viol? atau perlu dibuatin dokumentasi gitu.. he he..

Pucca said...

@yulia: gua masa tadi disogok ama bagelen yul. walaupun gua doyan, tetep aja enakan gak usah dah hehe :P

@alvina: buset, galak amat si rudi, maen lempar pc orang haha. si david juga mungkin ada napsu pingin ngelempar kali vin, tapi inget2 nti mesti ganti, akhirnya gak jadi kali hehe.
udah pernah gua bilang vin tp tetep aja byk masalah :(

@sakura: wah, nasib kita mirip bgt, gua juga langganan dititipin tiket airasia ama temen2 bokap gua. mana susah ya, pesen tiket online itu kan harganya berubah2 mulu, trus isiannya byk..pasti lu ngerti deh penderitaan gua..org nasib kita sama ihiks..

~~ Mel T. ~~ said...

wkwkwkw....ntar gue malah laporin ke tante loe loh ya biar dipecat jadi ponakan...xixixi.Tapi kan kata loe si tante kaga ngerti internet,jadi mana taulah itu si tante kecuali loe kasih tahu blog loe kepadanya atau anaknya...xixixix

Anonymous said...

weee..bener-bener kebayang ribetnya perbaikin tu komputer..aduh kasian banget liburan malah ngutak ngatik kompie.. kok jahat banget ya orang yang jualan itu? ck..ck..

Pucca said...

@melani: tumben lu sempet bw..gimana kue2nya? udah dimakan blom si barbie? :)

@elmo: iya gitu deh..emang orang jualan itu seringnya jahat.

Unknown said...

hahahaha gue lgs ngakak baca cerita lu ini viol.
soalnya nasib gue dan adi ga jauh beda sama lu dan david. mentang2 kita anak binus. lgs dipukul rata semua masalah komputer carinya ke kita.

tuh si adi dulu pernah rekomen spec komputer ke sodara jauhnya. skrg tiap ada masalah, adi yg dicari. masih mending kalo cm tanya masalah komputer, ini malah sekalian minjem mobil utk bawa komputernya. alasannya susah bawa pake motor. bete kelas berat juga ga tuh?

Pucca said...

@limmy: bener lim, nasib anak binus niy..kapan ya error di komputer ini jelas gitu, misalnya kalo fan yang rusak, errornya: fan rusak..trus kalo memory yang rusak muncul pesan: memory rusak..jadi orang yang baca lgs ngerti hehe :P

Anonymous said...

hahaha kalo ditaroh telur langsung mateng ya

Pucca said...

@leli: bisa jadi hihi :)

-mandayandalove2T- said...

jadi inget sama bosnya suami gue tuh Viol, dia kan kalo mo beli barang2 kek pc, hp, printer atau gadget lain kan tuh maunya dianter sama suami gue....eeee laginya rusak,manggil deh , ina inu bla bla bla....yaaa...untungnya ada duit capek siy...tapi keknya jadi
"lifetima guarantee" gitu ya?
wkwkkwkwkkwkw

Pucca said...

@manda: hmm..kalo ama keluarga gak ada duit capeknya itu lo sof haha :D