Little Bird

Pada suatu hari, waktu gua mau keluar siang2 dari kost ijo gua di kemanggisan..pas buka pintu pagar, mata gua tertumbuk pada suatu benda coklat kecil yang tertonggok di lantai.

Apa ini ya? Gua picing2in mata gua supaya jelas, soalnya hari lagi panas2nya, silau man.

Ternyata seekor burung gereja, tergolek tak berdaya disitu, tak bergerak. Haaa..apakah dia sudah mati? Gua liat baek2, benar..kayanya udah mati. Gak bergerak sama sekali.

Kok bisa mati ya? Gak terlihat ada luka2, masa tiba2 bisa jatoh dari langit trus mati disini sih?

Trus gua jongkok, gua taroh makhluk kecil itu dalam genggaman gua. Kaku. Dingin.

Tapi, tiba2 mata gua menangkap adanya gerakan perlahan dari dada burung malang tersebut. Perlahan tapi pasti, burung itu ternyata masih bernafas. Wuaaa..masih hidup!!

Gua langsung masuk lagi ke kamar kost. Burungnya gua taro di ranjang. Trus bingung, mo diapain ya ini burung? Karna badannya dingin, gua berasumsi mungkin dia kedinginan. Jadi gua ambil lap bersih, gua bungkus burungnya pake kaen lap.

Trus abis itu apa? Kalo ini anjing atau kucing sih pasti udah gua bikinin susu. Tapi kalo burung? Burung sakit makannya apa ya? Gelap gue.

Padi? Gak punya.
Beras juga gak ada. Maklum anak kost.
Jagung? Gak ada juga.
Gua gak punya segala macam biji2an deh.

Mikir...mikir...ayo cepetan mikir, nanti burungnya keburu mati!

AHA!!

Akhirnya gua mendapatkan ide. Yang sampai hari ini pun gua menganggap gua jenius banget waktu itu wuahaha :D

Di kala lagi panik, ternyata gua masih bisa menemukan ide brilian!
Kenapa gua gak kasih madu aja? Madu kan gampang ngasihnya. Tinggal cekokin aja ke mulutnya. Trus madu kan bagus buat menambah energi dan memperkuat stamina.

Yakin deh, abis minum madu pasti burungnya sembuh dan bisa terbang lagi. Gua senang sendiri abis menemukan ide hebat ini.

Untung gua ada sedia madu di kost, gua emang doyan sih minum madu dari kecil. Supaya gak buang2 madu, gua coba dikit2 dulu, liat dia bisa minum gak.

Gua taro madunya di sendok, campur aer dikit. Trus gua pegang kepala burungnya, gua buka dikit mulutnya, gua cekokin deh madu ke mulut si burung.

Eh..dia doyan ternyata. Lehernya glek..glek gitu. Berhasil..berhasil :D

Gua bikin lagi madunya, minumin lagi ke burungnya, sampe dia kenyang. Trus burungnya bobok deh. Gua pegang dadanya, masih bernafas, trus badannya udah lebih anget.

Istirahat deh burung kecil, gua mo pergi dulu ya. Gua tinggalin dia di kamar, trus gua kunci deh pintunya.

Sempet kebayang sih, gimana kalo gua pulang, dia udah sehat trus eek2 di kamar gua. Nti kamar gua penuh eek burung donk. Gimana ya..kalo gua taro di luar nti dimakan kucing. Ya udahlah, biarin ajalah gua kurung di kamar, mudah2an dia gak kepengen eek waktu bangun nanti.

.....

Sepulangnya gua, gua intip eh burungnya masih ada lo. Masih terbungkus kaen lap hihi. Gua deketin, gua buka kaen lapnya, dia kayanya langsung bangun gitu. Trus dia berusaha jalan loncat2 kecil. Bisa dia sekarang.

Begitu tau dia bisa jalan, dia langsung terbang. Gua langsung panik mode on. Soalnya burungnya sibuk terbang2 di kamar gua trus kejeduk2 plafon. Oii..jangan terbang donk, nti kepentok2 pingsan lagi. Gimana sih ini burung.

Gua takut aja dia terbang2 gitu, trus energi madu yang gua minumin tadi abis. Trus dia pingsan lagi deh.

Mungkin dia tau kepalanya sakit kepentok, akhirnya dia diem, ngumpet di bawah meja. Ya elah, capeee deh. Gua tangkep burung nakal itu, lari sana lari sini gua kejar. Abisnya kan kamar kost gua segitu2 aja gedenya, bisa lari kemana sih hehe :P

Begitu dapet, dia masih meronta2 lo. Artinya dia udah kuat ni. Emang sih, badannya udah anget gitu. Sayapnya juga udah kuat. Udah gak keliatan kalo tadi ampir koit.

Ya udah, gua bawa ke luar ke tempat gua pertama menemukan dia. Trus gua angkat tangan gua ke atas, perlahan2 gua buka genggaman gua. Lalu dalam sekejap mata, terbanglah si burung.

Selama beberapa detik kemudian, gua masih liat2 ke langit, tapi dia udah gak keliatan lagi.

Terbanglah my little bird..fly high to the sky...
If anything happens to you, remember this home, I will always take care of you..

Gara2 tadi pagi gua ngeliat ada burung gereja kecil loncat2 di halaman sambil bawa2 ranting di paruhnya, lucu :)
Gua jadi inget kenangan gua dengan burung itu. Nostagia deh gue hehe.

PS: Gua rada serem sebenarnya post cerita yang ada kata2 burungnya, gua takut nti ada orang search di google yang kagak2, tau2 masuk ke blog gua wuahaha :D

18 comments:

nat said...

betapa muliaa hatimu nak viol...hihi..

tuh burung pasti berterimakasih deh ama lu dirawat gitu..

kok gua jadi inget dongeng2 waktu gua kecil ya, yang tentang putri yang merawat burung sampe akhirnya sehat dan bisa terbang lagi itu...

- manda ayah buat toriq - said...

ckckckck bukan main halusnya budi pekertimu sayanggg.......hehehhehe

itu burung someday pasti mampir2 deh ke rumah lagi...

anw, kata kunci yang dipake enggak musti burung kan ya? elu ada2 aje deh ahhh.....gue geli sendiri niy
eh jadi ga ya dibrangus program2 parni oleh pemerintah ituhh...hihihihi

angel said...

hahaha lucu deh gue baca crita elo..beneran kaya dongeng, tapi ada komedi2 nya, gue sampe berpikir mungkin burungnya jatuh gara2 ketabrak pesawat hahaha..
tapi si burung bener2 beruntung ketemu elo yah...

Pucca said...

@nat: aih..senangnya gua dibilang putri hihi :P

@sofie: siapa tau sof, burung kan kata2 berbahaya haha :D
gak tau tuh jadi kagak ya, gua sih gak yakin bisa hehe.

@angel: ketabrak pesawat? burung gereja gak mungkin terbang setinggi itu lagi ngel :)

Pitshu said...

g kira sekarang lo masih nge kost hahaha :D

Arman said...

wah lu baik banget ya... :)

Anung said...

dan beberapa tahun kemudian, datanglah seorang pangeran yang berkata bahwa dulu dia pernah dikutuk menjadi burung gereja oleh penyihir jahat. Kutukan itu hanya dapat hilang jika ada seorang anak manusia yang secara tulus mau merawat dan mencintai dia...
Kini sang pangeran pun meminang wanita yang dulu merawatnya ketika masih menjadi Burung Gereja. dan mereka pun hidup bahagia selama lamanya..

ohh.. jadi gitu ya cerita pertemuan tante ama sang suami wkwkwk..

Alvina said...

Jeung Viol, baik banget siy... kayak di film2 Vi... gadis kecil yang menyelamatkan burung dan bahagia selamanya... hehehe

Pucca said...

@pitshu: haha..udah gak pit :)

@arman: kayanya gua emang lebih baek ama binatang daripada ama orang :P

@anung: wkwkwk..lucu lu nung :P
coba itu burung dulunya beneran pangeran yang dikutuk ya hihi..

@alvina: sayang itu cuma di film vin, di kehidupan nyata gak begitu tuh hehe :P

l3l1 said...

wah untung ditemuin ama lu yah.. coba ama kucing.. kasian deh nasibnya ntah gimana sekarang.. tinggal nama 'kali hehehe....

sakuralady said...

haha geli baca comment anung..
tuh burungnya terselamatkan olehmu ya, memang karma baiknya berbuah, ketemu dengan dirimu.. :)

didialim said...

waaaaaa jd keinget hamster yg kmr g temuin --; tp g cuekin huahua abis mukanya ketakutan.. g takut di gigit T______T *merasa bersalah mode* duhhh cuba klo hammy nye ketemu violll betapa bahagianya dia...

Pucca said...

@leli: kalo ketemu kucing langsung dihap hehe.

@sakura: haha..mungkin ya, memang sudah nasibnya ketemu gua :)

@didia: gimana tu nasibnya si hamster skarang?

yulia said...

aihhh baeknya lu Vi ckckck ikut greenpeace aja gih ;)

gw mah serem sm burung suka burung cm sama suitt22nya huehehehh, tp burung yg itu nggak mmhahahahah..
apalagi sm ayam duhh takut di patok, kupu2 gw geli banget, kecoa palagi..hiiyyy merindingggg..

Pucca said...

@yulia: haha yul..sempet2nya lu nyinggung burung yang itu :P
kalo kecoa gua juga geli..takut gua..langsung kabur gua liat kecoa hehe :P

Mei Mei said...

waa dikau kek ne 1 species ma gue. wkakaka gue jg demen hewan2 si. tp yg imoet. kalo sejenis kecoak n tikus n cicak. tengkiu deh --;
gue pernah nulungin kucink sih. uda sekarat gitu. mana masi kecil bgt lage. sebenar ne sih ga gitu demen kucink. tp karna kasian yah di rawat deh karna uda semaput. akhir ne sehat, di lepasin malah ga mo pergi. nyantol di rumah. wkakakka di piara ampe setaon lebih. untung akur ama doggie gue :D tp akhir ne di kasi ke org sih :)

Fun said...

hehehehe baeknya dirimu... gw sich lebih takut berurusan ama binatang.. gw cepet kaget soalnya hehehe :)

hahahahaha sama viol... kadang orang browsing2, malah nyasar ke blog gw karena ada salah satu kata di postingan gw...

Pucca said...

@mei: sama ya kita mei, sama2 suka binatang *toss* :)

@fun: iya, apalagi gara2 pengalaman si arman, jadi gua rada berhati2 :)