Make A Better World

Seperti yang sudah pernah gua ceritain sebelumnya, gua kan sempat mendaftar buat jadi sukarelawan di yayasan Tzu Chi. Nah, selang beberapa hari dari pendaftaran gua lewat website itu, ternyata gua dipanggil lewat imel.

Jadilah tadi siang gua ke ITC Mangga Dua buat menghadiri acara pengenalan para sukarelawan. Ada banyak juga lo yang datang, kira2 sekitar 160 orang. Anak2 muda juga banyak, tapi tetap lebih banyak yang udah berumur sih.

Kita dikasih liat film tentang sejarah berdirinya yayasan ini plus pengenalan dasar tata tertib organisasinya. Gua kirain jadi sukarelawan cuma siap2 tenaga aja pas dibutuhkan, ternyata ada peraturannya lo.

Kita disuruh beli seragam, tapi tadi gua blom beli. Abisan rame bener, males deh ngantrinya. Ntar aja deh kalo udah sepi hehe. Karna gua anggota baru, jadi seragamnya warna abu2 putih. Nanti kalo udah setahun ganti jadi biru putih, udah naek tingkat ceritanya :P

Trus selama memakai seragam itu ada peraturannya juga. Kita harus vegetarian selama mengenakan seragam. Kalo udah dibuka ya gpp makan daging lagi. Katanya seragam itu untuk menghormati jiwa. Jadi selama pake seragam itu, kita tidak boleh makan sesuatu yang berjiwa. Trus kancingnya harus dikancing semua, gak boleh dibuka satupun. Buset kalo panas gimana tuh? Make-up juga gak boleh menor. Trus yang paling gua demen gak boleh merokok hehe.

Karena gua tinggal di daerah jakbar, gua termasuk di bawah wilayah cengkareng. Nanti kalo ada kegiatan sosial, gua akan dihubungi oleh ketua wilayah yang bersangkutan.

Ada beberapa wilayah sih, tapi gua gak ingat semuanya. Ada pluit, angke, tangerang, jaksel, kelapa gading, tanjung priuk, itu aja yang gua inget, laennya lupa :P

Dikasih liat juga slide show foto2 waktu acara kebaktian. Dasar cengeng, gua sempat berkaca2 nontonnya hihihi :P Mana gua kagak bawa tissue lagi, susah deh huuu. Tapi gua lirik2, tante di sebelah gua juga ngelap2 matanya pake tissue hihi..brarti bukan gua doank yang cengeng..gak jadi malu deh :P

Tzu Chi ini adalah yayasan kemanusiaan, tidak mengatasnamakan agama tertentu. Dan sama sekali tidak ada ajakan apalagi paksaan untuk masuk agama budha. Tujuannya murni hanya untuk menyebarkan cinta kasih ke seluruh penjuru dunia.

Tapi karna didirikan oleh bikhuni, jadi ya otomatis ajaran2nya ajaran budha. Tapi gua liat sih oke2 saja, ajarannya bagus. Kenapa kita harus mengotak2an manusia berdasarkan agama, ajaran Yesus juga cinta kasih kan? :) Bahkan tadi gua liat ada yang berjilbab juga lo. Menurut gua, semuanya sama di mata Tuhan :)

Trus disini diajarkan juga untuk selalu berterima kasih kepada orang yang kita bantu, karena telah memberikan kita kesempatan untuk bersyukur dan berbuat baik. Bener juga ya..kita manusia bener2 makhluk yang egois. Kita baru bisa bersyukur jika telah melihat penderitaan orang lain.

Apalagi gua, kenapa gua susah bersyukur ya padahal telah diberi banyak kenikmatan?
Kenapa gua harus melihat penderitaan orang dulu baru gua merasa beruntung, baru mau bersyukur.

Sebenarnya, gua pikir2 tujuan gua masuk yayasan ini bukan semata2 untuk membantu orang lain. Tapi, gua lah yang lebih membutuhkan bantuan daripada mereka.

Gua lah yang butuh untuk membantu orang yang kesusahan..karena gua butuh merasa bahwa gua telah berbuat baik. Gua butuh merasa hidup gua berguna. Gua merindukan perasaan bahagia, damai, dan berarti buat orang lain. Bukan mereka yang butuh, karna mereka sehari2 telah terbiasa berteman dengan penderitaan.

Tapi gua, dengan segala kenyamanan hidup yang gua dapatkan...gua membutuhkan orang lain untuk pembanding. Untuk merasakan bahwa gua lebih beruntung. Untuk membuka mata dan memaksa lidah gua mengucap syukur.

Gua, dengan segala sifat2 jahat di dalam diri gua, butuh mereka untuk menyadarkan gua bahwa hidup ternyata bisa sedemikian susah. Untuk apa meributkan hal2 yang kecil kalau di luar sana orang berjuang untuk hidup. Hanya untuk tetap bertahan hidup.

Gua butuh mereka agar dapat menapakkan kembali kaki gua ke tanah. Untuk tetap berjalan di arah yang benar. Untuk menyeimbangkan kehidupan dan hati gua sendiri.
Jadi, sebenarnya gua bukan menolong orang, tapi menolong diri gua sendiri.

Telah begitu banyak orang bergabung di lingkaran keajaiban cinta kasih ini. Semoga gua bisa bergabung di lingkaran cahaya itu. Semoga tindakan gua yang sekecil apapun nantinya, bisa ikut memberikan arti bagi penyebaran cinta kasih di dunia.

Hope I can help..to make a better world :)

13 comments:

Limmy HL said...

cuma satu kalimat yang gue tangkap:
viol ke mangdu???

kan viol plg alergi mangdu. hahaha

salut utk viol yg udah terpanggil jiwa kemanusiaannya. :)

elmo said...

wah...pucca ikut kegiatan sosial juga yaaak? wiii..yang semangat yaaa!!q stuju banget dgn nyebarin kasih tu nggak ada syarat tertentu, harus agama tertentu or apapun itu yg berbau tertentu :D.. qta semua manusia,sama semua.lets make a better world! ^^

Arman said...

wah iya banyak ya peraturannya... tapi semangat terus ya vi!!!

ntar ceritain ya kalo udah ada kegiatan sosialnya...

sakuralady said...

Viol, ntar cerita2 ya.
Impressed banget ama niat dan kata2 lo yang low profile ..
Dulu gua pernah daftar tapi lewat email ke tzu chi. bukan lewat registrasi web. Itu ga pernah dapet balesan, mungkin krn masih baru tzu chi nya dhe, jd sistemnya blom serapi sekarang.
Semangat ya, betapa kecilnya bantuan lo, pasti akan berguna dan membuat hidup orang lebih baik.
Have a nice weekend!

Pucca said...

@limmy: haha lim..yang lu tangkep gak penting banget deh :P

@elmo: baru daftar elmo..thanks ya buat dukungannya, lets..lets..hehe :P

@arman: thanks arman, nti pasti gua cerita kalo udah ada kegiatannya :)

@sakura: oya? iya kali ya, mungkin dulu masih baru jadi blom begitu keurus. thanks sakura..baca komen lu gua jadi makin termotivasi nih..hepi wiken juga ya :)

elmo said...

iya iya!!ayuk ayuk.. ^^

Fun said...

salut deh buat pucca :)
semoga bisa banyak membantu orang yak.. :)

renzia said...

salut buat elu vi...

Pucca said...

@fun,renzia: janga salut ama gua donk, gua gak merendah kok. emang begitu kenyataannya..gua emang merasa gua banyak sifat2 jahat yang harus dinetralkan hehe :P

Edy Chandra said...

Peraturan tetap bisa di langgar tetapi komitmen itu loh yang harus di pegang teguh :).

Pada tanggal 1 memang sangat rame sekali :), moga kedepannya bisa lebih semangat lagi menjadi relawan.

Bayangin saja relawan senior yang sudah lama ikut Tzu Chi :), mereka bisa ko memegang komitmen mereka :)

Lihat juga terus beritanya :)
www.tzuchi.or.id/berita.html

Akan selalu terupdate :)

Pucca said...

wuaaa..gua dikasih komen ama IT-nya daai tv.. thank u thank u ^_^
btw..butuh artis utk film kisah2 nyata indonesia gak haha :D

Edy Chandra said...

Hm ... untuk jadi artis tempat lain byk loh :p ...

Kalau mau jadi relawan sih masih tersedia tempatnya :P , terus kalau kamu mau cari kerja coba saja apply ke email hrd loh :D

Pucca said...

haha..gua gak diterima ni ceritanya jadi artis kikik :P
oke deh edy..nanti gua coba liat2 lowongannya :)