Cintaku Untukmu Negeri



Indahnya negeri tempatku berdiri
Berjuta warna di bumi pertiwi
Aku ingin terbang nan tinggi
Berbakti untukmu negeri

Sejauh apapun kaki melangkah
Merah Putih kau slalu kubela
Aku berjanji terus mengabdi
Cintaku untukmu negeri

~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*

Gua suka banget liat iklan indosat ini :)
Iklannya bagus dan lagunya gua sukaaa banget :D

Akhir2 ini gua udah bisa merasakan semangat kebangsaan itu gimana. Sejak kapan ya, kayanya sejak widyawati diwawancara, dia bilang sophan sophiaan itu sering banget ngomong begini...

Mengapa orang korupsi?
Mengapa orang memperkaya diri sendiri?
Karena mereka tidak cinta tanah air...

Gua langsung tertegun dengernya.
Gimana dengan gua ya?
Memang gua gak korupsi seperti pejabat2, tapi apakah gua termasuk orang yang cinta tanah air?

Jujur gua akui, berpuluh2 tahun gua hidup disini, hanya omelan dan cercaan yang pernah gua tujukan buat negeri ini.

Pejabatnya korupsi, semua cuma mikir kepentingan diri sendiri aja, semua sibuk memperkaya diri, di jalanan macetnya amit2, transportasi umumnya buruk, keamanannya memprihatinkan, copet dimana2, orang buang sampah seenaknya, dst..dst...

Pokoknya gak abis2 deh kalo kita ngomongin kejelekan negeri kita ini. Apalagi dibandingkan dengan negara2 lain. Makin jelek aja, makin kumuh aja, makin kesel aja kita tinggal disini.

Bahkan gua sempet ngomong ama temen gua, kita ini dari lahir aja udah sue ya..lahir di indonesia. Coba kalo kita lahir di singapur atau di hongkong kan enak ya. Berkali2 juga terlintas di pikiran gua untuk hijrah ke negara lain.

Nyata2 terbukti walaupun gua lahir disini, besar disini, gak ada ada secuil pun rasa cinta tanah air di diri gua.

Apalagi gua kaum minoritas disini, selalu dinomorduakan. Dari kecil juga gak pernah orangtua gua menumbuhkan rasa cinta tanah air itu dalam diri gua. Gua merasa tanah air gua bukan disini.

Tapi dimana? Gua juga gak tahu. Gak mungkin di china, karena jelas2 gua gak lahir disana. Gua gak bisa bahasanya. Dan gua pasti akan ditolak mentah2 secara dia udah kelebihan penduduk.

Bahkan gua pernah bengong, waktu akong gua langsung berdiri dari kursinya dan langsung hormat tegak di depan teve waktu ada lagu kebangsaan china diputer.

Waktu itu gua mikir, kok bisa ya..udah berapa tahun tuh dia disini, kok masih segitu hormatnya sama benderanya..sama negaranya?

Sekarang baru gua sadar, itu karena dia cinta tanah airnya. Dan setelah gua belajar untuk mencintai tanah air gua, ternyata mencintai tanah air itu rasanya sangat indah.

Sekarang gua bisa bilang..ini negeri gua, sejelek2nya, sebutut2nya, gua cinta tanah air gua. Setiap jengkal tanah yang gua pijak, setiap udara yang gua hirup, setiap tetes air yang gua minum, semuanya berasal dari bumi pertiwi. Kalau bukan gua yang cinta tanah air gua, siapa lagi?

Apalagi kalo inget perasaan gua dulu waktu pulang jalan2 dari ln. Walaupun negara orang lebih modern, lebih teratur, lebih segala2nya..tapi perasaan waktu gua sampe ke indonesia itu rasanya nyaman, seperti pulang ke rumah.

Makanannya..bahasanya..alamnya..gua suka disini. Tapi bukan berarti gua gak bakal pindah2 dari sini. Masa depan siapa yang tau iya gak? :P

Gua percaya, meskipun kita tidak tinggal disini, kita tetap bisa menunjukkan kalo kita cinta tanah air kita. Seperti andrew, yang kecil2 udah mengenalkan batik di taman bermainnya di amerika sono hehe.

Ini tanah air kita, tumpah darah kita. Tempat kita dilahirkan, tempat kita mengenal banyak hal. Sudah sepantasnyalah kalo kita sayang padanya.

Kalau kita terus mencari kejelekannya, kita gak bakal bisa menemukan keindahannya.

Belajar mencintai tanah air kita sendiri.

Dan nyanyikan dengan bangga, cintaku untukmu negeri... :)

PS: Dan gua pasti akan menumbuhkan perasaan cinta tanah air itu ke anak gua nanti :)

19 comments:

Amey said...

duh nasionalis sekali hwehehe

Pucca said...

@amey: perasaan baru gua publish kok kok udah ada yang komen, cepet banget ya haha :D

Arman said...

ngebaca judulnya aja udah kaget gua.. hahaha...

gua sejak pindah ke US juga semakin menyadari kalo gua tetep cinta ama indo. sejelek2nya indo tetep aja itu tanah air tercinta ya!! :)

esthertanudjaja said...

Waduh Andrew dibawa2. Hehehehehe. Iya betul sih emang, biar gimanapun jeleknya, tetep negara sendiri.

Limmy HL said...

kalo menurut gue sih, sejelek2nya indonesia. masih mendingan dibanding bbrp negara di luar sana.

Anung said...

Widi.. hebat tante :D..

emang sih berat untuk tidak sayang sama indonesia.. apalage makanannya... mwakaka..

angel said...

setuju sama anunggggg...gue cinta makanan nya, haha.. dan kadang2 something yg ga ada di negara lain yg cuma ada di indonesia yg kita miss. Contohnya, gue berharap di LN ada abang2 keliling jual makanan, jd kalo laper tgl nungguin yg ngider.. haha..intinya kok tetep makanan ya :p

Jenri said...

wah kayak omongan pejuang nih :) Hidup nasionalis !!

l3l1 said...

yaa emang susah siy ya.. gimana mau cinta tanah air.. klo kita yg minoritas masih suka ngak dianggap sebagai warga sini... bikin ktp aja dibedanin? apa2 lebih susah.. klo ada kerusuhan... kita2 yg disasar... padahal apa salah kita?

terus terang gue siy biasa2 aja.. ngak pernah merasa cinta ama negeri leluhur gue sana karena gue ngak nganggap itu tanah air gue.. tapi ama negeri endonesa ini.. gue juga biasa2 aja...

Pitshu said...

tumben nasionalis banget! nanti klo ada banjir ada kerusuhan...

*lain lagi yah!

wakakakakak...

tata said...

* hormat grak*
hehehe... tapi daku juga suka iklannya...daripada iklan saling sindir sana sini ga jelas, napa juga ga iklan2 gini digalakin...
masa iklan rokok doang yang keren2 *dulu ada tu 1 iklan keren, yang luna maya, tapi lupa apa :p*

err err..nasionalisme ya... d'oh ditanya orang mana aja masi bingung jawab :)) lahir n gede di a, mama papa dari b.
tapi iya si..makanan indo ngangenin
*pengen makan batagor ama piggy guling xixi*

Fun said...

hmmm... jelek2 negara kita gini, masi mending loh dibandingin ama negara2 lain yang jarang kita bandingkan :)
hidup Indonesia!

Pucca said...

@arman: haha..itu judul lagunya man :P
iya, biar jelek tetep punya kita :)

@esther: waduh..emaknya komplen.
maap ther, bawa2 andrew gak minta ijin dulu :P

@limmy: iyalah, kalo menurut orang kantor gua pasti jauh lebih mending daripada in*dia :P

@anung: jadi dari semua kata2 gua cuma makanannya doank yang mengena ya nung :P

@angel: yeee..itu mah tetep makanannya juga donk :D

@jenri: hidup!! :D

@leli: yah, siapa tau nanti tiba2 lu bisa cinta lel :D

@pitshu: haha..waktu itu gua posting lain lagi kali ya hihihi :P

@tata: piggy guling? hahaha :D
ya udah ta, sini pulang :P

@fun: hidup indonesia!! :D

bebek said...

sering kangen ma indo,...
tapi jujur ajah,....
kalo ada nyang nanya,
mau gag balek lagi tinggal di indo?
rasana kok berat banget yak,.....
padahal kangen loh
tapi gag mau balek,

sakuralady said...

Setubuh.. Iklannya bagus, baru ya? he he..
Waktu pas di indo ada iklan rokok apa gitu yg sejenis gini juga, kolosal, musiknya bagus.. apa ya? Djarum kah? lupa, haha..

Emang Indo itu sayang banget, resource banyak, kurang dimanage dgn baik. ayo vote Pucca as calon bu RT(dari RT dulu ya viol) he he..

esthertanudjaja said...

Hahaha, ngga komplen kok, Vi. :P

Pucca said...

@bebek: karna udah biasa disana kali bek :) males macet2an lagi disini ya hehe :P

@sakura: ibu RT? hihihi.. iklan yang dulu itu apa ya, gua juga tau tuh iklannya tapi gak inget juga rokok apa :)

@esther: hehe..sukur deh :P

Mei Mei said...

gue jg cinta tanah air kog. cinta makanannya dan sgala kemudahannya :P
kayak kalo di luar, kan gaji prt mahal tuw. smoa musti sendiri. duh repot deh. kekekekeke
trus makanannya tentu sajah! ke luar negeri cuma bbrapa hari aje gue uda kangen makanan indo xixixi :P
sisa yg laen..kaga deh --;
abis susah sih yak..

Pucca said...

@mei: iya bener, di luar tu susahnya apa2 mesti sendiri. kalo disini bisa jadi nyonya hehe.
gua juga gak bisa lepas dari makanan disini mei, urusan lidah mah susah ya :P