Yang Paling Penting Di Dalam Sebuah Rumah

Yang paling penting di dalam sebuah rumah itu adalah.....

LISTRIK!!

Gua udah sadar sih kalo listrik itu penting banget waktu banjir februari kemaren. Rumah gua mati listrik seminggu. Dan david waktu itu pas tugas luar lagi. Bayangkan gua di rumah sendirian gelap2an.

Temen gua cuma radio mungil yang isinya selalu tentang banjir. Dan lilin yang cuma menerangi seadanya. Untung gua masih ke kantor jadi gak gila di rumah sendirian gelap gulita. Tapi begitu gua pulang ke rumah, begitu buka pintu..eng ing eng..kegelapan langsung menyambutku.

Semua peralatan listrik gak ada yang bisa dipake..tv, komputer, kulkas, water heater, lampu, pompa aer. Gua kangeeen banget ama tv waktu itu, abis kalo sendirian trus ada tv yang ngomong2 kan serasa ada temennya ya. Trus gua pingin banget tiba2 lampu gua jegerr..terang.

Sebelum pergi, david menuhin bak mandi dulu. Dia nimba dari bak aer soalnya pompa mati kan. Gak bisa pake shower, boro2 aer anget. Jadi gua make aernya irit2 gitu, kan gak tahu mati lampunya sampe kapan. Untung juga PAM nyala ya, jadi sesue2nya gua bisa nimba sih.

Hmmff..gak kebayang deh nelangsanya gua waktu itu. Sepi sendiri, gelap2an, kerjanya cuma baring2 doank di ranjang. Tapi di tengah2 kesengsaraan gua, gua berusaha bersukur kalo denger radio. Setidaknya rumah gua kering, gak banjir, cuma mati lampu doank kan ya..sabar..sabar.

Waktu itu gua mikirnya begitu david pulang, begitu keadaan normal kembali, satu2nya hal yang mo langsung gua beli adalah genset! Penting banget dah genset ini.

Tapi, dasar manusia hihihi..abis banjir surut, listrik udah nyala lagi, gua udah lupa ama genset. Apalagi david pulangnya berminggu2 kemudian. Makin gak kerasa deh pentingnya punya genset. Ada sih keinginan mo beli genset, tapi bingung mo beli dimana. Trus bingung pasangnya gimana. Sampe skarang akhirnya tuh genset gak kebeli2.

Nah, kejadian beberapa hari yang lalu mengingatkan gua lagi akan pentingnya kehadiran sebuah genset di rumah. Dan ini membangkitkan lagi keinginan gua untuk membeli genset.

Waktu itu..gak ada angin gak ada hujan..pada suatu malam yang biasa2 saja, gua lagi santai nonton tv di kamar, tiba2...JEBREEETT....

Tiba2 gelap, listrik mati.

Gua pikir cuma turun biasa. Gua langsung longok jendela, rumah depan terang kok, berarti emang turun ni. Langsung gua suruh si david ceklekin lagi listriknya. Ngeloyorlah si david keluar kamar, trus dia masuk lagi sambil bilang kalo listriknya gak nyeklek kok. Hah, mana mungkin. Trus kenapa rumah gua doank niy yang mati??

Tunggu bentar, 10 menit..20 menit..30 menit, masih mati. Gak sabar ah, telpon PLN. Dapet nomor pengaduan, gua disuruh tunggu. Tunggu sejam gak nyala2 juga, gua udah ngantuk donk. Gelap2 gitu kan mata maunya merem aja. Akhirnya si david yang tunggu di luar. Sementara itu gua sudah tidak tahu lagi apa yang terjadi, gua udah melayang ke alam mimpi. Untungnya gak gitu panas sih waktu itu, jadi gua bisa langsung bobok.

Besok paginya gua kebangun, gua langsung nyalain lampu kamar mandi. Eh, masih mati ternyata. Trus gua bangunin david. Katanya dia udah tunggu sampe jam 12 malam tapi orang PLN-nya gak datang2. Walah, alamat buruk ni.

Gua telpon lagi PLN, katanya lagi dikerjain. Ada kabel optik yang putus di tempat ibu. Sekarang lagi disambung. Oh oke deh pikir gua kan. Pergi deh gua ke kantor. Siang2nya gua masih telpon lagi orang PLN itu. Dan gua diberi angin surga katanya listrik gua udah nyala, udah beres.

Seneng donk gua pulang. Tapi si david ada firasat buruk..jadi hari itu kita langsung pulang ke rumah, gak makan dulu. Ternyata, bener..sampe rumah, lampu gua masih mati. Lampu teras kan biasanya uda nyala tuh waktu gua pulang ke rumah, sekarang masih mati.

Sejuta topan badai! Gua ditipu ama orang PLN itu. Gua langsung telpon lagi sambil marah2. Trus orangnya janji mo datang secepatnya. Huh..dasar..kalo gua udah marah aja, baru deh ditanggapi serius. Kalo gua ngomong baek2 dianggap angin lalu aja kali ya.

Tunggu punya tunggu..gua bengong2 ama david di luar..sementara nyamuk2 berpesta pora menggigiti kaki gua. Akhirnya kurang lebih sejam kemudian, barulah petugas PLN itu datang. Cek sana..cek sini..ternyata ada arus yang hilang di tengah2 perjalanan. Dari tiang listrik masih ada, tapi sampe ke meteran gua udah gak ada.

Sembari dia ngecek2 gitu, gua udah kelaperan berat dan udah nongkrong di teras makan sate hehe. David gak mo makan dulu, masih seru ngeliatin orang PLN bekerja. Ya sudahlah gua makan sendiri. Perut gua udah keroncongan :P

Dan tau gak, itu abang2 dan mas2 di deket rumah gua pada berkumpul semua di tempat gua ngeliatin orang PLN itu haha. Emang gini nih tinggal di kampung, ada berita dikit aja orang langsung berbondong2 datang hihi. Ada bagusnya juga sih, kalo macem2 tuh orang PLN gua kerahkan semua penghuni kampung haha :D

Eh, ternyata ya..penyebabnya hal yang gak gua duga2 sama sekali. Ternyata gara2 si fastnet. Kabel fastnet itu kan digabung tuh ama kabel PLN. Dia gak mau paku sendiri lagi, jadi dia selipin kabelnya di kabel PLN trus dipaku bareng. Nah, ternyata ada kabel PLN yang pinggirnya kepaku ama dia.

Haiyahhh..gara2 itu, gua ampe mati lampu sehari semalam. Orang PLN-nya pake ngomel2 lagi. Gua juga gak mo disalahin donk, itu kan bukan gua yang pasang. Salahin orang fastnetnya tuh huuuu..

Buat pengalaman aja, bagi yang mo pasang fastnet, suruh dia paku sendiri di bawah kabel PLN. Jangan digabung. Inget ya. Bikin masalah aja nanti.

Sekarang kabel gua berantakan jadinya. Orang PLN itu cuma sambung kabelnya pake timah dipelintir2, trus dilepasin dari paku2nya. Nanti gua mesti panggil tukang listrik deket rumah buat ngerapi2in kabel gua ni. Trus mo ganti MCB kata david. MCB-nya udah jelek katanya.

Ada2 aja ya..es krim gua cair..daging gua udah mencair juga. Basi gak tuh ya, tauk deh. Sekarang sih udah beku lagi. Sekali lagi, gua seperti tersadarkan kembali..memang genset itu penting hehe.

Dan sekarang nafsu gua untuk membeli genset kembali menggebu2. Tapi dimana ya beli genset yang bagus n gak mahal? Kalo mo gampang sih gua bisa beli dia ace hardware, pasti bagus..tapi kan mahal hehe.

19 comments:

Limmy HL said...

beli di glodok aza.

elmo said...

iya,paling nggak seneng kalo mati lampu..huhu..panas dan nggak bisa ngapa-ngapain.. jadi emang harus hemat listrik! :D beli genset bukannya lebih baik bagus dan tahan lama,mahal gpp?hihi

Pucca said...

@limmy: nah..itu dia, males ke glodok :P

@elmo: sayang duitnya elmo huuhuu..

l3l1 said...

pucca : Sejuta topan badai!

lu penggemar tintin juga ya hehehe....

btw, emang tuh ya.. kadang2 klo kita complain cara orang beradab masih suka dibiarin dulu.. tapi giliran udah marah2... baru deh responnya cepet hehehe...

oiya, water heater pake listrik ngak lebih boros ya? klo gue pake yg gas punya...

emang tinggal di daerah mana vi? klo emang rawan banjir gitu n belum niat pindah siy..mendingan prepare genset hehehe... kaenya lumayan mahal ya genset itu... di atas 5 juta bener ngak siy?

Pucca said...

@leli: betul lel. lu juga ya? hehe.
iya heran deh pdhl kan gua juga gak mo marah2, tp dianya sih kalo orang gak marah gak jalan.

kata orang2 sih begitu lel, tp gua gak gitu kerasa, kan yang mandi cuma berdua. trus showernya dinyalain palingan 5 menit kan sekali mandi. listriknya gua baca cuma 500 watt kok kalo settingannya low. jadi menurut gua jauh lebih boros ac sih. gua gak pasang gas karna males mo bobok buat pipanya, jadi yang ringkes aja gitu.

gua di daerah duri kepa lel, deket tj duren. tempat gua sih gak banjir, tp suka ikut2an mati lampu kalo banjir hehe..

iya genset itu mahal2. tergantung wattnya juga sih. yang sedeng sekitar 3 jutaan kali ya. kalo 5 jutaan itu udah gede bener wattnya.

Fun said...

hahahahaha di bangka neh malah sering byarpett.. jadi punya genset adalah suatu keharusan hehe :) lage strez ama lonjakan biaya listrik gara2 tuh tukang catet kwh males kaga dateng2, malah pake nembak2 aja..akhirnya kena disinsentif..hueeekk

Pucca said...

@fun: emang disinsentif itu jadi diberlakukan ya? gua kira gak jadi, abis udah gak ada gaung2nya.

Arman said...

iya sih paling gampang di ace hardware tapi mahal... kalo mau murah di glodok tapi males kesononya.... akhirnya gak beli lagi dah vi! hahahaha :P

lampu mati emang paling menyebalkan ya.. apalagi kalo udah ada anak kecil. kasian soalnya jadi gak bisa tidur.

Pucca said...

@arman: haha..gitu deh man.
maunya di ace hardware tp diskon 50%, pasti langsung gua bungkus dah haha :D

anak2 skarang emang udah kebiasaan ama ac ya, gak bisa panas dikit, perasaan dulu waktu gua kecil gak ada ac2an tuh :)
mungkin karna lahirannya aja udah di ruangan ac ya haha :D

~ tc ~ said...

beli genset ajaaah..
:P

Pucca said...

@tc: apa? gua mo dibeliin genset? :P

Pitshu said...

beli di glodok, pitshu juga klo punya rumah pengan punya genset ^^ hahaha...

klo di kampung enggak musim genset wakakaka.. mati lampu yah udah :)

Pucca said...

@pitshu: di glodok ya..hmm semua menyarankan glodok nih hehe :P

sakuralady said...

blogring mati ya, ga tau ada update, ha ha..
Beli di papaku aja, di medan tapinya, ha ha..
*komen ga membantu*

Pucca said...

@sakura: iya niy, blogring mati, susah ya jadinya mesti ngecekin satu2.

- manda ayah buat toriq - said...

bah, kalo listrik mati.....bener2 mati gaya, ya Vi?
madep kanan ga enak, madep kiri ga enak, TV mati, radio mati, hahahha ngebW ga bisa juga....
gara2 itu tukang kabel fastnet yg ga mo repot, ckckckckck....bikin topan badai ajaaa.....hahhahaha

Pucca said...

bener sof..pinginnya tidur aja heheh :P

esthertanudjaja said...

Pas baca judulnya, gua kira elu mau bilang yang paling penting di dalam sebuah rumah adalah cinta....huh. Tapi emang ngga tau gimana hidup kalo ngga ada listrik.

Pucca said...

@esther: abis cinta gak bisa nyalain lampu, tv, kulkas sih esther hahaha :D