Stir-fried Beef in Oyster Sauce

Gak salah nih, si pucca posting resep kekekek :P

Iya, beneran..gua mo posting resep nih hehe. Tapi jangan kuatir, ini resep dari buku kok, jadi terjamin, bukan resep hasil coba2 gua..bukaaan :P

Jadi ceritanya berawal dari...

Setahun yang lalu, waktu david pulang dari india, dia membelikan gua buku resep berjudul 'Asian Cooking'. Entah apa yang ada di pikirannya waktu itu, mungkin rada desperate kali ngeliat istrinya ini delivery makanan terus.

So, terlongolah gua waktu dia ngasih buku resep itu. Bayangkan...
Buku resep setebal 512 halaman! Dalam bahasa inggris!!

Resep2 gampang yang cuma puluhan halaman dan bahasa indonesia aja gua suka nyerah. Abisnya kalo ada bahan2 yang gak ada di dapur atau yang masaknya rada ribet gua jadi males nyoba. Soalnya dari pengalaman ni, seringnya gagal daripada sukses :P

Lah..apalagi ini, gimana coba si david ini. Gak sadar kemampuan istri sendiri. Dia sering menyemangati gua lo, kadang bilang masakan gua enak, walaupun gua tahu itu hanya pujian :P

Gua bolak balik halaman pertama, ternyata buku ini lengkap banget, masing2 ingredients-nya djelaskan di halaman awal disertai fotonya.
Tapi..tetep aja walaupun ada fotonya dan namanya, gua tetep gak ngeh itu apaan.

Mana bahannya pake bahasa inggris lagi..plis deh. Trus gua bilang ke david gua mo cobain resep ini kalo lu udah terjemahin semuanya ke bahasa indonesia haha :D

Nah, singkat cerita...setelah buku itu terlantar sekian lama dan gua iseng membolak balik halamannya secara asal (wajar donk ya, mengingat dia ada 512 halaman)...eh tiba2 mata gua tertumbuk pada resep ini.

Baca2 ingredients-nya..kayanya ada nih. Trus baca cara masaknya juga gampang. Jadi gua cobalah resep ini. Tak disangka, ternyata gua sukses di percobaan pertama hehe.

Maksudnya sukses itu, yaaa..david bisa makan dengan mengangguk2 gitu, gak mengerinyit mukanya :D

Nah, sekarang gua mo sharing resep ini, siapa tau ada yang berani nyoba dan suka juga :)
Tapi kalo ternyata gak suka, jangan nyalahin gua lo yaa..gua udah ngaku gua gak bisa masak niy :P

Stir-fried Beef in Oyster Sauce
Untuk 2 orang

Bahan:
150 gram rump steak (gua gak tau rump steak itu apaan, jadi gua ganti ama beef stir fry)
2 sdm kecap asin
1 sdm tepung maizena
2 sdm minyak untuk menumis
1 siung bawang putih, dicincang halus
1 cm jahe, dicincang halus
jamur tiram, jamur merang, jamur shitake (gua pake shitake kering, direndam dulu sekitar 15 menit)
2 sdm saus tiram
2 cabe merah, iris memanjang
daun bawang, potong2 (kali ini gua gak pake, karena tadi tukang sayur gak lewat)
garam, gula, merica secukupnya

Cara Membuat:
1. Potong2 daging membentuk irisan panjang tipis. Kalo pake beef stir fry yang banyak dijual di supermarket, gak usah dipotong lagi. Tapi, seringnya gua potong juga jadi lebih kecil lagi, soalnya kalo ketebelan dagingnya suka keras. Gua gak tau knapa.

2. Campur tepung maizena dan kecap asin di mangkok, masukkan daging, aduk2 sampai rata. Diamkan selama 2 jam minimal atau semalaman juga boleh.

3. Tumis bawang putih dan jahe dengan setengah minyak sampe harum (boleh ditambah beberapa tetes minyak wijen), tambahkan daging, aduk2 sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Matikan api dan angkat daging dari wajan.

4. Panaskan sisa minyak, masukkan jamur. Masak sebentar.

5. Masukkan kembali daging ke wajan, tambahkan saus tiram, garam, gula, merica. Aduk2 hingga rata.

6. Tambahkan daun bawang, irisan cabe merah. Masak sebentar lagi. Sajikan hangat :)

Tips: Masukkan daging ke kulkas waktu direndam kecap. Gua pernah baca, kalo didiamkan di luar, daging bisa terkontaminasi bakteri. Untuk daging yang sudah beku, cara terbaik men-defrost daging adalah pindahkan daging dari freezer ke kulkas malam sebelumnya. Jadi daging akan mencair pelan2 dan tetep higienis.

Selesai resepnya, gampang kan :)

Kadang2 di resep ini gua tambahkan cai sim. Jadi gua gak usah masak sayur lagi hehe. Dengan 1 menu, udah lengkap, ada daging, sayur, jamur. Praktis kan? Atau males ya :P

Jadi, kalo ada yang sama males praktisnya kaya gua, potongan cai sim bisa ditambahkan setelah jamur.

Kalo ada yang udah mencoba, kasih tau ya, pada suka atau nggak :)
Kalo gak ada yang suka, besok2 gua kapok gak posting resep lagi dah haha :D

16 comments:

Amey said...

wah keknya enak neh sayangnya gue gak suka sapi, kalo ganti ayam buisa?

Pucca said...

@amey: mestinya bisa sih mey, coba aja :)

angel said...

wahhh enak viol..apalagi klo di masakin :p

Pythia said...

mauuuuuuu.. :D

Little Angels said...

hm... nyam nyam nih kayanya... :)

Pucca said...

@angel: haha..maunya lu :P

@pythia: cobain donk makanya :)

@lina: gua sih doyan lin :)

l3l1 said...

tambahin baby buncis kaenya enak deh vi.... cocok juga kaenya

th3sea said...

bukunya yang hard cover terus warna merah + hitam bukan vi?

gue juga ada... cuma edisi indonesianya.

Limmy HL said...

hihihi kalimat awal lu mewakili perasaan gue pas baca judul post lu kali ini viol.

setengah takjub viol posting resep.
setengah ga percaya viol masak. hehe

Pucca said...

@leli: baby buncis ya? iya ya kayanya enak juga hehe..

@dessy: merah item? sepertinya sih..tapi gak hard cover gua punya des.
trus lu udah coba blom des, yang mana lagi yang enak :)

@limmy: haha..ampe segitunya lu :P

-mandayandalovetoriq- said...

gue yakin enak banget ni masakan Viol.....palagi gue penggemar kecap, hehemmm....bikin ngiler di sore hari ini....eh eh...musti mampir Kemchick dulu buat beliin Toriq misoa dan macaroni kesenengannya, sekalian deh gue mau beli beef buat masak ini yak? asiiiikkkk.....sluruupppp ahhhh... udah ngeces ni gue...hahahhahaha
norak sungguh....

tata said...

Huaaa...ciii...bahaya... ini malem2 kelaperan malah ketemunya ini :(
* baru blogwalking lagi..*
salah alamat de ane :(

di sini gimana nemunya coba??..daku masak mah...kagak ada arepan... boro2 masak..makan aja langsung nge-panci hahaha...

Pucca said...

@sofie: haha...ayo sof..cobain.
nanti kasih tau hasilnya ya :)

@tata: disitu makan bibimbap aja deh ta :D

naki said...

aaahhh .. gw doyan saos tiramm
ngilerrRrrrr

Pucca said...

@naki: hehe..sama gua juga doyan :D

Anonymous said...

Gooey Ducks grow to about two pounds in four or five years.
[url=http://www.gooey-duck.com/]geoduck[/url]