Tips Kulit Kering

Sebenarnya gua blom sembuh sih dari kulit kering ini..emang penyakit ya, bisa sembuh hehe. Tapi sekarang kulit gua lumayan kok, gak kering banget kaya dulu. Jadi gua mo berbagi tips2 yang menurut gua efek di gua. Blom tentu sih cocok di semua orang, tapi kalo ada yang udah desperate mo coba boleh hehe.

Tips buat kulit muka yang kering:

1. Pake pelembab yang cocok buat kulit kering.
Ya iyalah, kalo kulit kita kering, jangan beli pelembab buat kulit berminyak. Lebih banyak kandungan pelembabnya lebih bagus.

2. Cari facial wash yang creamy.
Jadi kalo abis cuci muka, trus kulit muka kita terasa kaya ketarik, keset, dan kencang gitu, brarti itu gak cocok buat kulit kering. Mendingan pake yang abis cuci muka masih berasa licin2, gak terlalu keras brarti sabunnya.

3. Rajin pake night cream tiap malam sebelum tidur.
Ini efek banget. Apalagi kalo kita tidur di ruangan ber-AC dan kulit kita kering, pake night cream ini harus, kudu, dan wajib hukumnya.

4. Jangan cuci muka pake aer panas.
Jadi walaupun gua mandi pake aer anget, tapi khusus cuci muka, gua pake aer dingin. Karena aer panas akan menghilangkan minyak di wajah, dan hal ini tentu saja tidak diinginkan bagi kita para wanita berkulit kering.

5. Minum vit. E setiap hari.
Ini juga sebaiknya dilakukan rutin. Bagus buat kulit kita.

6. Jangan setel AC terlalu dingin.
Kebetulan gua juga gak suka kalo kamar kelewat dingin. Tapi bagi yang demen dingin, mendingan coba dikurangi deh. Soalnya lebih dingin AC, lebih kering kulit kita. Jadi biasakan pake AC secukupnya aja, yang penting kamar gak panas dan hawanya sejuk2 gitu. Selain bagus buat kulit, hemat energi juga :)

7. Minum aer putih yang banyak.
Kalo kerja di kantor, beli teko yang isinya sekitar 2 l. Isi pagi2 dan usahakan habiskan sebelum pulang. Teko ini buat reminder kita juga, jadi kalo udah mo deket2 jam pulang tapi si teko masih penuh, wah itu artinya kita jarang minum. Gak bagus, minum lagi yang banyak. Kalo gak ada teko, kita harus bolak balik ambil minum ke pantry kan suka males. Nanti akhirnya malah minumnya dikit deh. Padahal di kantor kan dingin tuh, dan ac-nya gak bisa kita setel semau kita, jadi minum yang banyak ini perlu. Kalo di rumah sih susah ya ngukurnya, tapi kan di rumah kita gak terpapar ac sesering di kantor.

8. Makan tomat.
Gua sih berasa kalo makan tomat itu bagus buat kulit. Juga bagus buat panas dalam. Jadi kalo leher udah gak enak ni, sebelum bener2 jadi sakit lehernya, makan dulu tomat. Kalo bisa dimakan langsung sih lebih bagus, tapi gua gak doyan dimakan langsung, biasanya gua jus jadi bisa 2 biji sekali minum. 2-3 kali seminggu ngejus tomat udah cukup kok. Kadang gua tambahin jeruk atau wortel dikit.

Kalo buat gua pribadi, sekarang gua lagi pake produk bodyshop yang vit. E series. Night creamnya enak, wangi, dan kalo bangun pagi, muka gua gak kaya kertas lagi rasanya hehe. Pelembab mukanya juga enak. Tapi gua orangnya bosenan, jadi gua sering ganti2 hehe. Sekarang sih lagi pake ini dan gua berasa cocok.

Kalo vitamin E, dulu gua minum natur-e. Sekarang gua minum nutrilite - wheat germ E, punya amway. Gua beli ama temen gua dapet harga distributor, dulu 119 ribu isinya 100 softgel. Sekarang sih udah naek katanya jadi 125 ribu.

Trus, selain itu gua mau berbagi tips juga buat tumit pecah2. Kemaren2 ini kan tumit gua kasar dan pecah2 tuh, sekarang udah mulus hehe. Kalo diperhatiin sih masih ada garis2 halusnya, tapi udah gak mengganggu kok. Sekarang sih gua masih rajin pakein lotion, soalnya blom stabil dia, takutnya nti balik lagi.

Tips buat tumit yang pecah2:

1. Olesin pelembab tiap pagi dan malam.
Jadi pagi2 sebelum ke kantor, gua pake pelembab dulu sebelum pake stocking pendek. Trus malam sebelum tidur gua olesin lagi pelembab. Waktunya pilih yang bener2 pas sebelum tidur, jadi gak jalan2 lagi biar lantai gak lengket dan pelembabnya gak nempel di lantai.

2. Pilih pelembab yang berminyak.
Jangan pake lotion biasa karena gak ampuh menurut gua. Kalo buat pencegahan sih boleh ya, tapi kalo buat pengobatan sih not recommended.

3. Pakai stocking atau kaus kaki.
Kalo tumitnya udah pecah2, mendingan kalo bepergian pake kaus kaki. Kalo gua ke kantor kan aneh tuh kalo pake kaos kaki, jadi gua pake stocking pendek aja. Sebisa mungkin meminimalisir frekuensi kaki kita langsung kena sepatu atau sendal.

4. Selalu pake sendal kalo di rumah.
Di gua sih efek ya. Jadi kaki gak langsung kena ubin. Mungkin karna ubin keras, jadi bisa bikin tumit pecah2.

Dulu pertama kali gua memulai pengobatan tumit ini, gua justru gak pake lotion yang khusus buat kaki pecah2. Kebetulan gua masih ada sisa body butter dari body shop. Jadi gua pakein aja itu tiap pagi dan malam. Eh, ternyata efek lo.

Berarti body butter ini lumayan oke ni. Walaupun dia berminyak, tapi bagus. Soalnya tumit gua yang dari kering bisa sembuh ama dia. Rutin gua pake selama 2 minggu udah kelihatan hasilnya.

Sekarang sih udah abis, trus gua pernah pakein kanna, tapi karna botolnya kecil jadi cepet abis. Dan karna baunya gua kurang suka, sekarang gua nyoba pake vaseline petroleum jelly. Botolnya kotak warna kuning. Berminyak juga, makanya gua simpulkan mesti lotion yang berminyak hehe. Lumayan juga, sampe skarang masih fine2 aja nih tumit gua.

Trus kalo rajin, boleh deh di-scrub tumitnya buat ilangin kulit mati. Gua udah ada scrubnya, tapi sampe skarang blom nyobain hehe.

Segitu aja deh tips2 dari gua. Gampang kan gak susah. Kalo susah gua juga males soalnya hehe. Silakan dicoba :)

27 comments:

l3l1 said...

wah berasa banget gue sekarang kurang ngerawat diri niy.. kulit gue juga kering karena jarang minum air putih, dah gitu malas makan buah lagi.

klo lu mau kulit ngak kelewat kering karena ac, taroh sebaskom air di dekat acnya vi. gue dulu gitu, taroh di atas lemari.. tapi karena sekarang lemarinya dah hampir nyentuh tembok jadi ngak bisa. taroh di bawah ada si kenneth soalnya.. rajin minum juice tomat juga bagus tuh..

Arman said...

kalo tips untuk kulit idung pecah2 giamana? hehee

kemaren weekend abis kena alergi banget, seharian bersin dan meler gak brenti2. yang ada sekarang kulit idung jadi kering dan pecah2.... hayooo ada tips nya gak... :D

Anonymous said...

entah kenapa gw ga demen kalo pake cream... handbody..dan teman2nya.. kulit gw sich jarang kering...cuman gw demen banget makan tomat.. ga tau ada hub-nya atau ga.. :)

Anonymous said...

katanya minyak zaitun / olive oil juga bagus tuch buat melembabkan kulit kering. btw, minyak zaitun buat muka sama gak sich dengan minyak zaitun yang dijual di supermaket yang buat masak itu?

Anonymous said...

alo pucca... pa kabar? hahahaha
btw kalo kulit kaki kering gimana tuh?

Pucca said...

@leli: oiya bener, banyak minum aer putih dan minum jus tomat. itu juga gua lakukan tapi lupa gua cantumin. nanti gua update deh. thx lel :)
taro aer deket ac? gitu ya? nanti kamarnya jadi lembab gak lel?

@arman: idung pecah2 mah kasih vaseline jelly aja dan idungnya jangan dipencet kuat2 kalo meler. dilap2 dikit aja :)

@fun: beruntunglah kau fun kalo kulit lu gak kering. ada lagi, tomat bagus buat kulit :)

@anonymous: iya katanya juga bisa tuh buat mencegah stretch mark, tapi baunya kurang oke kan. rasanya sih sama ya :)

@xander: alo xander, long time no see hehe..pake lotion aja itu mah :)

Anonymous said...

Wah bagus nih postingannya, informative banget. Gua suka banget ama jus tomat, dulu pas hamil Andrew tiap hari satu gelas. Udah lama ngga minum jus tomat nih, mau mulai lagi ah.

Unknown said...

kalo tips utk muka berminyak ada ga?

kalo minum air putih dan makan buah sih gue udah rajin jin jin bgt tiap hari.

Mei Mei said...

wah gue setelah melahirkan, kulit gue + kering banget. uda nyaris dehidrasi :( dari dulu sih emank kering. cuma sebelom melahirkan ga separah sekarank. padahal gue tiap ari pake lotion :(
dari atas ampe bawah smoa kering bow. uda minum air putih byk, uda makan buah jg. tp masi ga efek. vitamin e jg uda minum. gue jg minum yg amway wheat germ e ituh. apa emank nyusuin bikin kulit kering? soal ne tiap abis kasi asi gue pasti brasa aus banget. jadi ne minum air byk lagi.
soal minyak zaitun ga efek jg ah buat stretch marks. gue pake jg waktu hamil. yah ga ilank jg..tambah byk iyah. dan kulit jg tetep kerink *sigh*

-mandayandalove2T- said...

akhirnyaaa.....viol kasi rahasia kulit sehat niy...

sejak lahiran Toriq kemaren, gue akuin jadi males ngrawat kulit muka n badan deh, yg tadinya scrubbing pake BS bisa seminggu 3x, skarang sebulan sekali aja udah mewah buat gue....[kan katanya Nat waktunya pup itu adalah metime paling mewah begitu ada bayi kan? hahahahha]....

dulu sempet gue ke dr eva buat suntik2 badan n muka tuh, tp brenti karena gue pikir takut ngaruh ke ASI....smalem
[beneran sebelum gw baca postingan Viol ini] gue udah janji pengen ke dr titi di bendhil situ ,gue pengen facial deh sama minta krim2nya....

pengen deh rajin pake krim pagi n malem lagi...biar mulus ga garing n jrawatan lagi...

masak udah gembrot mukanya juga ga bersih....mana mau liat ntar ayahnya toriq, hahahah

thanks ya Viol....boleh copas utk file gue ya?

Anonymous said...

body butter body shop emang paling bagus. q pake yang papaya tu..suka banget sama baunya.. enyak! hihi

Shop and Rent said...

jd pengen coba body butter tbs, msh sale ga ya? hehehe...

tumit kaki gue jg pecah2 nih viol, slama ini sih gue cuekin krn males pake2 krim gt, biasanya ga efek jg, tapi krn ada testimoni pribadi dari elo, gue cobain ahhhh...

jd pengen makan jus tomat jg, hahahah...

Michelle Angelee said...

Thanks pucca... besok2 tambahin trik n tips ngilangin flek yach....
Ntar mau nyari night cream nih.... udah tambah tua musti rawat wajah..haha

Pucca said...

@esther: thanks esther, emang gampang2 sih tipsnya. kalo yang ribet soalnya gua juga gak pernah nyobain :)

@limmy: ini kan testi lim, kulit gua kan gak berminyak, jadi gua gak tau hehe. lu donk yang share tips buat kulit berminyak :)

@mei: mungkin lu di kamar mulu mei, dan ac non stop jadi kulit lu kering banget. rajin2 pake body butter gih mei.

kalo nyusuin jadi kering gak tau deh hehe, tapi menurut logika sih bisa ya, soalnya kan lu jadi kekurangan cairan.

rajin2 pake body butter dan night cream ya mei :)

@sofie: haha..boleh kok sof. iya, kalo udah ada baby jadi berkurang waktu buat diri sendiri ya. sebenarnya gak boleh sih ya, kan sebagai wanita kita harus bisa merawat diri sendiri..cieeeeh :)

@elmo: yang gua pake kemaren ini emang yang papaya mo. tapi david gak suka baunya. gua pingin beli body butter vit. E tuh, wangi :D

@ferlin: haha..telat, udah gak sale dia :D
tadinya juga gua pikir gak bakal bisa sembuh, ternyata bisa kok. gua takut kalo dibiarin terus lama2 jadi tambah parah, soalnya gua pernah liat tumit cewe yang pecah2nya udah parah..gua jadi takut sendiri :P

@yolan: muka gua juga flek2 ni, blom kepikiran sih gimana cara ilanginnya hihi. nanti kalo udah sukses pasti gua kabar2i :)

Yulian said...

bgs2 tips nya, Vi.
tips kek jus tomat itu harusnya bagus buat jenis kulit apa aja.

gw tiap pagi pake tuh body butternya TBS. soale di ktr AC nya ga kira2. kulit gw bagaikan kulit uda umur 40-an hahah. gw suka yang SHEA body butter.

kalo gawenya diluar ruangan, yah ga cocok deh pake body butter itu.
dijamin lengket+berminyak.

Pucca said...

@yulian: thanks yulian. emang body butter itu berminyak, kalo gak terpaksa gua sebenarnya males haha :D

Amey said...

nah susahnya gue itu orangnya ga teratur, jadi pake sekali tunggu 2 minggu lagi baru inget pake...
Ngemeng2 yang TBS butter itu emang bagus banget ya?

Anonymous said...

jus tomat botolan boleh gag, bu?

Pucca said...

@amey: taro aja di meja rias mey, jadi selalu kelihatan. buat kulit kering sih bagus, tapi dia berminyak banget, lengket2.

@bebek: wew..gua udah kek ahli kecantikan aja hihi. kalo buat gua pribadi sih, gua gak suka minum semua jus botolan atau kalengan :)
menurut gua sih lebih bagus yang asli, itupun gua baca harus langsung diminum lo, jangan dibiarin berjam2 baru diminum.
tapi kalo daripada gak minum, yang botolan boleh deh hehe.

Unknown said...

Hello..
gw cuma mau ngasi tau, ada birthday-contest dari Pink! Hadianya free hosting & domain! Lumayan kan.. cukup lah untuk blog baru. Syaratnya juga gampang, salah satunya punya blog. Keterangan lebih lanjut silahkan lihat blog gw www.movie-holic.net atau http://gamemini.blogspot.com Ada small banner di situ. Oke, thanks..

Lina said...

Wow, tips yang patut dicoba secara kulit gw cenderung kering, n tumit kaki juga pecah2... cuman ada kendalanya neh... gw ga rajin alia males... tapi mau coba ah... tx Pucca

naki said...

koq gw pake yang vit e ga ngaruh yaa ? tapi gw cuma sempet pake beberapa kali sihh , males ^0^

skarang gw lagi pake yang vit c , kayanya sihh cocok niy viol , muka jadi ga kerasa kering banget

eh tapi .. kalO kering kan jarang jerawatan viol ^0^

Mei Mei said...

bagusan yg shea body butter deh utk kulit kering ama yg mango. utk shea body butter kluarn l'ocittane bagus tuw ^^

gue pake lotion + nite cream sih viol. cuma kog ga efek ya skg. hiks :(

Pucca said...

@brillie: oke, thx for the info :)

@lina: salah satu saratnya harus rajin lina. semanjur apapun obat kalo kita gak rajin pake, percuma :)

@naki: yang vit.C yang oren itu kan? bagus juga tu kayanya, tapi mahal wkwkwk :P
iya sih, jarang kerawatan, tp cepet keriput >.<

@mei: jangan2 bener gara2 menyusui ya mei. kalo gitu lu sabar aja sampe 6 bulan hehe..

Shop and Rent said...

viol, gua mo testi nih.

gua skrg pake body butter TBS yg strawberry buat tumit kaki gua, dan emang bener tuh cepet banget mengembalikan kulit kering jd ga pecah2 lagi.

manjurrr banget deh tipsnya :D

Pucca said...

@ferin: wah..baguslah kalo efek juga di lu ya lin :D
jadi skarang udah oke nih tumitnya hehe :P

lulu said...

nice info ...