Komposter Keranjang Takakura

Bermula dari kunjungan gua ke blognya betty, pas baca2 eh ternyata gua menemukan sesuatu yang gua cari2 selama ini, komposter!

Buat yang belum tahu, komposter itu semacam wadah untuk membuat kompos sendiri. Prinsipnya adalah, mengolah sampah rumah tangga kita sendiri, sehingga kita bisa mengurangi sampah yang kita buang tiap harinya.

Dulu gua pernah iseng2 nyari gimana sih caranya bikin komposter sendiri. Tapi yang gua ketemu itu bikinnya rada susah. Ada yang mesti beli komposternya, atau mesti bikin lubang di tanah.

Untuk dipraktekkin di gua rada susah, karena gua udah gak ada tanah. Selain itu kan sampah gua emang udah dikit. Karena hari2 gua gak masak, jadi isinya palingan bekas makanan wiken doank kalo pas makan di rumah, atau kulit2 buah, atau daun2 kering dari tanaman di pot gua. Dan gua juga geli kalo bau2 gitu, maunya yang ringkas2 aja dan gampang buatnya.

Akhirnya gua ketemu yang rasanya pas buat gua, komposter keranjang takakura :)

Wadahnya dari keranjang yang biasa dipake buat baju kotor, yang ada lubang2nya dan ada tutupnya. Trus di dalamnya ditaroh karton bekas mie instan atau air minum kemasan.

Setelah itu, ditarburkan kompos yang sudah jadi (kebetulan kemaren gua baru aja beli kompos 3 bungkus) setebal sekitar 5 cm. Lalu masukkan sisa2 makanan yang sudah kita potong2 sekitar 2 cm ke dalam komposter, diaduk2, lalu ditutup.

Begitu terus, setiap ada sisa makanan, potong kecil2, masukkan ke dalam komposter dan aduk2. kalau warnanya sudah berwarna kehitaman dan suhunya sama dengan suhu kamar, kompos sudah bisa dimanfaatkan.

Karena gua blom praktek nih, jadi gua gak bisa jelasin lebih banyak lagi. Tapi, yang tidak boleh dimasukkan ke dalam komposter ini adalah sisa makanan yang mengandung protein, kaya daging dan yang bersantan. Jadi istilahnya sampah bersih aja yang bisa dimasukkan.
Seperti: nasi, sayur, akar dan batang sayur yang tidak terpakai, kulit buah2an, daun2 kering.

Gua mau coba cara ini ah.. semoga berhasil jadi gua bisa mengurangi sampah rumah gua yang emang udah sedikit itu hehe. Sampah kurang, pupuk datang :D

Bagi yang masak di rumah, sebenarnya bisa lebih efek nih. Daripada tiap hari buang2 sampah dan buang2 kantong plastik buat tempat sampah, mending coba bikin kompos. Tapi buat sampah basah, kayanya mesti pake drum gitu deh, atau gali lubang di tanah, yang bisa menerima sampah apa aja.

Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di blognya Pak Sobirin. Lengkap banget deh, ada berbagai cara bikin kompos dan mengolah sampah. Bener2 salut ama beliau.  
Thanks juga buat betty yang gara2 dia gua ketemu cara ini.. ^^

20 comments:

Arman said...

waduh gak ikutan dah kalo topik beginian... gak suka bercocok tanam soalnya. hahaha.

bahkan dulu pas bangun rumah yang di jakarta, sampe semua halaman bagian depan bahkan sampe yang di luar pager pun semuanya disemen aja dah. gak disisain tanah sama sekali, soalnya kita sama sekali gak suka nanem2. hehehe

bebek said...

gile rajin banget luhhh kalo bebek mah kulit jeruk langsung buang di taneman :P

elmo said...

wah!Pucca suka bikin kompos yak.. dirumahna Pucca banyak bunga yak? :D

Pucca said...

@arman: esther juga gak hobi ya man? padahal enak lo nanem2,jadi lebih asri, ada yang ijo2 hehe :P

@bebek: biasanya sih kulit gitu juga gua buang ke tong sampah, tapi nanti mau gua coba masukin ke komposter :D

@elmo: gak juga sih mo, karna lahan terbatas nih :P

Ellyse said...

rajin bgt loe...titip sampah rumah gua donk hihihi...

Fun said...

waduh loe mah rajin banget yak bercocok tanam... kalo kata si bebek itu bertangan dingin yak? hahahaha :)

gw ga hobi nih soal bercocok tanam... bunga2, tanaman di tangan gw pasti tewas tak berbekas hehehe :)

xero said...

wah hobby baru yg bermanfaat, baik untuk lingkungan dan kebersihan. salut buat pucca! hehehehe, denger-denger satu komplek perkampungan banyak yg bisnis kompos sekarang ini.dan katanya sangat menguntungkan.

Pucca said...

@ellyse: ya udah sini..paketin dari medan ya haha :D

@fun: lu sayang2 donk bunganya fun, nanti gak mati deh :)

@xero: pastilah. orang modalnya dari sampah kok dan bisa dijual. makanya, kalo 1 kota aja orang rajin begini, sampah pasti berkurang drastis deh :)

Anonymous said...

gw gak doyan bercocok tanam, maunya terima beres ...kekekke... kebon gw lumayan subur walopun gak pake kompos, kayaknya sih karena si Benji pup di kebon, belon lagi Titang ama gw juga pup di kebon kalo kepepet...wkakakaka... :p

Yenny said...

Eh itu gw ya, belon isi nama kok dah publish :)

Pitshu said...

g malah berpikir, kalo punya rumah, ga mau punya tanah atau taneman, paling pelihara 1 pohon besar aja. Secara kalo ada rumput ada tanah, yang namanya nyamuk aja.

terbukti kos2an, enggak ada poon, nyamuk pun cuma dikit hihihihi.. malah kalo musim ujan enggak ada sama sekali, musim panas hanya 1-2 ekor doank wakakaka...

Limmy Mama Dhika said...

sama kayak arman ah.
kalo udah menyangkut pertamanan, gue nyerah deh. ga gnerti.

-mandayandalovetoriq- said...

hehehehe, sama man & Lim
gue nyerah kalo topiknya ginian
keknya biar bokap gue aja yg ikutin
hahahhahaha

bener2 pecinta tanaman sejati
ihikssss

Pucca said...

@yenny: wakaka..ini mama, anak, doggie sama aja ya :P

@pitshu: emang banyak tanaman banyak nyamuk ya? gak kali pit :P
kalo punya kebon tuh baru banyak nyamuk :P

@limmy: iya, lu urusin dhika ajalah hehe..

@sofie: hai sof, baru balik ya dari padang :D

ichanx said...

aku suka bercocok tanam... nanem kaktus di pot... gak perlu mikirin pupuk atau nyiram.. haha

miz-bounty said...

wah patut di contoh nih , tapi gw belum pernah nyoba ..
Paling2 kalau musim summer , abis maem pisang kulitnya gw timbun deket akar bunga mawar utk pupuk , hasil baca buku petunjuk merawat mawar ..

betty said...

hehehe akhirnya elo nemu juga ya blognya pak sob. keren ya?? baca juga yg punya christine-kompos, muridnya pak sob, dan murid2nya yg laen.
tapi gw mah nyerah kalo mesti kyk pak sob.
eh btw, kalo pake keranjang takakura lmyn lama lho, 3 bulanan. jadi jgn terlalu bharap panen kompos cepet ya hehehe...

Pucca said...

@ichanx: gua dulu pernah beli kaktus taro di kantor, mati hehe.

@susi: coba yuk sus, gua juga blom beli keranjangnya :)

@betty: iya, akhirnya.. berkat elu nih..thanks ya bet :)
gua juga nyerah kalo mesti begitu amat hehe, gua mulainya dengan yang praktis dulu deh hehe :P

Caroline Sutrisno said...

wah, ide bagus nih. jadi bisa mengurangi sampah dan bisa menghasilkan pupuk. ayo yang mo pada buang sampah ke rumah gw aja biar gw bisa cepet jualan kompos... hehehe... *mode otak dagang: ON*

Pucca said...

@caroline: kalo lu jemput ke rumah2, lebih cepet deh pasti :P