Puding Gula Merah

Iseng buka2 kulkas, eh ketemu santan instan yang 3 bulan lagi mo expired. Lagi bingung mo diapain, eh trus ngeliat di pojokan ada gula merah.
Hmmm.. enaknya bikin puding nih, kata bola lampu di atas kepala gua.
Gua pun setuju dengan si lampu. Mumpung lagi bengong di rumah, bikin puding pasti asik :D

Dulu gua pernah bikin tapi lupa takarannya. Untung kita hidup di zaman serba canggih, tinggal search di google langsung ketemu ^^
Emang puding gula merah ini bikinnya gampang dan rasanya enaaaaak tiada tara. Gua doyan banget.. banget.. banget hehe :D

Gua liat di resep itu, jadinya nanti sekitar 1,5 ltr. Gua keluarinlah panci pyrex gua yang ukuran 1,5 ltr. Sempet bimbang sih, takut gak muat, tapi males pula mo keluarin panci yang gede.
Akhirnya suara hati gua yang malas menang, "Ah, muatlah panci ini mah. Kan totalnya cuma 1,5 ltr.. mestinya muat donk."

Mulai deh gua bekerja. Masak gula merah, trus masak ager. Abis itu nuang gula merah ke ager. Waktu nuang gula merah gua masih cekatan, tapi waktu nuang santan.. gua tuang dengan sangaaat pelan. Kenapa?
Soalnya panci gua udah penuh banget haha..

Gua aduknya juga hati2, dengan sepenuh perasaan gua ngaduk si puding. Mata gua juga gak lepas dari panci, karna rencananya pas dia mulai menggelegak2 gua mau langsung matiin apinya, supaya gak tumpah.

Eh eh.. gua berencana panci menentukan.
Walaupun begitu mendidih langsung gua matiin apinya, tetep aja dia luber...
Gua udah sayang aja liat cairan2 puding mulai luber kemana2.. *sigh*

Sayang banget kebuang, padahal itu kan enak ya. Gua tunggu bentar, gua kira cuma luber dikit aja, tapi ternyata bukannya brenti malah tambah dahsyat lubernya.

Kaya ada mata aer di dalam panci gua yang menyembur2 keluar.
Berbusa2.. berbondong2 puding gua tumpah. Secepat kilat kompor gua udah ketutup puding.. trus ngalir ke lantai..
Puding gua udah kaya lumpur lapindo. Coklat, menggelegak, luber.

"Tidakkkkk... pudingku... pudingkuhhhhhh...."

Gua panik mau menyelamatkan puding gua yang mengalir keluar tanpa henti. Tapi apa lagi yang bisa gua lakukan? Api udah gua matiin, kenapa dia masih luber? Gua harus gimana.. gimana?!?

Akhirnya gua secepat kilat nyamber tempat yang udah gua siapin buat puding dan gua sendokin puding2 itu ke sana. Tentu saja puding yang masih di panci yang gua sendokin ya, bukan puding yang udah terjun bebas ke lantai.

Dan setelah beberapa sendokan, puding gua akhirnya berhenti tumpah. Gua lega.
Gua langsung menaksir kerusakan. Banyak bener yang tumpah. Ada kali 300 ml...
Udah kehilangan puding, dapur berantakan pula. Mesti beresin dapur pula jadinya huuhuu T_T

Akhirnya.. bikin puding cuma 10 menit, bersihin dapur 15 menit. Mana susah lagi bersihinnya, abis pudingnya masuk ke sela2 kompor, trus membeku di sana. Setengah mati gua korek2 gak mau lepas juga.

Gua korek lagi.. eh tangan gua kesundut besi kompor yang masih panas. Emang sue.. sue.. T_T

Semua ini gara2 panci pyrex. Mo nanya nih ibu2.. tante2.. ncik2..
Emang kalo panci kaca begitu ya? Kalo panci biasa yang aluminium itu kan begitu dimatiin apinya, langsung gak luber kan ya?
Kok ini walaupun apinya udah mati, masih tetep aja meluap2 yah?

Jadinya puding gua gak penuh deh. Santennya jadi dikit hehe.
Tapi biarpun begitu, gua tetap tergoda untuk cepet2 motong n masukin ke mulut :P
Abis gua emang dasarnya doyan hampir segala jenis puding2an sih :D
Dan juga segala jenis cake, es krim, segala macam minuman dingin.. kekekek :D

Resep Puding Gula Merah

Bahan 1:
200 gr gula merah (4 buletan kecil)
50 gram gula pasir (4 sendok)
500 ml air
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan / vanili

Bahan 2:
900 ml air
2 bungkus agar2 putih bubuk

Bahan 3:
1 pak (200 ml) santan instan

Cara membuat:
1. Rebus bahan 1 hingga gula larut, saring.
2. Masak bahan 2 sampai mendidih.
3. Tuang bahan 1 dan bahan 3 ke bahan 2, didihkan kembali.
4. Matikan api, tuang ke dalam cetakan.
5. Tunggu sampai dingin dan santannya naik baru masukkan ke kulkas.

34 comments:

sugiarta said...

Me first
Wah enak ya, bagi dong.

Pitshu said...

err... pitshu paling suka puding ini, terakhir kali makan kek na pas SMP, beli sama si Bapak masih Rp. 150,- / potong ahhaaha... huuuu! maoooo~

Pucca said...

@sugiarta: waduh.. kan tumpah jadi tinggal dikit, jangan diminta lagi donk :P

@pitshu: bikin pit :D
gampang banget bikinnya, asal jangan pake panci yang pas2an kaya gua :P

Dian said...

Wah...mau dong Vi pudingnya,penampakannya enak banget tuh..btw lu hebat juga ya bisa masak2 puding gt,gw blm pernah neh menghasilkan puding..ihik

Amey said...

wah ini sih gue juga doyan banget heheh gue lebi doyan yg pake santan daripada susu, gue kalo bikin itu santan ama gula merahnya gue pisah jadi gue bikin lapis2 sampe seribu lapis hehehe
Coba deh liat bikinan gue di http://dapurkiyut.blogspot.com/search/label/Puding
*pamer ceritanya* wakakakakka

bebek said...

duuuhhh paling males yah mbersihin tumpahan gitu,..palagi nyang lengket-lengket,....kebayang dehhh refotnyaaa

maryna roesdy said...

Widih kayaknya enak banget tuh ya.

Ini puding andalan mamakuuu...
Di Bangka puding ini juga dijual penjaja keliling di cup kecil kecil gitu loh. Jadi dulu jajannya puding, bagus sih ya daripada anak-anak sekarang jajan msg.

Malam-malam gini elu telah membangkitkan memori masa kecilku. Aku kangen mamaku. Aku kangen pudingnya. Dan semua masakannya huhuhu...

Quinie said...

pesan moralnya? jangan masauk puding santan di panci kaca?!

Arman said...

belum pernah tau puding ini. coba dikirim kemari vi... :P

kayaknya bukan masalah pancinya pyrex atau aluminium deh vi. kalo luber mestinya ya sama aja ya.. ya tetep luber. kayaknya lho... hehe

Ariany said...

Eh Vi... mungkin aja emang karena kepenuhan,... trus kalo santan emang harus ati2 karena kalo udah panas banget bsia gampang luber... Kalo gua sih biasanya gua tiup2 gitu pas udah menggelegak, gak jadi luber loh ... hahahah.. :P Ya tapi sedikit bau bau "abab" gitu dehh hihihi... :)

laen kali kekny jangan terlalu penuh deh laen kali bu.. :)a

Ariany said...

yei.. gimana sih gua ngetiknya...

maksudnya:

laen kali jangan kepenuhan deh bu kayanya...

Ellyse said...

kl masak puding,agar2 musti dipelototin vi,ari tu gua bikin puding coklat jg meleng dikit uda meletup2 kluar,cmn pake panci aluminium ga sedasyat panci kaca,panci kaca kan lebi panas,meski uda matiin ttp mendidih bbrp saat.
oia puding santan gula merah ini jg andalan nyokap gua,gua jd doyan,apalg kl santannya yg tebel nyammmm

Lina said...

mantap juga penampakan pudingnya, hehehe...

Bikin pudingnya cukup heboh ya... gw bacanya aja ikutan tergoda n ngebayangin tuh panci menyembur kaya lumpur lapindo... hehehe

Pucca said...

@dian: halah dian, bikin puding ini gampang banget kok, nenek2 juga bisa wkwkwk :P

@amey: kaya kue lapis mey jadinya hihi.. bagus ya..
tapi gua gak serajin elu mey kekek :P
emang ager ini dimakan banyak gak eneg, malah segerrr gitu :D

@bebek: iya.. bete deh waktu ngebersihinnya, tap waktu makannya sih.. enakkk :D

@maryna: iya, di padang juga, banyak dijual di cup2 kecil. mama juga suka bikin.
ayo ryn, bikin, dea pasti doyan juga :D

@ratu: pesan moralnya jangan masak di panci kaca yang pas2an hehe :P

@arman: masa sih man, coba tanya esther..
eh masa lu blom pernah makan, soalnya semua orang tau loh puding ini..

@ariany: oo.. jadi gara2 santannya ya ar. santan emang cepet tumpah gitu? hmm.. kalo gitu emang harus pake panci gede ya :D

@ellyse: aha.. kalo gitu emang bener dugaan gua. panci kaca emang lebih panas ya.. :D
iya, cuma arman yang gak tau puding ini kayanya hehe..

@lina: iya nih, gara2 gua males ngambil panci gede, jadi heboh deh acara bikin puding gua, tapi untung rasanya tetep enak :D

Quinie said...

atau mungkin next time bikin pudingnya tetep pake panci kaca yang sama tapi pake tatakan bawahnya, jadi kalo luber ga kebuang... xixixi...

Veny said...

Masih bgs koq penampakan nya ..
lo kepenuhan tuh jadi meluber , laen kali jgn males yah ambil tempat gedean ! sayang kan smp luber ke lantai . kalo ga kan lo bisa kasih cup2 kecil buat gw . !
he222 g juga doyan koq puding santan ini .

Pucca said...

@ratu: komen ngaco nih.. gimana caranya pake tatakan, orang di bawahnya kompor hihihi :P

@veny: hehe.. maunya :P

T Sima Gunawan said...

seru banget cerita pudingnya. karena perjuangan berat itu, pasti pudingnya terasa jadi lebih enak buaaangeet...

Pucca said...

@sima: hehe.. iya juga sih sim, emang pudingnya lebih enak hehe ;P

Ferie, Riana & Cyndie said...

Viol...baru buka blog u hari ini eehh nemu puding gula merah yg jg kebetulan baru gw bikin kemarin.
Nyammm.....emang enak pake santen gitu. Btw, kmrin gw tambahin dengan pisang tanduk kukus dicetak bentuk bintang. Boleh dicoba. Gw liat di buku resep.

Limmy Mama Radhika dan Rania said...

eh hari minggu kemaren gue jg bikin puding lho. tp cm pake agar2 dan santan doang.

gue jg suka makan agar2. bagus utk panas dalam. dhika dan si adi jg doyan :)

Pucca said...

@riana: hah? masa sih? bisa samaan yah kita? haha..
pake pisang ya, gua gak gitu doyan pisang dimacem2in, doyannya pisang mentah begitu aja..eh mateng maksudnya.. tapi gak diapa2in..ngerti kan? :P

@limmy: gak pake gula merah lim? pake gula pasir ya? apapun lah, selama namanya ager2 gua doyan hehe :P

L3N said...

Penuh perjuangan banget ngebersihin korek2 kompor pake nyenggol kompor panas pula.
Judulnya ganti jadi "pudding lapindo" ajah... kekekeke.

Ferlin said...

ah, keliatannya gampang yak resepnya.
kirimin pudingnya dong vi *lho??!*, kekekeke..

mamana clo said...

mau nyoba ahh.. kalo agarnya setengah diganti jelly enak juga kali yahh..

Tha said...

aduuuhhh...sayang banget..
daripada luber ke lantai mending ke mulut tha kekekeke...

*hush..hush..ntar ketahuan rakusnya*

enysusanto said...

hihii... vi kalo mau masak agar2 emang pancinya kudu lebih gede dari takaran agar2nya. ga boleh terlalu ngepas. Soalnya kalo mendidih, mau pake santan mau engga juga pasti dia bakal meluap. Kalo gua pas dia mendidih langsung kecilin apinya, sekecil2nya. biarin dia mendidih beberapa saat baru dimatiin kompornya. Hasilnya agar lebih garing dibanding langsung matiin. hehehehe...

Btw, gua jadi pengen bikin agar2 santan juga. kebetulan gua juga masih ada santan instant. Cuman kali ini gua mau bikin yg merah ah, pake in garam dikit. jadinya gurih.... Hmmm....

Pucca said...

@lena: haha.. iya tuh, lebih catchy :P

@ferlin: loh, katanya gampang kok minta kirimin lin :)

@mamanaclo: blom pernah coba tuh hehe.. coba gih nti kasih tau ya kalo enak :D

@tha: haha..udah ketauan kok :P

@eny: gitu ya bu eny. thanks ya atas infonya.. laen kali gak males lagi deh hehe.. :P

Shanni said...

wah enak tuh Vi.. gw menanti kiriman puddingnya yak... ga kaya ferlin yang bilang gampang resepnya tapi minta anter, kalo gw sih langsung to the point aja minta puddingnya wakakaka :D

Pucca said...

@shanni: tapi walaupun begitu mah intinya sama aja, tetep minta puding kekekek :P

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
Keyword Kenali Pandeglang
Mohon dukungannya yach....?!
Semangat..semangat..!!

Pandeglang telah hilang Kenali Si Dunia Aneh

Jeanny said...

walah2.. googling resep puding santan gula merah koq bisa nyampe ke blog nya pucca :D

Pucca said...

@jeanny: boleh donk maen2 ^^

Jeanny said...

maen2 sih udh sering.. udh lama di-bookmark tuh blog nya pucca, cm jd passive reader. makanya lucu aja, koq bisa2 nyari resep puding malah ketemu lagi :))