Please Love Them

Pernah dengar pribahasa, "Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalan?"

Karna dari jaman dulu udah dibikin pribahasa seperti itu, brarti emang dari sononya, udah kodratnya begitu ya.
Kalo orang tua punya duit banyak, kita pasti ikut senang, tapi kalo kita yang punya duit banyak, blom tentu orang tua kita kecipratan.

Tapi walaupun udah hukumnya begitu, kok gua tetap merasa menitipkan ibu kita di panti jompo bukan perbuatan yang benar ya.

Gua gak sampe hati gitu liatnya, oma2 berjejer di depan pintu kamarnya sambil teriak makasih ya, datang lagi ya, ama semua orang yang udah dateng n ngasih sumbangan.
Perih hati gua dengernya.. berair mata gua liatnya...

Demi Tuhan.. gua gak bakal tega nitipin orang tua gua maupun mertua gua disini. Hidup kesepian, dikasih derma ama orang2. Gua gak akan sampai hati.
Selagi gua masih bernafas, sesusah apapun gua, gua gak akan biarkan orang tua gua menengadahkan tangan ke orang lain.
Dengar ya Tuhan, kalo gua sampe begitu, tampar gua ya, ingetin gua ya, atau cabut ajalah nyawa gua sekalian, mungkin gua udah gak pantes hidup lagi.

I love my parents, I wish they live long enough so I can give them home, full of love, grandchildren, and everything they want in life.

Thanks ya shanni udah ngajak gua ke sana, lain kali ajak2 lagi ya :)
Ini pertama kalinya gua berkunjung ke panti jompo, dan gua bersukur dikasih kesempatan ke sana.

Gua bener2 kagum liat shanni n yolan udah ngajarin micha n mici, sedari mereka kecil untuk terbiasa berbagi, dan memberi :)
Kalo avel masih terlalu kecil kali ya, jadi blom bisa hehe.

Gua liat tangan2 kecil mereka kasih bingkisan ke oma2, damai deh.. thanks ya udah ngajarin gua, nanti anak gua pasti gua ajar seperti itu juga.
Dan hebatnya, walaupun di sana panas banget, gua ampe lepek gak tahan, tapi anak2 ga ada yang rewel lo, gak ada yang nangis :)

Sori gua gak banyak foto, abis gua gak tega gitu, kita tiba2 dateng trus jepret2, gua gak enak ati. Cuma ada 4 foto di kamera gua, yang foto rame2 ama oma2 gua gak ada. Nanti minta ya shan :)

And thank u banget buat yolan, yang udah berbaik hati nganterin gua pulang sampe depan rumah, mana gua udah ngabisin berlembar2 tissue dia lagi, bukan gara2 gua nangis bombay di mobil, tapi gara2 minuman gua tumpah hehe :P

Nice to know u all :)

29 comments:

Shanni said...

Wah.. baca blog lo ini gw jadi tambah sedih... jadi teringat mereka lagi :( tapi bener sih Vi biar kita gimana kayanya ga bakal tega ya naro ortu dipanti jompo....

thanks banget Vi dah mau ikutan.. next time kita adain ditempat laen lagi ya :D

ierone said...

kasian banget...
Kesepian, karena jauh dari keluarga T.T

Shanni said...

oh iya Vi.. foto nanti gw kirim ke email ya begitu sempet hehehe tapi gw juga ga banyak foto sih mungkin bisa minta ke yolan dan Nat juga ;d

Pucca said...

@shanni: iya, gak tega banget deh gua. biar kata ada yang bilang mereka senang di sana, tapi gua yakin seyakin2nya kalo mereka pasti lebih suka di rumah, kalo di rumah mereka diperlakukan dengan baik..
sipp, lu atur deh shan hehe :P
iya, ayo kirim2an foto..

@ierone: iya, kasian liatnya :)

Ferlin said...

ini dia kenapa gua ga berani ngikut, soalnya gua jg ga bakal tahan liat pemandangan kaya gitu :(

mgkn krn gua merasa blom sempet bisa bahagiain kedua ortu gua ya sblm mereka meninggal, jd kalo ngeliat orang2 tua gua jadi inget lagi sama mereka..

mgkn mustinya justru kesempatan gua ya ga bisa bahagiain ortu gua, gua ada kesempatan bahagiain oma2 di panti jompo itu, tapi gua ga berani, hehehe..

laen kali deh kalo gua udah merasa bisa lebih kuat ngeliatnya, dan bener lu blg juga ya, buat ngajarin kiefe juga :)

it was a nice experience pastinya ya Vi, and a gentle reminder ;)

Fun said...

gw dulu waktu kuliahh ada acara ke panti jompo.. ada satu nenek yang demen banget ngajak ngobrol..sambil nangis2 pula.. wuaaa kasian banget..kita pulang pun ditahan2... hikshiks

Prime Consulting said...

Gw jg kalo ke Panti Jompo pasti sedih V secara gw jd inget Oma gw..gw jg gak habis pikir kok bisa yg jd anak/mantu Oma/opa yg di P.Jompo itu kepikiran buat nitip ortunya di sana.Bnr kt lo Pasti mereka berasa sedih bgt walaupun mrk blg senang tinggal di situ.

Quinie said...

iya kok tega amat ya kaya gitu. padahalkan mereka manusia juga. Apalagi pas mereka bilang, "dateng lagi ya..."
Anak2nya kemana ya?

Pucca said...

@ferlin: iya, bagus buat ngajarin kiefe juga fer. dan mungkin buat lu, bisa jadi pengganti bakti lu ama ortu, kalo lu baek2 ama mereka, semoga berkahnya buat ortu lu, tenang dan damai disana :)

@fun: kalo yang ini banyak banget sih fun orangnya, jadi gua juga bingung mo ngajak ngobrol yang mana, ada 78 orang.

@dian: iya, gua rasa sih ada yang emang udah gak ada sanak sodara, tapi ada juga yang mungkin cekcok ama mantunya makanya dititipin disana.

@ratu: anaknya kadang datang kok kata mereka rat, ada yang masih ditengok kok. tapi yah.. gak tau deh gimana rasanya yah nengok otru sendiri di situ, gua juga gak ngerti..

angel said...

kasih gw tips donk biar ga nangis klo ke rmh2 panti gitu. gw pasti ga bs nahan d. pdhl gw pengen jg bs menghibur mereka tp klo yg menghibur malah nangis kan aneh pasti ya..hehehe..suatu saat gw harus berani ky elo viol.

Pucca said...

@angel: lah.. gua aja juga ngembeng2 gitu, gimana mo ngasih tips? hehe.. mungkin kita harus lebih sering kali ya, jadi terbiasa :)

Veny said...

Kalo g lom pernah ke panti jompo tapi kalo ke Panti asuhan anak udah pernah , sedih liat anak2 tanpa orang tua .
tapi budaya barat , biasa loh nitipin ortu ke panti jompo .
kalo kita org timur beda sih ga akan tega nitipin mrk disana .
tapi bnyk juga crt ortus endiri tidak diperlakukan baek dirumah anak sndr . Huhh jgn sanmpe begini deh yah !

salut buat acara sosialnya !

Pucca said...

@veny: iya, kalo budaya barat mungkin biasa, kalo kita kan gak biasa, jadi merasa berdosa.
thanks, laen kali ikutan ya ven :D

d3s said...

gue pernah tuh vi ke panti jompo muara kasih. dulu di kapuk... sekarang di bogor kayaknya.

emang kapan sih perginya?

Arman said...

iya kasian ya. waktu itu gua pernah ngobrol ama temen kantor gua, gua bilang serem disini kok banyak orang yang udah tua masuk panti jompo. gua takut kalo ntar andrew gitu ke gua. hihihiihi. tapi ya temen gua bilang ya gak semua lah, banyak juga yang enggak...

tetep aja serem ya kalo dipikir2. amit2 deh jangan sampe... gua mendingan pulang indo deh! huahaha...

btw its very nice of you yang pada berkunjung ke panti jompo.

Pucca said...

@dessy: sabtu kemaren, emang lu gak tau des? bukannya ada pengumumanya di blog shanni.

@arman: haha.. gaklah, andrew kan dididik dengan cara timur, masa dia tega :)

Tha said...

duuuhh..terharu banget.
Iya emang tega banget kalo ada anak yang nempatin orang tuanya ke panti jompo,
wong waktu masih kecil aja mereka ngga ditaro di panti asuhan.
Kog ya bisa-bisanya

Y3nn1 said...

Moga2 gw juga ga akan jadi anak yang menelantarkan orang tua & mertua, ga akan menitipkan mereka ke panti jompo.

Jadi teringat film Singapur yang menceritakan kasih ibu ke anak2nya. Judulnya Money Not Enough. Harusnya sih ini film komedi, tapi terakhir kog jadi berat banget. Gw habis berlembar2 tissue nonton film ini.

Herannya, ada ortu teman gw yang malah bercita2 tinggal di panti jompo kalo udah tua nanti. Katanya kalo di rumah aja kesepian. Anak-mantu-cucu punya kesibukan sendiri. Sedangkan dia ga punya kegiatan apa2 lagi...bosan. Kalo di panti jomppo kan banyak teman2nya, bisa ngobrol utk melewati waktu. Gitu katanya. Gw dengarnya ampe miris. Tapi sempat mikir : kita ga boleh cuman menampung ortu di rumah aja, tapi juga harus memberi perhatian & kegiatan biar mereka ga bosan dan tetap merasa dibutuhkan.

Windy said...

Gw pernah ke panti jompo yang di Jelambar itu, dulu..
Sama, waktu mau pulang, kita ditahan2 sama oma opa disana. Katanya "Jangan pulang dulu.."
Itu nunjukin betapa senangnya mereka dapat perhatian kita yah..

Iya Viol, semoga nanti kita jadi anak2 yang berbakti sama ortu n mertua ya.. Jangan sampai titipin mereka ke panti jompo...

Pucca said...

@tha: yah begitulah tha, emang ironi ya..

@yenni: itulah yen, mungkin banyak ortu yang tinggal di rumah anaknya, tp tetep kesepian, karna anaknya cuma menampung aja, tapi gak dianggap anggota keluarga, pergi gak diajak, makan gak bareng, jadi mereka kesepian, mudah2an kita semua gak begitu ya :)

@windy: iya, pengalaman ini jadi pengalaman buat gua juga, jadi cambuk gitu, gua mesti berhasil supaya ortu gua bisa hidup senang di hari tua :)

Pitshu said...

g jg pernah tuh liat oma2 di mangga 2 lantai paling atas yang sepi deket toilet, di tinggal begitu aja, kurang lebih 1 jam. disana itu sepi, temen g kebelet boker, dan udha di cek di kamar mandi ce/co emang cuma ada kita doank.
kita menyimpulkan, yg bawa oma itu lagi sibuk belanja, dan si oma di tinggal di sana, toh enggak akan ada yang nyulik
huahh.. lain kali kalo ke yayasan gitu pitshu ikutan donk!!

Im3th said...

itu salah satu bentuk budaya barat yg menurut gw kurang sreg dan tidak baik. Tega bener orangtua ditaro dipanti jompo padahal mereka yg lahirin, rawat, melindungi, menyayangi kita,eh masa pas mereka udah tua n jompo ditaro dipanti. kalo di negara barat hal ini udah biasa.

Im3th said...

itu salah satu bentuk budaya barat yg menurut gw kurang sreg dan tidak baik. Tega bener orangtua ditaro dipanti jompo padahal mereka yg lahirin, rawat, melindungi, menyayangi kita,eh masa pas mereka udah tua n jompo ditaro dipanti. kalo di negara barat hal ini udah biasa.

Pucca said...

@pitshu: hah? mending ditinggal di resto gitu, kan bisa duduk sambil minum2, ditinggal di depan toilet, kasian amat.

@imeth: iya, setuju meth, gua juga bilang gak pantes ya..

enysusanto said...

iya, sedih banget.

Gua pernah waktu ke panti jompo bareng temen2 gereja. Trus ada satu kakek, chinese. Nangis-nangis, minta tolong keluarin dia dari sana. Dia cerita dia orang surabaya. bisnisnya diambil sama anaknya, trus dia dikirim ke panti jompo di jakarta supaya ga bisa kabur.

Soalnya kalo panti jompo di surabaya, si kakek ini suka kabur lagi pulang ke rumahnya. Kalo di jakarta dia ga bisa pulang. Dia sampe kasih kita alamat dia di Surabaya, minta tolong kasih tau anaknya dia mau pulang. Dan sedihnya lagi dia udah 3 thn di panti jompo jakarta ini tanpa sanak saudara yg menengok. Sediiiihhh... banget. Gua sampe nangis sesegukan ngeliat si kakek ini. Badannya masih tegap, dari penampakannya gua rasa dulu orang berada.

bebek said...

kalo di sini, panti jompo gag semuanya seserem itu, vi
panti tuh jadi ajang komunitas para sepuh,...seperti mahasiswa tinggal di asrama
keluarga boleh sering-sering nengokin,...
malah ada ex-temen kantor bebek, nyang udah umur 50an bilang, kalo dia udah gag kuat kerja lagi nanti, dia mau tinggal di panti ajah,...banyak temen,....gag kesepian di rumah.

tapi bener tuh, kalo bebek punya anak nanti, mau bebek bawa ke panti asuhan,...
paling sebel kalo ngeliat anak kecil nyang gag mau berbagi,...tapi susahnya kebanyakan seperti itu,...nyontoh dari ortunya kali ya.....

salut deh buat shanni!

Pucca said...

@eny: ya ampuuun.. itu bener2 tragis ih.. kok tega ya anaknya.. gak takut karma apa?

@bebek: disana lebih bagus ya bek? kalo disini sih jauh lah dari bagus ya, gak tau deh kalo ada panti yang elit hehe.
iya bener, kalo dari kecil diajar yang bener, semoga gedenya tetep bener ya bek :)

tata said...

waaa salut...pengen de bisa ngelakuin sesuatu buat orang2 tua gitu, tapi belon kesampean juga.. semoga taon ini bisa ketemu komunitasnya~
hmmm daku perna denger, ad yang suka di p.jompo gitu, karena mereka ketemu temen2 yang seumur, bisa sharing gituh ktna...tapi daku juga sih, ga mau kalo sampe ortu masup sana...
thnx for sharing~

Pucca said...

@tata: gua juga gak mau ta hihi.. kalo mau sharing kan bisa sama tetangga yang seumur tua2 juga, kalo tinggal disana mah gak enak kali. kecuali kalo pantinya keren kali ya :)