Jus Sawi Hijau

Jus Sawi Hijau

Bahan:
150 gram sawi hijau / caisim (kira2 setengah ikat)
200 gram nanas (1/4 nanas)
air dingin secukupnya

Cara membuat:
Robek2 sawi hijau beserta batangnya.
Nanas dipotong kecil2.
Masukkan sawi dan nanas ke dalam blender, tambahkan air dingin sedikit. Blender sampai semuanya halus.
Untuk 2 gelas.

Tips:
Nanas madu lebih manis daripada nanas biasa. Kalo ada, beli nanas madu ajah.
Harga: Rp. 5000,- per buah.

Dan pertanyaan yang paling ditunggu2 pasti adalah...

Rasanyaaaa???

Hmmm... lumayan kok :D

Serius!
Gak boong!
Rasanya tidak se-scary warnanya ternyata! Hahahaha :D

Jus pertama yang gua buat nih minggu lalu. Setelah beli buku resep jus di gramed, ternyata ada resep jus sawi ini, dan pas pula banyak yang bilang kemaren kalo jus sawi + nanas itu enak, langsung deh gua jadiin sebagai percobaan pertama.

Pas ke pasar kemaren sih gua ada beli macem2 sayur selain sawi, ada bayam, toge, seledri, wortel. Tapi gua memilih yang aman dulu donk, namanya juga pertama kali, jangan coba yang ekstrim dululah..

Orang waktu pertama gua jus sawi itu aja sempet deg2an kok. Sambil metek2in sawi gua sambil berulang2 meyakinkan diri gua sendiri.. aaah.. bisalah gua minum ini, banyak yang bilang enak kok..
Tapi lama2 waktu piring gua udah membubung penuh ama sawi yang udah gua petek2in, gua jadi ragu sendiri.. jadi gak ya.. gua bisa gak ya minumnya.. atau gua cah aja nih caisim buat makan siang ya..
Beneran gua sempet kepikiran gitu.. kekekek :P

Tapi akhirnya gua memantapkan hati (disamping malu juga kalo sampe gak jadi) gua masukin sawinya semua ke blender. Trus nyalain deh si philips.. greeeeeeng.. pelan2 warna hijau memenuhi blender.. seiring ancurnya semua sawi gua, seiring itu pulalah blender gua dipenuhi cairan kental berwarna hijau.. makin lama makin pekat.

Gua menelan ludah. *GLEK!*

Gua lantas berpikir, apa gua tambah nanasnya ya? Kok gak ada kuning2nya sama sekali? Ijo semua???
Gua ampe masuk lagi ke kamar liat bukunya, bener gak jadinya warnanya kaya gini.. ternyata bener dink.. bukunya gak boong.

Setelah kira2 1 menit, gua matiin blender. Gua icip dikit pake sendok. Maksudnya kalo rasanya gak karu2an gua mau langsung nambahin nanasnya hihi.. kalo perlu 1 bulet nanas gua cemplungin semua dah supaya enak haha..
Deg2an banget pas gua icip cairan ijo itu, sambil berdoa dikit.. ya Tuhan semoga enak..

Setelah beberapa detik mengecap2, tampang gua dari yang tadinya tegang perlahan2 berangsur lega, ternyata gak seburuk kelihatannya kok, gua doank yang lebay, rasanya mah biasa2 aja :D
Dengan penuh rasa sukur yang amat sangat, gua tuang ke gelas, trus gua minum.. iyah rasanya ternyata lumayaaaan :)

Gak pait, gak langu, ada asem2 manisnya, itu rasa nanasnya kali ya, caisimnya mah gak berasa, cuma ada rasa sayur dikit, tapi gak kentara kok.
Dibilang enak banget sih gak juga, gua sih lebih prefer jus stroberi ya, tapi dibilang gak enak yah.. gak juga!
So so lah, bisa diminum tanpa harus memaksakan diri. Atau bisa dibilang masuk kategori enak dikitlah hihi.. bingung gak sih nih yang baca. Referensi kok ngawur gini :P

Gua langsung panggil2 si bibik yang lagi nyuci baju di atas, karna david lagi pergi nyuci motor, jadi gua mau berbagi kegembiraan ama si bibik. Dia gua suruh icipin dikit.
Gua mau meyakinkan bahwa ada orang laen yang bilang enak selain gua, kan kali2 aja gua udah berhasil menghipnotis diri gua sendiri supaya jusnya enak, padahal mah kagak haha.

Si bibik sih mukanya langsung pucet gitu waktu gua sodorin gelas kecil berisi cairan ijo.

"Bik, nih cobain deh." *gua sumringah banget*
"Ini apa non?" *muka pucat pasi*
"Minum aja dulu, enak kok." *gua membujuk layaknya ibu2 membujuk anaknya makan wortel*
"Tapi ini apa ya? Kok warnanya..... ijo?" *makin pucet*
"Itu jus sawi. Nih saya udah minum segelas. Gak bau kok. Cobain." *udah rada maksa*

Butuh beberapa detik lagi baru si bibik mau minum jusnya. Gua ampe curiga jangan2 dia ngucapin doa dulu dalam hati hihi. Dan gua berulang2 menekankan.. "Gak bau kan? Enak kan? Gak pait kan?"
"Iya, gak bau. Kaya jambu non."
"Oh.. iya yah! Kaya jambu klutuk yang blom mateng. Iya bener2 :D"

Jadi begitulah rasanya. Gak serem kok. Not bad at all! :D
For beginner, jus sawi hijau + nanas ini sangat2 recommended deh! Trust me! :)

David juga udah minum. Kebetulan pas banget abis si bibik minum, david pulang. Kalo emang udah nasib mesti minum jus sawi gini nih wkwkwk ;P
Trus gua ulang deh sesi membujuk david kaya membujuk bibik tadi. Tapi kali ini butuh usaha yang lebih keras, gua ampe harus minum lagi di depannya dia, sambil bilang "Nih liat gua minum lagi nih, gak bau kok, enak kok.. kaya jambu vid."
Baru deh david mau minum haha. Dan dia bilang bener kok, rasanya kaya jambu :)

Gua minum jusnya pagi2 sebelum makan apa2. Emang gua baca bagusnya minum jus pagi2 gitu. Jadi perut masih kosong dan jusnya bisa langsung keserep ama tubuh.
Walaupun ada maag, gapa2 kok minum jus pagi2. Asalkan minumnya gak pas maag-nya lagi kambuh yaaa..
Gua juga dulu pernah minum aer jeruk nipis gak pake gula pagi2 tapi gak sakit perut. Buah yang asem sampe ke perut jadi gak asem. Malah aer jeruk nipis bagus katanya buat bersihin usus. Tapi gua males aja meresnya hehe.

Yang agak ribet paling nyuci sayurnya aja. Karna gak dimasak, jadi harus dicuci sebersih mungkin. Gua kemaren cuci sawinya aja ampe 3 x.
Pertama gua celupin semua sawi di baskom, lap2 semua helai daunnya.
Trus ulang lagi cuci kedua pake aer mengalir, langsung di bawah keran.
Abis itu yang ketiga, rendam sebentar ama aer matang + garam dikit. Biar pestisida + kumannya ilang, at least gua nganggepnya gitu :P
Kalo buat yang dimasak mah, biasanya gua cuci sekali doank hehe.

Ayuk atuh semuanya pada nyobain, temen kantor gua juga udah berhasil gua rayu dan katanya enak kok :)
Sehat, murah meriah lagi, diitung2 cuma seribu segelas. Bahkan buat yang gak doyan sayur, kaya pitshu, nie, lina.. lebih harus nyobain. Kan gak doyan makan sayur, jadi sayurnya dijus aja, diminum hehe.

41 comments:

ferlin said...

hmmm, sounds promising :D
Trus khasiatnya jus ini apa dong?
Kalo khasiatnya ok mgkn g tertarik nyoba *atau at least maksa si ronny nyoba dulu, hihihih*

Limmy Mama Radhika dan Rania said...

ini boleh dicobakan ke dhika nih.
mgkn gue bikinnya jus brokoli hihihi

once_alifetime said...

Selamat atas suksesnya jus pertama hehe, soalnya kesan pertama biasa agak nempel, kalau udah rada suka, ntar resep2jus sayur berikut pasti sukses jglah. Btw kalo emang takut ama pestisida de el el kan ada sabun khusus pencuci sayur dan buah spt pigeon etc, gua sih gak pake kecuali kadang2 untuk buah Denzel.

Shanni said...

wah warnanya bagus ya hasilnya. enak ya? duh gw masih ga berani euy Vi... tapi ntar kapan2 coba deh, btw pertanyaan yg sama kaya ferlin, ini khasiatnya buat apa Vi?

tata said...

* glek *
looks scary ci >.<

Mommy Axel said...

one word

HUEKKKKKK

Mendingan makan pizza, bakpau, macaroni schotel, sapi lada item, ayam saos mentega dehhhh.... :p

Pitshu said...

masih lom berani mencoba, secara g di bangkok suka ama sayuran yang dimasakna, krn terasa manis, lebih mikir, apa g masak sayuran pakai gula aren wakakakak :D
terus terang nich, liat gambarnya g udah mau pingsan wakakakakk.. *ektrim mode on*

Michelle Angelee said...

Akhirnya jadi juga ya Vio.... warnanya bagus banget ya... seger tuh.... kog beda sama buatanku ya...kayaknya takaran nanasnya banyakan kamu d...hihi... makanya warna ijonya muda... tapi aku udah agak2 lupa rasanya d....
Ntar klo bikin juice taoge bilang2 ya campurannya apa aja... itu bagus untuk kesuburan Vio... hehehe

Yenny - Fidel said...

kesan pertama kayaknya menarik juga, boleh neh kalo lue dah recommend, coba2 dulu ah, sapa tahu doyan juga, gak coba kan gak tahu rasanya, hehehe

nie said...

Wahhhhh kedengerannya enak hehehe... cuma ribetnya aku males ;P mending makan sayur aja, aku lebih seneng makan sayur hahahahaha...

Mei Mei said...

buset deh viol..gue liad aja uda eneg duluan kakakakak *ga demen sayur* xD
sayur aja ogah makan apalagi di jus-in kakakkaka xD

Pucca said...

@ferlin: haha..mesti diimingi2 khasiatnya dulu ya fer.. gua ada baca sih di buku tapi yah, kalo diminum cuma sekali2 mah mungkin kurang efek hihi.. tapi inget aja sering2 makan sayur bisa bikin muka kinclong.. tuh makanya nyobain :P

@limmy: lim, resep gua kan sawi, kalo lu ganti brokoli rasanya gak ditanggung loh ya haha..

@elisa: gua sih males pake sabun el, takut gak bersih nyuci sabunnya malah nanti jadi makan sabun, gua blender nti berbusa malah gawat hehe..

@shanni: iya, warnanya ijo bagus ya, khasiatnya ya? ya udah gua liat deh buku gua dulu..
khasiat caisim: memperlancar saluran pencernaan, mencegah konstipasi, mencegah penyakit pelagra (radang kulit), anti kanker, mengobati asam urat. itu kata bukunya :D

@tata: hahaha.. orang warnanya bagus gitu kok ta :D

@elsiey: itu juga enak sih el, tapi ini juga enak kok ^^

@pitshu: haha..segitunya pit.. ya udah kalo gitu mulai sekarang sering2 liat gambar itu sampe terbiasa dulu, at least sampe udah gak mo pingsan kekekek :P

@yolan: gua udah minum kok yol, yang ada taugenya, nti gua post juga yah ^^

@yenny: betul betul, tak kenal maka tak sayang, coba yeeen! :D

@nie: gak ribet kok sher, yah makan sayur juga bolehlah hehe..

@mei: yah.. tau gitu gua potosop dulu warnanya jadi pink2 gitu kaya stroberi baru lu mau coba ya kekekek :P

quinie said...

duuuh warna ijonya seger banget :D. btw, gua kecewa ama postingan lu kali ini.

KOK GA ADA CERITA TENTANG PERBANDINGAN HARGA?
kan seru tuh kalo ada acara berantem2 ama tukang sayur gara2 harga sawinya lebih mahal dari pada di supermarket :p.

xixixxi... becanda denggg... tetep seru kok :). Lu jualan jus ntu ajah di kantor...
eh, ada ga jus yang bisa untuk sedot lemak?! xixixi

Veny said...

ogahhh , mending g mkn tumis/rebus sawi sepiring penuh plus nanas potong 2 biji . enakk !

ingrid said...

love your blog! hihihi..

Windy said...

Enak kaaan jus sayur? hehehe... Kalau ditambahin jeruk nipis dikit lebih enak lagi kali ya.. Lebih wangi2 jeruk gitu :D

Lina said...

warnanya sih menggiurkan kok vi, kapan2 coba ngejus sayur ah... ditunggu sayur yang laen ya Vi :)

LeNa said...

Kl gw kyknya bakalan gw cah aja tuh sawi makan sama nasi, abis itu makan nanas potong pake bumbu rujak. wakakakaka.....

Arman said...

gua dulu kalo ngejus sawi dipakein kiamboi biar lebih enak ada asem2nya.. hahaha

shine ju said...

oho.. serem aj dengernya.. tapi kek nya boleh dicoba. :) lam kenal!

Pucca said...

@ratu: haha.. apa yang mo diberantamin.. harga sawi ceceng masa masih mo ditawar hihi..
eh rat, kalo lu minum jus ini lebih cepet kurus loh, daripada jus buah :P

@veny: hahaha... ven gua masih ngiler ama buah2an yang lu foto itu.. bagus banget deh..

@ingrid: hai ingrid.. makasih.. salam kenal ya :)

@windy: iya, tapi karna yang ini udah enak, gua malas tambahin jeruk nipis lagi win hehe..
tapi jeruk nipis selalu boleh ditambahin kok buat penyedap rasa :)

@lina: sipppp :)

@lena: haha..dasar lu :P

@arman: kata orang juga gitu, tapi ternyata begini aja udah enak kok man :)

@shine: hai shine, salam kenal juga :)

naki said...

tadinya gw curiga warna jus di poto di tambah contrastnya , jadinya biar kliatan yummi gituuu .. ehh ternyata emang rasanya ga buruk2 amat yak :D

yhalim said...

bagus warna ijonya.
g biasa minum melilea gfo, jg ijo2 gitu, kan sayur juga. mirip kali ya. ^^

Im3th said...

vi, mantab bener tuh warna ijonya. lo hebat ya suka sayur dijus. bagus tuh vi, sehat!

elmoudy said...

ya sih warna ijonya kayaknya uenak temen. tapi kok sawi??? jadi mikir mikir... ~.~

apple said...

kl gua mending di cah aja vi...segelas gt di glek2 ga sanggup gua..soalnya gua tipe yg liat dr penampilan,kl uda aneh2 ga brani coba hahaha..mil gua malah sayurnya doank tuh ga pake apa2,ga tau rasanya gmn

angel said...

liat gbr nya membayangkan jus kiwi aja deh dari pada jus sawi, dr pd ga selera..haha.. tp nti gua mo suruh nyokap gw coba ah.. buat bokap tapi bkn buat gw.hahhaa..

nie said...

hoeeeeeeeeeeeeeeeeeek. jauh jauhkan daripadakuuuuuuuuuuuuu..sawi, oh no!

sarie said...

enak ya? masa??? ntar deh nyobanya, secara sekrg masih blum berani maem yg mentah...sawinya mentah kan?

selamat hidup sehat ya Vio, ntar kalo dah program diet pingin coba resepmu ini. hehehe...thanks ya

Pucca said...

@jen: haha.. gak koook, gak diadjust pake potosop kok, asli ini mah :D

@yulia: iya mirip kali ya, tapi gua blom pernah minum melilea, minum sayur aja deh :P

@imeth: cobain atuh meth, gantian ama tomat wortel..

@elmoudy: boleh ganti bayam juga kok, apa aja yang penting sayur mah ^^

@elyse: haha.. justru penampilannya bukannya ijo ngejreng gitu? hihi.. kalo sayur doank gua pernah icip, gak eneg sih, agak pait aja gitu..

@angel: haha..dasar lu :P

@nie: hihi.. ada ya orang takut ama sayur :P

@sarie: haha.. iyalah mentah, masa dimasak dulu sar? :D

susie said...

warnanya menggoda banget , tp aku gak berani bayangin rasanya sih , sawi gituloh ..hihihi ..

Zulhaq said...

mau mau mau...mau nyoba
tapi yang gratisan alias hasil buatan mbak pucca he he he

Pucca said...

@susie: rasanya biasa aja kok sus ^^

@zulhaq: halah.. bukannya lagi nunggu wanita yang mencintaimu apa adanya itu? :P

nyonyakecil said...

wah jus sawi ini pernah nyoba tapi di restoran, bikin sendiri rada males n takut gak bersih nyucinya.
kayanya yang di resto itu campuran sawi+nanas+melon, rasanya enak dan manisss :D

Pucca said...

@nyonyakecil: oh.. pake melon ya, emang manis jadinya.. :)

Anonymous said...

wenak ...bneran kok!

UGI da CHEF said...

Enak dan sehat :)

UGI da CHEF said...

mantabs.....enak kok itu sekaligus sehat

bibit said...

Sayur sawi memang manis rasanya tapi sayur-sayur di pasar sekarang ini banyak yang tidak terjamin ditanam di tanah yang baik/SELOKAN atau pake PESTISIDA alias racun hama yang tertempel di daunnya.Siapa yang jamin cara tanamnya tidak dicampur dengan kimia?

Makin sehat kalau ngejusnya pakai sayuran hidroponik yang ditanam sendiri lebih aman yakin dimakan atau dijus.

Ini foto-foto yang berhasil tanam sayuran hidroponik termasuk sayur sawi dan hasilnya lebih bagus dari pada sayuran di mall:
http://hydrofarm.co.id/en/blog-cara-tanam-hidroponik/testimonial-peserta-pelatihan-dan-seminar-hidroponik-b112.html

bibit bunga said...

Kami sarankan semua penduduk Indonesia untuk bertanam secara organik biar lebih bersih, juga bisa menggunakan teknik hidroponik yang lagi marak di kota-kota. Pastikan Anda bisa mengonsumsi makanan atau sayuran hasil panen Anda dengan memulia bertanam hanya dengan menggunakan bibit sayuran hidroponik yang bagus saja.

kebunpedia said...

Selain menemukan aneka bibit sayuran rekomendasi untuk penduduk Indonesia http://bibitbunga.com/benih-sayuran/, kamu juga bisa ikutan kita join di forum kebunpedia.com, sangat recommended bagi pemula ataupun expert/ahli dalam dunia bertanam (http://www.kebunpedia.com)

Terima kasih meluangkan waktu membaca.