Jus Sayur Campur

Jus Sayur Campur

Bahan:
50 gram bayam (1/3 ikat)
75 gram wortel (2 buah)
50 gram toge
4 helai lettuce / selada
seledri beberapa sobek
200 gram nanas (1/4 nanas)
air jeruk nipis 1 sdm
air dingin secukupnya

Cara membuat:
Petik2 semua sayur beserta batangnya.
Potong wortel dan nanas kecil2.
Buang pantat toge yang item2.
Masukkan semuanya ke dalam blender, tambahkan air dingin sedikit. Blender sampai halus.
Untuk 2 gelas.

Tips:
Pilih wortel yang muda, karna lebih manis, wortel muda itu yang kecil2. Harga 1/2 kg: Rp. 2000,-
Toge beli yang besar2, lebih nendang kalo dijus. Harga 1/4 kg : Rp. 2000,-
Seledri yang biasa dibuat jus yang batangnya besar. Harga 150 gram: Rp. 2000,-
Lebih baik beli sayur lokal di pasar, sayur import pastinya udah dipetik lebih lama dan mungkin mengandung pupuk kimia lebih banyak.
Blender dengan kecepatan tinggi sehingga tidak ada ampas, tapi jangan terlalu lama (kira2 1 menit saja) supaya busanya gak banyak.
Kalau uang bukan masalah (buat gua sih iya) hehe.. beli sayur organik ajah, jadi free pestisida.

Gua udah gak usah pake gambar lagi lah ya. Warnanya sama aja kok, ijo2 gitu.. liat aja gambar di bawah hehe. Kalo rasanya sih masih enakan si sawi nanas. Tapi masa mau sawi nanas melulu.. mesti ada peningkatan donk. Jadi ini resep jus sayur intermediate ceritanya :P
Dan seperti biasa, gua juga rada berdebar pas ngejus ini pertama kali, ada toge ama seledri ini yang gua ragu.
Dan keraguan gua terbukti...

Seledrinya bauuuuu... trus rasanyaaa... brrrrrrrr... T_T

Pas gua ngejus pertama kali, seledrinya gua taroh 1 batang. Bukan beberapa sobek seperti di resep ini. Ini resep yang udah gua modif hehe. Gua ama david sepakat untuk kasih seledri secukupnya aja, sekitar 10 cm lah. Secara baunya itu loh.. gak nahaaaan.. kaya baru makan baso.
Padahal gua doyan banget loh seledri di baso, pasti gua taro banyak2 ampe kuah gua ketutupan seledri..
Tapi kalo di jus??
Sumpeh... rasanya jadi langu.. emang seledri itu cuma cocok ama kuah panas + kecap manis + sambel keknya :P

David aja ampe berkaca2 nyaris hoek pas minumnya, padahal cuma 1 batang seledri apalagi kalo banyak sesuai resep asli. Tapi emang sih.. kalo seledri gede, 1 batangnya itu lumayan panjang dan gemuk2 lagi batangnya.

Resepnya sih gak mengikat, sayurnya *menurut gua sih* bisa dikombinasikan sesuai selera. Liat aja sayur apa yang lagi seger di pasar, beli itu.
Soalnya sayur apapun kalo dijus rasanya gitu2 aja kok. Pait2 ijo gitu. Kecuali seledri yah.. kalo brokoli blom tau nih blom coba.

Toge bisa diganti timun, bayam bisa diganti selada aer, atau bisa juga pake sawi putih, yang penting *ini menurut temen yang lagi terapi jus sayur juga* kombinasikan aja sayuran berbagai warna untuk dijus :)

Kaya resep ini nih.. kan ada ijo, orens, putih, kuning.. udah 4 warna tuh, lebih banyak warna lebih bagus. Karna masing2 warna mengandung vitamin sendiri2. Jadi pinter2nya kita aja kombinasiin sayurnya ^^
Kalo buahan yang boleh dipake sebagai penangkal bau itu menurut dokter adalah nanas, jeruk, stroberi, kelapa muda, yoghurt.
Tapi menurut buku yang gua beli apel malang juga aman ditambahkan sebagai penyedap. Apel malang itu yang ijo trus ada merah2nya dikit. Kalo apel yang lebih kecil trus ijo semua itu apel manalagi, jangan yang itu. Itu rasanya manis2 hambar.
Tapi menurut filing gua sih enakan apel import yang ijo. Kan asem tuh. Pasti greng deh rasanya :P

Sampe skarang sih favorit gua adalah nanas. Rasanya asem2 manis. Baunya juga tajam. Bisa mengcover semua rasa dan bau tak enak.
Kecuali seledri tentunya.. nanas saja tak mampu... gua lagi nyari2 nih seledri counternya ama apa. Tadi sih gua campurin jeruk nipis keknya lumayan.

Gua pernah pake jeruk, tapi kayanya keok tuh jeruknya, jadinya jus gua malah kentara banget rasa sayurnya, pait. Padahal gua udah pake 4 jeruk peres. Sampe harus gua tambahin jeruk nipis 1 biji. Baru deh enakan. Tapi tetep ah, enakan nanas :)

Ya gitu deh, silakan mencoba sendiri ya.. kombinasikan aja sayurnya sesuai isi kulkas hehe. Kaya tadi, gua ngejusnya caisim + wortel + selada + seledri + nanas, kasih aer jeruk nipis dikit soalnya ada seledrinya, kalo gak ada seledri gua gak pake jeruk nipis.
Dan skarang sayuran di kulkas gua udah abis.. besok libur deh jus sayur gua *horeee kata david* :P
Tunggu sabtu baru ke pasar beli lagi ah.

PS: Thanks to mey and vivy for sharing this recipe :)

PS2: Kok di kantor gua banyak banget yang diare ya?? Bener2 banyak lo ampe 10 orang, pada gak masuk, dari minggu lalu tuh ganti2an aja sakitnya, ampe ada yang masuk rs sgala..
Emang lagi wabah diare di jakarta atau cuma di kantor gua doank ni ada yang gak bersih makanannya? Serem euy...

29 comments:

thesalem said...

Aduh sehat bener yah, tapi setelan otak gw, jus itu samadengan buah yang enak-enak. gimana tuh yah. Gw makan sayur di sop aja deh, gw rajin kok makan sayur, bener deeeeh...

pfhantom said...

kalau begitu mungkin seledrinya lebih enak kalau dijus pake kuah panas, kecap manis dan sambel :P

Limmy Mama Radhika dan Rania said...

hiii gue sih ga bakalan mau minum jus sayur gitu viol. huek.
kasian bener si david lu paksa minum.
sampaikan rasa simpatiku pada david ya.

emang lagi wabah diare tau.

LeNa said...

aduh moga2 lu ga ikut2an kena diare Vi, pan udah ada penangkalnya pake jus sayur itu. :)
kmrn itu nyokap cobain jus seledri campur pare. gw yg liat aja sampe merinding... hiiiiyyy.

tata said...

dubrak... sekarang dikombinasiin booo, coba kalo warnanya sedikit indah mungkin lebih menarik ci..

ada 1 yang bisa counter seledri..coba masupin pete ci ^_^ daku yakin kayaknya mantep tu hihihi... *ato duren?*

wakakakak
daku ngikut thesalem aja de, makan sayur yang di sop :P

Mommy Axel said...

ahh.. amit2 nih Viol, kalo ampe kena diare, sediain obat yang namanya 'LODIA'. ini kalo udah sampe taraf parah yak. Kalo biasa2 sih minum Diapet ajah. manjurrr....

Huhuhu.. lu posting juice sayuran muluuu... asli.. gue ga doyan. Enakan bakwan sayurrrr atau bakwan jagung dehhh. Wakkakaa..... Gara2 lu posting sayuran, udah seminggu ini, tiap makan siang di kantor, gue cemilin selada juga tuh. Haha.. kebetulan catering yang kali ini, selalu nyediain lalap selada ama timun yang kayanya bersih. Kalo yang dulu2 sih, hiyyy... jijay dah.

peggy said...

Duh..
Viol.. bener2 dah.. jus sayur mlulu.. :D
ntar semua jd ketularan pengen nyoba..

tapi bener kata limmy.. gue juga simpati ama david.. kayanya dia bener2 sayang ama lu tuh.. sampe rela dipaksa2 minum jus..
klo lu kayanya bener2 tega.. hoahaha... masa sampe berkaca2 gitu sih, viol.. kasian deh.. :D

nie said...

semoga elu ga kena diare jg ya, Viol!
Doh doh itu juice, aku ngebayangin aja merinding hehehe.... :p

Yulian said...

haha gw ngakak baca komennya Limmy.

tapi heran juga sih kok David mau2nya yah minum :D
kalo laki gw, biar dipaksa..kalo ogah juga ga bakal bisa hihi.
Jangankan laki gw, Jeslyn aja kalo ga mau dah ga bisa dipaksa haha

kalo nenas, jangan sering2 yah kayaknya Viol?
terlalu tajem gitu deh buat cewe2 *kata nyokap2 jadul*

ayi said...

hi... gua sering baca blog lu, tp biasanya passive reader aja hehe..
cuman penasaran aja, kalo makan sayurnya langsung tanpa dijus, efek dan khasiatnya beda kah? misalnya dalam bentuk salad gitu..
soalnya gua prefer salad kalo dibanding jus gitu, liatnya aja serem hehe

bebek said...

enak kok jus seledri,...
makin lama pasti makin biasa deh, vi

susie wae said...

aku belum pernah bikin sendiri , tp pernah beli siap konsumsi , sayangnya kok anak2 gak suka jus sayuran ya .

Mey said...

w0w resep lu banyak amat Vi,
gua masih setia dengan "wortel-timun-lectuce-seledri-bayam" >_<~ huhuhu..

tapi baru gua jalanin hampir 2 minggu (dikurang sabtu-minggu krn gua libur nge-jus-sayur :p), gua berhasil turun 2 kilo loh!! HHUAHUAH *ketawa2 puassss*

baru mau masuk 2 minggu, gua mulai bosennn nihhhh...gimana doooonk? :p

PS: Haha lu tega banget deh sma laki lu, tp dia baik banget yah sampe rela nemenin lu minum jus sayur ^^; salut deh

Pucca said...

@maryna: iya deh, gua percaya aja hehe..

@pfhantom: walah.. ngeri gua bayanginnya haha :D

@limmy: kok lu malah kasian ama david sih? itu kan bagus buat kesehatan dia :P
oh..emang ya? di kantor lu juga lim?

@lena: seledri pare? hmmm.. itu baru fear factor sesungguhnya haha.. sampaikan salut gua buat nyokap lu len :P

@tata: wakakak ta.. ampuuunn.. gua gak bisa bayangin kalo jusnya gua campur pete atau duren kekekek.. emang sih bau seledrinya ilang.. tapi ganti jadi bau pete? malah lebih parah wuahahaha :D

@elsiey: lodia ya? ok deh gua inget2.. biasanya gua minum diatab.
bagus donk lu cemilin selada brarti postingan gua berguna juga bikin lu terngiang2 haha..

@peggy: haha..kok malah simpati ama david? gua kan tega buat kesehatan peg :P

@nie: iya, semoga ya. gua takut nih, bisa2 gua turun 2 kg lagi kalo diare >.<

@yulian: abis jadinya kan 2 gelas yul, masa gua abisin sendiri, kembung atuh gua, terpaksalah gua paksa2 supaya mau haha..
iya kata nyokap gua juga gitu, nanti deh gua ganti ama apel ijo.

@ayi: hai ayi.. efeknya sama aja kok kalo makan salad mah, tapi kan sayuran yang di salad biasanya cuma lettuce, wortel, kol.. kalo bayam, toge gitu kan gak ada di salad hehe..

@bebek: masa sih bek.. gua kok gak tahan ya..

@susie: ya iyalah.. orang dewasa aja banyak gak doyan haha..

@mey: masa sih met lu turun 2 kg? hebat nian jus sayur itu ya.. ayo mey, jangan bosan :D
haha.. salah nih gua posting ini, jadinya semua pada bersimpati ama si david dan bilang gua tega haha..

quinie said...

hoh? beneran tuh kata si mey, bisa nurunin 2 kilo? gua juga mo nyobaa aaahhh :D, secara skip dinner cuma berhasil 1 malem, selanjutnya adaaa ada ajah alesan untuk bisa dinner :D

quinie said...

btw, kalo ditambah terasi gimanah? pasti bau seledrinya ilang :D

inten said...

Hi Viol, aku juga tergoda buat ikutan bikin jus sayur. Tapi gak berani pakai nenas jadi aku ganti semangka aja, aroma semangka dominan jadi cukup membantu. Selain itu biar gak terlalu tersiksa sama aroma minumnya pakai sedotan aja. Oya kalau lagi program hamil emang boleh ya makan semangka soalnya aku diwanti-wanti para sesepuh gak boleh makan semangka tuh?

ferlin said...

tetap semangat ya vi!
Gaya hidup lo sehat banget loh kalo begini, hehehe..

G dulu waktu ikut seminar detoks dikasih tau emang sayuran itu bagusnya dimakan mentah begitu, soalnya kalo dimasak kan udah berkurang gizinya ya, apalg kalo yg over bumbu, gizi sayurnya kalah sama racunnya, hehehe..

Tp g ga pernah minat samsek bikin jus sayur, even waktu detoks itu, pdhal dianjurin sih, soalnya kalo dijus kan katanya lbh gampang diserap ya..
Tapi aku sungguh tak sanggup, jd dikukus aja dah, itu aja makannya dah berat, kekeke..

So, salut deh :)
lanjutkan! Heheheh..

Arman said...

wah sekarang postingannya resep jus sayur terus nih vi... :D

angel said...

tinggal tambah saos kacang sama krupuk jadi jus gado2..wahahaha

Mommy Axel said...

huahahaha.. komentar temen2 lu seru2 yang Viol. Gue baca ampe ngakak2 sendiri. Terus ya, gue baca komennya si Mey. Katanya dia 2 minggu minum jus, turun 2 kg. SERIUS LOOO???? xixixiii.... Gue juga mau nurunin berat badan susah bener nihhhh....

Im3th said...

Viol, laki lo bener2 tob dah, jus fear factor gitu dia berani minum,...salute! hahahaha.
Duh Vi kayanya kalo harus minum jus kaya gitu, gw nyerah deh.
Toge kan enakan dibuat cah toge ikan asin vi, atau dijadiin isinya tahu goreng tepung.
Seledri mah enaknya dijadiin campuran bakwan jagung goreng ya hahahaha (jangan nurutin ajaran sesat gw hahahaha)

Pitshu said...

huahhhh sadri, ga kebayang sudah deh :D rasa na kek apaan :D hahha... kek na mendingan makan sayurannya beneran yah, dari pada di jas jus gitu :D

Pucca said...

@ratu: kalo ada embel2 bisa kurus langsung deh lu ya.. :P
terasi? ya Tuhan.. emang pada kreatif ya, pete, duren, skarang terasi hihi :P

@inten: oh diganti semangka lumayan ya? hmmm.. tapi dari list dokter semangka gak ada, jadi aku gak berani inten, emang semangka ada efek negatif gitu ke program hamil? gak tau juga ya..
kalo sedotan, emang aku sengaja glek langsung, agak didiemin di mulut bentar, katanya biar nyampur ama aer ludah, lebih bagus katanya :D

@ferlin: ah fer lu blom coba udah bilang gak sanggup, gua lebih gak sanggup lagi kalo dikukus.. pasti makannya dikit, kalo dijus kan bisa banyakan, cobalah.. enak kok ^^

@arman: hehe.. mumpung lagi anget man :P

@angel: haha.. bisaaaa aja lu mah :P

@elsiey: haha.. ternyata ya.. semua orang mau minum kalo diiming2i kurus.. dasaaaarrrr :D

@imeth: iya.. terus.. terus meth.. bikin gua mupeng haha..

@pitshu: bener ni ya pit, besok makan sayur ya :P

Mey said...

beneran kok turun 2 kilo =)
berat gua biasanya 43kg, abis operasi angkat kista n disuntik hormon tapros jadi bengkak ke 50kg >_<~
trus sejak 1/2 thn kmudian cmn turun 1kg ke 49kg(itupun uda ngurangin mkn nasi), tus mulai makan nasi 1/4 siang, malam makan 3 sendok nasi, jd turun ke 47 kg, setelah minum jus sayur, berat gua skrg 45kg :p
Yippi tinggal buang 2 kilo lagi balik ke BB awal =)

Pucca said...

@mey: gua sih gak mau turun bb mey, mau sehat ajalah :D
tuh siapa tuh yang pengen kurus, makanya jangan hoek2 terus, minummm! :D

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
Keyword Kenali Pandeglang
Mohon dukungannya yach....?!
Semangat..semangat..!!

Pandeglang telah hilang Kenali Si Dunia Aneh

supplier sayuran said...

rasanya pasti nggak karuan...jus sayur...hmm

intan rawit said...

hi mb, salam kenal

thanks for sharing recipe untuk jus sayurnya, ini dah seminggu aku baru mulai membiasakan diri minum jus sayur. Baru wortel sama tomat sih, bisa dicoba nih.