Cholesterol Levels

Lapor hasil cek up!
Kolesterol gua 166 lohhh...
Amazing yaaaahh :D

Padahal gua baru pantang makan sebulan, tapi efeknya langsung nyata euy.. kolesterol gua langsung menukik turun. Padahal seumur2 gak pernah kolesterol gua serendah ini.. ini rekor nih...
Biasa2nya sih nyaris mendekati 200 (200 nilai maximalnya) malah waktu taon kemaren tuh kolesterol gua mencapai titik puncak tertinggi, sampe 219. Jadi lumayan kan skarang turunnya 53 poin, hampir 25% tuh..

Ternyata turunin kolesterol itu gampang ya.. tinggal pantang makan doank langsung turun, gak usah minum obat.. eh gua ralat deh.. pantang makan itu gak gampang, suer deh gak gampang, susaaah bener deh hehehe..
Tapi hasilnya menggembirakan sih :)

Gua puas melototin hasil cek up gua kemaren sambil pamer2 ke orang2 kekekek.. dasar tukang pamer.. ini kan lagi pamer juga di blog hakhakhak :D
Maklum lah yaaa.. baru sekali2nya kolesterol gua segini, boleh lah ya cik koh *emang lu kira mangdu* :P

Trus selain itu hasil vaksin hepatitis B gua taon lalu juga menghasilkan antibodi yang lumayan, anti-HBs gua 500-an.. yang mana bikin dokternya bilang bagus bagus sambil ngangguk2.. katanya gak usah cek lagi paling gak sampe 5 taon yang akan datang hehehe..

Sukurlah hasil test gua bagus, overall gak ada masalah :)
Malah semuanya di dalam range. Tinggal test hormon nih besok. Deg2an deh gua test hormon ini..

Gua udah konfirm ke dokternya, kalo gua masih flek2, boleh gak test darah, takutnya nti udah ditest ternyata hasilnya gak valid lagi, kan sayang ya...
Pertama gua sms, gua takut dokternya lagi sibuk atau lagi caesar orang kan, jadi gua sms ajah..

"Dok saya xxx, sudah makan regumen 10 hari trus h-13 udah mens, jadwalnya h-9 kan cek hormon, tapi sampe skarang saya masih flek2 coklat dok. Gimana ya apa masih boleh cek hormon dok? Thanks."

Eh gak pake lama langsung dibales ama si dokter. Karna langsung dibales ya gua asumsinya dia lagi gak sibuk donk ya.. atau senggak2nya gak lagi di ruang operasi kan.. dan karna gua juga masih blom jelas, jadi gua telponlah dia, daripada berbalas sms pikir gua..

Di telpon ternyata dia ngomongnya buru2 banget, yah emang dokter kan selalu buru2 yaa.. yang penting katanya boleh.. abis itu baru gua telpon prodia bikin janji mo ambil darah besok pagi.

Gua bilang mo dateng jam 7 pagi, tapi malah disuruh dateng jam 8. Gua bilang gak bisa, gua kan mau kerja abis itu, gua kira dia blom buka pagi2 tapi ternyata dia udah buka dari jam 6, tapi emang syarat ngecek prolaktin selain puasa 12 jam juga pengambilan darahnya harus jam 8-10 pagi.
Gua baru tau loh mesti begitu, dulu di biomedika asal ambil aja perasaan, bahkan gua gak pake puasa seinget gua.

Pikir gua kan cuma sejam lebih cepet aja, masakan bisa segitu signifikan sih bedanya.. daripada gua ijin2 sgala kan repot, gua kekeh mau periksa jam 7. Tapi mbaknya kekeh juga mau jam 8, akhirnya gua disuruh pastiin ke dokternya dulu, kalo ada acc dari dokter, baru boleh ambil darah jam 7.

Yah mau gak mau gua telpon lagi lah itu dokter, masa gua sms lagi.. pikir gua kan cepet ini, cuman tanya begitu doank, lagian kalo gua jadi dokternya gua ngerasa lebih enak ditelpon kan yah daripada gua mesti ngetik2 sms balesannya...

Ih tapi ternyata gua salah.. dokternya gak suka loh gua telpon lagi.. bete deh gua...
Baru gua bilang, "Dok, ini saya xxx yang telpon tadi...", dia langsung nyelak, "Yahh.. cape dehhh...."

Gitu........ gua langsung terpukul tau gak......
Kesannya gua ncim2 nyinyir yang hobi nelponin dia mulu, padahal kan gua bukan mau nanyain hal yang tadi, gua mau tanya hal lain, itupun karna disuruh mbak prodia...

Gua langsung ngomong cepet2 trus begitu dia jawab langsung gua matiin telpon padahal dia masih ngomong apa tau tuh di telpon.. abis kan lebih cepet lebih baik ya, gua juga gak mau ganggu dia lama2 kalo dia gak suka..
Mana jawabannya nyepelein lagi," Mau kamu ambil darah jam 7 kek jam 8 kek terserah aja bla bla bla..." *gua gak denger lagi udah matiin telpon*

Huuuuuh.. meneketehe... lagian gua kan periksa hormon gitu gak murah.. ampir 900 ribu, kalo salah2 kan rugi di gua, situ sih enak dok cuma suruh cek ulang.. lah gua mesti ditusuk lagi, mesti bayar lagi...
Kesel deh gua jadinya... ugh ugh ugh...

Tau gitu gua sms aja ya, bodo lah dia harus ngetik2 balasannya, daripada gua digituin lagi.. tertusuk2 hati gua..
Emang sih dokternya suka cablak, ngomongnya suka tembak langsung aja gitu, gak pake acara formal2 atau basa basi, tapi mbok ya dipikir dulu gitu.. perasaan gua kan halus, lemah lembut, selembut beledu.....

Ya sutralah, emang karakter dokter macem2, dapet dokter cablak kek gini urut2 dada aja lah gua..
Enaknya sih kita bisa lebih santai kalo ngomong ama dia, tapi gak enaknya yah bisa makan ati kalo diginiin, masuk kiri keluar kanan aja deh gue.. mungkin dia lagi stress kali, dokter kan juga manusia.. mudah2an pas gua kontrol nanti dia gak inget gua yang telpon kemaren huehehe..

Semoga deh hasil cek gua besok bagus yaa.. jadi gua gak dikasih obat2an lagi, obat2 gua mahal2 euy.. bokek gua loh.. limit dari kantor mah udah jebol, udah gak mampu dia membayar obat2an gua yang mahal2 :P
Jadi skarang gua merogoh kocek sendiri nih.. makanya gua sibuk berdoa komat kamit semoga nti hasil gua bagus hehehe..
Nti kalo udah dapet hasilnya gua lapor lagi yah.. daaahh.. ^^

43 comments:

Pitshu said...

dari tahun lalu, pengen check up sampe sekarang enggak kesampean wakakaka :), setaiap kali baca postingan vuol tentang hasil ini itu, pengen check up cuma kok males yah wakakakak...
semoga hasilnya bagus, dan segera membuahkan yang bagus juga, Amin, cia yoo~

bandit™perantau said...

hehe..

sukses dah buat testnya besok..

selamat buat kolesterolnya... hehehe

nie said...

Semoga testnya bagus hasilnya yah :)
Pas baca si dokter bilang cape deh, gua emosi hahahaha... pengen gua gebukin kalo dapet dokter kayak gitu :p

Shanni said...

wah hebat Vi, kolesterol lo turun banyak.. ayo tambah semangat ya Vi biar tambah turun lagi.

dan gw doain test hormon besok hasilnya bagus semua :) hehehe dokternya pas kebetulan ada pasien kali Vi waktu lo telp dan mungkin sebelom2nya banyak pasien dia yang telp juga jadinya dia jawabnya gitu :)

Veny said...

wahh asik de kolesterol & hasil check up scr umum bgs ya !
iya sebenarnya kalo kita makan teratur & sehat kolesterol bs manjauh masalahnya yg enak2 tuh high koles ha22 pegimane donk Vie ??

Christine Wu said...

Wahhh congrats ya Viol kolesterolnya turun (pdhal gw sebelon baca blog lu mah buta level2 kolesterol wahahahha). Moga2 bsk test hormonnya sip dah!

Arman said...

huahahahaha dokternya gelo...
tapi lu juga gelo vi, orang dia masih ngomong kok lu tutup sih. ntar apa dia gak tambah kesel ama lu? hehe. moga2 dia gak inget dah ya... :P

dan moga2 hasil periksanya bagus ya vi...

Ratusya said...

hooreee hebattt!!! btw, supaya kolesterol turun cuma mematuhi pantangan ajah ya? gag perlu makan oatmeal tiap saat yak?
huahaha...itu dokter dodol juga, bilang kek kalo lagi sibuk atau gimana. xixixi

noni said...

Viol, wah selamat ya kolesterolnya dah turun; all the best buat test hormonnya. pasti bagus deh...

Btw Vi, butuh test apa aja sih Vi? aku pengen sebenernya test di sini, tp bingung euy; berhubung kl di sini kan ke dokter cuma dokter umum, temen2ku blg biasanya cuma dikasih vitamin D doank secara org indo kurang vit. D. Aku jg dah lama ga check kolesterol, etc nih. duh takut tinggi euy.. :p

Hahaha dokternya lucu bgt sih, mgk sebenernya ada org lain yg nelponin dia m;lulu kali Vi, jd dia bete. hehehe..

angel said...

gua dulu tes hormon lengkap juga disuruh puasa dari malem kok viol. dan klo ga salah inget diambil darahnya sampe brp tabung gitu, byk deh pokoknya. ada yg diambil sejam sekali sampe 3x jadinya tetep musti nunggu di hospitalnya. ga tau deh sama apa ga sm yg elo punya..hehe smoga smuanya baik2 yah

luvly7 said...

Hahahahah ... beneran elu sentitit ya Vi?? gue ampe kebayang muka bete elu pas dokternya nyolot :p

Kolesterol segitu dapetnya gara2 gag makan daging sama sea food sebulan ya Vi??

Boljug dong yaa gue belajar nyayur ama buah aja sebulan ... eh, ngaruh ke berat badan gag siy Vi???

Yulia said...

duh.. mo comment kok error mlulu yah??

dr. Setxxbudx ya Neng??

.:acen147:. said...

wakakakak, baru tau dr Med bisa nyolot gitu. dulu gw perasaan gak pernah digituin deh, hihihi... tapi pernah sih, gw SMS dokternya krn kelupaan sesuatu (SMS ke-3 kalinya dalam waktu sehari), trs dibales gini sama dia (belakangnya): bu, jangan2 ibu lupa nama sendiri...

:p :p

utk tes prolaktin itu ya... gw sih gak pake tanya2 prodia, lgs aja tuh dateng. tp dsuruh tunggu sih, yg klo diitung2 jadi jam puasa gw lebih lama (lewat 12 jam) gara2 dsuruh nunggu itu...

hasilnya malah bagus, viol... hihihi

Windy said...

Semoga semua hasil tesnya bagus ya Viol :) Dan segera dapet momongan :) Aminn...

Gue kalau mau tanya dsog gue dulu emang prefer sms sih. Soalnya risih gitu telfon2 (kan maluuuu *gubrak*), hehehe.. Biasanya kalau sms juga dibales sih, walau singat bener jawabannya :D

Udah jangan terlalu dimasukin hati, Viol..Dokter kan juga manusia. Mungkin dia lagi bad mood kali :P

Blink Blink said...

hahaha..dokter buduk,omelin balik donk pucca

Yulian said...

Semoga hasilnya test nya bagus & cpt hamil yaaa ;)

Iya tuh namanya dokter terkenal, byk pasien, pasti sibuk deh. Namanya kita butuh, yaa..sabar2in aja ngadepin dokter kek gitu hihi

FeN said...

Hebat kolestrol turun!
Pertahankan dong Viol.
Gw mah bs 260 lho. Ckckck..

Gimana test-nya hari ini ya?
Semoga hasilnya bagus ya..
Jd pan bs move ke step berikutnya. Eng-ing-eng :) Cepet berhasil deh..

Y3nn1 said...

Moga hasilnya bagus yah...

Kali kalo SMS si dokter bisa minta tolong ketikin ama susternya. SMS juga bisa dibacain. Jadi ga gangguin kegiatan si dokter secara langsung. Lain kali SMS aja deh, daripada resiko denger komentar yang bikin bete.

ichanx said...

gw baru full medical checkup sekitar 3 minggu yang lalu... dan seluruh tubuh gw berada dalam kondisi ideal, mulai dari darah, jantung, thorax, blablabla....

tapi kolesterol gw.... bahkan jauh lebih rendah dari standar.... Ketika orang2 bermasalah kesulitan nurutin kolesterolnya, gw malah harus berusaha "naikin kolesterol" untuk jadi normal.. *tampak sebagai orang kurang gizi* :))

mamana clo said...

hahhhh? kalo gw digituin ama dr kayanya gw cari dokter lain tuh.. untung lo gak sensi-an kaya gw hahahaa...
selamat buat hasil tesnya... duh.. gw masih belom aja nih vaksin hep-b

d3s said...

gua kok dulu ga disuruh puasa ya? n ambil darahnya malem banget... hampir jam 11.
jangan" hasil gua ga akurat tuh... makanya pas dikasih parlodel gua OD. ihhh rese......... padahal mahal banget testnya.

dokternya ketus ya vi? tapi kayaknya semua dokter juga gitu dey... kecuali dokter gigi. gua telepon dokter w juga gitu... malah dibilang, "kan udah saya bilang... boleh!"
payah...

Pucca said...

@pitshu: sekali2 boleh kali pit cek up, gampang kok langsung dateng aja prodia/biomedika..

@bandit: gak jadi test nih hari ini.. gua undur.. thanks :)

@nie: iya sher, gebukin donk buat gua hehehe..

@shanni: segitu aja gua udah cukup puas kok shan, udah ranking mah gua di kantor kalo dibandingin ama orang2 haha..
gua gak jadi test hari ini shan, kata david bulan depan aja, tunggu fleknya brenti :)

@veny: ya itu dia hehe.. makanya gua bilang pantang itu susah karna yang dipantang itu yang enak2 semua..
kalo yang dipantang makanan yang gak enak mah semua orang pantang kali haha..

@christine: kok bisa buta sih tin? bukannya itu udah sering dibicarakan ya? atau di kantor gua doank ya karna dicek tiap taon hehehe..

@arman: abis gua kan ketakutan man, gua takut dia marah kalo gua telpon lama2 jadi gua tutup aja xixixi.. salah sendiri jutek, jadi gua kan panik kekekek..
bulan depan gua jadinya cek man, udah dijutekin dokter gak jadi test pula wuahahaha..
yah baguslah semakin lama gua ke sana dia akan semakin lupa gua yang telpon kemaren :P

@ratu: emang tuh, dodol deh dia, kalo dipikir2 skarang lucu juga ya, padahal kemaren sih gua bete..
iya pantang aja rat, tapi lebih gampang makan oatmeal daripada pantang mah, gua jamin! :P

@noni: ke obgyn donk non, jangan ke dr umum..
yang mau gua test ini estrogen, progesteron, prolaktin, ama testosteron.
dulu pernah gua disuruh cek LH ama FSH juga, tapi gak tau deh kenapa dr ini gak suruh ngecek..
kalo nti cek hormon sekalian aja cek kolesterol hehe.. jadi kan sekali tusuk :P

@angel: scary amat sih tiap jam diambil sampe 3 kali, tangan lu bolong2 donk ngel.. semoga gua gak usah test yang itu deh..

@olla: iya, gua bukannya pantang yang bener2 gak makan daging sih.. gua makan juga kadang tapi porsinya dikit.. sesekali wiken baru gua makan ayam 1 potong, kaya kemaren nih makan ayam penyet di ikan goreng cinjur, sedep deh.. hihi.. malah bahas ayam penyet :P

gitu la.. jadi bukannya gua pantang bener2 tapi gua kurangi.
berat badan ngaruh donk, gua udah turun 2 kilo.. coba aja perbanyak sayur n buah pasti lu mengurus deh :)

@yulia: iya bener..

@susi: tau nih, dia jutek ama gua sus..
ya lu kan beda lu bisa masuk kantor kapan aja, kalo gua kan saklek mesti jam 8, jadi better gua konfirm dulu kan..

@windy: gua sih udah gak ada malu2nya win, maklumlah udah menjalani usg transvaginal berapa kali nih jadi udah putus urat malu gua haha..

@blink: takuttt... nti pas periksa gua digalakin lagi :P

@yulia: thank u yah yul, iya nih pasien yang baik harus sabar :P

@fen: wah fen. lu tinggi banget.. ketauan deh makan enak2 di resto mulu hehehe..

@yenni: hah masa sih.. gua pernah liat dia ketik2 sms sendiri kok, tapi mungkin dia lebih prefer sms kali tau deh :P

@ichanx: di bawah standard itu berapa chanx? bagus donk kalo rendah mah, tapi emang jaid seperti orang kurang gizi sih kalo kerendahan hihihihi :P

Pucca said...

@xiao: haha.. iya tuh untung gua pasien baek hati dan pemaaf wakakak :D
vaksin gih xiao.. kalo ditunda2 nti malah gak jadi2 :)

@dessy: oh lu pernah telpom si w? gua sih gak pernah loh.. tapi emang mereka jengkel kali ya kalo ditelpon2 terus, padahal itu kan resiko jadi dokter ya..
dibilang ketus sih nggak ya des, tapi emang agak nyentrik lah dia, kadang baek, kadang cuek, kadang jutek, hoki2 lu aja ketemunya pas mood dia lagi yang mana hehe..

susie said...

moga2 hasilnya nanti bagus ya Vi ..

Duh itu dokternya nyebelin banget sih , aku ngerti banget deh kalau tutup tuh telepon , kalau gw dah pingsan berdiri denger org ngomong gitu ke gw , seharusnya gimanapun akrabnya dokter ke pasien , tetep dokter berkewajiban bersikap sopan ke kita , soalnya kita khan klien yg bayar mereka bukan sebaliknya .. ikutan sebel nih , hihihi

Once in a Lifetime said...

Duh kasian deh. Gua gak pernah jutekin pasien yang nelpon seumur2. Kalau pun lagi sibuk atau lagi meriksa pasien biasanya gua minta telpon kira2 berapa menit/jam lagi atau emang lebih baik sms saja, nanti sesempatnya akan gua bales. Siapa tahu pasien2 gua hatinya selembut beledru atau sutra seperti elo jg haha...

Maya said...

sabar vi sabar..orang sabar biasa na hikmah na gede loh..(hehehe..)

wish u all the best yah vi..^_^

Lina said...

Sabar, orang sabar rejekinya lebar kok, moga2 si dokter itu sadar kalo telah menyakiti hati pasiennya yang lembut ini... wwkkwkwk..

Moga2 hasil testnya bagus ya Vi, gw juga pengen cek kolestrol nih...

nattever said...

wah gua juga gak pernah loh cek kolesterol heheh....takut duluan gua, kekekeke....demen makan sifud soale :p

eh itu dokternya bikin bete, gua pasti bete bgt digituin kekekkeek, tp mungkin dia lg operasi org kali vi...

Yulia said...

duh error lg mo comment.

Bukannya dr Bud emang jutek dr pertama dateng yak? Tp ntah kenapa gw suka ama dokter ini. haha,dah kena pelet kali dan ntar anak kedua gw emang rencana balik ama ini dokter.
pernah sih gw mencret tuh mau minum obat takut, gw pikir kalo sms ntar ngabisin pulsa dia lagi, jadinya gw telpon, terus dia langsung ketus bilang: "siapa ini, saya lagi seminar." Trus langsung aja gw panik bilang : Dok, saya mencret boleh minum diatabs ga? Dia cuma bilang : boleh. klik putus.. hahahahaha... ga sopan yah. Lha, trus knp gw balik lagi? Tauk ah, gw jg bingung.

Pucca said...

@susie: hihi.. gua juga ampir pingsan tau gak sus, ampe deg2an gua digituin, emang dokter tu gak sopan emang :P

@elisa: lu emang dokter te-o-pe deh el, lu ambil spesialis obgyn lagi aja gih.. supaya gua bisa ama lu aja kekekek..

@maya: thank u maya :)

@lina: iya nih, semoga dia sadar dan insaf.. tapi gua peseimis hihi..
cek aja lin, gampang ini ceknya ^^

@nat: yah ga tau deh ya nat, makanya laen kali gua sms aja deh, gak bakalan gua telpon lagi, kecuali emergency :P
tapi lu kan doyan sayur nat, mestinya sih gak koleserol yah..

@yulia: kenapa sih yul lu error melulu kalo mau komen?
lu gak ada blog ya, gua klik profile not found hehe..

haha.. waktu pertama datang dia gak jutek loh, malah cerita panjang lebar ama gua ampir setengah jam..
tapi walaupun dia jutek, lu aja balik lagi ama dia kan, gua juga tetep ke dia kok walaupun udah digituin, kenapa yah kita hahaha..

Yulia said...

tuh kan error lagi. haha. gw ga bisa masukin profil blog gw boo.. lu pernah kok visit blog gw, coba inget2

ulang ya:
Kayaknya gw kena pelet ama tuh dokter. bayangin dong, rumah gw di grogol tp gw bela2in ke karawaci demi ktemu nih dokter. Eh, tp akhirnya gw putusin melahirkan ga sama dia lho. Jd pas bulan ke8 gw pindah ke siloam kbn jeruk. hehe. Jd ntar rencana gw check ama dia tp pas bulan 8 balik ke dokter gw yg di kbn jeruk lg.. haha

Pucca said...

@yulia: yul, yang namanya yulia kan banyak.. kok lu gak bisa masukin profile? kasih link donk blog lu gua penasaran nih... lagian gua kan pikun susah disuruh nginget2 hihi..

eh sama rumah gua juga di jakbar, di duri kepa, gua bela2in ke tangerang hahaha... eh knapa gak ngelahirin ama dia? takut dijutekin pas ngeden? wkwkwk :P

Yulia said...

bukan gw ga mau ksh blog gw tp ga tau knp ga bisa masuk neh.
ykarnain.wordpress.com

gw pikir2 kejauhan kali ngelahirin disitu soalnya pas dah mau ngelahirin kan ke DSG nya musti 2 minggu sekali, laki gw males. lagian di siloam karawaci mahal boo. trus abis itu gw pas 7 bln minta dibikinin surat ijin dokter buat terbang ke hongkong, ga dikasih ama dia. hahahaha.. trus ama yg kebon jeruk dikasih, ya uda deh keterusan ama yg kebon jeruk

Pucca said...

@yulia: siapa bilang gak bisa masuk.. gua barusan masuk kok yul, dan gua langung inget ini mah yang gua bw kemaren hehehe..

iya bener kalo udah mo lahiran jadi males ya.. ember siloam karawaci mahal hehe.. tapi lu di siloam kebun jeruk emang lebih murah? gua kira sama aja mahalnya..

Yulia said...

bukan.. maksud gw, gw ga bisa posting ID gw di blogspot ntah kenapa.
ada bbrp alasan pribadi sih, ga enak kalo ngomong di forum yg akhirnya bikin gw pilih melahirkan di kbn jeruk, hehe.
tp namanya jg semua itu adalah pilihan, choose your best n what convenient aja..
keep in touch ya Bu

-mandayandalove2T- said...

krn lagi office alone, gw lagi rajin sambangin satu2 ni ah temen2 blog gw VI, wkwkwkkwk

gw seneng deh Vi baca perkembangan elu, semangat banget gw jadinya klo moga2 TUhan segera kasih elu berdua kepercayaan utk segera punya anak ya, aminn

emang dimana2 dokter mah sama aja
musti Gayus abis....jaimmm hehehe
ditelp jawabnya buru2, paling ga sakit hati pake jalan SMS emang, hihihi...take care Vii

MarvelLicia corner said...

dokternya jahat amat....
gua kalo digituin mah udah ga mau ke sana lagi deh Vi.. hahaha... gua kan juga perasaannya halus bagai beledu... wakakakaka :)

smoga cek up nya hasilnya bagus yah vi..

zulhaq said...

semoga hasil cek berikutnya bagus deh mbak...amieeenn amieenn...

kalo gw, pantangan pantangan tetep aja gw makan. makanya keluhan masih gak ada perubahan

*anak nakal* :D

Pinkbuble said...

Eh, pantang makan apa bisa turunin kolestrol? Aku mau..

Agung Aritanto said...

hal membahagiakan tuh bisa nurunin kolestrol

Pucca said...

@yulia: oh gua kira gak bisa masuk blog..
belajar dari kasus prita? hehe :P

@sofie: iya sof, lu ilang2 timbul deh, kaya lagi berenang aja hehe..
take care juga ya ^^

@ronney: okay..

@ariany: haha.. tapi lu kan gak ada masalah ar, bisalah ganti2 dokter sesuka lu, kalo gua kan perlu penanganan khusus hihihi..

@zulhaq: ya iyalaaaah :P

@elrica: pantang makan yang enak2 el haha.. kalo mau nurunin kolesterol pantang santen, kuning telor, jeroan, seafood, kurangi daging2an :)

@agung: yoi ;P

Wulan Aquariyanti said...

bagi tips apa yg harus dipantang (dan apa yg boleh dilanggar dikit2) dong.. *walopun not sure bisa menjalani --"

Pucca said...

@wulan: itu udah gua jawab sebelumnya wulan, pantang santen, kuning telor, jeroan, seafood, kurangi daging2an :)