Bougenville 08FM

Akhirnya rumah susun gua selesai juga. Setelah pembayaran dp pertama februari 2008, kelar nyicil taon 2009, akhirnya pertengahan maret 2010 gua dapet panggilan untuk serah terima.

Rasanya girang bener deh waktu gua ditelpon itu, soale sempet bosen juga nunggu2 kok blom jadi2 ya.. padahal cicilan udah kelar dari taon kemaren, tapi kok gak ada kabarnya, gimana ini..
Mana dia jauh lagi dari rumah kita, jadi otomatis gak pernah ditengokin tuh apartemen, kita cuma berdoa saja semoga pembangunannya lancar kekekek :P

Jadi begitu kabar yang ditunggu2 dateng, wusss.. kita langsung donk meluncur ke lokasi. Sempet terpana juga liat tampak depannya.. wah dulu kan ini kosong gak ada apa2.. skarang udah ada bangunan tinggi menjulang kaya gini.. keren juga yaaa..


Beneran lo, kesan pertama gua bangunannya lumayan keren, entrance-nya juga lumayan untuk ukuran rumah susun.. apa karna masih baru ya.. yang jelas gua cukup puas deh waktu ngeliat tampak depan.

Tower terdepan tuh alamanda. Yang gua punya tower bougenville, di belakangnya. Baru 2 tower ini aja yang udah serah terima, tower laen masih waiting list, entah kapan jadinya.

Setelah urus2 surat serah terima, yang bikin gua sedih adalah gua harus membayar IPL (Iuran Pemeliharaan Lingkungan) a.k.a maintenance fee yang katanya lagi harga diskon sebesar 5000/m2. Trus ada pula iuran lain yang namanya SF (Sinking Fund) sebesar 500/m2.

Dan sedihnya lagi, gua harus membayar 6 bulan sekaligus, padahal gua kan berharap digratisin dulu kek 3 bulan, orang baru aja seneng ngeliat apartemen udah jadi, ini langsung ditodong mesti bayar huhuu..

Total IPL + SF yang gua bayarkan kemaren itu adalah Rp. 1.155.000,-
Gak tau deh kenapa IPL itu bahasa indo trus Sinking Fund bahasa inggris.. kalo mau bahasa inggris ya sekalian aja namanya MF + SF gitu kan, atau kalo mau dalam bahasa, yah IPL + IT (Iuran Tenggelam) wuehehehe..

Abis itu, gua diajak ngeliat unit gua.. aaah senangnya.. naek lift, liftnya oke juga, apa lagi2 karna masih baru ya hehe.. trus begitu sampe di lantai gua, baru kerasa.. ih kok kaya lorong rumah sakit, warnanya putih2 gitu lagi.. serasa masuk mess deh hihihi..

Trus begitu liat unit, duh unitku kecil amat.. berapa langkah yah dari pintu gua lupa itung, tapi gak sampe 10 langkah deh keknya udah sampe ke pintu balkon haha.. :D

Yah, emang kecil sih luas gross-nya aja 35 m2, itu masih kepotong balkon trus sudut2, trus dinding2, jadi yah emang begitulah adanya ;)

Kamar utama ada jendelanya, walaupun jendela gedenya gak bisa dibuka.. dudul deh katanya sengaja buat kemananan, yang bisa dibuka cuman 2 jendela kecil di atasnya, trus gak ada view2an, view gua yah tower alamanda haha.. tapi lumayanlah jadi terang kamar itu. Dibanding kamar yang satu lagi gelap gulita karna gak ada jendela.

Pintu n kusennya semua udah aluminium, trus waktu gua komplen kitchen sink gua kok ada karatnya, langsung diganti ama yang baru saat itu juga. Kalo catnya gak mulus, trus ubinnya putih standar gak ada manis2nya mah gua maklum aja deh.
What do you expect gitu loh, toh namanya juga rusunami kan? :P

Yang gua gak demen cuma pipa2nya semua di luar tembok. Semuanya keliatan dari luar, nongol di dinding. Yang lebih parah di balkon, udah balkonnya super duper mini gitu, masih disesekin ama pipa2 segede bagong.

Yah gak rugilah gua gak dapet view apa2, gimana mau beromantis ria duduk di balkon liat pemandangan kalo kanan kiri lu pipa? Kekekek :P
Blom lagi ada outdoor ac, blom ditambah jemuran, mana bisa lagi ditaroh kursi?
Mengenaskan sih emang balkonnya.. gua akui.. tapi selain itu yah okelah.. kamar mandinya juga gak kecil2 amat kok, udah dikasih toilet duduk + shower spray + shower.

Jadi selain kitchen sink itu gua gak komplen apa2 lagi. Gua terima serahnya 1 unit apartmen di gading nias dibayar nyicil hehehe..

Abis itu gua sibuk hunting interior deh, disana gua liat ada beberapa yang sekalian pameran paket interior lengkap gitu, khusus buat gading nias.. bagus juga gua liat setelah dimasukin perabot..

Tapi begitu liat price list-nya.. alamaaakkk...... nyaris brenti jantung gua...
Paket deluxe...... Rp. 45.900.000,-
Paket premium.. Rp. 35.900.000,-
Buset dah.. ada paket hemat ga nih.. gua langsung males ngeliat2 dalemnya, serius gua langsung duduk aja gitu di sofanya sambil manyun hihi..

Sementara gua liat ada engkoh2 sibuk diskusi ama anaknya warna wallpaper apa yang mau dipake di unit mereka, brarti dia ambil paket deluxe, soalnya beda paket deluxe ama premium itu wall paper doank.
Duh engkoh.. kok kamu happy gitu sih keliatannya milih2 wallpaper, emang harganya gak mahal nih? Gua doank nih yang berasa mahal atau gimana sih?

Hopeless gua pulang aja ama david.. masa mau ngisi perabotan buat apartemen seuprit gitu mesti keluar duit sebanyak itu sih? Itu seperempat harga unitnya loh.. gua ogah ah keluar duit segitu, gua langsung pikir mau beli ol*mpic2an aja, toh mau gua sewa2in ini gak gua tinggalin sendiri.

Sekalian gua mau tanya2 design interior lain, kali2 ada yang murah. Tapi setelah survey beberapa hari hasilnya nihil. Nyerah gua. Design interior = mahal. Hiks.. T_T

Trus gua ama david bikin perincian harga kalo kita beli ol*mpic2an gitu, total2 abis berapa duit sih buat fully furnished 1 apartemen?
Hasilnya ternyata mengejutkan. Ternyata mahal juga, gak beda jauh ama paket premium tadi. Bedanya gak signifikanlah, gak sebanyak yang gua harapkan, gua pikirnya bisa beda separohnya gitu, ternyata gak juga..

Jadi yah.. dengan sangat berat hati gua putuskan gua pake design interior ajalah kalo gini mah, udah capek2 gua beli sendiri semuanya, trus mesti nungguin tukangnya lagi kan, mesti ngurus2 semua sendiri toh harganya gak beda jauh.
Kalo pake jasa interior kan gua tinggal kasih kunci trus terima beres, gak usah bolak balik gading.

Gua udah hampir mau ambil paket premium itu aja tuh, saking malesnya gua nyari2 lagi,
tapi ternyata gua dapet referensi dari forum gading nias di facebook, yah gak ada salahnya lah gua coba telpon, toh gua emang mau ke gading ini, jadi sekalian aja 1 hari itu gua bikin janji ama beberapa interior designer.

Gua ada telponin 3 orang dari referensi itu, tapi yang response-nya oke cuma 1 orang ini. Yang satu lagi sinyal hapenya mati2, gua telpon lagi mati lagi, trus gua tinggalin sms, kagak dibales.
Yang satu janji mau imelin gua penawaran harga, tapi gak di-imel2.
Yasudlah akhirnya gua cuma janjian ama 1 orang itu deh, selain liat2 lagi si paket premium dengan lebih seksama, kemaren ini kan gua gak liat bener2, cuma duduk di sofanya doank hehe..

Gua ketemu dengan si Ko F ini, kita sebut saja begitu, di depan kolam ikan. Dia lagi ngerjain beberapa unit di tower alamanda. Jadi kemaren pas ketemuan dia kasih liat gua langsung contoh unit yang udah hampir kelar dia kerjain.

Kesan gua sih lumayan bagus ya, dia bener2 bikinnya sesuai denah kita. Ranjang + lemarinya dibikin rapih, nyatu, dikasih rak2, sesuai ama bentuk kamar, jadi kamar yang kecil itu terlihat lega.. yah yang gua maksud lega disini bukan beneran lega, tapi lebih legalah kalo gak di-design khusus hehehe..

Kamar anak dikasih ranjang sorong, jadi bisa muat 2 kasur, kalo kamar anak ini gua gak bisa bilang terlihat lega sih, wong ukurannya emang kecil banget hehe.. sukur2 bisa masuk ranjang + lemari + meja :P

Trus dapurnya juga gede, beneran deh gede banget, menurut gua kegedean bahkan, lebih dari separoh ruangan buat dapur haha.. pasti yang punya unit itu hobi masak tuh :P

Kabinet tv juga dibikin sampe ke dinding atas, jadi gak cuma meja tv kotak aja, trus kulkas juga dikotakin. Yah, okelah menurut gua, bagus juga jadinya, dibanding gua beli sendiri perabot trus maen cemplung2 aja disitu, pasti lebih kacao trus makan tempat jadinya.

Kalo di rumah mah gak masalah, tapi kalo di apartemen? Apalagi yang mungil kaya punya gua, gak bisa itu, ibaratnya sesenti aja berharga, harus diperhitungkan itu hehe..

Si Ko F juga orangnya oke, mau ngecetin dulu dindingnya, trus selama unit direnov ama dia, kita bisa minta tolong dia pasangin apa aja, selama dia bisa dia mau bantu katanya.

Trus tibalah saat yang menentukan, saat gua dikasih penawaran harga.. tapi gua udah gak kaget lagi donk hehehe.. seputaran 30 something juga lah.. tapi dia gak termasuk elektronik, kasur, sofa, kompor. Itulah sayangnya, gua mesti itung2 dulu kalo gua beli sendiri semua itu + harga dari dia berapa duit yang harus gua keluarkan.
Jadi gua bilang gua pikir2 dulu, maka dengan itu berakhirlah pertemuan gua dengan si Ko F.

Trus gua lanjut ngeliat si paket premium. Yang gua tau dia udah bener2 komplit, tinggal masuk aja, semuanya udah disediain, kalo gitu kan lebih murah dia kan.. beli elektronik itu kan lumayan juga, gua itung2 yang mesti gua tambahin sendiri sampe belasan juta. Ya udahlah pikir gua, gua ambil si paket premium aja deh.

Tapi ternyata begitu kita liat2 si paket premium, kita jadi gak sreg. Abis kamarnya gak di-design khusus, dia cuma taro lemari + ranjang + meja. Gak dibikin nyatu gitu, jadi gak ada rak2 di dinding. Sama aja kaya gua beli lemari sendiri + kasur sendiri trus gua masukin.

Kamarnya jadi jauh lebih sempit deh, sampe jalan aja susah, wuih langsung ilfil deh kita. Kebayang di Ko F ranjangnya bahkan ada lacinya, lumayan kan buat nyimpen2 sprei.

Trus dapurnya juga kecil banget. Mungkin separohnya dapur di tempat tadi. Dalam hati gua langsung kecewa. Walaupun gua suka harganya, tapi gak suka barangnya.. gimana donk....

Akhirnya setelah dipikir masak2, gua ama david memutuskan kita pake si Ko F ajalah, walaupun mahal, tapi hasilnya dia oke. Walaupun malemnya gua ampe capek itung2 apa aja yang mesti gua beli, trus survey2 harganya, apa lagi yang bisa gua teken, ampe semalaman tuh gua itungin gituan, ampe mabok gua.

Besokannya kita ketemu lagi, trus nego2 lagi deh, sampe akhirnya kita deal. Gak lupa gua minta dapurnya dikecilin haha.. walaupun dia setuju dikecilin 20 cm aja, karna gak bisa dikecilin lagi katanya nti mepet, ya udahlah gua terserah aja.
Abis itu pilih2 warna, untuk kamar utama kita pilih coklat tua, kamar anak coklat muda, dapur + ruang tamu coklat. Gak sabar mo liat jadinya kaya apa, semoga deh bagus ya :D

Tapi abis itu kepikiran gua sayang mo nyewain ke orang.....
Gimana kalo nti dia kasar trus barang2 gua rusak, gimana kalo lemari gua kekelupas2 karna dia asal pakenya, gimana kalo dapur gua jadi jorok, dan gimana2 lainnya...
Apartemen gua kan masih perawan, masih mulus baru, gak tega gua ngelepas dia ke orang tak dikenal hiks.. T_T

Tapi kalo gak disewain kan gak dapet duit. Trus siapa yang mau gantiin duit gua buat interiornyaaa??
Aih.. dilema.. semoga deh yang nyewa apartemen gua nanti orangnya rapih dan lembut ya..

Haahh.. blom juga jadi, blom juga ada yang nyewa, gua mikirnya udah kejauhan aja :P

Kira2 juni gua baru bisa nyewain apartemen itu, gua mau iklan di mana ya? Bingung euy hihi..
Trus gua kepikiran lagi.. gimana kalo gak ada yang nyewaaa??
Gua gak dapet duit donk.. trus mesti bayar IPL + SF lagi donk buat 6 bulan ke depan.. haiyaahh....

59 comments:

Ratusya said...

lu iklanin ajah dimarih.. pasti banyak yang mau nyewa...
btw,mahal juga yak punya apartemen... ck ck ck

Ratusya said...

iyeyyy gua pertamaaaxxx....
btw, apartement emang kecil atuh.. kalo mo gede mah lapangan bola.
oiya.. kalo spacenya kecil, biasanya salah satu dindingnya dipasangin kaca biar keliatan luas gitu, nah si koh F itu advise lu pake kaca gag?

Pucca said...

@ratu: masa sih? gua kepikiran sampe skarang gimana kalo gak ada yang nyewa, gua mesti nombok trus duit bulanan tapi gak ada pemasukan, jadi stress sendiri hihi..

ada sih dia masukin kaca di ruang tamu, tapi gua coret haha.. itu termasuk item yang menurut gua bisa diteken, abis kaca itu 2 jutaan sendiri, lagian gua takut pecah juga sih rat..

sakuralady said...

wah asiknya dah serah terima.. di tokyo 35m2 dah termasuk gede tuh Viol. heuehuehue..
Iya apt emang maintenancenya mahal ya. Agentnya ga bisa bantuin sewain harian gitu ya? dulu sempet tertarik beli apt di daerah kemayoran utk investasi, dan agentnya bisa bantuin buat nyari tamu harian gitu. hehe..

Lili said...

Wuih, itu harga interior design segitu beneran buat apt 35m2? Mahal bgt yah?

Tp emang ada harga ada barang sih.. Kalo pake ol*mp*c itu yg ada ntar jatuhnya kayak tambal sulam. Kalo pake int-dsgn gitu kan dah di-pas-in yah smp ke pojok2nya :).

Gue liat di Medit Tjg Duren, org yg mau jual / sewain apt pada suka pasang iklan di resto2 / mini mrkt yg ada di bwh apt gitu.

Dian said...

Congratz ya Vi for your new apartment..biar small yg penting sdh punya best investment Vi..oya benar tuh Quinie,lo tambahin kaca biar gak keliatan small say..

Once in a Lifetime said...

Congrats ya, Vi dah punya apato nih:)
Gua habis merit sempat tinggal di apartemen Medit setahun, luasnya jg gak beda jauh 48m2. Gua sih demen banget ama interior2 gitu jadi isi sendiri, rasa2nya gak nyampe 20 jt deh hehe.. hunting perabotan2 minimalis sampai seantoro Jakarta jg. Padahal adik ipar gua kontraktor plus designer interior lho tp dia high end (gak masuk budget gua saat itu)
Emang sih pasti gak seapik yang elo bilang lemarinya sampai dibuat seefisien mungkin trs ranjang berlaci dll tp cukup nyaman lah. Kalau mau praktis dan emang gak punya waktu sih enak pake jasa design interior.
Terus pendapat gua sayang amat udah bikin mahal2 terus disewa, pengalaman gua antara yang perabot bagus dgn perabot2 O**mpic harga sewanya beda2 tipis, yang lebih menentukan adalah lantai dan view. Kalau emang dari awal tujuannya utk sewa mending beli lepasan yang ekonomis aja, pasti ada cacatnya kalau disewain contohnya gua sewa 2 thn ke adik kakak cewek yang halus dan rapi tetep aja ada yang sompal sana-sini. Kalau kerusakannya gawat bs dipotong dari uang jaminan tp kalau kecil2 gua tutup matalah:P

Gua sewain lewat jasa agen properti, biasa gak sampe 10 hari udah serah terima, emang sih harus kasih 5% tp keseluruhan masih untung karena cepat dan kalau ada apa2 agen itu bs nengahi, trs perjanjiannya jelas dan detail. Kalau gak ada yang sewa rasanya berat bayar MF+SF ha..ha..

nie said...

WOW kecil ya apartemennya. Hmmm tapi setidaknya baru hihihi...
Semoga cepet dateng ya penyewa apatomu :)

susie said...

Apartement baru nih , selamat ya Vi !! sayang banget ya memang kalau harus di sewakan apalagi apartement baru , barang2 di dalamnyapun baru ..

Sanzz said...

viol itu harganya 200jt??? mahal yah harga rumah >.<
itu berapa kamar kah viol? 1 ato 2?

mamipapa said...

interior emg mahal tau vi ahahha...

gw kan lulusan interior, kl dl kasih klien harga yah emg gitu deh...hehehe ketimbang kalo beli di vinoti vivere, jauh harganya tapi dpt kualitas yang sama (dl gw pernah kerja di vinoti group) pernah ke pabrik grup mereka di cikarang...jd gw bisa tau kenapa mereka kalo jual furniture tuh mahal karena bahan dan finishing..(udah kaya marketing aja gw kl ngomong panjang lebar) haaha

makanya vi rumah yg skrg belom gw interior krn mahal, gw cicil2 buatnya..satu persatu, skrg lg mau buat rak tv + dvd abisnya pake olympic roboh huahahah tapi apa daya gw gak sempet2 buat gambar, yg ada baru tarik 1 garis lurus udah di gerecok clarissa...

makanya sejak merit 2 th gw baru buat lemari baju dan rak gelas + meja gambar itu (yg ada di blog gw) yah to be honest itu harga 2 items itu aja 20 jt an hehehe...makanya kl apartemen all in 35 sih untuk ukuran interior (dgn catatan dia kasih spec dan bahan + finishing yg bagus) gw blg murah loh..

dulu sebelom merit yah gw renov kamar itu gak termasuk furniture jadi kaya pintu geser, pintu kamar, lampu2 down light cat tembok, plafon gypsum, lantai parket...(gak termasuk kamar mandi) batu alam...intinya gw interior sendiri, hunting bahan sendiri panggil tukang sendiri gitu aja 25 jt an kl gw gak salah inget..krn gak ada budget lg...jd kasur sama nakas kiri kanan, meja rias beli jadi huahahaha...yg murah tp bagus..cuman aksur gw beli ling koil yg agak mahal krn buat pake sendiri trus ukurannya 2m x 2m kan seumur hidup pakenya...ya iyalah masa kasur ganti2..nah baru after2 merit (maksudnya sejak clarissa lahir) isi2 nambah lemari baju, rak gelas jadi 1 sama meja kerja..hehehe

gitu deh, isinya nyicil2 dan setahun sekali, tapi fun...sayang aja luar kamar jelek krn rumah tua dan belom renov (kaga ada budgetnya hehe)jd di dalem kamar gw aja udah lebih luas dari apartemen medit yg 2 bedroom loh..semuanya ada kec dapur...

angel said...

bagus ya penampakan depannya. ini termasuk rusun ya? bukan apartemen? bgs spt apartemen dr depannya.

Yuli said...

Hi Dear....
Gw jg tinggal di apt dan yg itu modelnya 4L (lu lagi, lu lagi) haha..

Tp ntar kalau hamil anak 2 rencana pindah ke rumah sih, tp blm nyari.

Enaknya apt cuma krn akses sih. gw jam 6.30 baru jalan n jam 4.30 dah di rumah. coba kalau gw tinggal di house, jalan jam 5.30 nyampe rumah jam 6 an (ntah kenapa jkt tmbh macet aja hari ke hari). Berkat apt juga gw berhasil kasih ASI X ke anak gw krn kmrn produksi kejar tayang. haha

Nanti kamu pilih2 penyewa aja. Diinterview dulu kalau perlu :D, n biasanya insting bakal berperan kok disitu. kalau perlu minta deposit, dan ada perjanjian kalau terjadi kerusakan di furniture bakal potong deposit.

Pitshu said...

wow... bagus, iklan di FB, di blog juga isa hahahaha ^^ atau di forum2 kek kaskus gitu ? ^^

Veny said...

Jadi ga mau lo tempatin Vi ? emang susah kalo disewain , biasa kita suka kecewa krn org yg nyewa serasa udah byr jadi bisa suka2 . bikin kesel aja .

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

aihh bagus ya Vi apt nya. mudah2an ga salah pilih ya interior design nya.

Arman said...

cieee udah kelar nih apt nya... seru ya...

moga2 hasil interiornya juga ok ya vi.. ditunggu foto2nya lagi setelah udah ada interiornya... :D

kalo untuk nyewain apt, bukannya bisa nitip ama marketing apt nya ya? jadi siapa tau ada yang dateng ke kantor marketingnya tapi bukan mau beli tapi mau nyewa gitu...

Yulian said...

keren ya Viol apartmentnya,
biar kecil juga milik sendiri...kudu bangga donk ;)

sayang jg sih ya perabot bikin mahal2, kita ga nikmatin, org laen yang nikmatin. moga2 dpt penyewa yang rapi dan bersih yaaa nanti.

lwt agen properti / iklan di majalah info gading, media kawasan gading juga bisa kali, Vi?

Pucca said...

@willy: haha.. iya yah di sana emang apt kecil2 ya, tapi kan gua gak biasa liatnya wil :P
katanya sih ada divisi leasingnya, tapi gua blom tanya2 lebih lanjut.. nti gua tanya2 deh :)

@lili: oh ditempel2 gitu ya, bener juga.. yang paling gampang sih tempel di pintu unit ya, orang lewat2 kan keliatan, tapi gak tau deh boleh gak ya disini..

@dian: emang sih jadi keliatan lebih lega, tapi gua taku pecah dian..

@elisa: wuih 48 mah gede atuh.. kalo bagi apt beda segitu udah sepertiganya.. kerasa banget mah el :D

iya sih, emang berasa sayang el, tapi yah gua ngerasa sayang juga gitu gua keluarin duit segitu tapi dapetnya ol*mpic, kalo gua tambah dikit lagi gua bisa dapet yang design, trus gua takutnya cepet rusak nti gua mesti beli lagi, gua gak tau sih ya daya tahannya seberapa makanya gua akhirnya ambil yang aman aja deh.. kalo dibilang sayang mah sayang banget gua sebenernya..

gua denger2 sih di gading nias juga ada, fee-nya juga 5%, tapi gua blom tanya detail nti deh gua tanya, lumayan juga sih tapi lebih lumayan lagi kalo fee-nya dikurangi, 2.5 % gitu hahaha..

@nie: iya baru nih asik aja liatnya masih bersih gitu.. thanks sher.. :)

@susie: iya, barangnya2 juga semuanya baru, apa gua tinggalin dulu ya barang seminggu gitu supaya gak sayang2 amat hahaha..

@sanzz: gak sampe san, gua belinya dulu 158.4 juta, 2 kamar.

@felicia: wakakak.. aduh gua diomelin ibu designer deh hahaha :D
gua sih pake bahannya gak yang bagus2 amat fel, pasti lebih bagus bahan yang lu beli sendiri, ini HPL-nya aja merk taco kok, china punya, abis kalo yang jepang gak kuat boo.. 45 juta katanya..

asik juga ya design interior gitu, ilmunya bisa diterapkan di rumah sendiri, walaupun nyicil2 kan puas fel, semua ruangan lu yang design, hasil karya lu, jadinya rumah lu elu banget gitu loh :D

kalo perabot rumah gua skarang, gua bikinnya ama tukang kayu langganan, bahan + finishingnya sih bagus deh fel, gua puas banget.. kokoh, kuat, n dilapis melamin gitu jadi gampang bersihinnya.. tapi kekurangannya modelnya kuno hehehe..

eh ngomong2 pintu geser, gua jadi inget nih gua pengen rombak pintunya jadi pintu geser gimana ya, mau gak ya kira2 dia?

@angel: tadinya sih rusun ngel, tapi seiring berjalannya waktu, dia bangun juga 2 tower apartemen di situ, jadi sekompleks deh apartemen n rusun nya, mungkin BU kali ya huehehe..

@yuli: tinggal dimana yul? iya bener cocok banget deh dibilang 4L haha.. mo sembunyi dimana coba tinggal melongok aja keliatan :P

@pitshu: iya yah, nanti gua iklan di mana2 deh hehe.. tapi tunggu udah kelar dulu kan iklan mesti ada potonya dulu ^^

@veny: kayanya sih enggak ya ven, mau gua sewa2in aja.. lua mau nyewa gak? hahaha..

@lena: semoga deh ^^

@arman: iya, nti gua poto2 lagi kalo udah kelar hehe kata orangnya mungkin akhir mei baru kelar..
iya katanya ada, tapi gak tau deh udah mulai beroperasi atau blom mesti gua tanya dulu man..

@yulian: iya, gitu2 gua sayang ama apartemen gua itu, biar kata kecil, gak megah, makanya gua furnish yang bagusan dia hehehe..
iya kali ya, nanti gua iklan disini juga deh hihihi kali2 aja anak blog ada yang mau nyewa haha..

-mandayandalove2T- said...

emang, budget yg paling banyak, paling bikin pusing, bikin spanneng saat2 isi furniture dan finishing dalem, hedehhhhh hehehhe

slamet ya Vi, enak ni, ada tempat getaway hihihihihi

FeN said...

Selamet dulu ya uda kelar semua..
Uda gak usa nyicil, uda dpt lgs brgnya jg :)

Semoga kalo mo disewain cpt dpt penyewa yg rapih and gak jorok ya.
Pan syg kalo uda decor rapih2, eh tau2 si penyewa-nya jorok, mo marah2 jg gak bs :p Hehehe

Y3nn1 said...

selamat yah, udah jadi juragan penyewaan apato nih. Moga2 lancar, banyak yang nyewa, dan semuanya rapih2, bersih2, lembut2 ama si apato perawan hihihi...

epi said...

tante vioooll.. mo disewain brp ni apato nya hihihi... maklum daku kan anak kos, sapa tau harga nya bersahabat :P

Mamana Clo said...

Congratz viol..
Semoga apt-nya cepat dapat penyewa yang lemah lembut ya :)

Anonymous said...

congratz, vi...
semoga dapet penyewa yg pinter jaga barang yaah... sukur2 dia mau ikutan pelihara juga hehehe...

Dessy said...

lu mau sewain tahunan ya vi? kalo lu sayang, lu nginepin aza dulu beberapa bulan hihihi... lu 'prawanin' dulu :D

eh vi... ada juga kok yang sewain kosong melompong aza... ga pake furniture.
kalo lu sayang, mendingan lu sewain dalam keadaan unfurnished aja gimana?

Dessy said...

vi... apartment u, namain FM8 aja vi...
kan hotel boutique tuh pake FM... FM1, FM2, sampe FM7 deket airport hahaha...
lu jangan mau kalah jadi Apato Bougenville FM8 haha...

noni said...

Congrats ya Vi, udah serah terima :-)

Btw, apartmentnya ini mau kamu sewain ato dihuni sendiri? Kalo mau disewain mah mendingan unfurnished aja kali Vi; jadi kamu jg ga usah ngepusingin kalo furniture kamu dirusak. Paling kasi AC, ranjang, kulkas, ama kompor dapur. Nanti kl udah mo ditempatin kan kamu bisa pake uang sewanya untuk dekor apartment ini. *saranku sih*

Kecuali kamu mo nyewainnya harian ato mingguan; emang mesti fully furnished yah ^^

Kalo aku liat apart. ortu yg di jkt, mereka pakein kaca di ruang tamu Vi, jadi keliatannya luas. Di kamar2 jg kaca di mana2; hehe.. tp kalo punya anak mesti hati2, takutnya dilempar2 mainan, pecah ntar :p

Pucca said...

@sofie: iya bener.. rumah apalagi sof, lebih gede lebih banyak printilannya hehe..

@fen: thank u ^^
iya bener.. gigit jari aja deh kalo gitu fen..

@yenni: hihi.. iya apato perawan harus diperlakukan dengan lembut donk :P

@epi: wah epi.. beneran nih mo nyewa, epi kan lembut gua percaya deh haha..
harganya blom tau sih berapa.. nanti liat harga pasaran dulu :)

@clo: thanks xiao :D

@vera: iyah ^^

@dessy: iya bener des, mendingan gua yang prawanin ya daripada orang laen hakhakhak :D
kata david enakan ada furniturenya, lebih gampang nyewainnya katanya..

keren juga ide lu des, padahal gak ada deket2nya ama airport haha.. boleh juga nih :D

@noni: mo disewain non, tapi pikirnya kalo udah fully furnished gitu lebih gampang nyewainnya, kalo cuma dikasih tanggung2 katanya lebih susah dapet penyewa..

justru itu, makanya gua takut kacanya pecah malah barabe, mending gak usah pake kaca deh hehe..

Maya said...

selamat yah Vi...

biar kecil tp ada yg di investasi-in kan..iya sewain perhari/permonth aja ...kaya temen gw yg stay di london pulang kampung cari apart sewa bulanan gitu...tp kudu lengkap perabotan na Vi...hehe moga2 bisa jd idea yah

apple said...

cici gua abis merit pindah ke apartemen di city resort taman palem,dia sewa sama tmnnya dikasi "harga temen" hehehe.tp di dlm ya unfurnishing lah ampe brgnya smua berserakan karna blom ada budget bli yg komplit.kok loe ga sewain tanpa prabot dulu?

Pinkbuble said...

Jangan mikir gitu dunk...pasti ada deh yangmo nyewa!! Apalagi kalo uda didandanin cakep..pasti pada mau..semangat!!^^

sima said...

hi Vi, selamat ya... apartemen baru. iya, enakan ditinggalin dulu, kl dah puas baru disewain... :)

Shanni said...

wah asik udah jadi ya apato-nya...

biar kecil tapi investasi yang besar buat masa depan ya Vi...

mudah2an cepet dapet penyewa yang sayang barang juga ya Vi :)

Pucca said...

@maya: iya kalo sewain per month gitu kudu lengkap sampe semua perlengkapan kecil kudu ada ya.. semoga deh ada yang nyewa hehe.. thanks maya ^^

@ellyse: tadinya sih kepikiran begitu, tapi gua liat di inet udah banyak yang sewain unfurnished, trus kata david sih lebih susah lakunya, trus lagi kalo full furnished kan bisa sewain bulanan juga..

@elrica: hehe iya deh :D

@sima: iya pengen sih begitu, tapi trus rumah gua gimana donk sim hehehe :P

@shanni: iya shan, semogaaa :)

Selvi said...

vi, gua juga punya rencana beli apartemen jadi tiap weekend bisa pulang ke apartemen gua. (*gaya*). waktu dulu gua juga sempat liat gading nias, udah mau dp tapi batal karena mikir mampu bayar cicilan tiap bulan nga yah?

akhirnya batal deh, oh yah di pluit bay apartemen laris manis juga. boleh nyicil lagi vi....

mending disewa harian / mingguan aja, kalo elo repot urusinnya, bisa pake jasa agen properti.

Im3th said...

Selamat ya vi, keren loh Vi udah punya investasi di masa depan :))
mahal ya vi properti di jakarta.
gw pengen suatu saat beli properti di Bali vi, biar gw bisa kabur kalo lagi bosen ama rutinitas hehehe (moga2 aja bisa terkabul ya impian gw ini)

Anonymous said...

Selamat yah Vi udah punya apartemen. Pasti nanti tersewa, jangan takut yah.

Sepengalaman gw, gw kasih sewa apartm medit ke agen, biasa kalo di medit tiap tower ada satu agennya. Karena gw sewain komisinya 5%, kalo jual beli 3%.

Bener kalo mikirin dirancang bagus tp untuk dipake org, sayang sih ya. Tapi dari pengalaman gw, apartemen yg udah bagus lebih cepet tersewanya. Dulu apato gw ksh lantai full parket,furnitur juga build in semua, dari laporan si agen, kalo org Korea demen bgt sampe rebutan nyewanya. Rebutan sih rebutan tapi tetep aja nawar judulnya Vi hehe.

nattever said...

wah hebat vi, bentar lg jadi juragan penyewaan apt ya vi, amiin...
gw juga pengen deh beli apt buat disewa2in gitu, tapi apa daya, duitnya dikumpulin buat bli rumah dulu aja lah...

Unknown said...

wewww keren keren keren. jadi mupeng, jadi ngiler, jadi berkhayal, jadi....begitulah.

pokoknya indah banget kalo gw sama aura kasih ada disitu wakakakakk

ngemeng ngemeng, yang masalah pipa itu, biarin aja keliatan dan nongol dari luar. kan lw ada didalam mbak. pipanya jadi gak kelaitan terus *apasih*

zulhaq said...

wewww keren keren keren. jadi mupeng, jadi ngiler, jadi berkhayal, jadi....begitulah.

pokoknya indah banget kalo gw sama aura kasih ada disitu wakakakakk

ngemeng ngemeng, yang masalah pipa itu, biarin aja keliatan dan nongol dari luar. kan lw ada didalam mbak. pipanya jadi gak kelaitan terus *apasih*

zulhaq said...

jiahhh...link gw link gmail.
ah. kacau

zulhaq said...

nah tuh kan beda. ada zia ada zulhaq

*doh. malah nyampah*

**maaf maaf**

Pucca said...

@selvi: iya tuh, di pluit bay juga kayanya keren yah.. tapi gua gak sanggup deh kalo ambil disana lagi, ini aja bayarnya udah ngap2 sel haha.. dulu gua ambil gading nias ini bayarnya juga nyicil setaon.

iya kalo mau gampang sih pake agen ya, tapi agennya kayanya blom terbentuk deh disini, masih kacau gitu..
segitu banyak apartemen disewain yang pake agen, tiap transaksi potong 5% gede banget ya penghasilan agen, gua jadi pengen jadi agen aja haha..

@imeth: iya yah.. kalo apartemen di bali lebih keren lagi tuh meth, gua juga pengen hihi.. *gua nih ya semua2 pengen :P*

@maryna: oh lu punya apartemen di medit ya ryn? wah lu tinggal di gading, apartemen di medit, gua tinggal di duri kepa, apartemen di gading.. hmmm.. gimana kalo kita tukeran aja hahaha :D *enak di gua gak enak di lu yah :P*

semoga deh ya ryn, nanti apartemen gua tersewa laris manis kaya punya elu, walaupun gua furnished-nya gak sebagus lu, dan gua gak pake parket pula :)

@nat: iya nat, lu kan pengen beli casa jardin yang mahal itu.. jadi nabung lah nat, kalo ini kan murmer :P

@zia: hahaha.. napa lu zi? kok error gitu? lagi mimpi ama aura kasih disana ya? makanya jangan mikir yang bukan2 jadinya mo komen aja ngaco kan :P

NdutNdut said...

ohh udah ada yg jadi ya??berarti gua siap2 macet deh klo ke kantor yang cuman 5 langkah dari apt lo itu... btw lo mau sewain berapa?kantor gua kan deket situ sapa tau ada yang mau n gua bisa kasi info.... hehehe

Unknown said...

kesan pertama gue liad kog ke rumah sakid ya vi hahahahah karna putih smoa kayaknya :D
harga interior ne amit2 yo mahal ne =_=
moga nti sukses ya sewa2xinya! iklan kaskus juga aja. ama di blog, mayan rame deh kek ne :)

lenny said...

kl saran gue krn apt elo buat disewain lagi ga usa ambil paket yang premium krn nanti ga sebanding ama uang sewanya... kl ketemu penyewa yang ok si masih bagus tp kl ketemu penyewa yang ga bisa rawat?? rugi kan tiap dia keluar elo kudu ganti furniture hehe.. ini cm saran yaa berdasarkan pengalaman wakakka :P
isi apt aja mahal ya ga heran gue isi rumah aja uda empot2an..

Pucca said...

@ndut: haha.. udah takut macet aja ya, mungkin gak gitu macet kok karna tempat parkirnya kan gak gede :)
blom kepikiran sih, palingan ikutin harga pasar aja, thank u ya, nanti kalo udah jadi baru dipajang deh foto semuanya + harga sewanya :D

@yumi: iya bener kaya lorong rs gitu, dalemnya juga putih2 kosong melompong hehe.. thank u mey ^^

@lenny: aduh gua udah ambil haha.. lagian semoga deh dapet penyewa yang gak sadis :)

Katrin said...

wow...congrats ya viol, udah ada investasi masa depan nih. Cita-cita gw juga pengen nih, punya asset yg bisa dikaryakan. Btw, ide bagus juga lho kalo disewain per weeks/months, coz contohnya gw yg bukan org jakarta, kalo mau ke jakarta seminggu-an gitu agak bingung juga cari berteduh. Skali lagi congrats ya,viol...

bebek said...

wihhh asiknya....
vi, pipa di apartemen emang sebaeknya dibikin diluar....
ini untuk future maintenance, dear....
jadi kalo ada pipa bocor, gag rembes ke dinding dll semacem itu lahhhh
kalo rembes dinding, satu gedung bisa bahaya, vi.....
btw, kalo ada lagi yg mau dibangun, kasih info bebek dong....

Pucca said...

@katrin: nah katrin, lu itu contoh customer potensial gua nih haha :D
thanks ya :)

@bebek: iya sih bek, tapi pipa di balkonnya bener2 gede loh bek, nakutin deh gedenya haha..
yang lagi heboh skarang sih green bay di pluit :)

luvly7 said...

Wiih ... kenapa ga buat tinggal aja Vi?? hehehe ... asyik deh, ntar Tim Nick pulang sekolah bisa maen ke apt nya ie2 Viol :)

Mayan juga ya Vi, kelar bayar apt, kudu siapin dana buat interiornya juga ... mending disewain, tapi pake deposit gitu, pake kontrak sewa-menyewa, biar aman. Kalo ada rusak or dinding lecet gitu2, elu bisa suruh si penyewa bayar denda. Tapi kudu saklek2an siiy, apalagi kalo yang nyewa pake embel2 'temen' or sodara'

Pucca said...

@olla: oiya dulu lu pernah bilang sekolah mereka di deket situ kan la?
emang nti kalo disewain kudu pake surat perjanjian n deposit, kalo gak takut yah..

Windy said...

Aih seneng ya kalau lagi nge-design rumah.. Excited banget gituuu...
Yang nggak seneng cuma waktu ngitung bayarnya, hihihi...
Nanti kalau udah jadi jangan lupa foto2 n diposting yah Viol :)

Pucca said...

@windy: iya win, excited sih walaupun gak banyak yang bisa didekor secara emang cuma suprit gitu ruangnya :D
pasti win, nanti gua posting kalo udah jadi, gua juga udah gak sabaran hihihi :P

Ferie, Riana & Cyndie said...

Wahh....senangnya ya Viol...moga2 cpt dpt penyewa ya. Biar berbunga2 & berkembang biak investasi mu.

Pucca said...

@riana: makasih :D semoga doanya terkabulken hehe..

Snoozee said...

Hai ..
Boleh minta infonya interior designnya ga? Si Ko F ituu tuuuhh..

Aq juga lasgi nyicil di Gading Nias soalnya =)

Thanks yaa
~Sisca
sisca.mail@gmail.com

Puri Orchard said...

wah bagus kaa artikel nya.. btw, sekarang sewa apartemen jakarta sudah murah dan mudah lho kaa. Fitur yang bisa anda dapatkan: foto apartemen dan informasi yang jelas dan lengkap, bisa dibayar bulanan, agen yang professional dan transparan. Yuk cobain tinggal di apartemen idaman mu..