Marah Sore2

Aaarrrhhhh... gua beteeeee.......
Gua bete kepada semua penerbangan dudut yang kerjanya nyusah2in orang doank...

Kesel! Kesel! Keselllll!!!!!

Emang kenapa sih kalo nama kartu kredit yang dipake gak sama ama nama penumpang?
Emang gak boleh kalo gua beliin tiket buat orang laen?
Suka2 gua donk, kartu kartu gua, duit duit gua...
Peraturan kok bodoh begitu sih... errgghhhh...

Gua udah beli tiket buat adek gua, buat paman gua, semuanya pake kartu kredit gua.
Dan skarang tanpa sengaja gua baca peraturan penting yang ditulis tidak gede2 jadi yah gua kagak baca..

"Kartu kredit yang digunakan harus ditunjukkan oleh pemegang kartu untuk verifikasi pada saat cek-in. Jika tidak dipatuhi, li*n air berhak menolak boarding dan membatalkan tiket dan kontrak penerbangan."

Lah, gimana mo nunjukkinnya kalo kartu kredit yang dipake itu kartu kredit gua?

Gua langsung telpon cs-nya.. dan percuma.... jawabannya cuma bikin gua naek darah, minta ini gak bisa, minta itu gak bisa, semuanya gak bisa.....

Gua kan udah confirm ke dia kalo emang kartu kredit gua yang dipake buat beliin tiket sodara gua, jadi yah udahlah di oke in ajalah statusnya.

Tapi alasannya emang sengaja dibikin begini untuk mencegah penyalahgunaan kartu kredit.
Lah, ini kan gua udah confirm, brarti bener donk itu kartu kredit gua dan gua secara sadar pake buat bayar itu tiket. Apanya yang penyalahgunaan?

Itu kan alasan mengada2, gampang kok cara mengeceknya.. tinggal di-confirm aja ke gua, bener gak gua gesek kartu gua buat pembelian tiket ini? Kalo gua jawab bener, selesai kan?
Biasanya kalo kita gesek kartu juta2an juga di-confirm kan ama kartu kreditnya?
Trus kenapa skarang gak bisa? Sengaja dibikin susah?

Atau ya udahlah, kalo gak bisa gua maunya di-cancel aja itu bookingan. Nanti gua book lagi trus gua bayar lewat atm. Dapet harga beda sebodolah. Gak ada yang dirugikan kan kalo begini?

Kartu kredit gua di-void, gua seneng, gua beli tiket lagi dengan harga berapapun itu, trus gua bayar lewat atm. Tapi itu pun gak bisa dengan alasan tiketnya gak bisa di-refund.

Cara satu2nya adalah gua harus bayar lagi tiket itu lewat atm.. trus nanti gua bawa struk atmnya ke li*n tower buat refund. Bahkan tadinya gua disuruh bawa boarding pass sgala, gila gak tuh.. emang gua mesti wanti2 ama orangnya boarding passnya jangan dibuang.. kalo kebuang hanguslah refund gua, gitu??

Gila banget.. untung akhirnya cuma struk atm ama ktp ama kartu kredit doank yang mesti gua bawa. Itu juga gua udah beteeeee... niat baek bantuin orang beli tiket malah berakhir kek gini. Kepo pangkal repot ini maahhhh......

Lagian kalo gua bisa refund asal gua bayar lagi lewat atm, kenapa gua gak bisa void kartu kreditnya asal gua bayar lagi lewat atm?

Trus ya, yang paling bikin gua kesel tuh, kalo emang gak boleh gesek kartu kredit kalo kita gak ikut terbang, kenapa gak divalidasi pas gua pesen tiketnya?!?

Kalo nama pemegang kartu kredit gak ada di antara nama penumpang, keluarin donk warning!!
Gua kan programmer, gua tahu pengecekan itu gampang banget. Programmer paling dodol sedunia juga bisa mah check gitu doank.

Kenapa gak di-check??
Kenapa gua dibiarkan menggesek kartu gua dengan bodohnya lantas gua dipersulit??
Apa sengaja supaya pas cek-in baru dibilang ke penumpang kalo kamu gak bisa menunjukkan kartu kredit gak bisa terbang, sengaja supaya orang gelagapan trus tiketnya angus n terpaksa beli baru gitu?

Untung loh, masih untung gua iseng2 hari ini buka tuh website, trus entah kena angin apa gua baca itu peraturan. Padahal gua biasanya kagak pernah baca peraturan2 gitu. Abis gua pikir peraturan mah dimana2 sama, kalo tulisannya gak gede, warnanya gak merah, gua process gak error, yah asumsi gua fine2 aja donk.

Huh.. bete berat gua gara2 ini, biasanya kalo beli pake airasia kan bisa, mau beliin tiket buat sodara lu kek, tetangga lu kek, orang sekampung kek asal lu punya duit ya oke ajalah.
Gua mana ngeh kalo penerbangan kita tuh banyak cingcongnya, dan gua tanya ke bat*via juga sama aja peraturannya.

Terpaksa deh gua ke atm buat bayar lagi itu tiket. Empet banget gua bayar tiket itu sekali lagi. Dan nti gua mesti ke gedungnya lagi buat ngurus refund yang katanya sekitar 2 bulan. Bayangkan.. 2 bulan?!?

Ada2 aja bikin orang esmosi sore2....

37 comments:

amey said...

ternyata ion juga gitu ya? gw pikir mandala aja yang gitu, soalnya dulu pernah tuh mo beli mandala danbaca peraturannya kek gitu, gak kek air asia bole beli buat sapa aja..emg reseh tuh ya, blom ngurusnya susah agi ntar di minta ini minta itu, lu ngamuk2 aja di sana biar ga di persulit kekkekee

Anonymous said...

Viol.. elu menyeramkan kl marah heuhehe. Tp itu peraturan kok rada2 dodol jg yah.. Untung elu ngecek.

luvly7 said...

keknya sekarang peraturan cc dan bank aneh2 aja ya Vi ... kemaren juga gue ngomel2 gara2 OB gue yang gue titipin buat ngeprint buku tabungan gue, kembali dengan buku kosong, dengan alasan gag boleh ngeprint kalo bukan pemilik tabungan sendiri. Ribett!!!!!

Padahal maah, kalo dipikir2, yang namanya penjahatan kartu kredit mah pinter2 ... kagak usah yg sepele2, kalo mrk mo bobol cc org yaaa bobol ajaaa ... grrrrr juga!!!!!!

mamana clo said...

haduhh.. itu airlines sengaja kali ya gak warning dari awal supaya mereka bisa dapet bunga nahan duit orang2 yang terjebak..

mudah-mudahan refund-nya nanti lancar, kalo gak masukin koran aja vi..

Im3th said...

batavia juga gitu vi, harus bawa kk pas check in di counter.
moga2 refundnya cepat masuk ya.

Pitshu said...

sriwijaya atau batavia yang begitu kalo enggak salah :) hihihihih... iya enggak ?!
emang tuh peraturan yang enggak penting banget, secara enggak langsung mengHINA juga, YANG GA PUNYA CC GA BISA PESEN TIKET dari mereka wakakakaka :)

Yenny said...

Gw denger2 refundnya susah loh... Elu kudu rajin2 nelponin mereka tuh kalo dah 2 bulan belum balik...

Anonymous said...

peraturannya kok gak flexible gitu ya ? moga2 refundnya nanti gak sesulit ngurus tiket yg tadi ya Vi..

evancelia-mom said...

gue pernah tuh ngurus refund tiket bos gue , gilee sampe muntah darah dan amsiong deh , tiap hari bodo amat gua teleponin tuh bgn finance ,finally keluar juga tp kitanya dah berdarah2 wkwkwk.... cia yoo deh Vi , musti bertulang baja berotot kawat ngadepin org travel wkwkwk

Veny said...

beberapa penerbangan emang bikin aturan begitu Vie , kalo airasia lom menerapkan sistem kae gitu . makanya kl g beli online tiket biasa g baca2 dulu aturannya . ember kesel sih tuh aturan kan panjang lebar he22

Anonymous said...

Lha kalo nama CC gak blh beda dgn yg pesan, kenapa jg waktu verifikasi berhasil???

Aneh.. betul2 aneh...

Moga2 cepat beres deh refundnya Vi.

Windy said...

M****l* yah? :D
Iya, dulu pernah mau booking online, tapi liat peraturan si empunya kartu kudu ikut, jadi batal dah..
Akhirnya bayar via ATM..

Sabar Viol,.. Gue juga bingung napa mesti gitu yah?

Anonymous said...

jiaaakakaka... gua udah bosen 'ribut sama lion air vi.
gua juga beliin tiket buat papa gua pake lion air.
gua ga bisa bayar pake kartu kredit gua...
lion air juga ga kerja sama dengan bank sejuta umat (baca: bca), sehingga ga bisa ngacir ke atm terdekat.
time limit buat bayar tiketnya... cuma 3 jam kalau ga salah sehingga ngerepotin buat gua yang kerja dan kantornya di ujung ini hihihi...

u mau kemana sih?

ekopras said...

sebaiknya kita menahan amarah ya...jangan dikit-dikit meledak...ya gak?

Arman said...

kayaknya rata2 kalo beli tiket online emang ada aturan gitu. tapi pas cek in nya setau gua sih gak akan diperiksa ya vi...

ribet banget ya urusannya jadinya...

noni said...

Viol, tenang2.. :-) bener kamu blg, seharusnya mereka bikin program untuk cross-check apakah nama di kartu kreditnya cocok ga ama nama penumpang. Jadi ga bikin repot penumpang. Kl di sini systemnya udah gitu sih.

Nah kalo misalnya kita beliin tiket untuk anak2 / sodara yg ga punya CC, baru kita harus telpon ke mereka jelasin situasinya; jadi ga salah kaprah & ga usah dipersulit ntarnya..

Pucca said...

@amey: iya nih, nanti kalo dipersulit gua bakal ngamuk2 hehe..
gua rasa semuanya gitu yah.. payah deh ih.. enakan airasia yaaa.. sayang dia udah banyak tutup penerbangannya..

@christine: huahaha.. emang gua serem lagi, ini aja di blog gua sok imut, tapi kalo lagi marah kebuka deh belangnya wakakak :D

@olla: masa sih la? tadi gua baru ngeprint buku tabungan, trus temen gua nitip tapi masih bisa tuh.. tabungan apa tuh? ada2 aja ya..

@xiao: iya kalo bertele2 nti gua masukin suara pembaca..

@imeth: emberrr.. semua gitu, heran deh kok ribet amat ya?

@pitshu: bukan itu aja pit, semuanya begitu loh..
haha.. sebenernya sih tetep bisa booking kok trus bayarnya lewat atm, tapi waktunya mepet banget.. kalo lagi di rumah kan repot mesti nyari2 atm..

@yenny: walah.. udah jiper duluan gua nih.. eh tumben lu eksis lagi yen :D

@susie: iya sus, semoga deh.. tau sendiri kan di jakarta macet, gua males ke mana2, paling ke mall doank.. itu pun milih yang deket, jadi gua males pergi ngurus2 gini..

@lisa: wah kok orang lama pada bermunculan nih.. gua bahkan udah remove lu dari blogroll gua, abis gua kira lu udah gak ngeblog lagi saking lamanya lu ngilang haha..

waduh.. semoga gua gak ampe muntah2 darah deh, bisa2 blog gua penuh dangan caci maki ntar ..

@veny: iya gua jadi kangen ama airasia itu.. kenapa oh kenapa dia gak mau lagi menerbangkan kita...

@lili: nah justru itu.. heran ya.. makanya gua bilang sengaja mo nyusah2in orang mah..

@windy: bukan win, li*n.. nah itulah kesalahan gua win, gua kagak baca peraturannya.. laen kali mesti lebih teliti nih..

@dessy: dessss.. bintang2in donk des.. jangan sampe koin for pucca nih hahahaha..
bukan gua yang mau pergi, tapi itu paman gua trus dedek gua juga..

@ekopras: iya siy.. tapi kan susah..

@arman: nah kalo yang pergi cewe gua masih berani gambling man, tapi ini paman gua kan cowo, dedek gua juga cowo.. nanti kalo mereka bermasalah pas cek in, lebih runyam kan..

@noni: nah.. tuu.. denger itu apa kata noni, begitu donk semestinya.. kalo disini mah motonya kalo bisa dibikin repot kenapa dibikin gampang hehe..

Yulia said...

Tarik nafas .. buang tarik nafas.. buang..

Tenang-tenang-tenang ... inget keriput cepat muncul kalo marah-marah. haha

Belum lg skr kan air asia bikin peraturan kalo pake CC ada extra charge, skr kan kalo mo bayar musti pake ATM jg viol

Pitshu said...

air asia sih enggak say, kan dia ada kolom bagian untuk cc atas nama siapa, dan tiket atas nama siapa :)
terakhir si Ta Cie, klo ga salah batavia atau sriwijaya yang kudu begitu, nunjukin cc yang di pake di bandara pas check in

sarie said...

Wah Vi, begitu ya? baru tau juga aku....wah wah.

emang ribet kalo urusan kartu kredit. moga cepet refundnya.
sebenernya urusan simple jadi ribet ya, yg bikin peraturan emang aneh2 aja

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

betuuul... emang rese.

saking parnonya jadi kl gw beli tiket buat mama gw, itu kartu kredit ikut mama gw travelling dah. sewaktu2 kl di cek jadi bisa tunjukin kartunya.

naki said...

parah amir si lion air , gw kalo jadi lo juga pasti naek darah langsung .

tapi emang viol , kalo baru pertama pake maskapai itu , kudu hati2 , harus teliti bacanya , kalo ga bisa kejebak.com kaya lo gitu tuh

Y3nn1 said...

Kenapa sih penerbangan dalam negeri semuanya ribet2 bgt? Kog ga belajar keq dari airasia yang gampang-ga ribet? Payah nih..

Once in a Lifetime said...

Untunglah elo posting, gua baru tahu ada peraturan itu. Parah ya?

Anonymous said...

Gw udah komen kok belum masuk yah, aneh.

Bener, kalo mau bikin peraturan harus ditunjang sistem yang baik dong yah. Masa sih gak dicek saat pembayaran apakah nama si pemilik kartu kredit termasuk salah satu penumpangnya. Atau nama adek lu mirip sama elu, Violino mungkin? :)

katrin said...

Tengkyu viol, buat postingan ini. Tapi sabar ya...nanti mempengaruhi tekanan darah anda hehehee...brarti kesimpulannya, agak beribet memang kalo buking airlines nasional pake credit card ya, mending pake atm aja.
Barusan aja aku buking di li*n pake cc, tapi untuk diri sendiri sih.
Hopefully proses refundnya ga bikin cekot-cekot lagi...

Pucca said...

@yulia: iya nih, rugi ya marah2 bikin cepet tuir aje..
iya tuh ada convinience fee kalo bayar pake cc, tapi di tiger airways juga gitu sih yul..
dan enaknya tuh airasia bisa pake klikbca, sedangkan yang laen kudu ke atm..

@pitshu: loh.. yang laen ada kolom itu juga tau pit, persis kok isiannya, nah kemaren ini gua naek lion gua gak dimintain cc waktu cek-in makanya gua gak ngeh..

@sarie: iya peraturannya begitu, gak tau ada rencana diubah gak tuh..

@lena: haha.. trus bawa ktp juga gak len? tapi gpp gitu nama penumpang beda ama nama di kartunya? kan ketauan donk itu kartu orang laen..

@jen: iya nih.. laen kali gua ati2 deh semua tulisan printilan kecil juga kudu gua baca ya..

@yenni: lu enak yen, airasia kan masih ada ke medan, ke padang udah gak ada, ke pekanbaru juga gak ada.. gua susah kalo mo mudik..

@elisa: iya, sama sekali tidak canggih ya peraturannya..

@maryna: hahaha.. ngaco deh lu ryn :P
apa nama cici adek lu begitu ya? maryna maryni maryno hihihi :P

@katrin: kalo beli buat sendiri sih gampang kok, gak beribet..
nah, mau ke jakarta ya katrin? *ih kepo*

Lina said...

Tenang Vi, baru tau gw kalo ada peraturan dodol macam itu. Kemaren itu gw beli sriwijaya buat saudara gw ke manado, ga pake ngecek kartu kredit segala...

Yah buat pelajaran kita deh, lain kali sebelum book n bayar tanya dulu yang jelas, kedepannya apa bakal menguras waktu, tenaga n biaya juga emosi kaya gini ya...

Sabar ya bu !

Pucca said...

@lina: emang sriwijaya ada online bookingnya? gua kok gak tau, gua pernah masuk webnya, cuma ada check schedule aja.. bookingnya lewat amna lin?

Pinkbuble said...

Air as*a juga gitu kalo bookingnya dibawah 2 minggu dr hr penerbangannya, tp iyah..harusnya mereka bikin system yg ga bs lanjutin bookingan kalo..blablabla..*sesuai ketentuan airline mereka. Bukannya biarin orang bayar then bikin itu seolah-ah kesalahan customer krn ga baca term and condition.

Angels said...

Wah ribet banget, kemarin pas gw beli tiket pesawat jg gitu, tapi ngga ribet sih. Dia cuma mau KTP pemegang kartu kredit + fotokopi CC nya.

Waktu sampe di tempat check in juga ngga diperiksa tuh sama dia.

Moga2 cepet beres masalah refund nya ^^

Ratusya said...

ck ck ck.. sabarrrr....
setau gua juga kaya gitu, yang punya CC kudu ikutan terbang.

btw, refund 2 bulan? gua jadi inget pengalaman temen gua yang kelebihan bayar pajak. Untuk refund ajah kudu diaudit kaya koruptor dan baru dibalikin duitnya luamaaa buanget.

Anonymous said...

hmm.u sih, vi... yg punya CC kudu ikutan terbang. begitu juga kalo booking hotel secara online pake CC, yg punya CC musti ikutan nginep karna pas cek in CC aslinya kudu diperlihatkan. terakhir gua ke hk juga begitu, pas cek in diminta CC aslinya.

tp yah memang harusnya sistem mendukung yah. waktu gua booking hotel sih ada tulisannya dan pasti kebaca deh kalo yg punya CC harus ikutan nginep jd kita gak merasa terjebak.
semoga urusannya cepet kelar n gak belibet yaaah....

Pucca said...

@elrica: o gitu yah? gua gak pernah booking airasia mepet2 karna biasanya udah mahal kan, airasia gua belinya mah buat taon depan seringan :P

@angel: iya, dia gak konsisten ya, bilangnya diperiksa tapi pas gua pergi gua gak pernah dicek huuu..

@ratu: haha.. iyah kalo duit udah masuk itu susaaah banget ya dikeluarinnya..

@vera: iya nih, gua nanti pulang kantor mau ke sana, semoga deh gak beribet.. dan semoga duit gua beneran direfund 2 bulan kemudian..
gua mesti catet nih kalo gak bisa2 gua lupa saking lamanya..

Yuliana-Fun said...

ahahaha... mank ga bisa... rese kan?? makanya paling seneng kalo beli airasia, value, jetstar.. itu bisa kalo pake cc orang laen...gimana kalo besok2 beli Lion, Mandala sama gw aja??? hehehe kan gampang, e-tix ini... bayarnya tinggal pake transfer aja... hehehe :P *promosi*

Pucca said...

@fun: iya, jadi kangen gua ama airasia..
fun, gua lupa mulu mau beli ama lu, abis skarang tinggal liat inet trus beli deh, gampang kan jadi lupa hahaha..

Dessy said...

wah saya juga mengalami kejadian yang sama. parahnya saya di lion air singapur dan yg beliin tiket kaka di jakarta. udah marah2 sampe nangis2 bombay di dpn counternya yg dilayani mba2 malay yg jutek tetep nga bisa..akhirnya gw beli tiket baru yang ga murah. tiket yg lama bisa direfund dgn potongan sana sini dgn proses 2 bulan. paraaah...!! nga lagi2 naik lion air. mending air asia yang lebih bersahabat!