Kelanjutan Kisah Si Singa Terbang

Jadi kemaren ini abis pulang kantor gua bela2in lah mampir ke kantornya singa terbang itu. Dateng, ambil nomer antrian, trus tunggu giliran.
Tunggu punya tunggu, sekitar 20 menitanlah.. gua liat akhirnya giliran nomor gua yang berkedap-kedip di layar, langsung meluncurlah daku ke counter.

Gua ceritakan ke si mas itu asal muasalnya sampe gua terpaksa harus berurusan dengan dia, terus gua kasih bukti2 yang mendukung. Mantep banget deh penjelasan gua.. singkat, padat, dan jelas. Sepintas sepertinya gampang nih pikir gua kan...

Dan ternyata emang gampang sih... sampaaaii dia bilang gua dikenakan biaya 50 ribu per tiket, dan karna gua refund 2 tiket berarti gua mesti bayar cepekceng.

Saat itu juga emosi gua langsung naek sampe ke ubun2.. gua udah direpotin sebegitu rupa, masih dikenakan biaya?!?

Langsung menyemburlah sumpah serapah sejuta topan badai.. gua protes seprotes2nya... tapi herannya dia gak bergeming loh... cuek aja gitu, gak ngebantah gak apa, gak ngeliat gua juga, sibuk ngeklip2 dokumen, kayanya dia udah biasa gitu ditereakin orang2...

Selang beberapa menit gua udah merasa bo huat, percuma gua ngomel2 sementara dia cuek aja dan tetep bilang emang begitu prosedurnya bu, ada biayanya.. diulang2 terus2an..

Trus yang lebih ngekiin lagi, duit refund gua akan dikreditkan ke kartu kredit, bukan ke rekening tabungan gua, atau kalo mau ambil cash mesti datang lagi sekitar sebulanan lah katanya..

Gua saking sebalnya yah.. serasa pengen jeduk2in kepala dia pake lcd monitornya noh..
Gak ada yang lebih susah lagi mas? Sekalian aja saya disuruh ambil ke jayapura sono..

Gua lempar itu berkas2 ke mukanya, trus tereak, "Ya udah saya gak jadi refund!! Mau refund sejuta aja kok ribetnya kaya mau ngerampok aja. Biarin deh saya rugi sejuta, makan tuh duit. Saya gak bakal pernah lagi naek pesawat singa terbang ini seumur2!!"

Trus semua mata memandang ke arah gua... sepi tiba2... dan gua pergi melenggang dari sana sambil diiringi tatapan orang2 yang tak percaya dan semuanya pada melongo....
Keren bener deh gua...

Hasshhhh... kapaaaaan ya gua bisa begitu?

Yang ada gua tergeram2 di sana, tapi gak bisa berbuat apa2.. gua cuma bisa menahan emosi gua yang udah menggelembung kaya keran aer bocor disumpel.
Transfer aja ke rekening gua kan beres yah, masa transfernya ke rekening kartu kredit sih, kalo gua gak pake kartu kredit itu lagi pegimana donk..

Abis itu gua dikasih nomor telpon orang yang bisa gua hubungi kalo dalam waktu sebulan masih blom dikreditin juga, aduh makin senut2 lah kepala gua, terbayang kerjaan gua bolak balik nelpon sambil ngomel2 karna refund gua yang tak kunjung datang....

Yaahhh.... mau bilang apa lagi... walaupun gua n david bete sebete2nya ama si singa terbang itu, tapi kita tak bisa berbuat apa2 selain menelan semua kepahitan ini..

Semua gara2 gua masih butuh duit sejuta.. duit sejuta tuh bisa buat gua makan berapa minggu tuh..
Apalagi kalo dibeliin gorengan bisa dapet berapa biji tuh.. coba kalo duit ceban huuuuuu... udah kejadian deh skenario dalam bayangan gua tadi.

Asli gua sempet kebayang loh adegan itu saking pengennya gua melakukan itu... saking gregetannya guaaaa.....

Tapi apa daya, money talks.. jadi kita cuma bisa ngedumel2, dan begitu kelar itu kertas difotokopi, diceklek2, ditulis2, kita langsung angkat kaki dari situ..
Tapi jalannya terseok2, gak gagah keren kaya di bayangan gua tadi.. dan gak ada satupun mata yang memandang ke arah kita....

Sambil pulang gua berusaha menenangkan diri, walaupun jalanan macet, gua tetep berusaha menghibur diri supaya gak kesel berkepanjangan..
Buat apa, toh semuanya sudah terjadi, mo gua kesel, marah2, nangis2, gak bakalan ada yang berubah, jadi mendingan gua berusaha merelakan aja..

Bahkan gua mulai berpikir ini gara2 gua terlalu hoki nih, akhir2 ini pan gua menang kuis terus, jadinya sebagai balasannya skarang gua sue melulu deh hahahaha :D
Abisan waktu2 itu gua bener2 lagi banyak masalah deh, ganti2an aja masalah gua tuh, sue bener deh gua hari2 itu, makanya gua ampe kepikiran mungkin gara2 gua keseringan menang kuis nih wakakakak...

Besokannya gua tulis imel ke customer care si singa terbang. Di surat gua itu gua gak emosi, gak ada sumpah serapah, dan gua gak menuntut apa2. Gua cuma kasih tau apa yang gua alami dan gua merasa ini sebetulnya gak perlu terjadi kalo mereka mau memperbaiki sistem penjualan online-nya.

Sebagai contoh mandala, nama pemegang kartu kreditnya dibikin dalam combo box, jadi kita harus pilih salah satu dari nama penumpang, gak bisa ketik2 sendiri. Harus pilih dari nama penumpang yang berangkat. Trus persis di bawah pilihan itu ada peraturannya. Jelas terbaca.

Lalu gua juga pernah refund dari mandala. Gua kasih tau kapan gua mau datang, trus waktu gua kesana dia langsung kasih duit refund gua. Cash. Tanpa potongan, gak bertele2, langsung saat itu juga.

Itu aja sih yang gua komplen di surat gua, gua gak menuntut apa2, gak menuntut cepekceng gua balik, gua udah relakan kok (tapi kalo dikasih yah gua gak nolak donk :D), cuma pengen dia tau kalo gua gak suka digituin.

Tapi sampe skarang gak ada balasan tuh, jadi mestinya bukan customer care kali ya, customer not care maybe?

Dan gua juga gak sampe yang memboikot si singa terbang dari hidup gua.
Walaupun gua gak suka pesawatnya karna sempit bener itu jarak antar kursinya, kaki gua nan panjang indah ini sampe kepentok2...
Walaupun waktu gua kedinginan n minta selimut gak dikasih ama pramugarinya dengan alasan gua kelas ekonomi...

Tapi gua gak mau nyusah2in hidup gua dengan dendam ama dia. Rugi di gua donk... kalo pas gua butuh, kalo pas harga dia murah, yah gua ambil aja lah hehehe..

Semoga petulangan gua dengan si singa terbang ini tidak berulang lagi kepada orang lain yah :)

34 comments:

amey said...

lu tulis di detik aja, pasti langsung di tanggapin, kebanyakan begitu

Yenny Lesly said...

sabar2 deh Viol, dah bosen gw baca surat pembaca dimana2 soal lion air ini, kagak pernah ada tanggapan en kagak mempannn...

Veny said...

emang ngeselin Vie , tapi g sih udah tau kl di refundnya masuk ke kartu kredit lagi . emang susah yah kl duit kita udah nyemplung , balikinnya dibikin ribet huhhh
g bacanya lo merelakan duit sejeti smp tarik napas .. ha222 taunya sayang bgt sejeti gitu loh ? bukan cepek ceng .yah musti dibela2in biar mangkel .
untuk terbang domestik g malah lom perna pake singa terbang , kalo dr spore malah perna pk singa terbang , kita dpt pswt yg baru msh bgs bgt , bersih n lebar body nya . jadi g lom nemu kekesalan ama singa terbang ini ha22 amit2 deh

L'a Sugar said...

dulu gw punya tmn krj di perusahaan singa terbang ini viol. dibagian finance lagi. tapi dia udah resign skrg. coba klo masih krj gua suruh dia bantuin elu deh, biar lu ga stress mulu sama si singa ini..kekeke

Yulia said...

sabar.. sabar.. ntr si diol kumat lagi..
hmm kalo ga lu bilang ke mas CS nya aja.. ini sejuta gw telen sekalian ama obat dokter gw.. mahalan mana mas.. (ga nyambung yah??? wkwkwkwkkwkw...
peace.

yg sabar yah

Yuliana-Fun said...

singa terbang??? yang low budget itu kah? kalo iya, sama juga pernah diderita kayak gw... hahaha :P
gw malah lebih parah lage, rombongan tour booo.. telpon dari pagi sampe malem ga diangkat2... gimana mo ke sana, kalo gw juga posisinya di bangka... tulis surat deh ke dia..seminggu kemudian baru dijawab.. padahal cuman mo rubah tanggal doank susahnya minta ampun... baru tau kalo banyak yang komplain. akhirnya gw kalo rombongan tour ogah naek dia, kecuali kepepet (murah banget) hehehe :) susah ngurusnya kalo ada apa2 gitu...

nattever said...

wakaka viol gua kirain skenario itu beneran lu jalanin loh, ampe membatin gua bilang wess viol keren amat bisa marah2 gitu...ckkck..
eh taunya dibwahnya ditulis skenario, hihihi...ada2 aja lu vii...

iya setuju ama amey,masukin detik aja vi, sapa tau lu dpt tanggepan, sukur2 dpt tiket gratis sbg permintaan maap (ngareepp;p)

Pitshu said...

wakakakakak... duit 1 jt sih yah, klo dulu pisthu cuma matahin kreditkan doank, trus di lempar ke meja cs habis itu pergi, yang rugi papa doank udah di charge uang tahunan 100rb-an lebih deh :) hihihihi
secara pitshu adatnya juga jelek :)

mamana clo said...

setau gw, untuk pembayaran yang pake CC emang ga bisa di-refund pake cash vi..

setuju ama temen2 yg lain.. masukin ke suara pembaca di detik aja tentang sistem mereka yang menjebak itu..

Pucca said...

@amey: gitu ya.. oke deh gua pikir2 dulu kalo mood gua masih ada gua tulis deh di detik itu..

@yenny: iya yah.. knapa ya dia gak care ama customer.. payah deh..

@veny: gua baru tau loh ven, karna dulu waktu gua refund tuh walaupun gua bayarnya pake cc, gua dikasih cash.
haha.. gak mungkin gua merelakan duit sejuta, emang gua udah gial apa? :D

@angel: yah.. udah resign.. coba suruh masuk kerja lagi hihihi..

@yulia: ahahaha.. bisa aja lu yul, emang tuh gak tau apa gua lagi bokek karna beli obat segambreng2 pake disuruh bayar lagi cepekceng, bikin keki ajah..

@fun: wah.. yang orang travel aja bilang susah.. mesti diganti kali tu managementnya..

@nat: wah kalo gua dapet tiket gratis sih gua akan bikin permintaan maap juga disini nat karna udah maki2 dia hihihi :P

@pitshu: wow.. keren pit.. gua juga pengen sekali2 sok gaya begitu, tapi gimana donk.. gua kan orangnya pelit eh hemat :P

@xiao: tapi dulu gua pernah di mandala belinya pake cc tapi refundnya cash loh...
gua aja gak pernah baca surat pembaca di detik itu, taunya surat pembaca kompas gua..

evancelia-mom said...

sabar..sabar..inhale .. exhale.. wkwkwk kalo gue kaya lu , mungkin bisa jadi gue lempar ke muka dia atau gue sobek dan gua bisa sumpah serapahin tuh airlines biar bangkrut wkwkwk tapi sayang juga gilee deh 1 juta mayan lah drpd kasih ke mrk , bisa dipake buat beli novel atau microwave wkwkwk

nie said...

Nyebelin amat yah! Lion air ini emang keterlaluan deh. Customer carenya juga bobrok abis gitu >.<

mamipapa said...

wahhh gw udah kebayang beneran aja tuh elo adegan gitu sampe salut...ternyata semua hanyalah pura2 huahahah

gw sih gak pernah urusan2 sama penerbangan dalam negri (emg dasar gw gak pernah ke luar kota) wakakak jd kaga ngarti...kl pun pernah beli ol yah air asia..

dl gw punya sodara kerja di itu tuh si adam bangkrut..emg ktnya parah...jd saling subsidi silang sesama kantor cabang karena kenapa gitu gw lupa apa dimakan org dalem atau apa duh lupa deh, trus temen gw yg di kantpr pusat bandengan gitu sakit kepala pegang keuangan akhirnya out...eh gak lama bangkrut wakakak..

Ratusya said...

ck ck ck ck.. untung bukan gua yang jadi CSnya di depan lu ntu. hiii kalo gua yang jadi cs yang lu marah2in, kebayang gua udah disembur api, trus dilempar pake kripik sanjay *lebay*

anyway, lu ga nyoba nulis di surat pembaca kompas?

BabyBeluga said...

Emang neyeblin banget ya. Dulu gw pernah juga tuh gara2 beli ticket pesawat domestik di Orbitz, susahnya kita hy bisa komplen via online atau ama mesin doang, gga ada orangnya. Tp pernah jg tuh kita komplen masalah cellphone di Jkt, waktu masih tinggal disana, eventhough ada orangnya di customer service tp degilnya gga ketolongan ampe laki gw yg kalem aja sampe emosi banget di telp.

Cyntha said...

wah brarti mesti kudu ati2 yah kalo gesek online, kudu baca peraturannnya bener2...pas elo merelakan tuh duit, dlm hati gw uda 'memuji' elo loh. gila viol bisa2nya bilang gitu. ga sayang sejeti diangusin. taunyaaaaaaaaaa cuman hayalan elo. akyu tertipuuu :)

Veny said...

makanya g tercengang n super duper melotot pas lo tulis ilustrasi lo melenggang n gebrak meja .. smp kaget . dasarr lo gila juga .
g pikir lo emang lg spanneng gara2 si DIol ampe duit segitu lo lepas , mending g yg urus d biar g dapet sejeti lagi wkwkkkk

Yulian said...

haha gw juga mikirnya elo beneran ngelempar berkas ke si mas2 itu trus elo semprot abis2an...tapi sembari baca, gw rada ga percaya juga kalo seorang Viol yg lembut bisa begitu..eh taunya benerr cuma skenario hihi

iya stuju, sejuta lumayan bangeetttt. jd terpaksa lah ya ngedongkol sendiri demi sejeti.

oh beneran ya lion itu kursinya sempit? gw pkr tadinya mau mudik pake mandala lebaran entar, ehh taunya mandala uda ga terbang lagi ke ponti :(, mau naik lion bawa baby, kata mas travel kursinya sempit...jd gw akhirnya naek si GA

-mandayandalove2T- said...

Vi, kalo gue jadi elu, pasti gue udah marah2 sambil keluar aer mata tuh saking esmosinya....

dulu yg pnh gw lakukan krn diINJEK2 HAK Gue adalah, bikin email di milis2, terbukti, 2hari kemudian, itu oknum ke rmh minta maap smbl nangis2
even so dia masi ga ngakuin kesalahannya, buat gue dia ke rumah smbl nangis itu udah ngungkapin how shallow he is....

puas gue, dia pasti diinget org banyak krn di milis itu...rasainnn

blm puas juga Vi?
masukin KOMPAS, biar nyaho tu LION

Pucca said...

@lisa: iya, semuanya demi duit sejuta gua korbankan deh harga diri gua hahaha.. kesannya :P

@sherly: maklumlah sher, disini emang jarang yang care ama customer hehe..

@feli: haha.. emang kalo gua kaya gitu gua bakal disalutin orang segedung + orang seblog hahaha.. tapi sayang masih silau harta nih kekekek :P

iya adam air itu mah parah, managementnya kacau, perusahaan keluarga katanya gak profesional..

@ratu: abis disempbur api dikasih kripik sanjay? ada2 aja lu mah rat, emang gua naga? :P

@sylvia: haha.. gondok sih emang kalo kita marah2 ama mesin.. gimana ya rasanya, tapi mungkin kita jadi lebih cepet tenang kali ya abis kita tau dia mesin hehe..

@cyntha: haha.. jadi gua gak jadi dapet pujian donk ;)

@veny: haha.. walaupun lagi pusing2 karna si diol tapi gua masih pelit kok ven wkwkwk :D

@yulian: bener sempit kursinya, susah mau keluar masuk kalo lu dapet yang di window, kayanya dia mentang2 harganya murah, jadinya dia nambahin kursi banyak2 deh..

@sofie: waduh sof, gua gak tau tuh masalah lu sampe segitu hebohnya, skarang sih gua udah males ya bikin surat lagi.. nanti deh kalo refund gua bermasalah baru gua masukin surat pembaca..

Once in a Lifetime said...

Gua kalau ngalamin kayak gitu, suka minta ketemu ama atasannya atau supervisor atau siapa lah penanggung jawabnya. Soalnya CS kan emang gak punya wewenang, kita ngomel2 juga gak ada gunanya.

Jadi ingat waktu gua belanja ke H*ro, emang cuma beli aqua botol, terus pas mau bayar cek dompet cuma ada duit gobanan, eh kasirnya gak seneng gitu, tanya2 terus masa gua gak punya duit kecil aja, grrr.. sampai gua tunjukin lho isi dompet. Kebetulan ada orang datang, ngantri di belakang gua, langsung aja duit gua dilempar dan dia layanin orang di belakang gua itu. Gileeee!!! Gua esmosi berat tp drpd teriak2 di hadapannya gua nyari manager store dan minta dia yang menegur bawahannya syukur2 ditindak sekalian. Managernya minta2 maaf tapi gua udah gak liat dia marahin atau nggak dah kasir brengsek itu.

Anonymous said...

huahaha udah bete-bete eh ujungnya gak bakal nolak diskonan juga yah Vi.

Gw baca, dari hasil penelitian kurang dari 5% customer yang mengajukan komplen terhadap jasa/produk jualan, sisanya mah diem aja karena males, ga mau repot, etc.
Bagus deh kalo lu masih ada niat membela hak elu sebagai pengguna jasa, kalo gw kayaknya dipendam aja hehe karena faktor M itu loh Vi :)

Anonymous said...

moga2 pengalaman kamu ini di baca yg laen ya Vi biar mereka hati-hati dan gak perlu mengalami kejadian serupa ... bacanya aja ikut kesel ..

katrin said...

Ternyata bukan gw aja yang kaget ama skenario awalnya ya hahahaha, jaw dropping banget. Sebelom baca terusannya, gw sempet mikir, mungkin gara2 obat nih si viol hehehehee...

Iya sih viol, aku ada pengalaman ama Air Asia n memang direfund balik ke credit card, ga bisa via transfer.

Sebenernya langsung aja tulis namanya LION AIR gitu, jadi kalo ada orang yang googling bisa kebaca gimana layanan cs mreka. Hehehe...

Anonymous said...

Yah kan keren tuh kl elu beneran ngomel2 terus keluar dgn gaya hihi. Yg ada jd tontonan satu ruangan kali ya. BTW, itu singa terbang apaan sih? Airline ya? Kok gw taunya kl airline indo cm garuda ajah?

noni said...

Haiya Vi, rese banget yah. Biasanya biarpun bayar pake CC, refund tetep bisa pake cash. Kl aku mah ga bakalan terbang lagi pake si singa ini deh.

Tp jangankan di indo, di sini jg customer service mah banyak yg rese. Uangku yg 2.5 bulan lalu pesen sendal crocs trus ga ada barangnya, sampe skr jg ga ada kabar2 kapan direfund. padahal aku udah terusss nanyain mereka. Di mana2 company kl urusan refund emang rese. :P

Pucca said...

@elisa: eh gua emang kepikiran loh mau minta ketemu ama managernya.. tapi karna gua orangnya emang sebenernya males ribut2 kalo gak kepepet banget jadi yah gua urungkan niat gua itu.. gua cuma pikir lebih cepet kelar lebih baeklah.. udah bete juga gua disana..

waduh.. itu kasir gak sopan banget ya, namanya kasir dia mesti punya duit kecil donk ya.. kalo dia gak punya yah itu salah dia bukan salah kita donk.. dia yang mesti nyari..

@maryna: kurang dari 5%? pantesss komplen ampe berbusa2 seringnya gak didengar ya, orang pas miting dikasih liat yang komplen terhadap pelayanan kita cuma kurang dari 5%, yah dia merasa pelayanannya bagus donk ya kekekek..

@susie: jangan kesel2 sus, aku aja udah gak kesel :)

@katrin: wakakak.. udah ditulis full, caps lock lagi.. birain dah emang kejadiannya begitu kok :D
kalo bener gara2 pengaruh obat gua bisa komplen donk ke dokternya, gara2 obat dokter nih saya rugi sejuta wkwkwk :P

@christine: ah lu emang payah deh tin, waktu itu kuret juga lu gak tau kan? hakhakhak :D

@noni: hah? refund yang crocs itu juga blom beres non? ckckck.. gila ya kalo refund itu emang susahnya lebih2 dari minta sumbangan kekekek :P

Y3nn1 said...

Duh...tadinya gw kirain beneran nih lu ngelempar tuh berkas2 ke mukanya, marah2 dan keluar dengan gagah...dah sempat mikir "hebat juga nih si Viol.....pengen tepuk tangan salut". eh...ternyata itu cuman bayangan aja yah hehehe...emang yah sayang banget duit sejuta itu...coba kalo kita sekaya gober bebek yah...bener2 bisa terjadi tuh yang kaya gitu *eh, tapi kalo sekaya gober mah ga perlu naik si singa terbang....langsung pesawat pribadi ajah :P

Anonymous said...

Sadis........... gw dihina............ serius donk ah gw google singa terbang ga ada tuh?

Tha..^^ said...

singa terbang?? tulis aja langsung namanya gede-gede vi..abis itu kita post ke detik.com hahahaha

-->tha kejam

Pinkbuble said...

Vi, gw pas baca..sampe deg2an gw kira lu beneran kayak begitu loh..ternyata cm andai-andai..tp keren banget ya kalo bisa gituin orangnya..kalo perlu sambil gebrak meja!!!

Jadi akhirnya settle juga kan vi urusannya?walopun dengan cara yg engga enakin. Thanks for sharing, biar laen kali kita tau kl pake airline ini mesti kudu baca term and condition.

Im3th said...

gw kirain lo beneran gebrak meja?ckckckck heran aja gw, viol yg lembut bisa seganas itu.
dulu gw soale pernah gebrak meja apotek hahaha (dulu vi waktu gw masih berapi-api, masa muda gw, yang masih berapi api kata bang rhoma hahaha)

gw seumur umur belom pernah naik singa terbang ini, abis teman gw pernah cerita, kalo tetangganya mekanik singa terbang ini, dia bilang kalo singa terbang ini maintenance nya parah, dan selalu cari barang bekas (spare part bekas) untuk maintenance.

Rumah-sehat afiat said...

Bersabar adalah kunci utama hidup dan jauhilah dendam semoga terhindar dari hal2 yang tidak diinginkan

Pucca said...

@yenni: tapi gober kan pelit hehe.. jangankan sejuta serebu aja dia blom tentu rela yen haha..

@tine: hahaha.. yah lu google mana ada singa terbang wakakakak.. namanya lion air tin :)

@tha:gua gak jadi post tha, abis males, udah lewat emosinya :P

@elrica: iya el, lu kan sering bolak balik sini siapa tau berguna buat lu ^^

@imeth: hahaha... aduh bang rhoma dibawa2 jadi skarang apinya udah padam nih meth? :P

ih masa sih.. serem donk, padahal pesawatnya baru semua loh..

@rumah: iya, ini lagi belajar lebih sabar :)