Nasi Bakar

Gua pernah iseng2 bilang ke david, kalo ada temen gua yang posting resep nasi bakar. Gak disangka2 david semangat mau nyobain bikin, dia bilang dia mungkin doyan. Padahal gua mah bilang iseng aja, bikinnya gua juga males wakakak.. tapi karna disemangatin mulu trus gua juga udah mati gaya mau masak apaan lagi, yo wis gua coba bikin deh :)

Udah gua catet apa2 yang mesti gua beli di kertas, jaga2 kalo gua lupa, gua kan orang pikun yang sadar diri hehehe.. eh tak taunya hari minggu itu gua malah bangun kesiangan hahaha..

Bisa2nya jam 9 gua baru bangun, padahal biasanya kalo mau ke pasar gua jam set. 8 juga udah jalan, akhirnya gradak gruduk deh pagi2.. mana pake pup dulu pulak, jadilah jam set. 10 gua baru jalan dari rumah :D

Trus karna buru2, ketinggalanlah kertasnya gak gua bawa, sampe pasar gua baru sadar kertas gua ketinggalan, tapi untung gua masih inget apa aja yang mesti gua beli soalnya sempet konsultasi dulu ama amey, si empunya resep.

Gua pake tanya kemangi itu 2 ikat seberapa, abisnya kan kali2 di pasar sini jualnya gak pake iket kan, bingung gua nanti.. trus daun salamnya dimasukin berapa lembar per bungkus haha :D

Mana gua kebat kebit takut nanti gak dapet udang, kan rencananya nasi bakar gua mau gua isi udang dan ikan tenggiri. Yang udang buat david, yang ikan tenggiri buat gua. Tenggiri sih udah ada di frizer, tapi udang gak ada. Sejak gua gak boleh makan udang, gua udah gak pernah nyetok udang lagi.

Panik kan gua, secara gua perginya ke pasar deket rumah, nah tukang seafoodnya *haha..gaya amat gua nyebutnya tukang seafood, abis kalo dibilang tukang ikan, dia pan jual udang juga :D* cuma ada satu2nya yah suami istri bapak n ibu itu, itu pun cuma gerobakan kecil doank di pinggiran jalan.

Tapi seafood yang dia jual seger banget loh, mata ikannya ampe bling2, udangnya juga putih2 warnanya, jauh deh ama ikan atau udang di supermarket gitu. Gak heran kalo dia rame banget, jadi kalo siang itu biasanya udah abis.

Sayangnya ikan yang dijual tuh gak bervariasi, paling banyak sih ikan kembung dengan berbagai jenis, ikan mas, bandeng, teri, kadang ada belanak tapi gak tiap ari padahal david doyan belanak, tenggiri ada tapi kecil2, bawal jaraaang deh ada, padahal gua pernah request tuh tiap ari donk ada bawal pak, tapi kata si bapak disini mah susah, gak ada lawannya..

Pas gua ceritain ke david katanya ya iyalah yang beli kan banyakan orang kampung sini, mereka mana makan bawal, makannya ikan kembung.
Emang sih bawal lebi mahal, tapi kan maksud gua buat ganti2 gitu, gua juga makan kok ikan kembung, tapi kan enakan bawal hehehe..

Nah, udang biasanya udah abis kalo siang2, makanya gua udah sedih aja kok bisa2nya gua telat bangun.. nanti david mau gua isiin apa nasi bakarnya, ikan tenggiri cuma sisa 2 potong mana cukup...

Lagi sibuk2 menyesali diri, dari kejauhan gua liat ada orang di belakang gerobak yang lagi ngipas2, orangnya gak keliatan tapi yang sering ngipas2 itu yah si ibu itu, supaya ikannya gak dilalerin..
Gua langsung berharap dikit, semoga bener itu gerobaknya si ibu, semoga beneran masih ada...

Makin mendekat, gua makin sumringah, eh beneran itu si ibu hehe.. dan sukurnya lagi masih ada setumpuk udang di situ. Emang udah gak teratur sih, karna udang sisa, jadi udah gak dipisahin kecil ama gede, udah nyampur, bener2 tinggal setumpuk udang itu doank di mejanya ama 4 ekor ikan baronang kecil2.
Sukur banget kan, akhirnya gua kesampaean juga beli udang :D

Karena tinggal sisa setumpuk itu, gua dikasih ceban ama si ibu, udangnya 3 ons. Seneng deh gua, ternyata walaupun gua bangun kesiangan, udangnya masih menunggu gua hihi.. emang itu udang udah jodoh gua rupanya :D

Abis itu lanjut ke ibu yang jual sayur2an, gua langsung tanya kemangi. Dan ternyata disini kemangi juga jualnya per iket kekekek :P
Gua beli 2 iket gopek. Trus beli sereh serebu, kebanyakan nih ternyata, mestinya gua beli gopek aja cukup. Abis itu beli daun salam n lengkuas, totalnya gua disuruh bayar 2 ribu saja untuk 4 macam bumbu dapur itu.

Si ibu sampe nebak, "Mau bikin pepes ya?"
"Gak, mau bikin nasi bakar.." kata gua dengan pongahnya hahaha...

Untung gua gak lupa beli daun pisang. Padahal udah mau pulang aja, e eh untung inget blom beli daon hehe. Kalo lupa mau gua bungkus pake apa nasi gua :P
Karna daun pisangnya ada yang robek2, jadi gua beli 2 tumpuk. Harganya 1500. Murah kan ya beli di pasar. Makanya pada belanja ke pasar aja :D

Sampe rumah gua potong2 jambu klutuk dulu buat makan pagi. Abis laper euy. Istirahat bentar makan jambu sambil baca koran abis itu baru deh gua mulai berkutat di dapur.

Pertama2 gua cuci semua daun2an ituh, daun kemangi dipetik2in daunnya doank, trus dicuci, daun salam juga dipetek trus dicuci, sereh dipotong pangkalnya yang putih sekitar 5-10 cm trus dicuci, abis itu dibelah 2.

Abis itu giliran daun pisang, susah deh ngelap2 daun pisang ni, mana si david yang kemaren katanya mau bantuin gua malah sibuk bongkar2 xboxnya.
Xboxnya david kan rusak, jadi dia mo benerin sendiri katanya, udah dipretelin tuh barang, trus kita udah keluar masuk ace hardware beli perkakasnya, obenglah, mur bautlah, dan udah dibor2 segala itu xbox, tapi masih blom kelar, katanya masih mau beli thermal paste terakhir.

Trus waktu gua suruh dia urus daun pisang dia malah buru2 karna pikirannya masih nyantol di xbox, gua omelin lah.. lu yang kemaren bilang mau bikin nasi bakar sama2 kan, tapi skarang malah ngurusin xbox, gua suruh ngurusin daon malah buru2 huuuu....

Akhirnya baru deh dia anteng ngelapin daun pisang satu2 hehe.. trus gua kasih gunting, nih gunting2in, ukurlah kira2 segede apa buat 1 bungkus.

Tips dari amey kan daun pisang mesti dijemur dulu supaya gak patah2 waktu ngebungkus, nah gua gimana mau jemur, hari mendung sinar matahari tak masuk ke rumah gua secercahpun...
Akhirnya gua masukin microwave deh dedaunan itu hahaha :D

Tapi berhasil loh, daun pisang gua lemes n anget, padahal cuma gua panasin 1 menit aja, emang gua wanita yang panjang akal ya hakhakhak :D
Laen kali daripada repot bentangin2 daun pisang di emperan rumah, blom terbang2, trus debu, ikutin cara gua aja, masukin microwave hihi :P

Setelah semua daun selesai gua tangani, asli deh waktu blom kelar nih dapur gua penuh ama daun2 ijo, ampe pusing gua nyium berbagai aroma daun hehe.. abis itu baru deh gua mulai masak...

Mulai deh gua oseng2, pertama masukin bumbu halus (bawang merah 7, bawang putih 5, cabe rawit 5, lengkuas 1 cm) yang udah diulek david, trus gua masukin udang, abis itu nasi, kemangi, abis itu david deh yang aduk2, abisnya gua gak kuat ngaduk2 nasi begitu, cape..
Padahal gua cuma bikin nasinya buat 4 porsi loh, jadi 2.5 cup beras, apalagi si amey ya yang bikin 6 cup beras, gak kebayang gua...

Trus kasih lah garem, gula, kecap ikan. Aduk2 aja terus sampe kemanginya layu n nasinya wangi.
Sementara itu gua masak ikan tenggiri, gua taro di happy call aja gak pake minyak.

Udah selesai semua, mulai deh bungkus membungkus. Kemaren gua udah tanya ama david, lu bisa gak bungkus daun, katanya bisa, gampang itu mah.
"Ya udah bagian bungkus membungkus gua serahkan ke lu ya, gua gak pernah soalnya."

Siapkan daun, taro daun salam selembar, sereh yang udah dibagi 2 (kalo serehnya kecil gua taro 2), trus taro nasi yang udah dioseng di atasnya. Abis itu dibungkus deh...

Keliatannya gampang ya, tapi bungkusan pertama gatot (gagal total). Jadinya gembung2 gede ga jelas, ancur banget deh, yang kedua juga sama.
Ampe gua liatnya aja miris,
"Vid kan udah gua bilang bikinnya kaya lompong, ini mah kaya apaan, gak berbentuk gini.. ini mah nasi bakar buruk rupa. Kalo begini caranya gimana mau gua poto buat masukin ke blog, malu ah gua, udah gak usah poto aja."

"Hahaha... masa sih jelek?"

"Iya, sini coba gua aja yang bungkus deh..."

"Jangan, itu mah jelek karna lu ngerecokin, sini gua bikin yang ketiga pasti bagus deh. Lagian kan kita pakenya steples jadi lebih susah tau, kalo pake lidi lebih gampang."

"Ya abis mau pake lidi apa, mau gua ambil lidinya sapu lidi? Kan kotor..."

"Gak usah, pake steples juga bisa, nih gua udah ahli nih... tuh kan lebih bagus kan?"

Agak sumringah deh gua dikit, emang bagusan sih yang ketiga itu, lebih manis, mungkin karna lebih kecil kali ya, yang pertama2 emang kebanyakan tuh nasinya hahaha...

Alah bisa karna biasa, akhirnya lama2 david ahli juga, sukur deh jadi bisa gua poto hihi..
Dari yang gua perkirakan jadi sekitar 14 bungkus, ternyata cuma jadi 9 bungkus hahaha.. bayangkan nasi bakar gua raksasa :D

Laen kali mesti lebih kecil2 nih, kan lebih kecil lebih enak ya, trus bungkusnya kan juga pasti lebih gampang n lebih imut tentunya ^^

Semua bungkusan gua bakar di happy call, sekitar 5 menitlah pake api kecil trus dibalik dan dibakar lagi 5 menit. Begitu happy callnya dibuka langsung wangi deh.

Gua langsung suruh david ambil kamera buat dipoto. Eh batere malah gak ada yang full, gua curiga batere gua udah soak semua ni, padahal baru beli yang energizer. Heran deh batere kok pada gak tahan lama ya, sering rusak..
Terpaksa deh poto pake kamera hape aja.

Abis itu kita makan bareng2. Emang enak loh nasi bakarnya, rasanya gurih :D
Tapi gua punya emang agak keasinan karna gua gak pake taker waktu kasih kecap n garem, gua kira2 aja, tapi enak kok.

Cuma david gak doyan kemangi jadi katanya kemanginya kebanyakan, padahal kemanginya udah layu begitu mana ada rasanya yah, gua mah doyan2 aja, padahal kalo kemangi mentah di lalapan gua juga gak doyan :D

Overall nasi bakarnya enak tapi isinya kurang rame, laen kali kalo gua bikin lagi mau gua tambahin pete ah.. hahaha dasar pecinta pete.. ama cabe merah iris2 supaya warnanya gak pucet.. ama teri medan dikit kali ya biar asin2...

Yang mau coba bikin juga, bisa liat resep aslinya di amey, tapi kalo ngikutin cerita gua dari atas juga bisa kok, emang itu aja resepnya gak gua ubah2, cuma si amey pake bandeng gua pake tenggiri n udang.

David makan abis 3 bungkus, gua 2 bungkus. Padahal nasi gua gede2 gitu bungkusannya. Trus sisanya 4 bungkus kita tinggalin buat makan malem.

Tapi malemnya nasi gua jadinya agak keras. Padahal udah gua angetin lagi pake happy call, tapi nasinya ada yang keras2 gitu. Gak seenak tadi siang deh.
Apa kalo buat makan malem mestinya jangan dibakar dulu kali ya?

Gua yang cuma bikin 9 bungkus aja capek loh mey, lu kok bisa bikin sampe 35 bungkus? ckckck... kagum gua, lu wanita perkasa sekali...
Seru juga ternyata bikin nasi bakar ini, thanks amey yang udah share resepnya ke kita2 :D

35 comments:

Veny said...

Pertamax...
g lgs dapet neh nasi bakar , g yg isi udang yah vie .. ha22
gilee pada rajin yah , g ketinggalan nih musti coba . pasti ga kalah yahud (sok tau) ha22
iya vie lo musti pakein pete & cabe iris biar meriah , itu lo pk kemangi ga ? ga kliatan tuh !

Yulia said...

Waduh.. kirain salah masuk blog ternyata bener, hihihi..
msh untung laki lu muji nasi bakar lu, kalo laki gw pas ditanya commentnya. jawabnya lempeng: biasa aja, jd bau daun nasinya.
Duhhhhhh pengen banget gw ambil dompetnya trus gw rampok KK nya trus gw belanjain di central park. wkwkwkwkkwkwk

mom4kids said...

Kyak gw aja paling malas ngikuti takaran garam , maunya selalu kira2hehehe , tapi untung ya nasi bakarnya masih enak .. kemangi ama pete aduh kombinasinya, wanginya kemangi jadi ilang kena polusi pete ..hihihi

mamana clo said...

duhh.. kayanya ribet yah kalo pake daun pisang segala.. gw mesen aja deh ama elo hahahaa...

Pucca said...

@veny: ayo ven, bikin juga :D
seru juga bikinnya, pake acara ngelap2 daun, bungkus2 hehe...
pake kok, tapi daunnya udah layu kan jadi cuma keliatan ijo2 dikit doank..

@yulia: haha.. kalo david emang doyan pepes2an, makanya ini kan mirip2 ama pepes, jadi dia doyan :D
kalo beneran lu ngerampok kk-nya ajak2 gua ya kekekek :P

@susi: iya males ya pake takaran, gua suka gua taburin aja gitu, kecap juga maen kocrot aja :P
kalo lu kan emang udah profesional sus, nah kalo gua udah jarang masak belagu lagi gak mau pake takaran hahaha..
pete mah wangi sus, apalagi diiris2 dibakar disitu enak deh pasti :D

@xiao: haha.. emang gua jualan daun pisang? :D
bisa sih pake aluminium foil, tapi kan gak wangi xiao.. pake daun pisang lebih wangi, trus ada sensasi gimana gitu liat daun gosong :P

amey said...

bukannya yg jualan daun pisang biasa ada jual tusukan lidi juga? biasanya beli 500 uda banyak banget di pake ga abis2 kekekekke
wah bener juga ya pak pete enak keknya, kemaren gw nboba pake udang, gak enak vi, kurang wangi, keknya emg yg enak itu bandeng presto ama teri nasi deh

amey said...

bukannya yg jualan daun pisang biasa ada jual tusukan lidi juga? biasanya beli 500 uda banyak banget di pake ga abis2 kekekekke
wah bener juga ya pak pete enak keknya, kemaren gw nboba pake udang, gak enak vi, kurang wangi, keknya emg yg enak itu bandeng presto ama teri nasi deh

noni said...

Waa tumben nih Viol posting makanan. hehehe.. becanda2 Vi. Jadi kepengen bikin juga nih, tp paling pake ikan asin ama ayam aja deh, krn udang mahal bgt di sini =)

Seneng ya dibantuin David, dipuji juga. hehe.. mgk krn udah dibakar, trus dingin, trus dipanasin lg nasinya jadi agak keras Vi. Tp aku krg tau jg deh. :D

amey said...

eh ya vi, biasa kalo buat makan malam gw ga bakar lagi tapi gw kukus, taro di rice cooker gitu gak keras kok :D

bulanredup said...

Ahhhh lagi wabah nasi bakar nih... Gw ini wanita kuat iman jadi gw gak tertarik tuh ikut2an bikin nasi bakar...wkkwkkwkw...

-mandayandalovetoriq- said...

wangi kemanginya sampe sini Vi
hehehe...gue emang doyan kemangi siy
kayanya guriiiiihh banget ini nasi bakar yaa...hehehhee

christinewu said...

Amit2 Vi disini jam 2 pagi gw buka blog lu... mikirin nasi bakar muahahaha. Jd laper... Nasi bakar gw tau loh (biasanya kan lu suka ledekin gw ga tau ini itu hehehe). Tp jujur aja, gw ga gitu doyan. Doyannya kl nasi bakar polos, trus tar makannya ama lauk2 lain misah gitu drpd di dlm nasinya hehehe. Malah dulu sering gw makan gitu aja polos2 dah enak bau daun pisangnya. Tp kynya enak noh kl ditambain cabe iris.

nie said...

Waks enak tenannnnn kliatannya!!!
Jadi ngiler euy!!!

Veny said...

nasi udah mateng ya ? soalnya ada yg bikin dari beras mentah trus diaron dulu , g pny brp versi resep . nti g coba ah . he22
ada yg pake kemangi ada yg daun melinjo . makin semanget de .. tunggu hasil bikinan g yah .. ha222

IM3TH said...

gw jadi kepengen pnya happy call deh.
gw suka nasi bakar, apalagi pake oncom, kemangi, gilaaa sedepppnya.

Leony said...

Widihhhh... bagi donggg.... Kok kalo ngeliat gini, bikinnya tuh benernya gak susah, cuma gue males bungkus2 daon. kalo gue, gue udek2 aja kali tuh nasi..jadi kayak nasi goreng kemangi pake ikan udang hahahah...*pemalassss*

Arman said...

salah timing gua bacanya.. jadi laper gua vi... :D

kalo diliat dari fotonya keliatannya gede2 ya... gile juga lu makan 2 bungkus dan david makan 3 bungkus? hehehe....

Pitshu said...

huahhh kek na enak nich :) huhuhhu~ si Buled paling suka tuh wangi nasi yang di bungkus daon pisang ^^

Pucca said...

@amey: oh ada jual lidi juga ya mestinya? gua pan gak tau hehehe..
bandeng mah gak ada disini mey, nanti deh kalo ada yang datang dari semarang gua titip bandeng presto trus bikin lagi :D
ayo mey coba bikin yang pake pete, keknya enak kan? :D

oo.. jadi dikukus kalo buat makan malam? iya ya jadi gak keras :)

@noni: emang tumben non hehe..
udang mahal di sana ya? ya udah pake ikan asin aja, enak juga pasti mah :D

@yenny: yen, lu gak mau memperbaiki citra lu di mata titang? kali2 aja abis lu bikinin nasi bakar imej lu di mata dia jadi bagusan hahaha..

@sofie: iya emang gurih, mungkin karna banyak pake daon :)

@tine: aduh tin, ampuuunn masih inget aja lu pernah gua ledekin hihi..
gua juga gak gitu doyan2 amat tapi david doyan, gua sih doyan karna wanginya :D

@nie: jangan sampe ngiler ya sher :P

@ven: sip sip.. kalo gua nasinya udah matang ven.. ada yang pake daun melinjo? baru tau.. daun melinjo kan buat sayur asem.. tapi gua sih doyan daun melinjo hehehe..
oke2 kita tunggu nasi bakar lu ya :D

@imeth: oncom? oh ada yang masukin oncom ya? gua gak tau rasanya oncom abis blom pernah makan hehe.. tapi keknya matching juga ya, jadi kaya lontong :D

happy call lumayan juga kok, sering gua pake buat bakar2 ikan meth :)

@leony: haha.. jadinya nasi goreng donk bukan nasi bakar, justru enaknya tuh di bau2 daun yang kebakar ituh :D

@arman: emang gua bikin kegedean, gak tau nih bikin risol kegedean, bikin nasi bakar kegedean, emang gua orangnya gak pelit sih kali ya haha...

@pitshu: iya jadinya wangiii ^^

Ah Boy's Mom said...

udah bisa terima orderan dong Vi... :)

BabyBeluga said...

Gua mah gga ngerti deh nama2 ikan. Taunya hanya Salmon, tillappia, cod dan catfish deh. :-)

BabyBeluga said...

Ngiri bener ama harga2nya. Disini daun pisang mahal, udah di freezer lagi, lebih gampang patah2

mamipapa said...

jadi kepengen buat neh hahahah ngeces ngeces...atau elo kirim2 dong kemari nasi bakar perdana loe itu hehe

Shanni said...

wah elo dah praktekin nasi bakarnya Amey... gw baru kemaren cerita sama si herry, pengen beli teri nasi buat bikin nasi bakar pas kepasar kemaren sayang kesiangan hahahaha jadi kaga ke pasar dah :D

ntar kapan2 praktek ahhhhhh kalo ga males :D

Pucca said...

@lena: haha.. gak lah.. bikin 9 aja gua keder apalagi terima pesenan :D

@sylvia: tilapia itu ikan nila kan ya, kalo ikan cod gak tau deh apa, catfish kan ikan lele.

daun pisang di frizer? haha.. disana jarang pohon pisang emangnya syl? :D

@felicia: bikin donk fel, kali2 ferry doyan.. waduh udah masuk perut semua tuh hehehe..

@shanni: teri nasi itu sama ama teri medan kan ya? coba aja bikin kalo lagi sempet shan, seru juga sih bakar2nya :D

Y3nn1 said...

wow...kayanya oke banget tuh. Pengen nyoba juga ah.

Pucca said...

@yenny: ayo yen coba.. lu kan di medan, gampang tuh cari teri medan :D

pinkbuble said...

Gile dikau rajin pisan sampe ke pasar and buat sendiri nasinya..lu lap-lapin satu- satu daunnya vi? Hebat hebat..gw kapan ya kesambet buat begini?

Pucca said...

@elrica: iya, rajin kan gua? emang gua itu istri yang baik hati, cantik, lagipula rajin wuahaha... nyesel kan lu muji2 gua el :P

naki said...

viol , daku ilfil nih baca positngan ini isinya ikan2an , maap yee :)

Pucca said...

@jen: gak doyan ikan jen? aduh.. gua skarang ampir tiap ari makan ikan :D

Quinie said...

huaaa sekarang pada nyobain resep yak. ya elu, ya elisa, pada ada postingan tentang masak2an.

kebayang gua pas lu marahin david ngelapin tuh daon. huahahaha.. untung dia ga marah balik ama elu. benar2 suami yang sabarr

hm...kapan bikin cup cake..?

Pucca said...

@ratu: abis rat, dia yang janji mau bikin sama2 tapi abis itu begitu gua berkutat ama daon2 dia ogah2an bantunya, ya gua omelin lah hihi..
cupcakes kan repot, pass deh hehe :P

Bang Ucup said...

Makasih infonya,...

salam
admin o-begitu blog

Mesin Kasir said...

Wah,menarik sekali boleh juga di coba nih...