Ama Di Hati Kami

Ama gua yang tinggal satu2nya itu telah dipanggil Tuhan hari minggu, 18 juli 2010. Ama itu panggilan nenek dalam bahasa hokkian. Meninggalnya mendadak, tiba2 aja waktu lagi tidur di rumah, bukan waktu sakit.

Semuanya seperti serba diatur. Ama sepertinya mau kepergiannya tidak ada yang menyaksikan. Keluarga acek (paman) tempat ama gua tinggal sedang ke jakarta karna anaknya wisuda. Mestinya ama ikut, karna ama sudah janji dengan cicinya yang tinggal di jakarta mau ketemuan.

Tiket sudah dibeli, bahkan koper pun sudah disiapkan, tapi ketika sudah akan berangkat ke bandara ama mendadak bilang gak jadi ikut. Cici ama yang sudah menunggu di bandara kecewa karna ama tidak ada, dan sampai hari ini katanya masih menangis tiap hari kalo ingat ama, padahal mereka telah berencana mau ketemu, mungkin untuk yang terakhir kali.. dan katanya mau mengelilingi semua mal di jakarta.

Hari sabtu..
Cucu ama yang dulu sekamar dengan ama selama 17 tahun tiba2 pulang dan tidur lagi dengan ama hari itu. Katanya sudah 5 tahun tidak pernah tidur dengan ama.
Papa gua juga hari itu membuatkan ama sarang burung. Padahal kata papa seumur2 papa gak pernah bikin sarang burung buat ama. Biasanya bikin buat anak2nya saja. Tapi hari itu tiba2 saja papa bikin.

Hari minggu..
Malamnya ako (tante) gua datang dan belikan ama bubur. Mereka makan berdua. Setelah itu ako pulang sebentar mau mandi, ama dijaga oleh bs dan 2 orang cicit yang masih kecil maen2 di kamar ama.
Setelah cuci muka, gosok gigi, dan bersih2, ama bilang capek mau tidur, bs disuruh ke belakang untuk makan malam.

Waktu itulah ama meninggal, gak sampe setengah jam ako ditelpon katanya ama seperti sudah gak ada....

Acek (paman) gua yang lagi ke jakarta langsung pulang saat itu juga. Semuanya kaget. Semuanya nangis. Acek apalagi, sampe histeris.
Acek sangat menyesalkan kenapa ama pergi di saat dia tidak ada di rumah. Acek paling sayang sama ama. Mereka selalu berdua2 dari dulu. Papa gua kan merantau, jadi ama tinggal sama acek.

Ama memang sudah tua, sudah 82 tahun, tiap ketemu gua ama selalu nangis tanya gua kapan datang lagi. Gaji cukup gak? Sudah ada rumah sendiri blom? Punya mobil gak? Ke kantor naek mobil kan?
Padahal gua naek motor, tapi supaya ama senang gua bilang iya. Abis itu ama pasti ngangguk2 lega kalo semuanya gua jawab sudah. Ama mau semua cucunya hidup gak kekurangan.

Ama suka belikan gua buah tho yang merah itu dan semboi. Ama tahu gua suka sekali makan itu, tiap ketemu pasti gua dibelikan sekantong gede.

Ama termasuk beruntung di antara ama2 lain yang gua liat di panti jompo, anak2 ama semua sayang sama ama. Ama hidup senang, berkelimpahan, dikelilingi anak, cucu, dan cicit.

Waktu gua kecil, acek sering cerita mereka hidup susah, ama harus bangun pagi2 untuk bikin kue buat bayar uang sekolah acek. Padahal akong (kakek) gua dulu kaya raya, tapi jatuh miskin karna pabriknya dibakar orang, dan akong gua sedih sampai meninggal.

Saking sayangnya acek sama ama, acek jadi cerewet sekali kemaren. Semua acara dia usahakan sempurna, sebisa mungkin acek mau kasih yang terbaik. Sebagai penghormatan terakhir untuk ama..
Bahkan begitu ada yang bilang lebih bagus selama 49 hari ini anak2 ama vege supaya jalan ama lancar, acek saat itu juga langsung vege.

Juga gua dan adik2 yang tidak beragama budha selalu ikut membacakan parita untuk ama, walaupun kita tidak mengerti artinya, tidak sempurna bacanya, tapi inilah yang bisa kita beri untuk ama terakhir kali. Doa.

Selamat jalan ama... ama meninggal tenang, damai, muka ama bersih sekali, pasti ama langsung ke surga. Semua doa selalu kami panjatkan, semoga ama bahagia disisi-Nya.

49 comments:

Veny said...

Turut berduka cita yah Vie , semoga ama mendapat tempat yg baik disisi Tuhan

lovefaithhope2811 said...

Turut bersimpati yah, Viol. Semoga seluruh keluarga diberi kekuatan.

Ama elo pasti bahagia. Selama hidup dikelilingi org2 yg dicintai dan mencintainya. Dan sekarang beliau sudah bersama-sama dengan Tuhan.

Yulia said...

ah viol.. postingnya bikin gw berkaca2. jadi inget ama laki gw yg sangat sayang ama gw dianggep cucu sendiri. dia meninggal setelah malamnya kita ngerayain birthday nya ama. malamnya happy-happy, paginya langsung denger kabar shock gitu. hu hu hu..

angel said...

turut berduka cita ya viol..

Im3th said...

Turut berduka cita Vi. semoga Ama terlahir dialam yang lebih baik dan bahagia. Semoga lo sekeluarga juga kuat dan ikhlas ya.

evancelia-mom said...

turut berduka cita ya Viol , semoga Ama mendapat tempat yg baik di sisi Bapa di surga. amin

Santi said...

turut berduka cita ya Viol..hiks...jd inget ama gue udh udh 4th meninggal..sedihnyaa masi kerasa :(.....

mamana clo said...

Turut berduka cita atas kepergian ama-nya. Semoga keluarga diberi penghiburan dan kekuata.

nilola24 said...

Turut berduka cita ya, viol. Semoga semua diberi kekuatan dan Ama diterima di sisiNya.

-mandayandalovetoriq- said...

ikut berduka ya Vi
Ama emang nenek yang dicintai semua cucu dan anak2nya yaa....


miss my grandma, as well :(

Pitshu said...

Ama = ibu dari bapak yah :)
g juga sekarang tinggal Apoh = ibu dari nyokap, sisanya udah ga ada juag
turut berduka cita yah, semoga beliau bahagia di tempat barunya

once_alifetime said...

Turut berduka ya, Vi. Pasti berat ya baru ditinggal ama yang tadinya masih sehat2.

Gua jg manggil mama dari mama gua ama, beliau malah kena stroke berkali2 jadinya gua sering sedih melihat penderitaan beliau sebelom akhirnya dipanggil Tuhan. Mnrt gua cara meninggal yang paling nyaman adalah meninggal dalam tidurnya..

Yulian said...

Turut berduka ya, Viol...
Moga2 Ama uda bahagia dirumah Nya.

christinewu said...

Turut berduka ya Vi..... Eh gw kirain elu org Padang, tnyt manggil nenek Amah jg :) Pasti dia skrg seneng deh udah ketemu ama akong di surga.

hidupbaruku said...

turut berduka cita yah, vi...
semoga jalannya ama dilapangkan dna yang ditinggalkan diberikan kerelaan hati.

mamipapa said...

turut berduka cita yah vi ... ama sekarang udah bahagia di atas sana ketemu sama akong..

semoga keluarga yah di tinggalkan tabah yah..

nattever said...

turut berduka cita yah viol...

Yenny said...

Turut berduka cita ya Viol... Moga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan penghiburan. Gw baru aja mau nanya kok elu ngilang, ternyata lagi berduka....

dian said...

Vi..turut berduka cita ya..gw jg sama kayak lo..sayang banget sama Ama gw..pasti Ama skrg sdh bahagia di sana Vi..

Livia said...

turut berduka cita ya viol atas berpulangnya ama tercinta..

peggy said...

Viol, turut berduka cita yaa..
Jadi inget ama Oma sendiri.. postingan lu bikin berkaca2 jugaa..

Tp setuju ama yg dibilang Elisa *gue sok kenal hehe, somehow, buat kita yg pernah ngelihat penderitaan orang yg kita sayangi dalam sakit, ngelihat mereka meninggal dalam tidur tanpa sakit tuh something you'll wish for..
Walaupun pasti lebih kaget karena mendadak, tapi at least mereka ga menderita dulu..

Gabrielle said...

Turut berduka cita ya Vi..
Semoga skrg ama elu uda nyaman di tempat baru-nya..
Semua dosa2 diampuni, sesuai dgn kepercayaannya..

pinkbuble said...

Vi, I'm so sorry for your lost..T_T
I just believe that she's happy in another world now.

aku sedih.

Selvi said...

turut berduka cita untuk viol dan family

epi said...

turut berduka cita ya vi, semoga seluruh keluarga diberi kekuatan

Arman said...

viol.. gua ikut berduka cita ya....

pasti pada kaget dan sedih ya. tapi kan ama lu jadi gak perlu menderita dulu ya...

gua juga yakin ama lu berbahagia di Surga sekarang ya vi...

Sanzz said...

Turut berduka cita yah Viol...pasti Ama-nya viol sudah tenang di surga sama Akong-nya viol juga :)

Cyntha said...

amiiin... turut berduka cita ya
memang org yg ditinggal pasti shock kalo meninggalnya dadakan gini, tapi bagus bagi ama lu, jadi dia ga perlu menderita vi. bener lu bantu doa aja terus selama setaon or paling ngga selama 40 hari. menurut kepercayaan elo juga bole koq. gw yakin pasti ama lu diterima disisiNya...yg tabah ya vi...

noni said...

Turut berdukacita ya Viol. :( Yang pasti Ama udah tenang di sisi Tuhan, dan akan menjaga semua keluarganya dari Atas sana.

Dessy said...

turut berduka cita viol...

Ah Boy's Mom said...

Deep condolences ya Vi.

Ferie, Riana & Cyndie said...

turut berduka cita ya Viol. Ama mu pasti sudah bahagia di sisi-Nya.

Mom4kids said...

Turut berduka cita ya Vi , moga2 arwah ama di terima di sisiNya .

Gw yakin ama loe pasti baiik banget ya sampai disayang anak, cucu dan cicit2nya ..

Leony said...

Deepest condolences. Gue yakin, orang yang baik, pasti meninggalnya gampang. Umur 82 memang sudah waktunya, dan untunglah, Ama elu sudah mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Di surga, pasti jauh lebih indah lagi.

thesalem said...

Vi turut berduka yah. Kakek gw juga meninggal dalam tidur, emang mengejutkan tapi sekaligus menjadi pilihan menuju maut yang paling diinginkan semua orang kan, tanpa sakit, tanpa biaya, dan meninggal di tempat tidur sendiri. Selamat jalan Ama.

ameykiyut said...

turut berduka juga ya viol..ama lu orang baek makanya dia pergi tanpa ngerepotin anak cucu

Angel said...

Viol, turut berduka cita ya.

Mommy Axel said...

huhuhu... Violll... gua jadi nangis. Jadi inget oma guaa. Huaaaa.... Sekarang ajah kadang2 masih kepikiran, ahh mau telpon si pho2, mau cerita. Kadang2 kalo ke toko buah, kan suka banyak biskuit yang import tuh, lsg deh gua heboh liat2 mau beli, udahannya baru inget oma gua udah ga ada. Huhuhuhu...

Turut berduka cita ya Viol. Emang orang baik, perginya lebih gampang. Ga menderita dan ga terduga karena mereka ga mau nyusahin anak2nya.

BabyBeluga said...

Turut berduka cita ya. Kalian udah memberikan yg terbaik utk ama, makanya beliau 'pergi'nya juga tenang. Dulu emak gw dari pihak nyokap 'pulang'nya tenang spt gitu juga. Selesai sarapan, mandi, gosok gigi and tiduran di sofa sambil dengerin cc gw main organ.

luvly7 said...

Aaah, Viol membuat gue menangiss!!!

Turut bersimpati ya Vi, ama udah happy looh sekarang *dan ama juga jadi bisa liat elu naik motor sambil senyam-senyum ...*

Ama perginya bagus banget yaa? gag pake sakit2, gag pake nyusahin orang2, ketawan bgt orangnya bae' dan banyak yang sayang :)

Mak gue juga udah 86 sekarang, and i love her sooo much!!

Bel said...

Turut berduka cita yah vi, ama lo pasti lagi seneng2 ketemu akong lo skarang :).

Bener vi, ama lo termasuk ama yang beruntung, anak, mantu, cucu cicit smua sayang sama ama. Jarang loh yang bisa kayak gitu.

Sama kayak emak gue dari bokap yah, emak gue juga meninggalnya pas lagi tidur, pas lagi nginep di rumah ape gue, cuma ape gue blom pulang kerja waktu emak gue meninggal....kalo gue bilang, enak meninggal kayak gitu, tenang ga sakit yah..

enysusanto said...

Turut berbela sungkawa dan bersimpati yang sedalam-dalamnya vi. Semoga semua yang ditinggalkan diberi kekuatan extra untuk melepas kepergian ama dengan tenang dan damai. Dan semoga semua amal dan budi ama selalu dikenang selamanya. amin

enysusanto said...

Turut berbela sungkawa dan bersimpati yang sedalam-dalamnya vi. Semoga semua yang ditinggalkan diberi kekuatan extra untuk melepas kepergian ama dengan tenang dan damai. Dan semoga semua amal dan budi ama selalu dikenang selamanya. amin

Yenny - Fidel n Feo said...

Turut berduka Viol, smoga keluarga tabah yah menerima berita ini.
Ama pasti sudah bahagia di dunia dan di sana sekarang, anak cucunya semua sayang ama dia.

Gua juga kepikiran Ama di Pontianak, Ama sudah 86thn, kalaupun Ama nanti dipanggil, gua juga berharap Ama dapat dipanggil dalam keadaan tidur, tanpa sakit berkepanjangan dulu.

sakuralady said...

Viol, turut berduka.
Ama sungguh sosok luar biasa, selalu membahagiakan keluarganya. Terharu pas baca masih khawatir ama dirimu juga. (biasa khan anak2 saja).

Ama pasti berbahagia selalu dikelilingi dengan keluarga yang mencintainya. Semoga Ama mendapatkan kehidupan yang mendapat tempat terbaik di sisiNya.

Pucca said...

@all: gua n keluarga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas semua doa dan ucapan belasungkawa dari teman2 semua.. semoga Tuhan selalu memberkati kita semua ya. Amin.

katrin said...

Viol, turut berduka cita ya, sori telat nulisnya. Yang pasti ama skarang udah tenang n bahagia di sana.

Baca tulisan loe yg ini beneran kata temen2 yang laen, bikin inget ttg ama (gw panggilnya emak) n akong kita. Hiks...

Maya said...

Turut berduka cita yah Viol, semoga ama diterima disisi Tuhan.

sima said...

Vi, turut berduka cita ya...
kepergian seseorang memang ga bisa diduga... smg keluarga yg ditingal tabah.