Cara Urus Paspor Sendiri

Yuhuuuu.. udah lama banget gak posting niy hihi.. belakangan ini gua lagi sibuk survey nih, akhirnya gua tergerak juga hatinya untuk survey hotel and activity di phuket.

Abis gimana, udah deket kan ya.. masa blom tau ancer2 mau nginep dimana, mau ngapain aja disana.. kadang kepengen sih go show aja, gak usah ribet browsing2 karna seringnya kebanyakan browsing jadi pusing.

Tapi trus kepikiran nanti kalo ada apa2 di sana nyesel lagi kok gak survey2 dulu, toh internet ada, jadi yah.. akhirnya gua mulai deh menyurvey..
Gua liatin tuh hotel atu2 di agoda.. bayangkan hotel segitu banyaknya gua liatin satu2 ampe jereng mata gua.

Pertama2 masih napsu pengen hotel mewah, abis gimana ya padahal gua udah tetapkan hati mau yang biasa aja, tapi foto2 hotel mewah nan menggoda itu seperti sengaja dipampang di depan mata gua... jadi gua yang manusia biasa ini tak mampu menahan godaan, gua klik deh.. lalu aahhhhhh.. gua langsung terpesona, trus gak sengaja gua klik2 lagi deh yang laen sampe gua nganga2 di depan monitor :P

Sambil ngences2 ngebayangin gua duduk di kursi private beach yang pasirnya putih bener.. sesekali nyruput cocktail kalo haus, tentu saja gua mengenakan bikini 2 piece (di bayangan gua mah bodi gua aduhai kaya aura kasih) trus gua berenang di pool yang biru bening indah, kalo capek bisa langsung ngaso di pool side bar sambil minum jus.. aahhhh nikmatnyaaaa....

Ngayal gitu doank gua udah ngabisin berapa hari tuh ngintil2in hotel2 mewah huahaha :D

Abis itu gua sadar dan back to reality.. mulai deh gua cari hotel yang rate-nya USD 40-50 tapi yang oke dan komplit, kalo bisa sukur2 ketemu hotel mewah bintang lima yang lagi super sale 70% hahaha.. teteeep... :P
Abis berapa hari sendiri lagi tuh gua liat2in diskonan wkwkwk :P

Akhirnya sebelum mata gua berubah jadi dollar2 semua saking kebanyakan liat rate dollar, david membujuk gua untuk sadar dompet, buat apa tinggal di hotel mahal2 mending duitnya buat dipake jalan2 atau belanja2, toh kita bakal jarang di hotel, pasti tour ke sini tour ke sana...

Dipikir2 bener juga sih.. jadi perlahan2 gua palingkan mata gua dari semua hotel2 mahal nan menggoda itu..

Dan... akhirnya setelah kita mikir2 gimana enaknya, kita mutusin mau ambil 2 hotel selama stay disana (soalnya kita lama juga disana 7 hari). Yang satu buat tidur doank, yang satu lagi baru yang bagusan dikit.

Jadi jadwal tour ke sana sini gua padetin di 3 hari pertama, trus 3 hari sisanya baru gua pindah ke hotel bagusan buat leha2.
Sementara sih begitu dulu, tauk deh kalo nanti2 hati gua berubah lagi hihihi..

Hotel sih blom dibook satupun, abisan masa kemaren gua dapet sms dari airasia, katanya pesawat gua ke phuket dicancel, gua udah kaya kebakaran rambut aja.. ternyata tiket perginya doank yang diundur 1 hari, bilangnya kok cancel gua ampe lemes waktu baca line pertama.

Karna gua belinya dulu 31 agustus - 7 september, diundur sehari mah justru kebetulan banget, karna emang yang gua beli tuh kelamaan sampe 7 hari sgala, gara2 cari yang nol rupiah tuh hahaha..
Skarang tinggal 6 hari justru pas :)

Tapi mau book skarang gua takut kalo nanti dia geser2 lagi jadwalnya.. mana hotel yang gua incer kan semuanya special rate dan kalo special rate itu gak bisa diganti2, jadi mungkin gua belinya nanti2 aja kalo udah deket tanggalnya.

And as promised di postingan sebelumnya, gua mau bikin step2 cara ngurus paspor sendiri. Walaupun paspor gua blom jadi - jadwalnya jumat ini, tapi gua bikin dulu aja deh stepnya, soalnya step terakhir kan cuma ambil paspor, apalah yang bisa terjadi di step terakhir itu iya kan ;)

Step 1: Ambil formulir pendaftaran
Kita datang ke kantor imigrasi (terserah mau di mana aja gak usah sesuai ktp) trus beli map kuning di loket fotokopi yang isinya surat pernyataan bermaterai seharga 12K.
Di dalam map kuning itu kita sertakan:
- Akte lahir (asli dan fotokopi)
- KTP (asli dan fotokopi)
- Surat kawin (asli dan fotokopi)
- Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
- Surat rekomendasi dari perusahaan
- Paspor lama (kalo ada)

Ingat, semua surat2 kita fotokopi dalam ukuran A4, kemaren gua kasih fotokopi KTP dalam ukuran kecil, akhirnya disuruh fotokopi lagi deh di loket, bayar lagi deh ceceng.

Abis itu kita antri buat ambil nomor (seperti di gambar no. 1), trus duduk yang manis nunggu nomor kita dipanggil. Sambil nunggu nomor dipanggil bolehlah ngobrol2 ama tetangga sebelah, kali2 mau gosipin petugasnya kok lelet dsb dsb..
Tapi harus tetep waspada jangan sampe nomor kita kelewatan, karna kalo kelewatan nanti mesti mengemis2 ama petugas yang kita gosipin tadi hehehe..

Begitu nomor dipanggil, jalan deh ke loket yang dikasih tau (seperti gambar no. 2), serahin tuh map kuning beserta berkas2nya.
Lalu setelah dicek2 ama petugas barang sekilas dua kilas, semua surat asli kita dibalikin dan kita dikasih kertas kecil yang berisi tanggal kita harus kembali untuk foto dan wawancara.

Step pertama ini bisa diwakilkan kok. Gua aja gak dateng, david doank yang ngurusin, yang penting orang yang kita titipin itu bisa memalsukan tanda tangan kita.

Tips: Datanglah pagi2 kalo bisa jam 8 udah ada disana, kalo antriannya masih sedikit, besar kemungkinan kita disini hanya 1 jam atau bahkan kurang. Tapi kalo datangnya kesiangan trus antrinya udah beratus2 bisa2 kita bakal duduk disana sampe kering, karna petugasnya tidaklah segesit seperti yang kita harapkan. Mereka kerjanya sangat santai, mungkin motonya kalo gak keburu hari ini suruh aja mereka balik lagi besok, gitu aja kok repot...

Step 2: Foto, sidik jari, dan wawancara
Berdasarkan tanggal dan jam yang tertera (sekitar 3 hari dari tanggal step 1), kembalilah kita lagi ke kantor imigrasi kesayangan kita.
Kalo gak sempet dateng tanggal segitu ya gapapa, boleh diundur sampe sebulan setelahnya.

Kesalahan gua di step kedua ini adalah gua pikir kalo gua dateng lebih pagi gua akan lebih dulu dipanggil, maka walaupun ada tertulis loket buka jam 11.00, gua dengan keponya udah sampe disana jam 8 pagi dan langsung menghadap ke loket 2.

Alhasil, ama petugas disana gua disuruh duduk nunggu sampe jam 11. Walaupun gua udah memohon2 bombay tapi dia tetep tak acuh tak bergeming..
Jadi ya sudahlah.. setelah gua serahkan kertas kecil itu gua duduk dengan tidak manis di bangku.

Padahal gua liat di tempat foto dan wawancara, orang sudah banyak berkerumun, gak tau itu orang dari mana (mungkinkah dari agen atau dari calo). Karna kan katanya loket baru buka jam 11, trus orang sebanyak itu antri di kasir gimana caranya, kan mesti ke loket dulu baru boleh ke kasir.

Dan dari ngobrol2 ama tetangga, terungkaplah ternyata ncik2 di sebelah gua juga sama keponya ama gua, dia juga disuruh dateng buat foto jam 11 tapi sudah datang juga dari jam 8 hehehe..

Menunggulah gua sama david disana, sambil pasrah mengingat kalo kita baru akan dipanggil setelah jam 11, yang mana jam 11 itu masih 3 jam lagi, dan melihat orang yang antri foto makin lama makin banyak...

Kita bahkan udah siap2 mau telpon minta cuti gak jadi ijin, karna besar kemungkinannya kita bakalan sampe sore disana..

Jam set. 11 ternyata ncik2 sebelah gua dipanggil namanya, gua langsung siap2 karna abis itu berarti giliran gua.. bener aja abis itu gua dipanggil trus dikasih lagi map kuning yang kita serahin kemaren.

Dari sana kita separoh lari2 ke kasir, mungkin karna udah kelamaan duduk, jadi sekalinya dipanggil kita langsung semangat pengennya lari2 aja gitu..
Sampe kasir kasih map kuning di loket, trus tunggu di loket satunya lagi buat bayar. Jadi ada loket buat serahin dokumen, ada loket buat bayar.
Tunggu orangnya entri2 data kita, atau kalo mau duduk lagi juga boleh, tapi gua sih ogah duduk, takut diselak calo hehehe...

Abis itu sekitar 5 menit nama gua dipanggil dan bayar deh 270K tunai keras.
Dari kasir, lari2 lagi bawa map kuning ke ruangan foto, ragu2 juga langsung masuk apa nggak ya? Soalnya banyak orang yang antri di depan ruangan foto, tapi ncik2 itu langsung masuk jadi gua ikutin aja.. dan ternyata emang langsung masuk, gak tau deh itu orang banyak di luar antri apaan..

Abis masuk kebetulan tempat fotonya kosong tiga2nya, jadi kita langsung duduk.. gua, david, dan si ncik itu langsung siap2 difoto.

Karna gua pikir nantinya pasti bakal antri2 lagi, jadi gua blom nyisir sama sekali.. rambut gua acak2an hasil dari nunggu sejak jam 8, mana gua sangka begitu dipanggil semua prosesnya cepet gini..
Pas mo difoto baru gua sadar, aduh gua gak sempet sisir rambut pegimana nih....

Dan yah.. hasilnya seperti yang gua takutkan.. rambut awut2an, ekspresi wajah tak jelas antara cemas dan pasrah...
Mau gimana lagi, gak mungkin kan gua suruh orangnya foto ulang, yah jadi begitulah tampang gua selama 5 tahun ke depan.

Abis itu langsung disuruh masuk ke ruangan wawancara, ngantri aja disitu tunggu lagi nama kita dipanggil.
Wawancaranya juga gitu2 doank, sambil ngecap2 dokumen kita, ditanya kerja dimana, lahir dimana, hal2 sepele lah.. trus dikasih lagi kertas yang berisi tanggal pengambilan paspor.
Sampe di sini berakhirlah petualangan kita di kantor imigrasi bagian kedua.

Jam set. 12 gua udah di jalan buat balik lagi ke kantor, gua gak jadi cuti, ijin aja. Jadi sebenernya kalo gua dateng jam set. 11 bisa aja gua cuma sejam disini, gak usah ijin dari pagi, dan mungkin foto gua akan lebih manis hasilnya.

Tips: Datanglah setengah jam sebelum jam buka loket yang tertera di kertas, karna percuma datang dari pagi, dipanggilnya jam set. 11 juga.
Dandanlah dari rumah, karna anda tidak tahu kapan anda akan dipanggil.

Step 3: Pengambilan paspor
Mestinya sih cuma datang bawa kertas yang dikasih aja yah. Jadwalnya sekitar seminggu setelah wawancara.

Gua sekalian tanya kemaren ke orangnya kalo mau ambil lagi paspor yang lama gimana. Ternyata harus menyertakan surat permohonan bermaterai yang bisa dibeli di tempat fotokopi.

Jadi gua belilah surat permohonan itu + materainya seharga 7K. Syarat lainnya, di paspor lama mesti sudah ada visanya, kalo gak ada tetep gak dibalikin.

Pengambilan paspor juga bisa diwakilkan, tapi ribet mesti ada surat kuasa bermaterai dan hanya bisa diwakilkan ke orang yang namanya tercantum di kartu keluarga.

Ribet ya? Sengaja kali supaya semua pake calo, motonya mungkin kalo bisa dipersulit kenapa harus dipermudah..

Jadi total biaya yang harus dikeluarkan: 12K + 270K + 7K (optional) = 289K.
Plus mesti 3 kali bolak balik ke kantor imigrasi.

Kapok?

Iya juga sih.. tapi gua gak pengen membiarkan budaya calo dengan suap itu berkembang biak, jadi gua pikir kalo semua orang ngurus sendiri lama2 calo itu bakalan hilang. Tapi gua sadar, gua berharap terlalu tinggi.
Dengan proses yang sengaja dibikin repot, orang pasti bakal tetep pake calo.

PS: Artikel dan foto yang dimuat disini berdasarkan pengalaman pribadi di kantor imigrasi jakarta barat. Di kantor imigrasi yang laen gak tau deh kalo beda lagi peraturannya.
Mohon maap buat orang2 yang terfoto disitu, gapapa ya gua tampilkan disini potonya tanpa ijin, toh cuma tampak punggung ;)

44 comments:

Yenny - Fidel n Feo said...

Lu travel pas luar negeri liburan summer gak? kalo kena sih mending booking hotelnya buruan

Kemarin temenku mo ke Bali pada kalang kabut, pertama2 pada sok gak mo booking dr jauh2 hari, katanya gampang ntar, eh skrg pas kena liburan summer, hotel pada full, pada ribet tuh hahaha.

Ngurus passport sendiri emang repot waktunya yah, tapi yah lumayan bisa hemat dikit.
Gua dulu pas bw Fidel foto datangnya jam 11.00, habis itu kena lunch time, nunggu juga, untung sambilan lunch jadi gak berasa

eny said...

ow, musti isi form ya. pantes gw punya gadibalikin. kalo gue inget penghematannya sih ga kapok vi, secara gw kmrn bikinnya 5 pasport. lumayan hematnya udah jutaan lho,hehe

Leony said...

Bolak baliknya itu yang emang nyebelin. Mana gak semua kantor imigrasi tuh sama nyamannya. Kalo Jaktim, parkirnya rebet, lokasinya deket penjara cipinang, trus dalemnya ya udah mayan tua gitu. Jadi suka ngemalesin kalo mesti bolak balik. Tapi asli, informasi dari elu ini sangat berguna :) Jadi just in case gue super iseng, next time gue mau antri!

mamipapa said...

asyik yah mau jalan2 :D

gw sama tuh yg kmrn ke KL mandang2in agoda melulu setiap hari hahahah...ngiler2 aja liat yg *5 apa daya kantong gak memadai, terpaksa cukup puas dgn *4 deh (soalnya gw bawa clarissa sih) kalau gak ambil *3 deh makin murah...

gw juga gara2 tiket 0 rupiah kesana 5 hari 5 malam yg ngeselin mau 4 malam pas gw mau masukin no cc eh tiba2 hank ulang lagi, tiket pulangnya gak jadi 0 grrrr terpaksa undur sehari jadinya disana kita jalan2 santai deh :)

apesnya gak tau ternyata di sana lagi libur anak sekolah kebayang semua ikut mahal...kaya tiket outdoor genting, trus hotel genting gak dpt..krn asumsi gw tar2 taunya dapet hoki bgt type kamar plg gede dan paling mahal hahahaha lgs buru2 ambil deh cuman 1 malam ini..

pengalaman lain x kudu tau negara yg kita pergi itu lagi musim libur gak, soalnya belom tentu sama kan kaya kita disini...trus jgn menunda2 sesuatu

gw sama ferry malah gak pernah ke thai loh hahaha mau pergi takut yg demo2 itu tuh jd kaga jadi melulu, pdhl ngiler yah liat tiket 0 rupiah itu hiks...

dari dulu gw gak pernah urus pasport sendiri, selalu pake calo...jaman kecil kan gw sekolah jado bonyok pake calo trus gw tinggal datang foto aja, trus jaman sma gw juga sklh jadi yah gitu tinggal dtg foto, jaman kuliah juga gitu sampe jaman sebelom merit juga bikin gara2 mau honeymoon itu tapi pasport lama expired...itu pun pake calo..yg jadi calo ngko2 gitu bawa skuter, trus dia jemput gw naik skuter dari rumah sampe ke imigrasi jakbar hauhahaha...abis itu di anter pulang lagi..

Anonymous said...

Kurang lebihnya samalah ya prosedurnya dengan kelapa gading..terutama yang antrian depan ruang foto, gw juga sempet ragu masuk abisnya banyak yang antri, mungkin calo kali ya?

Iya kalau semua orang rela meluangkan waktunya untuk urus sendiri pastinya calo bisa dientaskan. Tapi masalahnya ribet bener euy, papanya Dea aja sempet menggerutu, bibirnya kerucut2 gitu karena kudu bolak balik padahal dia gw suruh nunggu di kafe samping kantor imigrasinya. Kalo udah tiba giliran baru gw panggil, eh tetep aja dia kapok hehehe...

Yenny Lesly said...

Aihhhh foto passport mah enggak pernah bagus, foto passport gw kayak muka ncie2 dari cina daratan :((

Veny said...

met jalan2 Viol , ember bingung kl kebanyakan browsing tp kalo gak liat2 ga enak juga . ha22
btw g baru tau kalo mau tebus passport lama musti bikin /isi form soalnya selama ini pps lama g selalu balik tanpa ribet . apa krn g always pk jasa calo yah ??
nti thn 2012 br abis pps g , apa g coba renew sendiri yah ? tp dgr lo balik 3x jadi males , he22

Anonymous said...

Asik mo jalan2... kapan2 kesini yah, kan disini ada zombie kesukaan lu hehehe. Eh, gw dulu jg bikin paspor sendiri, calonya mah bokap gw (itu bkn calo yak? hahahah). Cepet banget sih.. malah anehnya cepetan urus2 gituan di indo drpd disini........

epi said...

ahhh baca ini gua jd keinget peristiwa gua perpanjang paspor vi. Dimana gue dipermalukan dengan status Janda yang udah cerai mati dan dulunya menikah di bawah tangan :)) sampe sekarang status di KTP gue masi menikah.

Arman said...

wah padahal udah bentar lagi berangkatnya tapi belum booking hotel vi... gak takut penuh ntar?

Belzy said...

tapi kayaknya kalo liat dari harganya sih worth it yah, elo bedua cuma abis 289K kan, dulu koko gue bikin ampe 5 paspor kan, anakny 3, itu paspor anaknya aja skitar 300 an kalo ga salah per anak.....busedddd mahal banget kan, itu calo ngetok banget yah.
Cuma kalo diliat dari waktu sih emang jadi ribet yah vi, kudu bolak balik gitu. Kalo pake calo kan cukup ngurus gituan sehari doang. Sama nanti pas ambil paspor tinggal ambil di kantor travelnya deh. Yah plus minus kali yah vi....

Yulia said...

laki gw dah pernah tuh ke phuket, kalo ga salah ada deh reviewnya di blog. coba buka www.javamilk.com aja.
pesan sponsor..... klik agodanya dari websitenya dia dong.. hihihihi...

selamat jalan-jalan yah.
terakhir gw bikin passport charm 750 (karena ga mau repot). jd ya kalo harga lu cuma segitu, worth it lah...

Pitshu said...

klo g dari dulu di kampung sih! kalo di kampung orang jarang bikin pasport hahaha... jadi sepi 2x dateng udah cukup :)
walaupun sekarang katanya kita bisa pasport dimana aja, tapi g tetep milih bikin di karawang aja ^^, ga rame harganya pun sama sekitar segituan :)
bikin sim juga sama ga sampe 100rb ngurusin sendiri ^^

Anonymous said...

Hbt amat luh Vi, ngurus sendiri. Gue mah kagak sabaran deh. Yah itu, krn gue tau pastinya mrk nge-duluin yg pake2 calo. N beneran, waktu kmrn itu gue perpanjang paspor n pake agent, gue smp gak enak sendiri. Krn gue liat org2 yg duluan dr gue, kagak dipanggil2, malah lompat ke gue. Tuh agentnya bilang, 'tuh ibu ngelompatin sktr 20-30 org'. Duh, smp tkt disumpah2in org gue. Mana gue rombongan sirkus lagi. Sekali perpanjang 4 org.

Elo coba ke travel tmpt si dessy mesen hotel deh. Kmrn itu gue dah cek2, harga dia jauh lbh murah, even dr agoda. Dah gitu, anehnya, pake travel lain udah pada abis, kok di dia bisa dpt, dgn hrg lbh murah lagi.

Bonnie said...

Halo Viol, mau ke phuket ya? aku febuari kemaren baru dari sana...coba search hotel di agodadeh, lumayan harga2 nya agak miring ;) atau compare2 aja sama expedia, between 2 sites itu harganya cukup OK..klo mau yg rate nya $40-50 coba aspery hotel..hotelnya baru dan cuma less than 5min walking to patong beach ;) senangnya yang mau berliburrr ..hihi

Imelni said...

Hari tu gw urus sorang ga passportnya Viol. Capek jadinya, cuma sekali se suruh balek, untuk interview, langsung foto.
Pas hoki lage baek, sobok jo orang Minang..mwakakaka..tau kan, samo urang awak, diagih mulusss...XD

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

wakakakka... pengen ngakak bayangin lu duduk tidak manis selama 3 jam Vi. mestinya selama 3 jam itu lu dandan2, nyisir rambut dulu ajah kali ya.

sakuralady said...

wah seru banget ya dah mao liburan. Itu Air Asia suka seenaknya cancel gitu ya? Baru denger dari ii ku katanya tiket yg sudah dibeli dr medan-jkt jg dicancel, terus bisa dipake buat rute lain kaya Penang gitu. Kalau ga dipake, bakal dibalikkin duit tp ga full gitu. ya oloh, ga tau deh bener ga tuh.

Dessy said...

gua kemarin pakai calo.
pas hari wawancara + foto, gua datang jam 9, tunggu 15 menit langsung foto... truz ga lama wawancara, truz pulang.

tapi emang lumayan... gua bayar 450k total...

Once in a Lifetime said...

Wuih asyik ya udah mau jalan2, gua belom pernah lho ke Phuket. Btw elo rencana ke Phi Phi Island gak? Iya, kalau lagi high/peak season takutnya hotel penuh. Mending tanya2 tour di Jkt juga, kan suka jualan voucher hotel juga. Kalau beda dikit tp siapa tahu bisa ubah hari gitu?

Gua belom pernah ngurus sendiri passport, lumayan beda jauh ya. Selama ini udah 2 thn gua bayar STNK sendiri, itupun udah bangga setengah mati rasanya bisa gak pake calo (tp cepet lho, gak sampe 30 menit kelar). Baca postingan elo gua jadi termotivasi he..he..

luvly7 said...

Hehehe, gue juga termasuk yang demen bikin sendiri daripada ngasih duit ke calo Vi. Rasanya lebih puas, dan gag pake lama juga koq. Waktu itu gue bikin buat gue ama Daniel dengan harga normal 260/org. Tapi trus pas bikin buat anak2, sedikit ngasih lebihan ke orang dalemnya, supaya prosesnya dipercepat.

BabyBeluga said...

Repot yah buat passport disana, dulu gw selalu via travel. Disini buat /perpanjang passport gampang banget, bisa di kantor pos malah.

Anonymous said...

Akhirnyaaa...selesai juga perjuangan elu bikin passport ya,vi. Gue baca aja berasa deh capeknya elu. Hehehe...tapi worth it lah, waktu gue bikin 450rb. Lumayan kan bedanya. bisa buat nambahin ongkos ke phuket hehehe... (Tia)

mamana clo said...

Beda kantor imigrasi beda peraturan.. selama ini paspor lama gw otomatis dibalikin ga pake surat2 apapun..

Calo sih masih akan tetap berjaya soalnya masih banyak penggemarnya hehee...


Semoga liburannya nanti menyenangkan!

Anonymous said...

di kantor imigrasi jakut juga sama aja viol , petugas2nya lelet sekali dan pas gw kesana kemaren itu gw diselak mulu sama orang-yang-baru-dateng-tapi-pake calo :(

lo ke phuketnya kapan ? gw juga pas kemaren itu booking hotel H-2 minggu , abis kebanyakan maunya sih , hahaha

Pucca said...

@yenny: justru gua lagi low season deh yen, apa2 katanya murah, tapi sayangnya mungkin sering ujan jadi takutnya bisa batal tou2nya huuhuu...

@eny: kalo 5 paspor sih berasa banget ya, kalo gua bikin 2 berasa juga sih, tapi ribetnya itu loh.. gak tau deh 5 taon lagi gimana semoga sistemnya udah diperbaiki jadi gua bisa urus sendiri lagi :D

@leony: haha.. brarti gua super iseng donk kemaren..

@felicia: gua juga gitu fel, sambil ngences2 liat fasilitas hotel *5, trus turun ke *4, trus skarang mungkin gua ambil *3 aja dah supaya murah hahaha..

iya kalo musim liburan apa2 mahal ya, trus rame lagi, mau kemana2 antri, gua sih perginya pas low season, apa2 murah tapi gak enaknya takut cuaca gak mendukung disana..

dulu gua juga selalu pake calo, diurusin nyokap di padang, pas merit aja masih bikin paspor di padang dulu yang sehari jadi 700 ribu mahal banget deh kalo diinget skarang nyesek juga, ini pertama kalinya bikin paspor di jakarta, sendiri lagi hehe..

boleh tuh lu ke thailand fel, pasti lu kalap deh secara disana makanan dan barang murah2 :D

@maryna: gak tau juga ryn, itu antrian apa gua sih langsung masuk aja pas foto..
iya si david juga ngomel2 mulu, payah yah cowo lebih gak sabaran dari cewe..
semoga deh 5 taon lagi pas gua mesti bikin paspor udah lebih gampang ngurusnya..

@yenny: haha.. masih mending.. kata david foto gua persis kaya tkw kekekek :P

@veny: iya gua juga males bolak baliknya itu loh, kalo bisa jadi sehari mah enak ya ven..
emang kalo kebanyakan browsing kepala gua jadi cenut2 hihihi..

@tine: astaga tine, edward itu vampir, bukan zombie!
zombie itu kan yang kaya di resident evil orang mati jalan2 menjijikkan, edward mah ganteeeng...
kalo beneran edward ada di sana, skarang juga gua terbang ke sana hahaha...

@epi: hah?? gimana ceritanya tuh pi? kok nasib lu mengenaskan banget sih jadinya hahahaha..

@arman: gitu ya man.. gua juga ragu2 sih, ya udah deh nti gua book deh.. soalnya lagi low season jadi gua sante2 aja, tapi banyak yag takut2in gua jadi takut beneran..

Pucca said...

@belzy: iya, plus minus lah.. kalo bikinnya buat sekeluarga gitu mah selisihnya banyak banget loh.. sejutaan kan lumayan ya..

@yulia: sip.. nanti gua buka ya :D
mahal amat yul, bukannya paspor lewat calo juga sekitar 500-an? apa bayi lebih mahal?

@pitshu: iya di karawang sepi ya, mestinya gua bikin di karawang ya, tapi mabok donk gua 3 x bolak balik karawang haha..
sim emang skarang cepet pit, beberapa jam saja kelar ^^

@lili: yah gitu deh.. map yang ada duitnya lebih diduluin daripada map polos yang ada surat2 doank hehe..

oyah? ok deh coba gua liat yah, thanks infonya li :D

@bonnie: thanks infonya bonnie, perasaan gua udah pernah liat deh aspery hotel itu, yang poolnya roof top gitu yah? nanti gua liat lagi deh, thanks ya :D

@imelni: weleh weleh kenapa lu hoki bana mel, gua kmaren dapek orang jawa menunggu lah gua 3 jam huuhuuu...

@lena: gua kirain kan masih lama len, jadi gua cuek aja ternyata begitu dipanggil langsung cepet jadinya poto gua prihatin bener deh..

@willy: iya wil, dia suka delay2 sesukanya, bukan cuma dia sih, di sini mah ampir semua airlines begitu.. mungkin aja karna dia lagi tutup2 rute dalam negri..

@dessy: murah des, katanya sekitar 500-an lu dapet 450.. emang gak salah deh lu miss hoki hehe..

@elisa: iya donk el, gua kan lama disana semoga aja gak ujan ya, kalo ujan bisa2 gua di hotel mulu..

urus sendiri kalo udah tau trik2nya sih mendingan el, bisa hemat waktu :)
kalo sim n stnk emang udah gampang ya urus sendiri, makanya gua bilang imigrasi kalah ama kantor polisi..

@olla: iya, kayanya sebel ya kalo kasih duit ke calo karna mereka kan kasih duit ke orangnya, trus orangnya jadi mata duitan kalo gak ada duit gak mau kerja..

@sylvia: disini mah kalo ada selipan duitnya baru cepet kerjanya syl hehe..

@tia: hai tia, akhirnya tau juga blog lu, nanti mampir ah :D
iya, bedanya ampir 2 kali lipat, tiket gua aja murah masa bikin paspor mahal huehehehe..

@xiao: thanks xiao, atau mungkin peraturan itu baru kali yah? gak tau juga sih gua..

@jen: bulan depan jen, gua masih inget cerita lu ke phuket yang ketinggalan pesawat trus gua janji ama diri sendiri jangan sampe kaya begitu haha..

amey said...

wah repot juga ya, kalo kek di sini kantor imigrasi di cilacap gemana ya? musti bolbal pwt-clp-pwt 3 x dong? :(( mendingan pake calo deh kalo gitu mah, cukup ke sana poto doang heheheh

noni said...

Bentar lagi mo pergi nih ya Vi. asyik2. :-) gmn hotelnya dah booking? Dulu sih waktu ke thailand kokoku booking di agoda, tp aku booking di expedia, krn mereka suka ada discount 40% kl nginepnya 3 hari ato lebih. Emang ribet nyari hotel, lg nungguin accor sale nih, koq ga ada2 yah. hihi...

Ribet juga ya ngurus passport di indo. koq untuk passport lama harus nebus lagi Vi? Di sini sih passport lama dibalikin lagi, ga perlu ditebus pk meterai dsb.

Yuliana-Fun said...

hahahaha gw dah kepikiran viol pengen ke phuket..dari kemaren2 gw stand by di AA seharian, pengen cari tanggal2 yang pas sehingga gw ga usah banyak2 cuti hehehe :) tapi belon nemu...sekali nemu tanggal pas, harganya yang ga pas di kantong hehehe :)

voucher di Agoda mayan..gw kalo cari hotel juga referensi dari sana... tapi kadang stress juga liat komen2 orang yang pernah inap disitu... yang kita naksir, kadang banyak komen negatifnya hehehe :)

bikin paspor disini juga banyakan pake calo... cuman kasi data2 diri.. terus datang pas hari H saat foto dan wawancara...setelah itu, paspor diantar ke rumah...selesai..harganya? 2x lipat dari tarif resmi.. tapi tetep aja orang sini demen pake calo.. termasuk gw ahahha :)

Pinkbuble said...

Kapan berangkat liburannya vi??
Foto-foto yang banyak yah!!^^

btw, ribet ga ngurus passport sendiri?
Calo calo pada nyelak ga?

Selvi said...

vi, elo lagi hoki tuh ngurusnya cuma sebentar doang. kalo ingat pengalaman gua yg ngurus sendiri rasanya mau nangis. udah buang waktu, uang karena dipotong uang makan dan transpor dari kantor seharian di imigrasi trus gua musti kasih tambahan buat orang dalem biar jadinya cepat.

salah gua juga sih seminggu mau berangkat, baru perpanjang paspor. gua nga tau kurang dari 6 bulan nga bisa dipakai paspornya.

oh yah gua buatnya di imigrasi jakarta pusat.

zulhaq said...

loh loh loh...kok sampe ngebayangin Aura Kasih? dia sih emang sexy. tapi cukup gw aja yang ngebayangin dia hahahaha *ups. inget puasa

Gak begitu ribet sih sebenarnya. setuju banget, coba semua orang dalam urusan serupa menyempatkan diri untuk ngurusin sendiri segala sesuatunya, pasti calo itu akan jadi maling. eh, maksudnya pindah profesi lain, yang mudah2an lebih baik.

sima said...

Vi, urus paspor sendiri ga gitu susah sekarang asal ga buru2. tp ya itu.. mesti rela bolak-balik.
kalo perpanjang STNK, SIM jauh lebih gampang.
met jalan2 ya...

Y3nn1 said...

waktu lagi hamil kemarin juga sempat bikinin paspor mertua ga pake calo. Disini sistemnya ga seteratur di jkt. Pertama2 beli map seharga 6rb ga pake materai, trus antri nomor pake rebutan. Asli rebutan lho, ga pake antri teratur, semua saling gencet. Nomor dibagiin jam 8 pagi, tapi ga nyampe 5 menit dah habis dibagiin. Kalo ga dapat nomor silahkan datang besok. Habis itu nunggu nomor kita di'teriakin' ama petugasnya baru serahin dokumen. Trus disuruh datang 2 hari kemudian utk bayar. Bayarnya juga musti daftarin nama *pake tulis tangan di kertas bekas yang dikasih petugasnya*, trus mereka nyariin map kita, kalo dicek udah bener baru dibawa ke kasir utk dibayar, kita dikasih tanda lunas. Mapnya dibawa ama petugas kasirnya ke ruang foto. Kita tinggal duduk manis nunggu nama kita di'jerit'in lagi dari ruang foto, habis foto2 trus pindah ke ruang wawancara di sebelahnya. Baru disuruh datang 4 hari kemudian utk ambil paspor.

Gw waktu itu hrs datang berulang2 karena blanko paspor kosong...bete banget.

Andrew said...

thanks infonya berguna banget buat aku....

Angel said...

wah kapan nih mo jalan2 :D
Agoda memng bikin ngiler gambar2 kamarnya :)) pas liat harganya, langsung di close. hahaha

bebek said...

ke phuket lu gag usah hotel mewah lah,... toh cuma numpang tidur doang,...
sehari-harian lu pasti deh ngelayap,....
sayang yah gag bisa barengin lu ke phuket,...

Im3th said...

vi, lo tgl berapa ke phuket? selamat bersenang-senang ya!
jangan lupa makan seafood disono, enak banget dan mursidah abis.

Pucca said...

@amey: haha.. kalo untuk kasus lu emang mendingan pake calo aja deh mey :P

@noni: iya gua juga tunggu2 gak ada accor sale lagi non, ya udah deh booking aja hotel laen selain accor hehe..

emang disini suka dibikin ribet, gua juga heran knapa dikit2 mesti pake materai..

@fun: bener fun, makanya gua bilang kebanyakan browsing malah bikin pusing hihi.. jadinya pede ajalah booking hotel semoga bagus hehe..

kalo di daerah emang gitu ya, gua di daerah aja perpanjang ktp pake calo hihihi.. tapi kalo disini lebih bisa ngurus sendiri sih fun :)

@elrica: tanggal 1 sept el, beres nanti gua poto yang banyak ^^
gua sih gak terang2an diselak calo sih, cuma empet aja nungguin dia buka loketnya..

@selvi: wah pengalaman lu buruk ya sel, masih untung donk ya gua berarti, kalo gua sih gak masuk gak dipotong uang makan n transpor sih, kalo lu pake dipotong gitu jadi lebih nyesek donk yaa..

@zulhaq: haha.. pelit amat gua gak boleh bayangin si aura.. blom jadi pacar blom jadi suami.. :P

@sima: iya bener sim, kuncinya harus rela bolak balik ya..
thanks ya sim :)

@yenni: wah rebutan gitu, lebih parah donk yen, kalo disini sih masih tertib antri, kalo gencet2an gitu jadi males donk ya urus sendiri..

@andrew: sama2 ^^

@angel: haha.. toss ngel gua juga gitu :D

@bebek: iya maka dari itu jadinya hotel yang murmer ajah..
bebek kapan bek? :D

@imeth: tanggal 1 sept meth.. gua juga pengennya gitu, tapi ignet2 pantang oh nooo.. hihihi..

bebek said...

gw tadinya tanggal 10, Vi,... tapi trus si yayang bilang gag cukup lama,.. jadi dimajuin tanggal 8 deh,...beda seminggu berarti ma lu ya?

Pucca said...

@bebek: tanggal 8 bek? gua balik tanggal 7, bener2 gak sempet ketemu donk ya...

truLIAmaze said...

hei :)
mau numpang nanya nih, gimana sih caranya dapet tiket pesawat 0 rupiah? mau banget ni :p

thx before n tolong djawab yah :)

Pucca said...

@truli: hai, caranya rajin2 aja liat promosinya di koran, nanti ada iklannya kok :)