Cara Urus Roya Sendiri

Kali ini gua mau posting tata cara melakukan roya. Apa itu roya?
Ayo ngacung siapa yang gak tau...
Yang ngacung berarti gak pernah kpr atau kredit dengan agunan rumah hehehe..

Roya itu adalah penghapusan hak tanggungan. Jadi nih ya, waktu kita kredit rumah pasti diterbitkan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan). Surat ini menyatakan bahwa rumah tersebut sedang dijaminkan ke bank.
Pada waktu kreditnya lunas, APHT ini perlu dicabut, untuk menyatakan rumah itu sudah tidak diagunkan lagi ke bank, dan untuk itu dilakukanlah roya. Jelas kan anak2 ;)

Roya dilakukan di kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang sesuai dengan wilayah rumah kita. Kaya gua kemaren, gua ngurusnya ke BPN Jakarta Barat di puri. Kalo dari arah tol meruya, dari notre dame lurus terus aja, nanti dia ada di sebelah kanan.

Trauma ama ngurus paspor kemaren, daripada deg2an ijin ke kantor, gua ama david ambil cuti sehari. Niat banget ya kita cuti berdua2 mau ngurusin ini, sebenernya sih kita ada urusan laen paginya, dan kebeneran sebelum jam 12 udah kelar, karna ada waktu luang jadi kita sekalian aja roya hihihi..

Roya ini gak langsung dilakukan abis kredit lunas juga gapapa loh, gak ada yang ngingetin, gak ada ruginya juga, kecuali kalo tiba2 biaya roya naek drastis, makanya itu surat roya udah gua diemin berapa taon baru gua urus :)

Kalo rumahnya udah mau dijual baru deh mesti urus royanya dan biasanya supaya gampang sih kita kasih notaris yang urus, kan sekalian dia ngurus surat2 laen. Tapi biaya notaris kan gak murah (kalo gak mau dibilang mahal) dan kebetulan gua ada waktu luang kemaren, ya coba2lah urus sendiri, toh udah kadung cuti hehehe..

Syarat roya:
1. Sertifikat Hak Atas Tanah.
2. Sertifikat Hak Tanggungan (APHT).
3. Surat Pengantar Roya.
4. Surat Keterangan Lunas.
5. Fotokopi KTP yang dilegalisir.

Surat pengantar roya dan keterangan lunas biasanya dikasih oleh pihak bank waktu kredit kita selesai. Fotokopi KTP mah kemaren kita legalisir dulu di kelurahan dengan gratis, tapi ternyata sampe sana orang2 pada gak legalisir tuh, boleh2 aja...

Ngurus roya lebih gampang dari ngurus paspor, cuma perlu dateng 2 kali. Dan kantor BPN sih lebih keren dari kantor imigrasi. Lebih deket pula dari rumah gua.
Ini step2nya:

Step 1: Daftar roya di kantor BPN sesuai wilayah rumah
Bawa berkas2 yang dibutuhkan, beli map khusus roya + formulir di koperasi BPN seharga 10K (standar prosedur, selalu harus beli map duyu), bilang aja ama masnya mau beli map roya, nti dikasih deh map warna merah ada tulisannya ROYA.

Isi formulir dengan benar dan jujur, kalo rumahnya di tanjung duren jangan isi di menteng. Kalo namanya david doank jangan bilang namanya david beckham.

Trus ambil nomer antrian di mesin pencetak nomer yang ada di sebelah kanan pintu masuk. Nomer antrinya berdasarkan loket, roya di loket 5, ada keterangannya di mesin itu.

Abis itu duduk deh tunggu giliran. Kemaren ini gua dapet nomor 696. Nomor yang terpampang di loket 5 baru 630. Berarti masih 66 orang lagi.

Gua tunggu 10 menit, baru jalan 1 nomernya. Trus gua itung2 wah ini mah bisa makan siang ama nonton dulu di puri baru gua dapet giliran. Padahal baru jam 10 pagi loh, kenapa nomornya bisa udah 600-an? Emang bukanya jam berapa ini bpn? Gak mungkin 24 jam kan...

Gua menunggu dengan resah sambil makan kue pia, berharap tiba2 nomernya loncat sekali sepuluh, tapi sampe abis kue pia gua 2 biji, nomernya masih 633.
Haiyahhh... akhirnya gua keliling2 bpn deh ngeliat2 pengumuman, sampe kelar gua bacain tiap tempelan di sana, nomernya masih aja 635. Haiyahhh.....

Abis itu gua duduk deh manyun2, untung rumah gua cuma satu yah yang mesti gua urusin roya, coba kalo rumah gua banyak.. bosen bener gua bentar2 urus roya rumah pik, bulan depan urus roya rumah menteng, taon depan urus roya rumah permata hijau, abislah waktu gua ngurus ginian doank....

Trus gua berdoa, Ya Tuhan.. semoga nomer di depan saya tiba2 gak ada orangnya semua, biar cepat giliran saya Tuhan, sebelum saya berkhayal yang lebih aneh lagi nih...

Abis itu tiba2 gua seperti mendapat wangsit.. gua mendapat pencerahan..

Pasti ada orang yang asal2an pencet nomer loket tadi, trus ternyata dia gak pake nomernya.. pasti ada donk yah, gak mungkin semua orang disini serajin gua, mau baca dulu petunjuk baek2 baru pencet nomer.

Trus.. trus.. kalo ternyata dia sadar nomernya gak berguna, nomernya diapain donk ama dia?
Pasti dibuang! Pasti dibuang doank di lantai, mana mungkin semua orang disini serajin gua mo buang sampah plastik kue pia aja nyari tempat sampah dulu..

Abis itu gua langsung noleh ke arah jam 7, mata gua langsung menyapu lantai di sana setajam elang, dan gua menemukan mangsa pertama. Ada kertas kecil seukuran kertas nomer yang gua pegang2 sedari tadi tergolek pasrah di deket kaki kursi.

Kursinya ada yang duduk tapi, jadi gua gak bisa ke sana buat liat kertas itu kertas apaan. Mana kertasnya kebalik lagi, jadi tulisannya gak keliatan, cuma keliatan kertas putih doank.

Gua penasaran. Gua jalan ke belakang, trus beringsut2 ke deket kertas itu, abis itu kertasnya gua injek dan gua seret ke deket gua hihihi..
Udah agak jauhan baru gua pungut dan gua liat kertasnya...

Wuih.. beneran kertas nomer!
Tertera besar2 huruf 639. Jelas2 nomer ini lebih kecil dari nomer gua.
Tapi nomer doank mah percuma kalo loketnya beda kan ya. Trus gua liat loketnya..

ASTAGA!!

Loket 5. Bener gak nih mata gua?
Gua liatin sekali lagi dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat2nya.. loket 5 nomor 639. Otomatis gua mendongak ngeliat nomer berapa skarang yang lagi terpampang gede2 di loket 5.

Nomor 638.

Jantung gua langsung berdebar2.. gua langsung tergopoh2 ke david melambai2kan nomor yang gua temukan tadi layaknya itu nomor buntut yang menang lotre.

"Vid.. liat gua nemu nomer *bisik2* di deket kursi situ, nomernya 639, sekarang 638. Kita bisa maju abis ini vid.. kikikikik.."
"Masa?? Loketnya juga sama?" *ngeliat kertas temuan gua tanpa berkedip*
"Iyaaa.. samaaa.. loket 5 kan? Tuh bener.. kikikik..."
"Iya... *bengong* gila lu hoki banget vi..."
"Iyaaaa.. gua hoki banget wuahahahahahaha..."

Ting tong tiba2 nomor di loket 5 ganti jadi 639. Langsung kita berdua liat2an, deg2an bentar, ada yang maju gak ya.. ternyata gak ada, ya udah maju deh kita hihihi...

Gilaaa.. gua gak nyangka gua bisa seberuntung ini, tak henti2nya gua bersukur ama Tuhan loo..

Sampe depan, si mas ngecek kelengkapan surat2 kita, abis itu kita disuruh duduk lagi, nunggu. Padahal gua kira abis ini udah bisa pulang ternyata blom, kita harus nunggu lagi dia kasih kuitansi buat bayar ke loket.

Jadi dia kerjain beberapa nomer sekaligus baru diprint kuitansinya, abis itu kita dipanggilin lagi satu2 buat dikasih kuitansi. Nunggunya gua kira bentar, ternyata lama juga, ada kali 15 menit nunggunya. Dan separuh dari waktu itu si david habiskan dengan tak henti2nya mengagumi keberuntungan gua kekekekek :P

Begitu dipanggil si mas, kita langsung maju, ambil kuitansi dan bayar ke loket 2 ya kalo gak salah, gua lupa loket berapa yang pasti loket paling ujung kanan, loket pembayaran.

Disini antri juga, tapi cuma bentar, cuma antri 2 nomer abis itu bayar deh 105K, perinciannya 100K uang roya, 5K sumbangan PMI.

Abis itu kasih kuitansi yang sudah dibayar ke loket 5 lagi, dan duduk nunggu dipanggil lagi buat dikasih surat pengambilan akte. Suara masnya kecil deh, karena dia gak pake mic, jadi usahakan duduk deket2, atau tiap si mas ngomong kita mesti liat dia baek2 buat baca gerak bibir.

Setelah duduk lebih kurang 10 menit, kita dipanggil lagi dan dikasih surat untuk ngambil akte yang tadi kita serahin sekitar 7 hari kerja terhitung dari hari ini.

Abis itu pulang deh, selesai step 1. Total waktu yang gua habiskan cuma sekitar sejeman hehehe..

Step 2: Pengambilan Akte
Datang ke kantor BPN sekitar seminggu kemudian, serahkan surat pengantar pengambilan akte ke loket 4 (lagi2 gua lupa sebenernya loket berapa, yang gua inget cuma loket paling kiri aja).

Trus bawa pulang deh akte kita yang sudah bebas dari hak tanggungan.

Total biaya yang dikeluarkan: 10K + 105K = 115K. Plus datang 2 kali ke kantor BPN.

Pssstt.. sebenarnya gua blom melakukan step yang kedua ini hahaha.. jadi itu gua kira2 doank berdasarkan wawancara gua ama si mas penjaga loket 5 wkwkwk :P
Udah 3 minggu yang lalu gua urus roya, tapi sampe skarang aktenya blom gua ambil2 juga ;P

Abis blom sempet, nanti deh gua ambil kalo david dah pulang, atau david aja yang ambil sendiri hihi..

Kalo ternyata ada perubahan di step dua, nti gua update lagi :P
Jadi begitu caranya ngurus roya, semoga berguna ya :)

Tak lupa tips dari gua: Rajinlah2 melihat kertas2 yang berceceran di sekeliling anda, siapa tahu itu akan menjadi kertas keberuntungan yang menyelamatkan anda dari pantat rata akibat duduk berjam2 di kursi tunggu ;)

39 comments:

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

saya ngacung... ga tau roya apaan.

waw, hebat banget lu tiba2 bisa dapet wangsit suruh liat2 kertas di lantai. hahaha...

mamipapa said...

gw juga gak tau loh roya apaan..kaga pernah kredit rumah sih hahaha...

hoki amat elo dapet kertas isi nomor awal..kebayang gak elo udah beringsut2 ngambil pas di buka ternyata tulisannya ANDA BELUM BERUNTUNG!!! COBALAH DI LANTAI@ LAIN SEKELILING ANDA huahahahah lucu kali yah...

nanti 2 tahun lagi urus roya di kemang, trus 3 tahun lagi di pondok indah wakakaka

ngomong2 si david kenapa kalau ke ln negaranya aneh2 sih macam india sama bangladesh..bangladesh kan hobi banjir hehehe

bonnie said...

bussseeeennnnggg....yang boneng nih Hoki banget mba viol! ck ck ck...yah mba aminin aja, siapa tau emg bener nanti punya rumah banyak dan udah lancar deh ngurusnya :)

Anonymous said...

Hahahah...kocak bener sih lu, vi. Sapa tau kalo elu isi david beckham, langsung di panggil, ga perlu ngantri, ga perlu nyari2 kertas lecek di bawah bangku. Begitu dipanggil, elu pasang tampang lugu sambil bilang kalo tadi salah nulis nama. Wkwkwkwkwk...kidding..jangan di ikutin saran gue ya.

btw, gue juga baru tau ROYA. thx ye udh di bahas. Nambah ilmu nih gue baca blog elu :-)

Leony said...

Gue gak tau Roya. Gue taunya kueh Koya! Hehehehe *makanan lagi makanan lagi...*

Vi, elu lagi beruntung terus yah :D semoga keberuntungan terus menemani sampai di tahun2 selanjutnya. AMIN.

Once in a Lifetime said...

Tuh hoki kaan?Gua malah kebalik pernah saking esmosinya ngantri di kantor pajak, gua kasih aja nomer antrian gua ke seorang encek2 tua. Makasih2 terus deh dia. Laen kali gua mau niru ilmu elo ah:P

Eh, tadinya gua kirain elo salah ketik apakah itu royal atau royalti he..he.. baru tahu ada yang namanya roya, itu singkatan atau kata?

Veny said...

lgs ngernyit dahi Roya apaan tuh ? ha22
kagak perna tau Roya abis lom bli rumah he22 , ntar kl beli rumah baru liat2 lagi nih postingan he22
tq for sharing .
g jg mikir mulanya royalty , sampe mikir lo urusan apa lagi ampe dapet royalty wkwkkkkk dasarrr ! dasar hokiie mksd gw .

Yulia said...

gw tahu roya tp secara gw sok sibuk gw tau beres doang. kemaren byr 700rb ama notaris, tp secara mo jual rumah, ya gw relain aja dah, krn kemaren jg perlunya urgent (alasan). Kan udah ketutup ama biaya jualnya. hahaha. pletak. murah ya boo. gila aja gw ditipu brp duit ama tuh calo2 ga sopan.

Pucca said...

@lena: di singapur gak ada roya ya len?

@felicia: iya, kalo yang gak pernah merasakan sulitnya kredit pasti gak tau roya hehehe..

ah elu mah kejem bener, kalo ada tulisan begitu gua pingsan di bpn kali haha..

yah begitulah kantor gua fel, kalo karyawan dapetnya tugas ke negara2 macam itu, kalo bos baru perginya ke jerman hehehehe..

@bonnie: kalo rumah gua banyak, mungkin gua udah pake notaris kali yaa ;P

@tia: wakakak.. abis itu surat2 gua diemek2 ama masnya saking keselnya ditipu wkwkwk :P

@leony: gak terus ny, coba kalo lu mengikuti terus pasti gua juga sering sue deh hehe..

@elisa: iya el, ikuti tips2 gua itu, carilah kertas nomer sampe ke pelosok2 bangku hihi..
roya itu bukan singkatan emang istilahnya roya, kayanya sih ya :)

@veny: ih.. ternyata banyak yang gak tau roya berarti kalian semua beruntung tidak pernah kpr huuhuuu..

@yulia: 700K? tuh kan berapa kali lipet tuh, aduh gua nyesel gak jadi notaris aja dulu hahaha..

Y3nn1 said...

baru tahu nih ada yang namanya roya. Jadi kalo ga ngurus roya setelah kpr kelar, rumah kita ga bakal bisa dijual yah, Vi?

Thanks yah udah dikasih tahu *mo kasih tempe juga gw doyan kog...wakaka*

eny said...

wah, asli hoki bangte lu vi. gua kemaren sampe pantat rata nunggu antrian bikin pasport timmy. Akhirnya pulang dulu n balik lagi. kekekke.....

Btw, gampang juga ya.. gua dulu pake notaris.... huhuhu... jauh banget bedanya. hiks....

evancelia-mom said...

gilee Vi , lu hoki bgt wkwkwk.... bener bener musti rajin2 liat ke bawah sapa tau nemu uang cepekceng hahahaha kaya gua dulu kalo jalan nunduk tau2 nemu uang seratus rebu wkwkwk...

Yuliana-Fun said...

gw ga tau roya apaan hehehe :)
thanks for sharing viol... :)
iya..loe hoki banget deh... :)

malahan tadi co gw terbalik nih...orang yang hoki karena ketemu kita2 hehe :)
gara2nya gw ke BNI... gw dah ambil no antrian.. terus co gw juga ikutan ngambil... gw no 318 dan dia no 319.. padahal dia ga pake..dia cuman iseng aja ngambil, karena dia pikir awalnya gw belon ambil. Lama banget menuju no 318 itu... ada kali 1 jam an gw nunggu... orang2 yang belakangan dateng, gw intip dah nomornya 366 punya... kita pun berinisiatif untuk ngasi no yang co gw punya ke orang laen... cuman bingung mo kasi siapa. Akhirnya diputuskan kasi ke ibu2 yang dah agak lama nunggu, dia dapet 355.. tapi dia punya anak.. hehe :) senengnya ampun2 dah.. hehe :)
btw kok gw jadi sharing disni? hehe :)

Arman said...

huahaha hebat vi!! hoki banget... kalo gak nemu nomor itu gile bisa sampe jamuran kali nungguinnya... :P

btw gua juga gak tau roya apaan. :D

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

di Sing ga ada roya2an Vi, adanya orchard, bugis, casino. wakakakakaka.....

katrin said...

Tengkyuuu buat sharingnya vi...jadi nambah pengetahuan nih.
Yang jadi pertanyaan gw nih, kertas nomer antrian loe,loe kemanain?ditaroh lantai juga,sapa tau ada yg ambil ya?hehehehe...

noni said...

Aku jg ga tau roya itu apa, aku pikir sejenis makanan kaya koya itu yg dimakan ama soto ayam huahaha...

Hoki bgttt Vi, kertas lecek gitu kamu ambil. huahaha... emang kalo hoki mah ga lari ke mana2 ya :p

yhalim said...

hoki banget lu vi ...
bisa pas nomor nya lagi..
si david pasti terpesona ya.. hehihihihi

g jg ga tau tuh roya. :p

Dessy said...

pas banget vi. nyokap gua lagi ke bppn tuh.... cabut roya ruko :D

Angels said...

ga tau gw roya apaan:)) tpi setelah baca ini jadi tau :D

gw pernah loh kepikiran kayak gitu pas antrian di ERHA. kan byk nomor yg kosong gitu. tadinya gw mo maju tp ga ada bukti kertasnya. malu kan kalo tiba2 ada yg negor ;))

Pucca said...

@yenni: iya gak bisa yen, kan statusnya masih dijadikan agunan ke bank, gak bisa dijual..
haha.. gua sih lebih doyan tahu.. *dibahas pula*

@eny: iya lebih gampang dan tempatnya lebih keren en hehe.. emang pake notaris mahal..

@lisa: haha.. lu lebih hoki lagi bisa dapet duit cepekceng :D

@fun: wah lu baek banget fun, orang itu makasih2 donk ama lu, kalo disini mah semua yang nunggu tampangnya jutek semua, gak ada yang baek kaya lu :P

@arman: yah pasti lu gak kpr kan beli rumahnya hehehe..

@lena: wakakak.. skarang ada casino euy :D

@katrin: kertas nomer gua, gua bawa pulang loh haha.. tadinya gua pikir mau gua poto sebagai kenang2an, tapi kameranya dibawa david akhirnya gua post tanpa poto deh :)

@noni: walah ngaco non, lagi laper ya? haha..
iya padahal kertasnya udah lecek dan udah gua injek lagi, tapi ternyata itu kertas membawa hoki :P

@yulia: yahhh.. padahal gua kira banyak yang mau ikut2an gua roya abis baca ini, tyt pada gak tau roya semua haha..

@dessy: ih sama donk, nyokap lu pasti ke puri juga kan? :D

@angel: nah coba abis ini lu jelalatan ke sekeliling lantai kali2 ketemu ngel hihi :P

Natalie said...

gw juga baru tau apa itu arti roya
moga2 gw bs spt lu yaa bisa urus roya sendiri (punya rumah sendiri artinya) amiin...hehe
thx for sharing yah vi...

Anonymous said...

Wah bisa hoki gitu yah, tapi pasti deg-degan tuh pas mau maju Vi, takutnya ada beneran yang punya maju juga, ih pasti malu banget :) Kalau Andy jadi David, dia bisa pura-pura gak kenal gw kali.

Lu optimis dong Vi, nanti lu gak roya-an lagi, semua cash keras hehehe.

Selvi said...

si bos sering banget nyebut si ROYA ini. gua cuma tau sedikit doang sih vi, karena biasanya yg urus notarisnya.

btw, ntar 3 tahun lagi gua juga butuh postingan ini. siapa tau kebeli apartemen dan rumah sekaligus, hehehe.

hoki banget vi, gua juga sering nemu kertas tapi bukan nomor antrian, misal : struk atm, struk belanja di alfamart malah pernah struk to*el. hahaha.

rahayu said...

wah berguna banget ni artikelnya.. pdhal ga sengaja nemu.. tx ya :)

Pucca said...

@nat: sama2 nat, siapa tau nanti lu punya rumah tanpa harus roya nat, artinya lu cash keras hehe..

@maryna: iya yah, bener2 juga masa udah punya rumah segitu banyak gua masih kredit mulu ahaha..

@selvi: 3 taon lagi semoga peraturannya masih sama ya sel hehe..
struk atm mah banyak di tempat sampah sebelah atm sel haha..

@rahayu: sama2 :)

sima said...

vi, asli, hoki banget. kalo enggak, pasti lama banget nunggunya ya. itu yg bikin orang kesel. di sana ga ada calo dan ga ada pungli ya? bagus kalo gitu, berarti ada kemajuan. tapi mestinya mereka bisa lebih efisien dan jangan sampe orang nunggu kelamaan.

Anonymous said...

Ha..ha.. Keren.. lucu..
Memberikan informasi dengan gayanya yg TOP :)

Pucca said...

@sima: gak ada calo sim, calonya ya kayawannya notaris hehehe.. iya nunggunya lama karna banyak bener orang disana, ngurus ini itu macem2 deh..

@anonym: makasih :)

elmo said...

elmo baru tau Roya apaan.. banyak hal yang baik terjadi sama Pucca... ^^ senang dengarnya.. moga ke depan semakin baik yaaa dan impian punya baby juga diwujudin Tuhan.. :)

Pucca said...

@elmo: semoga banget, elmo keroyokan ya bacanya haha..

jojo said...

ada yang tahu kantor BPN cabang mana kalo rumahnya di BSD serpong ?

Budi said...

thx infonya.. lg cari petunjuk ngurus roya eh nemu !!
tapi aku di bpn bogor
semoga gak beda jauh stepnya yach

Anonymous said...

GW SUKA GAYA LOE,, bagi2 ilmu sambil ngelawak, asli gw ampe ngakak. Btw thanks alot yaa sharing ilmunya.

AxS said...

ROYA atau KOYA ya?
gue dapetnya surat pengantar "koya" ke BPN (kali saja banknya salah ketik). Cuman belum sempat nyamperin kantor BPN.
@jojo: Kantor BPN Tang-Sel masih nebeng di Kab. Tangerang,alamat Komplek Perkantoran Pemda Kab.Tangerang (Cikupa)
Peace ....

ashleyprincess said...

hi Viol. pas urus roya kan kita bawa akte2 Asli apa copy aja?

Kalo Asli, abis di check langsung dibalikin, apa kita tinggal di BPN dan dibalikin nanti pas ngambil akte bebas tanggungan?

ga mudeng gue, pas nih mau urus roya juga :)

Pucca said...

@axs: kok bisa bank salah ketik harusnya roya ya, kecuali kalo udah ganti nama

@mei: yg asli ditinggal mei, kan mau ditulis di aktenya kalo status terakhir udah gak kredit lagi. Nanti seminggu lg balik buat ambil akte itu.

irwan said...

gokil bangaet penyampaennya....he.he

Axs said...

melanjutkan comment 10 Februari lalu.
Kantor BPN Tangerang selatan baru ada bulan lalu, alamat di ruko Golden Road Blok C27 No. 59-61 (ruko dibelakang ITC BSD, pintumasuk sama dg ITC).
urutan urus roya:
1. bawa fotocopy ktp, sertifikat tanah(asli), sertifikat hak tanggungan (asli),surat ket. lunas dari bank, 1 meterei rp6000
2. beli blanko/stopmap roya warna biru(rp 10000) di ruko di balik kantor BPN tangsel(yg menghadap selatan)
3. isi formulir (ada di dalam blanko roya yg dibeli) sesuai dg sertifikat
4. masukan berkas dalam blanko roya jadi satu (formulir, focopy ktp,2 sertifikat, surat ket lunas dari bank)
5. serahkan ke petugas pemeriksa (bu maya) (ada di belakang masuk dari gang sebelah kiri), setelah dikembalikan,
6. serahkan ke petugas depan (mbak rere yg cantik) bilang mau urus sendiri SPS
7. tunggu dikomputerisasi (10 menitan) terus dipanggil
8. bayar ke kasir RP 50.000,- dan selesai.
9. proses 7 hari kerja, balik lagi minggu depan untuk ambil berkas. end.
total biaya : rp 66.000,-
total waktu : 30 menit :)
semoga b