Harta Yang Paling Berharga

Gong Xi Fa Chai 2562.. kiong hi kiong hi :D

Pasti gak ada yang tau deh gua imlek di mana.. hayoo...
Taon ini gua imlek di paviliun cempaka. Dimanakah gerangan itu?
Bukan di puncak, bukan di lembang, bukan di padang, bukan pula di semarang, tapi di rs husada.

Seumur2 inilah imlek gua yang paling gak berasa, gak ada baju baru atau baju merah, adanya baju tidur, gak ada pergi ke tempat sodara, adanya cuma baring di ranjang, gak ada kue n makanan enak2, yang terhidang cuma bubur ama makanan rs.

Bermula dari sakit gua yang berkepanjangan itu, gua kan udah sering bilang ya sejak desember gua sakit kok ya rasanya gak sembuh2, baru fit sebentar eh drop lagi, baru napsu makan meningkat dikit, eh sakit lagi..
Trus ke kantor juga gitu.. masa hari ini masuk besok nggak, lusa masuk, besokannya sakit lagi..

Puncaknya adalah hari kamis tanggal 27 januari, gua udah gak tahan dingin menggigil seluruh badan walaupun udah pake jaket untuk musim dingin yang tebelnya ampun2an, sekilas gua udah kaya orang eskimo di kutub utara, dan maag gua juga udah unjuk gigi, udah kembung perih parah, akhirnya sore2 gua disuntik obat maag di kantor.

Abis itu mendingan bentar, tapi malamnya malah tambah parah, demam tinggi dan perut sakit. Gua minumin parasetamol, besoknya demam gua turun tapi maag gua tetep cenat cenut.

Segala obat maag gua jajal, dari yang kacangan, sampe yang 20 ribu satu tablet semuanya tidak berhasil menyembuhkan penyakitku. Tidur juga jadi kurang karna sering kebangun malam2 gak bisa tidur lagi karna perut sakit, makan salah gak makan salah..

3 hari gua tidak menunjukkan tanda2 perbaikan, akhirnya minggu malam jam 10 gua menyerah dan digelandang ke rs royal taruma. Ini pergolakan batin yang berat sebenarnya, karna kan gua baru aja dioperasi, dipasang infus, sakitnya masih kerasa2, bekas colokan di tangan gua juga masih keliatan, masa mau diinfus lagi huhuhuuu..

Tapi karna sudah lemes banget, kurang tidur, kurang makan, dan gua selalu merasa ada sesuatu yang lain di badan gua selain maag sehingga gua menguat2kan hati ke ugd.

Sampe ugd, gua jelaskan sakit gua ke dokter jaga, ulu hati sakit, trus perut sebelah kanan juga sakit, tapi sebelah kiri nggak, sering keluar keringat dingin, mual terus, semua obat maag gak mempan, tapi herannya gak mencre, pup normal, padahal biasanya kalo maag kan diare.

Abis itu tibalah saat yang tidak gua tunggu2, dokternya menyerahkan gua ke susternya untuk diinfus dan diambil darah. Selagi diambil darah, susternya bilang gini,
"Ibu kulitnya emang begini ya warnanya?"
"Kulit saya? Maksudnya sus?"
"Kulit ibu memang kuning begini warnanya? Kalo bapak kan putih, tapi ibu kuning?"
"Memang saya begini sus... *sambil bolak balik ngeliatin tangan kanan yang gak ditusuk*
"Oh.. ya gapapa.. saya kan baru sekali ini liat ibu, jadi gak tau.. menurut saya ibu agak kuning.."

Abis itu gua gak kepikiran lagi karna gua ditusuk.. huhuuu sakitnya.. trus gua dikasih obat anti mual lewat suntikan infus juga, trus boleh masuk ke kamar.

Gua kira gua udah mendingan nih, tinggal beberapa kali dikasih obat lewat infus, pasti sembuh deh.. tapi ternyata... jalan masih panjang....

Semalaman gua gak bisa tidur, gua dapat kamar yang berisik banget. Daan mogot itu walaupun udah subuh, tetep aja bising ternyata dan kamar gua hadap2an ama daan mogot persis, bener2 semalaman gua gak tidur barang semenitpun, david juga ikut2an gak tidur, walaupun dia bentar2 ada ketiduran sih, tapi gak pules karna gua gerak2..

Besok paginya, gua udah berubah wujud menjadi zombie mata panda. Hasil lab gua udah keluar, trombosit gua 99 ribu dari seharusnya 150-450 ribu. SGOT gua 493, rujukannya 15-37, SGPT gua 914, rujukannya 30-65.

Melihat hasil lab gua, terngiang2 kata2 suster ugd kemaren, apakah mungkin gua sakit kuning atau nama kerennya hepatitis A?
Dokter masih blom datang, masih dokter jaga aja. Diagnosa dokter by phone dengan susternya mungkin db atau hepatitis A, perlu dicek lebih lanjut. Tapi dokternya mungkin siang baru datang sedangkan david sudah panik. Dan ditambah gua tidak bisa istirahat disini karna berisik, david memutuskan gua dipindah saja.

Setelah konsultasi ama dokter kantor, jumat jam 11 siang gua si zombie mata panda manis dipindah ke rs husada pake ambulans. Tadinya pilihannya antara pondok indah dan husada. Tapi pondok indah penuh, cuma ada kelas 3, jadi husada aja, ada kamar yang sendiri jadi gua bisa istirahat.

Karna ini rs rekanan kantor, semua administrasi dan pesan kamar diurus kantor, gua tinggal masuk aja ke kamar yang disediakan, di paviliun cempaka kamar i. Sepanjang jalan gua berdoa2 semoga infus gua tidak dibuka lagi, semoga husada menerima gua apa adanya.

Keinginan gua setengah terkabul, infus gua memang gua tidak dibuka semuanya, tapi tetep aja diutak atik, selang gua dicabut trus dipasangin alat lagi namanya three way setelah jarum, baru selang, katanya buat suntik2 lebih enak lewat situ, daripada lewat lobang yang udah ada, padahal mah gua perhatiin kagak kepake juga itu three way, bikin gua sakit aja waktu pasangnya, trus infus gua jadi berat kan karna dobel lobangnya..

Setelah di ugd bentar, jam 12 siang gua masuk ke kamar. Kamarnya benar2 perfect untuk gua. Terpencil, jauh dari keramaian, dan ada teras belakang yang pemandangannya hamparan rerumputan hijau dan dedaunan.
Gua langsung suka kamar ini, walaupun jadul, gak modern apalagi mewah, tapi hening, jauh dari hiruk pikuk kota dan udaranya enak, banyak angin masuk ke kamar kalo pintu teras dibuka.

Untuk david ada sofa bed yang ukurannya dobel bisa untuk 2 orang, dibuka jadi kasur besar dan cukup nyaman, disprei juga ama susternya. AC-nya juga gak sentral, jadi bisa gua kecilin atau matiin karna gua paling gak tahan dingin.

Satu jam kemudian, dokter spesialis gua datang. Namanya dr. bambang soewirjo. Orangnya sudah berumur dan kelihatannya ahli. Setelah liat hasil lab gua di rs royal, dia menduga gua hepatitis A karna sgot/sgpt gua tinggi banget dan gua disuruh cek darah lebih lengkap lagi apakah gua ada virusnya dan cek bilirubin.
Dokter kantor gua kan ada 2, yang satu juga mendiagnosa hep-A, tapi yang satu lagi db. Jadi untuk amannya gua dicek juga db atau nggak, karna tromobosit gua juga ancur.

Soalnya yang bisa liat gua kuning cuma suster ugd itu aja, yang laen ngeliat gua gak kuning2 amat. Mata gak kuning, kuku masih merah jambu, kalo kulit kan gak gitu kentara karna namanya juga orang cina emang ras kulit kuning.

Yang keliatan itu urine gua jadi kaya teh manis warnanya, coklat, gua udah bilang ke david, "Dav gua kaya di film house md, kalo house liat gua pasti dia bilang.. her liver is failing.."
Gua bilang waktu malam2 di royal taruma, tapi david masih gak percaya waktu itu.

Hari itu gua bisa istirahat dan malamnya gua bisa tidur walaupun blom nyenyak, karna gua masih sering bangun minta suntik supaya gak sakit. Besok paginya hasil gua keluar, dan gua positif hepatitis A. Setelah hasil keluar, david langsung lebih lega, karna dia takut gua makin parah kalo tidak ada diagnosa yang pasti.

Setelah positif, obat gua juga makin menjurus, sayangnya maag gua masih sering sakit jadi masih susah makan apalagi makanan rs gak napsuin. David terpaksa nemenin gua makan makanan rs itu supaya gua agak berselera, kalo gak ditemenin gua makin gak napsu apalagi kalo sambil gua makan sambil nyium nasi padang makanan orang, makin ilang aja napsu gua..

Besokannya hari selasa temen2 kantor gua pada dateng, katanya mau jenguk sekalian wisata kuliner di mabes.. emang enaknya di husada ini makanan banyak, di sepanjang jalan bertebaran rumah makan jadi gak susah nyari makanan, gak halal lagi hehe..

Hari rabu david udah ke kantor, berangkat dari rs, gantian adek gua yang ijin nungguin gua, dia sih happy2 aja kliatannya, datang ketawa2 trus buka gorden liat pohon2, abis itu buka pintu sambil kacak pinggang diteras, trus makan nasi padang sambil nonton hbo.

Gua yang udah mendingan, bisa turun dari ranjang dan bisa tercenung2 melewatkan pagi dan sore di teras sambil memandang pepohonan, mendengarkan suara burung2 berkicau, merasakan angin segar semilir, dan melihat2 orang di kamar sebelah lagi ngapain, apa lagi duduk di teras juga.. biar sakit2 tetep kepo yah gua.. kadang ngeliatin orang yang lagi jalan2 di taman didorong di kursi roda atau jalan sendiri sambil dipapah dan dipegangin infusnya.
Gua bertekad nanti kalo udah sehat mau jalan2 di taman itu tapi sampe pulang ternyata gak kesampaian..

Malamnya nyokap gua sampe, dan hari itu adalah malam imlek, kita lewatkan berdua di rs. David gua suruh pulang tidur di rumah karna udah 3 malam dia nemenin gua tidur di rs pasti capek. Besok baru datang lagi.

Pas imlek jadinya ada 4 orang yang terseret melewatkan imlek di rs bareng gua.. nyokap gua, david, adek gua, ama cowonya. Kita berlima kiong hi2an, gua gak dihitung karna tidak bisa kiong hi sempurna abisan ada infus, trus seharian kita malas2an di kamar nonton tv sambil ngegosip.

Paginya jam set. 6, gua udah diambil darah lagi buat liat berapa sgot, sgpt, dan trombosit gua, dokternya gua paksa berjanji kalo hasilnya bagus gua boleh pulang. Gua nyinyir banget ke dokernya abisan gua udah bosen di rs dan gua merasa udah lebih sehat, apalagi nyokap udah dateng jadi kan di rumah bisa dimasakin enak2.

Dan sebenarnya sebab utama adalah tangan kiri gua udah bengkak diinfus, mestinya udah dicopot trus dipindah ke tangan kanan, bayangkan masa tangan kanan gua mau ditusuk lagi, jadi gua ngeyel bilang ke susternya tanggung sus, saya udah mau pulang kok, kata dokternya begitu (padahal kan dokternya bilang kalo hasilnya bagus) dan gua bilang gapapa gak sakit kok cuma bengkak dikit aja.. padahal kalo diinfus cairan hepar itu sakitnya minta ampun ampe gua gak brenti2 gosokin minyak angin ke tangan gua..

Salahnya cairan hepar itu yang kental karna kalo infusnya diganti ama yang biasa gak sakit kok. Jadinya gua akal2an ama susternya tiap diganti ke tabung hepar, dia cepetin tetesannya, gua pelanin, trus dia bingung kok gak abis2 ya tabung ini, dia cepetin lagi, trus begitu dia keluar gua pelanin lagi hihi.. abis kalo cepet2 gua gak tahan sakit banget..

Gak berapa lama pas gua lagi termenung2 di teras belakang nyeruput jus pir ditemani burung2, suster datang. Hasil test gua udah keluar dan bagus. SGOT udah turun jadi 130 dari sebelumnya 493, tromobosit juga naik jadi 134. Walaupun SGOT masih jauh dari normal (normalnya sekitar 20) tapi sudah menurun secara signifikan sejak gua masuk rs. Jadi kata dokter gua boleh pulang besok.

Senangnya hati gua, gua langsung minta copot infus, tapi kata suster masih ada 1 tabung lagi, tunggu yang hepar ini abis dulu, lalu ganti tabung satu lagi, baru dicopot. Gua yang lagi senang oke2 aja, siapa sangka ternyata nungguin abisnya sampe jam set. 9 malam baru infus gua dicopot.

Habis itu selagi gua senyum2 ngeliatin pohon2 yang melambai2, david datang dan nyodorin bungkusan warna coklat, katanya ada paket buat gua. Gua bingunglah, paket apaan ya, perasaan gua gak ada online shopping, boro2 shopping, online aja gak pernah seminggu ini..

Gua bukalah paket itu dengan rasa penasaran, isinya pashmina warna pink, cantik deh ada garis2 silver di ujungnya, gua baca kartunya, ada ucapan selamat imlek, dan tak terasa senyum gua langsung mengembang. Masa pashmina itu ternyata hadiah dari yulia karnain alias madamkoo untuk gua :)

Gua merasa malu banget, kenapa temen gua pada baek2 ya sedangkan gua gak pernah kirimin apa2.. apalagi ini gua terimanya pas imlek, pas lagi sakit pula, bener2 gua merasa diberkati dan disayang.
Gua langsung pamer2in pashmina gua ke mana2.. serasa dapet angpao :D

Terima kasih ya yul, gua gak tau lagi mau ngomong apa, semoga nanti gua dikasih kesempatan untuk membalas kebaikan lu ya, pokoknya i heart you..

Seharian itu gua ceria karna besok udah boleh pulang, cuma tangan kiri gua yang sakit cenut2 karna udah bengkak. Mana klep infusnya kayanya udah agak dodol, masa 2 kali dia gak netes jadi darah gua kesedot, selang gua jadi darah semua, mesti ditusuk pake jarum dulu baru netes lagi.. selama itu gua kan panik ngeliat darah gua naik ke atas, mana abis itu sakit lagi masukin darahnya lagi mesti dipencet2..

Malam jam set.9 akhirnya infus gua dicopot.. senangnya gua bisa jalan tanpa mesti gerek2 tiang infus, tapi mungkin karna masih bengkak tetep tangan gua gak bisa digerakkan bebas, kalo dijatuhin ke bawah langsung sakit, bahkan sampe skarang juga bengkaknya masih blom ilang sempurna nih, tangan gua masih agak gemuk sebelah.

Besoknya jumat tanggal 4 gua keluar rs. Jam 10 pagi urus administrasi gua didorong nyokap di kursi roda pake pashmina pink ke luar kamar. Ternyata di luar berisik banget, orang2 pada berpacu dengan waktu, jalan dengan terburu2, penuh hiruk pikuk tak cocok dengan gua yang hari2nya berjalan dengan lambat dan hening, suara yang terdengar di kamar selain suara tv cuma suara gesekan daun2 dan suara troli makanan yang lewat tiap jam makan. Gua langsung rindu ama kamar gua yang tenang dan asri, di luar penuh sesak dan bising.

Selesai administrasi, gua masih harus nunggu dokter visit jam 12, setelah makan siang baru pulang. Dokternya berpesan gua mesti banyak2 makan protein. Gua harus makan tinggi protein, tinggi kalori. Diet gua enak sekali ya kedengarannya hehe..

Nyokap gua sibuk nyalah2in gua pantang, mulai skarang gua gak boleh pantang2 lagi, saban ari gua dijejelin daging ayam, bak, ikan. Walaupun gua terkena virus tapi kalo daya tahan tubuh gua kuat kan gua gak bakalan ambruk. Ini hati gua sampe bonyok, gua juga menyesal knapa gua sok kepo, orang gua gak disuruh pantang daging kok ama dokter, tapi gua kepo2 sendiri nambah2in pantang daging di list pantangan gua...

Sebelum pulang gua ucapin selamat tinggal ke kamar yang udah ikut merawat gua selama 5 hari ini, kalo bukan karna kamar ini gua pasti gak secepat ini pulih, gua intip sekali lagi taman indah di belakang, taman yang udah nemenin gua termenung2 melewatkan pagi dan senja.
Juga ada acara dadah2an ama suster2 ramah yang udah merawat gua selama ini. Tapi bagaimanapun gua suka disini, semoga gua gak balik lagi yah...

Total gua semalam di royal taruma dan 5 hari di husada. Menghabiskan belasan kantung infus, puluhan suntikan dan obat2an, dan uang belasan juta. Biaya bisa ditanggung kantor, tapi semua rasa sakit ditusuk2 kan gua yang tanggung sendiri. Gua berjanji gak akan membiarkan berat gua turun di bawah 50 kg lagi. Semua makanan enak itu akan gua makan, bagaimanapun kesehatan adalah harta yang paling berharga..

47 comments:

mamana clo said...

Viol.. cepet pulih ya.. lupakanlah pantangan-pantangan yg ga perlu.. lo kan ngga ada bakat gemuk..

Besok-besok kalo ke mabes jangan ke husada ya tapi wisata kuliner aja :)

sakuralady said...

viol,gong xi.. semoga tahun bugs bunny bawa banyak rezeki, kesehatan dan kebahagiaan yaaa..

Gabrielle said...

Gong Xi ya Viol..
Aduh tp koq bs gt sih? Sehat2 selalu ya.. Semoga pas Sincia di Pavilion Cempaka, ke depannya sehat2 selalu ya..
Cukup sekali dan tidak lagiii..

Sehat & Sukses selalu :)

Desiana said...

Viol...semoga cepet pulih yah. Banyak makan yang bergizi.

.:acen147:. said...

wah...

soal makanan, cari yang sehat aja, viol. banyak kok makanan yang gak dipantang dan tetep sehat :)

trus klo uda sembuh, coba tanya dokter boleh vaksin hepatitis gak?

eniwei, cepet pulih ya :)

Leony said...

Ya ampun... tiap kali gue buka blog u akhir2 ini, kok rasanya sering banget elu sakit. Btw, gue juga waktu natal 2009 dirayakan di RS kok :). Misa malam natal di RS, hari natal di RS, diwawancarain beberapa stasiun TV pula, gimana rasanya natal di RS. Bener yang elu bilang, sehat itu MAHALNYA alamakjan. Been there, done that!

Veny said...

ya ampunn, tapi beneran Vie g koq pny firasat lo kenapa2, g rada panik udah pgn sms lo ada apa ?
tapi g positive thinking aja sapa tau lo sibuk . moga2 lo ga napa2 .
ehh taunya lo beneran sakit ?
skrg udah sembuh ? moga2 ga sakit lagi
lo diet nya keparahan sih , sampe ini/itu ga makan .
ayooo makan enak Vie spy badan kuat .

Gong Xi Gong Xi, wishing you good health, wealth & prosperity .

once_alifetime said...

Gong xi gong xi.. biarpun di rs tp tetap dikelilingin org tercinta kan, vi? Emang bener harta yang paling berharga ya kesehatan dan keluarga juga, cepat pulih ya, dikasih cuti berapa lama?

K. said...

Hii Vi, waaahh sori blm sempet order makanan nya, krn baca cerita2 km, kek ny km lg sibuk... tau nya sakit jg lg..moga cpt sembuh yaa...Gbu

eny said...

ya ampuun vi, ternyata lu lagi sakit ya?? Syukurlah udah baikan ya... semoga cepet pulih yaaa...

udahlah ga usah pantang-pantang vi... yang penting makanan sehat, nikmati ajalah... daripada menderita gitu makan yg ga bergizi dan ga bernapsu, ujung2nya sakit pula.....

Angel said...

gong xi, viol!
huhu ternyata sakit yah viol :( Pantesan lama bgt ga muncul kabarnya. Dah sembuh total blum skrg? byk2 istirahat biar cpet sehat ^^

misooyi said...

aduh Viol... Muncul2 kok kabar lagi sakit lagi? Sedih deh... Cepetan pulih ya Vi. Banyak makan, minum dan istirahat.

amey said...

ya ampun viol, lu jangan diet2 lagi deh, hars banyak makan, lu kan kurus ceking gitu...
Semoga sehat trus abis ini ya Viol, duh belakangan ini lu sakit mulu kerjanya..

nie said...

Walah Viol.... gimana toh kok sampe parah gitu.... Cepet pulih ya, Vi, makan yg banyak, banyak istirahat skrg ini, jangan kepikiran apa2 dulu ya....

*hugs* GBu

mama fang2 memei said...

cepet pulih ya viol.. lu jgn pantang2 deh, makan aja banyak2, toh lu ga gemuk juga.
kiong hi ya..

Pitshu said...

royal taruma itu kan mahal, dan g rasa susternya bilang lo kuning karena lampu disana bukannya kuning2 yah ^^ wakakakaka...
husada emang lebih enak! sih.. dan lebih murah wakakaka.. service sama aja :)
cepet sembuh yah~

epi said...

waduh viii, semoga cepet pulih yaaa. udah lah jangan pantang2 vi, makan yg bergizi tinggi aja biar ga sakit2 mulu :D Gong xii gong xii yaaa.

Yulia said...

duh viol, jangan ditulis ampe segitunya dong. gw kan jd malu.. haha
lu ga ada utang apapun kok say ke gw.. gw yg seneng udah bisa bikin lu senyum.. good luck ya viol, cepet sembuh, janjian ke kopro yook biar ntar abis itu gw masakin lu yg enak.. haha

elmo hugs

christinewu said...

Cepet sembuh ya Vi! Eh jgn cepet deh, kalo bisa sekarang jg sembuh. Kalo Samu bilang "I don't wanna get well soon, I want to get well NOW!" Gw jd miris dengernya elu sakit, jd pengen gw dekap dgn penuh cinta huahahaha.

nattever said...

khiong hii vi...
gw jadi mellow2 baca postingan elu..teringat novel mira w, abis isinya rumah sakit mulu :(
cepet sembuh ya vi...moga2 dengan adanya nyokap, elu dicia pok mulu tiap hari, cepet sehat, dan kuat lagi yah...

Selvi said...

viol, sorry yah gua nga tau kalo elo sakit dan dirawat di rumah sakit. mana tadi gua kepo telpon elo nanya hotel lagi, terlalu banget. sorry again.

gua tau pavilion cempaka itu, maklum gua dari kecil sering diajak besuk orang sakit sampe hapal nama ruangan dan kelas dirumah sakit husada. ada anggrek, mawar, kenanga, kamboja. pokoknya nama bunga deh.

gua lahiran 2-2nya disana juga kok, tapi di gedung graha utama lantai 5.

seberang husada kan ada tenda chinese food namanya sin moy kong lumayan enak bakmi gorengnya trus maju sedikit ada kwetiau goreng 78 sampingnya ada bakmi kepiting.

semoga cepat pulih dan istirahat yang banyak, elo hobi nonton infotainment nga? hahaha maksud gua kalo bosen dirumah hiburannya infotainment kan?

semoga sincia tahun depan elo bisa merayakan di padang dan makan nasi padang yang lezat itu.

kesehatan emang mahal harganya, gua juga paling takut disuntik atau diinfus. trus kalo tangan diinfus pasti kaku karena nga gerak-gerak.

mamipapa said...

semoga tahun kelinci sehat2 yah vi (harapan buat gw juga nih yg belom sembuh2) sama aja kaya elo dari desember sampe skrg sakit2 mulu..

problem kita sama aja, baru makan enak dikit dan bergizi eh sakit lagi otomatis napsu makan turun, gimana mau gemuk yah gw ... dokter aja sampe ngomong beratnya dari dulu (aka dari jaman gw sma kuliah sampe skrg udah punya anak) masih sekitar segitu2 aja yah, masih langsing hahaha...

ferry pernah tuh hepatitis A, pas itu sih gw belom merit yah sama dia, nah gara2 itu jadi gampang capek sakit, capek dikit di kantor atau banyak pikiran di kantor tar sakit..pulang malem dari kantor trus pasti sakit..trus skrg sedia minuman sari temulawak (jual kok di c4 kotaknya kuning dalemnya banyak sachet) begitu dia ada gejala gak enak capek buru2 deh kasih minum itu.

tapi tiap tahun dari kantor ada vaksin hepatitis (kayanya di ulang sampe 3x yah gak boleh gagal kan) gw lupa kenapa gitu..kayanya pernah elo tulis di blog loe juga

jaga kondisi badan sama pola makan vi, cuaca lagi jelek gini pula..

Arman said...

ya ampun viol....

duh kasian banget elu. tapi untung udah lewat ya vi. moga2 lu sehat2 terus yaaa...
kudu jaga makan vi. apa lu sering jajan? mendingan jangan jajan2 yang pinggir jalan dulu vi. makan yang bersih2.

trus kudu banyak istirahat juga vi. jangan terlalu banyak pikiran ini itu. bawa santai aja semuanya. pergi liburan mungkin bisa bantu, tapi jangan liburannya yang cape2. yang santai2 aja biar relax dan refreshing gitu...

pokoknya moga2 sehat terus ya vi!!!

th3sea said...

vi,, get well soon ya.
kalau hepatitis a itu pemulihannya lama, 6 bulan s/d 1 tahun. jadi selama 6 bulan s/d 1 tahun ini lu ga boleh capek2.

david dulu kena hepatitis a 6 bulan sebelum kita merit. panik banget kita, mana pas jadwal foto prewedding segala.

u bisa bantu pemulihan dengan temulawak juga. jadi temulawak di cuci bersih, di parut, truz u remes2 pakai air, abiz itu u rebus + pakai gula batu. u minum deh. cepet lohhhh sembuhin hepatitis. dulu gua diajarin dokternya, truz bener pas minum tuh temulawak, sgpt / sgot si david langsung turun dratis. waktu pertama masuk RS, dia sampai 3rb'an. masuk RS sampai 2 minggu, 2 hari sekali ambil darah. gawat ga...

temulawak juga bisa ningkatin nafsu makan tuh... jadi lumayan lah ngembaliin berat badanlu semula :)

maag lu yang sakit, gua rasa itu bukan sakit maag. itu sebenernya hati u yang sakit... cuma orang awam ga tau, kirain sakit maag.

u ada tanya ga ke dokternya, makanan apa yang harus di pantang dulu? dulu david selama masa pemulihan, di pantang makan jeroan, makan sate, daging juga harus yang slice, truz apa lagi tuh ya...

eh iya, hepatitis a itu menular. bahkan dari perabot makan aza bisa menular. si davidlu sudah vaksin hepatitis belum?

dulu gua ga tau, pas david hepatitis, gua masih minum air minuman dia. dokter sampai tegor gua, ga boleh katanya...
untungnya gua ga ketular. iseng gua periksa, ternyata imun gua tinggi di hepatitis, kalau ga salah 10rb berapa gitu.

malah kata dokternya, piring, gelas, sendok bekas david pakai, harus disteril air panas. wuihhhh kayak bayi.

ya deh, moga2 lu lekas sembuh yaaaaaaaaaaaaaaaa... inget,,, jangan capek-capek.

nilola24 said...

Ya ampun vii...gue penasaran nama elu hilang di mana2. ternyata elu lagi sakit. Dessy bener, minum temulawak tiap hari sangat membantu proses penyembuhan. Semoga ini yang terakhir elu sakit parah ya. Semoga elu sehat2 selalu. Big hugs, Vi!

Pucca said...

@xiao: iya xio, gua udah mulai membiasakan diri makan enak nih.. hehe.. makan enak aja perlu dibiasain ya :P

@willy: iya wil, same goes for you too ^^

@fen: betul fen, cukup sekali pengalaman di situ, jangan lagi2.. kapok..

@dasi: hai desi, makasih ya, ini udah makan mulu kerjanya hehe..

@susi: gua udah vaksin hepatitis kok, tapi hep-B. gua udah gak pantang lagi ah sus, semua makanan sehat menurut gua skarang wkwkwk :P

@leony: iya, makanya gua juga boseeen sakit terus, semoga tahun macan abis gua juga gak sakit lagi :D
kemaren kok gak ada stasiun tv yang wawancara gua ya hihi..

@veny: iya ven, gua tiba2 menghilang dari blogosphere ya hehe.. biasanya kan gua kepo komen sana sini :P
ayok deh, kapan kita ke glodok wisata kuliner ven :D

@elisa: iya el, coba kalo gak ada keluarga, mungkin gua gak sembuh2 deh, gak ada semangat idup rasanya..
dikasih cuti 6 hari, tapi kamis besok ini gua mungkin udah masuk kantor, abis udah hampir 2 minggu gua cuti, gak enak juga..

@k: iya nih, semoga ini sakit terakhir ya, padahal biasanya gua jarang sakit loh.. makasih ya..

@eny: butul sekali en, udah tersiksa pantang2, eh sakit pula kurang gizi.. sekarang gua membabi buta makan enak2 huehehe..

@angel: udah sembuh kok ngel, skarang lagi menimbun lemak kan mau gemuk ^^

@misooyi: iya, gua udah banyaaak makan, minum juga, istirahat juga, udah sehat kok gua ^_*

@amey: iya nih, lu bakal kaget kalo tau gua kemaren ini makan apa aja, makan porsi 2 orang gua abisin sendiri :P

@nie: thanks nie, gua udah sehatan kok, tinggal pemulihan aja, lu juga ya, jangan banyak pikiran, supaya sehat..

@yulia: iye.. gua juga mikir ngapain gua pantang bikin kurus aje hehe.. kiong hi yul :)

@pitshu: royal taruma gak mahal kok pit, tergantung kelas kan tarifnya, kemaren gua di husada tarifnya malah 2 kali lipat dari di royal taruma, karena kelasnya lebih tinggi..

Pucca said...

@epi: iya pi, gong xi gong xi juga ^^

@yulia: makasih banyak say *hugsss*, harus gua tulis donk, supaya gua inget terus.. iya, ayuk kita janjian ke kopro, eh skarang ini nyokap gua tiap ari ke kopro loh, ketemu lu gak tuh hehe..

@tine: bener banget samu, gua juga pengen get well now.. mestinya gua bilang begitu ke dokter ya, kaget kali dokternya :P
kalo dekap kan kita jauh, jadi komen dengan penuh cinta aja gua langsung enakan kok ^^

@nat: tenks nat, iya gua kerjanya makan mulu tiap jam, gawat deh nti kalo nyokap gua pulang gua bakal kelaperan mulu nih..

@selvi: kok gitu sel, gpp kok gua seneng ditelpon elu, sori gak bisa bantu apa2, lagian gua udah sembuh :D
oh lu lahiran di husada ya? deket dari rumah elu sel?

gua hobi nonton kok tenang aja, gua kerjanya nonton mulu sambil makan hehe.. tapi malah adanya berita adjie massaid meninggal, gua jadi rada mellow..

iya tangan yang diinfus jadi kaku dan bengkak, semoga gua gak diinfus lagi, kasian tangan gua..

@fel: semoga kita gak sakit2 lagi ya fel, gua juga pengen bisa sehat lagi seperti dulu.. gua bahkan lebih kurus dari waktu gua sma dulu, pokoknya tekad gua mau gemukin badan sampe 50 kg!

gua udah pernah vaksin hepatitis B, tapi ternyata gak imun hepatitis A, karna gua sering makan di luar kali kan jorok..

@arman: iya man, gua kan gak masak, tiap ari makan di luar, pas kondisi tubuh gak fit langsung kenalah gua..
tapi skarang gua bener2 makan banyak lo, nyokap gua masaknya banyak banget ampe gua keknya gak brenti ngunyah hihihi..

@dessy: ini baru mau coba minum temulawak des, kemaren2 minum yang instan dari rs, tapi panci gua jadi kuning2 semua..
david sampe 3000? buset parah banget ya dia.. makanya sampe 2 minggu, gua seminggu aja udah gak betah..

gua emang ada maag des, jadi komplikasi kemaren ini, gastritis, anemia akut ama hepatitis A. iya gua tau menular makanya gua pake gelas ama sendok gak share, tapi gak disiram aer panas sih, dicuci biasa aja..

dokternya gak bilang pantang apa2, justru mesti makan daging yang banyak... gua aja udah makan ayam brapa potong nih, gak ada slice2an, barbar gua makannya.. iya gua gak mau capek2 juga :)

@tia: iya, semoga ini sakit terakhir ya, gua juga gak pengen sakit2 lagi :)

Cyntha said...

Gong Xi vi...semoga tahun ini ga ada yang namanya sakit ya..selalu diberi kesehatan ^_^ ayooo makan yang bergizi n banyak buuu...wong elo kurus ini. ga perlu pantang2an lah. gw aj ga pantang hehehe

Bonnie said...

ya ampuuun pantesan ditungguin cerita barunya kok gak kunjung ada taunya sakit...tapi kita gong xi dulu ya, semoga rabbit year tahun ini memberikan segala kebaikan buat kita semua..sekarang emg udaranya lg gak enak, di kantor gue ada 2 orang yang kena virus sejenis cikungunya, suami gue aja kena flu yang gak keluar...memang sehat itu berharga ya? mungkin kita perlu suplemen vitamin juga kali ya secara sekarang byk virus udah makin macem2..cepet recovery mba viooll :)

daadaachan said...

Ya ampun Viol, gua sampe ngenes bacanya. Pasti lemes bener yah, mana lu kan 'katanya' kurus (seperti yang dipromosikan di tulisan lu, hehehe), jadi ngebayangin lu nti tambah kurus. Mudah2an sekarang dah sembuh total jadi bisa happy2 joy2 lagi yah.

Ah Boy's Mom said...

Gong xi fa cai Viol & David....

refreshing jalan2 yuuuk ke sini aja, ntr dihibur deh sama ah boy... hihihi.

semoga sehat & sukses di tahun baru ini yaaa....

katrin said...

viol, gong xi fa cai, cepet bugar and fit lagi yaa...biar bisa jalan-jalan lagi ama david...*hugss*...
bener, harta terutama manusia itu kesehatan, gw skrg lagi proses tambal gigi, kalo pas di dokter kesenggol syarafnya, duh, sakitnya minta ampun, pas pulang kalo gigi kesenggol juga cenut2 rasanya gusi. Jadi kapok kalo pas malem udah ngantuk, males sikat gigi hehehe...
Skali lagi...semangaattt ya viol, biar bisa jalan-jalan lagi (mentang2 gw suka travelling hihihii)...

pinkbuble said...

Viol..cepet sembuh ya en jangan sakit sakit lagi..gw baca cerita lu jadi ikutan ngilu vi..

Giong hi juga btw, semoga taon ini jd taon yg lbh baik buat kita semua..tahun maju di kesehatan buat lu dan sukses semuanya..

Belzy said...

viiii.....cepet pulih 100% yah vi, jangan sakit2 terus, mule skarang makan makanan yang sehat jangan ada yang berlebihan aja. Perbanyak makan sayur, tapi jangan lupa makan daging juga, pokoke 4 sehat 5 sempurna dah. (maap gue bawel jadi kayak emak2)

Btw, kiong hi juga yaa biar di taon mendatang bakal diberkatin banyak rejeki, kesehatan dan semua yang dicita2kan sukses semua :)

Pucca said...

@cyntha: amin cyn, semoga ya gak sakit2 lagi.. gong xi gong xi yaa..

@bonnie: makasih bon, iya perlu minum suplemen kalo udah ngerasa badan kurang enak, kita kan sok sibuk ya, jadi badan harus dijaga supaya gak cape2..

@linda: iya lin, gua kurus bukan promosi kok tapi ngenes hehe.. semoga dengan porsi makan gua yang meningkat drastis ini bisa membuat berat gua juga meningkat :P

@lena: iya, gua juga pengen jalan2 refreshing, ini sgd gua simpen2 kan buat nanti ketemu ah boy di sana ^^

@katrin: iya, rasanya dulu gua perkasa bener deh, gak tau skarang jadi letoy begini.. eh gigi gua sejak sakit dulu sampe skarang masih cenut2 loh kalo disikat gak tau knapa apa kelamaan gak disikat ya hihi..

@elrica: iya betul, semoga taon ini gak ada postingan tentang sakit lagi, apalagi tentang rs..

@bel: sama2 bel, abis lu jauh sih bel, coba kalo lu deketan kan gua bisa ketring ama lu, gak bakalan deh gua sakit2 ^_*

katrin said...

vi,kalo kesenggol sikat gigi masih sakit, keknya syaraf giginya ga dimatiin ama dokternya. punya gw juga. coz katanya kita masih muda, kalo syaraf dimatiin ntar giginya berubah warna,n mati (ga berguna). Jd ya daerah gigi itu musti lebih ati-ati,n jangan makan yg keras2,...

sima said...

Vi, kiong hie ya, biarpun telat.
semoga di tahun kelinci ini semakin lincah dan imut2 kayak kelinci.. :)
gimana kondisinya sekarang? semoga kian membaik ya. namanya penyakit itu memang keterlaluan... suka datang tanpa diundang dan terkadang susah ngusirnya.
aku pernah kemo di royal taruma. waktu itu sih kamarnya cukup nyaman. kamu apes banget ya vi, dapat kamar berisik banget. untung di husada tempatnya enak. tapi se-enak2nya RS, lebih enak di rumah sendiri...
selamat makan banyak ya Vi, biar daya tahan tubuh meningkat.

pututik said...

salam kenal ya vi, semoga lekas sembuh dari sakitnya dan yang saya salut kamu masih menulis begitu runtut dan panjang cerita ini. Kesehatan harta yang tak pernah bisa kita bayar dengan apapun.

Yenny said...

Viollll, kenapa dirimu sakit mulu... Huhuhu.... jaga kesehatan ya, makan yang banyak, minum omega minyak ikan, Moga di taon kelinci emas, elu se-lincah kelinci en bisa beranak pianak banyak kayak kelinci...

Gw ini shio kelinci loh *nyengir lebar*

Pucca said...

@katrin: saraf gigi? tapi kan gigi gua gak knapa2 tadinya, trus bisa sembuh sendiri gak ya?

@sima: kiong hi juga sim.. semoga ya kita semua makin imut kaya kelinci dan jalannya juga loncat2 hehe..

iya, gak tau knapa dapet kamar yang itu, emang paling enak rumah sendiri, dan gak bayar hehe..

@pututik: salam kenal juga :)
iya, sengaja ditulis kalo besok2 nanti takut keburu lupa hehe..

@yenny: iya yen.. knapa yaaa huks..
semoga deh gua taon ini bisa loncat2 terus kaya kelinci, eh katanya orang shio kelinci kan modis ya, ternyata terbukti lu kan modis suka beli batik :P

noni said...

Gong Xi ya Viol. Telat banget :D Semoga ga sakit hepatitis A lagi... aku jg pernah kena hepatitis A, SGOT SGPTnya malah jauh lebi tinggi dr kamu. Di RS seminggu waktu itu. Habis ini berarti kamu mesti vaksin hepatitis yah. =)

Pucca said...

@noni: kiong hi noni, happy cny yah..
gua blom vaksin hepatitis A, waktu itu gua cuma vaksin hepatitis B..
wah lebih tinggi brarti lebih lama sembuhnya donk non, ini aja gua blom cek lagi loh apa sgpt gua udah normal blom..

maryna roesdy said...

Ya ampun Viol, turut prihatin deh*SBY mode on*
Emang kesehatan adalah harta yang paling berharga, dan sakit mahal ya sampe ada buku Orang Miskin Dilarang Sakit. Untung bisa direimburse ke kantor.

Mama gw dulu juga pakai dok Bambang, yang kepalanya rada besar itu kan yah :P
Semoga habis ini gak sakit lagi yah.

zulhaq said...

Tapi sekarang udah baik baik, kan?
Ah, yang penting udah (akan) ada mobil baru :D

Pucca said...

@maryna: hah masa kepalanya rada besar? gua gak perhatiin ryn, lu ada2 aja mentang2 tukang gambar lu presisi banget liat ukuran kepala orang haha..

@zia: iya skarang udah baik zi, itu seidkit menghibur sih hehe..

naki said...

waduh pit , gw sampe ngeringis2 bacanya . pas kemaren gw pulkam gw juga di-infus di rs sana , tangan bengkak2 , menyedihkan ya :(

skarang lo uda bae kan yah ? cepet pulih yah viol :D

Anonymous said...

reported a lot of people pay off the fiscal loans in a timely manner plus lacking penalties
A top credit debt good cause expects the sheer numbers of most people looking toward him or her with regard to guidance finished payday loans money owed towards dual this kind of. consumer debt charitable trust states around manipulate any cash advance, large desire borrowing products this current year. A nonprofit charities affirms a couple of years in the past numerous clientele using them had been simple.
pożyczki prywatne
kredyty bez bik
pozyczka bez
pożyczka prywatna forum o2
kredyty bez bik

http://kredytybezbik24.net.pl
http://szybkapozyczkaonline.com.pl
http://kredytybezbik24.net.pl