Pucuk Labu

Jumat ini seperti biasa gua n beberapa temen kantor pesen sayur. Ada temen gua yang iseng pesen pucuk labu. Gua yang udah mati gaya mau pesen sayur apa lagi, akhirnya latahlah ikut2an, jadinya kita berdua pesen pucuk labu.
Dengan bayangan nanti bisa dimasak pake sambel atau tauco seperti kangkung. Dan gua mantep banget dah ama bayangan gua itu, secara david doyan kangkung tauco dan semua sayur yang dimasak pedes.

Si pucuk labu finally sampe dan setelah gua timang2 sepertinya oke. Ada sulur2nya lagi, bener2 beda deh dari sayur yang biasa gua masak cah bawang putih, kaya brokoli, kacang panjang, siomak. Pasti enak deh pikir gua.

Malemnya gua ama david berdua gugling resep pucuk labu, sepertinya gampang, semuanya bilang dicah doank, ada yang cah pake udang, pake teri, ada juga yang cah ama cabe aja.. sedangkan kita sepakat besok mau coba dikasih pete dan cabe. Secara pete gitu loh, apa aja dicampurin pete enak kan :D

Tapi karna besoknya gua males ke pasar hehehe... jadi rencana diubah jadi tauco dan cabe ajah. Pagi2 nungguin tukang bersihin ac dulu, akhirnya ac gua dicuci juga setelah setaon wkwkwk.. jorok ya gua, abisan gua paling males panggil tukang bersihin ac. Seringnya ac jadi bersih tapi rumah gua jadi kotor. Apalagi mesti geser2 ranjang, mana tukang ac yang terakhir jorok, aernya nyiprat kemana2 sampe2 gua tergopoh2 tutupin koran semua elektronik di kamar, trus tangannya belepotan di dinding sekitar ac.

Jadinya tuh ac biasanya gua bersihin filternya doank. Tapi anehnya ac sharp ini, filternya selalu bersih. Jadi percuma aja gua bersihin filternya, hampir gak ada debu. Yang kotor blowernya, dan gak bisa dilepas. Beda ama ac lg gua dulu, filternya sering gua copot trus cuci sendiri karna filternya selalu penuh dengan debu.

Setelah mengamati tukang ac itu bekerja, literally gua bener2 duduk di kursi meja rias persis di belakang orangnya selama dia bersihin ac, gua akhirnya menyimpulkan gua bisa pake ini orang. Kerjanya gak jorok dan aer kotor gak nyiprat2. Gak heran sih sebenernya, karna gua dapet orang ini dari paman gua, dan paman2 gua itu rata2 rada freak soal kebersihan dan kerapihan.

Paman gua yang keempat - yang rekomen tukang ac ini, ubin di rumahnya tertata dengan sangat rapih, sampe2 kata david natnya (nat itu jarak antar ubin) sama antara nat yang satu dengan nat yang lain. Waktu dia liat rumah gua, komen dia adalah rumah gua itu bikinnya kasar banget. Dindingnya kasar, natnya timpang2 hahaha... padahal menurut gua rumah gua oke kok :P

Lalu paman gua yang keenam, dia beli rumahnya yang skarang hampir bersamaan dengan gua beli rumah gua. Tapi gua beli rumah baru, dia beli rumah second trus direnov.
And believe it or not, until now renov rumahnya itu blom kelar2 wkwkwkwk :P

Dia sampe ada tukang tetap bertahun2 untuk ngerjain rumahnya itu. Dan udah ada tukangnya yang hopeless dan resign karna tak tahan lagi dengan perangai paman gua yang antik.
Tukang itu bilang (tukang ini pernah ke tempat gua pasang teralis, jadi dia curhat2 gitu) katanya pernah pagi2 disuruh pasang ubin. Dari pagi dia pasang ubin, eh pas sore si bapak pulang katanya ubin saya gak rapih, saya disuruh congkel lagi. Bener2 dicongkel trus besokannya disuruh pasang ulang loh.

Banyak lagi dia cerita yang lain sampe2 gua ama david ngekek2 denger ceritanya, yah kita pernah liat sendiri sih carportnya udah bagus2 dipasang, eh besok2 dibongkar lagi karna kurang miring, jadinya itu rumah ndak kelar2.
Dan selama ini paman gua tetep tinggal di rumah itu, cuma kalo ada perombakan yang berdebu aja dia ngungsi tinggal di hotel abis itu balik lagi. Rumahnya juga gak sekecil rumah gua, rumahnya gede, dan dari awalnya 2 lantai dia bikin 4 lantai.

Tapi tetep aja... kok betah coba tinggal di rumah yang selalu under construction dan juga gua gak abis pikir itu rumah udah abis berapa duit ya, orang gua kalo ada tukang di rumah lebih dari seminggu aja udah gerah pengen cepet2 kelar abis duit keluar mulu beli inilah itulah, bayar tukanglah :D

Padahal paman gua yang ketiga (iyaa paman gua banyak ;P) udah ngomong loh waktu paman gua yang keenam ini pindahan dan kita selametan di rumah itu, ini rumah enaknya dirobohin aja, trus lu bangun ulang dari awal, palingan 6 bulan kelar.
Waktu itu gua pikir, wah sayang juga rumah ini dirobohin ya, padahal kan masih layak tinggal, gak jelek2 amat. Tapi sekarang gua sangat mengerti kenapa waktu itu paman gua bilang gitu. Karena kalo waktu itu dirobohin, sekarang pasti udah kelar. Sedangkan sekarang udah 6 taon loh, masih blom rampung aja.

Eh kok malah ngolor ngidul ngomongin paman gua. Back to pucuk labu. Abis tukang ac pulang, gua mulai mengolah pucuk labu. Dipotong2, dicuci, dan gua mulai memasak. Udah beberapa menit gua oseng2, warnanya tetep ijo mentereng gitu, gak layu.
Gua tambahin aer lagi, gua oseng lagi, tetep aja begitu. Gua mulai sangsi, gua teken2 pake sutil kok ya masih keras aja batangnya, akhirnya gua nyerah gua oseng sebentar lagi trus gua angkat aja deh, semoga aja pas dimakan gak alot tapi kres2.

Tapi ternyata.. pas dimakan keras, kaya daun singkong, bahkan ada beberapa yang dikunyah gak ancur2.. oalah..
Kata david masakan gua gagal, padahal masih ada setengah plastik lagi. Tapi biar kata gagal, tetep aja kita abisin, gua makan sayurnya, david gadoin tauconya.

Yah.. dan hari ini pucuk labu sisa setengah plastik itu david yang masak. Dia mau masak kuah katanya supaya lebih lembek. Tapi akhirnya... wkwkwk.. tetep aja alot :P
Mana kagak enak lagi, dia aja yang masak cuma makan sesendok abis itu katanya buang ajalah. Untung gua berdedikasi menghabiskan semua pucuk labu itu. Kalo gak inget itu organik (baca: mahal) gua juga ogah abisin :P
Lebih mending kemaren pake tauco setidaknya tauconya enak, jadi ketolong, kali ini dikuahin gak banget dah.

Sebenernya sih rasa sayurnya enak juga, mirip2 daun singkong, tapi entah kenapa alot, ada beberapa yang bisa dimakan, ada yang dikunyah2 gak ketelen. Kita berdua berkesimpulan, bukan kita yang gagal masaknya, emang pucuk labunya tua nih.
Besok gua telpon ah orangnya, masa gua dikasih pucuk labu tua. Tapi besok gua tanya dulu temen gua gimana hasil pucuk labu dia, jangan2 sukses lagi hahaha.. tapi masak iya, gak mungkinlah, pasti alot juga, 99% gagal keknya :P

Malemnya kita nonton dvd film julie and julia. Ceritanya tentang memasak. Gua jadi pengen les memasak jadinya. Selama ini gua kan masak asal cemplung aja. Jadi masak sayur apapun rasanya sama aja, karna bumbunya yah itu2 aja semua botol yang ada di dapur gua kecrotin hahaha...
Seru juga kali ya rasanya masak dengan bumbu macem2, ngikutin resep, hebat juga itu film memotivasi gua yang super extra males memasak ini pengen masak.

Akhir cerita pucuk labu gua, david bilang jangan beli sayur ini lagi.. hihihi...

32 comments:

imeth said...

pucuk labu enak atuh Vi, di Ikan Bakar Cianjur eike sering tuh order itu sayur pucuk labu.
Paman lo antik bener ya bo, renov rumah gak kelar2 hahahaha,gw kalau jadi tukangnya, pusing juga kali.
ayooo belajar masak neng Viol, jangan males *padahal gw juga sering males masak* hahahaha

Bebek said...

Haha untung si dapit inisiatip masak, seenggaknya membuktikan kesalahan bukan pada elu ya, Vi?

inten said...

Kayaknya aku harus nonton film itu deh biar gak males masak hehe..

amey said...

mungkin harus di rebus dulu kali vi baru di masak? kalo daun singkong kan biasa di rebus lama sampe lembek dulu baru di masak?

Leony said...

Perasaan, kalo sama nyokap gue, pucuk labu itu dilalap!! hehehehe....

Or else mgkn elu kudu presto dulu, biar cepet empuk.

Salam buat Om elu, bisa dikenalin ke Om gue tuh, yang selalu ada project di rumahnya. Mungkin bisa saing2an lama2an renov rumah hihihihi...

eny said...

gw sering beli pucuk labu vi di pasar. Enak banget koq, gw suka banget. jangan lu petik semuanya, tapi pilih yang muda2 aja. Lu rebus bentar, tiriskan. Trus oseng agak kering pake ebi tumbuk, cabe n bawang. Slurrrp lezat banget lho

Pucca said...

@imeth: oyah? nanti gua coba ah kalo gua ke ibc, penasaran kalo masaknya bener kaya apa sih rasanya..
emang dia antik, nyokap gua aja ampe geregetan wkwkwk :P
lu mah rajin, gua liat hasil masakan lu wokeh2 meth..

@bebek: haha.. betullll.. itu tujuannya :P

@inten: nonton gih, bagus juga loh filmnya ^^

@amey: jangan2.. tapi di resep knapa gak dibilang, katanya ditumis aje...

@leony: hah? dilalap? udah dimasak aja masih keras, berarti pasti muda tuh pucuk labunya, pucuk gua tua kali yah..
wakakak.. presto pucuk labu :D

nti gua tanyain pin bb om gua deh, kali2 mereka malah curhat2an soal renov rumah haha..

Dessy said...

catering gua sering juga tuh menu pucuk labu... kayaknya ditumis doang...
tapi gua ga suka sih pucuk labu :D

Quinie said...

huahahaa... lu poto dong tuh pucuk labu. ntar gua tanyain ke ibu mertua gua yang jago masak, ntu pucuk labu harus diapain biar enak dimasak :D.

baru aja gua mo tanya, emang paman2 lu itu *yang kaya dipilm silat, paman ke sekian)* ngerti cara ngolah pucuk labu?

pinkbuble said...

Harusnya pucuk labu dimasaknya gimana vi?

Arman said...

pucuk labu itu kayak apa sih vi? beda ama labu siam?

julie and julia emang inspiring banget ya. gua setelah nonton itu juga langsung pengen belajar masak rasanya. hahaha.

MarvelLicia corner said...

Viollll... Gw juga selalu gagal kalo bikin tumis pucuk labu... Dan taukah engkau..
Beberapa episode lalu, santapan nusantara (acara masak2 di tipi)bikin tuh tumis pucuk labu.
Dan benar sekali sodara2... Harus direbus dulu bbrp menit! Stlh direbus, lgsg dimasukkan ke air es, spy warnanya ttp cantik..
Tuh kaann... Pantesan dari 3x beli pucuk labu, gagak mulu... Gw blm coba lagi vi, tapi emang mau nyoba dgn cara begitu, apakah bener jadinya enak. Soalnya tumis pucuk labu di cianjur ( bener kata imeth) enaakkk...

BabyBeluga said...

Pucuk labu apaan sih? Gw gga tau. Jadi penasaran deh pengen tau. Iya, sayuran apapun kalau udah tua mah alot ya. Gga kebayang emang paman elo itu, gw juga gga gerah kalau ada tukan di rumah. Pengen cepet selesai and get my privacy back. Belum lagi kadang disini kalau ada tukang, biasanya sih tukang bangunan, kontraktors gitu, kalu apes, pekerjanya ada yg suka nyolong lho. Ada bbrp temen gw, bule, yg kecolongan tools, x-box, speda etc,. And semuanya, sama kondisinya, rumah mereka br di renov. Berarti ada kaitan ama pekerja kan....

Yulia said...

ga pake foto pucuk labu, ga asik. hihihi tetep.
gw jg ga pernah beli pucuk labu secara takut aneh.
renovasi itu paling menyebalkan, paman lu antik jg kalo bisa tahan 6 thn utk renov.. bininya bisa tahan ya boo? haha

daadaachan said...

Pucuk labu kaya apa yah Vi? Pamanlu keren banget, ga abis2nya nge-renov. Disini ada mansion yang katanya harus di-renov terus2an soalnya kalo kaga ada penghuninya marah, hahahha. Sekarang sih dah jadi museum, tapi masih ada area ang under construction gitu. Itu kejadiannya 40 tanan lalu. Saking bingung apa yang mau dibangun, akhirnya ada pintu yang kalo dibuka isinya tembok.

Yulian said...

pucuk labu mayan enak kok.
pertama kali makan di ikan bakar cianjur...bistu nyokap coba masak sendiri, enak juga meski masih kalah ama yg di ibc.

apa pas beli dptnya yang tua kali ya, Vi?

epi said...

Gue ga kebayang pucuk labu bentuknya kek apa loh hahaha
vi kalo mo les masak, ajak2 gue ya :D gue juga mauuu

Pitshu said...

wakakakak.. kek na lo tipikal g deh! g klo masak apa aja rasanya juga sama, sop, nasgor, dll sama semua rasanya, secara yah bumbu na itu aja *anak kost juga gitu low* yang penting ada, manis, asin aja udah cukup

Mamana Clo said...

gw juga doyan tuh pucuk labu yang di ikan bakar cianjur.. dan ngalamin kaya elo juga..
beli pucuk labu di C4 kan murah tuh cuma gopek se-iket.. dengan pede-nya gw beli 2 iket. Pas ditumis, lahhh.. keras/alot benerrr.. kesimpulan gw sih waktu itu daun-nya udah tua.. emang harus direbus dulu yah?

Ah Boy's Mom said...

gw sampe google dulu cari gambar pucuk labu... hihihi.

gw di rmh jg masak sayurnya itu lagi itu lagi. :)

Pucca said...

@dessy: sama lu kaya david gak doyan, gua baru pertama kali ini sih makan pucuk labu..

@ratu: gak layak publish gambarnya haha..
iya rat, tanyain donk ke mertua lu yang jago bikin papeda gimana masak pucuk labu?

emang gak ada hubungan sebenernya antara paman gua dan pucuk labu haha..

@elrica: masih misteri el :D

@arman: pucuk labu itu daun labu siam man, ada sulur2nya..
iya abis nonton itu gua jadi berasa masak itu fun juga, padahal gua kan paling males masak, menurut gua masak itu merepotkan :P

@ariany: oh.. mesti direbus dulu ya, pantesan ya ry, ternyata lu lebih gigih sampe nyoba 3 x, gua aja sekali gagal emoh coba lagi wkwkwk :P

jadi pengen coba di ibc, tapi kira2 david mau gak ya kalo kita makan disana pesennya sayur pucuk labu? :P

@sylvia: daunnya labu siam syl, labu siam lu tau kan? gua gak tau bahasa inggrisnya apa soalnya wkwkwk...

iya emang gerah kalo renovasi rumah, tukang2 kan pada keluar masuk, jadi emang rentan pencurian juga..

@yulia: haha.. emang paman2 gua mempunyai keunikan sendiri2 :P

@linda: itu mah mansion berhantu donk ya, hantunya aneh juga pengen denger suara renov terus, mungkin dia mantan tukang hihihi..

@yulian: tanyain nyokap lu donk yul, gimana masaknya..
emang nyokap2 mah hebat kalo soal masak memasak..

@epi: dimana sih emangnya ada les masak? :D

@pitshu: haha.. abisan bumbunya sama itu2 aja so pasti rasanya gak jauh beda iya kan? :P

@xiao: gak tau xiao, entah emang kita dapetnya pucuk tua, entah mesti direbus dulu, entah cuma pucuk atasnya doank yang diambil, mesti tanya koki di ibc kali ya :D

lu murah amat belinya seiket gopek, gua beli 8000, makanya gua abisin walaupun alot :P

@lena: yah begitulah gambarnya len, gua juga karna bosen masaknya itu mulu jadi sekali2 pengen variasi ceritanya, eh malah gatot :D

Mey said...

@_@ guå gak kebayang vi bentuk pucuk labu huehhe...
Maklum sayuran yg guå tau cuman terbatas :p

Iya nih paman lu banyak banget vi, ada brapa sodara tuh totalnya :D

Rina Suryakusuma said...

@Viol : Namanya sih menarik banget vi, pucuk labu. Gw malah gak tahu sayur apakah itu, parah ;)

Pucca said...

@mey: emang sayur itu jarang2 mey, gua juga baru tau kok :P
haha.. sodara nyokap gua mah buanyaaakkk :D

@rina: iya banyak yang gak tau opucuk labu ^^

bonnie said...

mba viol, gw ampe telpon emak gue.. penasaran mestinya dimasak gmn? krn dulu mama ku suka masak di tumis gt aja dan gak alot... kata mama sih, masaknya itu untuk batangnya abis di patahin di tarik gt kulitnya jadi ada ujung2nya, supaya pas di masak dia cepet lembek... @_@ aku sulit menjelaskannya..wkwwkwk! btw, cerita si paman yang mau renov jadi membayangkan diriku sendiri yang mau renov mba, gak kebayang debu2 nya apalagi sipaman yang berbulan2..ck ck ck

Angels said...

pucuk labu apaan tuh viol? pucuk nya buah labu gitu?

emang tuhh. tukang ac tangannya suka malah ngotorin dinding. sebel deh. belepetan item2.

julie&julia gw baru nontonnn! XD Ada di HBO kemarin. Sampe 3x viol gw nonton hahaha. bagus filmnya.

Pucca said...

@bonnie: gimana tuh bon? gua gak mudeng.. ditarik kulitnya jadi ada ujung2nya? gimana kalo nyokap bikin youtubenya wkwkwk..

@angel: iya bener pucuk daun buah labu ngel.
iya bagus ya filmnya, gua jadi terinspirasi :D

Nilola24(tia) said...

Beberapa mg lalu pas makan di rasane klp gading, ada menu pucuk labu. Berhub gue lg ga nafsu makan, jd gue ga nafsu pesen. Tp gue jd penasaran jdnya.coba elu mampir ke resto yg masak puck labu, trus cobain enak ga. *lg ga eneg, jd gue comment masakan. Hihihi*

Denger cerita om elu, gue jd inget cerita sejarah di semarang. Dulu ada org yang dirumahnya ga henti2 renov, nambah pintu. Konon, dia diramal kalo mau kaya mesti bangun pintu terus. Jd rumahnya ada 3000 an pintu sampe akhirnya dia meninggal. Rumah itu skrg jd objek wisata di semarang. Gue sih belon pernah kesono, tp penasaran pengen liat rumah 3000 pintu kayak apa tuh..

vera said...

pucuk labu gua doyan... di ikan bakar cianjur enak banget...

kalo di rumah biasanya gua kukus plus sayuran lainnya lalu disiram pake bumbu pecel. jadi pecel deh. enaakkkk...
yg dipake pucuk2nya aja, vi. yg bawah2 mah kerassss....

katrin said...

gw juga ga pernah liat sayur pucuk labu, ntar pas ke IBC mau cobain...

eniwei, julie n julia bener2 inspiring ya...gw awalnya pengen beli bukunya, tapi pikir2 lebih enakan kalo ada dvd masak-memasaknya ya,hahaha. Kapan ari gw browsing, ada museumnya lho si Julia Child, coba cari websitenya vi, ada gambar interaktifnya...

thesalem said...

Pucuk labu kata emakku dimasak pucuknya aja, tumis bawang putih juga bisa. Kukus juga oke. Tapi saran gw gak usah beli lagi, delivery aja hahaha..

Vi gw lama gak buka blog, apa kabar dirimu, sehat kan?

Pucca said...

@tia: gua juga penasaran ama pucuk labu di ibc, abis orang2 pada bilang enak..
oyah? david gak pernah cerita ada rumah kek gitu di semarang, tapi akhirnya dia jadi kaya beneran ya, soalnya kalo rumahnya gak gede gimana bisa dibikin 3000 pintu :P

@vera: sayurnya keset2 gitu kan ver, oh dipakein bumbu pecel.. iya sih sepertinya lebih enak kalo pake sambel kacang, jadi bawahnya dibuang semua, sayang banget ya..

@katrin: iya sampe dibikin museum berarti dia terkenal banget ya..
gua juga pengen liat loh bukunya, tapi bahan2nya pasti susah ya kalo dipraktekin..

@maryna: hahaha.. saran lu sangat diterima ryn :D
aku sehat, thank u ^^
sori ya gak membantu soal email kemaren..