Kenapa Makhluk Ini Ada?

Gua gak menyangka bahwa akan ada binatang yang gua benci lebih daripada kecoa. Selama ini kecoa menduduki peringkat paling atas dari binatang yang pengen gua hapuskan dari dunia.

Gua bisa jejeritan kaya orang kesurupan kalo ngeliat ada coklat2 berkeliaran di rumah. Padahal kalo dipikir2 gua gak bisa deskripsikan apa yang gua gak suka dari kecoa itu. Gua geli aja gitu ngeliat sungutnya, kepalanya, badannya kalo lagi telentang, kakinya yang bengkok2 berduri, pokoknya gua geli ama semua bagian dari kecoa, apalagi kalo dia terbang2....

Sampailah pada hari ini, gua dengan resmi memutuskan menurunkan kecoa dari peringkat teratas ke peringkat kedua. Mungkin kalo kecoa2 tau mereka akan bertepuk kaki saking girangnya.. horee horeee... ih ngebayangin kecoa bertepuk kaki aja gua jijayyy.....
Yahh.. walaupun gua secara alami ciong dengan kecoa, tapi setidaknya dia tidak pernah menyebabkan gua harus keluar duit berjuta2.

Cuma rayap yang bikin gua keringat dingin begitu gua ngeliat jalur tanahnya yang memanjang di sekeliling kitchen set dan di plafon. Gua sampe tidur tak tenang membayangkan bahwa saat ini juga... di kedalaman bemeter2 jauhnya di bawah tanah, ada ratu rayap gemuk yang terus menerus bertelor dikelilingi anak2nya si rayap pekerja yang giat memakan kitchen set dan kayu2 plafon gua dengan suka cita tanpa henti selama 24 jam.... krauk krauk......

Katanya ratu rayap dudut itu bisa bertelor sampe ribuan telor tiap ari. Bayangkan! Ribuan Telor. Tiap Ari!
Dulu gua cuek aja ama laron walaupun pernah denger kata orang kalo laron itu bisa jadi rayap, tapi gua gak gitu percaya. Sekarang baru nyesel, emang laron itu rayap!

Jadi kalo ada laron terbang2 jangan kasih masuk rumah, nanti mereka akan memutuskan sayapnya trus mating, merekalah yang akan menjadi cikal bakal king and queen termite dan membentuk koloni rayap.
Kabarnya queen termite dudut itu bisa idup sampe 45 tahun.. dan jangan lupa dia tiap ari bertelor ribuan...

Sudahlah rumah bsd mesti bayar anti rayap, masa rumah ini juga ikut2an mau morotin gua pake anti rayap juga? Agghhhh...
Padahal rumah bsd justru rayapnya udah gak ada loh, cuma bekasnya aja yang keliatan yaitu 2 pintu kopong, sedangkan tersangkanya dicari2 udah gak ada, mungkin pindah ke rumah sebelah kali.. justru di rumah gua skarang ini yang ada rayap aktif, kemaren dikorek ama david keliatan rayapnya putih2 lagi gigitin kayu di pinggir plafon... ughhh.. sebellll...

Setau gua ada 2 cara yang ditawarkan jasa anti rayap. Pertama sistem injeksi. Sitem injeksi bisa dilakukan waktu pra konstruksi (sebelum rumah dibangun) dan setelah rumah dibangun.
Enaknya sih sebelum rumah dibangun ya, garansinya lebih lama bisa sampe 5 taon. Dia akan inject obat anti rayap ke pondasi rumah.

Kalo injeksi setelah rumah dibangun, nanti di sekeliling bangunan rumah, tiap max. 1 meter dia akan inject obatnya pake bor, pas di nat ubin kita. Boncel2 dikit sih pastilah, tapi gak jelas banget kok karna mata bornya kecil dan abis itu ditutup lagi lobangnya.

Cara kedua pake umpan. Nanti di dalam rumah dan di kebon dipasang station yang diisi umpan untuk rayap. Umpan ini katanya menggiurkan untuk rayap, mungkin sama aja kaya dendeng balado bagi gua.
Kalo dimakan, bisa menghambat proses penggantian kulit rayap dan matilah dia. Rayap pekerja yang memakan umpan itulah yang bertugas untuk memberi makan seluruh koloni, dengan begitu umpan itu akan dioper2 ke semua rayap di sarang sehingga perlahan2 semua rayap2 tersebut akan mati.

Di rumah bsd gua pake anti rayap term*nix sistem injeksi, garansi 3 taon. Knapa gak pake umpan?
Soalnya rayapnya udah gak ada jadi untuk pencegahan pake sistem injeksi aja, lagian garansinya lebih lama dibanding umpan yang cuman setaon.

Dan juga rumah kosong kan emang lebih enak diinjeksi soalnya gak ada perabotannya, kalo udah ada perabot kan agak ribet mesti digeser2. Sekalian dia akan semprot plafon dengan obat anti rayap kalo masih pake rangka kayu.
Emang lebih enak pake rangka baja ringan setidaknya plafon aman, tapi kalo udah kadung pake rangka kayu masa mesti ganti semua.. duhh mahall....

Sekarang gua cemas tiap kali liat kitchen set, buka pintunya aja pelan2, gua takut ambruk.. kalo david takut plafon yang ambruk, apa kita kelebayan yah.. mestinya kalo baru diserang gak secepat itu lah ya robohnya.. biarpun mereka banyak tapi kan giginya kecil2, pasti lamalah ya makanin kayu yang keras.. iya kan?
Iya ajalah, supaya gua tenang nih...

So happy valentine's day everyone :D
Pada pergi dinner romantis ya? Gua sih sendirian di rumah nih.. david miting seharian sampe lembur. Udah gitu di saat semua orang ngomongin cinta gua malah ngomongin rayap hihihi..

Ini gua kasih life cycle si rayap, beware ya terhadap makhluk ini, selamatkan rumah kita dari rayap2 kejam tak berprikerumahan.

32 comments:

sherly said...

Hiiiiiiiii... ngeliat gambarnya bikin gua gatel2, Viol!! Astaga.... Aduh rayap emang nyebelin!
Di sini papi mamiku jg pasang anti rayap itu, maklum dulunya ini tanahnya bekas rawa, jd ga bisa dihindari :(

amey said...

ya ampun horor banget sihhhhh itu rayapp??? makanya skrg banyak yg pakai atap baja ringan, supaya ga kena rayap kali ya?

Mery Thenu said...

viol, rumah g juga ada nih, share dunk biayanya dan efektif apa nga, kemaren sih sdh di survey, lumayan mahal, takutnya sdh bayar mahal, malah nga efektif. ini lagi nyari2 info dulu

Pitshu said...

yah kek nasib g dulu, gilak yah 4 taon g bobox diatas rumah rayap, jadi kasur kost itu dalam kayunya udah habis jadi rumah na dia, sampe g sadar (waktu itu pernah di posting) hahaha :)
emang na bayar tukang anti rayap itu mahal yah ?! boleh tau berapaan ?

mamipapa said...

rumah BSD loe kudu kasih anti rayap terus2an loh soalnya BSD itu kata tmn gw daerah rayapnya banyak hahahha...bahanya kalau lantai elo parket juga kudu anto rayap, trus kalau buat furniture dari kayu jgn lupa minta orangnya semprot anti rayap juga

tpt gw juga byk udah bosen gw buang2in furniture rongsokan emg susah sih rumah tua hahaha...kamar gw yg udah di renov aja dinding pd bolong2 gara2 si rayap itu, parket juga sampe di potong plint nya..trus dinding item2 geli dahh...

kalau gw pergi agak lama biasa gw suka semprot2 baygon..kdg2 ada satu waktu suka keluar rayap2 kecil gt, tinggal gw yg sibuk tepok2 pake tissue

kl laron gitu kan sukanya di cahaya lampu, kalau lampu dimatiin dia hilang, kl gw banyak laron di teras depan muter2 di atas lampu teras. kalau iseng gw ambil baskom gede isi air trus taro aja di bawah lampu nanti itu laron2 pada masuk ke baskom satu persatu hihihi..

All about Ananda said...

Viol.... Uda lm g ga comment. Tp dl g pernah comment koq, mgkn lu uda lpa x ya? Hehe... Vi, coba cari obat rayap di ace dah, kmrn ni kitchen set nyo g jg kena. Diksh tu obat mendingan sih... Pada mati tuh, kira2 3 harian gitu deh. Smp udah gak bunyi krek krek lg. Berbentuk cairan, jd di semprot ke rayap2nya. Ato 1 macem lg, bentuknya ky butiran wrn merah, makanan rayap, sistem kerjanya sm kaya umpan.

nattever said...

bulu kuduk gua langsung merinding bayangin koloni rayap ribuan itu gigitin kayu, gua jd inget film kartun donal bebek kalo gak salah, itu si donal kesel banget gara2 rumahnya sampe rata ama tanah dimakanin rayap ribuan, jadi tiap hari dia perang mulu kejer2an ama rayap.

kalo uda bayangin gitu, iya emang kecoa gak ada apa2nya ya vi...
tapi karena gua gak pernah berurusan sama rayap, (moga2 selamanya gak pernah), bagi gua tetep kecoa urutan pertama! kwkwkwkw...

smoga cepet beres ya mengenyahkan koloni rayapnya...

cepetan pindah aja ke BSD viol, rumah yg skrg dijual aja hihi

Arman said...

gua juga kirain laron ama rayap itu beda lho walaupun bentuknya mirip. ternyata sama ya? hiiii... ngeri ya ngeliat rayap gitu....

mama fang2 memei said...

huaa, serem... g jd gatel2 niy...

Dessy said...

gua udah ngalamin vi. rumah gua sekarang, dari pertama x gua tinggalin, langsung injeksi rayap pke rentokil yang harganya emang mehong...

terus pas kejadian kemarin, rumah tetangga sebelah gua ambruk gara2 rayap... gua panggil lagi tukang buat cek plafon gua. ternyata bagus dan ga ada rayapnya.
aduh... jangan sampe itu rayap nongol lagi 'dah :-(

nilola24 (tia) said...

Waktu gue pindah rumah baru, belom apa2, kitchen set gue kena rayap. Sampe harus bongkar semua2nya. Trus gue dapet referensi tukang basmi rayap, tp orang pribadi. Sistem dia adalah sistem umpan. 3 bulan pasang umpan sampe akhirnya umpannya udah ga dimakan rayap lagi. dan selama setaon, dia pantau terus. Cuma sekarang gue udah ga lanjutin kontrak lagi. Moga-moga rayapnya juga udah ga ada.

Tips dari tukang rayap, kalo ngeliat laron udah ga bersayap alias jato ke tanah, langsung mesti di basmi. Karena yang udah ga bersayap itu ,kalo ketemu jodoh bisa jadi ratu dan raja.

Emang rayap menyebalkan ya. Kecoa juga menyebalkan :D

Angels said...

tante gua yg pernah ngalamin. tapi dlu dia ga ikutin cara lu, kayu nya udah diganti tp tetep aja rayapnya mash ada. skrg dah pindah sih :p

iya berapaan sih viol biaya injeksi gitu?

g jg baru tau laron = rayap. klo musim ujan kadang suka terbang di lampu.sebel kalo kayak gitu.

Veny said...

g juga jijik ama rayap . amit22 jgn sampe deh
kecoa sih ga seberapa , itu rayap bener kt lu peringkat nomer 1 .
jgn sampe rmh g kena rayap , meski ada jg sih bekas gigitannya . jgn sampe si dudut ratu idup lagi hihiiiii

Ah Boy's Mom said...

waduh gw baru tau nih perihal kehidupan rayap. ngeri ya ngebayangin ratunya bertelur ribuan SETIAP HARI booo....

semoga cepet putus hubungan dengan rayap deh ya.

Leony said...

Gue paling sedih pas dulu gue kan rebuild rumah gue, so kita pindah sementara di tempat lain. Nah di tempat lain inilah yang rayapnya jutaan. Koleksi Asterix gue ludes, banyak album foto dan kaset2 plus CD gue hancur lebur karena kan ditaro di box dan ga dibuka selama setahun gitu. Boneka snoopy kesayangan gue yang gue bawa dari US ancur juga, seluruh packaging snoopy gue yang keramik jg ancur (untung keramiknya ngga). Pokoknya RAYAP ITU JAHAT! Tapi apa jangan2 ada gunanya ya? Dalam ekosistem gitu ?

Shanni said...

rumah gw sih kayanya ga ada rayap... kayanya lho ya hehehe cuma semutnya nih buanyak banget, segala macem jenis semut ada deh disini gw smp stress tiap hari liatin itu semut, mau dimatiin katanya dosa, ga dimatiin kok ngeselin jadi biasanya gw sapu2 aja kecuali yg gede2 gw injek hahaha abis takut gigit anak gw.

mahal ya vi inject anti rayap gitu? share donk biaya2nya hehehe siapa tau someday bakal perlu

aduh gw liat itu gambarnya aja merinding hehehe :D moga2 cepet kelar ya vi urusan rayap2nya

epi said...

aduh gua bayanginnya jd merinding 1 badan vi, kecil nyaris tak terlihat tp merusak n ngabisin ya wwkwkwk. Kalo kecoa jelek, gede, menjijikan tp murahan... modal sendal jepit doang buat bunuh dia :))

Once in a Lifetime said...

Ampuun, tadinya gua udah hampir yakin elo mau bilang nyamuk. Soalnya gua lagi sebel banget ama nyamuk2 yang makin banyak musim hujan begini. Tapi setelah menyimak baik2 postingan elo yang udah bak pelajaran biologi jaman SMA gua setuju rayap emang nyebelin. Tapi tetep gua lebih takut ama kecoa sih hihi.. Terus bisa2nya elo pasang gambar life cyclenya, jadi inget bikin poster begitu utk aedes aegypti jaman sekolah haha..

Mudah2an segera musnah pekerja2 dan dayang2 si dudut.

Fun said...

waduh... ga sampe kebayang kayak loe sich viol... kok jadi merinding yak? hehehe :)

Felicia said...

Serem ama binatang yang suka berkoloni2 gitu deh...soale keliatannya kecil tapi sekali nyerang merusak abis....jiahh....

peggy said...

Huaa.. gue juga benci rayap.. :(
Ga tahu deh ini nasib rumah gimana, dulu udah di anti rayap, tapi setelah garansinya lewat 3 tahun, belon dianti rayap lagi..
Males anti rayap lagi sih soalnya kayanya kok ga terlalu ngefek..

Btw, selain rayap, kelabang juga nyebelin, Vio.. hiks.. Gue lagi bermasalah dengan kelabang nih.. kayanya ada sarangnya huaa.. ngeri banget..

Katrin said...

hiiiii...gw jg begidik kalo liat kayu yang bekas dimakan rayap gitu, bisa ada alur2nya,hiiii,sambil nulis ini aja udah merinding sampe kepala...
eniwei, gw baru tau lho kalo laron itu rayap aaaarrghhh...padal wkt gw masih kecil dulu, ada bibik2 yang jaga gw cerita kalo di desa mreka, laron itu dikumpulin trus digoreng gitu...hmmmm...ngeri....

Yulia said...

Rayap itu yg bisa bikin laron bukan sih? Yg terbang deket lampu itu? Tinggal di aapto ga mikir yg gituan el. Tp seinget gw,pas kecil dulu suka korek2 kayu trus pecahin yg koping2, hahaha...

Pucca said...

@sher: gua sih ngeliatnya udah benci sher, kebayang duit gua digerogoti rayap sialan itu huh.

@amey: iya mey, skarang banyak yang pake baja ringan supaya gak kena rayap, tapi kitchen set, kusen2 dan pintu kan juga bisa dimakan dia..

@mery: mer, yang di rumah bsd gua udah inject kemaren, biayanya tergantung luas rumah, gua kena hampir 5 juta, tapi gak tau efektif apa nggak karna kan emang rayapnya udah gak ada, tapi setidaknya selama masa garansi kalo muncul kan mereka bisa kita panggil untuk membasmi.
kalo rumah skarang gua blom apa2in nih, blom sempet ngurusnya...

@pitshu: emang lu gak denger bunyi2an pit? krauk krauk gitu.. geli banget ngebayangin lu tidur di atas rumah rayap hiiyyy..
tergantung luas rumah pit sekitar 5 - 8 jutaan lah..

@felicia: emang fel, tempat yang banyak pohonnya pasti banyak rayapnya, yang sedikit tuh kalo di utara soalnya deket laut rayap kurang doyan hehe..
aduh gua ngebayangin di balik dinding rumah kita itu rayap2 berkeliaran serem banget gak sih.. lu hebat banget berani tepok2 fel, gua ngeliat rayap udah panik aja nyari2 tempat keluarnya.. haesh...
makanya karna gua mau pasang parket gua pikir sekalianlah gua pake jasa anti rayap jadi ada garansi kan, lumayan kalo ada apa2 tinggal panggil aja.

iya katanya kalo ada laron taro baskom aer di bawah lampu nanti mereka jatoh mati hehe.. dulu sih gua masih ada rasa kasian ama laron tapi sekarang huh kalo liat laron pengen gua bunuh semuanya.

@ananda: oh di ace ada yah? nanti gua cari2 deh thanks infonya yah :D
david padahal bilang dia pernah liat di ace, tapi dia gak yakin juga, nanti kalo ke ace lagi gua cari deh, gua pengen umpanin rayap2 itu.

Pucca said...

@nat: haha.. emang kalo gak pernah berurusan ama rayap jadinya kecoa tetep yang paling menyebalkan ya nat.
iya nih mau gua jual jadi gua beres2in dulu rumahnya :D

@arman: sama man, makanya gua sebel banget karna gua inget dulu lahi musim laron gua cuekin aja laron2 masuk rumah, sekarang baru nyesell banget ternyata laron itu setelah putus sayapnya mereka jadi rayap.

@tia: emang kitchen set paling rentan, karna di belakangnya kita kan gak keliatan kalo mereka merajalela. lebih murah donk ya kalo pribadi gitu tia? masih ada gak nomor kontaknya?
semoga rayapnya udah gak ada ya, kitchen set kan mahal gua jadi miris ngebayangin nanti gimana kalo kitchen set baru gua dirayapin? du.. gak relaaa...

@angel: kalo kayunya diganti tapi rayapnya gak dibasmi mah sama aja ngel, rayapnya malah keenakan dapet makanan baru hehe..
iya laron itu rayap, jadi bunuh semua laron yang lu temui ya ngel. biayanya mirip2lah ama umpan, skeitaran 5 jutaan gitu kalo exte*ra lebih mahal lagi bisa 8 jutaan.

@veny: iya ven ayo kita bikin gerakan anti rayap. kill them alll..

@lena: eh di singapur ada rayap gak ya? di sana kan mostly apartment ya, mestinya jarang rayap donk..

@leony: gunanya untuk menguraikan kayu2 yang udah mati le, jadi di hutan kalo ada pohon tumbang kayunya dimakan rayap supaya terurai, tapi masalahnya di rumah kita kan kayunya masih berguna, kenapa dimakan jugaaaa... bego emang itu rayap..

@shanni: rumah gua dulu juga gak ada rayap shan, makanya lu ati2 jangan sampe rumah lu kemasukan laron, trus ati2 juga kalo tetangga kompleks udah ada yang panggil anti rayap berarti udah ada rayap di sana, kalo tetangga lu pasang anti rayap, dia akan pindah ke rumah lain..

mendingan semut dah setidaknya bentol2 doank.. lebih sakit keluar duit hahaha..

@epi: wakakak.. gua ketawa baca komen lu pi, jadi rayap lebih elitan dari kecoa ya :P

@elisa: nyamuk jadi urutan ketiga deh hehe.. modal tepok2 doank mati soalnya el :P
tapi emang nyamuk lagi produktif ya, di rumah gua jadi banyak banget, untung gua ahli tepuk nyamuk, inceran gua jarang idup wakakak..

@fun: di bangka gua kira jarang rayap, panas dan deket laut rayap kurang suka hehe..

@feli: koloni yang menguntungkan cuma lebah kayanya, bisa dapet madu hehe..

@peggy: sarang kelabang? kaya apa tu? emang dimana peg? serem kan kelabang kalo gigit ada racunnya ya?
kalo di film sun go kong sih siluman kelabang matinya ama siluman ayam peg kekekek :P

@katrin: iya bener, di jawa laron2 digoreng trus dimakan katanya enak, dulu gua beranggapan mereka kejam juga, tapi sekarang gua mengerti mereka juga pasti sebel ama rayap sampe2 laron dimakanin hahaha..

@yulia: iya yul, laron itu cikal bakal rayap. emang enaknya tinggal di apt itu yah.. keknya gak mungkin rayapnya naek sampe setinggi itu, capek duluan dia hehe..

Pinkbuble said...

rumah gw yg di jakarta juga rayapan vi..nyokap gw ud pasrah aja tuh..padahal mungkin kalo pake cara umpan bisa kali yah tuh..ada rekomendasi jasa pembasmi rayap ga?

chartini said...

Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
Terima kasih

Belzy said...

Laron itu cikal bakalnya rayap ya vi? Baru tau loh gue, dulu di rumah nyokap tiap mau ujan gitu rumah gue suka banyak laron ngumpul di bawah lampu, trus tgl kita taroin baskom isi aer deh besok paginya laronnya mati smua. Duh gue juga paling jijay ama rayapppp......uda kayak kutu rambut tuh. Emang ribet ya kalo rayap uda nyerang rumah kita, ribet benerinnya, gede duitnya.....huaaaaa tapi kalo baru keserang lebi gampang kali vi matiin rayap2 nya?

Pengobatan Penyakit Keputihan said...

sama dong gann,,,pake kapur bagus ajja,udah di coba???

Arman said...

knock knock... vi.. kemana aja lu??

Anonymous said...

viol..dimana kau..kenapa tak pernah nongol dimanapun......

remapest said...

Hallo pak, mestinya dilihat dulu dari jenis rayap yg, dan tingkat keparahan dari masing-masing property. Kalau kami sarankan, kita bisa lihat dulu sejauh mana serangan itu ada, setelah survey baru kita tawarkan solusinya. Bisa dibaca di sini loh, tips nya:
Sistem pengumpanan, selain tidak merusak tanah, tidak menggunakan chemical sangat mudah diaplikasikan, dan mempunyai efek yang sangat cepat.
Kebiasaan rayap yang memakan makanan sasarannya secara afgresif, 24 jam per hari, dan membagikannya kedalam koloninya mampu menurunkan dan membasmi rayap secara cepat.

TERMIBAIT adalah layanan produk jasa dari REMAPEST-The pest solution program, yang menggunakan sistem pengumpanan, produk dari amerika serikat.

produk baru untuk pemberantasan rayap di rumah anda yang :

- TIDAK BERACUN, karena tidak mengandung Kimia
- TIDAK MERUSAK BANGUNAN, karena cara aplikasinya tidak ada pengeboran lantai, atau penyemprotan
- MEMBERANTAS RAYAP HINGGA KE RATUNYA, Rayap di rumah anda akan kami matikan hingga ke Ratunya.

Rayap yang merusak kayu di rumah anda hanyalah salah satu kasta yang ada pada koloninya. Ada beberapa kasta dalam koloni ( keluarga) rayap, yaitu : Ratu, Raja, Kasta Pekerja, Kasta Serdadu dan Kasta laron serta kasta selir.

Dari semua kasta yang ada, Hanya Kasta Pekerja yang paling berbahaya bagi rumah kita, karena hanya kasta inilah yang bisa mencari makan dan merusak kayu. Kasta Pekerja setiap 30 hari sekali selalu ganti kulit ( molting) . Jika mereka tidak berganti kulit, maka MATI....

Nah, TERMIBAIT, Produk Import ini, terbuat dari campuran pellet yang mengandung hormon Hexaflumuron di dalamnya, dapat membuat sistim pergantian kulit dari rayap pekerja TIDAK DAPAT berfungsi dengan baik. Jadi apabila Sentricon diumpankan kepada Rayap Pekerja, maka mereka akan terkontaminasi oleh hormon tersebut. Mereka akan mati secara perlahan. Jika Rayap pekerja dalam koloni itu semua mati, maka Koloni itupun akan mati, tidak terkecuali Ratunya di dalam sarang itupun akan MATI.

Dengan demikian kehidupan KOLONI RAYAP pun akan MATI.