Kitchenku Sayang Kitchenku Malang

Kitchen gua sungguh kasihan. Mestinya dia sudah kelar kemaren setelah tukangnya 7 kali visit ke tempat gua. Harusnya gua terpesona melihat kichen gua yang baru jadi dengan body menawan dan kaca kinclong. Tapi ternyata si kitchen sudah menerima cobaan di umurnya yang masih sangat muda.

Pada suatu malam, sekitar jam setengah 9, gua sedang di kamar mandi nyuci kaos kaki *sebenernya sih bukan tapi bilang kaos kaki ajalah lebih sopan huahaha* dan david lagi di kamar nonton tv, tiba2 kita berdua dikejutkan oleh bunyi yang teramat sangat keras sekali.

PPRAANNGGG!!!! PPRRAAANNGG!!!!!! PPRRRAAANNNNGGGGGG!!!!!!

Gitu deh kira2 bunyinya, susah gua jelaskan dengan kata2, tapi pokoknya itu bunyi pecah terkeras yang pernah gua denger seumur2.
Gua tergopoh2 keluar, david juga udah lebih dulu lari ke bawah, abis itu kita terpaku di tangga, melihat serpihan kaca bertebaran di mana2, sebagian masih menggantung nyaris jatuh....

Tadinya gua kira kaca lemari pajangan gua yang pecah, itu kan kacanya gede tuh, mungkin tukangnya pasangnya kurang kenceng trus dia goyang dan pecah, sambil lari di tangga gua mikirnya itu...
Ternyata bukan..... yang pecah adalah kaca cooker hood...... astaga.....

Seharusnya cooker hood gua seperti ini, disekelilingnya ada kaca. Tapi skarang tinggal bodynya aja, kacanya hancur remuk. Padahal kacanya tebel loh, tempered lagi, knapa bisa pecah??

Karna tempered juga, pecahnya hancur berkeping2.. bukan retak2 gede begitu tapi retaknya bulat2an kecil kalo dipegang yah remuk jadi bulet2 kecil.

Saking shocknya, gua gak beresin saat itu juga, gua malah melongo2 ngeliat top table gua yang baru kinclong sekarang penuh bertaburan kaca, apa kabarnya kompor gua yang baru dipasang, gimana nasib lantai vinyl gua kejatuhan kaca sekenceng itu?

Pelan2 gua samperin tkp sambil pake sandal dulu, mo nangis rasanya ngeliat semuanya berantakan kaya gitu. Walaupun sudah tau jawabannya tetap gua tanya david, solid surface kita gimana dav... baret2 gak... kompor kita? lantai kita...?
Kenapa kacanya bisa pecah??? Hikssss.....

Saking sedihnya gua cuma bisa nanar ngeliatin kekacauan itu, tanpa tergerak untuk membereskannya... david sih udah mulai inspeksi, udah gua bilang jangan tetep aja dia nekad sampe kakinya kena kaca.

Kesimpulannya knapa kaca itu bisa pecah karna jarak kabinetnya terlalu mepet dan menekan kaca, sehingga kaca meletus dan pecah.
Di samping cooker hood itu kanan kirinya kabinet. Mestinya kan jarak antar kabinet untuk space cooker hood 90 cm, tapi jarak aktualnya kemaren kita ukur cuma 89.6 cm.

Gua inget waktu pasang cooker hood itu pertama emang gak muat, trus tukangnya dorong2 kabinet kiri, dorong kabinet kanan, sampe akhirnya cooker hood itu masuk pas2an, kacanya bersentuhan dengan kabinet.

Gua sempet komen, wah pas2 banget ya jadinya.. tapi gua mah oke aja, siapa yang sangka kan bisa pecah orang kacanya tebel begitu...
Mungkin karna didorong2 kabinetnya bener geser, tapi abis itu mungkin dia geser lagi sendiri karna muai susut, padahal cuma beberapa mili doank, tapi sungguh membuat penyesalan yang dalam buat gua.

Besoknya gua bereskan semua kaca yang berserakan dengan air mata berderai *lebay* gak sampe nangis sih, tapi sesek aja hati gua ini...
Gimana nggak, orang kitchen baru banget jadi, kompor blom pernah dinyalain, sink blom pernah dipake, top table blom pernah ditaro apa2, dipegang2 aja blom, masih perawan ting2...

Setiap kerusakan yang gua temukan seakan menambah pilu hati gua. Waktu liat lantai gua yang somplak2 karna ketancep kaca hiks... waktu liat top table yang boncel2 ketumpahan kaca berat itu huks... waktu liat kompor gua yang sampe dalem baretnya.. aduuuuhhh..... hati gua sakitt.. sakiiitttt.......

Gua udah kaya orang putus cinta blom hahaha...
Emang gua itu orangnya sayang barang, barang2 gua rata2 awet, kata nyokap gua emang dari kecil sifat gua begitu, beda ama adek gua yang barangnya dilempar2 aja, ilang atau gak dia gak peduli.

Yah begitulah... esoknya gua komplen.. komplen ke marketingnya, dimana tanggung jawabmuuuu hai marketing....
Walaupun marketingnya kaga salah, tapi karna dia marketing, yah dialah tempat gua mengadu, gua gak komplen keras gimana sih, lebih tepatnya gua cuma bilang apa yang terjadi dan fakta kalo jarak kabinet lebih kecil dari yang seharusnya, karna di gambar mustinya 90 cm.
Dia minta2 maaf dan bilang kalo ini kejadian pertama, sebelumnya gak pernah pecah dan berjanji akan confirm ke pabrik.

Pada telepon berikutnya katanya kacanya akan diganti, dia bisa beli kacanya doank, nanti dipasang lagi, top table yang boncel akan diservis. Solid surface memang bisa diperbaiki katanya.
Walaupun gua ragu dia bisa bikin seperti sedia kala tapi ya gua iyain ajalah. Masalah pasang kaca baru sih gampang, tapi apakah nanti gak pecah lagi? Katanya kabinetnya harus ngalah, harus disesuaikan supaya gak pas2an.
Marketingnya sih bilang, gampang itu bu.. gampaaang......

Eh, waktu tukangnya datang untuk beresin beberapa hal lain *emang kitchen gua itu blom selesai sepenuhnya, masih ada hal2 kecil yang dia beresin dan mestinya kemaren abis beresin itu kitchen gua kelar sepenuhnya hiks*, dia bilang mesti bongkar lagi semua kalo mau gedein jaraknya. Tapi gak sekarang nanti supervisornya yang analisa dulu.

Hah?!? Bongkar semua lagi? Semuanya udah rapih begini mau dibongkar lagi? Oh nooo.... kapan kelarnya kitchen gua??

David juga gak setuju dibongkar lagi, tapi kita tunggu kabarnya lah... opsi lain adalah cooker hoodnya diturunkan saja sampe kacanya gak kena kabinet itu.. sekitar 5-10 cm.
Tapi jadi gak bagus kan kalo terlalu rendah, nti kepentok2 kepala gua lagi.. sekarang kan sudah tinggi ideal...

Mana kemaren orang yang servis solid surface gua gak bagus pulak kerjanya, boncel2nya ditambel pake zat kaya lem gitu, trus diamplas dan dipoles.
Tapi dia amplasnya manual pake tangan, gak pake alat apa gitu jadi gak rata, malahan sekarang boncelnya ketutup tapi sekelilingnya bergelombang masuk ke dalam kebanyakan diamplas.
Gua lapor lagi ke marketingnya, dan katanya akan diservis lagi, kalo tidak bisa dan gua tidak puas nanti akan diganti solid surfacenya.

Bagaimana yah.. gua sih mau2 aja solid gua diganti, tapi ngebayangin sink dan kompor mesti dicopot lagi gua capeeee...
Liat nantilah coba liat dia servis kali ini bagus gak, kalo gak yah terpaksa gua minta ganti. Selain gua sayang barang, gua juga ditakdirkan punya mata seorang QC, gua selalu bisa menemukan cacat, padahal david mah boro2 liat baret, boncel aja dia gak kliatan.

Sebenernya gua cukup puas dengan vendor kitchen gua ini. Hasilnya bagus, marketingnya oke, dan mereka komitmen untuk kasih kita yang terbaik. Yah kalo ada cacat2 dikit gua juga maklum kok, namanya juga dibikin orang bukan mesin.
Ada kejadian kaca pecah ini juga mungkin karena mereka baru jadinya kurang pengalaman orang2nya.

Gua bikin kitchen di cellini ta. Divisi furniture dengan kitchennya beda. Divisi kitchen baru beberapa tahun, kalo gak salah 2 atau 3 taun.

Kalo lemarinya, gua blak2an aja bilang gua kurang puas beli lemarinya. Karna bahannya mirip particle board, gua kira mdf or hdf. Partikel itu yang kaya olympic, jadi serpihan kayu dilem, kalo mdf itu serbuk kayu padat dilem.

Menurut gua dibanding partikel lebih kuat mdf karna lebih padet, kalo partikel itu serpih2an agak gede dilem jadi lebih banyak rongganya. Tapi waktu gua tanya kata cs cellini bahan mereka tidak sama kaya olympic, bukan partikel tapi mfc impor dari australi, itu kuat kok bu.
Yah gua gak taulah persisnya, tapi karna sudah beli yah diterima saja. Semoga benar apa kata mereka.

Ini perbandingan bahan2 kayu, setau gua yah.. kalo ada yang laen yah mungkin aja, karna gua pan bukan designer interior jadi yah maklum aja kalo salah2 huehehe..

Yang paling kuat tentu saja solid wood, tapi hare gini cari lemari solid wood yang harganya ramah susah kali hihihi.. apalagi biasanya modelnya pan kuno ya hehe...
Setelah solid, ada multiplex. Multiplex ini semacam triplex lah.. jadi lembaran2 kayu yang digabung menjadi satu. Lemari yang gua bikin dulu bahannya multiplex, ini juga kuat loh, beraaat lagi, gua pindahin aja orang yang ngangkut udah mau modar. Dibongkar pasang berapa kali juga kata tukang kayunya masih oke aja lemari ini.
Trus knapa gua gak bikin lagi di tempat dulu? Abis modelnya gak keren hakhakhak... :D

Alhasil karna tertarik ama model lemari cellini yang modern gua belilah satu, tapi ternyata bahannya tak sebagus modelnya hehe...
Pertama gua kirain ah ngapain beli lemari kuat2, mdf juga oke yang penting kagak roboh ajalah, ternyata skarang gua prefer lemari gua yang multiplex kalo diliat kokoh mantep gitu...

Kalo kitchen di cellini, bahannya multiplex, gua liat bahannya bagus dan tebel. Jadi walaupun gua tertimpa kejadian tidak menyenangkan tapi gua tetep rekomen dia.

Yang bikin hati gua tetep bersukur adalah kalo gua bayangkan kaca itu gak pecah sekarang, misalkan dia pecah beberapa hari lagi, kitchen udah gua pake, gua lagi berdiri disana trus tiba2 dia pecah, gimana kabarnya badan gua, pasti bolong2 kena kaca, orang itu kaca udah kaya meledak kenceng banget. Pecahannya aja terbang sampe 6 meter.
Kalo mau bayangin yang lebih ngeri lagi, gimana kalo gua lagi masak trus si cooker hood kena asap panas dan pecahlah dia, gua rasa gua bisa masuk ugd kena kaca dan minyak panas. Mengerikan sekali kan.

Makanya.. walaupun sebenernya gua sedih banget semua barang2 gua yang baru dan mulus itu baret dan somplak, tapi gua bersukur gua dan david tidak kenapa2...
Gua berkali2 mengingatkan diri sendiri kalo semua itu hanya barang, tidak ada yang lebih penting dari kesehatan kita, dan gua berusaha untuk tidak terlalu mikirin lagi kejadian itu :)

29 comments:

Selvi said...

hore, gua no 1 yang komen. hahaha... gua belum baca vi, langsung komen aja. ok, gua lanjutin baca lagi deh. hihihi

Selvi said...

komen no 2 dihapus karena double yah vi. Iya untung pas kejadian nga ada orang disekitar, pernah tuh kaca hotel lobi tempered glass pecah tiba tiba juga karena memuai. Untung nga kena orang juga.

natalie said...

wah vi, gw pas baru baca sampe alinea tentang kaca meledak itu gw langsung membatin untunggg gak kena orang2, apa jadi nya kalo kena lu atau david kan, untung vi...harus bersyukur yah...barang masi bisa dibeli/diganti lagi lah ya walaupun iya sih nyesek banget ya...:)

Arman said...

ya ampun vi!!!! gua kalo jadi lu juga pasti sedih banget.

tapi bener lho yang lu bilang. masih untung gak kena lu.

yah moga2 segera bisa dibenerin semuanya ya. emang sih pasti ribet dan makan waktu lagi.. tapi once again, masih untung gak kena lu pas masak kan ya...

Felicia said...

Serem juga yah bisa sampe pecah, trus ntar kalo dipasang yang baru kalo lagi masak kena hawa panas, amankah?
Thanks God semua baik2 aja yah...

Yulia said...

Iya.. Pikir2 nanti aman ga kalo pake masak? Gw ga sabar pengen visit ke rumah lu say.. Perlu kita demo ga bawa spanduk ke cellini? Haha

bonnie said...

Ya ampun mba vioooll....Untung dirimu lagi gak dibawahnya *pelukkk*
Tapi gmn pun pasti nyesek ya bo, secara baru banget rampung dan belum di rasain gmn masak disitu, tapi bener mba, itu semua barang...bisa diganti mungkin ini jalannya supaya menyelamatkan dari bahaya, sabar ya mba, semoga marketingnya bener mau urusin sampe kelar dan aman dipake...

th3sea said...

aduh...sayang sekali vi. untung ga ada orang di dapur pas pecah loh.
lemari kaca kantor gua pernah begitu juga. gua duduknya pas di depannya lagi. untung gua pas lagi ga dimeja gua.

moga2 segera selesai ya...

Lina said...

walah... kok bisa kejadian begono ya, ada2 aja, tapi ambil hikmahnya aja, siapa tau nanti malah kitchen jadi lbh ok terus puji Tuhan kejadian pecahnya pas belum jadi bener n lo orang pada ga di sekitar situ.

Moga2 cepet beres lagi n rumah cepet bisa di enjoy 100%

Leony said...

Mertua gue juga decide pake Cellini hanya untuk kitchennya aja, karena pake Plywood (Multiplex). Sementara Metric/ Nolff malah pakai MDF. Kalau design interiornya, gak jadi pake Cellini, padahal udah digambarin semua, lantaran MDF itu. Tapi bisa dituker voucher seharga 15 juta sih sebagai komitmen pengganti biaya design. Paling jadi beli meja/ sofa aja deh di situ.

Kemarin ini, gue juga gak recommend mertua untuk pakai yang kaca untuk cooker hoodnya. Berdasarkan pengalaman di rumah sendiri, tahun lalu kejadian, cooker hood gue sih full stainless (Ariston yang island), tapiiii... kita bikin rak2 kaca tempered di atasnya, dan rupanya, kaca itu emang gampang banget memuai, dan PRANG! ancur lebur brantakan semuanya. Untung lagi gak masak dan gak ada masakan di bawah. So, nanti gak ada lagi deh cooker hood kaca. Ya gue berharap semoga si Cellini cukup sigap ya dalam beresin semuanya.

Mamana Clo said...

duhhh.. kalo ada orang disekitar pas pecah ngeri amat yaaa...
semoga nanti bisa ada solusinya yang terbaik..

waktu beli ranjang-lemari, gw juga maunya solid tapi kan mehong yee.. akhirnya beli solid level murah.. solid sih solid tapi kayak gabus kayunya hahaaa.. ga ampe setaun udah boncel sana-sini.. kapokkk... mendingan multiplex kemana-mana..

imeth said...

Gw bacanya sangar banget vi bayanginnya, duh syukur alhamdulilah lo+david gak kena pecahan kaca.
kalau urusan mdf, hdf, solid,plywood, blockboard dkk, suami gw khatam bgt bo hahaha,maklum doi orang kayu sdh 10 thn lebih hehehe, cocok tuh vie klo ngobrol ama lo soal kayu hahaha, gw mah blank.
semoga abis ini lo dpt gantinya, rejeki berlipat2 ya vi

Pitshu said...

yah terpikir hal yg sama, untung kacanya pecah ga pas lo lagi masak~ seremmmm...
photo penampakan dapur baru na donkkk ~

Angel said...

waduhh.. *hugs*
sebagai sesama pecinta barang (kaya tu barang bernyawa) pasti bakalan sakit bgt rasanya tuh. kayanya di hati ada yg ilang :p *kaya pacar aja*

tapi untungnya, untung lu lagi ga deket2 situ Viol. Untung pas lu lagi cuci baju.

daadaachan said...

ya ampun Viiollll... Gua sampe lemes baca itu kaca pecah, apalagi sampe boncel sana sini. Tapi untung lu atau David lagi ga deket2 sana, bisa tambah berabe nti ceritanya. Mudah2an dapurnya cepet kelar ya. Tapi apa karena pengaruh udara? Kan kaca bisa munciut dan membesar gitu.
Akhirnya gua bisa komen lagi, mudah2an ini berhasil, hehehe.

Nilola24 said...

Duhh..untung elu dan david lagi ga disono. Bahaya banget ya pake kaca. Mending ganti aja vi. Jangan pake kaca

Pucca said...

@selvi: haha lu bisa aja sebelum baca langsung komen, post gua kepanjangan yah :P
iya serem sekali kalo kaca pecah...

@nat: iya, emang nyesek banget, tapi apa mau dikata sudah terjadi...
skrang bersukur aja kita gak kena..

@arman: iya man, kalo kita kena lebih sedih lagi, namanya udah musibah deh..
pelajaran kalo beli cooker hood lebih aman yang gak ada kacanya..

@felicia: makanya mesti dikasih jarak fel kanan kiri jangan sampe pas2an kalo pasang kaca..

@yulia: wkwkwk.. lu baru lahiran aja udah mau demo :P
kalo mau aman beli yang full stainless aja yul..

@bonnie: iya, dipikir2 kita emang sedih karna barang rusak, tapi ya udahlah yang penting kan kita gak knapa2 yahhh..

@dessy: astaga ternyata lu juga pernah kepecahan kaca, sukur banget lu gak di meja, ternyata kaca itu serem ya, padahal gua suka banyak kaca, rumah jadi cantik..

@lina: iya lin, emang kita ambil hikmahnya aja..

@leony: iya bener le, gua juga udah tanya metrix kitchen mereka pakenya mdf. gua justru kurang sreg metrix, gua pernah liat indawo menurut gua sih lebih bagus :)
tapi akhirnya pilih cellini karna bahannya multiplex dan designnya lebih full.

wah.. ternyata lu ada kejadian hampir sama, gua gak tau kaca tempered setebel itu bisa pecah, kalo tau gua gak bakalan beli yang ada kacanya, pasti gua ngikutin lu pake full stainless aja..
gua jadi takut kabinet atas gua kaca semua looh...

@xiao: haha.. iya daripada solid ecek2 mending multiplex ya xiao :D

@imeth: haha.. gua kagak se-expert laki lu lah meth, gua kan taunya cuma dari tanya2 sales ini bahannya apa itu apa wkwkwk :P
kagak kaya laki lu yang saban ari ngurusin kayu :P

@pitshu: udha gak mood poto hehe.. nantilah kalo sudah kelar semuanya :)

@angel: iyah, kita berdua lagi di atas, emang seringan di atas sih abis di bawah kan masih kotor berantakan..

@linda: berhasil kok lin, emang yang kemaren2 gagal? ada apa emangnya?

@tia: iya sih nyesel beli yang ada kacanya, tapi mau ganti baru semua sayang tia...

Quinie said...

turut berduka atas pecahnya kaca lu itu ya...
nanti diupdate lagi ya kalo udah diganti yang baru... :)
pakabar viol? miss youuu

Vera said...

Wah, untuuung gak kena lu yah, vi...
Ngeri bangetttt...
Cooker hood gua model jadul yg stainless semua dgn sedikit kaca.nitu aja pegangan kacanya udh rusak sebelah, abis baca cerita lu gua jadi serem ama itu kaca.... Mendingan dilepas aja kali yah...

Gua cuma pernah beli sofa di cellini, so far sih gak ada masalah.
Kl furniture n kitchen set bikin pake multiplex dan spt yg lu bilang, beraattttttt hahahaha....

Semoga masalahnya cepet beres yah, vi....

Penghuni 60 said...

ya iyalah, jgn terlalu dipikirin, daripada trs kepikiran kesehatan jd menurun kan gawat..
sayang bgt aku bkn ahlinya jd gak bs ksh solusi...semoga cpt kelar aja deh masalahnya.
:D

eny said...

duhhh, serem amat, bacanya sampe merinding gua...

emang sih yang kaca keliatannya bagus ya modelnya. Tapi riskan juga untuk masak2 pake kaca, kalo kena panas bisa pecah ga? Ga bisa diganti kah? hihihi... maap ya #komengamembantu.

Yulian said...

Hoaaa...thanks God ga kenapa2 ya Vi.
Serem juga pake yg kaca yaa, mending pake yg stainless kalo gitu.

Jd gimana tuh Vi? diganti ga sm marketingnya

ashleyprincess said...

Waduh.. Serem bgt. PUji Tuhan lu ama David gak pas lg masak ya! Harusnya pihan Celini sadar ya, en tukang2 nya mesti ditraining tuh spy pemasangan laen kali ga bs dipepet2 gitu, krn kesalahan pemasangan bs tarohan nyawa orang :( eniwei, skrng ud beres dong ya?

Once in a Lifetime said...

Telat banget ya gua komennya, kayaknya pas gua komen ini kitchen elo udah selesai renovasi dan kinclong lagi *amin* Kalau gua saranin sih Vi, repot sekarang gpp tapi ntarnya aman sentosa.

Gua pakai cooker hood model lama stainless steel segiempat tapi kan tetap ada sedikit kaca di tepiannya tuh. Percaya gak, belom setahun dipake, tuh kaca udah gua pecahin gara2nya lagi goreng apa, minyaknya kan agak meledak2, gua kaget dan tarik spatula kena deh kacanya dan pecah !! untungnya gua gpp sih wong kacanya juga gak tll banyak dan pecahnya potongan gede. Sekarang sih masih dipakai tapi jadi kurang manis aja.

darkcloudygirl said...

serem juga ya kalo kena..
-_-

Pinkbuble said...

he eh Vi, untung tu kaca nyembur bukan pas lu lagi disana..kalo ga lebih berabe dr sekarang berabenya..
Semoga cepet beres yah dapurnya, haduh juga kl lama lama kelarnya. T_T

Leap Motion said...

sekilas baca judulnya kyk chicken .. eh ternyata kitchen

sabar ya buu hehe

pesta ulang tahun said...

sabar yah :D
tetep semangat :)

Tips Indonesia said...

nyesek emang yah klo maslah bener2in ini itu yg bikin rumah bernatakan plus duit ngocor terus...kitchen aja bikin pusying yahhh..poto kitchennya yg sekarnag dong :D