Tinggi Salah Rendah Salah

Mo ngomongin kesehatan dulu ah...

Gua kan darah rendah. Tiap dicek tensi, gak pernah normal. Apalagi kalo lagi kelaperan, cek up kan biasanya disuruh puasa tuh, jadilah gua selalu tensi dengan perut keroncongan, pala pusing2 blom makan.

Tensi gua waktu cek up kemaren 90/60. Seperti biasa susternya selalu double check dan bertanya apakah tensi gua emang rendah hehe..
Kadang bisa 100/70 juga sih, tapi itu udah mentok. Kagak pernah gua 120/80.

Dulu sih gua cuek aja darah gua rendah, dengan asumsi mending darah rendah daripada darah tinggi hahaha...
Tapi skarang gua cemas juga, karna cek terakhir trombosit gua rendah sekali. Apa ada hubungan darah rendah dengan trombosit yang juga rendah?

Kalo gak salah trombosit gua 100.000, sedangkan nilai normal 150.000 - 450.000.
Sampe2 dokter kantor kasih surat pengantar ke dokter ahli darah. Gua jadi wondering juga apa iya sebahaya itukah...

Kata dokter kantor gua, trombosit yang rendah bisa menyebabkan pendarahan. Dan ada penyakitnya loh, namanya ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura).
Kalo kebentur gampang banget biru lembam atau ruam2 biru gitu, kalo yang parah takutnya bisa pendarahan otak.
Tapi gua gugling sih kebanyakan yang udah divonis itp itu trombositnya tinggal puluhan ribu, gua kan masih cepekceng, masih amanlah ya.

Kalo biru2 gitu sih gua sering, tapi gua cuek aja gak pernah kepikiran kalo itu artinya kekurangan trombosit.
Dulu2 mah rasanya hasil cek up tromobosit gua gak masalah, tapi emang sih hasil cek semua jenis darah2an itu kaya hb, eritrosit.. gua selalu pas2an ama nilai minimal. Tapi gak pernah kurang banyak kaya skarang :(

Jadinya gua bingung apakah yang mesti gua lakukan? Gua jadi sering banget pusing2...
Kemaren bahkan gua dengan sengaja makan sate kambing supaya darah gua tinggian dikit, 1st time in my life gua makan sate kambing, ada bau khasnya ternyata yah, dan dagingnya rada kenyal gitu, kata david sih enak tapi gua merasa tetep lebih enak sate bb wkwkwk :P

Gua juga udah beli angkak karena denger2 angkak bisa menaikkan trombosit, tapi gua gugling lagi katanya blom teruji.
Lah.. yang bener yang manaaaa, aku mesti makan apaaaa......

Orang2 pada pusing mikirin darah tinggi, kolesterol, gua malah kebalikannya... darah rendah, kolesterol cuma 160an. Gua rasa gua justru mesti banyak2 makan daging deh. Tapi apa daya, katering di kantor dagingnya gak nendang, katering di rumah dagingnya juga cuma sewajarnya *wajar dengan harganya yang cuma ceban* hehehe...

Padahal bokap nyokap gua kolesterol loh, nyokap lebih aneh.. makannya dikit malam gak makan nasi, sering vege lagi *kan kalo tugas di vihara musti vege* jarang goreng2an, kedoyannya jagung rebus, jambu merah, tahu.
Makannya itu2 doank, tapi kolesterolnya 250. Bingung gua. Mungkin keturunan kali ya, jadi walaupun makanannya kolesterol-free tetep aja kolesterolnya tinggi.

Back to darah gua yang rendah, please kalo ada yang tau gimana naekin tekanan darah dan trombosit, let me know yaaa.....

Tapi jangan ati, karna gua gak bisa makan ati. Gua bisa muntah, gak doyan banget, gak ketelen.
Gua sebenernya gak picky eater kok, cuman yah.. adalah satu dua yang gua gak bisa makan. Dan ati salah satunya. Ati apapun itu.

Kalo david penyakitnya asam urat dan hb ketinggian. Ada2 aja istrinya kekurangan dia kelebihan.
David bahkan kemaren ditolak ama pmi waktu mau donor darah karena hb ketinggian. Waktu ngadu ke dokter kantor dibilangin gini.. ya udah sini saya jadi drakula saya buang aja darahnya, supaya hb kamu normal hehehe..
Tapi kita gak tega, masa iya mesti begitu, jadi kita ditusuk seolah2 donor, tapi nanti darahnya dibuang.

Kalo gua sih seumur2 gak pernah donor, gua masih inget waktu smp ya kalo gak salah ada donor di sekolah. Beberapa orang yang cuman hitungan jari keluar dengan mantap untuk donor, sisanya hampir seluruh kelas tetep duduk malah makin mengkeret di kursi ketakutan kalo dipaksa haha..

Trus beberapa menit berlalu, satu dua orang keluar dengan ragu2 diiringi tatapan anak2 lain sambil menahan napas. Si anu mau donor, si ono juga, kok mereka berani ya?

Sedangkan gua dagdigdug di meja, apakah gua berani donor, apakah jarumnya besar, apakah sakit, apakah darah yang diambil banyak, tapi kan setetes darah anda menyelamatkan orang lain, masa gua gak berani sakit sebentar demi menyelamatkan orang.. terbayang korban kecelakaan...
Ah tapi kan udah banyak yang donor, biar dia diselamatkan orang lain aja, tapi masa gak mau coba donor, siapa tau gak sakit, siapa tau kaya digigit semut aja....

Akhirnya setelah 15 menit yang terasa kaya sejem, gua pelan2 bangkit berdiri, keluar kelas menuju ruang donor, diiringi bisik2 di belakang gua...

Di tengah jalan, gua rada2 pusing, langkah gua kaya melayang gak menjejak tanah, apakah gua balik aja ke kelas wkwkwk :P
Akhirnya gua sampe ke tempat donor, sempet sok bangga juga waktu duduk di kursinya, kerreeenn gua mau donor...

Langkah pertama, dicek tensi, tapi abis itu gua dibilang.. wah tensi kamu rendah kamu gak bisa donor nih....
Kempes deh semangat gua, langsung balik lagi ke kelas yang disambut dengan celotehan anak2.. loh kok baliknya cepet? Si anu aja blom balik dari tadi..
Iya, gua gak jadi donor, tensi gua rendah.....

Malu2in banget gak sih hahaha.. udah mikirnya lamaaa, eh kagak jadi pulak :P
Itulah pengalaman gua nyaris donor, ternyata sampe skarang darah gua masih rendah aja..

24 comments:

Mamana Clo said...

Gw juga blom pernah donor darah vi..
Sekali-kalinya berani, pas pemeriksaan awal ga lolos karena berat badan gw kurang.. sekarang berat badan berlebih tapi nyali kurang hahhaaa....

Naikin tekanan darah? makan duren hehhee...

dea said...

coba pengobatan herbal aja kak !!
kebetulan saya jual obat nya klo mau bisa hub saya aja www.obatherbal-diabetes.com
obat ini aman ga ada efek samping nya !! Jyaaa malah promosi

Arman said...

gak ada salahnya dicoba makan angkak vi. katanya sih emang bisa naikin trombosit.

dibikin sop ama ayam aja.. enak kok. si andrew demen banget tuh. makanya kita selalu sedia angkak. hahaha.

epi said...

gua jg tiap cek tensi pasti 100/80 an vi :D tp dokter ga perna blg kerendahan sih. btw katanya skrg makan hati ayam uda ga terlalu bagus vi? nyokap gue sampe ga kasi makan hati ayam lg :))

Biasa nyokap suka tim in sari ayam di cincang gt, katanya buat nambah darah. betul jg kata mamana clo, makan duren :D tp abis tu minum yg banyak... tar tekanan darh da normal malah panas dalem lagi huahahah

kalo cek trombosit sih ga pernah. donor darah apalagi... gua liat darah aja lgs berkunang2

inten said...

Aku juga darah rendah dan selalu gagal donor darah. Tapi ada resep buat menaikkan tensi yaitu susu putih dicampur telur ayam kampung setengah matang, diaduk trus diminum. cepet buat naikkan tensi.

Untuk jaga2 biar tensi gak turun aku menghindari bergadang dan makan normal, gak pakai diet. Akhirnya berhasil donor juga meskipun baru sekali.

Yulia said...

Gw juga baru sekali donor. Kapan tau pas lg donor lagi hamil kalo ga salah. Laki gw tuh sering. Gw suka donor krn dapet snak banyakkkkk sekali. Kantor gw kan baek. Susu ultra aja dapet 2,buavita, ada kue box lagi. Haha, jadi niat gw ga suci2 amat kan. Besok2 mau donor di kantor gw aja viol. Siapa tau lolos. Hahaha.
Btw,di jalan panjang ada gulai kambing enak banget, ga bau,empuk. Sate kambing palmerah/kim tek kalo ga salah. Tapi ga berani sering2.

evancelia-mom said...

lu musti makan yg ciapo non, buat ayam godok pake angkak enak kok campur wortel , anak gw doyan semua, terus makan daging kambing, makan duren cuma jangan bersamaan ya makan duren plus kambingnya, gw mau ngomong ati sih xixixi cm lu nga doyan , dulu gw juga anti ama ati , tp pas pacaran dipaksa laki gua makan ati krn gw suka gelap , eh skr gw doyan, makan susu , telor set matang, selamat mencoba ..

Tikka said...

hallo ^^ uda sering baca br kali ini komen ^^
iya coba minum angkak aja (aku pure angkak dikasih air doang ga dibikin sop ayam), siapa tau bisa membantu, sama minum jus jambu merah. waktu DBD aku minum itu. Terus aku juga dicincangin ayam kecil. jadi semua bagian dimasukin terus ditim dan diambil airnya. (krg tau sih klo itu bisa naikin darah ato ga, kalau buat stamina kayaknya ngaruh ^^)

bonnie said...

Woaa mba viol, klo trombosit yang rendah bisa menyebabkan pendarahan itu bener, yang kejadian pippo kemaren gak bs di infus kan karena trombo udah turun jadi pembuluh darah gampang pecah :'(
Angkak juga katanya sih emang bagus utk naikin trombo tp klo gak yakin coba jus jambu aja mba lebih aman & sehat :D

Ah Boy's Mom said...

gw jg belom pernah donor Vi. hahahha...

angkaknya dimasak sop aja. mama gw suka masak itu, apalagi pas hamil skrg tekanan darah gw rendah, tiap kali di cek seputar 60an doang.

Yulian said...

Gw jg berpikiran sama, Vi. Mendingan rendah, naikin gampang hihihi
Angkhak bener bisa koq naikin trombosit. Enaak pulak, dimasak sama ayam kampung + jahe keprek cemplungin, kasi garem uda deh.

Gw darah tinggi kalo pas menjelang mau lahiran, Vi.
Waktu mau lahiran Jes, tensi naik makanya ga jadi lahiran normal. Begitupun waktu si Sam, menjelang 37wks, tensi mulai meninggi 130/80, jd lah dokter suru buru2 sesar.

Ciapo juga oke Vi, 1 ekor ayam kampung di tim di slow cooker.Ntar keluar sari2nya, gleg deh.
Ga enak sih hihi geli gw :D

Dessy said...

gua jg belum pernah donor darah. denger2 supaya darahnya naik musti cia-po ya. u banyak2 makan ayam arak aja vi :-D

Tweety said...

Salam kenal ci Viol, aku selama ini pasif readernya ci Viol.. Aku udh baca semua blog ci Viol dan banyak hal yg bikin aku ngakak.. Walaupun ada cerita sedih tapi selalu isinya terselip sukacita, sangat memberkati.. :)

mamipapa said...

gw gak pernah donor, org suntik aja gw takut hahaha lagian gw pasti di tolak mentah2 krn kurus :D

dulu gw berasa lbh sehat pas sma sebelom sklh gw pasti minum susu, kuah daging (sari kaldu dagingnya di tim atau masak yg lama) sama telor kampung setengah mateng

dulu gw doyan ati ayam, pas SD punya anjing ksh makan itu tiba2 gw jd ilfil hehehe trus gak mkn lg. Kl ayam angkak masak pake ayam kampung 1 ekor, kasih garem jahe keprek (kaya resep yulian) udah enak kok. Gw habis lahiran kmrn menu gw cuman ayam angkak sama ayam kuning kuah (angkak tinggal ganti kunyit) sebulan tuh gantian merah kuning. Habis lewat sebulan gw ogah dan eneq liat ayam hahaha

bln lalu ada tukang pos dtg, gw kluar mau ambil surat tau2 pas dihalaman paandangan gw mendadak gelap pdhl matahari lg terik bgt. Akhirnya gw blg pak pos tunggu sebentar dan gw berdiri diem sambil cari pegangan yg untungnya ada pas udah bisa liat baru gw jalan lg

tensi gw sih normal plg pernah sekali rendah 90/60 gara2 lom sarapan hahaha...tapi kl HB emg dibawah normal (10,5) otomatis eritrosit juga ngikut. Kalo lagi hamil itu HB bs ngedrop lagi menjelang lahiran Clarissa 8,6 habis lahiran udah yg 7,... nyaris tranfusi darah. Makanya tiap hamil pasti gw dikasih zat besi yg rasanya dan baunya amit2 krn gw gak bs telen obat. untungnya Tuhan baik pas hamil kmrn eh ada obat tablet produksi baru namanya maltofer jd gw gigit rasanya manis dan wangi2 gak ada bau besi atau darah sama sekali.

MarvelLicia corner said...

Gw juga akhir2 ini sering lebam2 lho vi.. Padahal perasaan ga kebentur apa2. Trs sering pusing2 juga.
Tapi tempo hari cek darah lengkap, thrombosit, dkknya smua normal. Cuman sel3 darah kan ada batang, segmen dll itu yg kurang normal.

Gw jg sempet kepikiran tentang ITP itu... Soalnya tekanan darah gw juga rendah. Apalagi pas hamil dulu.
Dan yg paling parah kalo abis dr jongkok, berdiri langsung berkunang2...

Kayanya saran temen2 bisa tuh, angkak, tim sari daging (sarinya aja) dan banyak makan sayur2an ijo. Jgn lupa asupan vit Cnya vi, supaya zat besi nya bisa terserap dgn baik di tubuh..

Angels said...

gua ga bakalan bisa donor darah =)) BB gua dibawah normal. Padahal katanya bagus ya buat kesehatan.

Btw, kalo kolesterol katanya di kop (bekam) bagus tuh, cuma ga tau deh ngaruh ga ke tensi nya :-? Kemarin cowo gua di bekam, keluar darah kotor byk banget. Setelah itu dia bilang badannya jadi enteng.

Pitshu said...

eh pitshu pernah tuh, mo ikutan donor juga, sama g juga ada darah rendah, pas di periksa sih bisa, cuma kataya, percuma klo yang diambil cuma bisa dikit LOL ga jadi deh! so.. sampe sekarang saya lom pernah menyumbangkan darah ini kemana2 hahaha :)

Leony said...

Jangan kambing deh... mending yg laen, macem kopi, duren, dll. Yang ciapo2 aja, kayak orang abis ngelahirin. Daging merah aja dibanyakin, walaupun gak gitu sehat juga sih, tapi mendingan daging sapi kemana2 kan drpd daging kambiang. Btw, lu makan sapi gak ya? Soalnya ada aliran agama tertentu yg ga makan sapi kan? Gue juga gak doyan kambing. Hoek...

Pucca said...

@xiao: haha.. bisa aja lu xiao, tapi kalo liat jarumnya gede begitu, gua kadang bersukur juga gua darah rendah gak bisa donor hahaha.. iya ya kemaren udah cobain sih makan duren, tapi masa makan duren tiap ari wkwkwk :P

@arman: iya deh.. angkaknya sih udah beli, tinggal blom digodok aja, nanti supaya lebih mantap gua rebus aja ama aer jadi langsung minum sarinya angkak.
Emang disono juga ada yang jual angkak ya?

@epi: oya? emang knapa ati ayam skarang kurang bagus pi? Lah lu kalo keliyengan liat darah gimana kalo lu dapet wkwkwk :P

@inten: susu putih campurin telur setengah matang ya? apa gak amis itu susunya ya? hihih.. gua kebanyakan protes udah dikasih tau juga :P
thank u inten gua jadi inget mesti makan telor setengah mateng :D

@yulia: wuih iya banyak amat snaknya, disini keknya cuma dapet indomie telor + susu + sangobion kekekek :P eh katanya bahkan ada yang dapet kfc loh hahaha.. ini mau donor atau mo makan gratis ya :P

@lisa: iya kalo pas ada ortu disini sih gua seger buger, pagi telor setengah mateng, malam ikan tim, trus ayam obat, ginseng, wah lengkap deh, tapi begitu tinggal gua n david, aduh kurus gua kekurangan makanan :P

@tikka: hai tikka, ayu komen sering2 hehe..
nah gua juga mau bikin angkak direbus gitu, 2 gelas jadi gelas ya? minggu ini deh bikin mumpung dapurnya sabtu ini jadi :)

@bonnie: iya, gua juga kalo diambil darah suka susah, udahannya suka luber2 darahnya, trus bekasnya lebam2 gitu serem deh..

@lena: itulah enaknya kalo ada nyokap ya, kalo bikin sendiri sup angkak itu kapan gua bikinnya? mendingan gua rebus aja angkaknya :P

@julian: iya sama ya kita, tapi ternyata darah rendah juga bahaya hehe..
gua jadi pengen coba bikin ayam angkak benarkan semudah itu, angkaknya pake berapa banyak tapinya.. terserah aja kali ya, palingan ayamnya jadi merah banget atau pink :D

iya kalo darah tinggi bahaya lahiran normal, nanti bisa pecah pembuluh darahnya waktu ngeden2 kali ya...

@dessy: bikinin donk des :D

@tweety: hai salam kenal juga :D
Thank you yah udah mau bacain cerita ngolor ngidul ini, semoga gak bosen2 :)

@felicia: kalo lu yang ada malah disuruh baring langsung ditransfusi fel haha... iya lu kurus banget, sekarang kurusan mana ya ama gua, gua kan juga kurusan, tapi keknya masih kurusan lu deh, lu pan juga capek ngurusan anak 2.

iya gua juga berasa lebih sehat dulu pas sekolah, pagi2 udah disiapin susu segelas ama roti, telor setengah mateng, sekarang boro2 laper2 tancep gas langsung ke stasiun, mungkin gua mesti bangun lebih pagi ya kalo mau hidup sehat....

ya ampun, baru tau gua kalo abis lahiran makannya ayam tim mulu, ya wajarlah lu eneg liat ayam hihihi..

eh gua juga sering gitu tuh fel, kalo lagi duduk tiba2 berdiri suka kliyengan, abis itu cari pegangan deh.. bahaya kalo lagi sendirian kalo darah rendahnya kumat parah bisa pingsan..

@ariany: sama donk kita, suka lebam2, pusing2, tp cek darah lu normal ya, kalo gua sih udah ketauan kurang2 semua angkanya.. brarti lu darah rendah aja, tapi yang laen2 semua normal. Ayo kita sama2 makan angkak :D

@angel: pengen coba dikop ah, dimana ngel? darahnya keluar dari mana? dari semua pembuluh keringat kita ya?

@pitshu: haha.. sama ya kita, yah orangnya mikir kali, darahnya buat dia aja kurang mana bisa didonorin wkwkwk :P

@leony: gua makan kok sapi, kan fave gua dendeng balado hehe..
emang knapa daging kambing gak bagus le?

Tikka said...

soalnya kadang suka bingung mau komen apa hehehe. Hmnn kayaknya sih begitu, soalnya wkt itu aku tak berdaya, terima minum aja :p Cepet sehat ya cc ^^

Pucca said...

@tikka: hehe.. masa bingung, thank u ya :)

Angels said...

ini cowo gua sih di kop di deket rumah dia viol. 100rb udah sama refleksi. katanya sih steril. kalau dimananya aja gua ga tau :))

kemarin di punggung lumayan ada banyak tuh buletan2 bekas kop/bekam

imeth said...

Coba minum sangiobion atau tonikum bayer vi. katanya bit juga bagus buat hb vi. tapi gw juga bingung ngolah bit yg enak diapain hehehe. smoga cepat fit lagi ya

Pucca said...

@angel: dulu setau gua dikop itu buat masuk angin loh, gua gak tau bisa buat ngeluarin darah kotor juga...

@imeth: bit enaknya dijus ama tomat ama terong belanda ama jeruk nipis, bukan enaknya sih karna bit emang kaga enak haha.. tapi mendinglah rasanya :P