Kano Kanopi

Setelah gorden ungu, gua kembali mengungukan rumah gua dengan.... memasang kanopi unguuu....
Rumah gua terlihat sangat manis seperti toko permen, cute cute cute :D



Mana tukang sebelah komentar ke david waktu liat kanopi kita, wah ungu.. bagus koh saya suka ungu.. nah loh haha.. kalo gua yang suka ungu mah masih mending, lah dia kok suka ungu juga :P

Selain pasang kanopi kain untuk balkon, kita juga pasang kanopi polikarbonat untuk pintu samping. Tadinya david mau kanopinya sekalian aja gede sampe depan jadi bisa untuk mobil.
Tapi gua ragu2, kalo dipakein kanopi sampe depan rumah takut nanti anginnya gak sebanyak sekarang, dan males juga nanti fasad rumah terhalang kanopi.

Apalagi liat tetangga kanan kiri pasang kanopi besinya item kanopinya warna tua gitu, gua gak suka jadinya gelap.. pun kaenya kurang cocok sama rumah gua yang melengkung2, kanopi begitu lebih cocok ama rumah minimalis.

Dan menurut pengalaman, kanopi cuma cakep di awal2 doank karna masih bersih, lama kelamaan setelah daun2, ranting2, eek burung, bekas aer ujan, debu mengerak di situ, jadi jelek si kanopi, apalagi kalo besinya udah berkarat, tambah lengkap deh kekurangannya. Makanya dari awal kita maju mundur mau pasang kanopi gak rumah ini...

Sampe akhirnya kemaren diputuskanlah pasang kanopi tapi cuma seuprit di depan pintu samping aja. Pintu depan tetep polos tanpa kanopi, sebenernya agak repot sih kalo ujan2 mo pergi yah, tapi biarkanlah seperti itu dulu sampe gua menemukan kanopi yang cantik hehehe...



Pintu samping itu dikanopiin karna gua skarang taro jemuran disono. Tadinya jemuran kan di belakang di service area yang gak langsung kena matahari. Tapi sejak ujan2 mulu itu, baju jadi susah kering sempurna, lembab2 gitu deh walaupun udah dikeringin pake mesin cuci dan digantung seminggu.

Mana jadi sarang nyamuk lagi di belakang itu, gak tau tuh nyamuk demen banget hinggap di baju. Kadang gua iseng gua bawa raket nyamuk untuk berburu.. gua kibas2in di jemuran dan gua bisa membunuh banyaaaak sekali nyamuk, mungkin puluhan *ciyus*

Kalo pas gua ada di rumah, sabtu minggu gua keluarin tuh jemuran, gua taro di depan pintu samping supaya baju2 bisa mendapatkan panas matahari langsung. Tapi masalahnyaaa.. bsd itu cuacanya tak bisa diprediksi. Paginya bisa panas banget.. dan gua dengan riang gembira gotong2 jemuran *jemuran gua itu gede loh* jadi gotongnya agak rempong, tapi demi baju garing aku rela.

Trus nanti siangan awan hitam agak terbentuk dan gua liat2 keluar udah kaya peramal cuaca, hmmm sepertinya bentar lagi bakal turun hujan.. atau nggak ya.. perlu gak  gua gotong itu jemuran masuk ke dalem? Tapi dipegang2 jemurannya blom krispi.. tanggung amat diangkut, akhirnya coba deh biarin di luar sebentar lagi, eh gak ada satu dua bentar, tiba2 gerimis mengundang.. terbirit2lah gua angkat jemuran ke dalam rumah, blom kalo celdam pada jatoh karna angkatnya buru2 bikin repot aja mungutinnya.

Trus gak ada satu dua jam, matahari udah bersinar terik seakan menggoda gua untuk buka lapak jemuran lagi, hayok deh angkut lagi maangg... dan gak sampe sejem si awan hitam datang dan byurrrr ujan bo.
Haeshh... nasiblah itu jemuran jauh dari kering. Terpaksa menginap di rumah dalam keadaan lembab.

Besoknya gua bangun, yang pertama gua lakukan sibak gorden hari ini terang gak, biasanya sih pagi panas sampe silau, gua langsung gotong2 jemuran keluar lagi, dan kadangkala pas mau keluar makan gua gambling ini jemuran mo diangkat dulu atau tinggal makan aja. Kalo diliat dari penerawangan gua sih gak bakal ujan dalam sejem ke depan. Gua makan bolak balik paling lama cuman sejem ke resto deket rumah aja.

Okeh dengen pede jaya kita meluncur makan sop kambing, eeh begitu kelar makan tanpa babibu langsung ujan lebat . Gua melongok di depan resto sop kambing. Sampe rumah gua cuci lagi baju terpaksa. Nasibbbb oh nasib...

Pernah juga tuh jemuran gua tinggal ke giant belanja hahaha ini sih emang rada nekat, abisnya langit bener biru terang, gak ada awan sedikitpun di angkasa, bahkan menjurus ke terik menyengat macam di gurun *kaya udah pernah ke gurun aja* dengan yakin pergilah gua belanja ke giant. Giant kan deket bener dari rumah gua, baru tutup pintu eh udah sampe aja haha.. lagaknya kek cuma di belakang rumah, padahal mah 5 menit nyetir :P

Tadinya rencana cuma belanja bentar eeh keasikan.. jujurlah mana ada ibu2 belanja bisa sebentar iya gak.. pas pulang, udah ada titik2 air sedikit, gua ama david langsung ngebut ke rumah, tancap gas kaya dikejer2 aer setan, sampe rumah udah gerimis bantal gua basah jadinya, padahal udah enak2 panas dijemur dari pagi.

Mo marah tapi salah sendiri, gimana ya.. gua jadi kaya orang sarap dalam sehari bolak balik gotong jemuran, sambil ngomel2 merutuki cuaca, awan, hujan, tak tentu juntrungan persis gollum di lotr. Bahaya kan ya.. gara2 jemuran kewarasan gua dipertaruhkan.

Tapi skarang semua itu sudah masa lalu. Sekarang gua sudah punya kanopi bertengger manis di pintu samping. Jadi jemuran itu gua taro permanen di sana. Gak bakal keujanan lagi dah pokoknya. Gua gak usah tunggu wiken buat cuci baju, bisa cuci baju kapan aja skarang, tinggal jemur trus tinggal ke kantor tralalalala....

Lah kalo gitu kenapa gak bikin dari dulu sih.. good question..

Tadinya gua takut nanti anginnya kurang hehe.. rumah gua itu banyak anginnya loh.. gua suka, gua takut nanti kalo ditutup kanopi angin gua ilang huhuhu... lagian di deretan situ gua ada tanam semak berbunga, kepikiran gimana nasibnya kalo dipasang kanopi.

Tapi daripada gua yang sarap yah kejer2an ama ujan, akhirnya si bunga harus ngalah. Semoga bunga itu tetep idup walaupun gak kena sinar matahari langsung. Kayanya sih idup karna pohon semak bunga kuning gitu kok, tahan banting palingan jadi gede2 daunnya.

Karna tujuannya untuk jemuran, gua pilih polikarbonat yang clear. Warnanya putih bening jadi panas tetep masuk. Trus besinya gua pilih warna ivory. Gua gak mau warna item, kesannya suram dan pekat banget gitu plek item.

Bikinnya juga cepet aja di tukang pinggir jalan deket rumah hehe..tadinya tanya di tempat yang bagusan tapi mahal kali. Trus sempet tanya harga kanopi stainless kan gak bakal karat tuh, ugh.. lebih mahal lagi.

Jadinya ya sudahlah pasrahkan saja ama tukang pinggir jalan itu. David sih bilang kalo liat hasil kerjaan dia yang lagi dilas disitu mayan rapih dan besinya tebel. David cukup sreg jadi gua juga oke aja.
Dan tak disangka, walaupun tukang pinggir jalan, dia juga bisa bikin kanopi kain, jadi kita sekalian bikin ama dia. Harganya beda separoh ama tukang di ruko hehehe..

Kanopi kain ini gua pilih karna balkon gua itu melengkung jadi menurut gua kanopi yang paling cocok ya kanopi kain ini.  Bener sih hasilnya bagus. Merk kainnya sunbrella kainnya anti air loh, jadi balkon kamar gua kalo ujan skarang gak basah2 lagi. Tapi harganya mehong bo. Gua kapok bikin lagi, cukup satu aja hahaha...

Overall hasilnya sih memuaskan yah. Untuk ukuran tukang pinggir jalan, mayan rapihlah. Walaupun gak serapih tukang di toko, cara kerjanya aja keliatan ya, kalo toko mahalan kan terstruktur gitu, peralatan juga lengkap, kalo ini asal gebuk aja coba, mana dinding gua semuanya kotor item2 kena tangan. Untung cat dinding gua bisa tinggal dilap aja bekas kotor2an tangan ilang.

Dengan harga yang gua bayar rasanya gua cukup puas kok. Hasil kanopinya sesuai bayangan gua, terang, dan nyatu ama fasad rumah. Dan yang lebih menggembirakan ternyata ketakutan gua tak terbukti.. angin gua gak ilang, tetep masuk ke rumah :)

Polikarbonat yang gua pilih  merk twinlite. Bagi yang mau bikin kanopi juga, katanya sih merk ini recommended. Tadinya gua mau merk solartuff, modelnya satu lapis berlekuk2 gitu, tapi kata tukangnya twinlite lebih mahal dari solartuff dan lebih awet. Gua gugel, ternyata pabriknya sama kok twinlite dan solartuff ini, kalo twinlite seperti polikarbonat pada umumnya, dua lapis tengahnya berongga dan katanya twinlite ini produk premium mereka sama kaya solartuff.

Gua lebih sreg solartuff kan cuma selapis jadi lebih panas donk aturannya, lebih cocok untuk jemuran gua. Tapi david takutnya kalo solartuff lebih nyimpen kotoran kan dia berlekuk2 gitu, bener juga sih.. jadi kita pasang twinlite. Bahannya emang keras dan tebel. Semoga tahan bertahun2 yah.

Skarang sih gua intip dari bawah masih jernih tapi gua sadar suatu hari nanti pasti ada burung rese yang terbang di atas kanopi gua, trus tiba2 dia sakit perut, trus gak keburu ke dahan terdekat, dan eeklah dia sambil terbang.. crett.. dan ternodalah twinlite gua... damn....

23 comments:

Dessy said...

balkon kamar gua juga melengkung nih vi... kayaknya gua boleh mempertimbangkan canopy kain melengkung itu :-)

kalo canopy di teras depan sih, ya syukurlah masih awet2 aja walaupun emang undah ga kinclong lagi. eh mending cuma burung vi, nah rumah gua ada kucing yang tidur di situ hahahahaha...

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

waduh bisa gawat klo seperti kata Dessy, ntar kucingnya yg sakit perut pegimana ituuu?

bagus ya kanopi ungunya, kayak toko permen di Belanda *kayak udah pernah ke belanda aja lu Len*

Epi said...

cakep vi kanopi melengkung nya dan warna ungu nya jg unyuu hahahah. kl gue mungkin pake warna stripe pink biar makin mirip sama toko permen :D kalo di eek in burung pake selang air aja vi tinggal semprot jadi kan kanopi nya ga kotor

nattever said...

gw juga suka ungu vi, cakep kaya rumah berbii

trus itu kalo lagi gak ada jemuran, bisa buat taro mobil jg kan? jd gak keujanan mobilnya

lu pasang plang aja diatas kanopi, burung dilarang terbang lewat sini hihi

gw lgsg liat kanopi tetangga depan gua, iya vi uda banyak daun2 ranting dan kerak bekas ujan. Emang gak bisa dihindari sih ya itu. Lu ntar tinggal semprot selang aja dari balkon lu

nilola24 (tia) said...

hihi...gue ngikik2 baca postingan elu angkut2 jemuran.

tetangga gue pasang kanopi kaya teras elu, tapi di halaman dia. jadi ga kena ujan, panas tetep masuk, dan terang pula serta tidak norak. boleh di pertimbangkan tuh vi. so far keliatannya ga pernah ada spot hitam di sana. atau dia rajin sirem2 kali ya.

bagus yang ungu vi. ah,rumah elu emang keren deh

Arman said...

wah lu pecinta ungu ya vi? :D

btw kalo ujannya gede, apalagi berangin, jemurannya apa gak tetep kebasahan karena airnya masuk dari samping vi? :D

BabyBeluga said...

Iya ya di Indo yg namanya cucian bener2 makan waktu ya. Nyucinya bisa pake mesin tp musti dijemurin satu persatu then disetrika. Waduhgw mah gga nyanggup deh. Disini biasa gw laundry malam, then lgs masuk mesin pengering, kalau udah kering buru2 dilipat biar gga kusut. Jadi yg namanya setrikaan itu jarang banget dipakai.

Pinkbuble said...

kalo gw someday ada rumah yang gw boleh utak atik bercanopi gini..gw bikin pink polkadot kali yaaa. biar cute berbarengan sama canopy rumah lu. hahaha

Angel said...

lucu pake kanopi. kaya di the sims ;)) emang tuh ee burung rese. bikin kotor aja.

Once in a Lifetime said...

Bagus kanopinya, gua suka. Harusnya jendela jg dikasih yg versi kecilnya biar kompak:) Gua jg gak pake kanopi dan repot kl hujan. Habis pertimbangannya spt elo jg. Pengennya yang kayu atau kl hubby pengen yg bs pk remote buka ttp, tp stlh lht2 kyknya gampang rusak.

cilpy said...

Wahh lucuuu jd pengen bikin kanopi melengkung gt... bs jd ide bgs nih :D

mamipapa said...

wahhh makin betah deh kruntelan dikamar sejak ada kanopi hahaha...

di balkonnya boleh tuh vi elo pake taneman rambat berbunga ungu biar matching sama kanopi...

trus tinggal jualan cotton candy wakakaka...judulnya nanti roemah goela goela tar gw jd tetangga tiap hari gak tau diri mampir minta cotton candy hahaha...

anggep aja kalo ada ee burung berarti byk rejeki, itu penghiburan gw kl burung itu ee diatas mobil atau jendela samping...

Unknown said...

ahhh, suka liat warna nya... matching dengan rumahnya... Lu jago mainin warna vi :) Rumahnya makin cantik aja...

Pitshu said...

jadi pengen main ke rumah na hahahahaha :)

Leony said...

Creeeetttt! Hahahahaha...

eh mertua gue menemukan solusi dong untuk bikin kanopi yang keren. Dia bikin dari kayu merbau! Atasnya itu pake tempered glass lempengan segede2 gaban! Gue yang liat proses pemasangannya jadi stress sendiri. Tapi cakep loh jadinya Vi!

Eh ternyata kita suka ungu yah? Kawinan elu pake ungu2 juga dong Vi? Bapak2 juga suka lagi sama ungu. Katanya Ungu dan Pink is the new black!

Pucca said...

@dessy: samaan ya kita? boleh des ayo pasang juga, lu mau warna apa haha..
waduh kalo kucing yang tidur disana apa gak berisik ya kalo dia jalan2..

@lena: bisa2 dibunuh kucingnya ama david hahaha..

@epi: kalo gua pake stripe pink pasti gak dikasih ama david deh hihihi..
iya sebenernya tinggal semprot tapi kan susah semprot karna kanopi itu di atas pi.

@nat: gak bisa nat sempit gak muat mobil mah, motor doank yang muat :P

haha gua pasang gambar burung coret yah. nti yang ada malah burung2 berkerumun di deket plang diskusi ini plang apa artinya haha..

susah semprot dari situ nti aernya beleber ke kamar, tapi bisa dicoba sih kalo nanti kotor bener..

@tia: pasti dia punya pembantu deh yang bersihin kanopinya, gak kaya gua nih rumah gak ada pembantu jadi tak terurus wkwkwk :P

@arman: iya man, gua suka ungu hehe..
panjang kanopinya kan mayan 5 meter lebih, jadi kalaupun hujan gak sampe yang masuk banget ke dalam sih man.

@sylvia: bener cucian itu capek. makanya skarang gua untuk baju kantor gua masukin laundry, nti dianterin udah arpi disetrika, tapi untuk baju rumah n sprei2 gitu gua cuci sendiri kan gak butuh sterika hehe..

@elrica: hihi. kalo rumah kita tetanggaan lucu kali ya semua balkonnya rame warna warni :D

@angel: gua gak pernah maen the sims :D

@elisa: mahal el, jadinya itu kanopi kain pertama dan terakhir dah haha..
padahal jendela sampingnya juga bisa tuh kalo mau dikanopiin :P

gua pake kanopi buka tutup aluminium untuk taman belakang, merknya lovera, tapi gak yang pake remote, buka tutup manual, soale pake remote tambah duit lagi banyak.
mayan kok el bisa buat pertimbangan juga, tapi harganya mahal juga *apa sih yang murah skarang ya*

@cilpy: iya silakan bikin juga :)

@felicia: kamar gua jadi lebih gelap sih, dulu lebih terang, padahal gua suka lebih terang hehe..

iya gua juga kepikir begitu, tapi banyak malesnya fel haha.. padahal benih bunganya udah beli dari kapan2 loh, rencana di tiang taman belakang juga gua mau tanam bunga menggantung gitu, potnya aja udah beli tinggal tanemnya yang belom haha..

@hiphop: gua gak jago matchingin warna, mestinya itu warnanya marun soft gitu, tapi karna gua suka ungu jadi gua hantam ungu aja haha..

@pitshu: ayooo pitttt :D

@leony: gua udah pernah kepikiran le, tapi serem juga kalo kaca takutnya knapa2 pecah, dan kaca yang udah dipasang lama juga jamuran loh, dan berkerak gitu, gimana bersihinnya coba kalo diinjek kan serem hehe..

mamie_funky said...

Huahh...ungu kanopinya....cakep vi, model bgitu,jd kepengen. Hahaah....senewen jg ya sama cucian

Anonymous said...

cute banget kanopinya :) wah asik ya lu bs explore warna2. kalo laki gw demennya smua warna natural, ga bakalan diapprove kalo gw minta yang colorful :)

Pucca said...

@yance: iya unik juga jadinya kaya toko ^^

@mei: haha..david sih sebenernya juga seneng netral, tapi karna rumah gua udah kadung warna warni jadi gpplah sekalian dibikin colorful :P

Anonymous said...

hai, violll...
apa kabar???

rumah lu cakep. kanopi lu keren, apalagi warnanya ungu begitu, cakep bangettt kayak di buku cerita deh...

Ratusya said...

gua tertarik ama polykarbonat itu tuh, nanti mau gua taro di garasi & tempat jemuran rumah baru gua ah..

btw, kanopi lu itu berarti sekali dipasang, ga bisa dibersihin yak?
hm... kalo gua pasang itu trus ga gua bersih2in, bisa2 gua dipelototin ama emak gua

Anonymous said...

gua ngebayangin masuk rumah lue kayak masuk toko patiseri ya, habis kanopi nya lucu habis.

Tuh jemuran udah aman tenteram dan kering deh pas ditinggal.

Gua juga gak demen pasang kanopi full tuh, takut gak ada angin, kalopun terpaksa pasang maunya seiprit kayak kanopi lue aja :D

riyashared said...

terima kasih atas sharing yg bagus dan bermanfaat. untuk tidak mengurangi rasa hormat kepada admin. saya menawarkan jasa konstruksi dan kanopi murah menggunakan besi atau baja dapat dilihat di blog saya terima kasih admin..
konoakonstruksi.blogspot.co.id