Separuh Impian

Sebenarnya gua sempet ragu2 beberapa hari mau posting mengenai ini apa nggak. Tapi, setelah dipikir2 lagi, blog ini kan udah seperti diary gua. Masa peristiwa ini gak gua tulis sih, nti blog gua jadi gak update donk. Jadi, setelah gua pertimbangkan masak2 gua tulis aja deh :)

Tanggal 7 februari kemaren, pas sin cia, gua kan ke rumah paman gua yang di gading tuh. Nah, pulangnya, iseng2 gua mampir ke kantor pemasaran gading nias residences. Itu lo, rusunami (rumah susun sederhana milik) atau yang lebih dikenal dengan nama apartemen bersubsisi, yang mo dibangun di kelapa gading. Tepatnya di jalan pegangsaan 2, di depan pintu timur 2 kelapa gading. Persis di depan sekolahan/gereja yakobus dan di sebelah pom bensin.

Kantor pemasaran gading nias ini letaknya di kantor pemasaran apartment mediterania. Sampe sana, ternyata rame bener, gua harus antri supaya bisa dapet meja dan dilayani ama marketingnya. Sambil antri gua liat2 gambar tower dan denah unitnya, trus ada stiker merah "sold" di nomor2 unit yang udah laku.

Gua langsung nyari2 unit mana nih yang blom sold, eh pas gua liat2 gitu, ada anak2 kecil nyopotin stikernya dan ditempelin ke baju adeknya. Trus mereka lari2an maen2in itu stiker. Yah..gua langsung ketawa, kalo gitu gak up to date ini mah :P

Setelah dapat tempat, kita ngobrol2 ama marketingnya, diterangin bla bla bla blu blu blu. Itu marketingnya pertamanya rada jutek lo. Apa tampang gua tampang gak punya duit gitu ya :P
Tapi lama2 ramah juga sih. Apalagi waktu gua kasih sinyal2 kalo gua tuh pembeli potensial kikikik :P

Sebenarnya gua sih tergoda pingin beli, udah pernah liat iklannya di koran, tapi masih ragu2. Pernah ngobrol2 ama yennie juga, kita berdua pingin beli apartment kalo ketemu yang murmer. Tapi ini kan sekelas rusun, nti jadinya bagus gak ya, trus prospeknya bagus gak, ntar kalo disewain laku gak, banyak deh pertanyaan2 muncul dalam pikiran gua.

Makin dipikir2 makin bingung, beli..nggak…beli..nggak. Akhirnya gua putuskan kalo mo beli, beli ajalah, jangan mikir macem2 lagi. Kalo dipikir2 terus mah gak beli2 terus. Kalo gak dicoba kita gak bakalan tahu kan.

Apalagi gua dipengaruhi situasi disitu yang rame banget. Orang2 beli unitnya udah kek beli kacang goreng gileeee. Karena terbawa suasana juga kali ya, akhirnya gua memutuskan untuk beli satu deh. Trus gua telpon yennie, tanya dia mau gak. Mungkin dia terpengaruh oleh banyaknya angpau yang baru dia dapet haha..dia mau juga lo ternyata. Bahkan dia lebih gila lagi, blom liat barangnya udah oke aja..ckckck.

Kita akhirnya ambil yang 2 kamar, luasnya sih tertera 35m2, tapi gua liat denahnya cuma 5x6, berarti cuma 30m2 donk ya. Ada show unitnya juga disana, jadi gua coba2 masuk. Aduh..sempit amat hihi..ini mah cuma berapa langkah maju mundur kiri kanan udah mentok. Tapi ya udahlah, namanya juga murmer jangan berharap terlalu banyaklah hehe.

Kalo mau gede ya, bisa beli 2 unit ntar dibobok. Atau beli yang 2 kamar dan 1 kamar, nanti dibikin pintu ke 1 kamar itu, jadi kita dapet kamarnya gede dan kamar2 di unit satunya dihilangin, dijadiin ruang tamu aja biar lebih lega.

Tapi gua ama yennie belinya 1 unit aja. Namanya juga coba2, blom berani langsung beli 2 unit gitu. Lagian gua gak ada duit oiii..kalo si yennie sih gak tau deh :P

Kita maunya beli yang unitnya gandeng. Jadi kalo ada apa2, unitnya bisa digabung gitu. Jadi marketingnya mesti nyariin 2 unit yang gandeng sebelah2an dan terasnya nyambung. Kalo sebelah2an tapi terasnya gak nyambung susah kan kalo mo digabung. Trus gua bilang prefernya lt.7 sampe lt.10.

Abis itu dia pergi deh liat2 ke komputernya. Ternyata ketemu ada 2 unit gandeng di lt.8, unit F08FM dan F08FN. Kebetulan deh dapet lt.8, gua tanya yennie dulu dia oke nggak. Dia oke2 aja katanya, terserah gua. Ya udah kalo terserah, transfer lah booking fee-nya yen, trus pinjemin gua duit sekalian karna di bca gua sekarang lagi gak ada duit wuahaha :D

Beneran lo, booking fee-nya kan 5 juta, duit gua tingal 2 juta, jadi si yennie mesti tranfer 8 juta dulu buat talangin booking fee gua hihi. Kasian deh si yennie, gua palakin 3 juta buat bayar booking fee :P

Sayangnya, tower yang lagi dipasarin kemaren itu tower B. Letaknya di tengah2 tower A dan tower C. Bentuknya cuma garis horizontal aja gitu. Jadi otomatis gak ada view deh. View gua nanti cuma balkon tower A aja.

Menurut si marketing, tower A dan C yang sudah dipasarkan duluan sudah sold out dari lt.2 sampe lt.17. Tinggal lt.18 sampai lt.22, tapi blom dipasarkan katanya. Jadi ya, bener2 gak ada pilihan deh. Gua ambil yang F08FM, yennie yang F08FN.

Padahal kan apartment impian gua itu yang gede, trus kaca2nya besar2. Ada city viewnya, supaya gua bisa nongkrong di balkon kalo malam2. Eeh..dapetnya yang kecil mungil, gak ada kacanya, kecuali kaca jendela kecil di kamar, balkon ada sih tapi kecil dan viewnya bukan pemandangan lampu2 malam yang indah tapi balkon orang hihihi..bener2 gak ada sama2nya nih ama impian gua :)

Tapi bagaimanapun, gua harus bersukur deh. Semua ada permulaannya. Dan ini adalah permulaan bagi gua. Mudah2an someday tercapai impian gua itu. Sekarang cukup rusunami ajah, cukup separuh impian :)

Trus anehnya si yennie itu, malam2 telpon gua. Katanya mamanya panik karna kita beli unit M dan N. Loh..kenapa? Heran donk gua, M dan N bagus kok. Ternyata oh ternyata..alasannya adalah karna M dan N itu abjad urutan ke-13 dan ke-14!

Haaaa..bener2 gua cengkok :O

Hebat nian itu nyokap si yennie, bisa kepikiran gitu loh..ckckck. Bener2 kunthien sejati nih hahaha :D

Sempet pusing2 juga sih karna dia disuruh ganti unit ama mamanya. Tapi setelah tanya2 papanya dan orang2 yang lebih pintar hihi..gpp katanya. Legalah gua, ya ampun mesti nyari unit gandeng lagi kesana, males bener. Lagian nti dapetnya yang lantai atas, gua kan gak mau yang terlalu atas. Buat apa kan, gak ada viewpun. Capek tunggu lift doank.

Padahal gua udah tanya marketingnya ada lt. 13 gak, katanya lt. 13 dan lt. 14 gak ada lo. Trus nomor unitnya juga udah diakalin pake abjad gitu, tapi bisaaaa aja orang nyari2 selanya ya haha :P

Enaknya di rusunami ini, maintenance fee-nya lebih murah. Per m2 sekitar 3500, trus listrik dan aer juga lebih murah daripada apartment. Parkir mobil juga cuma 50 ribu per bulan katanya. Tapi itu baru kira2 sih, blom pasti. Gak enaknya, fasilitasnya cuma taman dan lapangan olah raga, kolam renang blom pasti. Trus liftnya juga cuma dikit ya kayanya. Di tower gua aja cuma 2 tuh. Makanya gua gak brani ambil lantai tinggi.

Harganya yang 2 kamar 144 juta. Kalo ambil pake KPR BTN bisa dapet harga ini tanpa Ppn. Tapi ribet deh, mesti pake NPWP, surat keterangan lurah kalo blom punya rumah di jakarta, dan ada range penghasilan antara 3,5 - 4,5 juta. Trus mesti nyicil minimal 7 tahun.

Capeee deh..akhirnya gua ambil yang harga developer ajah, jadi 144 juta + Ppn 10% = 158,4 juta. Pembayarannya bisa dicicil 15 kali ama developer (3 x DP dan 12 x cicilan) atau kita KPA lagi ke bank lain.

Trus ternyata ada biaya siluman lo, yang dia bilang biaya fasilitas. Gua bilang biaya siluman karna di price listnya gak dicantumin, tapi kita ditagih! Ya gua percaya ajalah, abis mo gimana lagi. Unit gua kena 2,5 juta. Ini juga katanya udah didiskon 50% menyambut imlek, mestinya 5 juta. Biaya fasilitas ini bervariasi, tergantung view unitnya. Kalo unit yang menghadap jalan bisa lebih mahal, bisa sampe 8 juta. Aahhh..untunglah gua kagak ada view2an, jadi unit gua paling murah biaya fasilitasnya hihi.

Sepanjang jalan pulang, gua udah bayangin nti mo gua apain itu apartment. Kamarnya yang kecilan mo gua jebol aja ah, biar ruang tamunya lebih lega. Trus gua kasih pintu lipat, n sofanya pake sofa bed. Jadi kalo ada tamu bisa jadi kamar. Kalo gak ada tamu, jadi ruang tamu. Trus lantainya mo gua pakein parket.

Wuawua..udah gua bayang2in semuanya *_* padahal apartmentnya jadinya masih 2010..masih lama kikikik :P

Updated: For pictures, please click here

20 comments:

AnGeL said...

viol, waktu gw di indo ipar gue jg cerita soal apt subsidi ini. emang nya beneran jd hak milik yah?seumur hidup gtu? bkn nya kt nya di jkt tuh jarang ada yg apt freehold gtu?

td nya laki gw jg udah tertarik utk investment cuma gw ga lsg iya in wong ga pernah liat tmp nya gitu lohh..dan pas gw ngbrl2 ma susi ternyata kt susi gak hak milik seumur hidup. tul ga sus?? apa gue yg salah nangkep ya..hehe

Pucca said...

@angel: di jakarta apartment semuanya masih HGB ngel..selama 25 tahun, nanti diperpanjang, tapi biaya perpanjangnya murah kok, palingan cuma 1% dari NJOP :)

nat said...

waaah selamattt ya viol...akhirnyaaa cita2mu tercapai juga punya apartement cihuyy...

35m2 emang sempit sih, gue juga segitu kok, tapi yg penting homey kaan...

hihi..kapan yaa gue bisa beli apartemen jugaaaa...

ivan said...

asik bgt nih dapet apartemen daerah gading. kira2 masih ada gak ya? jadi pengen ikutan beli. btw yg beli kebanyakan buat tempat tinggal ato inves yah?

Pucca said...

@nat: thanks ya nat :)
semoga gua bisa natanya jadi homey deh..mesti belajar ama arman nih :)
arman..bagaimanakah denah aptmu disana, kan luasnya mirip2 nih kita.. :) secepatnya donk nat beli ya :P

@ivan: pasti masih ada kok..liat aja kesana van, gua kira banyak yang buat tinggal juga, soalnya di gading kan enak, benyak makanan gitu :)

Pitshu said...

lho... pucca kan udah puya rumah, kok beli apartement juga?

lebih enak tinggal di rumah dari pada apartement kan?

Didia Lim said...

wewwww congrats yah viol :D mawu dung rumahnya wekekeke... Pgn beli di jkt jg nih... tp dimana2 banjir T_T co g sih prefer serpong... tapi kok jauh ya :p dia sih blg buat invest ok... dasar g kaga ada otak bisnis, g keukeuh ga mo serpong hahaha... akhirnya ga jd2 tuh beli :p

Pucca said...

@pitshu: pit, walaupun udah punya rumah boleh donk beli apartment hehe..nanti kalo lagi bosen di rumah pindah ke apartment, nti kalo bosen di apartment pindah lagi ke rumah haha :D ** mabok kali gua abis itu **

@didia: cowo lu bener tuh didia, dulu di serpong harganya masih murah, tp skarang udah mahal2 lo.

- manda ayah buat toriq - said...

asikkk dehhh punya rumah ngga nginjek tanah...hehheh, pengen juga deh, itung2 nabung buat investasi ya?....

Pitshu said...

iya sih, bisa buat invest juga hahaha :)

tapi...yg namanya manusia biasanya sukanya sama barang baru wakakakakak

l3l1 said...

kaenya yg beli banyakan kelas menengah deh, yg dah punya rumah di pinggiran kota.. trus pengen tempat tinggal deket ama tempat kerja.... itung2 buat invest... klo begitu modelnya semua, target pemerintah pasti tercapai ya...

tapi masih lama yaa 2010 hehehe. waktu selese dibangun harga mungkin udah naek banget 'kali yaaa

bebek said...

wiiiy,...pen juga niy....

sakuralady said...

Yennie adik lo ya viol? asik ya jadi bersebelahan..
Tadi jadi googling, itu group agung podomoro ya.. seharusnya not bad ya.. paling gede itu 2 kamar ya? Terus parkirnya dimana viol? Soalnya yg gua baca, kaga ada pelataran parkirnya??

.:acen147:. said...

waktu gw lagi pusing2 miting, tiba2 limmy sms gw. katanya kangen sama gw. huehehehe. trus dia juga ngabarin lu beli apartemen.

horeee, akhirnya di antara kita bertiga, ada yg kesampean beli apartemen, yaaa ;). berharap moga2 gw bisa nyusul ah. hihihi.

nti klo uda jadi, ada undangan makan2 donk, viol? hihihi.

Pucca said...

@manda: bener manda, itung2 investasi, kalo dipake buat nyicil kan barangnya keliatan gitu lo :)

@pitshu: bener banget pit hehe..skarang aja udah kebayang2 akan gua apakan itu kamar gua..seru2 aja rasanya :P

@leli: iya bener..apalagi itu rusunami lagi gencar2nya dibangun, katanya di daan mogot dan samping tol kebun jeruk juga lagi mo dibangun. mudah2an deh lel, nti kalo jadi harganya naek :)

@bebek: yang di singapur jangan hehe..nti banyak saingan ni :P

@sakura: yennie bukan adek gua, temen kantor. iya, agung podomoro sih mestinya lumayanlah ya..let's see deh nti kaya apa jadinya. dia emang gak ada gedung parkir, parkirnya di halaman aja gitu. kalo semuanya bawa mobil sih udah pasti gak cukup.

@acen: pastinya deh sus :) kita bisa ngumpul2 di apartment gua yang imoet, trus makan2 di kelapa gading hehe..pasti si limmy lgs setuju nih, secara dia deket ke sana :P

jules said...

waaahhh..selamat ya jeng udah nambah propertinya nih ;)

Pucca said...

@jules: thanks ya yul..baru 2 kok :) mudah2an bisa sampe 20 hahaha :D ** maruk.com **

renzia said...

vi..... jangan salah lho... ada untungnya juga lantainya tinggi... contohnya gue.

gue di lt. 33... uda hampir sebulan lift di tower gue rusak 1. pihak maintenance uda bikin pengumuman sih kalo tuh lift lagi diperbaiki.

nah pada jam2 sibuk... liftnya penuuuuuuhhhh banget. orang2 yang di lt. bawah2... kalo mau naik lift... kudu ngantri lama karena setiap lift kebuka... pasti penuh.

kalo gue sih... untung... cek in ke tuh lift di lantai 33... jadi masih kosong melompong tuh lift hihihi...

Pucca said...

@renzia: des,gua baca komen ini sampe berkali2 baru mudeng gue hehe. maksud lu lift buat turun kan..iya ya kalo gua di lt.8 udah penuh kali ya. apalagi karna sama2 agung podomoro pasti sistemnya sama deh, liftnya cuma bisa turun gak bisa naek. masa naek tangga? huuhu..10 ribu langkah tiap hari ini bisa2.

Anonymous said...

Hi there!
I would like to burn a theme at this forum. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For several years , I make money with the help of these programs.
I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I make 2G daily, and I started with funny 500 bucks.
Right now, I'm very close at catching at last a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my blog to get additional info.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]