Akhirnya MOL Jamuran Juga

Horeee... MOL gua udah berjamur... horeee... :D

Buat orang awam (uhuy..orang awam..gaya gue :P), pasti pada bingung deh.. barang apa lagi itu MOL??
Jadi baiknya gua jelasin dikit ya (cieeh..makin gaya aja gue :P), MOL itu adalah Mikro Organisme Lokal.

Tetep gak ngerti kan? hihihi...

MOL itu adalah mikro organisme yang berguna buat starter kompos atau pupuk cair.
Mikro organisme yang telah melalui penelitian di lab bisa dibeli di toko2, sedangkan yang kita buat sendiri dinamakan Mikro Organisme Lokal.

Gua dari minggu kemaren nyoba2 bikin MOL. Soalnya pohon jeruk gua lagi berubah lebat niy.. dan dia butuh pupuk banget kayanya. Soalnya ranting2 yang kalah bersaing memperebutkan makanan pada mati. Kasian gua liatnya.

Udah gua kasih kompos tapi masih gak cukup tuh. Pas lagi browsing2 di rumah Pak Sob mengenai tacchan (keranjang takakura), gua baca tentang MOL ini. Katanya kalo pohon dikasih MOL bisa subur banget.
Gua langsung yang.. AHA!! Kenapa gua gak bikin MOL aja?

MOL bisa dibikin dari bermacam2 bahan. Untuk percobaan pertama, gua bikin MOL nasi. Soalnya itu yang paling gampang dapetnya hehe..
Daripada MOL bonggol pisang.. mo nyari bonggol pisang dimana?
Atau MOL rebung.. sayang dibikin MOL, mending dimakan hehe..
Trus MOL keong.. gua mesti numbuk2 bekicot dulu???

Jadi yang gua anggap paling gampang itu adalah MOL nasi atau ada juga MOL tape. Tapi gua nyari tape aja susah. Sampe sempet nitip limmy segala haha.. tapi tetep aja gak dapet tuh tape singkong. Jadi gua bikin MOL nasi dulu ajah.

MOL nasi ini gua bikin hari minggu.
Nasi gua kepal2 segede bola pingpong sebanyak 4 buletan.
Trus gua diemin di pojokan. Katanya sekitar 3 hari akan tumbuh jamur beraneka warna, jingga, abu2, biru.
Trus nasi jamur warna warni itu dimasukan ke botol plastik 1,5 L. Gua udah siapin tuh botol coca cola zero heheh.
Abis itu, isi botol dengan aer sampe 3/4 dan masukan gula (merah/pasir) 4 sendok. Kocok2 sampe gula larut.
Diamkan lagi botol berisi nasi-jamur-warna-warni-bergula di pojokan tanpa ditutup sekitar 5 hari.
Ketika botol telah berbau alkohol (seperti bau tape) MOL telah jadi.

Udah, gitu aja.. gampang kan :D
Maka, dengan semangat 45, abis makan malam hari minggu itu gua sibuk ngepel2in nasi. Sengaja gua masak banyakan nasinya hehe.
Tapi ternyata, ngepel2in nasi aja gua susah. Kepalan pertama sukses, besarnya pas, bentuknya bulat sempurna.
Tapi waktu gua mau buat kepalan kedua, tangan gua lengket2 semua. Gua panik.
Ahhh.. tangan gua lengket semua, gua gak bisa ngepel, gimana niiih...

David yang lagi asik maen cabal kasian, trus ngomong dengan malasnya, "Tangan lu basahin dulu donk vi, supaya gak lengket."
Ah.. masa siii.. tapi gua jalan juga ke tempat cuci piring, gua basain tangan gua dikit.. eh beneran, jadi gak lengket lagi hihihi :P

"Beneran vid hehe.. jadi gak lengket tangan gua haha :D"
"Tuh kan.. pake otak donk say.."
"@!$?@$! Kurang ajar.."

Ya udah.. gua dengan cepat melupakan si david dan mulai ngepel2in nasi kedua. Sukses hehehe.. Enak juga ngepel2in ini. Trus gua taro di atas tacchan.. sembari komat kamit, "MOL.. cepet jadi ya.. berjamur yang banyak ya..."
*"Iya..." kata si MOL hihihi... *

Oiya, gua juga udah bikin tacchan lo, tapi blom gua masukin ke keranjang baju. Abisan waktu gua ke carfur keranjang bajunya kagak diskon. Mahal banget, hampir seratus ribu! Gua langsung, "Errr.. gak usah dulu deh" hehehe :P

Tapi gua tetep bernafsu untuk bikin tacchan, akhirnya gua tetep bikin tanpa keranjang.
Gua masukin kardus dulu aja, nanti kapan2 kalo ketemu keranjang murah baru gua beli hihi.. *dasar pelit*
Toh, tanpa keranjang mestinya gak mengurangi performance si tacchan.. :P

Tiap hari gua aduk2 si tacchan, tapi tetep blom terurai tuh kulit kentang, kulit bawang, daun mawar yang gua masukin. Masih begitu2 aja bentuknya.
Gua menghibur diri.. blom kali ya.. butuh waktu kali ya...

Sampe kemaren, tiap gua aduk si tacchan gua intip si MOL. Kok MOL gua blom berjamur ya.. yang ada malah nasinya keras. Apa yang salah ya.. gua bingung. Apa nasi gua kurang lembek gitu.. sehingga jadinya keras bukan berjamur.

Gua langsung merasa gagal hiks.. tacchan blom mengurai.. MOL malah keras.. gua gagal.. gagal.. hukhuk.. *nangis di pojokan*

Sampe tadi pagi, seperti biasa sebelum berangkat ke kantor, gua aduk2 dulu si tacchan, trus gua intip MOL gua.
Eeeehhh.. si MOL udah berjamur!!!
Berhasil! Berhasil! :D

Ternyata bener, mesti tunggu 3 hari, gua aja yang kerajinan ngecek saban hari hehe.
Ntar malam liat lagi aaah.. kalo jamurnya udah banyak, gua masukin ke botol aaah.. :D

Jadi walaupun gua gak dapet tape, tapi setidaknya MOL nasi gua bakalan sukses nih.
Sabar ya pohon jeruk, tunggu seminggu lagi.. kalo MOL nasi udah jadi kamu bakalan disiram supaya gak kekurangan nutrisi.. supaya buahmu gede.. :D
Sabar ya.. pohon sabar disayang gua hehehehe :P

30 comments:

angel said...

jadi intinya pohon jg makan nasi ya vi? hihihi..

Ariany said...

wahh.. elo bener2 telaten ya vi... *applause*

Limmy Mama Dhika said...

oalah. jd utk ini toh lu minta gue cariin tape di pasar dekat rumah.

sakuralady said...

aduhh.. ga ngerttii.. hahaha.. si viol bisa buka bisnis sampingan neh viol.. buat training akika jualan tanaman jg bisa khan ya? hihi

yz said...

tacchan itu apaan ?

l3l1 said...

wah gue baru tau tuh vi... maklum ngak demen nanam menanam hehehe...

btw, tape singkong banyak kok di supermarket.. entah hypermart atau c4.. biasanya di bagian tempat taroh susu atau tahu

somepathtoremember said...

Vi, gw pikir mol itu tempat belanja hihihi, error ternyata gw hehehe.
Salut atas ketelatenan lo:)

Pitshu said...

lho... yang didalam botol, nanti gemana ?! di masukin ke taneman atau gemana ?!

naki said...

slamat ya viOl , smoga MOL-nya + banyak jamurnya ^0^

Mei Mei said...

gue bingung pertama ne. mol kog jamuran? mol di otak gue kan mal pusat perbelanjaan WKAKAAK :D rupa ne buad pupuk tah..selamat ya viol. gue menanti jeruk ne di krm ke rumah ya. kakakakkakak :D

Fun said...

ya ampuuunn..gw baca berulang kali kok gw ga ngerti ya vi?? apaan sich??

Amey said...

buset dah lu macam sarjana pertanian aja wakakkaka

Pythia said...

hahaha, lu buka perkebunan aja deh, perkebunan apa kek gitu, pokoknya yg berbau tanam menanam, kyknya bakal sukses deh!! ^^

Pucca said...

@angel: yah..begitulah ngel.. nasi itu bagus brarti buat kita :P

@ariany: terima kasih.. terima kasih .. :D

@limmy: wakaka..iya lim :P

@willy: hah? masa sih gak ngerti? gua udah panjang lebar begitu tetep gak ngerti ya? haha :D

@yz: tacchan itu keranjang takakura, keranjang buat nampung sampah utk menghasilkan kompos :)

@leli: si limmy juga bilang gitu, tapi gua blom sempet ke supermarket nih. nanti gua liat deh kalo gua pergi, mudah2an pas gua dateng pas ada tapenya.

@imeth: wahaha.. cewe sih ya, jadi gua maklum kalo ignetnya mall haha.

@pitshu: nanti dicairin dengan perbandingan 1 MOL : 15 air, trus disiram ke tanah, jangan kena tanamannya pit.
gua blom nerangin sampe sana sih, abis MOL gua juga blom jadi haha :D

@jen: thank u jen.. *terharu*
tadi gua liat sih jamurnya udah banyaaaak..senangnya ^^

@mei: wakaka..yah pantes kagak nyambunglah mei :P

@fun: hah? gak ngerti sama sekali fun? ihiks..brarti gua gak bakat nerangin ya..gua gak bakat jadi guru donk..maap fun T_T

@amey: wuahaha.. abis gua hobi mey :P

@pythia: pingin sih pyt, nanti deh kalo ada duit yang banyaaaak, gua beli rumah yang tanahnya luaaaas, baru deh gua puas2in berkebun :D

Ackmali@ said...

hihihi.. bersemangat sekali menunggu jamuran, sampe sebelum pergi kerja, pamitan dulu ama MOL :)

Pucca said...

@acmali: hihi..iya abis penasaran kan..

maryna said...

Gw ngelink-nya ke MOI (Mall of Indonesia) di kelapa gading hehe..
secara tuh mall sepi2 aja jadi cocok juga dia jamuran.

selamat berkebun yah bu.

Arman said...

duh gua kagak ngerti dah yang beginian vi. hehe

elmo said...

bener bener Pucca pecinta tanaman yak :D

Ellyse said...

jd ingat waktu pratikum disrh bw roti yg berjamur,bole coba tuh roti tawar dibasahin pake air taro di bwh bak cuci piring (kan lembab),tar loe liat hslna byk jamur2 orange.tanam yg enak2 donkk tar taon dpn gua ke sana buat panen ;d

Windy said...

MOL kentang gak ada yah? :D
Soale setau gw kentang gampang berjamur..

Btw, bisa gak ya dipake buat pohon mangga? Di rumah gw ada pohon mangga neh, sayangnya gak berbuah.. Kalau bisa, mau ikutan nyoba, hehe..

Pucca said...

@maryna: waduh..kreatif banget lu ryn :P

@arman: perasaan tiap gua posting soal taneman, komen lu selalu sama deh man :P

@elmo: iya mo, hidup taneman! :D

@ellyse: berhubung gua pemula, gua blom berani bereksperimen lys, tpai itu jamur orange cakep ya :D

@windy: blom ada tuh hehe.. MOL nasi aja win, gampang kan.
eh bisa lagi buat pohon mangga, coba aja ^^

bebek said...

vi, gue juga mo bikin ahhhh. nyontek boleh kan?

Pucca said...

@bebek: haha..akhirnya ada yang tertarik juga.. silakan bek, ayo kita bikin sama2 :D

d3s said...

rajin sekali vi... bisa buka usaha sampingan jualan MOL tuh vi :D

Pucca said...

@dessy: sayang MOL murah, coba kalo mahal, udah gua jual2in kali des :D

Caroline Sutrisno said...

ampyun... lo tuh telaten banget yah... salut deh...

Pucca said...

@caroline: ayo lin..bikin juga :)

sima said...

menarik dan salut. setelah sekian lama, gimana sekarang kabarnya si MOL dan pohon jeruk?

Pucca said...

@sima: MOL skarang udah jadi dan udah beranak pinak hehe. pohon jeruk beberapa kali seminggu aku siram MOL, sampai sekarang masih oke :)